1 ) Dua Kementerian Masing-masing Dua Wakil Menteri
http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/10/15/brk,20111015-361577,id.html

SABTU, 15 OKTOBER 2011 | 22:08 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Kementerian Keuangan dan Kementerian Pendidikan Nasional, yang berubah nama menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, memiliki dua wakil menteri. Khusus Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, terdiri dari calon Wakil Bidang Pendidikan Musliar Kasim dan calon wakil menteri bidang kebudayaan yaitu Wiendu Nuryanti. Wiendu Nuryanti adalah Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Ia dipanggil bersama Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan yang didapuk menjadi calon wakil menteri pertanian, dan Guru Besar FISIP Universitas Indonesia Eko Prasodjo yang diplot menjadi calon wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Menurut Wiendu, presiden memintanya membangun kebudayaan Indonesia lebih baik lagi. Kebudayan, perlu mendapat ruang cukup sentral sebagai salah satu pilar terpenting pembangunan bangsa dan negara. Sebagaimana fungsi wakil menteri bidang kebudayaan, ia akan bekerja sama dengan wakil menteri bidang pendidikan dalam membantu menteri pendidikan dan kebudayaan. Utamanya merumuskan kementerian menjadi pilar pembangunan kesejahteraan Indonesia ke depan.

…dst

2 ) SBY Rombak Dua Kementerian
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/15/brk,20111015-361562,id.html

SABTU, 15 OKTOBER 2011 | 19:10 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta -Selain kocok menteri kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedikit merombak dua kementerian, yakni Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dan Kementerian Pendidikan Nasional.Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan ada perubahan struktur organisasi dan nomenklatur di kementerian negara yang dipimpinnya. Satu jabatan baru yang akan masuk menyesuaikan perkembangan ekonomi dunia yang relatif baru yakni ekonomi kreatif. “Itu yang mau diminta presiden digarap dengan sangat keras, dan itu akan dimasukkan ke sektor pariwisata yang beliau finalkan dengan saya. Sehingga nanti Pariwisata dan Ekonomi Kreatif betul-betul jadi gerakan ekonomi yang besar,” kata Jero Wacik dalam konferensi pers di kediaman pribadi Presiden SBY, Puri Cikeas, Bogor, Sabtu 15 Oktober 2011. Kabarnya kementerian yang dipimpin Jero Wacik akan berubah nama menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

…dst

3 ) Wiendu Nuryanti Wamendiknas Baru
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/15/373/515811/wiendu-nuryanti-wamendiknas-baru

Sabtu, 15 Oktober 2011 22:31 wib
BOGOR – Posisi wakil menteri pendidikan tak luput dari sorotan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk dilakukan reshuffle. Orang yang ditunjuk adalah Wiendu Nuryanti.”Saya mendapatkan tugas untuk membantu di bidang kebudayaan, sebagai Wakil Menteri Pendidikan di bidang kebudayaan,” ujarnya, di Cikeas, Sabtu (15/10/2011). Menurutnya, ada tiga hal yang diamanahkan Presiden. Pertama adalah bahwa kebudayaan perlu mendapatkan ruang yang sangat sentral sebagai pilar terpenting dalam pembangunan berbangsa dan bernegara.Kedua, diperlukan perumusan dan kebijakan yang nantinya akan diikuti program-program yang akan diikuti lebih menyeluruh. Ketiga, bagaimana kondisi sebagai wamendiknas bidang kebudayaan nanti, akan bekerja sama dengan wamendiknas bidang pendidikan. “Bersama-sama membantu Bapak Mendiknas M Nuh, untuk merumuskan agar Kementerian Pendidikan Nasional, sebagai pilar penting dalam pembangunan ke depan. Untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,” tutup Guru Besar Jurusan Arsitektur Fakultas Tehnik Universitas Gadjah Mada ini.

…dst

4 ) Guru besar UI menjadi wakil menteri PAN
http://www.antaranews.com/berita/280004/guru-besar-ui-menjadi-wakil-menteri-pan

Sabtu, 15 Oktober 2011 23:13 WIB
Bogor (ANTARA News) – Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, Eko Prasojo, ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menjabat Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi.”Birokrasi menjadi punggung pembangunan nasional dan awak yang menerbangkan pembangunan nasional juga harus dilakukan reformasi lebih cepat,” tutur profesor di bidang administrasi negara itu usai menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono di Puri Cikeas Bogor, Jabar, Sabtu malam.Dalam audiensinya, menurut Eko, Presiden menekankan beberapa hal yang harus dilakukan guna menciptakan pemerintahan yang efektif, akuntabel, dan bersih. Salah satunya adalah perbaikan komunikasi, kebijakan publik, perbaikan pelayanan, dan reformasi serta penguatan kepegawaian. Selain itu, juga perlu dilakukan penguatan hukum administrasi negara agar pejabat publik senantiasa bertindak sesuai peraturan perundang-undangan guna menutup celah tindakan korupsi dalam birokrasi.

…dst

5 ) Posisi Wakil Menkes Menuai Kritikan
Ali Gufron Belum Menduduki Eselon IA
http://www.jpnn.com/read/2011/10/16/105725/Posisi-Wakil-Menkes-Menuai-Kritikan-

Minggu, 16 Oktober 2011 , 07:34:00
JAKARTA – Di detik-detik akhir reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II, Presiden SBY membetuk pos baru. Yaitu pos wakil menteri kesehatan yang bakal diisi oleh Ali Gufron, Dekan Fakultas Kesehatan UGM. Kebijakan ini dinilai praktisi kesehatan sebagai langkah yang kurang tepat, dan kurang efektif menyelesaikan persoalan kesehatan di Indonesia.Diantara kritik terhadap kebijakan Presiden SBY ini dilontarkan oleh Pengurus Besar Persatuan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PABDI). Ketua Bidang Advokasi PB PABDI Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH menjelaskan, posisi wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) sejatinya bukan pos baru di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). “Sebelumnya sudah pernah SBY menunjuk Fahmi Idris sebagai wakil Menkes. Tapi tidak kunjung dilantik karena terkendala golongan kepangkatan,” tutur dosen Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) itu. Ari menuturkan, sesuai dengan UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara dan Perpres Nomor 47 Tahun 2009, dinyatakan jika wakil menteri berasal dari pejabat karier yang telah menduduki jabatan struktural eselon 1A.

…dst

6 ) Penambahan wakil menteri hanya kuras anggaran
http://www.antaranews.com/berita/280055/penambahan-wakil-menteri-hanya-kuras-anggaran

Minggu, 16 Oktober 2011 11:30 WIB
Kupang, NTT (ANTARA News) – Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Kupang, Ahmad Atang, menilai, penambahan wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II bukan jawaban terhadap perombakan kabinet tetapi justeru akan menguras anggaran negara.”Kalau dilakukan pergantian menteri maka, SBY harus fokus pada kinerja menteri yang dinilai tidak maksimal selama dua tahun ini tetapi kalau menambah wakil menteri bukan jawaban tetapi justru akan menguras anggaran negara,” kata Atang, di Kupang, Minggu. Pembantu Rektor I Universitas Muhammadiyah Kupang itu juga mempertanyakan urgensi dari departemen-departemen yang mempunyai dua wakil menteri bagi perbaikan perekonimian bangsa ini ke depan.”Saya juga heran, ini pergantian menteri atau membentuk kabinet. Kok wakil menteri yang diurus, padahal banyak kewenangan pusat yang sudah diserahkan ke daerah. Kalau sekarang angkat wakil menteri banyak-banyak mau urus apa,” katanya dalam nada tanya.

…dst

7 ) Sambut Hari Pangan Se-Dunia, UGM Gelar Agro Expo 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/16/373/515897/sambut-hari-pangan-se-dunia-ugm-gelar-agro-expo-2011

Minggu, 16 Oktober 2011 10:05 wib
YOGYAKARTA – Universitas Gajah Mada (UGM) melalui Ikatan Mahasiswa Agronomi, Fakultas Pertanian UGM, menggelar Agro Expo 2011. Pameran pertanian dalam rangka memeriahkan Hari Pangan Sedunia tersebut menyajikan berbagai produk pangan kultivar unggul mengisi pameran, serta pameran buah tropika, tanaman hias, dan usaha dunia pertanian.Ketua Panitia Agro Expo 2011 Tommy G. Yeza, menyebutkan, sebanyak 20 stan dari instansi pemerintah dan swasta mengisi kegiatan ini. Beberapa di antaranya ialah Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember, Produsen Traktor Quick, Bisi Nasional, PT Petrokimia, dan Unilever. “Expo digelar untuk mengenalkan berbagai produk pertanian kepada masyarakat luas, sekaligus meramaikan Hari Pangan Sedunia,” terang Tommy seperti dilansir laman UGM, Minggu (16/10/2011).Tidak hanya menyuguhkan pameran pertanian, menurut Tommy, Gadjah Mada Agro Expo juga dimeriahkan dengan pentas musik, Live Performance Barry Likumahuwa Project pada hari ini.

…dst

8 ) Undip Warnai Dies Natalis ke-53 dengan Napak Tilas Prestasi
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/16/373/515896/undip-warnai-dies-natalis-ke-53-dengan-napak-tilas-prestasi

Minggu, 16 Oktober 2011 09:06 wib
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) merayakan peringatan Dies Natalis ke-54 dengan menggelar acara yang membahas mengenai sejumlah prestasi yang telah ditorehkan oleh civitas akademik kampus tersebut dan beberapa isu yang tengah merebak di dunia pendidikan tinggi dewasa ini.Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P. Hadi menjelaskan tentang bagaimana Undip tetap menjadi unggul dalam keterbatasan, dengan isu yang saat merebak yaitu mahalnya biaya pendidikan, tuntutan menjadi Universitas yang mempunyai lulusan dan Iptek yang handal berkelas dunia serta keterbatasan dana.”Bertolak dari isu tersebut Undip mengambil kebijakan atau langkah strategis dalam menghadapi hal tersebut dengan membuat subsisdi silang dengan jalan SPMP hanya bagi yang mampu dan yang tidak mampu mendapatkan keringanan dengan cara mengangsur, pengurangan atau pembebasan,” ujar Sudharto, seperti dikutip laman Undip, Minggu (16/10.2011).

…dst

9 ) 3 Tim ITS Sabet Penghargaan Nasional & International
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/15/373/515745/3-tim-its-sabet-penghargaan-nasional-international

Sabtu, 15 Oktober 2011 18:32 wib
SURABAYA – Tiga tim asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih sejumlah penghargaan. Penghargaan di tingkat nasional dan international itu diraih oleh tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITS, tim Gemastik, dan tim Edunimasi. Rektor ITS, Triyogi Yuwono mengaku bangga dan bersyukur dengan semua keberhasilan yang didapat mahasiswa ITS ini. Apalagi dalam prosesnya, semua tim telah bekerja sangat keras. “Sejak awal sudah saya sampaikan kepada semua tim yang akan ikut lomba, tidak perlu berharap menang, dijalani saja. Alhamdulillah ini semuanya ternyata menang. Saya bangga,” kata Triyogi dalam keterangan persnya yang diterima Okezone, Sabtu (15/10/2011).

…dst

10 ) ITS ukir prestasi seni di Italia
http://www.antaranews.com/berita/279979/its-ukir-prestasi-seni-di-italia

Sabtu, 15 Oktober 2011 20:52 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai perguruan tinggi teknik juga mampu mengukir prestasi seni berskala internasional di Italia pada 6-9 Oktober 2011.”Saat Tim PSM (paduan suara mahasiswa) berangkat ke Italia untuk mengikuti `Rimini International Choral Competition`, saya sedang bertemu Wapres, lalu saya cerita soal itu dan Wapres mengomentari ternyata ITS itu bukan hanya teknik,” kata Rektor ITS Surabaya Prof Dr Triyogi Yuwono DEA saat menyambut Tim PSM ITS di Rektorat ITS, Sabtu. Dalam kompetisi seni yang diikuti 29 dari 17 negara di kawasan Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika itu, tim PSM ITS meraih tiga prestasi yakni nilai tertinggi untuk kategori lagu daerah, peringkat ketiga untuk kategori lagu klasik, dan “the best conductor” atas nama Budi Susanto Yohanes. Dalam waktu yang hampir bersamaan, para mahasiswa ITS juga meraih prestasi dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GemasTIK) sebagai juara umum dan juga berhasil menyabet gelar juara dalam Festival Animasi Tingkat Nasional Kelompok Mahasiswa (Edunimasi) 2011 di Bali.

…dst

11 ) Mahasiswa UMY Juara II Piranti Cerdas Gemastik 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/15/373/515750/mahasiswa-umy-juara-ii-piranti-cerdas-gemastik-2011

Sabtu, 15 Oktober 2011 19:04 wib
YOGYAKARTA – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menorehkan preasti gemilangnya. Melalui alat pendeteksi pembuluh darah bayi hasil karya mahasiswa Teknik Elektro, Fajar Harianto mengantarkannya sebagai Juara 2 pada ajang Gemastik 2011 kategori Piranti Cerdas. Gemastik atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2011, merupakan program Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Dikti Kemendiknas). Menurut Fajar selaku ketua tim dengan dua anggotanya M Imam Santoso dan Fikri Ali Nawawi berhasil menggeser tujuh ratus tim yang mendaftar dari berbagai universitas di Indonesia. Fajar menambahkan, tidak mudah untuk bisa masuk ke babak 15 besar karena banyaknya tim yang mendaftar. “Apalagi kita baru pertama kali mengikuti ajang ini sementara peserta yang terdaftar sebanyak 700 tim. Setelah itu diseleksi menjadi 15 besar, alhamdulillah tim kami masuk menjadi salah satu finalisnya,” jelas Fajar, kemarin.

…dst

12 ) Indonesia Kontemporer mengundang perhatian mahasiswa asing di SOAS
http://www.antaranews.com/berita/280034/indonesia-kontemporer-mengundang-perhatian-mahasiswa-asing-di-soas

Minggu, 16 Oktober 2011 07:47 WIB
London (ANTARA News) – Pameran Indonesia Kontemporer 2011 dengan menampilkan berbagai kesenian serta pameran pendidikan Indonesia yang diadakan KBRI London mengundang perhatian dari mahasiswa asing yang ingin mengetahui budaya dan sistem pendidikan Indonesia di School of Oriental and African Studies (SOAS) University of London, Russell Square, London.”Pameran pendidikan kali ini memang berbeda – target kita adalah mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia,” ujar Atase Pendidikan KBRI London, Prof. T.A. Fauzi Soelaiman kepada koresponden ANTARA London, Sabtu. Dikatakannya pameran pendidikan Indonesia untuk mahasiswa Inggris yang pertama kalinya diadakan ini memiliki berbagai keunggulan diantaranya menawarkan beasiswa bagi mahasiswa Inggris untuk belajar di beberapa universitas di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, dan Universitas Gadjah Mada. Sementara itu Ketua PPI UK 2011, Tara Hardika mengakui bahwa beberapa mahasiswa asing mengunjungi stand pendidikan ini karena hal ini tidak biasa. “Pameran pendidikan pada umumnya menjual produk Inggris ke mahasiswa Indonesia, namun kali ini kebalikannya. Hal ini sangat menarik dan membanggakan,” ujarnya.

…dst

13 ) RUU PT masih dianggap “baju baru” BHP
http://www.antaranews.com/berita/280008/ruu-pt-masih-dianggap-baju-baru-bhp

Minggu, 16 Oktober 2011 00:14 WIB
Makassar (ANTARA News) – RUU Pendidikan Tinggi yang saat ini sedang digodok Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI masih dianggap sebagai baju baru dari UU Badan Hukum Pendidikan (BHP yang dianulir Mahkamah Konstitusi (MK) 30 Maret 2010. Padahal, RUU Pendidikan Tinggi (PT) titik beratnya berkaitan dengan tata kelola pendidikan tinggi yang tidak termaktub di dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.17 Tahun 2010. Pemerintah kemudian menerbitkan PP No.66 Tahun 2010 menyangkut desain tata kelola pendidikan tinggi. “PP 66/2010 adalah peraturan yang digunakan sementara di-re-desain untuk membentuk UU yang baru,” kata Prof Dr Johannes Gunawan, SH. LLM, salah seorang anggota Panitia Kerja (Panja) RUU PT di depan peserta Rakornas Humas Perguruan Tinggi Negeri di Hotel Garden Permata, Bandung, Sabtu, seperti yang dikutip Kepala Humas Unhas Makassar, M. Dahlan Abubakar melalui telepon selularnya.Hingga 27 September 2011, kata Johannes Gunawan, posisi RUU PT masih bersifat draft, belum final. Komisi X DPR bertekad akan menuntaskan RUU ini menjadi UU Desember 2011. Namun Johannes Gunawan pesimistis, batas waktu itu sulit dipenuhi.

…dst

14 ) Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Gelar Konferensi Ilmiah di Sydney
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/10/15/brk,20111015-361521,id.html

SABTU, 15 OKTOBER 2011 | 08:34 WIB
TEMPO Interaktif, Sidney – Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia menggelar konferensi ilmiah tahunan (KIT) yang berlangsung di Kantor Konsulat Jenderal RI Sydney, mulai pagi hingga sore ini, Sabtu 15 Oktober 2011. Konferensi yang baru pertama kali diadakan ini akan mendiskusikan penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikannya mulai jenjang S1, S2, hingga S3 di berbagai kota di Negeri Kanguru itu.Ketua Panitia KIT 2011 Andi Arsana mengatakan acara tersebut diadakan untuk berbagi informasi tentang penelitian yang dilakukan para mahasiswa sekaligus mendapat masukan untuk memperlancar penelitian. “Banyak pelajar Indonesia yang melakukan penelitian menarik dan penting bagi Indonesia. Sementara itu, interaksi dan pertukaran informasi penelitian antarpelajar tidak terjadi dengan baik,” kata Andi, mahasiswa S3 dari University of Wollongong, yang melakukan penelitian bidang kelautan.

…dst

15 ) BEM-KM UGM Gelar Seminar Internasional se-ASEAN
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/14/373/515485/bem-km-ugm-gelar-seminar-internasional-se-asean

Sabtu, 15 Oktober 2011 12:08 wib
YOGYAKARTA – Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM-KM UGM) menyelenggarakan Konferensi Internasional Pemimpin Muda ASEAN yang dihadiri perwakilan mahasiswa dari negara–negara ASEAN bertepatan dengan acara puncak BEM-KM UGM menggelar seminar internasional.Seminar internasional dengan tema ‘Toward a Better ASEAN Community 2015’ tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (WRS P3M) UGM, Retno Sunarminingsih dengan menghadirkan pembicara kunci staf Kementerian Luar Negeri, Hazairin Pohan, dan staf pengajar Hubungan Internasional Fisipol UGM, Dedi Permadi. Retno mengatakan, pertemuan mahasiswa delegasi ASEAN ini sebagai momentum bagi mahasiswa Indonesia untuk menunjukkan kemampuan berdiplomasi secara santun, yang sesuai dengan karakter dan jati diri bangsa.

…dst

16 ) Unhas Tiadakan Pengkaderan Mahasiswa Baru
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/14/373/515486/unhas-tiadakan-pengkaderan-mahasiswa-baru

Sabtu, 15 Oktober 2011 15:04 wib
JAKARTA – Univeritas Hasanuddin (Unhas) telah meniadakan kegiatan pengkaderan mahasiswa baru tahun ini. Hal tersebut merupakan tindak nyata dalam menyikapi banyaknya keluhan orangtua terkait pelaksanaan pengkaderan mahasiswa baru.Pembubaran program pengkaderan Unhas juga disebabkan oleh program yang tidak sepenuhnya mengacu kepada kesepakatan pengkaderan yang berasaskan keterbukaan, demokratis, dan humanis. Ini sehubungan dengan insiden meninggalnya mahasiswa Fakultas MIPA Unhas beberapa waktu lalu.Berangkat dari sana, Pimpinan Unhas dan Fakultas memutuskan meniadakan pengkaderan bagi mahasiswa baru Unhas. Selanjutnya, demi kelangsungan kepemimpinan kelembagaan kemahasiswaan, pimpinan universitas dan fakultas mempertimbangkan untuk melaksanakan pembinaan kemahasiswaan yang sesuai dengan aturan perguruan tinggi. Demikian dikutip laman Unhas, Sabtu (15/10/2011).

…dst

17 ) Tim ITS Bersepeda Jakarta-Surabaya Bawa ‘Tricycle Surya’
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/10/16/lt55dw-tim-its-bersepeda-jakartasurabaya-bawa-tricycle-surya

Minggu, 16 Oktober 2011 11:20 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Sebanyak 30 alumni, dosen, dan karyawan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang sudah berusia lanjut menggelar “nggowes” (bersepeda) rute Jakarta-Surabaya pada 22-30 Oktober dengan membawa sepeda “Tricycle Surya” buatan mahasiswa ITS.”Kegiatan bertajuk ‘Green ITS Eco Campus Tour De Java 2011’ ini merupakan langkah untuk mengkampanyekan perilaku hemat energi dan peduli lingkungan,” kata Rektor ITS, Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA, saat bertemu tim ‘nggowes’ di kampus ITS, Ahad (16/10). Menurut Ketua Tim “nggowes” ITS, Ir Gunawan, “nggowes” yang menempuh jarak 900 kilometer dari Jakarta menuju Surabaya selama sembilan hari itu akan start dari lapangan Monas pada 22 Oktober dan finis pada 30 Oktober di Jalan Rajawali, Surabaya.

…dst

18 ) IPB Siapkan Green TV
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/15/16045778/IPB.Siapkan.Green.TV

Sabtu, 15 Oktober 2011 | 16:04 WIB
BOGOR, KOMPAS.com — Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam waktu dekat akan meluncurkan Green TV. Televisi penyedia isi (content provider) tersebut didedikasikan untuk pengembangan pertanian dan lingkungan menuju kehidupan yang lebih baik. Rencana peluncuran Green TV tersebut dikemukakan Ketua Pengembangan Green TV Yatri Indah Kusumastuti dalam pelatihan jurnalistik IPB di Kampus Fakultas Kehutanan IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/10/2011). “Kalau tidak ada halangan Green TV akan diluncurkan akhir bulan ini sekaligus penutupan rangkaian Dies Natalis IPB,” ujar Yatri.

…dst

19 ) UNESCO Ancam Cabut Status Borobudur dan Prambanan
http://nasional.kompas.com/read/2011/10/16/01032716/UNESCO.Ancam.Cabut.Status.Borobudur.dan.Prambanan

Minggu, 16 Oktober 2011 | 01:03 WIB
JAKARTA, Kompas.com – Lembaga PBB, UNESCO, mengancam akan mencabut status candi Borobudur maupun Prambanan di Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai salah satu warisan dunia terancam dicabut. Ini dipicu sikap pengunjung kedua candi yang tidak mau menjaga kelestarian, dan justru cenderung merusak, dan mengotori situs yang dibangun abad ke-7 dan ke-9 itu.”Adanya pengunjung membuang sampah dan buang air kecil, menutup gorong-gorong yang ada situs itu, bisa menjadi alasan UNESCO mencabut candi sebagai warisan dunia,” ungkap Direktur Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Agus H Canny kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (15/10/2011).

…dst

20 ) Aceh-Jepang Jajaki Kerja Sama Pariwisata
http://aceh.tribunnews.com/2011/10/14/aceh-jepang-jajaki-kerja-sama-pariwisata#.TpoxSKHTEXQ.facebook

Jumat, 14 Oktober 2011 10:08 WIB
BANDA ACEH – Pemerintah Aceh menjajaki kemungkinan kerja sama bidang pariwisata dengan Pemerintah Jepang. Hal itu terungkap dalam Pertemuan Sekda Aceh, T Setia Budi dengan Yutaka Banno, Ketua Komisi Pembangunan Tanah dan Transportasi Dewan Perwakilan Rakyat Jepang di Ruang Sekda Aceh, Kamis (13/10).”Kemarin kami sempat berkeliling Banda Aceh dan menemukan potensi wisata yang menarik. Kami yakin akan banyak turis dari negara kami yang senang berkunjung ke Aceh. Untuk itu pembicaraan tentang kerja sama di bidang pariwisata tentu akan cukup baik,” ujar Yutaka yang tiba di Banda Aceh pada Rabu (12/10).

…dst

21 ) Jangan jadikan UN sebagai masalah besar
http://www.antaranews.com/berita/279970/jangan-jadikan-un-sebagai-masalah-besar

Sabtu, 15 Oktober 2011 18:37 WIB
Banda Aceh (ANTARA News) – Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal mengharapkan semua pihak tidak menjadikan pelaksanaan ujian nasional sebagai sebuah persoalan yang harus dibesar-besarkan oleh berbagai kalangan.”Kita harus menjadikan UN sama dengan ujian setiap akhir tahun ajaran di sekolah-sekolah, dan tidak sebagai hiruk pikuk dalam dunia pendidikan,” katanya disela-sela membuka seminar pendidikan dan rapat kerja Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh di Banda Aceh,Sabtu. Dalam acara yang turut dihadiri Wakil Ketua MPR, Ahmad Farhan Hamid, Anggota Komisi X DPR, Mohd Faisal Amin, Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, itu ia mengatakan bahwa ujian yang digelar merupakan sebuah alat untuk mengukur kompetensi yang dilakukan setiap akhir semester.”Semua pihak memiliki tanggung jawab untuk mengontrol dan mendampingi anak didik dalam memperoleh nilai yang lebih baik setiap akhir semester dalam berbagai disiplin ilmu,” katanya. Oleh karena itu, ia menilai, uji kompetensi yang dilakukan oleh setiap sekolah harus dapat menjadi sebuah acuan dasar guna mempersiapkan seluruh anak didik dalam menjawab berbagai soal-soal sesuai kisi-kisi kompetensi yang telah dipelajari siswa.

…dst

22 ) Pekanbaru Kekurangan 400 Guru SD
http://www.jpnn.com/read/2011/10/15/105692/Pekanbaru-Kekurangan-400-Guru-SD-

Sabtu, 15 Oktober 2011 , 12:32:00
KOTA – Kebijakan pemerintah untuk menghentikan penerimaan CPNS untuk sementara waktu disayangkan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Pasalnya saat ini Kota Pekanbaru masih kekurangan sekitar 400 orang guru Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Drs H Yuzamri Yakub MPd kepada Riau Pos (JPNN Grup).
Menurutnya, kondisi ini belum lagi ditambah dengan jumlah guru SD yang akan pensiun dalam tahun 2011 dan tahun 2012 mendatang. Dia mengkawatirkan, dengan banyaknya para guru yang akan pensiun, ini berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. “Sekarang saja kita masih kekurangan sekitar 400 orang untuk guru SD. Jumlah itu belum termasuk dengan jumlah guru yang akan pensiun dalam tahun ini dan tahun depan,” katanya.

…dst

23 ) Sekilas dalam Negeri
Susunan Baru KIB II Diumumkan 19 Oktober 2011
SBY Tinggalkan Cikeas, ‘Audisi’ Menteri Digelar di Istana?
Sudah 10 Wakil Menteri yang Ditunjuk Presiden SBY
Koalisi Tak Setujui Ada Wamen
Posisi Wakil Menkes Menuai Kritikan
Dua Kementerian Masing-masing Dua Wakil Menteri
PKS Balik Menunggu Presiden
‘Reshuffle’, Dulu Tegang tapi Tak Sedahsyat Sekarang   
Pencalonan Ketua IPU
Nurhayati Assegaf yang Dibela Meutya dan Ditentang Marzuki
Ini Jawaban Meutya Atas Ulah Marzuki Alie di IPU  
Sultan Yogya mantu
HAJATAN TERMEWAH DIMULAI 
Gempa bali
Korban gempa Bali 83 orang
Yaman
Demonstran Yaman Tuntut Presiden Abdullah Saleh Mundur, 22 Tewas
Demonstran Yaman desak PBB adili Saleh
Libya
Pertempuran meletus di Tripoli, tiga tewas