1 ) Yuk Ikut Lomba Sastra FKUI!
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/373/505811/yuk-ikut-lomba-sastra-fkui

Kamis, 22 September 2011 16:00
JAKARTA – Kamu memiliki kegemaran dan menyimpan bakat terpendam di bidang sastra? Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) menyelenggarakan ajang kompetisi untuk menyalurkan bakat tersebut.Forum Bahasa dan Sastra (FBS) 2011 besutan para mahasiswa FK UI ini mengusung tema Merajut Kisah Hidup dalam Kata. Kompetisi ini menawarkan kesempatan bagi para pecinta sastra untuk unjuk kebolehan mereka dalam bentuk puisi, cerpen, maupun fotografi.Berminat? Kirimkan karya tersebut sesuai dengan tema yang telah ditentukan, Menapaki Jalan Hidup dengan Sastra hingga 30 September 2011 ke Sekretariat Media Aesculapius, Jalan Salemba Raya 6, Jakarta Pusat 10430. Atau melalui emailfbsms2011@gmail.com. Khusus untuk fotografi, karya harus dicetak dan dikirimkan via pos atau diantar langsung ke Sekretariat Media Aesculapius, bukan melalui email.Sebelumnya, para peserta harus membayar biaya pendaftaran dan menyertakan bukti pembayaran tersebut dalam amplop yang berisikan hasil karya.

…dst

2 ) PTS Semakin Sulit Jaring Mahasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/22/09312089/PTS.Semakin.Sulit.Jaring.Mahasiswa

Kamis, 22 September 2011 | 09:31 WIB
SEMARANG, KOMPAS.com – Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah menilai, perguruan tinggi swasta saat ini semakin sulit menjaring mahasiswa di tengah persaingan dengan perguruan tinggi negeri (PTN). Hal itu dikatakan Ketua Aptisi Jawa Tengah Prof Brodjo Sudjono, seusai Rapat Koordinasi Pimpinan Yayasan dan Pimpinan PTS Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jateng, Rabu (21/9/2011), di Semarang. “Jumlah mahasiswa di PTS saat ini rata-rata menurun. Kuota mahasiswa di PTN semakin diperbesar, mereka (PTS, red.) semakin sulit bersaing,” kata Brodjo.Ia juga mengatakan, pemerintah kerap berlaku tidak adil. Menurut Brodjo, pemerintah sebenarnya berperan melindungi kelangsungan PTS, terutama PTS-PTS kecil, sebagai konsekuensi logis karena pemerintah yang sudah memberi izin bagi PTS untuk tetap hidup.

…dst

3 ) PTS Berhak Peroleh Dana Bidik Misi
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/23/160193/PTS-Berhak-Peroleh-Dana-Bidik-Misi

23 September 2011
SEMARANG – Pemerintah diminta adil memberikan bantuan pendidikan kepada perguruan tinggi. Selama ini pemerintah, yakni Dikti Kemdiknas tebang pilih dalam memberikan bantuan tersebut. Salah satu contoh adalah biaya pendidikan melalui bidik misi. Sepanjang dua periode, pemberian ini hanya dilakukan di perguruan tinggi negeri. Hal itu mengemuka dalam rapat koordinasi pimpinan PTS dan yayasan seluruh Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Kopertis Wialayah VI Jateng di Ruang Poncowati, Hotel Patra Jasa, Rabu (21/9). Salah satu yang mengemukakan hal tersebut adalah Rektor IKIP PGRI Semarang Muhdi SH MHum. Dia memandang pemberian bidik misi adalah hak setiap mahasiswa miskin. “Di PTS pun banyak siswa miskin yang berprestasi membutuhkan biaya tersebut. Kami minta Dikti harus mempertimbangkannya tahun depan,” ungkapnya. Muhdi menilai, ini bukti masih ada dikotonomi antara PTN dan PTS. “Dalam UU pendidikan jelas tertuang tidak ada pembedaan antara PTN dan PTS. Namun kenyataannya masih terjadi,” tandasnya.

…dst

4 ) ABPTSI Gugat Pemerintah Terkait UU Yayasan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159400

Kamis, 22/09/2011 – 18:29
BANDUNG, (PRLM).- Asosiasi Badan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPTSI) akan melayangkan gugatan kepada pemerintah terkait sejumlah pasal dalam Undang-undang Yayasan yang sangat mengganggu dan merugikan yayasan serta lembaga pendidikan swasta. Rencananya gugatan terhadap UU Yayasan ini akan dilayangkan ke Mahkamah Konstitusi pada Oktober mendatang.Hal tersebut diungkapkan Ketua ABPTSI Jawa Barat Sali Iskandar saat dihubungi, Kamis (22/9).Menurut Sali, setidaknya ada dua hal yang dikritisi dalam UU Yayasan tersebut. Pertama adanya pasal yang menyebutkan, pembina yayasan tidak diperkenankan memperoleh gaji atau honor. Kedua, adanya pasal yang menyebutkan, jika ada yayasan yang belum mampu menyesuaikan dan mengikuti aturan yang ada di UU Yayasan maka yayasan tersebut akan dibubarkan.

…dst

5 ) ITS-Pertamina Jajaki Pembinaan MahasiswaEntrepreneur
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/373/505907/its-pertamina-jajaki-pembinaan-mahasiswa-entrepreneur

Kamis, 22 September 2011 18:32
JAKARTA – Sejumlah dosen dan mahasiswa jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggelar diskusi dengan Pertamina guna membahas kemungkinan adanya kerja sama dua belah pihak. Salah satunya dalam bidang entrepreneurship.Dalam beberapa tahun terakhir, jurusan Teknik Kimia ITS memang memfokuskan diri untuk menghasilkan lulusan yang dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.”Ke depan, diharapkan para lulusan ITS bisa mencipyakan lapangan kerja sendiri. Biasanya jurusan mengadakan workshop yang kemudian dapat menghasilkan kelompok usaha baru, namun selama ini kami masih terbatas dalam hal penyertaan modal,” ujar Ketua Jurusan Teknik Kimia ITS Tri Widjaja seperti dikutip dari ITS online, Kamis (22/9/2011).

…dst

6 )Unhas-Unpar Kerja Sama Rehabilitasi Hutan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/22/22035633/Unhas-Unpar.Kerja.Sama.Rehabilitasi.Hutan

Kamis, 22 September 2011 | 22:03 WIB
PALANGKA RAYA, KOMPAS.com – Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan dan Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan kerja sama rehabilitasi hutan di Palangka Raya.Wakil Rektor IV Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu di Palangkaraya, Kamis (22/9/2011) menjelaskan, kerjasama penghijauan dilakukan dengan metode penyebaran bibit melalui udara (air seeding) menggunakan helikopter seperti yang telah sukses dilakukan di Kabupaten Gowa tahun lalu.Bibit-bibit pohon yang telah dimasukkan ke dalam bola berbalut tanah khusus tersebut ditebar dari atas ketinggian antara 30-40 meter. Saat mencapai permukaan tanah bola-bola bibit tersebut akan hancur dengan sendirinya jika terkena air sehingga yang tinggal hanya bibit tanaman endemik. Sejumlah bibit juga ada yang dibungkus dengan kertas minyak, sehingga mudah hancur setelah sampai di tanah.

…dst

7 ) Marlina Guru Besar Mikrobiologi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/22/17065346/Marlina.Guru.Besar.Mikrobiologi

Kamis, 22 September 2011 | 17:06 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Prof Dr Marlina dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang ilmu mikrobiologi, di Fakultas Farmasi, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, Kamis (22/9/2011). Pengukuhan guru besar itu dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring yang merupakan teman sekolah Marlina di SMP 4 Bukittinggi, Sumatera Barat. Marlina menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Kontribusi Ilmu Mikrobiologi dan Biologi Molekuler dalam Meningkatkan Kesehatan Manusia”.Usai pengukuhan, Marlina yang tengah mengajukan paten dengan judul Metode Deteksi Cepat BakteriVibrio parahaemolyticus secara PCR (Polymerasi Chain Reaction) mengemukakan pentingnya perhatian pemerintah pada riset dan dunia penelitian.

…dst

8 ) Unpad Bangun Laboratorium Riset di Jatinangor
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/373/505840/unpad-bangun-laboratorium-riset-di-jatinangor

Kamis, 22 September 2011 17:35
Kamis, 22 September 2011 17:35 BANDUNG – Dalam rangka percepatan sebagai Research University, Universitas Padjadjaran (Unpad) tengah mendesain pembangunan research laboratory Center di kampus Unpad Jatinangor, Jawa Barat.Rektor Unpad Ganjar Kurnia mengatakan, fungsi laboratorium riset tersebut berbeda dengan laboratorium pendidikan. Namun saling melengkapi dalam hal infrastruktur dan kelembagaan penelitian.”Laboratorium riset juga harus jelas menghasilkan produk yang dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Ganjar, seperti disitat dari website Unpad, Kamis (22/9/2011).

…dst

9 ) Rektor Unpad: Kerja Utama Saya, Naskah & Sutradara
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/373/505951/rektor-unpad-kerja-utama-saya-naskah-sutradara

Kamis, 22 September 2011 19:21
BANDUNG – Rektor Universitas Padjdjaran (Unpad) Ganjar Kurnia punya profesi baru. Profesi itu di luar kegiatan akademik, yang biasa dilakoni sehari-hari. Kini Pak Ganjar, biasa dia disebut oleh mahasiswa dan koleganya, juga bekerja sebagai sutradara. Namun, profesi barunya hanya bersifat temporeri. Pak Ganjar menyajikan karya seni berupa teater musikal berjudulOratorium Nyuuh. Pagelaran teater musikal bertema Pidang Seni Budaya Rumawat Padjdjaran Nyuuh dihelat di Aula Unpad, Jalan Dipatiukur, Bandung Kamis (22/9/2011). Dalam pagelaran itu, Ganjar bertanggung jawab sebagai penulis naskah sekaligus sutradara. Pementasan lakon Oratorium Nyuuh yang dihadiri ratusan pelajar dan mahasiswa itu bercerita tentang seorang gadis desa yang datang ke kota.

…dst

10 ) Luaskan Perspektifmu di Jerin 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/373/505898/luaskan-perspektifmu-di-jerin-2011

Kamis, 22 September 2011 18:10
JAKARTA – Bagi kamu mahasiswa yang tertarik dengan kerja sama bilateral, seni dan pertukaran dua budaya, pasti kamu mau banget hadir di acara Jerin 2011, yakni sebuah acara yang menampilkan kemitraan antara Indonesia dan Jerman.Pada acara tersebut, kamu tidak akan mendiskusikan mengenai topik-topik serius macam ekonomi dan politik saja loh. Namun ada juga acara kebudayaan, pameran ilmu pengetahuan, dan kerja sama pembangunan Indonesia dan Jerman.Terkait acara tersebut, Duta Besar (Dubes) Nobert Baas mengatakan, kemitraan Indonesia dan Jerman sama-sama mempunyai banyak nilai penting.

…dst

11 ) Lepas Wisuda, Unila Dihujani Batu dan Baku Hantam
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/65/505506/lepas-wisuda-unila-dihujani-batu-dan-baku-hantam

Kamis, 22 September 2011 08:08
LAMPUNG – Tindak kekerasan sepertinya tengah marak di kalangan pelajar dan mahasiswa. Belum lama kasus bentrok dan penyerangan wartawan yang dilakukan oleh sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Bulungan, Jakarta, kini giliran mahasiswa. Ratusan mahasiswa dari dua fakultas Universitas Lampung (Unila) mengalami bentrok selepas kampus tersebut menggelar acara wisuda. Hal tersebut dilaporkan oleh salah satu saksi mata, Sinta Nopriani.”Selepas acara wisuda Unila, dua kelompok mahasiswa yang diwisuda melakukan konvoi sepeda motor hingga berebut jalan, kemudian entah dari arah mana, ada yang melempari mereka dengan batu, hingga menyebabkan kepala salah satu dari mereka pecah,” kata Sinta, saat dihubungi okezone, Rabu (21/9/2011) malam.Tidak lama kemudian, lanjut Sinta, konvoi sepeda motor tersebut justru balik ke arah kampus. “Mahasiswa yang konvoi tersebut mengadu ke para senior. Tidak lama setelah itu, langsung terjadi bentrok dan aksi saling lempar batu,” beber mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Bandar Lampung.

…dst

12 )’Dunia Pendidikan Butuh Standar Kompetensi Kerja’
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/09/22/lrxh06-dunia-pendidikan-butuh-standar-kompetensi-kerjaKamis, 22

September 2011 21:16 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sudah menjadi kenyataan jika terdapat kesenjangan yang sangat besar antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Akibatnya, apa yang menjadi kebutuhan dunia kerja (industri) seringkali tidak dapat dipenuhi dunia pendidikan.”Link and match dunia pendidikan dengan dunia kerja bisa terjadi jika terdapat sebuah jembatan bernama standar kompetensi kerja,” ujar Kepala Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Adjat Daradjat, Kamis (22/9). Negara, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2004 telah membentuk BNSP sebagai satu-satunya lembaga independen yang diberikan otoritas penuh untuk melaksanakan proses sertifikasi kompetensi kerja secara nasional. Salah satu di antara sejumlah misi BNSP adalah mempercepat pelaksanaan sertifikasi di berbagai sektor industri di Indonesia seperti manufaktur, pariwista, konstruksi, kesehatan, perbankan, keuangan, perdagangan, distribusi, perhutanan, pertanian, perkebunan, perikanan, perhubungan, pertambangan, dan jasa-jasa.

…dst

13 ) Pendidikan Belum Ciptakan Lulusan Siap Kerja
http://www.jpnn.com/read/2011/09/22/103627/Pendidikan-Belum-Ciptakan-Lulusan-Siap-Kerja-

‘Kamis, 22 September 2011 , 21:02:00
JAKARTA—Kurikulum berbasis kompetensi yang selama ini telah digalakkan pemerintah, ternyata dinilai belum mampu mengimbangi dinamika dunia kerja di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan masih banyaknya orang-orang yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Kepala Badan Nasional Sertifkasi Profesi (BNSP), Adjat Daradjat mengatakan, dunia pendidikan saat ini bukanlah menciptakan manusia yang siap bekerja, melainkan manusia yang siap latih. “Sehingga wajar saja jika dunia pendidikan tidak mampu mengimbangi perkembangan dunia kerja,” ujar Adjat di Gedung Graha Niaga, Jakarta, Kamis (22/9).

…dst

14 ) Rektor: wisudawan IPB jangan menambah penganggur
http://www.antaranews.com/berita/276622/rektor-wisudawan-ipb-jangan-menambah-penganggur

Kamis, 22 September 2011 23:54 WIB
Bogor (ANTARA News) – Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Herry Suhardiyanto berharap kepada calon wisudawan perguruan tinggi itu jangan sampai lulusan IPB menambah jumlah penganggur terdidik.”Saya berharap mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Persiapan akademik sudah bagus, namun belum tentu persiapan `soft skill`. Saya berharap saudara-saudara sekalian terus menerus menggali potensi diri,” kata Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui pernyataan pers Humas IPB di Bogor, Kamis.”Yakinlah pada setiap diri saudara terdapat kelebihan, bahkan kadang pada kelemahan itulah terletak kelebihan tersebut. Pun sebaliknya, pada kelebihan tersebut terdapat juga kelemahan sehingga membuat kita tidak tinggi hati,” tambahnya pada Studium General pra-wisuda yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) IPB.Sementara itu, Direktur DPKHA IPB Dr Ir Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc, F.Trop mengingatkan calon lulusan IPB bahwa pilihan karir menjadi karyawan atau wirausaha, semua tergantung visi masing-masing.

…dst

15 ) Mau Jadi Dokter, Yuk Pilih Universitas Terbaik!
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/22/373/505859/mau-jadi-dokter-yuk-pilih-universitas-terbaik

Kamis, 22 September 2011 17:02
INGGRIS – Universitas Harvard bukan universitas terbaik di dunia versi pemeringkat universitas yang berbasis di Inggris, Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings. Namun, dalam daftar 10 fakultas kedokteran terbaik, Harvard ada di peringkat pertama.Dalam menyusun daftarnya, QS melakukan survei atas 33 ribu akademisi dan 16 ribu pengusaha berdasarkan pengajaran penelitian, peluang kerja, dan internasionalisasi di dunia pada 2011 dengan skor maksimal 100.Berikut daftar 10 besar universitas yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di dunia seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (22/9/2011).

…dst

16 ) Silakan Berburu Beasiswa ke Belanda Ini!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/22/14432742/Silakan.Berburu.Beasiswa.ke.Belanda.Ini.

Kamis, 22 September 2011 | 14:43 WIB
KOMPAS.com – Beasiswa UT diberikan oleh Universitas Twente, Belanda. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa internasional yang menunjukkan prestasi akademik dan sosial sempurna. Bagi yang menerimanya, akan mendapatkan beasiswa UT untuk satu tahun studi dan dilanjutkan untuk tahun kedua jika hasilnya memuaskan. Mereka yang diperbolehkan mendaftar hanya yang telah diterima di salah satu program studi Master yang menjadi pilihan.Pilihan studi yang dapat dipilih, diantaranya Matematika, Fisika, Teknik Biomedia, Teknik Kimia, Teknik Sipil dan Manajemen, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, Telematika, Teknik Mesin, Lingkungan dan Manajemen Energi, dan lain-lain.

…dst

17 ) Mahasiswa Dominan di Pasar Modal
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/430077/

Friday, 23 September 2011
YOGYAKARTA– Investasi pasar modal semakin diminati masyarakat DIY. Hal itu dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan investor maupun nilai transaksi yang dilakukan di provinsi ini. Data Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) DIY mencatat, jumlah investor pasar modal hingga akhir Agustus mencapai 3.666 orang atau baik dari sebelumnya sebanyak 3.559 orang di bulan sebelumnya. “Dari sisi transaksi juga terjadi kenaikan dari Rp287,7 miliar pada Juli menjadi Rp366,7 miliar,” kata Kepala PPIM Irfan Noor Riza kepada wartawan,kemarin. Lonjakan jumlah investasi di Yogyakarta,salah satu faktor utamanya adalah pengalihan modal masyarakat yang tadinya emas kini ke saham. Beberapa waktu terakhir, fluktuasi harga emas membuat para pemilik dana merasa khawatir akan berdampak pada kerugian besar.

…dst

18 ) Kemdiknas Canangkan Program Sekolah Sehat
http://www.jpnn.com/read/2011/09/22/103630/Kemdiknas-Canangkan-Program-Sekolah-Sehat-

Kamis, 22 September 2011, 22:00:00
JAKARTA — Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama dengan PT Sinar Sosro mencanangkan program sekolah sehat di seluruh jenjang pendidikan. Program tersebut difokuskan pada upaya pembentukan budaya sekolah, pola pikir, sikap dan perilaku untuk mendukung terwujudnya sekolah sehat. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal mengatakan, saat ini banyak jajanan anak sekolah yang jauh dari kategori sehat, aman dan bergizi. Karenanya dengan kerjasama ini, diharapkan akan memperbaiki kantin-kantin di sekolah dan membantu pemahaman makanan yang bergizi dan aman.

…dst

19 ) Kemdiknas tingkatkan kualitas dan kredibilitas UN
http://www.antaranews.com/berita/276536/kemdiknas-tingkatkan-kualitas-dan-kredibilitas-un

Kamis, 22 September 2011 14:16 WIB
Bogor (ANTARA News) – Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemdiknas) menggagas lokakarya untuk meningkatkan kualitas, kredibilitas dan akseptabilitas ujian nasional.Kepala Balitbang Kemdiknas Prof Dr Khairil Anwar Notodiputro MS pada Kamis di Bogor mengatakan, lokakarya nasional peningkatan kualitas, kredibilitas dan akseptabilitas ujian nasional tersebut wujud tekad Kemdiknas dalam meningkatkan mutu pendidikan nasional melalui penyelenggaraan UN yang berkualitas dan bisa dipercaya semua pihak. Lokakarya akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai 23 hingga 25 September di Kota Bogor, Jawa Barat. Lokakarya akan dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr M Nuh di kantor Kemdiknas, Senayan, Jakarta pada Jumat sore.

…dst

20 ) 5,1 Juta Siswa SMA Terima Dana Bantuan
http://www.jpnn.com/read/2011/09/22/103621/5,1-Juta-Siswa-SMA-Terima-Dana-Bantuan-

Kamis, 22 September 2011 , 19:51:00
JAKARTA-Sebanyak 5,1 juta siswa SMA bakal menerima bantuan operasional berupa Rintisan Bantuan Operasional SMA. Dirjen Pendidikan Menengah Kemdiknas, Hamid Muhammad mengatakan, Rintisan BOS SMA ini sifatnya seperti layaknya BOS untuk pendidikan dasar di jenjang SD dan SMP, yang akan diberikan pada 2012.”Sebenarnya ada sebanyak 6,7 juta siswa SMA yang berhak mendapatkan Rintisan BOS SMA tersebut. Akan tetapi, disebabkan adanya keterbatasan dana yang dimiliki Kemdiknas, maka kami telah mengusulkan di dalam RAPBN 2012 sebanyak 5,1 juta siswa,” ungkap Hamid di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Kamis (22/9).

…dst

OOT:

21 ) Pemberian nama Gelora SBY dinilai tidak logis
http://www.antaranews.com/berita/276515/pemberian-nama-gelora-sby-dinilai-tidak-logis

Kamis, 22 September 2011 11:09 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anggota Komisi X DPR Rohmani memandang usulan nama kompleks olahraga Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan, menjadi Gelanggang Olahraga Susilo Bambang Yudhoyono (Gelora SBY) tidaklah logis. Usulan tersebut, menurut anggota Komisi X yang membawahi bidang pendidikan, olahraga dan kebudayaan itu di Jakarta, Kamis, tampak terlalu dipaksakan.”Ketika mendengar hal tersebut dari media, saya kaget. Terkesan politis. Apalagi usulan tersebut muncul ditengah latar belakang politik dan hukum yang berkembang begitu dinamis akhir-akhir ini,” katanya. Dia berpendapat, pengusulan nama kompleks tersebut harus melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat setempat. “Jauh lebih bijak bila kita serahkan sepenuhnya kepada masyarakat Sumatra Selatan. Tentu mereka memiliki pertimbangan tersendiri,” ujarnya.

…dst

22 ) Pengumuman Honorer jadi CPNS Tunggu PP
Tidak Ada Pengangkatan CPNS dari Honorer Kategori Tiga
http://www.jpnn.com/read/2011/09/23/103634/Pengumuman-Honorer-jadi-CPNS-Tunggu-PP-#

Jum’at, 23 September 2011, 00:02:00
JAKARTA–Meskipun ada rekomendasi dari Panitia Kerja (Panja) tenaga honorer di DPR tentang lima kategori yang layak diangkat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun pemerintah tetap berpegang pada dua klasifikasi saja. Yaitu honorer tertinggal kategori satu dan dua. Dua kategori itu saja yang akan diangkat menjadi CPNS. Bahkan, khusus kategori II, prosesnya tetap melalui seleksi, meski antartenaga honorer itu sendiri.”Yang akan diangkat CPNS hanya kategori satu dan dua. Tidak ada lagi kategori tiga, empat, dan lima,” tegas Kepala Bagian (Kabag) Humas Tumpak Hutabarat, Kamis (22/9).

…dst

23 ) Pemerintah Diminta Aktif Dorong UU Pengendalian Tembakau
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/09/22/brk,20110922-357761,id.html

KAMIS, 22 SEPTEMBER 2011 | 19:26 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Ketua Kaukus Parlemen untuk Kesehatan, Subagyo Partodiharjo meminta pemerintah segera mendorong terbentuknya Undang-undang Pengendalian Dampak Tembakau untuk Kesehatan. Hal ini penting untuk melindungi kesehatan masyarakat Indonesia. Subagyo sangat menyayangkan keputusan Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat yang menunda pembahasan Rancangan Undang-undang Pengendalian Dampak Tembakau untuk Kesehatan. “Barang siapa menghalang-halangi terbitnya undang-undang yang melindungi kesehatan rakyat, itu orang jahat,” kata Subagyo kepada Tempo, Kamis 22 September 2011. Akhir Juli lalu, Badan Legislasi DPR memutuskan menunda pembahasan RUU Pengandalian Dampak Tembakau untuk Kesehatan sampai batas waktu tidak ditentukan. Penundaan ini menimbukkan pro dan kontra.

…dst

24 ) Pembunuh Nasruddin Orang Besar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/430259/

Friday, 23 September 2011
JAKARTA– Andi Syamsuddin, adik almarhum Direktur PT Putra Rajawali Banjaran (PRB) Nasruddin Zulkarnaen, mengaku aktor intelektual pembunuh kakaknya seseorang yang memiliki pengaruh besar di negara ini. Karena itu, Andi meminta majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) membebaskan Antasari Azhar, terpidana 18 tahun penjara atas pembunuhan kakaknya. Hal itu ditegaskan Andi saat memberikan keterangan dalam persidangan permohonan memori peninjauan kembali (PK) yang dimohonkan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar. Andi dihadirkan tim kuasa hukum Antasari dalam kapasitasnya sebagai saksi fakta atas terbunuhnya almarhum kakaknya, Nasruddin Zulkarnaen. Kesaksian adik kandung almarhum Nasruddin itu sempat menghebohkan pengunjung persidangan. “Sampai saat ini saya yakin bahwa bukan Antasari pelakunya dan dia (Antasari) tidak layak mendapatkan hukuman 18 tahun penjara. Makanya saya minta agar Antasari dibebaskan dari segala tuduhan,” ucapnya. Padahal sebelumnya, keluarga almarhum Nasruddin mendesak majelis hakim agar menjatuhkan hukuman mati kepada Antasari. Hukuman 18 tahun yang dijatuhkan hakim pada Antasari bahkan dinilai tidak adil dan tidak sebanding dengan kematian Nasruddin.

…dst

25 ) TKI Menang di Pengadilan Jenewa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/430222/38/

Friday, 23 September 2011
JENEWA– Swiss bukan Arab Saudi, Jenewa pun tak sama dengan Riyadh. Paling tidak, tenaga kerja di Heidiland ini tak bisa diperlakukan seenaknya sebagaimana di Timur Tengah. Adalah Samiah Dulkarim,wanita Jawa,yang kini tengah menikmati keadilan atas hak-haknya sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di Jenewa, Swiss Barat. Setelah kasusnya terkatung- katung di Pengadilan Tinggi Jenewa, akhirnya keadilan berpihak kepadanya. “Sekarang, sudah menjadi keputusan tetap bahwa tergugat mesti membayar uang 95.000 swiss franc,” tutur Jean Pierre Garbade, pengacara Samiah Dulkarim,kepada wartawan di Jenewa belum lama ini. Uang 95.000 swiss franc setara dengan Rp950 juta atau nyaris Rp1 miliar.

…dst

26 ) Satelit UARS Terus Dekati Bumi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/430254/

Friday, 23 September 2011
BANDUNG – Satelit Upper Atmosphere Research Satellite (UARS) seberat 6 ton milik Amerika Serikat ini posisinya terus mendekati bumi. Hingga kemarin, satelit itu terpantu telah berada di ketinggian 180 km diatas langit atau lebih rendah dibandingkan Rabu(21/9) yang mencapai 200 km diatas bumi. Jatuhnya sampah antariksa itu mendapat perhatian khusus dari peneliti Lapan di Bandung. Terutama untuk memastikan dimana titik jatuhnya satelit berbobot 6 ton tersebut. Peneliti Bidang Matahari dan Antariksa,Lapan Bandung Abdulrahman mengatakan, UARS terus mendekati bumi dengan kecepatan penurunan 5 km hingga 6 km dalam satu hari. “Diperkirakan satelit ini akan jatuh pada 23 September.

…dst

27 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Kemdiknas: Aksi Kekerasan Pelajar Memalukan
Alumni Ciptakan Tradisi Tawuran
Kurikulum Kejar Target Bisa Jadi Penyebab Tawuran Pelajar
Kepsek SMAN 6 Dinilai Lalai
Kasus Pak Antasari
Pembunuh Nasruddin Orang Besar
Nasruddin Tewas Ditembak Dua Pistol
Ahli Balistik: Ada Kejanggalan Dalam Penembakan Nasrudin
Ingat Beban Tangani Kasus Antasari, Emosi Cirus Meledak
Cirus Teriak-teriak Saat Disidang
Reshuffle Kabinet
Stafsus: Reshuffle Berdasarkan Pertimbangan Kinerja dan Integritas
SBY: Reshuffle Sebelum 20 Oktober
Banyak Yang Pengin Jadi Menteri, SBY Minta Pengertian
SBY Ingatkan Banyak Sahabat Bakal Kecewa
PKS: Pemanggilan Oleh Presiden Tidak Penting
Sekilas Ekonomi
IHSG Terparah di Asia
Bila Memburuk Bisa Disuspensi 
RI Negosiasi Ulang Seluruh Kontrak Tambang
Bank Dunia: krisis Uni Eropa dan AS ancam negara berkembang
Kasus Nazaruddin
KPK Bantah Isu Chandra Hamzah Mengundurkan Diri
Chandra Diisukan Mundur dari KPK
Anas Dicecar Soal Posisinya di PT Anugrah
Busyro: Status Anas Tergantung Hasil Pemeriksaan
Penggelapan tas dan kejahatan terhadap jabatan
Nazaruddin Gugat KPK dan Menufandu
Wakili Nazaruddin, Dhea Laporkan Menufandu ke Mabes Polri
KPK Persilakan Nazaruddin Menggugat
Kasus Andi Nurpati
Mahfud Siap Beri Kesaksian di Mabes Polri
Tanpa Ajudan, Mahfud Siap Dipanggil Penyidik
Banggar DPR
Stop Bahas RAPBN 2012, Banggar DPR Bertingkah Kekanak-kanakan
Sikap Banggar Dinilai Arogan
Pemerintah Diimbau Abaikan Boikot Badan Anggaran 
Lumpur Lapindo
Pemerintah Diminta agar Cepat Tangani Luapan Lumpur Lapindo
Ganti Rugi Korban Lumpur Lunas 2012 
Rawagede
Rawagede Jadi Pintu Ungkap Kasus Westerling
Warga Rawagede Tanyakan Dana Hibah Belanda di Kementerian Dalam Negeri   
Peluang Palestina di PBB
Indonesia melobi OKI dan GNB untuk Palestina
Warga Palestina protes pidato Obama
Pidato obama bias ke arah Israel
AS Akan Veto Negara Palestina di PBB
Peluang Palestina di PBB
Israel tingkatkan keamanan sebelum Palestina lancarkan upaya di PBB
Libya hari ini
NATO perpanjang 90 hari misi di Libya
Tunisia tangkap, penjarakan mantan pm Libya
IMF: Libya butuh lebih satu tahun pulihkan produksi minyak
NTC: Libya segera mulai kembali produksi minyak