1 ) Moratorium PNS Tak Berlaku untuk Guru & Dosen
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/19/373/493706/moratorium-pns-tak-berlaku-untuk-guru-dosen

Jum’at, 19 Agustus 2011 10:05
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menjamin pengangkatan guru dan dosen tetap akan berlangsung walau ada moratorium pegawai negeri sipil (PNS).Mendiknas menjelaskan, pengangkatan itu tidak sembarang dilakukan karena proses perekrutannya akan disesuaikan dengan kebutuhan bidang yang diperlukan. Selain itu, juga disamakan dengan jumlah kebutuhan guru di suatu daerah. “Daerah sendiri yang akan mengusulkan berapa guru yang akan diangkat selanjutnya dan akan dicocokkan dengan data guru yang ada di Kemendiknas,” jelas M Nuh.Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) itu menambahkan, seleksi ketat juga akan dilakukan berdasarkan kualifikasi pendidikan, yakni lulusan Diploma IV atau Strata I.

…dst

2 ) Tenaga Pendidik dan Kesehatan Tak Kena Moratorium PNS
Gunawan Mashar – detikFinance
http://finance.detik.com/read/2011/08/19/124603/1706711/4/tenaga-pendidik-dan-kesehatan-tak-kena-moratorium-pns

Jumat, 19/08/2011 12:46 WIB
Jakarta – Pemerintah akan melakukan moratorium penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru per 1 September 2011. Khusus untuk tenaga pendidik dan kesehatan dikecualikan dari rencana moratorium tersebut. “Moratorium memang kita tidak bisa kaku penghentian secara keseluruhan atau penghentian sementara penerimaan PNS, dalam rapat kita juga harus bijaksana, moratorium yang kita lakukan memiliki pengecualian-pengecualian,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) EE Mangindaan kepada wartawan usai rapat moratorium penerimaan PNS di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (19/8/2011). Menurut Mangindaan, penerimaan pegawai profesional tetap dilakukan, seperti tenaga pendidik sehingga perekrutan guru dan dosen akan tetap dilakukan.”Tenaga pendidik tidak bisa berhenti begitu, dosen, guru, guru mata pelajaran, guru kelas. Detail yang kita harus ada pengecualian, tenaga pendidik, kalau pensiun siapa mau ganti,” kata Mangindaan.Selain tenaga pendidik, tenaga kesehatan juga akan terus direkrut. “Kedua tenaga kesehatan, namanya orang sakit tidak bisa ditunda harus ada perawat, tenaga kesehatan termasuk di dalamnya di UPT2 itu,” terangnya.

…dst

3 ) Kemdiknas Kurangi Penerimaan Guru dan Dosen
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/20/156647/Kemdiknas-Kurangi-Penerimaan-Guru-dan-Dosen-

20 Agustus 2011
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional akan mengurangi penerimaan calon guru dan dosen. Sementara penerimaan terhadap tenaga administrasi dihentikan mulai tahun ini.”Mulai bulan ini, penerimaan tenaga administrasi disetop sama sekali. Yang masih terbuka adalah perekrutan calon guru dan dosen. Namun itu dilakukan setelah melalui seleksi sangat ketat,” kata Mendiknas Mohammad Nuh, seusai buka puasa di kantornya, Kamis (18/8). Menurutnya, moratorium di Kemdiknas hanya untuk pegawai non-fungsional. Jadi, perekrutan terhadap guru dan dosen masih bisa berjalan. Meski demikian, harus disesuaikan dengan bidang yang benar-benar dibutuhkan.”Bila ada daerah yang mengajukan sejumlah guru, harus dilihat betul. Kita juga akan kroscek dengan data yang ada. Jika mengajukan 100 guru tapi fakta daerah tersebut hanya membutuhkan 20 orang, maka jumlah itu yang akan kita penuhi,” ujarnya.

…dst

4 ) Moratorium PNS hingga Desember 2012
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/422372/38/
Saturday, 20 August 2011

JAKARTA – Pemerintah akan menghentikan sementara atau moratorium rekrutmen pegawai negeri sipil (PNS) selama 16 bulan, mulai 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012. Dalam waktu tersebut, tidak akan ada penerimaan PNS baru, kecuali dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan keamanan. “Jadi, moratorium itu adalah istilah untuk penghentian sementara. Tujuannya bukan moratorium itu sendiri, melainkan right sizing. Moratorium ini kebijakan besar, di dalamnya kita banyak melakukan pembenahan,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi di Jakarta kemarin. Dia menuturkan, surat keputusan bersama (SKB) moratorium akan ditandatangani Rabu pekan depan, mundur dari rencana semula kemarin. SKB itu akan ditandatangani tiga menteri yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Menteri Keuangan.

…dst

5 ) Menkeu: moratorium untuk tingkatkan produktivitas PNS
http://www.antaranews.com/berita/272524/menkeu-moratorium-untuk-tingkatkan-produktivitas-pns

Jumat, 19 Agustus 2011 23:36 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Keuangan Agus Martowardojo memastikan moratorium (penghentian sementara rekrutmen) pegawai negeri sipil bertujuan untuk restrukturisasi organisasi dalam rangka meningkatkan produktivitas serta penyesuaian terhadap kualitas kerja di lingkungan Kementerian Lembaga.”Ini sebagai suatu kelanjutan dari reformasi birokrasi, jadi ini akan berguna untuk meningkatkan produktivitas dan `rightsizing` (penciutan) terhadap PNS,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Jumat. Menurut Menkeu, moratorium tersebut akan diberlakukan untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil baru mulai 1 September 2011 hingga 31 Desember 2012. Namun, untuk pengangkatan pegawai honorer masih dimungkinkan dan diproses berdasarkan seleksi serta diutamakan bagi yang bergerak dalam bidang pelayanan publik seperti tenaga kesehatan dan pendidikan.

…dst

6 ) Inilah 20 Akademisi Muda Top
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/08/19/brk,20110819-352584,id.html

Jum’at, 19 Agustus 2011 | 13:45 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Majalah CAMPUS Indonesia terbitan Agustus 2011 memaparkan 20 Akademisi Top Indonesia. Mereka muda, berprestasi, dan penuh karya di sejumlah universitas di Indonesia. Akademisi tersebut semuanya berusia di bawah 50 tahun. Berikut ini nama-nama mereka.
1. Prof. Firmanzah, 35 tahun, dekan Fakultas Ekonomi termuda, Universitas Indonesia.
2. Prof. Eko Prasojo, 41 tahun, profesor termuda di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (35 tahun).
3. Prof. Adrianus Meliala, 45 tahun, pakar kriminologi Universitas Indonesia.

…dst

7 ) Bertemu Wapres, Senator AS Bahas Soal Pendidikan
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/08/19/brk,20110819-352597,id.html

Jum’at, 19 Agustus 2011 | 14:37 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Senator Amerika Serikat John Webb mengatakan ingin mengupayakan agar lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Amerika Serikat. Juru Bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat mengatakan hal itu disampaikan oleh Webb saat bertemu dengan Wakil Presiden Boediono di kantornya siang ini, Jumat 19 Agustus 2011.”Menurut Webb, itu dasar penting bagi hubungan kedua negara,” kata Yopie di Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2011, usai pertemuan. Kunjungan kehormatan selama 20 menit itu lebih banyak diisi dengan diskusi soal pendidikan. Tak ada pembicaraan khusus dalam kunjungan ini.

…dst

8 ) Mahapala Unnes Berhasil Selesaikan Misi Saat 17-an
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/19/373/493906/mahapala-unnes-berhasil-selesaikan-misi-saat-17-an

Jum’at, 19 Agustus 2011 15:07
JAKARTA – Tim mahasiswa pecinta alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang memiliki misi mengibarkan bendera Merah Putih pada Hari Kemerdekaan RI di puncak Gunung Elbrush, Rusia, berhasil dipenuhi.Tim yang terdiri dari Manik Maya Waskitojati, Ma’rifah, dan Miftakhul Ulum ini memulai pendakian gunung terbesar di Rusia tersebut, memulai pendakian sejak 12 Agustus silam. Setelah perjalanan selama lima hari, bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI, para pendaki muda ini tiba di puncak Elbrush pukul 16.45 waktu setempat.Meski dihadang oleh badai dengan angin kencang dan hujan salju, mereka berhasil tiba di puncak gunung berketinggian 5.642 dpl tersebut dan mengibarkan Sang Merah Putih.

…dst

9 ) Universitas Bengkulu Kekurangan Dosen
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/19/252213/293/14/Universitas-Bengkulu-Kekurangan-Dosen

Jumat, 19 Agustus 2011 09:56 WIB
BENGKULU–MICOM: Universitas Bengkulu di Provinsi Bengkulu sampai saat ini masih kekurangan tenaga pengajar untuk beberapa program bidang studi tertentu. “Sampai sekarang kita masih kekurangan tenaga pengajar untuk beberapa program bidang studi yang ada di perguruan tinggi negeri itu,” kata Rektor Universitas Bengkulu (Unib), Zainal Muktamar, Jumat (19/8).Ia mengatakan, kekurangan dosen atau tenaga pengajar di Unib saat ini, terjadi pada beberapa program studi yang baru dibuka, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Tehnik dan beberapa bidang studi lainya. Untuk mengatasi masalah ini, khusus untuk Fakultas Kedokteran terpaksa mendatang beberapa dosen dari universitas di luar Bengkulu, seperti Universitas Indonesia dan Universitas Sriwijaya Palembang. Hal ini dilakukan agar kegiatan perkulihan para mahasiswa Kedokteran Unib tidak terhambat. “Kita bersyukur meski tenaga pengajar di Fakultas Kedokteran Unib masih terbatas, tapi kegiatan perkuliahan mahasiswa kedokteran berjalan lancar,” ujarnya. Upaya lainnya mengatasi kekurangan tenaga pengajar di universitas tersebut, Zainal mengatakan pihaknya telah mengusulkan ke Kemendiknas agar pada tahun 2011 ada formasi penerimaan dosen CPNS di perguruan tinggi tersebut.

…dst

10 ) PKS: Pantas Pendidikan tidak Maju-Maju, Kebijakan tidak Berdasarkan Riset
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/08/19/lq60p0-pks-pantas-pendidikan-tidak-majumaju-kebijakan-tidak-berdasarkan-riset

Jumat, 19 Agustus 2011 14:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi X (Pendidikan, Olahraga dan Kebudayaan) Fraksi PKS Rohmani mengatakan, pemerintah terkesan coba-coba dalam setiap kebijakan, salah satu contohnya adalah penyaluran dana bantuan operasional sekolah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional.”Sejak adanya dana bantuan operasional sekolah (BOS) pemerintah kerapkali mengubah tata cara penyaluran dana BOS itu,” katanya dalam penjelasan melalui surat elektronik di Jakarta, Jumat (19/8). Rohmani mengatakan bahwa hal tersebut adalah bukti bila kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) masih coba-coba. Ia mengemukakan bahwa seringkali kebijakan yang menyangkut kepentingan jutaan generasi bangsa dilakukan dengan coba-coba. Pemerintah dinilainya tidak serius memikirkan setiap kebijakan yang hendak dikeluarkan. “Seharusnya pemerintah dalam membuat setiap kebijakan harus mempertimbangkan dampak negatifnya, dan juga harus mempertimbangkan kondisi sosologis dan tata aturan perundang-undangan,” katanya.

…dst

11 ) Kerja Sama KG dan ITB
Inilah Juara KIAD Competition 2011
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/20/01242192/Inilah.Juara.KIAD.Competition.2011

Sabtu, 20 Agustus 2011 | 01:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Guna mendorong terciptanya iklim kewirausahaan yang inovatif, khususnya di bidang industri kreatif, media dan teknologi informasi di Indonesia, KOMPAS bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan didukung oleh RIM, sejak Mei silam telah mengadakan ITB Application Development (KIAD) Competition 2011.Kompetisi tersebut adalah untuk BlackBerry Platform dan bertujuan memberi kesempatan nyata bagi peserta BlackBerry developers, terutama developers muda untuk menjadi pengembang BlackBerry App yang profesional dan berdaya saing. KIAD Competition 2011 terbuka bagi pribadi maupun kelompok baik itu mahasiswa maupun umum yang sanggup mengikuti semua sesi pengembangan (coaching clinic) atas biaya sendiri. Peserta juga sanggup menyelesaikan aplikasi sampai tuntas sesuai jadwal yang sudah ditentukan serta bersedia menyerahkan hasil karyanya kepada KOMPAS.

…dst

12 ) KERJA SAMA PENDIDIKAN
“Kompas” Tantang Mahasiswa Berinovasi
http://cetak.kompas.com/read/2011/08/20/02540658/kompas.tantang.mahasiswa.berinovasi

20 Agustus 2011
Jakarta, Kompas – Kompas Gramedia bersama Institut Teknologi Bandung menantang mahasiswa untuk berinovasi dalam menciptakan pengembangan aplikasi, dengan memanfaatkan aneka konten dari Kompas dan Kompas.com. Inovasi kalangan muda itu ditargetkan untuk pengguna BlackBerry di Indonesia.Kompetisi Kompas-ITB Application Developers (KIAD) 2011, yang juga didukung Research In Motion (RIM), dilakukan untuk mendorong terciptanya iklim kewirausahaan yang inovatif, khususnya di bidang industri kreatif, media dan teknologi informasi di Indonesia. Penandatanganan naskah kerja sama Kompas Gramedia-ITB sekaligus pengumuman pemenang KIAD 2011 di Jakarta, Jumat (19/8). Kompas Gramedia-ITB menyepakati untuk melaksanakan kontrak kerja sama komersial selama setahun untuk tiga aplikasi KIAD terbaik. Aplikasi pemenang pertama jatuh kepada Ecky Putrady yang menampilkan karya Kompas TTS. Aplikasi kedua dimenangi Yeri Haryanto dengan program Sosok Indonesia, sedangkan Kompas e-Reader for PlayBook karya Dody Dharma berada di urutan ketiga.Ada 186 ide yang masuk ke penjurian.

…dst

13 ) Unhas Bantu Peningkatan SDM Papua
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/19/22582623/Unhas.Bantu.Peningkatan.SDM.Papua

Jumat, 19 Agustus 2011 | 22:58 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tetap berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Papua. Ini tertuang dalam nota kesepakatan dan kerja sama yang ditandatangani antara Rektor Unhas Prof Dr Idrus A Paturusi dengan Gubernur Papua Barnabas Suebu yang diwakili Kepala Badan Pengelolaan Infrastruktur Ir J.I. Christian Wayoi, MMT, MT, disaksikan Wakil Rektor I Unhas Dadang Achmad Suriamiharja, para dekan fakultas di lingkungan dan sejumlah Kepala Bagian Pemprov Papua di Makassar, Jumat (19/8/2011).Kerja sama ini mencakup jasa konsultasi, advokasi, pendidikan dan pelatihan, serta penelitian dan pengembangan. Kerja sama ini bertujuan memenuhi kebutuhan dan manfaat yang saling menguntungkan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Papua.

…dst

14 ) Ngabuburit Sambil Ngomogin Beasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/19/373/494052/ngabuburit-sambil-ngomogin-beasiswa

Jum’at, 19 Agustus 2011 18:23
JAKARTA – Menunggu buka puasa (ngabuburit), seharusnya bukan hal yang bikin kamu bete. Memang, sepertinya lama banget nunggu azan Maghrib menggema.Kenapa enggak kamu isi waktu ngabuburit mu dengan kegiatan positif seperti diskusi yang dilakukan beberapa mahasiswa di kantor CX Pro ini. Mereka tengah berdiskusi interaktif mengenai bagaimana cara untuk bisa mendapat beasiswa.Ada pun para pembicara, yaitu Iben Yuzenho, Direktur Eco Indonesia yang juga peraih beasiswa (S-2) Master in Managing People, Knowledge & Change (Lund University Sweden) dan penerima beasiswa S-2 dari Putera Sampoerna Foundation di Sekolah Bisnis Institut Teknologi Bandung (ITB).Tidak ketinggalan pula, peraih beasiswa dari Lund University, Swedia, Wireless Communication Engineering Rafika Ida Mutia dan Pemimpin Redaksi Majalah Future Series Rina Suci Handayani.Untuk mendapatkan beasiswa, kata Iben, mahasiswa harus menyiapkan diri sebaik-baiknya dalam menulis lamaran pengajuan beasiswa.

…dst

15 ) Ada Beasiswa 10 Juta Dollar AS, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/19/1134235/Ada.Beasiswa.10.Juta.Dollar.AS.Mau

Jumat, 19 Agustus 2011 | 11:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis, Monsanto, memberikan beasiswa senilai 10 juta dollar AS bagi masyarakat yang ingin mengambil jenjang pascasarjana (PhD).Pemberian beasiswa ini diberikan khususnya bagi masyarakat yang ingin mengambil jurusan pengembangbiakan beras atau kedelai (rice and wheat breeding). “Beasiswa Monsanto’s Beachell-Borlaug International Scholars Program akan membiayai semuanya,” ujar Corporate Affairs Lead Mosanto Indonesia, Herry Kristanto, dalam acara buka puasa dengan wartawan, di Jakarta, Kamis (18/8/2011).

…dst

Tapi sajian di webnya tak sehebat yang dituturkan Pak Herry Kristanto di media Kompas:
Agriculture Scholarships
http://www.monsanto.com/ourcommitments/Pages/agriculture-scholarships.aspx

Monsanto offers a variety of scholarships to recognize, reward and encourage students to continue their education in ag-related fields. Driven by the desire to actively support expanding development of future industry leaders, Monsanto seeks out exceptional students who have long-term career interests in agriculture. Over the past 10 years, we have donated close to $1.5 million in scholarships and awards to thousands of students.
The following is a list of major scholarships Monsanto sponsors:
Monsanto Commitment to Agriculture Scholarship
Established: 1999
Amount: $1,500
Number of scholarships available: 100

…dst

16 ) Mahasiswi Binus Hilang Setelah Ujian Kelulusan
http://www.detiknews.com/read/2011/08/20/013844/1707223/10/mahasiswi-binus-hilang-setelah-ujian-kelulusan?n991103605

Sabtu, 20/08/2011 01:38 WIB
Jakarta – Orang tua dari Livia Pavita Soelistio (21), saat ini tengah bingung. Anak semata wayangnya itu menghilang sehari setelah ujian kelulusan di Universitas Bina Nusantara, Jakarta.Livia adalah mahasiswa Binus angkatan 2007. Diperkirakan Livia menghilang sejak Selasa (16/8/2011) malam atau Rabu (17/8) pagi. “Jadi Selasa, tanggal 16 Agustus itu saya terakhir bertemu sama dia. Setelah itu, malamnya dia hubungi saya dan bilang kalau sudah lulus ujian akhir dan akan lulus S1. Saya bilang selamat dan saya akan ke sana besok,”. ujar ibunda Livia, Yusni Chandra (51) ketika berbincang dengan detikcom Jumat (19/8/2011) tengah malam.

…dst

17 ) Sekilas dalam Negeri

Pendidikan

Jepang
Pakistan
Libya