1 ) Mendiknas Pastikan UU PT Selesai Tahun Ini
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159764

Senin, 26/09/2011 – 15:56
DEPOK, (PRLM).-Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Nuh, memastikan bahwa Undang-undang Perguruan Tinggi selesai dirumuskan tahun ini. Dengan demikian, Undang-undang tersebut bisa diimplementasikan pada tahun 2012.”Tahun ini selesai (Undang-undang Perguruan Tinggi), jadi tahun 2012 perguruan tinggi sudah memiliki payung hukum,” kata Nuh usai membuka “Pameran Kutub Norwegia” di Perpustakaan Apung Kampus Universitas Indonesia, Depok, Senin (26/9). Undang-undang Perguruan Tinggi merupakan pengganti Undang-undang Badan Hukum Pendidikan (BHP) yang dibatalkan oleh Mahkamah Konstisuti (MK) pada tahun 2010. Undang-undang tersebut menyusul muncunya Peraturan Pemerintah (PP) no. 66 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Diimplementasikannya UU PT tersebut diharapkan dapat mengakhiri polemik yang terjadi pada masa transisi pasca dibatalkannya UU BHP. Polemik yang paling hangat yaitu adanya perbedaan pendapat mengenai keberadaan Majelis Wali Amanat di Universitas Indonesia. Nuh berkata, proses penetapan UU PT sampai saat ini masih terus berjalan. Saat ini pihaknya masih merumuskan poin dari UU PT tersebut secara pasal per pasal. Meskipun demikian, Nuh belum bisa memberikan bocoran secara rinci mengenai isi Undang-undng tersebut. “Mengenai UU PT jangan tanya dulu bocorannya karena masih bisa berubah-ubah,” ujarnya.

…dst

2 ) 2012, Kemendiknas Keluarkan Permen Pungutan Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/26/373/507322/2012-kemendiknas-keluarkan-permen-pungutan-pendidikan

Senin, 26 September 2011 20:03
JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) terkait pembatasan pungutan pendidikan pada 2012 mendatang.Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, peraturan mendiknas (permendiknas) ini akan mengatur pola pungutan yang berlaku di jenjang sekolah dan perguruan tinggi. Untuk di tingkat SD dan SMP akan bebas dari pungutan karena Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan menutup biaya operasional hingga 100 persen. Peraturan ini dikeluarkan karena Kemendiknas mengakui masih banyak pungutan yang dilakukan di sekolah meski sudah ada dana BOS…cut…Dia mencontohkan, di Fakultas Kedokteran ada perguruan tinggi yang mematok dana Rp100-200 juta sebagai uang masuk. Dengan permendiknas tersebut nantinya, lanjut M Nuh, pemerintah akan bisa memeriksa, apakah masih adakah kampus yang memberlakukan pungutan semahal itu. Kemendiknas juga akan menentukan batas atas suatu pungutan di perguruan tinggi. “Mereka (kampus) tidak akan bisa lagi memungut seenaknya,” tegasnya.”Nantinya dengan Permen ini akan bisa dicek dan ada batasan maksimum bagi perguruan tinggi untuk memungut biaya. Mereka tidak akan bisa lagi memungut seenaknya. Kita akan menetapkan plafon atasnya, dan harus tetap menyediakan 20 persen untuk anak-anak miskin,” kata Nuh.

…dst

3 ) Pungutan Sudah Marak, Larangan Baru Dirancang
http://www.jpnn.com/read/2011/09/26/103978/Pungutan-Sudah-Marak,-Larangan-Baru-Dirancang-

Senin, 26 September 2011 , 22:34:00
JAKARTA — Pungutan biaya pendidikan dari sekolah tingkat pendidikan dasar dan menengah, serta perguruan tinggi sudah dianggap melampaui batas kewajaran. Mendiknas M Nuh berupaya menghentikannya, dengan cara segera mengeluarkan aturan larangan pungutan dimaksud …cut…Lebih lanjut Nuh menambahkan, Permendiknas tersebut dipastikan akan dikeluarkan pada bulan Oktober tahun 2011 ini dan mulai efektif berlaku di awal tahun 2012 mendatang. “Aturan ini juga berlaku untuk sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Mudah-mudahan bulan Oktober sudah keluar,” kata Nuh.

…dst

4 ) Mendiknas : Tanda Berakhirnya Kisruh UI Mulai Terlihat
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/26/373/507252/mendiknas-tanda-berakhirnya-kisruh-ui-mulai-terlihat

Senin, 26 September 2011 18:32 wib
DEPOK – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Muhammad Nuh mempersilakan Universitas Indonesia (UI) terus melakukan upaya konsolidasi untuk menyelesaikan kisruh UI pascapemberian gelar Doctor Honoris Causa kepada Raja Arab Saudi beberapa waktu lalu. Dia juga mempersilahkan UI untuk mengimplementasikan tiga opsi yang telah diberikan olehnya.Menurutnya, masalah kisruh UI adalah masalah domestik dan internal. Saat ini, kata dia, tanda-tanda penyelesaian masalah UI sudah mulai terlihat.”Kalau urusan UI, kami serahkan sepenuhnya internal UI. Kan sebelumnya sudah sepakat dengan beberapa komponen lagipula UI kan isinya orang-orang pintar, dengan sumber daya begitu hebat saya lihat ada tanda-tanda penyelesaian permasalahan tersebut. Saya berikan kesempatan pada UI untuk selesaikan apa saja keputusan mereka secara mandiri, wong itu otonom kok, tiga opsi itu kan masihexcersice,” ujarnya di Kampus UI, Depok, Senin (26/9/2011).

…dst

5 ) Mendiknas Serahkan Kisruh UI ke Internal Kampus
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/09/26/brk,20110926-358389,id.html

SENIN, 26 SEPTEMBER 2011 | 19:39 WIB
TEMPO Interaktif, DEPOK – Menteri Pendidikan Muhammad Nuh akhirnya menyerahkan kemelut internal antarelit Universitas Indonesia ke internal kampus mereka. Penegasan ini disampaikan Nuh usai menghadiri pembukaan Polar Norwey Exhibition, di gedung terapung Perpustakaan UI, Senin, 26 September 2011 “Kami sudah sepakat dengan berbagai komponen beberapa minggu yang lalu jika persoalan di UI ini harus diselesaikan secara internal,” kata M. Nuh. Dikatakan Nuh, pihaknya memberikan kesempatan kepada internal UI, karena kampus tersebut mempunyai posisi otonom. “Apalagi di UI orang-orangnya sudah berpengalaman dan pintar-pintar,” ujarnya. “Saya juga melihat sudah ada tanda-tanda penyelesaian.” Namun demikian, kata Nuh, selama dalam penyelesaian permasalahan tersebut, jangan sampai mengganggu proses belajar-mengajar “Saya tekankan agar proses belajar mengajar, pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tidak boleh terganggu.” Nuh juga meminta agar semua pihak menahan diri, dan tidak ada kegiatan memprovokasi. “Jadi proses belajar tidak terganggu,” katanya.

…dst

6 ) 10 Karya AMIKOM Masuk Finalis INAICTA
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/431008/

Tuesday, 27 September 2011
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta kembali meloloskan 10 karya teknologi informasi (IT) di kompetisi Indonesia Information and Communication Technology Award (INAICTA) 2011. Kepala Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) AMIKOM Heri Sismoro mengatakan, bentuk komitmennya sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam prestasi khususnya di bidang teknologi informasi (IT), AMIKOM mengikutsertakan karya-karya terbaiknya di event paling bergengsi untuk skala nasional, yakni INAICTA 2011. Sejauh ini,dari karya yang diikutsertakan, 10 di antaranya berhasil lolos di penjurian babak final. “Meski belum pasti apakah AMIKOM akan meraih winner, catatan ini menjadi rekor tersendiri. Mengingat, sejak 2006 kampus yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Sleman selalu menempatkan wakilnya di babak puncak,” katanya kepada SINDO kemarin.

…dst

7 ) UNG bantah terjadi plagiat massal dosen
http://www.antaranews.com/berita/277246/ung-bantah-terjadi-plagiat-massal-dosen

Selasa, 27 September 2011 07:38 WIB
Gorontalo (ANTARA News) – Pihak Rektorat Universitas Negeri Gorontalo (UNG), membantah jika telah terjadi kasus plagiat massal para dosen di perguruan tinggi negeri itu, dalam proses sertifikasi. Pembantu rektor I bidang akademik, Sarson Pomalato, Senin, menjelaskan, yang terjadi sebenarnya adalah kemiripan redaksi dan substansi kalimat, pada essai yang disusun oleh para dosen, saat proses sertifikasi dosen . Hal itu menurutnya, terungkap saat essai yang berisikan kinerja para dosen itu, dipindai oleh suatu perangkat lunak anti plagiat dari Dirjen pendidikan tinggi (Dikti). “Tidak ada di antara dosen yang saling mencontek, apalagi salling menyalin essai itu,” katanya. Sebelumnya beredar kabar bahwa cukup banyak dosen yang terungkap melakukan plagiat dalam prses sertifikasi dosen, yang sudah berlangsung sejak tiga bulan lalu itu. Menurut Sarson, dari 150 dosen yang mengikuti kegiatan tersebut, 45 orang di antaranya menulis essay dengan cara dan substansi yang hampir sama. “Kami sudah memverifikasi hal itu, dan itu bukan plagiat,” katanya menegaskan.

…dst

8 ) Fakultas Kedokteran Belum Mampu Penuhi Kebutuhan Dokter
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159756

Senin, 26/09/2011 – 15:04
BANDUNG,(PRLM).-Meski di Indonesia telah ada 72 Fakultas Kedokteran yang tersebar di sejumlah perguruan tinggi, namun lulusan yang dihasilkan belum mampu memenuhi kebutuhan dokter di Indonesia. Saat ini kebutuhan dokter per tahun mencapai 10 ribu orang sementara lulusan kedokteran baru mencapai 5000 per tahun.”Artinya target dan kebutuhan masih belum tercapai. Dengan 72 fakultas kedokteran kita harapkan kebutuhan dokter ini bisa terpenuhi. Apalagi di Jawa Barat pun persoalan kekurangan tenaga medis ini masih terjadi,” kata Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung, Prof. Ieva B. Akbar yang ditemui usai Prosesi Sumpah Dokter Angkatan Kedua Fakultas Kedokteran Unisba di Aula Kampus Unisba Jln. Tamansari Bandung, Senin (26/9). Menurut Ieva, untuk mendukung peningkatan jumlah tenaga medis, Fakultas Kedokteran Unisba pun telah meningkatkan jumlah mahasiswa baru FK. Dalam dua tahun terakhir mahasiswa FK yang diterima Unisba terus mengalami peningkatan. “Dari 120 kita tambah lagi menjadi 150. Ini dilakukan karena kami juga telah menambah sarana berupa gedung. Sejumlah rumah sakit di berbagai daerah pun telah bekerjasama dengan kami. Tentu inginnya ke depan membangun rumah sakit sendiri,” ujarnya. (A-157/kur)***

>>>

9 ) FK Unisba Gelar Prosesi Sumpah Dokter
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159752

Senin, 26/09/2011 – 14:52
BANDUNG,(PRLM).-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung menggelar prosesi sumpah dokter angkatan kedua, Senin (26/9) di Aula Utama Unisba Jln. Tamansari Bandung. Kali ini sebanyak 27 dokter baru diambil sumpahnya.Para dokter tersebut telah melewati pendidikan program sarjana dan pendidikan profesi dokter selama enam tahun. Program profesi dilaksanakan di sejumlah rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Unisba.Sebelumnya mereka juga telah menjalani Ujian Kompetensi Dokter Indonesia. Dimana dokter lulusan Unisba berhasil mencapai kelulusan 79,41 persen, di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 48 persen. (A-157/kur)***

>>>

10 ) Contoh Pendidikan Karakter Dikembangkan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/26/21215179/Contoh.Pendidikan.Karakter.Dikembangkan

Senin, 26 September 2011 | 21:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Contoh penerapan pendidikan karakter dikembangkan di 500 institusi pendidikan formal dan nonformal di 33 provinsi.Praktik-praktik pendidikan karakter yang sudah dijalankan itu, diharapkan dapat memberi insiprasi sekolah lain untuk melaksanakan dan mengembangkan pendidikan karakter yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah atau daerah masing-masing. Pendidikan karakter di sekolah-sekolah itu mestinya juga mengambil dari kearifan lokal, selain nilai-nilai kebajikan yang umum.

…dst

11 ) Mendiknas: Perlu Pendidikan Karakter untuk Tangkal Radikalisme
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/26/1758337/Mendiknas.Perlu.Pendidikan.Karakter.untuk.Tangkal.Radikalisme

Senin, 26 September 2011 | 17:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh mengatakan, guna meredam radikalisme yang terjadi di kalangan pelajar, maka seluruh pihak yang terkait diimbau untuk lebih gencar mengedepankan pendidikan karakter kepada para siswa. Menurut Nuh, untuk mencegah segala tindakan radikalisme adalah dengan menanamkan rasa cinta tanah air dan rasa empati terhadap sesama kepada para siswa sehingga tidak ada lagi pemikiran untuk melakukan tindakan radikal.”Coba kita lihat yang melakukan pengeboman kemarin itu kapan terakhir sekolah? Maka dari itu, kita harus melihat bahwa implikasi pendidikan itu sangat panjang,” kata Nuh, Senin (26/9/2011) sore, di Jakarta.

…dst

12 ) Reshuffle urusan yang maha kuasa, menurut Mendiknas
http://www.antaranews.com/berita/277127/reshuffle-urusan-yang-maha-kuasa-menurut-mendiknas

Senin, 26 September 2011 15:23 WIB
Depok (ANTARA News) – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh enggan berbicara mengenai isu reshuffle atau perombakan kabinet karena itu ursan yang Maha Kuasa.”Saya tidak punya komentar tentang reshuffle. Wallahuallam itu urusan yang Maha kuasa,” kata M Nuh usai acara Polar Norway Exhibition di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Senin. Ia enggan berbicara mengenai reshuffle lebih rinci, ia juga tidak mau berkomentar apakah dirinya tetap menjabat menteri atau diganti.”Kalau masalah reshufle saya tak punya komentar,” katanya menegaskan pernyataannya kembali.(ANT)

>>>

13 ) Mahasiswa Asing Membeludak Belajar Kebudayaan Indonesia
http://www.jpnn.com/read/2011/09/26/103907/Mahasiswa-Asing-Membeludak-Belajar-Kebudayaan-Indonesia-

Senin, 26 September 2011 , 09:04:00
JAKARTA – Jumlah mahasiswa asing yang belajar mengenai kebudayaan di Indonesia mengalami lonjakan tajam. Melalui program Darmasiswa, setidaknya 750 mahasiswa dari 73 negara menimba ilmu mengenai budaya, bahasa, dan kerajinan tangan di beberapa universitas. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 623 orang dari 65 negara.Sekjen Kementerian Pendidikan Nasional Ainun Naim mengatakan, lamaran mahasiswa yang ingin kuliah di Indonesia mencapai 1.800 orang. Tapi hanya 750 yang lulus seleksi. Diharapkan 2012, ada 1.000 yang datang. “Ini soft diplomacy untuk memperkenalkan Indonesia tentang kehidupan demokrasi, multicultural, juga merespon pemahaman yang bisa salah mengenai Indonesia,” ujar Ainun di Jakarta.

…dst

14 ) Pemerintah Siapkan Wajib Belajar 12 Tahun
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/26/19290993/Pemerintah.Siapkan.Wajib.Belajar.12.Tahun.

Senin, 26 September 2011 | 19:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai tahun 2012, pemerintah merintis program wajib belajar 12 tahun atau hingga jenjang pendidikan menengah. Sebagai langkah awal, siswa SMA/SMK juga bakal mendapat kucuran dana bantuan operasional sekolah seperti yang selama ini diberikan kepada siswa jenjang pendidikan dasar. “Dalam beberapa tahun ke depan, kenaikan anggaran pendidikan nasional cukup tinggi. Untuk BOS pendidikan dasar tahun 2012 sudah terpenuhi. Jadi, pemerintah mulai merintis BOS untuk SMA/SMK/MA supaya wajib belajar 12 tahun terwujud,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Senin (26/9/2011) di Jakarta. Menurut Nuh, rintisan BOS untuk SMA/SMK/MA ini harus dimulai karena sampai tahun 2014 salah satu fokus kebijakan pendidikan nasional adalah mengatasi masalah keterjangkauan.

…dst

15 ) 2013, Seluruh SMA Bebas SPP
http://www.jpnn.com/read/2011/09/26/103968/2013,-Seluruh-SMA-Bebas-SPP-

Senin, 26 September 2011 , 20:10:00
JAKARTA— Mulai 2013 mendatang, para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tidak lagi dipungut biaya SPP alias gratis. Sebagai ganti sumber pendanaannya, pemerintah telah menyiapkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA.Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, hal tersebut disebabkan karena masalah wajib belajar sembilan tahun (Wajar 9 Tahun) di tahun 2012 diprediksikan sudah berjalan lancar. Sehingga, pemerintah akan mulai fokus pada Wajar 12 Tahun.

…dst

16 ) UI-Norwegia Selamatkan Bumi dari Perubahan Iklim
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/26/373/507234/ui-norwegia-selamatkan-bumi-dari-perubahan-iklim

Senin, 26 September 2011 17:32 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) menggandeng Pemerintah Norwegia untuk melaksanakan pameranPolar Norway yang digelar di Ruang Terapung Perpustakaan Pusat UI. Pameran tersebut digelar dalam rangka kampanye isu pemanasan global (global warming) yang semakin ekstrim.Rektor UI Gumilar R Somantri mengatakan, pameran tersebut bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk peduli masalah pemanasan global. Kepedulian terhadap lingkungan, kata dia, penting dilakukan lantaran suhu bumi saat ini semakin meningkat.Sementara itu Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh mengatakan, kegiatan tersebut penting karena setiap manusia tinggal di bumi yang sama sehingga harus memiliki kesadaran. Apalagi, Nuh menambahkan, saat ini persoalan dan tanda-tanda perubahan iklim sudah semakin terlihat dari es di kutub yang mulai mencair.

…dst

17 ) Perpres Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Terbit
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/09/26/262862/89/14/-Perpres-Penurunan-Emisi-Gas-Rumah-Kaca-Terbit

Senin, 26 September 2011 17:24 WIB
JAKARTA–MICOM: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani Peraturan Presiden nomor 61 tahun 2011 tentang tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK). Sekretaris Kabinet Dipo Alam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (26/9) menjelaskan, Perpres tersebut didasarkan pada pertimbangan posisi geografis Indonesia yang sangat rentan terhadap dampak dari perubahan iklim. “Sehingga Indonesia perlu secara aktif turut serta dalam upaya pencegahan melalui mitigasi perubahan iklim,” katanya. Menurut Dipo, Perpres itu adalah tindak lanjut dari kesepakatan Bali Action Plan pada Conference of Parties United Nations Climate Change Convention (COP UNFCCC) ke-13 di Bali, Desember 2007.

…dst

18 ) BEM Berkumpul di Surabaya
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/26/12351637/BEM.Berkumpul.di.Surabaya

Senin, 26 September 2011 | 12:35 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 200 perwakilan badan eksekutif mahasiswa dari 167 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia, Senin (26/9/2011), berkumpul di Surabaya, Jawa Timur. Dalam pertemuan yang akan berlangsung hingga Kamis (29/9/2011) di kampus Universitas Negeri Surabaya itu akan dilakukan pembahasan berbagai isu strategis yang sedang melanda negeri ini, terutama menyangkut pendidikan dan ekonomi.

…dst

19 ) UM Bekali Mahasiswa Pengetahuan Industri Kreatif
http://kampus.okezone.com/read/2011/09/26/373/507257/um-bekali-mahasiswa-pengetahuan-industri-kreatif

Senin, 26 September 2011 19:00
MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) mengadakan loka karya Industri Kreatif Madia Pembelajaran guna membekali mahasiswa semester akhir kampus tersebut.Ketua Panita Ahmad Fahmi mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut merupakan bentuk pendampingan dalam proses pembuatan media pembelajaran untuk mahasiswa semester akhir dan alumni.”Ada pun sumber dananya diperoleh dari Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti) dan bank Mandiri melalui program PKM, PMW, maupun usaha sendiri yang menghasilkan beberapa produk seperti kaos, media pembelajaran, makanan, jasa pariwisata dan lainnya,” kata Fahmi yang dikutip dari situs UM, Senin (26/9/2011).

…dst

20 ) KSR PMI Unpas Gelar Seminar Hukum Humaniter Internasional
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159746

Senin, 26/09/2011 – 14:16
BANDUNG,(PRLM).-Korps Sukarela PMI Unit Universitas Pasundan Bandung menggelar Seminar Hukum Humaniter Internasional di Aula Kampus Unpas Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Senin (26/9). Seminar yang diikuti KSR PMI dari berbagai wilayah ini mengangkat tema Satu Negara Satu Lambang Satu Gerakan Palang Merah untuk Indonesia. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unpas Yaya Abdul Aziz mengharapkan kegiatan ini memberi pemahaman terutama mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat perang. “Artinya dalam situasi perang pun, asas kemanusiaan harus dilakukan,” ujarnya.

…dst

21 ) Ingin Kursus Bahasa Rusia?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/26/11270911/Ingin.Kursus.Bahasa.Rusia

Senin, 26 September 2011 | 11:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anda tertarik dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan Rusia, atau ada rencana meneruskan studi ke negara tersebut? Penguasaan bahasa menjadi salah satu bekal yang akan sangat membantu Anda. Nah, Pusat Kebudayaan Rusia (PKR), Jakarta, meenyediakan tempat untuk Anda yang ingin belajar bahasa Rusia. Bahkan, pengajarnya pun langsung didatangkan dari Rusia.Staf PKR Rosawati Oktarina mengungkapkan, layanan kursus bahasa ini telah diadakan sejak Rusia masih bernama Uni Soviet, yaitu sekitar tahun 1960-an. Pada masa itu, pemerintah Soviet di Jakarta memberikan akses seluas-luasnya kepada para pelajar atau siapa saja yang ingin memelajari bahasa dan kebudayaan Soviet tanpa dikenakan biaya. Penetapan biaya kursus bahasa di PKR baru ditetapkan sekitar tahun 1990-an, atau setelah Soviet berganti nama menjadi Rusia dan berlaku sampai sekarang.

…dst

22 ) Dihipnotis Kenalan Baru, Mahasiswa Kehilangan Mobil Avanza
http://www.detiknews.com/read/2011/09/27/061832/1730996/10/dihipnotis-kenalan-baru-mahasiswa-kehilangan-mobil-avanza?n991102605

Selasa, 27/09/2011 06:18 WIB
Jakarta – Kejahatan dengan modus menggunakan hiptonis kembali terjadi. Seorang mahasiswa malam ini kehilangan mobilnya setelah dihiptonis teman barunya yang baru dikenalnya selama dua hari.Kejadian ini bermula saat W, (21 tahun) jalan-jalan bersama beberapa temannya di bilangan Gajah Mada, Jakarta Barat. Setelah itu W bersama beberapa temannya pergi menuju tempat karaoke di kawasan tersebut.”Pulang karaoke, W ini nganterin temen-temennya pakai mobil. Sampai tinggal satu orang, si KK. Nah waktu lewat di jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat. Si W dihiptonis sama KK, lalu mobilnya diambil,” ujar anggota Polsek Metro Tanah Abang Ipda Siswanto kepada detikcom, Selasa (27/9/2011).Saat itu, W merasa bahunya di tepuk oleh KK. Setelah ditepuk, KK yang baru dikenalnya dua hari yang lalu itu meminta mobilnya.

…dst

23 ) Standar Nilai UN Tak Berubah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/09/27/160647/Standar-Nilai-UN-Tak-Berubah

27 September 2011
JAKARTA-Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tidak akan membuat kebijakan baru, tekait dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2012. Standar nilai kelulusan UN 2012 ditetapkan sama dengan tahun 2011, yakni 5,5. “Nilai kelulusan minimal tetap 5,5 dan bobot pembagi tetap 60:40, sama seperti tahun sebelumnya,” ujar Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Khairil Anwar, di Jakarta, kemarin. Meskipun secara umum tidak ada perubahan, pihaknya tetap akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan ujian nasional, sehingga dapat lebih kredibel. Terkait dengan hal itu, Khairil mengaku pihaknya masih menjaring masukan-masukan dari pihak lain, seperti Dinas Pendidikan dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) melalui lokakarya. “Kami ingin pelaksanaan lebih baik. Misalnya mencontek massal di Surabaya dan Jakarta tidak terjadi lagi. Juga, hal-hal yang kurang menggembirakan akan kami perbaiki, seperti dugaan adanya ketidakjujuran,” katanya.

…dst

24 ) Awas, Calo Manfaatkan Pengumuman Honorer jadi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2011/09/27/103986/Awas,-Calo-Manfaatkan-Pengumuman-Honorer-jadi-CPNS-

Selasa, 27 September 2011 , 01:53:00
JAKARTA — Masa menunggu pengumuman 67 ribu tenaga honorer yang dijanjikan akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Oktober 2011, dimanfaatkan para calo untuk mengincar mangsa. Buktinya, kemarin ada salah seorang korban mendatangi gedung kemendagri, mengecek ada tidaknya nama Dacos Kosasih, yang mengaku pegawai Bagian Litbang Kemendagri dan kenal dekat dengan Sekjen Kemendagri, Diah Anggraeni.Pria ini mengaku adik iparnya dijanjikan bisa diangkat menjadi CPNS oleh pelaku, dengan setor Rp70 juta. Sialnya, ada 13 korban lainnya yang “diurus” pelaku, dengan menyetor Rp70 juta hingga Rp100 juta.

…dst

25 ) Pemerintah percepat kesiapan perangkat hukum hadapi krisis
http://www.antaranews.com/berita/277237/pemerintah-percepat-kesiapan-perangkat-hukum-hadapi-krisis

Selasa, 27 September 2011 06:57 WIB
Medan (ANTARA News) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menegaskan, pemerintah akan mempercepat kesiapan perangkat hukum untuk menghadapi krisis ekonomi nasional sebagai dampak pengaruh di Eropa.”Percepatan kesiapan perangkat hukum untuk menghadapi krisis itu dimaksudkan agar pengambil keputusan tidak ragu membuat keputusan, apabila memang diperlukan dalam penanganan krisis di Indonesia,” katanya, di Medan, Senin malam.Dia berbicara saat membuka acara Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ke-23 dan sekaligus pelantikan kepengurusan Apindo Sumut 2011-2016.Terpilih kembali sebagai Ketua Parlindungan Purba.Perangkat hukum untuk menghadapi krisis itu, antara lain Protokol Krisis. Selain mempercepat perangkat hukum untuk menghadapi krisis itu, kata Hatta, pemerintah sedang merancang pemberian stimulus fiskal yang bertujuan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. “Pemerintah sudah dan terus akan mengambil langkah-langkah penting untuk mengantisipasi dampak krisis Eropa maupun global ke Indonesia,” katanya.

…dst

26 ) Penjual iPad Ditahan
Belum Sempat Ada Transaksi, Calvin Akan Minta Penjelasan Ahli Pidana
http://www.detiknews.com/read/2011/09/27/061857/1730997/10/belum-sempat-ada-transaksi-calvin-akan-minta-penjelasan-ahli-pidana

Selasa, 27/09/2011 06:18 WIB
Jakarta – Calvin alias Winoto (27) akan menghadirkan ahli hukum pidana dari Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ) Chairul Huda guna menjelaskan posisinya dalam kasus jual-beli iPad yang dianggap ilegal. Menurut pengacara Calvin, Secartriandi, Calvin tidak bisa dijerat UU Perlindungan Konsumen karena antara Calvin dengan polisi yang menjebak belum terjadi transaksi sama sekali.Rencananya, Chairul Huda akan bersaksi untuk Calvin di PN Jakarta Barat, Selasa (27/9/2011) siang.”Besok (hari ini-red) akan menghadirkan ahli pidana, Chairul Huda. Untuk menjelaskan masalah UU Konsumen yang digunakan jaksa dan polisi,” kata Secartriandi saat dihubungi detikcom, Senin (26/9/2011) malam.

…dst

27 ) Call Center Palsu ATM Dibongkar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/431022/

Tuesday, 27 September 2011
… Modus yang dipakai, sebelum beraksi para pelaku terlebih dahulu memasang plastik mika yang ditempel di mulut mesin ATM.Setelah itu pelaku memasang nomor call centre bank yang telah dipalsukan di bagian atas mesin ATM.Nomor call centre tersebut dibuat mirip dengan aslinya. Selain ada logo dari bank bersangkutan, para pelaku juga mencantumkan tulisan yang berisi imbauan agar nasabah hati-hati terhadap berbagai tindak penipuan, juga nomor operator yang bisa dihubungi. “Operator kita cantumkan nomor dengan kode Jakarta (021) dan seterusnya.Tujuannya agar nasabah tidak curiga,” kata IS saat gelar perkara di Mapolres Pati,kemarin. Saat ada nasabah yang kartu ATM-nya tertelan, kata IS, biasanya akan langsung menghubungi nomor call centrebank yang telah dipalsukan dan ditempel di mesin ATM. Setelah itu,petugas call centre palsu dengan meyakinkan akan berpura- pura menanyakan kronologis kejadian yang dialami pemilik ATM. Ditengah-tengahpembicaraan, petugas palsu yang merupakan anggota komplotan ini meminta nomor Personal Identification Number (PIN) milik nasabah yang kartu ATM-nya tertelan.” Lalu setelah dapat PIN,nasabah kita minta menunggu beberapa jam untuk membereskan persoalan ATM miliknya yang tertelan,”timpal AH. Saat nasabah merasa tenang dan meninggalkan lokasi, para pelaku langsung mendatangi lokasi dan mengambil kartu ATM milik nasabah yang nyangkut. Sejurus kemudian para pelaku pun langsung menguras isi tabungan milik nasabah yang bersangkutan.

…dst

28 ) Hamil di Usia 61 Tahun Jadi Perdebatan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/159834

Selasa, 27/09/2011 – 05:09
RIO DE JANEIRO, (PRLM).- Seorang berusia 61 tahun sedang menantikan bayi pertamanya telah memicu perdebatan di Brazil, mengenai kapan sebenarnya seorang perempuan sudah terlambat untuk melahirkan. Perempuan yang jadi kontroversi itu, yang kasusnya telah muncul di media lokal Senin (26/9), meminta agar namanya tak disebutkan. Ia sudah memasuki masa menopaus, menikah dengan seorang pria yang berusia 38 tahun, dan hamil dengan telur donor. Ia dijadwalkan melahirkan pada November mendatang.”Saya sudah melewati menopous … Suami saya ingin jadi ayah. Saya juga ingin jadi ibu. Saya sangat sehat … dan saya telah menjalani pemeriksaan medis,” kata perempuan itu kepada surat kabar O Globo.

…dst

29 ) Sekilas dalam Negeri
Kemdiknas Luncurkan Gerakan Nasional Rehabilitasi Sekolah
Dana Rp20 Triliun untuk Rehabilitasi Sekolah
Kemendiknas Akan Perbaiki 21.500 Sekolah
Rehabilitasi 21.500 Ruang Belajar Libatkan TNI
Mendiknas: 2013 tak Ada Lagi Sekolah Rusak
Revisi APBN 2011 Bakal Hambat Perbaikan Sekolah
2014, Seluruh Madrasah Terakreditasi
Kasus Jual iPad
Belum Sempat Ada Transaksi, Calvin Akan Minta Penjelasan Ahli Pidana
Jual iPad Tanpa Buku Manual, Calvin Mendekam 3 Bulan di Rutan Salemba
Kemendag: iPad Tak Wajib Gunakan Buku Panduan Bahasa Indonesia
Polisi Tak Tahu iPad Sudah Mendapat Kartu Garansi Internasional
Mafia Banggar DPR
KPK Tolak Undangan Badan Anggaran 
Anggota FPD yang Mogok Bahas Anggaran di Banggar Akan Dikenai Sanksi
BOM Solo
Inggris Sudah Prediksi Solo Jadi Target Teroris
BIN Usulkan Informasi Intelijen Jadi Alat Bukti Hukum
Kepala BIN: Teroris Perorangan Sulit Dideteksi
Bikin Bom Lewat Akun Facebook
Bomber Solo Kirim Wasiat Via Email
Sutanto Bantah Tudingan BIN Kebobolan
Libya hari ini
Perusahaan minyak beroperasi lagi di Libia
Kuburan massal 1.700 tahanan ditemukan di Tripoli
Kemajuan buat Kaum Wanita Arab
Saudi Sambut Putusan Raja Abdullah