1 ) Kampus Unggulan Dibangun di Perbatasan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/426946/

Monday, 12 September 2011
SANGIHE– Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan merevitalisasi perguruan tinggi yang ada di perbatasan, pulau terluar, dan terpencil agar sesuai dengan karakteristik lingkungannya. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan,tahun ini pemerintah akan mengubah daerah perbatasan, pulau terluar, dan terpencil Indonesia menjadi beranda depan agar potensi yang ada di daerah tersebut lebih maju daripada negara di seberangnya. Cara yang paling mudah adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Mendiknas mencontohkan di Sangihe, pemerintah sudah meningkatkan status Politeknik Nusa Utara menjadi negeri. “Tidak akan berhenti di Sangihe saja. Kami sudah meningkatkan juga status Universitas Musamus di Merauke, Universitas Borneo, Poltek Batam,dan Poltek Riau. Mereka direvitalisasi sesuai dengan kekuatan sumber daya manusia masing-masing.

…dst

2 ) Pemerintah Siapkan PTN Unggulan di Kawasan Perbatasan
http://www.jpnn.com/read/2011/09/11/102510/Pemerintah-Siapkan-PTN-Unggulan-di-Kawasan-Perbatasan-

Minggu, 11 September 2011 , 20:20:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengungkapkan, pemerintah akan menseriusi pembangunan kampus-kampus perguruan tinggi unggulan di kawasan perbatasan. Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah perbatasan. Menurut Nuh, pembangunan pendidikan di daerah perbatasan karena dua pertimbangan. Pertama, karena daerah perbatasan dan wilayah terluar telah lama kurang mendapatkan perhatian. Kedua, ada perubahan strategi percaturan negara. “Hubungan antarnegara tidak semata-mata ditentukan oleh hubungan antaribukota, tetapi hubungan keseharian yang ditentukan di daerah perbatasan,” kata Nuh di Jakarta, Minggu (11/9).

…dst

3 ) Kampus Bangun Daerah Tertinggal
http://www.jpnn.com/read/2011/09/12/102526/Kampus-Bangun-Daerah-Tertinggal-

Senin, 12 September 2011 , 04:04:00
JAKARTA – Tak ingin berjalan monoton, Stekpi School Business and Management melakukan gebrakan baru. Dalam rangka menyambut mahasiswa baru ajaran 2011-2012, Sekolah Tinggi Ekonomi Keuangan dan Perbankan berdomisili di Kalibata, Jakarta Selatan tersebut melakukan revolusi pendidikan. Revolusi tersebut meliputi menjaring mahasiwa – mahasiswa langsung ke berbagai daerah, dan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi yang kurang beruntung dalam finansial. “Stekpi mengawali revolusi pendidikan di tanah air. Dengan program ada jaminan pekerjaan bagi lulusan Stekpi ini pertanda satu kemajuan. Setelah mahasiswa lulus mengenyam pendidikan, mereka kembali ke daerah membangun daerahnya berbekal ilmu yang didapat selama kuliah,” ujar Helmy Faisal Zaini, menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, usai memberikan kuliah perdana di Stekpi Kalibata, (10/9).

…dst

4 ) UIN Malang Wajibkan Mahasiswa Asing Pelajari Pancasila
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/12/158847/UIN-Malang-Wajibkan-Mahasiswa-Asing-Pelajari-Pancasila

12 aseptember 2011
MALANG- Langkah cukup membanggakan dilakukan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Seluruh mahasiswa asing yang menimba ilmu di perguruan tinggi Islam itu diwajibkan mempelajari Pancasila dan kebudayaan serta adat yang ada di Indonesia. Bahkan, yang lebih membedakan lagi dengan perguruan tinggi Islam lainnya, di UIN yang merupakan lembaga pendidikan internasional menggunakan bahasa Indonesia dalam pengajaran kepada mahasiwa dari 13 negara, diwajibkan menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari. “Mereka antara lain dari Rusia, Palestina, Filipina, dan Madagaskar,” kata Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Imam Suprayogo, belum lama ini. Di satu sisi ada kebanggaan bahwa UIN mengajarkan Pancasila kepada mahasiswa asing, sebaliknya Imam mengaku sedih orang Indonesia akhir-akhir ini mulai melupakan Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

…dst

5 ) UIN Malang Raih Dua Rekor Muri Sekaligus
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/11/1838205/UIN.Malang.Raih.Dua.Rekor.Muri.Sekaligus

Minggu, 11 September 2011 | 18:38 WIB
MALANG, KOMPAS.com — Pengenalan akademik (OPAK) yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Minggu (11/9/2011), telah meraih dua rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sekaligus. Penganugerahan Muri pertama diberikan kepada mahasiswa baru angkatan 2011 dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Maliki Malang sebagai pemrakarsa gerakan resensi 2.000 judul buku dalam waktu serentak selama acara OPAK digelar. Resensi buku terbanyak di Indonesia tersebut mencakup 2.000 judul buku yang diresensikan. Rekor resensi buku itu menerima sertifikat Muri bernomor 5075. Sementara itu, penganugerahan yang kedua diberikan kepada Rektor UIN Malang Prof Imam Suprayogo atas prestasinya sebagai satu-satunya rektor yang menulis artikel secara terus-menerus selama tiga tahun.

…dst

6 ) Kemdiknas Beri Beasiswa untuk Pegawai
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/12/158846/Kemdiknas-Beri-Beasiswa-untuk-Pegawai

12 September 2011
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada keluarga besar Kemdiknas nondosen, untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi. Para pegawai di lingkungan Kemdiknas diberi beasiswa melalui program Beasiswa Unggulan. “Peningkatan kompetensi tidak bisa ditawar. Lima atau 10 tahun mendatang para penerima beasiswa akan menggantikan kita semua,” kata Mendiknas Mohammad Nuh saat memberikan pembekalan kepada para penerima di kantornya, Jumat (9/9). Dia menjelaskan, tahun ini sebanyak 121 pegawai Kemdiknas mengikuti seleksi penerimaan program Beasiswa Unggulan. Dari jumlah tersebut, 37 orang dinyatakan lulus. “Sebanyak tujuh orang diterima di universitas luar negeri dan 30 orang di universitas dalam negeri. Sementara itu, 84 orang lainnya akan disiapkan untuk menerima beasiswa pada tahun depan,” ujarnya.

…dst

7 ) Mendagri dan Jaksa Agung Terima Penghargaan Unand
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/11/14311751/Mendagri.dan.Jaksa.Agung.Terima.Penghargaan.Unand

Minggu, 11 September 2011 | 14:31 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Jaksa Agung Basrief Arief dijadwalkan menerima penghargaan sebagai alumni terbaik Fakultas Hukum Universitas Andalas, Padang, pada Minggu (11/9) malam. Penghargaan itu diberikan dalam rangkaian peringatan HUT Ke-60 Fakultas Hukum Universitas Andalas. Gamawan dan Basrief ditetapkan sebagai penerima anugerah alumni terbaik lewat seleksi ketat dari 23 nomine.

…dst

8 ) 3 Mahasiswi UII KKN ke Australia
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/10/373/501175/3-mahasiswi-uii-kkn-ke-australia

Minggu, 11 September 2011 11:05
JAKARTA- Sebanyak tiga mahasiswa asal Universitas Islam Indonesia (UII) mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dua universitas Australia, yakni Dromana Secondary College dan Morington Secondary College di Melbourne. Ketiga mahasiswa yang diberangkatkan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPIB UII) adalah Siska Marga Rene, Alifa Rasyida Sholeh, dan Trie Lestari Handayani. Semuanya berasal dari program studi (prodi) D-3 Bahasa Inggris. Sebelumnya, ketiga mahasiswa itu telah melewati serangkaian seleksi yang ketat, seperti TOEFL, tes wawancara yang meliputi native dan tes psikologi, serta tes kemampuan di bidang seni. “Selain itu, presentasi ke-UII-an, presentasi keislaman, tes pengetahuan kebudayaan Indonesia, serta pelatihan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing,” demikian yang dikutip dari laman UII, Minggu (11/9/2011).

…dst

9 ) Beasiswa Unpad Mahasiswa Tingkat Akhir
http://bataviase.co.id/node/794201

09 Sep 2011
BANDUNG, (PR).-Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Yayasan Marga Jaya Sejahtera melalui program beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR) Pembangunan Jaya Group memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unpad, khusus bagi mereka yang tengah duduk di semester V dan VII. Pemberian beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu para mahasiswa menyelesaikan semester-semes-ter akhir perkuliahannya.Kerja sama tersebut ditandaipenandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpad Trias Nugrohadi dengan Ketua Dewan Pengurus Yayasan Marga Jaya Sejahtera Indra Setiadjid. Penandatanganan ini dilakukan di Ruang Rapat Pimpinan Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung beberapa waktu lalu.

…dst

10 ) Kemendiknas umumkan penerima “Inclusive Education Award”
http://www.antaranews.com/berita/275185/kemendiknas-umumkan-penerima-inclusive-education-award

Senin, 12 September 2011 00:13 WIB
Manado (ANTARA News) – Kementrian Pendidikan Nasional melalui Direkorat PPK-LK Pendidikan Dasar bekerjasama denga Helen Keller Internasional (HKI) Indonesia akan mengumumkan penerima “Inclusive Education Award” atau penghargaan pendidikan inklusif tahun 2011. Pemberian penghargaan yang didukung USAID itu diumumkan pada pembukaan ajang olimpiade sains nasional (OSN) X di Manado, Sulawesi Utara pada Senin (12/9). Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PPK-LK) Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), DR Mudjito di Manado Minggu mengatakan, penghargaan itu akan diberikan kepada tiga kategori. “Ketiga kategori itu masing-masing pertama, pemerintah daerah, kedua, sekolah dan ketiga, perorangan,” kata Mudjito. Mudjito mengatakan pemberian penghargaan pendidikan inklusif itu baru pertama kalinya dilaksanakan. “Pemberian penghargaan itu telah melalui seleksi ketat dan independen,” kata Mudjito.

…dst

11 ) Marak, Penipuan Sertifikasi Guru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/427028/

Monday, 12 September 2011
YOGYAKARTA– Para peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) diimbau untuk waspada terhadap penipuan dengan modus meminta uang agar lulus ujian. Pelaku mengaku sebagai Ketua Panitia Sertifikasi Guru (PSG) rayon Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sunaryo Soenarto. Penipuan tersebut diketahui setelah ada enam guru yang melakukan klarifikasi ke PSG UNY untuk mendapatkan kebenaran informasi permintaan uang oleh Ketua. Sunaryo Soenarto menjelaskan, dalam menjalankan aksinya, pelaku penipuan menghubungi guru peserta PLPG melalui telepon sekolah di mana guru tersebut mengajar.

…dst

OOT:

12 ) Indonesia Dapat Tambahan Kuota 10.000 Orang
http://nasional.kompas.com/read/2011/09/11/21013068/Indonesia.Dapat.Tambahan.Kuota.10.000.Orang.

Minggu, 11 September 2011 | 21:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengabulkan penambahan kuota untuk jemaah haji Indonesia sebanyak 10.000 orang dari usulan kuota sesuai dengan data jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk. Jadi, total jemaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan tahun 2011 sebanyak 221.000 orang. Demikian diungkapkan Menteri Agama Suryadharma Ali di VIP Room Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/9/2011), saat baru tiba dari Arab Saudi, didampingi Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat serta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto, dalam rangka persiapan penyelnggaraan ibadah haji 1432 H/2011.

…dst

12 ) 12-9-1959: Roket Pertama Mendarat di Bulan
Lunik II dinyatakan berhasil menyentuh Bulan 36 jam setelah
http://dunia.vivanews.com/news/read/246234-12-9-1959–roket-pertama-mendarat-di-bulan

SENIN, 12 SEPTEMBER 2011, 06:44 WIB
peluncuranVIVAnews – Pada 52 tahun yang lalu, Uni Soviet meluncurkan roket menuju Bulan. Roket bernama Lunik (Luna) II merupakan percobaan kedua bagi proyek ambisius Soviet dan akhirnya dikenal sebagai kendaraan pertama dari bumi yang berhasil mendarat di Bulan. Menurut stasiun berita BBC, Lunik II merupakan roket tanpa awak yang berbobot 391 kg dengan membawa instrumen yang mengukur wilayah magnetik Bumi dan Bulan serta lajur radiasi yang mengelilingi Bumi. Sebelumnya, Soviet sudah meluncurkan Lunik I pada 2 Januari 1959, namun gagal mendarat di Bulan sehingga dibuatlah Lunik II.

…dst

13 ) Sisa-sisa Tragedi 9/11 Kini di Planet Mars
Sejumlah puing-puing Menara Kembar WTC kini berada sekitar 289,5 juta km dari bumi.
http://teknologi.vivanews.com/news/read/246188-kenangan-9-11-di-planet-mars

MINGGU, 11 SEPTEMBER 2011, 20:26 WIB
VIVAnews – Hari ini adalah peringatan satu dekade peristiwa serangan teroris atas menara kembar WTC di New York, yang dikenal sebagai Tragedi 9/11. Tapi tak banyak yang tahu bahwa kenangan para korban WTC, kini justru berada nun jauh di sekitar 289,5 juta km dari bumi.
Pada September 2001, menurut laman resmi NASA, para pekerja perusahaan Honeybee Robotics membangun sepasang alat yang bisa menggerinda bebatuan planet Mars, agar instrumen saintifik pada wahana eksplorasi robotik Spirit dan Opportunity di Mars, bisa meneliti bagian dalam batuan planet itu. Pada saat itulah terjadi serangan terhadap menara kembar gedung World Trade Center, yang terletak tak lebih dari satu mil. Pengerjaan alat ini memiliki jadwal yang sangat ketat dan singkat karena sangat tergantung dengan kondisi perputaran planet Mars sendiri.Peneliti-peneliti yang membangun alat ini, saat itu tak punya waktu banyak untuk menolong para korban. Tapi mereka kemudian justru menemukan cara khusus untuk memberikan penghormatan pada ribuan korban Tragedi 9/11….cut…”Adalah sebuah penghargaan bagi para korban, bahwa bagian dari World Trade Center, kini berada di Mars,” ujar Stephen Gorevan, pendiri dan Chairman Honeybee, serta anggota tim sains eksplorasi Mars, dikutip dari situs web resmi Jet Propulsion Laboratory NASA (Badan Antariksa AS).

…dst

14 ) Sekilas dalam Negeri
Kerusuhan di Ambon
Situasi Ambon Terkendali
Djoko Suyanto: Situasi Ambon Mulai Tenang
Gubernur Maluku pastikan Ambon sudah tenang
Gubernur Maluku Minta Warga Hentikan Kekerasan
Polri Minta Masyarakat Ambon Tak Terprovokasi Isu Menyesatkan
Kontras Minta Polisi Kerja Cepat dan Profesional Amankan Ambon
Soal Ambon, Pemuda Maluku Desak Presiden Tegas
Tertembak di Dagu, Korban Tewas Bertambah (3 orang)
200 Personel Brimob Diberangkatkan dari Makassar ke Ambon
Polisi Jaga Ketat RS di Ambon
Kronologi Kerusuhan Ambon
Kabareskrim: Ricuh Ambon Dipicu Kecelakaan Lalu Lintas Tunggal
Bentrokan Warga Ambon Dipicu Tewasnya Tukang Ojek  
Kasus Andi Nurpati/Dokumen palsu MK
DPR Segera Panggil Kapolri
Suap di Kemenakertrans
Dianggap Cemarkan Muhaimin, PKB Laporkan Lily Wahid  
PKB Juga Akan Laporkan Farhat Abas
Acoz Akui Bertemu Dharnawati di Kementerian
Staf Khusus Mennakertrans: Silakan Periksa Rekening Saya
Kasus Nazaruddin
Giliran Chandra dan Haryono Diperiksa Komite Etik
Nazar Batal Serahkan US$ 100 Ribu ke Chandra
Kasus Munir
Basrief: tidak ada kewenangan sidik ulang kasus Munir 
Mundurnya Wabud Garut
80% Kepala Daerah dan Wakil Pecah Kongsi
Gubernur Bujuk Diky agar Batalkan Mundur 
Kuota Haji ditambah
Indonesia Dapat Tambahan Kuota 10.000 Orang
Kisruh PSSI
Pemain Timnas yang Menemui Riedl Terancam Sanksi Disiplin  
Tujuh Pemain Ancam Mogok Main 
LSM asing 
LSM Asing Perlu Ditertibkan  
Berita Libya
Saadi Gaddafi tiba di Niger
Guinea Bissau bersedia terima Gaddafi
Pemberontak Libya jadi anggota IMF
Pemimpin NTC di Tripoli
Pemimpin baru Libya tampil pertama kali
Pemimpin gerilya Darfur kembali dari kamp pengungsi Libya
12 tewas dalam bentrokan di Libya
NATO akui penerbangan di atas kubu Gaddafi
Pemberontakan di Libya bukan perlawanan rakyat 
Mesir
Mesir Berlakukan Situasi Darurat
Israel berusaha berbaik-baikan dengan Mesir
Kerusuhan Mesir dan sengketa Turki perdalam pengucilan Israel
Dubes Israel Kabur dari Mesir 
Traume Tragedi 9/11
Sepuluh Tahun Amerika Serikat Dibayang …
Sisa-sisa Tragedi 9/11 Kini di Planet Mars
Twitter NBC “di-hack” soal 9/11
Obama dan Bush Bersama-sama Kenang 9/11
Yaman
90 prajurit, 30 pemimpin Al-Qaida tewas dalam tiga bulan di Yaman
Zanzibar
korban feri ternggelam di Zanzibar 193 orang
Anugerah
12-9-1959: Roket Pertama Mendarat di Bulan
10 Orang Yang Mempunyai IQ Tertinggi di Dunia