1 ) “UU PT Akan Selesaikan Masa Transisi Perguruan Tinggi”
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/07/0123228/UU.PT.Akan.Selesaikan.Masa.Transisi.Perguruan.Tinggi

Rabu, 7 September 2011 | 01:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh membenarkan jika badan hukum milik negara (BHMN) sudah tidak memiliki kekuatan hukum. Hal itu mulai diberlakukan sejak Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk membatalkan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) setelah menguji UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan UU Nomor 9 Tahun 2009 tentang BHP. Oleh karena itu, Nuh menjelaskan lahirnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2010 sebagai implikasi dari keputusan MK tersebut. PP Nomor 66 Tahun 2010 dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi perguruan tinggi yang masuk dalam masa transisi dan baru berakhir pada akhir tahun 2012. “Dalam masa transisi itu kita memberikan kewenangan kepada masing-masing perguruan tinggi. Karena mereka itu kan otonom, maka dalam masa transisi ini juga kita berikan otonomi tersebut,” kata Nuh, Selasa (6/9/2011), di Jakarta.

…dst

2 ) Timbulkan Konflik di Kampus
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/426191/

Thursday, 08 September 2011
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, masa transisi setelah MahkamahKonstitusi( MK) membatalkan UU Badan Hukum Pendidikan (BHP) menimbulkan konflik di lingkungan kampus. Dia menjelaskan, Peraturan Pemerintah (PP) No 66/2010 memang memberikan ruang masa transisi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) berstatus badan hukum milik negara (BHMN) hingga 2012 untuk bisa berotonomi.Namun dalam masa transisi itu timbul konflik “Contohnya di UI (Universitas Indonesia),”kata Nuh di Jakarta kemarin. Konflik yang sama,kata dia, terjadi di Universitas Gadjah Mada (UGM).Masa bakti MWA UGM berakhir pada Maret 2012, sementara rektor pada bulan Mei. Mendiknas mengaku pihaknya memberikan opsi, yakni perpanjangan periode tugas MWA hingga pemilihan rektor selesai.

…dst

3 ) Putra Indonesia Jadi Presiden IOAA
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/06/373/499234/putra-indonesia-jadi-presiden-ioaa

Selasa, 06 September 2011 11:32
BANDUNG – Putera Indonesia, Dr. Chatief Kunjaya, terpilih menjadi presiden sebuah organisasi ilmiah dunia, yaitu International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA). Chatief yang sehari-harinya sebagai Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung, dan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), ini didaulat jadi Presiden IOAA periode 2012-2016. Jabatan Presiden IOAA resmi diemban Chatief melalui Agenda Pemilihan Presiden dan Sekretaris Jenderal (sekjen) IOAA. Pada saat pemilihan bersamaan dengan dilaksanakannya IOAA ke-5 di Krakow, Polandia, 25 Agustus hingga 4 September 2011.Chatief Kunjaya meraih suara absolut, yakni 47 suara, dari semua peserta yang hadir. Dia menggantikan Presiden IOAA sebelumnya, Profesor Boonraksar Soonthornthum dari Thailand. Sedangkan Dr. Grzegorz Stachowski dari Polandia dipilih sebagai Sekretaris Jenderal IOAA. Terpilihnya Presiden IOAA dari Indonesia, diharapkan akan berdampak pada perkembangan dan kemajuan astronomi dan astrofisika di Indonesia.

…dst

4 ) Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Kembali Digelar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/157679

Rabu, 07/09/2011 – 16:15
JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pendidikan Nasional kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional tingkat Perguruan Tinggi Indonesia (OSNPTI). Ada empat bidang yang dilombakan dalam ajang yang berlangsung untuk keempat kalinya itu, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Illah Sailah mengatakan, kegiatan olimpiade ini menunjukkan animo kepada masyarakat bahwa bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) bukan sesuatu yang dianggap sukar. Seusai menggelar telewicara dengan 21 universitas di Lantai 10 Gedung D Kemdiknas Senayan Jakarta, Rabu (7/9), Illah menambahkan, kegiatan ini juga untuk menggairahkan kepada calon mahasiswa bahwa bidang MIPA bukan sesuatu yang menakutkan dan sulit. “Dengan cara penyajian olimpiade-nya bukan hanya penalaran menghitung atau mengerjakan soal, tetapi juga ada problem solving yang nanti harus dipresentasikan. Hal itu akan menjadi lebih menarik bagi mahasiswa,” katanya.

…dst

5 ) Gelar OSN-PTI, Kemdiknas Gandeng Pertamina
http://www.jpnn.com/read/2011/09/07/102202/Gelar-OSN-PTI,-Kemdiknas-Gandeng-Pertamina-

Rabu, 07 September 2011 , 17:23:00
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional Tingkat Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI). Ajang kompetisi sains antarmahasiswa ini telah diselenggarakan untuk keempat kalinya dan diikuti mahasiswa dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Ada empat bidang yang dilombakan yaitu bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi.Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Illah Sailah mengatakan, kegiatan olimpiade ini menunjukkan animo kepada masyarakat bahwa bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) bukan sesuatu yang dianggap sukar. Selain itu, kegiatan Ini juga untuk menggairahkan kepada calon mahasiswa bahwa bidang MIPA bukan sesuatu yang menakutkan dan sulit.

…dsg

6 ) Universitas Padjadjaran Akan Bangun Hotel dan Mal
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/09/08/brk,20110908-355115,id.html

KAMIS, 08 SEPTEMBER 2011 | 05:19 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Universitas Padjadjaran, Bandung, akan terjun ke bisnis hotel dan pusat belanja. Ini sejalan dengan statusnya sebagai badan layanan umum (BLU).”Dengan status BLU, Unpad boleh punya unit usaha seperti itu,” kata Rektor Universitas Padjadjaran Ganjar Kurnia di Bandung kemarin.Tahun depan, universitas itu akan mulai membangun pusat belanja dan hotel di Jalan Dago, Bandung. Selain itu, baru-baru ini Unpad telah menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal yang membuat air minum dalam kemasan.Pusat belanja akan dibangun di lahan kosong yang berada di depan gerbang kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Mal itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas penginapan. “Buat orang tua yang datang mau menemui anaknya,” kata Ganjar.Adapun hotel tiga lantai akan didirikan di Jalan Dago Nomor 4. Sejalan dengan proyek itu, kampus Fakultas Matematika dan IPA di lokasi itu akan ditutup dan kegiatan perkuliahan dipindahkan ke kampus Jatinangor.

…dst

7 ) Revitalisasi Pendidikan Tinggi Sains
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/07/20240010/Revitalisasi.Pendidikan.Tinggi.Sains.

Rabu, 7 September 2011 | 20:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Revitasilisasi pendidikan sains murni di perguruan tinggi negeri dan swasta dilakukan sejak tiga tahun belakangan ini untuk memperkuat penguasaan ilmu-ilmu dasar yang berguna dalam penguasaan sains dan teknologi di Indonesia. Untuk itu, revitalisasi pendidikan sains di kampus-kampus yang memiliki program studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) difokuskan melalui perbaikan peralatan laboratorium dan penguatan riset ilmu dasar.

…dst

8 ) Pembangunan Pendidikan-Kemdiknas Kerjasama dengan TNI
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/07/12574578/Kemdiknas.Kerjasama.dengan.TNI

07 September 2011
JAKARTA, KOMPAS.com – Kemeneterian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerjasama dalam rangka memperluas layanan pendidikan di wilayah perbatasan, pulau terluar, daerah terpencil, daerah tertinggal, daerah konflik dan pasca konflik serta daerah korban bencana.Cakupan dari kerjasama ini meliputi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan nonformal, pembinaan pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan layanan khusus, kebahasaan, penelitian dan pengembangan, serta pengembangan sumber daya manusia pendidikan.

…dst

9 ) Kemdiknas-TNI Perluas Layanan Pendidikan di Perbatasan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/157680

Rabu, 07/09/2011 – 16:28
JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama memperluas layanan pendidikan di wilayah perbatasan, pulau terdepan/terluar, daerah terpencil, daerah tertinggal, daerah konflik, pascakonflik, dan/atau daerah korban bencana. Nota kesepakatan kerja sama ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, bertempat di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Rabu (7/9).Cakupan kerja sama ini meliputi pendidikan anak usia dini, pendidikan nonformal, pembinaan pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, pendidikan layanan khusus, kebahasaan, penelitian dan pengembangan, dan pengembangan sumber daya manusia pendidikan.

…dst

10 ) KSAD Beri Kuliah Umum di Kampus Unjani
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/426108/

Thursday, 08 September 2011
CIMAHI – Sebanyak 2.684 mahasiswa baru Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) memperoleh materi kuliah umum dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dalam acara Sidang Terbuka Senat Pengukuhan Mahasiswa Baru tahun akademik 2011-2012, kemarin. Dalam kuliah umumnya itu, persoalan nasionalisme menjadi sorotannya. Dengan nada bicara yang berapi-api, di hadapan ribuan mahasiswa baru, Edhie meminta generasi muda Indonesia untuk bangga pada negaranya.Menurut dia, bangsa Indonesia berdiri dengan perjuangan berat di mana harta benda hingga nyawa sekalipun dikorbankan. Sikap bangga dan memiliki negaranya merupakan bentuk penghargaan terhadap perjuangan tersebut.”Saya sangat benci kepada orang-orang yang kerjaannya hanya menjelekjelekkan Indonesia di televisi,” tegas Edhie di Gedung Sasana Krida,Unjani,kemarin.

…dst

11 ) Gerakan Percepatan Pergantian Rektor UI
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/07/23543188/Gerakan.Percepatan.Pergantian.Rektor.UI

Rabu, 7 September 2011 | 23:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Percepatan pergantian Rektor Universitas Indonesia (UI) yang kini dijabat Gumilar Rusliwa Somantri tengah dilakukan oleh kelompok penentang Gumilar yang tergabung dalam Forum Pemerhati Pendidikan UI dan Pendidikan Nasional. Gumilar masih akan menjabat hingga Agustus 2012.Mereka yang bergabung yakni para anggota Dewan Guru Besar UI, Senat, Badan Eksekutif Mahasiswa, para pengajar, mahasiswa, dan berbagai unsur UI lainnya, serta eksternal UI. Ade Armando, pengajar di FISIP UI, mengatakan, langkah itu diambil lantaran Gumilar mengabaikan prinsip-prinsip good governance, yakni transparansi, akuntabilitas, serta partisipasi selama mengelola UI.

…dst

12 ) Cara Mudah Ketahui PTS Ilegal
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/09/07/lr5geo-cara-mudah-ketahui-pts-ilegal

Rabu, 07 September 2011 18:11 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah menyatakan mudah untuk membedakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang sudah memiliki izin dengan PTS fiktif atau tidak berizin. “Setiap PTS yang memiliki izin penyelenggaraan perkuliahan pasti terdaftar dalam ‘database’ Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional,” kata Koordinator Kopertis Jateng, Prof. Mustafid, di Semarang, Rabu (7/9). Ia menjelaskan, setiap PTS yang terdaftar dalam ‘database’ Ditjen Dikti dipantau kinerjanya melalui evaluasi program studi berbasis evaluasi diri (EPSBED) yang bisa diakses secara terbuka oleh masyarakat melalui internet. Dalam EPSBED itu, kata dia, tertera seluruh profil PTS, mulai nama PTS, nama mahasiswa yang berkuliah, sampai rekam akademis seluruh mahasiswa hingga lulus kuliah, termasuk pemenuhan persyaratan minimal lulus kuliah.”Untuk lulus kuliah, mahasiswa kan harus memenuhi persyaratan minimal, seperti pemenuhan jumlah satuan kredit semester (SKS) mata kuliah, berapa semester, dan sebagainya. Itu semua bisa dilihat melalui EPSBED,” tuturnya.

…dst

13 ) Profesor RI Pandang Universitas Australia bagai ‘Toko’
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/07/373/499903/profesor-ri-pandang-universitas-australia-bagai-toko

Rabu, 07 September 2011 16:23
AUSTRALIA – Universitas di Australia dipandang sebagai sebuah `toko’. Hal ini disampaikan akademisi senior Indonesia yang lama mengajar di Australia, Profesor Sangkot Marzuki. Menurut Marzuki, kuliah di Australia tidak lagi berfungsi sebagai jembatan antara dua budaya.Hal ini mengakibatkan rendahnya kolaborasi antara Australia dan Indonesia dalam kegiatan ilmiah dan penelitian. “Saat saya datang ke Australia 40 tahun lalu, saya ingin mencari pendidikan yang lebih baik. Sekarang orang Indonesia melihat Australia sebagai sebuah `toko’ untuk membeli gelar dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik,” jelasnya, seperti dikutip dari The Australian, Rabu (7/9/2011). Alumnus Monash University pada 1976 dengan gelar PhD dalam bidang biokimia ini berbicara dalam Forum Pendidikan dan Pembangunan Asia Pasifik di University of Sydney, pekan lalu.

…dst

14 ) Prof. Dr.H. M. Surya, Genap 70 Tahun “Tetap Sebagai Guru”
http://www.pikiran-rakyat.com/node/157669

Rabu, 07/09/2011 – 14:51
BANDUNG, (PRLM).- Hari besok, Kamis (8/9) Prof. Dr. H. M. Surya genap berusia 70 tahun. Bagi kalangan akademisi usia 70 tahun merupakan usia pensiun guru besar atau emeritus, namun Surya menegaskan akan tetap berkiprah sebagai pendidik. “Dunia pendidikan merupakan jalan hidup yang telah digariskan sejak lama. Saya sudah menjadi guru SD ketika masih berusia 17 tahun di Citangtu, Kuningan,” kata Surya, di sela-sela kunjungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Rabu (7/9). Surya merupakan doktor keempat yang lulus dari IKIP Bandung (kini UPI) pada tahun 1979. Surya mengalami mengajar dari jenang SD, SMP, SPG (SMA), dan perguruan tinggi baik di UPI Bandung maupun lainya. “Selain mengajar, saya juga tetap aktif di organisasi khususnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI),” kata Surya yang pernah menjadi ketua umum Pengurus Besar (PB) PGRI selama 10 tahun.

…dst

15 ) Kesempatan Si Miskin Kuliah di Unnes
20 Persen Bangku untuk Kaum Papa
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/08/158429/20-Persen-Bangku-untuk-Kaum-Papa

08 September 2011
KENAPA Universitas Negeri Semarang (Unnes) tampak begitu kekeuh untuk menyediakan kursinya bagi si miskin? “Di samping soal aset bangsa yang tak boleh disia-siakan, memberikan kursi kuliah kepada mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi merupakan amanat konstitusi. Dan tak boleh ditunda-tunda,” kata Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo MSi. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, bahwa semua perguruan tinggi negeri (PTN) wajib menampung 20% mahasiswa miskin yang mempunyai kompetensi akademik memadai. Bahkan, hal itu ditegaskan oleh Mendiknas Prof Dr M Nuh, perlunya PTN segera mewujudkan amanat PP tersebut. Sebab jika tidak, PTN akan mendapatkan sanksi. Sanksi dapat berupa pengurangan anggaran keuangan dari pemerintah kepada peguruan tinggi negeri serta sanksi sosial dari masyarakat.

…dst

16 ) FISIP UI Luluskan 1.200 Agen Asuransi
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/07/373/499883/fisip-ui-luluskan-1-200-agen-asuransi

Rabu, 07 September 2011 17:05
DEPOK – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) menjadi lembaga pendidikan yang berkesempatan memberikan program pelatihan dalam perencanaan keuangan bagi para praktisi keuangan. Para lulusannya akan memperoleh gelar Registered Financial Planner (RFP). Salah satu perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan UI, yakni Prudential. Kerja sama tersebut salah satunya berupa pelatihan selama empat hari yang diikuti oleh 1.200 agen.Dekan FISIP UI, Bambang Shergi Laksmono mengatakan. kerja sama dan pelatihan tersebut merupakan pelatihan bagi pelanggan yang membuat UI memiliki tanggung jawab terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang industri asuransi. Tujuannya, kata Bambang, agar bisa meningkatkan pelayanan dan jaminan terhadap rIsiko kehidupan, seperti asuransi jiwa.

…dst

17 ) Lima Mahasiswa Unsoed ke Malaysia dan Filipina
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/08/158427/Lima-Mahasiswa-Unsoed-ke-Malaysia-dan-Filipina-

08 September 2011
PURWOKERTO- Program Magister Ilmu Administrasi (MAP) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto memberangkatkan lima orang mahasiswa yang lolos menerima beasiswa unggulan ke University of Malaya, Malaysia. Rencananya mereka diberangkatkan Jumat (9/9). Direktur Program MAP Unsoed Dr Ali Rokhman MSi mengatakan, kelima mahasiswa tersebut adalah Chasidin, Putri Amal Wijaya, Fajar Rezky Aprilian, Suryo Wibisono, dan Chafid Diyanto. Mereka akan menjalani program transfer Credit di University of Malaya satu semester.”Ini sebagai tindak lanjut dari kerja sama kesepahaman joint programme antara Unsoed dan University of Malaya yang didukung oleh beasiswa unggulan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Setjend Kemdiknas,” kata Ali, kemarin.

…dst

OOT:

18 ) Dua Jaksa Bermasalah jadi Kajati
http://www.jpnn.com/read/2011/09/08/102228/Dua-Jaksa-Bermasalah-jadi-Kajati-

Kamis, 08 September 2011 , 01:05:00
JAKARTA – Gerbong jabatan eselon II di tubuh Kejaksaan Agung (Kejagung) kembali bergerak. Jaksa Agung Basrief Arief melantik dan mengambil sumpah 18 pejabat eselon II yang dimutasi di Sasana Baharudin Lopa Kejagung, Jakarta, Rabu (7/9).Di mata Indonesia Corruption Watch (ICW) pelantikan tersebut merupakan bukti konkret bahwa lembaga hukum tersebut tak serius membenahi diri. Pasalnya, ada dua nama yang menurut koordinator ICW Febri Diansyah bermasalah. Mereka adalah Muhammad Salim dan Pohan Laspy. Salim yang pernah mendapatkan sanksi disiplin terkait kasus suap Artalyta Suryani dipromosikan menjadi Kajati Nusa Tenggara Barat (NTB).Sementara Pohan yang sempat kena sanksi karena tak teliti menangani perkara kasus Gayus Tambunan jadi Kajati Lampung. “Kalau memang ingin berubah memperbaiki diri secara serius, seharusnya mempertimbangkan tidak memberikan gerak promosi jabatan strategis kepada jaksa bermasalah,” kata Febri saat dihubungi wartawan, Rabu (7/9).

…dst

19 ) APBD Mengucur Ngawur, Kemendagri Jengkel
http://www.jpnn.com/read/2011/09/08/102238/APBD-Mengucur-Ngawur,-Kemendagri-Jengkel-

Kamis, 08 September 2011 , 04:24:00
JAKARTA — Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) jengkel menyikapi banyaknya kasus pengcuran dana APBD yang ngawur. Seperti terungkap di sejumlah persidangan perkara korupsi APBD, uang rakyat banyak mengalir ke sejumlah pihak, termasuk jajaran Muspida, LSM, anggota DPRD, atau bahkan wartawan. Kapuspen Kemendagri, Reydonnyzar Meonek menjelaskan, sebenarnya aturan mengenai penggunaan dana APBD sudah cukup jelas. Aturan itu yakni di PP Nomor 58 Tahun 2005, juga Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, Permendagri 59 Tahun 2007, dan Permendagri Nomor 32 Tahun 2011.

…dst

20 ) Ulama Arab Saudi Kecam Astronom yang Ragukan Hilal Ramadan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/08/257310/293/14/Ulama-Arab-Saudi-Kecam-Astronom-yang-Ragukan-Hilal-Ramadan

Kamis, 08 September 2011 06:23 WIB
SEJUMLAH ulama konservatif mengancam akan menggugat astronom dan ilmuwan Arab Saudi bernama Khaled Al-Zaaq yang meragukan kesaksian warga yang melihat bulan sabit Syawal terlihat pada 29 Ramadan 29 (29 Agustus). Setelah mengonfirmasi kebenaran dari kesaksian orang-orang, komite hilal Arab Saudi menyatakan akhir bulan puasa Ramadan dan menandai munculnya Idul Fitri pada hari berikutnya (Selasa, 30/8). Ancaman itu datang di tengah perdebatan antara para sarjana Muslim dan astronom tentang kemungkinan penampakan bulan pada 29 Agustus. Menurut kalender Islam, bulan-bulan Arab dapat berupa 29 atau 30 hari paling lama. Pada banyak kesempatan, Idul Fitri telah dirayakan setelah hanya 29 hari puasa.

…dst

21 ) Sekilas dalam Negeri

Lain-Lain