1 ) Publikasi Internasional Dosen Masih Rendah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/429127/38/

Monday, 19 September 2011
BANDUNG – Publikasi internasional hasil penelitian akademisi di Indonesia masih jauh tertinggal,bahkan dari Malaysia dan India.Menurut Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka, perlu ada upaya meningkatkan motivasi publikasi internasional yang dimulai dari mahasiswa. Dia mencontohkan di Indian Institute Technology, India, dari 480 dosen yang ada, mampu dihasilkan sekitar 2.000 publikasi internasional pada 2010.Artinya, satu dosen menghasilkan empat publikasi internasional. Untuk menggenjot publikasi internasional, tahun ini ITB mewajibkan hasil penelitian seluruh mahasiswa S-3 yang jumlahnya sekitar 200 orang dipublikasikan secara internasional. Hal ini dilakukan supaya bisa memicu motivasi peneliti dan meningkatkan publikasi internasionalnya. “Hal ini karena produktivitas penelitian ada di jenjang S- 3 dan ini juga menunjukkan penelitian bukan hanya dilakukan mahasiswa,tapi juga dosen pembimbing, “ujarnya. Tahun ini,ITB menargetkan 400 penelitian yang dipublikasikan secara internasional dari 1.000 dosen yang ada. Ini artinya ITB menargetkan setengah publikasi per tahun.Menurut Akhmaloka, jumlah ini pun masih cukup berat untuk bisa diwujudkan. Dibandingkan dengan Malaysia, target publikasi internasional di ITB masih jauh tertinggal. Di Malaysia, satu dosen bisa memublikasikan tiga penelitian secara internasional dalam satu tahun. Rendahnya penelitian yang dilakukan dosen diakui oleh Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Taufik Boesoirie.

…dst

2 ) Mahasiswi ITB dan Udayana Unggul di BYEE
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/429067/

Monday, 19 September 2011
JAKARTA – Dua mahasiswi Indonesia, Sarah Ervinda dari ITB dan Made Ayu Dwi Pradnyawati dari Universitas Udayana, terpilih sebagai duta muda lingkungan dalam ajang Bayer Young Environmental Envoy (BYEE) 2011. Mereka berhasil menyisihkan 139 mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang mengirimkan proposal proyek lingkungan mereka. Pengumuman dan penganugerahan gelar duta muda lingkungan berlangsung di Intercontinental Hotel Mid Plaza, Jakarta, Jumat (16/9). Corporate Communications Manager PT Bayer Indonesia Asmara Pusparani mengatakan, menurut dewan juri, proyek lingkungan kedua mahasiswi tersebut memberi dampak positif secara langsung terhadap masyarakat. “Sarah dan Ayu pada 16–21 Oktober nanti mendapat kesempatan mengunjungi kantor pusat Bayer di Leverkusen, Jerman, untuk studi banding perlindungan lingkungan,” ujar Asmara.

…dst

3 ) IPB Bikin Program Konservasi di Pulau Siberut
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/19/260549/89/14/IPB-Bikin-Program-Konservasi-di-Pulau-Siberut

Senin, 19 September 2011 06:35 WIB
BOGOR–MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) merencanakan pengembangan program konservasi di Pulau Siberut di lepas pantai Provinsi Sumatra Barat yang dipisahkan Selat Mentawai. Kepala Humas Institut Pertanian Bogor (IPB) Ir Henny Windarti di Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/9), menjelaskan rencana tersebut melalui Focus Group Discussion (FGD) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) pada akhir Agustus 2011. Dalam FGD tersebut, dosen IPB Dr drh Muhammad Agil MSc.Agr menyampaikan rencana tersebut ke depan. IPB telah melakukan berbagai kegiatan terkait penelitian, konservasi berbasis masyarakat, dan peningkatan kapasitas dan kepedulian terhadap kelestarian keanekaragaman hayati di Pulau Siberut sejak 2008/2009.

…dst

4 ) IPB Cari Dana Rp8 Miliar Bangun Masjid Baru
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/19/260609/293/14/IPB-Cari-Dana-Rp8-Miliar-Bangun-Masjid-Baru

Senin, 19 September 2011 01:09 WIB
BOGOR–MICOM: Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), Minggu (18/9) malam, melakukan penggalangan dana untuk membangun masjid baru senilai Rp8 miliar yang berlokasi di Baranangsiang, Bogor. Ketua Umum Himpunan Alumni IPB Dr Said Didu mengatakan, masjid tersebut nantinya juga akan menjadi lambang persatuan dan kekompakan para alumni IPB dan almamaternya. “Kami jadikan masjid ini nantinya sebagai simbol kesatuan,” kata Said Didu dalam acara penggalangan dana pembangunan masjid tersebut di IPB International Convention Center, Bogor. Perkiraan awal, katanya, biaya pembangunan masjid baru tersebut adalah Rp5,5 miliar, namun jika ditambah dengan bangunan menaranya total diperlukan sekitar Rp8 miliar. Masjid tersebut merupakan pengganti dari masjid alumni saat ini di lokasi yang sama. (Ant/OL-5)

…dst

5 ) UGM Urutan 21 se-Asia Bidang Life Sciences & Medicine
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/18/373/503948/ugm-urutan-21-se-asia-bidang-life-sciences-medicine

Minggu, 18 September 2011 13:06 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta berada pada urutan 21 se-Asia dalam pemerinfkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings 2011 bidangLife Sciences and Medicine.Menurut Dekan FK UGM, Ali Ghufron Mukti, peringkat tersebut diraih oleh beberapa faktor, yakni jumlah penelitian atau publikasi ilmiah, kerja sama dengan luar negeri, jumlah mahasiswa internasional, inovasi, dan manajemen berbasis balance score card.”Dengan sistem manajemen balance score card, kami bisa melakukan pemantauan kinerja institusi (unit) maupun individu,” ujar Ghufron seperti dikutip dari situs UGM, Minggu (18/9/2011). Sistem ini, ujarnya, dapat memantau kinerja institusi maupun individu dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Jadi, lanjutnya, kemajuan institusi tidak lagi hanya dilihat berdasarkan untung-rugi saja maupun sisi finansial semata.Kasus sederhana terhadap manfaat penggunaan sistem balance score card tersebut, yakni ketika seorang dosen berhalangan hadir sehingga tidak dapat mengajar. Melalui sistem ini, dengan cepat dapat diketahui dosen penggantinya.

…dst

6 ) Unsoed Beri 70 Beasiswa Dokter
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/19/159692/Unsoed-Beri-70-Beasiswa-Dokter-

19 September 2011
PURWOKERTO- Sebanyak 70 beasiswa unggulan bagi mahasiswa Kedokteran dari wilayah Indonesia Timur disiapkan oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (FKIK) Unsoed Purwokerto. Program itu digulirkan Usoed bekerja sama dengan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Kemdiknas. Tujuannya untuk meningkatkan layanan pendidikan kesehatan di kawasan Indonesia Timur. “Sebenarnya saya mintanya bisa 700 mahasiswa yang menerim, tapi Unsoed baru bisa memberikan 70 mahasiswa dan dimulai tahun depan. Ini khusus untuk mahasiswa dari Indonesia Timur,” kata Kepala BPKLN Kemdiknas Abe Susanto seusai acara Penganugerahan Beasiswa Unggulan BPKLN 2010-2011 dan Launching Profil FKIK Unsoed di Graha Widyatama Unsoed Purwokerto, Jumat (16/9) sore. Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (FKIK) Unsoed dokter Retno Widiastuti MS menyatakan, akan melakukan seleksi ketat bagi calon penerima beasiswa. (rj-37)

…dst

7 ) Mau Dapat Beasiswa Plus Dapat Kerja?
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/15/368/502965/mau-dapat-beasiswa-plus-dapat-kerja

Kamis, 15 September 2011 13:03 wib
JAKARTA- Bagi kamu mahasiswa yang akan memasuki semester enam pada tahun 2012 dan ingin sekali mendapat beasiswa sekaligus tawaran pekerjaan di bidang pertambangan, konstruksi sipil, minyak, gas, telekomunikasi di berbagai daerah di Indonesia, beasiswa yang satu ini mungkin cocok untukmu.PT Thiess Contractors Indonesia (TCI) melalui program undergraduate TCI, membuka kesempatan untuk kamu mahasiswa berprestasi untuk memperoleh beasiswa dan membangun karir profesional sebagai karyawan tetap mereka.Kualifikasi umum yang perlu kamu ketahui, selain kamu terdaftar sebagai mahasiswa S-1 yang memasuki semester 6 pada 2012, adapun fakultas yang akan difasilitasi beasiswa yakni Akuntansi, Hukum, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Keuangan, Manajemen, dan Psikologi.Kemudian dari Fakultas Teknik, antara lain, Elektro, Geodesi, Geologi, Industri, Informatika, Lingkungan, Mesin, sipil dan Teknik Tambang, masing-masing dengan IPK 2,75 dari skala 4,00.

…dst

8 ) Beasiswa Asrama Khusus UICCI
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/08/368/500140/beasiswa-asrama-khusus-uicci

Kamis, 08 September 2011 10:30 wib
JAKARTA – Bagi kamu mahasiswa pria yang masih duduk di semseter satu program S-1, dan beragama Islam, ada beasiswa dari United Islamic Cultural Center of Indonesia (UICCI) Rawamangun berupa beasiswa asrama.”Fasilitas yang ditawarkan oleh cabang organisasi dari Turki tersebut antara lain, ruang belajar, mushola, kamar tidur, makan tiga kali sehari, pelajaran bahasa Arab dan bahasa Turki, pelajaran membaca Al Quran,” demikian yang dikutip dari laman Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kamis (8/9/2011). Ada pun persyaratan yang perlu kamu penuhi, yakni:

…dst

9 ) Jus Biji Pepaya Penurun Kolesterol
Penelitian Mahasiswa FKIK UMY
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/19/159693/Jus-Biji-Pepaya-Penurun-Kolesterol

19 September 2011
YOGYAKARTA – Biasanya masyarakat memanfaatkan pepaya dengan mengonsumsi daging buah dan daunnya. Biji tak ada guna, dibuang atau untuk bibit. Baru-baru ini mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) meneliti ekstrak biji buah pepaya dan berhasil mengungkapkan jika biji buah tersebut juga berkhasiat bagi kesehatan manusia. Peneliti muda itu adalah Mutiah Nuraini, D Asharini AP Dewi, dan N Wulandari. Selama beberapa waktu mereka melakukan penelitian dengan bimbingan S Orbayinah dari Bagian Biokimia FKIK UMY. Mereka menemukan sesuatu yang sangat bermanfaat, yakni biji pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol.Menurut Mutiah, penelitian mengenai jus biji buah pepaya, dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah) serta meningkatkan kadar HDL. Analisis ini memberikan hasil signifikan yang bermanfaat bagi orang dengan konsumsi jus biji buah pepaya, karena berdasarkan analisis fitokimia, ekstrak biji pepaya menunjukkan adanya alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, anthraquinones, dan anthocyanosides.

…dst

10 ) Bela Hak Guru, PGRI Bentuk Lembaga Hukum
http://www.jpnn.com/read/2011/09/19/103186/Bela-Hak-Guru,-PGRI-Bentuk-Lembaga-Hukum-

Senin, 19 September 2011 , 02:32:00
TERNATE – Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) untuk para guru Malut akhirnya terbentuk. Ini menyusul surat keputusan (SK) dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tentang pengesahan struktur dan komposisi pengurus LKBH PGRI Malut. Di Malut, lembaga yang bertujuan memberikan advokasi kepada para guru ini, diketuai Muhammad Konoras dan Ridha Ajam sebagai Sekretaris LKBH PGRI Malut. LKBH PGRI Malut ini berdasarkan SK pengesahan dari Pengurus Besar (PB) PGRI bernomor SK 370/kep/ XX/2011. SK tersebut ditandatangani langsung Ketua PB PGRI, Sulistiyo. Terbentuknya LKBH PGRI Malut ini sekaligus merupakan kabar gembira bagi para guru di Malut, sebab tak lepas dari banyaknya persoalan yang merugikan para guru seperti maraknya praktik pemotongan hak-hak atau tunjangan guru di berbagai daerah.

…dst

11 ) Rintisan Wajar 12 Tahun Dimulai 2012
http://www.jpnn.com/read/2011/09/19/103191/Rintisan-Wajar-12-Tahun-Dimulai-2012-

Senin, 19 September 2011 , 03:30:00
JAKARTA – Wajib belajar (Wajar) 12 tahun tampaknya bakal segera terwujud di Indonesia. Pasalnya, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mulai merintis pendidikan yang menggantikan Wajar Pendidikan Dasar (Dikdas) 9 tahun tersebut. Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Menengah (Dikmen) Hamid Muhammad mengatakan, pemerintah sedang menyiapkan rintisan Wajar 12 tahun. Rencananya, program penuntasan belajar tersebut dimulai 2012 mendatang. ”Sekarang sedang menyiapkan grand designnya,” ungkap Hamid kepada INDOPOS (JPNN Group) di Jakarta, Minggu (18/9).

…dst

OOT:

12 ) Pastikan Reshuffle, Istana Minta Publik Bersabar
http://www.jpnn.com/read/2011/09/19/103198/Pastikan-Reshuffle,-Istana-Minta-Publik-Bersabar-

Senin, 19 September 2011 , 05:05:00
JAKARTA – Kabar reshuffle dari istana semakin terang. Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Politik Daniel Sparringa menegaskan pertimbangan dalam melakukan perubahan susunan kabinet tidak datang karena desakan yang datang dari ruang-ruang publik atau desakan survei. Faktor utamanya, kata dia, adalah keperluan untuk melakukan akselerasi perubahan. “Kata kuncinya adalah akselerasi. Yang dilakukan bukan hanya menggeser atau menggusur orang, namun juga membawa serta cara pandang baru, komitmen baru, semangat baru, dan orientasi baru,” kata Daniel di Jakarta, Minggu (18/9).

…dst

13 ) 10 Kementrian Layak Dirombak
http://www.jpnn.com/read/2011/09/19/103206/10-Kementrian-Layak-Dirombak-

Senin, 19 September 2011 , 06:06:00

10 Menteri Rawan Ganti ;
1. Menpora Andi Mallarangeng
Dugaan keterlibatan kasus suap wisma atlet Sea Games
2. Menakertrans Muhaimin Iskandar
Dugaan keterlibatan kasus suap proyek PPID, gagal dalam perlindungan TKW di Arab
3. Menteri ESDM Darwin Z Saleh
Kasus tabung gas meledak, diisukan selingkuh

…dst

14 ) TEKNOLOGI ANTARIKSA
Satelit Akan Masuk ke Bumi pada 23 September
http://cetak.kompas.com/read/2011/09/19/02351714/satelit.akan.masuk.ke.bumi.pada.23.september

19 September 2011
Washington, Jumat – Pada 23 September, sebuah satelit penelitian atmosfer diperkirakan akan jatuh ke permukaan Bumi. Semula diperkirakan, satelit akan jatuh setelah 23 September 2011. Namun, pernyataan ini dikoreksi.Menurut juru bicara Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA) Beth Dickey, Minggu (18/9), di Washington, wahana antariksa yang akan jatuh adalah Upper Atmospheric Research Sattelite (UARS). Semakin cepatnya UARS masuk ke bumi ini menurut Dickey karena aktivitas Matahari meningkat. Dickey mengatakan, aktivitas Matahari saat ini amat tinggi. Efek dari aktivitas Matahari menciptakan daya dorong baru pada satelit karena Matahari memanaskan atmosfer Bumi sehingga menjadi lebih renggang dan melancarkan jalan satelit. Menurut NASA, satelit yang diluncurkan tahun 1991 itu seukuran bus dengan bobot 6,5 ton. Satelit itu selesai masa tugas pada tahun 2005. Jatuhnya satelit telah diperkirakan sebelumnya. Semula diprediksi satelit akan masuk ke Bumi antara pekan terakhir September sampai awal Oktober. Kini diperkirakan sampah satelit itu akan jatuh dalam rentang 3 hari. “Masuk ke Bumi pada 23 September dengan perkiraan maju atau mundur sehari dari tanggal perkiraan,” tulis pejabat NASA dalam Twitter-nya.

…dst

15 ) Sekilas dalam Negeri

Reshuffle
Pastikan Reshuffle, Istana Minta Publik Bersabar
10 Kementrian Layak Dirombak
Stafsus Presiden: Proses Reshuffle Sedang Berlangsung
Istana: “Reshuffle, the Sooner, the Better”
Popularitas Merosot, SBY akan ‘Mencuci yang Kotor’
Ancaman Resesi
Jamsostek siapkan rp100 triliun antisipasi penarikan massal
Kasus Nazaruddin
Hari Ini, Komite Etik Periksa Chandra-MichaelTerkait Dugaan Menerima Uang Nazaruddin
Imigrasi Kehilangan Jejak Istri Nazar
Hari Ini, Komite Etik Periksa Chandra Hamzah & Michael Menufandu
Hasil Pengusutan Komite Etik KPK Disimpulkan Pekan Ini  
Kinerja KPK
KPK Telusuri Jejak Korupsi di Kementerian Hingga ke Banggar DPR
KPK Abaikan Kritik Publik
Kasus Andi Nurpati
MK: Percuma Panggil Kapolri
Demokrat Diminta Jangan Lindungi Andi Nurpati
MK: Polri Menghamba Kekuasaan
Korban Rawagede 1947
KontraS: Keluarga Korban Rawagede Tidak Mendapatkan Perhatian
Rok Mini
Ucapan “rok mini” Gubernur terus menuai kritik
Perkosaan di angkot karena lemahnya pengawasan
Foke ingin kaum hawa jangan pakai rok mini di angkot
AS Awasi Asia
AS Awasi Asia dari Pangkalan Rahasia di Gurun Australia 
Libya hari ini
Tony Blair diam-diam bertemu Gaddafi
Tony Blair Temui Qaddafi Demi Kepentingan Sebuah Bank di AS?
Beber Negosiasi Blair-Kadhafi soal Tragedi Lockerbie
Pemberontak Libya Dapat Jatah Kursi di PBB
Pertempuran Sengit Terus Terjadi
Yaman
Pasukan Yaman tembak mati 26 demonstran anti-pemerintah