1 ) Biaya Pendidikan Dikembalikan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/433393/

Thursday, 06 October 2011
YOGYAKARTA– Kabar gembira bagi mahasiswa tidak mampu UGM Yogyakarta. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) maupun Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang telah dibayarkan akan dikembalikan oleh pihak kampus.Kepastian pengembalian SPP dan BOP mahasiswa tidak mampu diketahui setelah UGM mendapatkan tambahan kuota penerima mahasiswa dari pemerintah.Rektor UGM Prof Sudjarwadi mengatakan, dengan adanya tambahan kuota tersebut, maka sebagian dana yang telah dibayarkan oleh mahasiswa dari kalangan keluarga tidak mampu akan dikembalikan. “Pengembalian ini juga sudah menjadi komitmen UGM,” katanya di sela-sela penandatanganan kerja sama dengan PT BRI (Tbk) dalam hal pembayaran SPP online di Balaiurung UGM,kemarin.

…dst

2 ) ITS Gelar Kompetisi Teknologi Informasi (TIK 2011)
http://www.jpnn.com/read/2011/10/05/104823/ITS-Gelar-Kompetisi-Teknologi-Informasi-

Rabu, 05 Oktober 2011 , 20:02:00
JAKARTA – Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya menggelar kompetisi mahasiswa bidang teknologi informasi dan komunikasi (Gemastik) tingkat nasional. Lomba ini diikuti 394 mahasiswa dari seluruh Indonesia.Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Suryo Hapsoro mengatakan, saat ini penyelenggaraan Gemastik sudah memasuki tahun keempat dan kini sudah memasuki babak final. “Rencananya, babak final ini akan dilaksanakan pada 11 Oktober-13 Oktober 2011 mendatang dengan diikuti oleh 394 mahasiswa dari 34 perguruan tinggi di seluruh Indonesia,” ujar Suryo di Kemdiknas, Jakarta, Rabu (5/10). Sebelumnya, 5.258 mahasiswa dari 115 Perguruan Tinggi (PT) telah mengikuti babak penyisihan yang dilakukan secara online pada 2 September-18 September lalu. Namun dari babak penyisihan itu hanya lolos 394 peserta dari 34 perguruan tinggi.Suryo menjelaskan, dari 34 PT di saat babak final nanti 27 di antaranya adalah PT di Pulu Jawa. Sedangkan tujuh PT lainnya dari luar Pulau Jawa.

…dst

3 ) UI Terbitkan Jurnal Hukum Berbahasa Inggris
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/13021075/UI.Terbitkan.Jurnal.Hukum.Berbahasa.Inggris

Rabu, 5 Oktober 2011 | 13:02 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) menerbitkan Jurnal berbahasa Inggris pertama di Indonesia dengan nama Indonesia Law Review.Penerbitan jurnal Indonesia Law Review didukung 27 Profesor yang berasal dari Indonesia, Inggris, Belanda, Amerika Serikat, Australia, Brasil, Afrika Selatan, Singapura, dan Malaysia sebagai advisory board serta para dosen senior FH-UI.Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, Rabu (5/10/2011) di Depok, menjelaskan, Indonesia Law Review diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengukir prestasi ilmiah bagi bangsa akademisi Indonesia. Indonesia Law Review akan diakreditasi dan menjadi jurnal internasional yang setara dengan publikasi ilmiah di tingkat dunia.Indonesia Law Review terbit setiap bulan Apri, Agustus, dan Desember. Jurnal ini dapat menjadi referensi ilmiah bagi pemerhati, praktisi, dan mahasiswa hukum dalam dan luar negeri.

…dst

4 ) ITS Juara Festival “Edunimasi” 2011
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/13114190/ITS.Juara.Festival.Edunimasi.2011

Rabu, 5 Oktober 2011 | 13:11 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.com – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyabet gelar juara Festival Animasi Tingkat Nasional Kelompok Mahasiswa atau “Edunimasi” 2011. Praktisi Komunikasi Massa yang menjadi salah satu dewan juri, Albert Kuhon mengatakan, karya mahasiswa ITS yang berjudul “Mimpi Menjadi Nyata” itu mampu menyingkirkan dua karya lainnya di kelompok mahasiswa.Kedua karya yang berhasil dikalahkan yakni karya berjudul “Seribu Satu Candi” dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan “Si Gatot” dari Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS). Lomba pembuatan video klip animasi tentang edukasi berdurasi 120 detik itu diikuti 857 peserta yang terbagi ke dalam beberapa kelompok, yakni untuk sekolah menengah kejuruan (SMK), lembaga kursus dan pelatihan (LKP), dan mahasiswa.

…dst

5 ) Peneliti di Perguruan Tinggi Kurang Mendapat Perhatian
http://www.pikiran-rakyat.com/node/160855

Rabu, 05/10/2011 – 17:47
BOGOR, (PRLM).- Insentif serta perhatian yang diberikan oleh pemerintah kepada para peneliti di universitas/perguruan tinggi masih sangat kurang. Akibatnya selain riset menjadi kurang berkembang, juga hasil riset universitas/perguruan tinggi belum bisa diterapkan oleh negara maupun masyarakat. Padahal, pemerintah telah merngalokasikan dana besar bagi dunia pendidikan di Indonesia.Demikian disampaikan mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) yang saat ini membantu merancang Undang-undang tentang Perguruan Tinggi, Prof. Dr. Ir. H. Ahmad Ansori Mattjik, ketika ditemui, Rabu (5/10).Menurut dia, dengan anggaran pendidikan yang sangat besar, seharusnya pemerintah memmerhatikan hasil yang bisa diperoleh. Hanya saja, sampai saat ini pemerintah terkesan tidak peduli dengan hasil yang dicapai oleh dunia pendidikan tinggi yang telah dibiayai dengan dana besar tersebut. Hasil riset yang ada di universitas/perguruan tinggi, lanjut Mattjik, hanya sampai pada rak perpustakaan dan tidak dikembangkan. Sebab, sebagian besar dilakukan hanya untuk mengejar gelar doktor atau profesor. “Kenapa begitu? Karena pemerintah belum memberikan insentif yang layak bagi para peneliti kita. Akhirnya, banyak ilmuwan kita yang malah disewa oleh pihak asing dan berkembang di sana,” tuturnya.

…dst

6 ) Pakar: universitas harus jadi pusat riset
http://www.antaranews.com/berita/278456/pakar-universitas-harus-jadi-pusat-riset

Rabu, 5 Oktober 2011 21:36 WIB
Bogor (ANTARA News) – Mantan Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Dr Ir H Ahmad Ansori Mattjik mengatakan, universitas harus menjadi pusat riset yang hasilnya dapat diterapkan oleh negara dan masyarakat. Sejauh ini hasil riset atau penelitian dari sebuah universitas hanya menjadi pemenuh rak perpustakaan, katanya di Bogor, Rabu.”Pemerintah sudah mengeluarkan dana besar untuk dunia pendidikan di Indonesia, tetapi perhatian pemerintah pada riset masih kurang,” katanya. Mattjik mengatakan, kurangnya perhatian pemerintah menjadikan riset kurang berkembang dan hasil penelitian perguruan tinggi belum bisa diterapkan oleh negara maupun masyarakat luas. Seharusnya, lanjut Mattjing, dengan anggaran pendidikan yang sudah dikeluarkan, pemerintah dapat mengambil hasil dari penelitian tersebut dan menerapkannya.

…dst

7 ) Pakar: minat menulis dosen perlu ditumbuhkan
http://www.antaranews.com/berita/278494/pakar-minat-menulis-dosen-perlu-ditumbuhkan

Kamis, 6 Oktober 2011 03:18 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Minat dosen dan mahasiswa untuk menulis di media massa perlu ditumbuhkan agar dapat memberikan sumbangan ilmu kepada masyarakat, kata pakar ilmu komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Fajar Junaedi.”Menulis di media massa menunjukkan kompetensi seseorang terutama bagi mahasiswa dan dosen selaku kaum intelektual,” katanya pada diskusi `Menulis Kreatif` di Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu.Ia mengatakan menulis di media massa berarti melogikakan ide, merasionalisasi, memaparkan tesis dan antitesis, sehingga mahasiswa dan dosen bisa ikut melakukan perubahan sosial di masyarakat. Dengan menulis di media massa, maka tulisan tersebut dapat dibaca banyak orang. Semangat menulis di kalangan sivitas akademika baik dosen maupun mahasiswa itu, menurut dia, sebenarnya terbilang masih cukup tinggi. Di masa “cyber” seperti sekarang, mereka banyak mengunggah tulisannya ke dalam blog dan “facebook” agar dapat dibaca banyak orang.

…dst

8 ) IPB Dapat Kucuran Dana Rp 120 Miliar dari APBN
http://www.pikiran-rakyat.com/node/160850

Rabu, 05/10/2011 – 17:08
BOGOR, (PRLM).-Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapat kucuran dana senilai Rp 120 miliar melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan gedung pendidikan paket pertama di wilayah Fakultas Kehutanan IPB. Sebelumnya, sejumlah mahasiswa Kehutanan sempat menolak pembangunan gedung pendidikan ini karena dinilai merusak lingkungan dengan menebang sejumlah pohon koleksi. Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto di sela-sela pemancangan tiang pertama gedung pendidikan di Fakultas Kehutanan IPB, Rabu (5/10) mengatakan pembangunan gedung pendidikan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan perkuliahan, terutama di Fakultas Kehutanan yang saat ini cukup padat.”Selama ini pusat layanan kita tersebar sehingga petugas yang memberi pelayanan fasilitas perkuliahan agak kesulitan mencapai lokasi tepat waktu,” katanya. Direncanakan, gedung pendidikan ini bisa berfungsi pada semester genap tahun ajaran 2011-2012 mendatang. Sementara, untuk paket kedua, yakni gedung perpustakaan tropika, pagu anggaran yang disediakan senilai Rp 10 miliar. Paket ketiga dari projek ini berupa penambahan nilai gedung dan bangunan pendidikan senilai pagu Rp 30 miliar. Sejumlah fasilitas seperti kandang primata serta laboratorium rayap juga akan dibangun pada projek pertama ini.

…dst

9 ) Pengurusan Visa Pelajar ke AS Dipermudah
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/22511096/Pengurusan.Visa.Pelajar.ke.AS.Dipermudah

Rabu, 5 Oktober 2011 | 22:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mempermudah proses pengurusan visa pelajar bagi siswa Indonesia yang hendak belajar ke Amerika Serikat. Pada periode Juni hingga Agustus 2011, 90 persen permohonan visa pelajar diberikan oleh Kedubes AS. Hal ini telah meningkatkan jumlah pelajar Indonesia di AS hingga 20 persen dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel mengemukakan hal itu setelah membuka Pameran Pendidikan Amerika Serikat (AS) 2011 yang diselenggarakan Indonesian International Education Foundation (IIEF), Rabu (5/10/2011), di Kirana Ballroom, Hotel Kartika Chandra, Jakarta.”Proses pelayanan visa pelajar sudah ditingkatkan dan lebih cepat untuk menarik lebih banyak siswa Indonesia ke AS dan sebaliknya. Visa pelajar tahun ini naik 25 persen,” kata Scot.

…dst

10 ) AS Sediakan Pinjaman Pendidikan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/19285654/AS.Sediakan.Pinjaman.Pendidikan

Rabu, 5 Oktober 2011 | 19:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Amerika Serikat memberikan fasilitas pinjaman sebesar 5 juta dollar AS bagi siswa Indonesia selama 10 tahun ke depan. Pinjaman ini termasuk akan digunakan untuk calon mahasiwa Indonesia yang hendak belajar di AS.”Program pinjaman pendidikan yang diresmikan hari ini menandai komitmen Pemerintah AS dalam meningkatkan kesempatan belajar bagi warga negara Indonesia dengan menyediakan kredit yang amat dibutuhkan untuk membiayai pendidikan tinggi, termasuk pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Program ini merupakan salah satu contoh kemitraan publik-swasta antara Pemerintah AS dan sektor swasta Indonesia,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel di Jakarta, Rabu (5/10/2011).

…dst

11 ) 60 Universitas AS Ramaikan Pameran Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/18194840/60.Universitas.AS.Ramaikan.Pameran.Pendidikan.Tinggi

Rabu, 5 Oktober 2011 | 18:19 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perwakilan lebih dari 60 perguruan tinggi terakreditasi dan terkemuka di Amerika Serikat hadir meramaikan pameran pendidikan tinggi Amerika Serikat 2011 (The 2011 U.S Higher Education Fair), Rabu (5/10/2011), di Kirana Ballroom, Hotel Kartika Chandra, Jakarta.Pada pameran kali ini, perguruan tinggi bergengsi di Amerika pun tak mau melewatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan siswa Indonesia, seperti University of Minnesota – Twin Cities, University of California – Berkeley, University of Denver, University of Iowa, dan lain sebagainya.

…dst

12 ) 6 Kampus Amerika Cari Mahasiswa di Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510780/6-kampus-amerika-cari-mahasiswa-di-indonesia

Selasa, 04 Oktober 2011 19:02 wib
SURABAYA – Sebanyak enam univeritas dari Amerika Serikat mencari calon mahasiswa Indonesia melalui Education Fair 2011. Education Fair ini merupakan yang kedua kalinya digelar di Indonesia, hasil kerja sama antara Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika di Surabaya bersama dengan Education USA.Keenam universitas tersebut adalah Miami University of Oxford, Ohio; University of Oregon; Diablo Valley College California; Foothill College of California; De Anza College of California; dan Iowa State University.Menurut Kristen F Bauer, Konsul Jenderal AS Surabaya, dalam Education Fair 2011 ini, Education USA akan menyiapkan enam meja untuk masing-masing universitas. Ditambah lagi satu meja AMINEF yang akan memberikan informasi beasiswa kepada calon mahasiswa yang akan menempuh study di Amerika, serta dua meja untuk Konjen AS.

…dst

13 ) Sampoerna Academy Teken MoU Pinjaman Dana Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/05/373/511043/sampoerna-academy-teken-mou-pinjaman-dana-pendidikan

Rabu, 05 Oktober 2011 12:17 wib
BOGOR – Putera Sampoerna Foundation melalui yayasan Siswa Bangsa melakukan kerja sama dalam hal pinjaman dana pendidikan untuk siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.Total pinjaman sebesar USD5 juta atau sebesar Rp44 miliar tersebut rencananya akan dialokasikan untuk membiayai 300 siswa berprestasi yang berasal dari keluarga prasejahtera. Kucuran dana tersebut berasal dari USAID, UBS, Raiffeisen Bank International (RBI), dan Putera Sampoerna. Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS), Scot Marciel mengatakan, program tersebut merupakan komitmen dalam meningkatkan kesempatan mendapatkan pendidikan bagi siswa. “Program ini merupakan contoh kerja sama publik-swasta antara pemerintah AS dengan pihak swasta di Indonesia,” ujar Marciel saat memberikan sambutan di Kampus Sampoerna Academy, Bogor, Rabu (5/10/2011).Menurut Marciel, terdapat dua alasan mengapa AS sangat tertarik terhadap MoU tersebut. Pertama, AS memiliki ketertarikan tersendiri kepada Indonesia, sebagai negara yang penting dan sukses dalam hal keberagaman demokrasi.

…dst

14 ) Penerima Beasiswa Ditarget IP 3,00
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/10/06/161689/Penerima-Beasiswa-Ditarget-IP-300

06 Oktober 2011
SEMARANG – Sebanyak 11 mahasiswa baru Unika Soegijapranata menerima beasiswa penuh untuk tahun 2011. Terhitung mulai semester genap 2011/2012 mereka dibebaskan dari biaya kuliah hingga lulus, kecuali biaya KKN dan wisuda.Surat keputusan itu diserahkan Rektor Unika Prof Dr Ir Yohanes Budi Widianarko MSc kepada para penerima di ruang rapat Gedung Mikael lantai III, Selasa (4/10). Dalam sambutannya Rektor Unika mengatakan, jenjang pendidikan universitas adalah pintu perbaikan kondisi sosial di masa depan. Oleh sebab itu, tidak ada alasan biaya kuliah menjadi hambatan bagi yang berprestasi.elain itu, Unika juga merealisasikan bantuan untuk yang tidak begitu pandai, namun juga memiliki keterbatasan biaya. Melalui Kementerian Pendidikan juga diberikan fasilitas untuk studi lanjut hingga ke luar negeri.

…dst

15 ) 50 Mahasiswa UKSW Terima Beasiswa BRI
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/433391/

Thursday, 06 October 2011
SALATIGA – Sebanyak 50 mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima bantuan beasiswa dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) senilai Rp240 juta.Beasiswa tersebut diserahkan secara simbolis oleh Pemimpin Wilayah BRI Semarang Agus Katon ES kepada perwakilan mahasiswa di Balairung UKSW Salatiga, kemarin. Beasiswa ini diserahkan kepada mahasiswa yang berprestasi. Penyaluran beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian PT BRI terhadap peningkatan kualitas pendidikan.”PT BRI Persero merasa memiliki tanggung jawab sosial terhadap kemajuan dunia pendidikan.Untuk itu, PT BRI Persero membuat program penyaluran bantuan beasiswa kepada mahasiswa di seluruh Indonesia,termasuk mahasiswa UKSW,” kata Agus Katon kemarin.

…dst

16 ) USU dan UMSU Kolaborasi Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/04/373/510807/usu-dan-umsu-kolaborasi-pendidikan

Rabu, 05 Oktober 2011 08:09 wib
JAKARTA – Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan kerja sama dalam bentuk MoU pendidikan dan pengabdian masyarakat. MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Rektor UMSU Agussani dan Rektor USU Syahril Pasaribu.Rektor UMSU dalam sambutannya mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan untuk peningkatan hubungan di bidang pelayanan pendidikan dan pengabdian masyarakat, juga sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, yang dalam hal ini fokus dalam penguatan fakultas-fakultas yang ada di UMSU.”Apalagi USU adalah salah satu universitas negeri yang ada di Sumut yang bertindak sebagai pembina bagi universitas-universitas swasta yang ada,” kata Agussani seperti yang dikutip laman USU, Rabu (5/10/2011).

…dst

17 ) Universitas Terbuka Terkendala Materi
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/09421520/Universitas.Terbuka.Terkendala.Materi

Rabu, 5 Oktober 2011 | 09:42 WIB
NUSA DUA, KOMPAS.com — Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh terkendala minimnya sumber materi pembelajaran terbuka atau open educational resources. Sumber materi digital yang tersedia banyak yang harganya mahal dan dilindungi hak cipta sehingga pemanfaatannya terbatas. Pemerintah dan perguruan tinggi didesak mengalokasikan anggaran khusus untuk pembelian sumber pembelajaran terbuka itu agar akses pendidikan terbuka bagi masyarakat.Hal itu mengemuka dalam diskusi di Konferensi Dunia Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) ke-24 yang diselenggarakan Universitas Terbuka (UT). Kegiatan itu bagian dari International Council for Open and Distance Education (ICDE), 2-5 Oktober 2011, di Nusa Dua, Bali.

…dst

18 ) UI Bakal Jadi Percontohan Pengolahan Sampah Skala Kawasan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/05/373/511285/ui-bakal-jadi-percontohan-pengolahan-sampah-skala-kawasan

Rabu, 05 Oktober 2011 18:02 wib
DEPOK – Pemerintah Kota Depok membangun Unit Pengolahan Sampah (UPS) di lahan area kawasan kampus Universitas Indonesia (UI). Namun saat ini, hanggar atau UPS yang sudah dibangun di belakang Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) itu masih terbengkalai dan belum selesai.Wali Kota Depok, Nur Mahmudi mengakui pembangunan tersebut memang belum selesai dan masih berlanjut. Namun, kata dia, pihaknya memilih membangun UPS di UI lantaran adanya sampah yang dihasilkan setiap hari di kampus UI.”Atas permohonan, permintaan, dan kesepahaman antara UI dan Pemkot, kami bersyukur bahwa UI menaggapi adanya UPS yang dibangun di Depok, karena UI merupakan kawasan kontinuitas produksi sampah di sana. Makanya, kita tawarkan pembangunan itu di sana dan saat ini memang sedang,” kata Nur Mahmudi kepada wartawan, Rabu (5/10/2011).

…dst

19 ) Indonesia Tuan Rumah Pameran Filatelis Dunia
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/06/265838/293/14/Indonesia-Tuan-Rumah-Pameran-Filatelis-Dunia

Kamis, 06 Oktober 2011 05:29 WIB
BANDUNG–MICOM: Indonesia jadi tuan rumah penyelenggara Kejuaraan dan Pameran Prangko Dunia atau “World Stamp Championship & Exhibition” pada Juni 2012. Setelah sempat menjadi penyelenggara pada tahun 1966, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah pameran bagi seluruh filatelis dunia berlangsung pada 18 hingga 24 Juni 2012 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Menurut perwakilan Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) regional Jawa Barat, Ginanjar, sebenarnya pada tahun 2000 Indonesia juga sempat akan menjadi penyelenggara. Namun dibatalkan karena krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada masa itu.

…dst

20 ) Penemu Quasicrystal Raih Nobel Kimia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/433642/38/

Thursday, 06 October 2011
STOCKHOLM – Seorang ilmuwan asal Israel yang pernah ditertawakan karena dianggap melakukan penemuan yang aneh kemarin malah meraih hadiah Nobel Kimia 2011. Daniel Shechtman berhasil menyabet penghargaan bergengsi tersebut karena menemukan sejumlah cara berbeda di mana atom bisa dikumpulkan bersama dalam materi solid. Penemuan Shechtman, yang berhasil membawa pulang hadiah 10 juta krona Swedia telah membuka pintu bagi penelitian dalam penggunaan quasicrystal, yang dia temukan,dalam semua benda dari mesin diesel sampai wajan. Quasicrystal, yang disebut juri Nobel sebagai “mosaik atom yang luar biasa”, adalah pola yang sangat teratur dan simetris, tapi tidak berulang. Bagi mata yang tak terlatih, quasicrystal ini tampak seperti seni abstrak Islam. Quasicrystal ditemukan di laboratorium dan sebagian ditemukan terjadi secara alamiah di dalam mineral.

…dst

21 ) LOMBA KARYA ILMIAH
Karya Inovasi Remaja Berpotensi Peroleh HKI
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/08451961/Karya.Inovasi.Remaja.Berpotensi.Peroleh.HKI

5 Oktober 2011 | 08:45 WIB
SURAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa karya ilmiah dari Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat Nasional 2011 berpotensi memperoleh Hak Kekayaan Intelektual. Di bidang teknologi, yang tergolong ide inovatif antara lain rancang bangun sistem pengendali otomatis lampu berdasarkan sensor cahaya matahari serta rancang bangun alat yang disebut Pekat Lantas dan Sidito. Hal ini dilontarkan Mahruzar, Pemeriksa Paten Bidang Mesin dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) selaku peninjau pada penjurian presentasi finalis yang dipimpin Wahyuddin Latunreng, Selasa (4/10), di Surakarta, Jawa Tengah.

…dst

22 ) Lomba Robot INAICTA Banjir Protes
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/2142031/Lomba.Robot.INAICTA.Banjir.Protes

Rabu, 5 Oktober 2011 | 21:42 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengumuman lomba robot INAICTA di Jakarta Convention Center, Rabu (5/10/2011) malam, diwarnai banjir protes dari peserta karena keputusan komite juri yang tidak fair.Misalnya, untuk kategori maze solving tingkat SMP. Komite juri memenangkan peserta yang pada sesi pertama hanya meraih 3 poin. Walau robotnya berhasil mencapai finis, tetapi tidak melalui jalur semestinya. Pada sesi kedua, robotnya malah gagal mencapai finis.Sementara robot dari tim Melati Sidoarjo, yang pada saat penjurian lapangan meraih poin tertinggi, hanya meraih special award. Padahal, robot itu pada sesi pertama meraih poin tertinggi dengan 4 poin dan pada sesi kedua merupakan satu-satunya robot dari 64 peserta yang berhasil masuk finis melalui jalur yang sudah ditetapkan panitia.

…dst

23 ) Peserta Akan Lapor kepada Menteri Kominfo
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/05/23551377/Peserta.Akan.Lapor.kepada.Menteri.Kominfo

Rabu, 5 Oktober 2011 | 23:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kalangan peserta lomba robot INAICTA di Jakarta Convention Center, Rabu (5/10/2011) malam, akan melapor kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring terkait dengan komite juri yang dinilai tidak fair dan bersikap mencla-mencle. “Meskipun posisi kami sudah diralat menjadi juara kedua, kami tetap akan melapor kepada Menteri Infokom karena sikap komite juri itu sudah melukai fair play. Menzalimi anak-anak yang masih bersih dengan penjurian yang tidak jujur. Kami akan meminta dukungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” kata Ulum, pembina Tim Robot Musashi SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, Jatim.

…dst

24 ) PNS Lulusan SMA Ditawari Pensiun Dini
Dimulai Kemenkeu kepada 2.000 PNS
http://www.jpnn.com/read/2011/10/06/104845/PNS-Lulusan-SMA-Ditawari-Pensiun-Dini-

Kamis, 06 Oktober 2011 , 07:09:00
JAKARTA – Kementrian Keuangan mulai menawarkan pensiun dini kepada pegawai. Tawaran terbanyak ada pada pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJP). Ada 1800-2000 pegawai yang mulai ditawari pensiun dini. Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto mengatakan, proses penawaran pensiun dini tersebut tinggal menunggu Peraturan Presiden. “Mungkin minggu ini kita sampaikan ke menteri untuk diteruskan ke Setneg,” kata Agus di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Agus mengatakan, pelaksanaan pensiun dini merupakan konsekuensi dari reformasi birokrasi. Setelah dicoba di Ditjen Perbendaharaan, diharapkan bisa dilakukan di instansi lain. “Awalnya di kita, kemudian di Kemenkeu. Kalau sukses, diharapkan di kementerian yang sudah melakukan reformasi birokrasi melakukan right sizing seperti itu juga. Jadi secara keseluruhan birokrat menjadi lebih ramping,” kata Agus.

…dst

25 ) 434 pegawai kemenkeu kena hukuman disiplin
http://www.antaranews.com/berita/278479/434-pegawai-kemenkeu-kena-hukuman-disiplin

Kamis, 6 Oktober 2011 00:08 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan ada sebanyak 434 pejabat maupun pegawai Kementerian Keuangan sejak Januari hingga September 2011 yang terkena hukuman disiplin karena terbukti telah melakukan pelanggaran.”Penjatuhan hukuman disiplin tersebut diantaranya merupakan tindaklanjut dari pengaduan yang disampaikan oleh pejabat maupun pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan maupun masyarakat luas,” ujarnya di Jakarta, Rabu. Menkeu menjelaskan hukuman disiplin yang diberikan bervariasi mulai dari teguran lisan hingga pemberhentian atau pemecatan bahkan diantaranya hingga diserahkan kepada aparat penegak hukum. “Ini merupakan bukti adanya suatu komitmen dari Kementerian Keuangan dalam usaha menciptakan aparatur yang bersih dan berintegritas,” ujarnya.
Sebelumnya pada 2010, Kementerian Keuangan telah menjatuhkan hukuman disiplin kepada 890 pejabat maupun pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran ringan maupun berat.

…dst

26 ) Sekilas dalam Negeri

Pendidikan
Gaji Rendah, Pemerintah Dinilai Lecehkan Guru Honorer
Guru Tolak Penambahan Jam Mengajar
Pemerintah Dituding Masih Diskriminatif Terhadap Guru Swasta
Dituduh Menganiaya, Guru Honorer Diadili 
Konflik DPR-KPK
Skenario Besar Lemahkan KPK
Pimpinan KPK Harus Hati-hati
Fahri Minta KPK Diaudit Khusus
10 Anggota DPR jadi Terlapor Mafia Anggaran
Kasus Nazaruddin
Hasil Komite Etik KPK Buktikan Tudingan Nazaruddin Palsu
Komisi III Hargai Keputusan Komite Etik Atas Chandra Cs
Komite Etik KPK Bulat Nyatakan Busyro & Jasin Tak Langgar Aturan
Pengacara Nazaruddin Kecewa dengan Hasil Komite Etik
ICW Nilai Nazar Coba Ganggu Konsentrasi KPK Sebelum Sidang
Suap di Kemenakertrans
Budi Mulya Bisa Dikenai Sanksi Berat
Lahar dingin Merapi
Lahar Dingin Merapi Masih 90 Juta Kubik
Libya
Pengungsi dari Sirte Meningkat