1 ) Universitas Borneo Resmi Jadi PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/20/1335207/Universitas.Borneo.Resmi.Jadi.PTN

Sabtu, 20 Agustus 2011 | 13:35 WIB
TARAKAN, KOMPAS.com — Universitas Borneo di Kota Tarakan, Kalimantan Timur, menjadi perguruan tinggi negeri. Pembukaan selubung dan peninjauan Universitas Borneo dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Sabtu (20/8/2011). Mendiknas mengatakan, perguruan tinggi yang terletak di perbatasan Indonesia dan Malaysia itu harus menjadi pusat unggulan untuk kawasan Borneo. Untuk itu, langkah yang harus dilakukan lebih dulu adalah dengan meningkatkan kualitas dosen. “Silakan para dosen mengambil program S-3. Beasiswa tersedia banyak. Jangan di negara tetangga, terlalu dekat. Silakan ambil gelar doktor di Amerika Serikat atau negara lain, beasiswanya ada,” kata Nuh.

…dst

2 ) 650 Mahasiswa Baru ITB Tak Bayar Biaya Kuliah
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/20/373/494281/650-mahasiswa-baru-itb-tak-bayar-biaya-kuliah

Sabtu, 20 Agustus 2011 16:10
BANDUNG – Sebanyak 650 mahasiswa baru Institut Teeknologi Bandung (ITB) mendapat subsidi 100 persen. Sehingga mereka tidak perlu membayar biaya perkuliahan selama mengikuti kuliah di kampus teknik tertua di Indonesia itu.Rektor ITB Akhmaloka mengungkapkan, dengan membebaskan biaya kuliah bagi 650 mahasiswa, ITB telah mengikuti aturan pemerintah bahwa kampus negeri harus menyediakan kursi 20 persen bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi.”Di samping membebaskan biaya kuliah kita juga memberikan biaya hidup dengan jumlah yang sama dengan beasiswa bidik misi. Totalnya Rp12 juta selama setahun,” kata Akhmaloka, di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (20/8/2011).Pembiayaan bagi 650 mahasiswa baru itu bersumber dari Beasiswa Bidik Misi yang didapat ITB dari pemerintah. Tahun ini, jatah bidik misi ITB sebanyak 450 mahasiswa. Sedangkan sisanya sebanyak 200 mahasiswa dibiayai ITB.

…dst

3 ) UI Tolak Disebut Kampus dengan Biaya Mahal
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/20/373/494202/ui-tolak-disebut-kampus-dengan-biaya-mahal

Sabtu, 20 Agustus 2011 12:06
DEPOK – Banyak kalangan menilai saat ini biaya pendidikan di Universitas Indonesia (UI) semakin mahal dan komersil. Hal itu semakin dirasakan saat UI berubah status menjadi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Rektor UI Gumilar R Somantri mengatakan, pendapat yang menyebut bahwa UI semakin mahal biasanya dilontarkan oleh masyarakat yang kecewa karena tidak lolos tes masuk UI. Padahal, kata Gumilar, UI selalu menyediakan beasiswa bagi para mahasiswa yang tidak mampu secara finansial setiap tahunnya.”Biasanya pendapat itu dilontarkan oleh masyarakat yang kecewa. Padahal kami sediakan beasiswa Rp36 miliar bagi 40 persen mahasiswa tidak mampu, agar bisa dapat keringanan berkuliah di World Class University,” katanya kepada wartawan, Sabtu (20/8/2011). Selain itu, Gumilar mengklaim, UI memiliki program Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Berkeadilan. Di mana setiap mahasiswa boleh membayar dari Rp100 ribu hingga Rp7,5 juta.

…dst

4 ) USU Peringati Dies Natalis ke-59
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/20/373/494322/usu-peringati-dies-natalis-ke-59

Sabtu, 20 Agustus 2011 18:10
JAKARTA – Universitas Sumetera Utara (USU), Medan memperingati Dies Natalis ke-59 di Gedung Gelanggang Mahasiswa, Kampus Padang Bulan pada Sabtu (20/8/2011).Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho, Ketua DPRD Sumut Saleh Bangun, Pandam I Bukit Barisan, Kapolda Sumut, Kajati Sumut, Walikota Medan, Rektor USU dan segenap jajarannya, Tokoh Nasional Adnan Buyung Nasution, Ketua dan anggota Wali Amanat USU, Ketua dan anggota Senat Akademik USU, Dewan Guru Besar, para Rektor di lingkungan Sumatera Utara, para Konsul Negara Sahabat, Kopertis Wilayah I, dan undangan lainnya.

…dst

5 ) Tips Beasiswa
11 Faktor Beasiswa “Gol”
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/21/08110287/11.Faktor.Beasiswa.Gol

Minggu, 21 Agustus 2011 | 08:11 WIB
KOMPAS.com – Tengah berjuang mendapatkan beasiswa? Biasanya pada bulan September sejumlah donor mulai membuka kesempatan bagi para peminat beasiswa. Nah, sebelum mencoba, ada baiknya mengetahui sejumlah faktor yang membuat beasiswa yang Anda ajukan bisa diterima. Penasaran? 1. Mereka sukses selalu mengingat the five P’s, aliasPrior Preparation Prevents Poor Performance. Selalu persiapkan pencarian beasiswa dari jauh-jauh hari. Bagi Anda yang masih SMA, jangan tunggu hingga tahun ketiga, tetapi carilah sejak Anda masih di kelas 1. Untuk yang ingin mencari beasiswa S2 atau Graduate, carilah sejak Anda masih semester 1 dan seterusnya.

…dst

6 ) Kiat Meraih Beasiswa Luar Negeri ala Dosen Unnes
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/20/368/494259/kiat-meraih-beasiswa-luar-negeri-ala-dosen-unnes

Sabtu, 20 Agustus 2011 14:56
JAKARTA – Dia adalah Dani Muhtada, seorang dosen Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes), yang tengah menempuh S-3 di Northern Illinois University, Amerika Serikat dengan beasiswa Fullbright. Tidak hanya itu, pria berkacamata ini juga pernah mendapatkan beasiswa dari ADS (Australia). Maka, Dani ingin berbagi kepada kamu yang berkeinginan besar meraih beasiswa di luar negeri. Menurut Dani, terdapat dua hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa yang hendak mengajukan permohanan beasiswa ke luar negeri, yakni persiapan subtantif dan persiapan teknis. Persiapan subtantif ini menyangkut kelayakan kamu sebagai penerima beasiswa. Semakin baik persiapan subtantif, akan semakin besar kesempatanmu untuk meraih beasiswa. Lantas apa saja sebenarnya yang termasuk dalam persiapan subtantif? Berikut pemaparannya seperti dikutip okezone, dari Situs Unnes, di Jakarta, Sabtu (20/8/2011):

…dst

7 ) UGM Wisuda 712 Mahasiswa D-3
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/20/373/494204/ugm-wisuda-712-mahasiswa-d-3

Sabtu, 20 Agustus 2011 13:10
JAKARTA – Jika, hari Kamis 18 Agustus merupakan hari bahagia bagi 1.530 mahasiswa S-1 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang berhasil diwisuda, kali ini giliran mahasiswa program Diploma untuk merasakan kebahagian serupa. Bertempat di Grha Sabha Pramana, 712 mahasiswa program D-3 UGM dengan lama studi rata-rata tiga tahun dua bulan berhasil lulus dan meraih gelar Ahli Madya.Pada wisuda kali ini, Fajar Laksono, mahasiswa Program Diploma Bahasa Korea meraih predikat mahasiswa yang menyelesaikan studi dengan waktu tercepat, yakni dua tahun delapan bulan. Sementara, Muhammad Ali Rosid dari Program Diploma Teknik Mesin tercatat sebagai lulusan termuda dengan usia 19 tahun satu bulan lima hari.

…dst

OOT:

8 ) 29 Tokoh Kirim Surat kepada Presiden SBY
http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/08/20/brk,20110820-352707,id.html

SABTU, 20 AGUSTUS 2011 | 14:26 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Sejumlah tokoh nasional berkirim surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Isinya, mereka mengimbau agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berani menindak koruptor. “Kepada Presiden RI kami memberikan dukungan keberanian untuk melakukan langkah-langkah aktif dan nyata,” kata koalisi tokoh nasional dalam keterangan persnya hari ini, Sabtu, 20 Agustus 2011.Ke-29 orang itu adalah Anies Baswedan, Anita Wahid, Bambang Widodo Umar, Betti S. Alisjahbana, Burhanuddin Muhtadi, Danang Widoyoko, Eep Saefulloh Fattah, Eddy Swandi Hamid, Endriartono Sutarto, Erry Riyana, Faisal Basri, Hamid Chalid, Ikrar Nusa Bakthi, Imam Prasodjo, Komaruddin Hidayat, M. Ichsan Loulembah, Mas Achmad Santosa, Monica Tanuhandaru, Natalia Soebagjo, Ratih Sanggarwati, Rhenald Kasali, Saldi Isra, Teten Masduki, Atika Makarim, Todung Mulya Lubis, Yenni Wahid, Yunarto Wijaya, Zainal Arifin Muchtar, dan Zumrotin K. Susilo. Para tokoh itu juga meminta agar SBY menggunakan kewenangan tertingginya sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan untuk melindungi negara dan warga bangsa dari serangan balik koruptor. Berikut surat terbuka para tokoh itu yang dikirimkan ke SBY:

…dst

9 ) Akil: Polisi Diskriminatif
http://cetak.kompas.com/read/2011/08/21/01463153/akil.polisi.diskriminatif

21 Agustus 2011
Jakarta, Kompas – Kepolisian dinilai diskriminatif dalam menangani kasus dugaan pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi yang menjadi dasar untuk menetapkan Dewie Yasin Limpo sebagai calon anggota legislatif terpilih dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan I. Pasalnya, polisi justru menetapkan korban sebagai tersangka, sementara pengguna surat palsu dibiarkan dan belum ditetapkan sebagai tersangka. Penilaian itu disampaikan Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar di Jakarta, Sabtu (20/8). Akil mempertanyakan penetapan mantan panitera MK Zaenal Arifin Hoesein sebagai tersangka. “Bagaimana logikanya dia (Zaenal) jadi tersangka? Penyidik diskriminatif,” katanya. Menurut Akil, Zaenal adalah korban yang tanda tangannya dipalsukan oleh mantan juru panggil MK Masyhuri Hasan yang sudah lebih dahulu dijadikan tersangka pemalsuan surat MK. Zaenal pula yang melaporkan dugaan pemalsuan surat MK ke pihak kepolisian. Tanpa laporan dari Zaenal, persoalan pemalsuan surat MK tidak akan pernah terungkap di ranah publik. Polisi sebagai penyidik dinilai diskriminatif karena menetapkan korban sebagai tersangka. Sementara pihak-pihak yang berkonspirasi untuk menggunakan surat palsu sebagai acuan penetapan Dewie Yasin Limpo dari Partai Hati Nurani Rakyat belum juga ditetapkan sebagai tersangka.

…dst

10 ) Kafein Bisa Lawan Kanker Kulit
http://kesehatan.liputan6.com/read/349776/kafein-bisa-lawan-kanker-kulit

21/08/2011 07:15
Liputan6.com, New Jersey: Penelitian mengungkapkan fakta atas keuntungan kopi terus dilakukan. Selain kandungan kafein di dalam kopi bisa menjadi anti-oksidan, kopi ternyata juga bisa melawan kanker kulit. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Rutgers, Amerika Serikat, belum lama berselang.Sebuah penelitian baru menunjukkan, kafein dapat menjadi senjata efektif memerangi kanker kulit. Penelitian dilakukan berdasarkan tikus percobaan yang dibagi menjadi dua kelompok. Tikus dengan kelompok pertama diberikan kopi. Sedangkan tikus kelompok kedua tak diberikan minuman yang mengandung kafein. Hasilnya, kelompok pertama tikus mengalami modifikasi gen untuk mencegah protein tertentu yang disebut ATR, dan kaya dalam radiasi ultraviolet (UV). Sementara kelompok kedua tikus tidak menapatkan modifikasi tersebut. Para peneliti menemukan, kedua kelompok tikus bebas dari tumor setelah paparan sinar UV untuk beberapa waktu. Namun, setelah 19 minggu paparan sinar UV, kelompok pertama mengalami tumor tikus 70 persen lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok kedua.

…dst

11 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan Menengah
Kalla: UN Harus Lebih Sulit
Kasus Andi Nurpati/Pemalsuan dokumen MK
Zainal Arifin:Korban atau Pembuat Surat Palsu MK?
MK: Polisi Cari Aman, Takut pada Kekuasaan
MK Anggap Penetapan Zainal Sebagai Tersangka di Luar Logika Hukum
Andi Nurpati dan Dewi Yasin Dianggap Layak Jadi Tersangka
Kasus Nazaruddin
Interpol Buru Istri Nazaruddin
KPK Analisa Isi Flash Disk Nazaruddin
Nazaruddin Bermanuver Lupa, KPK Optimalkan Kepiawaian Penyidik
OC Kaligis: Nazar Pernah Bertemu Busyro
Kaligis: Mana Video Nazar Muntah di Pesawat?
Nazar Siap Buka-bukaan di Depan LSM dan DPR
Nazaruddin: Neneng Diburu, Nunun Bagaimana?
Zakat
Potensi Zakat di Indonesia Rp217 Triliun per Tahun
China
Luncurkan Kapal Induk, Tiongkok Menuju Status Superpower
Libya
Tangan Kanan Moammar Qaddafi Membelot
Pemberontak Libya rebut kilang minyak di Zawiyah
Pemberontak Klaim Serang Tripoli
Khadafi Ajak Pendukung Berdemo Massal 
Rusia
Rusia Bangun Hotel Antariksa