1 ) Prestasi
Mahasiswa UGM Juara Dunia Konseling Pasien
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/25/10221148/Mahasiswa.UGM.Juara.Dunia.Konseling.Pasien

Kamis, 25 Agustus 2011 | 10:22 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Nuvi Gustriawanto, menjadi juara kategori pemula Kompetisi Konseling Pasien 2011 tingkat dunia di Thailand. Ia berhasil mengungguli 19 pesaing lainnya yang berasal dari berbagai negara.”Dalam kompetisi itu saya berhasil menyisihkan 19 peserta. Saya sempat cemas mengingat beberapa lawan yang berasal dari negara yang cukup maju bidang farmasinya, seperti Amerika Serikat (AS) dan Kanada,” kata Nuvi di Yogyakarta, Rabu (24/8/2011). Nuvi mengisahkan, pada tahap eliminasi, dirinya harus memberikan konseling kepada pasien terkait infeksi gigitan anjing. Pada tahap berikutnya, terkait dengan hormon replacement therapy pada kasus menopause wanita.”Ketika menghadapi pasien dengan keluhan tersebut, saya memberikan konseling khususnya obat kepada pasien dimulai dari introduksi, mengetahui data dan informasi pasien, gaya hidupnya, riwayat penyakit, pemberian resep hingga tahap akhir,” katanya.

…dst

2 ) Pengajuan Guru Besar Makin Sulit
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/08/26/157349/Pengajuan-Guru-Besar-Makin-Sulit

26 Agustus 2011
SOLO – Proses pengajuan usulan jadi guru besar atau profesor kini tidak lagi mudah. Sejak 1 Juli 2011, aturan baru diberlakukan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdiknas. `’Sekarang pengajuan diterima kalau yang diajukan memiliki minimal satu karya yang dipublikasi di jurnal internasional, atau punya satu karya tulis berupa buku ilmiah,” kata Pembantu Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum, kemarin. Dia mengungkapkan, aturan itu tidak saja diberlakukan pada pengajuan guru besar baru, tapi juga untuk perpanjangan guru besar yang sudah di atas usia 65 tahun. `’Kalau tidak memiliki karya tulis, pengajuannya akan ditolak dan secara otomatis langsung pensiun atau masuk guru besar emeritus. Syarat ini tidak bisa ditawar, bahkan pengajuannya langsung ditangani Dirjen,” kata dia. Jamal mencontohkan, pihaknya baru saja menerima surat dari Dirjen Dikti untuk memverifikasi pengajuan usulan guru besar yang baru dikirim dari UNS. Ternyata permintaan itu langsung ditandatangani Dirjen. `’Intinya, kami diminta memverifikasi apakah karya tulis itu betul-betu karya yang dihasilkan calon guru besar tersebut, terutama dari sisi plagiarisasi. Ini memang salah satu syarat, yakni adanya review dari peer group untuk bidang ilmu yang dimiliki,” urainya.

…dst

3 ) Indonesia-Thailand Kerja Sama Pendidikan Jarak Jauh
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/08/254098/284/1/Indonesia-Thailand_Kerja_Sama_Pendidikan_Jarak_Jauh

Jumat, 26 Agustus 2011 01:25 WIB
JAKARTA–MICOM: Indonesia dan Thailand menyepakati kerja sama bidang pendidikan, perhotelan, dan pariwisata meliputi magang, pertukaran mahasiswa, dan kursus singkat online. Kerja sama tersebut difasilitasi Pusat Pendidikan Terbuka Jarak Jauh Asia Tenggara atau Southeast Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO-SEAMOLEC) dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Jakarta dan Politeknik Negeri Bali. Adapun kerja sama dengan lembaga pendidikan di Thailand yaitu Prince of Songkhla University Phuket Campus, Phuket Vocational College, dan Songkhla Vocational College di bidang perhotelan dan pariwisata.

…dst

Baca juga :
Kerjasama Indonesia-Thailand
Pertukaran dan PJJ Mahasiswa Perhotelan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/25/15271817/Pertukaran.dan.PJJ.Mahasiswa.Perhotelan

>>>

4 ) ITS Jalin Kerja Sama dengan TNI AL
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/25/373/496339/its-jalin-kerja-sama-dengan-tni-al

Kamis, 25 Agustus 2011 16:40
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjalin kerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melalui Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di bidang peningkatan pendidikan dan mencetak calon pemimpin bangsa.Rektor ITS Triyogi Yuwono, mengaku senang dengan adanya penandatanganan kerja sama ini, apalagi hubungan ITS dengan STALL sudah dijalin sejak puluhan tahun lalu. “Saya menjadi dosen STTAL sudah sejak 15 tahun lalu,” kata Yuwono seperti yang dikutip dari situs ITS, Kamis (25/8/2011). Menurut Yuwono, kerja sama tersebut sangat diperlukan, “Apalagi pada 2045 Indonesia diperkirakan akan menjadi negara adikuasa baru. Tugas perguruan tinggi saat ini adalah menyiapkan generasi penerus bangsa agar bisa menjadi pemimpin yang baik, sebab pada era tersebut, permasalahan yang terjadi merupakan bentuk akumulasi masalah sosial,” paparnya.”Sudah menjadi tugas kita bersama. Karena generasi penerus pada 2045 mendatang, saat ini masih dududk dibangku SMA. Ini bukanlah tugas yang mudah,” imbuh Yuwono.

…dst

5 ) Kabar Baik dari Prof. Hasanuddin Z. Abidin, Dosen ITB
http://senyum-itb.blogspot.com/2011/08/akreditasi-abet-untuk-itb.html
atau
http://www.facebook.com/pages/Ikatan-Alumni-Institut-Teknologi-Bandung-ITB/46351164326?sk=taggednotes
Rekan-rekan ysh,
Alhamdulillah prodi Teknik Elektro dan Teknik Kelautan ITB sudah terakreditasi secara internasional oleh ABET sampai Oktober 2017.
Berikutnya prodi Teknik Fisika dan Teknik Kimia sia-siap untuk divisitasi ABET (www.abet.org)
ABET | Accrediting College Programs in Applied Science, Computing, Engineering and Technology
http://www.abet.org
ABET is the recognized accreditor for college and university programs in applied science, computing, engineering, and technology.Among the most respected accreditation organizations in the U.S., ABET has provided leadership and quality assurance in higher education for over 75 years.

…dst

6 ) APTISI Nilai RUU Perguruan Tinggi Dangkal
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/08/25/254191/293/14/APTISI-Nilai-RUU-Perguruan-Tinggi-Dangkal

Kamis, 25 Agustus 2011 23:03 WIB
JAKARTA–MICOM: Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) menilai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT) yang tengah digodok bersama Kemendiknas dan Komisi X DPR masih dangkal. “Kami sedang mempersiapkan masukan-masukan terkait RUU PT.Kami menilai RUU ini terkesan dangkal karena tidak memuat landasan filosofis dan sosiologis.RUU ini sepertinya masih bersifat teknis,” kata Sekjen APTISI Suyatno, seusai pertemuan APTISI di Jakarta, Kamis (25/8). Suyatno mengaku khawatir seandainya RUU PT terlalu cepat diundangkan sementara pembahasannya belum matang akan bernasib sama dengan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang dianulir melalui Mahkamah Konstitusi atas desakan masyarakat. “Saya melihat RUU PT tidak mempunyai naskah akademik,” tukasnya.

…dst

7 ) Mari Ikut Program Magang untuk Mahasiswa S-1
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/25/373/496333/mari-ikut-program-magang-untuk-mahasiswa-s-1

Kamis, 25 Agustus 2011 15:40
JAKARTA – Bagi kamu yang beru lulus dan belum punya pengalaman magang sama sekali, baiknya kamu coba mengikuti program magang yang dibuka oleh perusahaan pupuk urea, PT Pupuk Sriwijaya (PUSRI), di Palembang. Program pemagangan tingkat sarjana 2011 bisa kamu ikuti mulai dari sekarang.Ada pun jurusan yang difasilitasi untuk magang, yakni Fakultas Ekonomi Akutansi (kode 11), Fakultas Ekonomi Manajemen (kode 12), Fakultas Teknik Kimia (kode 21), Fakultas Teknik Sipil (kode 22), Fakultas Teknik Mesin (kode 23), Fakultas Teknik Elektro (kode 24), dan Fakultas Hukum (kode 31).Termasuk juga Fakultas Sosial Ekonomi Pertanian (kode 41), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Ilmu Komunikasi dan Kehumasan (kode 51), Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Kimia (kode 61), serta Fakultas Ilmu Komunikasi Teknologi Informasi (kode 71).

…dst

8 ) 700 Calon Mahasiswa Mundur, UB Tambah Kuota Bidik Misi
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/25/373/496218/700-calon-mahasiswa-mundur-ub-tambah-kuota-bidik-misi

Kamis, 25 Agustus 2011 12:55
JAKARTA – Universitas Brawijaya (UB) menambah kuota mahasiswa program bidik misi 2011 dari Dikti. Penambahan kuota tersebut dilakukan lantaran ditemukan sekira 700 calon mahasiswa yang mundur saat proses daftar ulang karena alasan biaya.Ratusan calon mahasiswa yang mengundurkan diri tersebut kini tengah dipanggil kembali oleh pihak UB untuk diproses.Mengenai pemanggilan kembali dan penambahan kuota bidik misi, Kepala Biro Administrasi dan Kemahasiswaan (BAAK) Welmin Sunyie Ariningsih mengatakan, rencananya masih ada kesempatan untuk 800 mahasiswa yang sudah diterima di UB tapi belum mendaftar ulang untuk mendapat kuota bidik misi ini.”Karena itu, secara resmi UB kembali mengundang mereka untuk daftar ulang pada 25 Agustus,” kata Welmin, disitat dari situs UB, Kamis (25/8/2011).

…dst

9 ) Oktober, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2011
http://edukasi.kompas.com/read/2011/08/25/11291778/Oktober.Olimpiade.Penelitian.Siswa.Indonesia.2011

Kamis, 25 Agustus 2011 | 11:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan Nasioanal (Kemdiknas) kembali menggelar Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) pada 9-14 Oktober 2011. Olimpiade yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kemdiknas ini merupakan yang ketiga kalinya. OPSI adalah kegiatan sekaligus wahana pengembangan dan kompetisi dalam bidang penelitian bagi siswa SMA, baik yang bersifat pengungkapan (discovery) maupun yang sifatnya penemuan (invention).Kepala Seksi Peserta Didik, Subdit Kelembagaan dan Peserta Didik, Suharlan mengatakan, tujuan diselenggarakan OPSI adalah untuk menyeleksi siswa-siswi yang memiliki bakat dalam bidang penelitian serta menumbuhkembangkan budaya meneliti sedini mungkin, khususnya di kalangan siswa-siswi SMA.

…dst

OOT:

10 ) Penetapan Idul Fitri Diprediksi Berbeda
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/423797/

Friday, 26 August 2011
BANDUNG – Profesor Riset Astronomi Astrofisika, Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan, penetapan hari Raya Idul Fitri 1432 H diprediksi akan berbeda.Pasalnya,hal ini terjadi karena posisi bulan cukup rendah yaitu di bawah 2 derajat. “Tidak mungkin terjadi rukyatul hilal, kalaupun ada yang melihatnya itu keliru. Dengan hal ini kemungkinan besar Ramadan digenapkan menjadi 30 hari,sehingga Idul Fitri jatuh pada 31 Agustus,”ucapnya saat dihubungi SINDOkemarin. Sementara kelompok yang menentukan Idul Fitri berdasarkan wujudul hilal, akan melihat dari posisi bulan yang sudah ada di atas ufuk (horizon). Sehingga Idul Fitri ditetapkan pada tanggal 30 Agustus. Menurutnya pada sidang istbat dengan agenda mendengarkan laporan rukyat dari seluruh Indonesia tidak akan berhasil. Dia menyebutkan, jika ada laporan yang melihat hilal pasti ditolak. “Hal ini karena hilalnya terlalu rendah sehingga tidak mungkin untuk diamati,” tegas dia. Apabila metode hilal dan dua derajat masih digunakan, maka potensi perbedaan Idul Fitri akan terus terjadi hingga tiga tahun ke depan.

…dst

11 ) Antasari Minta Polisi Usut SMS Gelap ke Nasruddin
http://www.jpnn.com/read/2011/08/26/101662/Antasari-Minta-Polisi-Usut-SMS-Gelap-ke-Nasruddin-

Jum’at, 26 Agustus 2011 , 05:50:00
JAKARTA – Antasari Azhar terus berupaya membongkar dugaan rekayasa dalam kasus pembunuhan berencana yang dia hadapi. Setelah mengajukan permohonan peninjauan kembali (PK), terpidana 18 tahun itu melaporkan dugaan rekayasa SMS yang membuat dirinya dipenjara. “Salah satu dasar putusan majelis hakim kan adanya SMS ancaman kepada korban. Padahal, SMS bisa dikirim dari website tanpa harus melalui handphone,” kata pengacara Antasari, Maqdir Ismail, di Mabes Polri Kamis (25/8). Maqdir meminta polisi menyelidiki asal SMS tersebut. Sebab, SMS tersebut bisa dikirim oleh siapa saja dengan mengatasnamakan siapapun untuk direkayasa. Dia khawatir jika SMS dijadikan pertimbangan putusan, kewibawaan hukum akan rontok. Legitimasi putusan pun menjadi tidak kuat.

…dst

12 ) Rilis Terbaru Wikileaks
Kemhan: Pencabutan Cekal Sjafrie Terganjal Anggota Parlemen AS
http://www.detiknews.com/read/2011/08/25/164021/1711313/10/kemhan-pencabutan-cekal-sjafrie-terganjal-anggota-parlemen-as?nd992203605

Kamis, 25/08/2011 16:40 WIB
Jakarta – Situs Wikileaks membocorkan alasan Wamenhan Sjafrie Sjamsoeddin masuk daftar cekal yang disebut ’00 Hit’, alias sudah di-blacklist untuk bisa masuk AS. Kementerian Pertahanan mengakui hingga kini Sjafrie masih dicekal AS.”Masih (dicekal). Pemerintah sana sudah setuju mencabut, tinggal terganjal beberapa anggota parlemen,” ujar Kapuskom Kemhan Brigjen Hartind Asrin kepada detikcom, Kamis (25/8/2011)…cut…Dalam rilis terbaru Wikileaks disebutkan 00 Hit alias blacklist atas nama Sjafrie ini sudah berlaku sejak 21 September 2006. Sjafrie disebut melakukan dua perbuatan yang membuatnya tidak berhak mendapatkan visa AS. Dua perbuatan itu adalah aktivitas teror dan pembunuhan ekstrajudisial. “Pos (Kedubes AS) paham bahwa aktivitas teror bisa diabaikan oleh Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, tapi tidak dengan pembunuhan ekstrajudisial,” kata mereka. Kasus terkait teror yang melibatkan Sjafrie, disebutkan Kedubes AS adalah aksi kekerasan ekstremis muslim di Sulsel pada tahun 2000. Sedangkan terkait pembunuhan ekstrajudisial, Sjafrie dianggap terlibat kasus Timor Timur dan Trisakti 1998. Kawat ini juga memuat aneka bantahan Sjafrie di berbagai media nasional.

…dst

13 ) Usai Bunuh Mahasiswa, Profesor Bunuh Diri
http://kampus.okezone.com/read/2011/08/25/373/496226/usai-bunuh-mahasiswa-profesor-bunuh-diri

Kamis, 25 Agustus 2011 13:45
IDAHO – Seorang profesor ditemukan tidak bernyawa di sebuah hotel, pria 31 tahun tersebut, diketahui meninggal akibat luka tembak di kepala yang dia lakukan sendiri, satu jam sebelum jasadnya ditemukan. Dari tempat kejadian perkara, Kepolisian Idaho, Amerika, menemukan sepucuk pistol yang digunakan pria yang bernama Ernasto A Bustamante, yang tidak lain merupakan Profesor Ilmu Psikologi dan Komunikasi Universitas Idaho.Penelusuran kepolisisan setempat melaporkan, Bustamante ternyata juga merupakan tersangka pembunuh Mahasiswi S-2 Universitas Idaho jurusan Psikologi, Katy Benoit. Mengenai kaitan kasus ini, Letnan Dave Lehmitz mengatakan, Bustamante sebenarnya telah dinyatakan sebagai tersangka pada kasus pembunuhan mahasiswi asal Boise tersebut belakangan ini.”Mahasiswi berusia 22 tahun tersebut ditemukan meninggal dengan luka tembak di sekujur tubuhnya. Kami berasumsi, Benoit ditembak berkali-kali menggunakan pistol tangan (Hand Gun) kaliber 45 di kamar kosnya, bersama teman sekamar Katy,” Ujar Lehmitz, seperti yang dikutip dari HuffPost College, Kamis (25/8/2011).

…dst

14 ) Temukan Fosil Tertua di Bumi, Buka Harapan di Mars
http://www.jpnn.com/read/2011/08/24/101515/Temukan-Fosil-Tertua-di-Bumi,-Buka-Harapan-di-Mars-

Rabu, 24 Agustus 2011 , 07:17:00
PARIS – Harapan manusia untuk bisa hidup di Planet Mars belum memudar. Itu terjadi setelah sebuah mikrofosil yang ditemukan di Australia menunjukkan bahwa bumi pun awalnya tak beroksigen. Dalam temuan yang dirilis Minggu lalu (21/8) tersebut, umur mikrofosil itu ditaksir lebih dari 3,4 miliar tahun. Para peneliti dari University of Western Australia dan Oxford University menegaskan bahwa fosil yang mereka temukan itu merupakan bagian dari mikroba yang hidup di area tanpa oksigen. “Mikrofosil itu kami temukan pada lapisan batu sedimen. Ini merupakan fosil paling tua yang ditemukan manusia,” papar jubir tim peneliti yang tidak disebutkan namanya itu.Batu sedimen berisi mikrofosil tersebut berasal dari situs Strelley Pool, Pilbara Region, Australia Barat. Konon, mikroba yang terbentuk menjadi fosil itu terjebak di antara butiran pasir kuarsa ketika ia berada dalam kondisi sekarat. Selanjutnya, mikroba itu terabadikan sebagai mikrofosil. Temuan serupa, konon, juga pernah muncul pada 2002.

…dst

15 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan Menengah
Kualitas Buku Sekolah Elektronik Dikeluhkan
709 Siswa Bersaing dalam Olimpiade Sains Nasional di Menado
Kemendiknas Minta Tambahan Anggaran Rp3,3 Triliun
50 Guru Honorer Pertanyakan Status 
Sekilas Ekonomi
Presiden: Anggaran Pertanian 2012 Ditingkatkan
Sultan Keluhkan Kenaikan Gaji PNS
SKB Moratorium PNS Ditandatangani 
Kasus Pak Antasari
Antasari Minta Polisi Usut SMS Gelap ke Nasruddin
MA Lambat Proses Sanksi Hakim Kasus Antasari
Tertangkap Lagi
KPK Tangkap Pejabat Kemenakertrans
Rp 1,5 M Diduga Imbalan Pencairan Anggaran Infrastruktur Transmigrasi
Kisah Durian dan Uang Terima Kasih Rp 1,5 M
KPK Temukan Duit Rp 1,5 Miliar di Kardus Durian 
Kemenakertrans Serahkan Penangkapan 2 Pejabatnya kepada Proses Hukum
Terima suap jaringan narkotika Malaysia
Kapolsek Cicendo Terancam Lima Tahun 
Rilis Terbaru Wikileaks
Wikileaks: AS Memetakan Antara BHD, Ito & Susno
Rilis Terbaru WikileaksKemhan: Pencabutan Cekal Sjafrie Terganjal Anggota Parlemen AS
Wikileaks: Amerika Serikat Puji Sri Mulyani
Golkar Minta SBY Buktikan Kabinetnya Bukan Antek AS
Kasus Nazaruddin
Polri Akui SP3 Kasus Proyek Bandara Makassar yang Melibatkan Nazaruddin
Neneng, dari Model, Dagang Telur Hingga Buron
Dalam BAP, Nazaruddin Menulis Lupa Semua
Setelah Presiden, Nazaruddin Surati Pimpinan KPK   
Kasus Andi Nurpati/Dokumen Palsu MK
Surat Palsu MK, Masyhuri Hasan Diserahkan ke Kejari Pusat
Isu Pelecehan Seleksi Pramugari Garuda
Bantah Pelecehan, Garuda Sampaikan Testimoni Calon Pramugari di Korsel
Kemenhub Belum Rencanakan Investigasi Seleksi Pramugari Garuda
Anggap Tes Tanpa Busana di Korea Memalukan, Garuda Gelar Investigasi
Evakuasi 19 WNI
Mabes TNI Upayakan Evakuasi 19 WNI di Libya
Telepon Nyambung, KBRI Tunisia Segera Evakuasi WNI di Libya
KBRI Tunis evakuasi WNI dari Tripoli
Berita Libya 
Khadafi Pantang Menyerah
Bab Al Aziziya Dijarah, Aset Libya di Luar Negeri Dicairkan
Chavez : kedutaan Venezuela di Tripoli dirampok 
Gaddafi : meninggalkan kompleks kediaman “mundur taktis”
Buru Kadhafi di Kota Kelahiran
Kadhafi Masih Punya Scud dan Senjata Kimia
Khadafy Ingin Jual Emas demi Pendanaan
NATO Bantu Perburuan Khadafy
Rusia: PBB harus berperan di Libya pasca-perang 
Putra-Putri Khadafy Hidup Glamor (Penjarahan di rmh mrk)
Pemberontak Libya upayakan bantuan lima miliar dolar
Wartawan asing akhirnya dibebaskan 
Petinggi dinas intelijen Libya bergabung dengan pemberontak 
Singapore
Singapura akan punya perempuan presiden pertama
Amerika
AS Waspadai Militer China