1 ) Usakti kehilangan guru besar hukum agraria
http://www.antaranews.com/berita/280516/usakti-kehilangan-guru-besar-hukum-agraria

Rabu, 19 Oktober 2011 11:25 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Civitas akademika Universitas Trisakti (Usakti) kehilangan salah satu Guru Besar Hukum Agraria, Prof. Boedi Harsono (89) yang meninggal dunia Selasa (18/10) sekitar pukul 14.15 WIB.Berdasarkan keterangan pers Usakti di Jakarta, menyebutkan jenazah Boedi akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan sekitar pukul 13.30 WIB.Jenazah pria kelahiran 3 Mei 1922 di Berbek, Nganjuk, Jawa Timur tersebut, akan diberangkat dari Kampus Usakti, Grogol, Jakarta Barat.Guru Besar Hukum Agraria Usakti tersebut, sempat menjabat Kepala Direktorat Hukum Kementerian Dalam Negeri RI, serta Koordinator Hukum dan Agraria Kompartemen Pertanian dan Agraria RI.Selain itu, Boedi juga merupakan pengagas kuliah Hukum Agraria sebagai mata kuliah baru pada Fakultas Hukum di Indonesia.

…dst

2 ) Kamis Ini, Mahasiswa Indonesia Turun ke Jalan
http://cetak.kompas.com/read/2011/10/20/03141039/kamis.ini.mahasiswa.indonesia.turun.ke.jalan

Kamis,20 Oktober 2011
Jakarta, Kompas – Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia, beserta gerakan mahasiswa lain, Kamis (20/10) ini, berencana menggelar aksi turun ke jalan. Aksi itu diadakan untuk memperingati dua tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono yang dinilai tak mampu menyelesaikan permasalahan bangsa. Selain di Jakarta, aksi serupa akan dilakukan pula di daerah. Rencana aksi itu disampaikan secara terpisah oleh Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) M Sayyidi dan Presiden Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Tizar Bijaksana, Rabu (19/10) di Bandung. Sayyidi mengakui, perwakilan mahasiswa dari sejumlah daerah menuju Jakarta sebagai persiapan untuk aksi pada Kamis ini. “Seperti janji kami, akan ada eskalasi sewaktu tuntutan kami tidak satu pun yang dipenuhi,” kata Sayyidi. Rapat Kerja Nasional BEM SI, Juli lalu di Bandung, menghasilkan Deklarasi Siliwangi yang intinya menagih keseriusan pemerintah dalam menangani kesejahteraan rakyat, perlindungan bagi warga negara, mewujudkan pendidikan yang terjangkau, dan menegakkan hukum serta memberantas korupsi. Peserta rapat sepakat memberikan tenggat hingga 20 Oktober 2011 bagi pemerintah untuk berbenah, sebelum mereka mengeskalasikan kegiatan itu dalam bentuk turun ke jalan. Sayyidi menilai penataan kabinet yang dilakukan Presiden Yudhoyono tidak menjawab satu pun masalah, selain membuat pemerintah makin tambun. Aksi pada Kamis ini dilaksanakan di depan Istana Negara.

…dst

3 ) Mendikbud Paparkan Dua Agenda Kementrian
http://www.jpnn.com/read/2011/10/19/106062/Mendikbud-Paparkan-Dua-Agenda-Kementrian-

Rabu, 19 Oktober 2011 , 19:13:00
JAKARTA—Usai dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (19/10) di Istana Negara, Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, langsung memaparkan agenda utama kementerian. Turut mendampingi dua Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud). Yakni Musliar Kasim sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan dan Wiendu Nuryanti sebagai Wamendikbud Bidang Kebudayaan.Nuh menyampaikan, ada beberapa konsekuensi yang segera diselesaikan terkait perubahan fungsi dari Kemdiknas menjadi Kemdikbud. Disebutkan, ada dua agenda utama kementerian baru ini yaitu terkait keorganisasian dan substansi.Untuk urusan keorganisasian, kata Nuh, akan ada dua direktorat jenderal yang selama ini menangani terkait dengan kebudayaan sebagai bagian dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan masuk di Kemdikbud di dalam Direktorat Jenderal Kebudayaan. “Dua ditjen kita merge kita padatkan jadi satu ditjen. Harus kita selesaikan urusan keorganisasian,” ungkap Nuh.Nuh menambahkan, dengan adanya satu direktorat jenderal baru maka akan diselesaikan juga terkait dengan kepegawaian, tugas pokok dan fungsi, dan ukuran kinerjanya. “Harus disusun APBN 2012 sudah memasukkan organisasi yang baru itu. Insya Allah bisa diselesaikan dalam dua bulan. DPR secara umum sudah memberi persetujuan perubahan nama dari Kemdiknas menjadi Kemdikbud,” katanya.

…dst

4 ) Mendikbud siapkan agenda utama terkait perubahan fungsi
http://www.antaranews.com/berita/280603/mendikbud-siapkan-agenda-utama-terkait-perubahan-fungsi

Rabu, 19 Oktober 2011 19:51 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh telah menyiapkan dua agenda utama kementerian baru terkait keorganisasian dan substansi sebagai konsekuensi yang segera diselesaikan terkait perubahan fungsi dari kemdiknas menjadi kemdikbud. “Untuk urusan keorganisasian akan ada dua direktorat jenderal yang selama ini menangani terkait dengan kebudayaan sebagai bagian dari kementerian kebudayaan dan pariwisata akan masuk di kemdikbud menjadi direktorat jenderal kebudayaan. Dua ditjen kami gabungkan jadi satu ditjen,” kata Mohammad Nuh didampingi Wamendikbud bidang pendidikan, Musliar Kasim dan Wamendikbud bidang kebudayaan, Wiendu Nuryanti, di Jakarta, Rabu .Mendikbud menambahkan, dengan adanya satu direktorat jenderal baru maka akan diselesaikan juga terkait dengan kepegawaian, tugas pokok dan fungsi, dan ukuran kinerjanya.

…dst

5 ) Anggaran Dirjen Kebudayaan Masuk APBN Kemdikbud 2012
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/96

10/19/2011
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memasukkan Direktorat Jenderal Kebudayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012.Direktorat Jenderal Kebudayaan merupakan organisasi baru yang dibentuk seiring dengan perubahan nomenklatur Kementerian Pendidikan Nasional menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya, urusan kebudayaan bagian dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. “Oleh karena itu kami berharap (APBN) bisa diselesaikan dalam waktu dua bulan ini,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, ketika menggelar jumpa pers di Gedung Kementerian dan Kebudayaan, Rabu (19/10) siang. Menteri Nuh menyampaikan, berkenaan dengan penambahan Direktorat Jenderal Kebudayaan di kementerian yang dipimpinnya, selain APBN ada tiga konsekuensi lain yang harus segera dirampungkan di penghujung tahun 2011 ini. Pertama, pengorganisasian Direktorat Jenderal Kebudayaan. Ada dua direktorat yang menangani kebudayaan, sebelumnya berada di bawah Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan digabungkan dalam satu Direktorat Jenderal Kebudayaan di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “(Dua direktorat) itu nantinya akan masuk di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Direktorat Jenderal Kebudayaan,” kata Menteri Nuh.

…dst

6 ) Perombakan Kabinet
Dicopot dari Wamendiknas, Fasli Kembali Jadi Dosen
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/19/12501131/Dicopot.dari.Wamendiknas.Fasli.Kembali.Jadi.Dosen

Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal turut menjadi bagian dari perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Fasli mengaku sudah mengetahui bahwa ia akan dicopot sebagai Wamendiknas sebelum Presiden menyampaikan pidato kenegaraannya, Selasa (18/10/2011) malam. Setelah meninggalkan jabatannya, Fasli akan kembali menjadi seorang profesional dan kembali mengajar. Saat ini, ia hanya ingin kembali menjadi seorang profesional dan kembali terjun ke institusi pendidikan sebagai dosen di Universitas Andalas Padang, serta membantu PAUD di Universitas Negeri Jakarta dan membantu membimbing mahasiswa S-3 Institut Pertanian Bogor di bidang Gizi Masyarakat. “Saya kembali seperti yang selama ini sudah saya lakukan,” kata Fasli kepada Kompas.com, Rabu.

…dst

7 ) Tak Jadi Wamen Lagi, Fasli Yakin Bukan Karena Kasus Nazar
http://www.tempointeraktif.com/hg/politik/2011/10/19/brk,20111019-362278,id.html

RABU, 19 OKTOBER 2011 | 18:28 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Fasli Jalal memutuskan mundur dari birokrasi dan kembali ke jalur akademisi setelah diputuskan tidak menjadi Wakil Menteri Pendidikan. “Saya sudah menyerahkan jabatan sebagai Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal pada Bapak Menteri kemarin,” kata Fasli yang dihubungi Rabu 19 Oktober 2011. Fasli memang menjabat dua jabatan, yaitu Wakil Menteri dan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal. Tapi kemarin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih Musliar Kasim dan Windu Nuryanti sebagai wakil Menteri Pendidikan. Musliar yang mantan Rektor Universitas Andalas kini menjabat sebagai Wakil Menteri bidang Pendidikan. Adapun Windu yang berasal dari Guru Besar Fakultas Teknik Arsitektur Perencanaan Pariwisata Universitas Gajah Mada menjabat sebagai Wakil Menteri Bidang kebudayaan. Alasan mundur, kata Fasli, posisi Direktur Jenderal harus diisi oleh orang yang masih aktif di Kementerian. “Tidak pas rasanya untuk saya yang sudah tidak aktif di Kementerian,” ucap dia

…dst

8 ) Fadel Muhammad: Saya Kecewa dan Terzalimi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/437372/38/

Thursday, 20 October 2011
JAKARTA– Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad tak bisa menutupi kekecewaannya terhadap keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah mencopotnya sebagai menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Dia menilai apa yang dilakukan Presiden terhadap dirinya itu adalah penzaliman. Fadel yang pada detik-detik akhir finalisasi reshuffle sempat datang ke Istana, tetapi tidak bisa bertemu dengan Presiden SBY, harus meninggalkan jabatannya dan diganti koleganya di Partai Golkar,Sharif Cicip Sutardjo. Mantan Gubernur Gorontalo itu mengaku tidak mengetahui alasan Presiden SBY memberhentikan dirinya.Fadel juga mengaku tidak tahu apakah pemberhentian itu terkait mekanisme internal Partai Golkar.” Sebagai manusia biasa saya punya hati,punya jiwa.Saya tidak tahu alasannya (dicopot),saya merasa terzalimi.Sampai hari ini semua itu masih misteri,”ujar Fadel di halaman Istana Negara,Jakarta. Tadi malam,tokoh kelahiran Ternate, Maluku, 20 Mei 1952 itu mengungkapkan kegundahannya kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical). Fadel yang didampingi sang istri, Hana Hasanah, menemui Ical di Kantor DPP Partai Golkar,Jakarta. Fadel juga mengaku kecewa karena baru diberi tahu didepak dari kabinet 10 menit sebelum Presiden mengumumkan susunan kabinet baru, Selasa (18/10) pukul 20.00 WIB.

…dst

9 ) Reshuffle Kabinet
M Nuh Empat Kali Sumpah Jabatan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/19/373/517545/m-nuh-empat-kali-sumpah-jabatan

Rabu, 19 Oktober 2011 16:07 wib
JAKARTA – M Nuh memiliki pengalaman yang tidak terlupakan selama dia menjadi pembantu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Pengalaman ini yakni disumpah jabatan sebanyak empat kali.”Saya disumpah empat kali selama empat tahun. Pertama jadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), kedua Menteri Budaya dan Pariwisata (Menbudpar), Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), dan sekarang Menteri Pendidikan dan Budaya (Mendikbud),” kata M Nuh, sambil tertawa, saat serah terima jabatan wakil menteri pendidikan dan kebudayaan, di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Rabu (19/10/2011).

…dst

10 ) Mendikbud Sertijab Wamen
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/19/373/517510/mendikbud-sertijab-wamen

Rabu, 19 Oktober 2011 15:00 wib
JAKARTA – Reshuffle kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II telah resmi diumumkan tadi malam. Sejumlah tokoh akademisi didapuk mengisi posisi penting dalam pemerintahan tersebut.Namun, terdapat hasil berbeda di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Dalam reshuffle kali ini, SBY menggabungkan dua bidang di satu kementerian, yaitu pendidikan dan budaya.Maka, dipilihlah Musliar Kasim, yang merupakan Rektor Universitas Andalas, Sumatera Barat, sebagai wakil menteri bidang pendidikan. Dia terpilih untuk menggantikan wakil menteri pendidikan nasional (wamendiknas) sebelumnya, Fasli Jalal. Sementara wakil menteri pendidikan bidang kebudayaan juga dihuni tokoh akademisi. Kali ini dari Kota Gudeg, Yogyakarta, yaitu Wiendu Nuryati. Beliau merupakan guru besar Arsitektur Universitas Gadjah Mada (UGM).

…dst

11 ) Wamendikbud Janji Sesuaikan Lulusan dengan Dunia Kerja
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/19/17495927/Wamendikbud.Janji.Sesuaikan.Lulusan.dengan.Dunia.Kerja

Rabu, 19 Oktober 2011 | 17:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan adanya dua wakil menteri di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan sangat membantu dalam upaya penyesuaian pendidikan dengan lapangan pekerjaan di Indonesia. Ke depannya, Kemdikbud juga akan memasukkan nilai budaya yang baik dalam bahan pelajaran di institusi pendidikan Indonesia. Hal itu, menurut Musliar, berguna untuk mencetak generasi yang cerdas dan mempunyai karakter kuat. Selama ini, Musliar menilai, institusi pendidikan hanya menghasilkan pengangguran tingkat tinggi dan harus dilakukan kajian mengapa hal itu bisa terjadi. Ia berjanji, semua tamatan sekolah menengah dan perguruan tinggi nantinya akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

…dst

12 ) Musliar Rancang Lulusan Sekolah Siap Kerja
http://www.jpnn.com/read/2011/10/19/106070/Musliar-Rancang-Lulusan-Sekolah-Siap-Kerja-

Rabu, 19 Oktober 2011 , 20:43:00
JAKARTA—Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengungkapkan, dirinya setelah dilantik menjadi Wamendiknas tidak memiliki program khusus. Dia mengatakan akan siap bersama-sama untuk menjalankan seluruh visi dan misi kementerian yang sudah dicanangkan sebelumnya.Musliar mengatakan, posisi jabatan kedua wamendikbud ini tidak terpisah pekerjaannya, namun saling mengisi. Hal ini disebabkan karena kebudayaan akan menjadi bagian dari pendidikan yang akan dikembangkan pemerintah ke depannya.”Jujur saja, saya tidak memiliki visi wamen. Dengan adanya dua wamen di Kemdikbud saat ini, kami bersama-sama menjalankan visi kementerian karena wamen ini membantu menteri. Yang ada adalah visi Kemdikbud yang akan kita jalankan bersama-sama. Saya akan menjalankan visi kementerian bersama-sama,” ungkap Musliar di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Rabu (19/10).

…dst

13 ) Wamendik: Entreprenurship Bisa Masuk Kurikulum
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/19/373/517589/wamendik-entreprenurship-bisa-masuk-kurikulum

Rabu, 19 Oktober 2011 17:31 wib
JAKARTA – Semangat wirausaha (entrepreneurship) harus ditumbuhkan dalam diri generasi muda. Maka, akan sangat baik jika dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan. “Mungkin saja entrepreneur dimasukkan dalam kurikulum pendidikan untuk SMA dan Perguruan Tinggi (PT). Namun, sampai saat ini, hal tersebut masih bersifat masukan,” ujar Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang pendidikan, Musliar Kasim kepada okezone di Gedung DSS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (19/10/2011).Musliar menilai, saat ini sudah banyak kaum muda yang memiliki gairah dalam bidang wirausaha. “Sudah banyak juga kaum muda yang membuka usaha. Apa saja juga dijadikan usaha, bahkan hal-hal yang sederhana,” kata Rektor Universitas Andalas (Unan) Sumatera Barat tersebut.

…dst

14 ) Wamendikbud Baru
Mulai Bertugas, Wiendu Canangkan 5 Pilar Kebudayaan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/19/17223284/Mulai.Bertugas.Wiendu.Canangkan.5.Pilar.Kebudayaan

Rabu, 19 Oktober 2011 | 17:22 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti secara resmi telah menduduki jabatan barunya setelah dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (19/10/2011) pagi. Mengawali tugasnya, Wiendu mengungkapkan beberapa hal yang akan dilakukannya untuk menata dan membangun kebudayaan di Indonesia. Menurutnya, perlu penyusunan strategi pembangunan kebudayaan tersebut akan bertumpu pada lima pilar penting tentang kebudayaan.Pilar pertama adalah mengenai karakter dan jati diri bangsa. Pilar ini sebelumnya telah dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui program pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah-sekolah dan kepada anak-anak usia dini.

…dst

15 ) Terkait Dua Wakil, Akan Ada Pejabat Kemdikbud Nganggur?
http://nasional.kompas.com/read/2011/10/19/14521396/Terkait.Dua.Wakil.Akan.Ada.Pejabat.Kemdikbud.Nganggur

Rabu, 19 Oktober 2011 | 14:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rohmani menyambut baik digabungnya pendidikan nasional dan kebudayaan menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selama ini pembangunan kebudayaan bangsa tidak jelas arahnya kemana. Tetapi, terkait adanya dua wakil menteri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rohmani mengatakan hal tersebut tidak efektif.”Saya melihat tambahan dua wakil menteri ini akan menimbulkan persoalan tersendiri di tubuh birokrasi. Kalau hal ini didesain dari awal ketika KIB II ini terbentuk, mungkin masih bisa berfungsi efektif. Masalahnya waktu efektif pemerintahan ini tiggal dua tahun lagi,” kata Rohmani, dalam siran persnya, Kamis (19/10/2011) siang .

…dst

16 ) Urus Kebudayaan, Kemdikbud Gabungkan 2 Direktorat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/19/15374965/Urus.Kebudayaan.Kemdikbud.Gabungkan.2.Direktorat

Rabu, 19 Oktober 2011 | 15:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggabungkan dua direktorat yang ada di Kementerian Pendidikan Nasional menyusul dikembalikannya urusan kebudayaan di kementerian tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, dua direktorat yang digabungkan semula berada di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Ia mengungkapkan, digabungkannya dua direktorat itu untuk mendukung efektivitas kinerja sekaligus menekan anggaran yang diperlukan. Dua direktorat yang akan digabung adalah Direktorat Sejarah Purbakala serta Direktorat Nilai-nilai tradisional dan seni.

…dst

17 ) 2 Alumni UGM Menangkan Lomba Business Start-Up
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/19/373/517567/2-alumni-ugm-menangkan-lomba-business-start-up

Rabu, 19 Oktober 2011 17:05 wib
YOGYAKARTA – Sebanyak dua lulusan Universitas Gadjah Mada UGM) berhasil menjadi juara dalam ajang Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards (BSA) 2011 dengan fokus bisnis yakni kuliner dan kecantikan.Ada pun kedua alumni tersebut yakni Robby Adiarta yang memodernisasi bisnis kuliner angkringan khas Jogjakarta di kota asalnya di Kudus yang ia namakan Angkringan Cekli. Sedangkan Ariyadi Yunianto adalah alumnus farmasi UGM yang mengembangkan bisnis kecantikan Cendani Spa.Robby berkisah, dia harus menjadi tulang punggung perekonomian keluarga pasca meninggalnya sang ayah. Lulusan 2008 itu lantas mengembangkan angkringan Jogjakarta dalam versi yang lebih modern. Berbeda dengan angkringan yang biasanya menggunakan sebuah grobak, Angkringan Cekli dibuat dengan konsep restoran yang memiliki tempat duduk dan meja, TV Plasma dan wiFi. Bahkan, bisnis yang sudah dibangun setahun yang lalu ini telah memiliki omset Rp1,5 juta rupiah per hari.

…dst

18 ) PTS diharapkan kaji persoalan besar di masyarakat
http://www.antaranews.com/berita/280673/pts-diharapkan-kaji-persoalan-besar-di-masyarakat

Kamis, 20 Oktober 2011 06:28 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Perguruan tinggi swasta diharapkan tidak hanya mengkaji pengembangan universitas, tetapi juga semua persoalan besar yang ada di masyarakat, kata Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Edy Suandi Hamid.”Hal itu perlu dilakukan agar perguruan tinggi swasta (PTS) tidak seperti yang dikritik banyak pihak sebagai `menara gading` yang lepas dari persoalan kehidupan masyarakat,” kata Edy yang juga Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), di Yogyakarta, Kamis.Namun demikian, menurut dia, dalam konteks pengembangan PTS, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) akan menjalin kerja sama sebanyak-banyaknya dengan pihak lain, terutama dengan unit terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

…dst

19 ) ITS Cari Solusi Hunian Layak Huni
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/19/373/517312/its-cari-solusi-hunian-layak-huni

Rabu, 19 Oktober 2011 11:06 wib
SURABAYA – Institut Tekologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar seminar guna memperingati Hari Habitat Sedunia. Meskipun peringatan tersebut belum lama berlalu, namun semangat ITS untuk mewujudkan pemukiman yang layak dan ramah lingkungan tidak begitu saja padam. Seminar tersebut dibesut oleh Jurusan Arsitektur ITS dengan format konferensi Internasional, yang mengusung tema Human Dimension in the Development of Eco Housing and Human Settlement.Acara yang bertujuan mencari solusi terbaik terkait pemukiman penduduk berpenghasilan rendah itu, dilihat dari berbagai perspektif, seperti sudut pandang ekonomi, sosial, politik dan kemanusiaan.

…dst

20 ) UNY Gandeng BTN Kembangkan Digital Library
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/437165/

Thursday, 20 October 2011
YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terus meningkatkan mutu pendidikannya sebagai upaya menuju universitas berkelas internasional. Salah satunya dengan mengembangkan perpustakaan yang berbasis digital (digital library). Dalam pengembangan digital librarytersebut,UNY bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN) dalam hal penyediaan sarana dan prasarana. Sebagai langkah awal,BTN (Tbk) memberikan 24 unit komputer dan dua mobil operasional. Direktur Utama BTN Iqbal Latanro menyerahkan bantuan itu, yang diterima Rektor UNY Rochmad Wahab di kampus setempat,kemarin.

…dst

21 ) Unpad Gelar PIC on Psychology
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/437241/

Thursday, 20 October 2011
BANDUNG – Menyambut dies natalis emasnya,Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) menyelenggarakan Padjadjaran International Conference (PIC) on Psychology 2011 pada 23-26 Oktober 2011 di Hotel Hilton Bandung. Kegiatan ini akan membicarakan mengenai dunia psikologi dengan pembicara dan peserta dari berbagai negara,termasuk Indonesia. Berbagai topik akan diangkat seperti health psychology, meliputi upaya pengembangan perilaku sehat yang selaras dan bersahabat dengan alam. Salah satu caranya dengan cara mengubah kebiasaan yang merusak kesehatan, mengatasi perilaku tidak sehat, dan meningkatkan kesadaran ke arah kualitas hidup yang lebih baik.

…dst

22 ) Beasiswa
Beasiswa “Double Degree” dari Erasmus Mundus
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/19/10245334/Beasiswa.Double.Degree.dari.Erasmus.Mundus

Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:24 WIB
KOMPAS.com – EM Food of Life adalah bagian dari program Erasmus Mundus yang diprakarsai oleh Uni Eropa untuk meningkatkan dan mempromosikan pendidikan tinggi Eropa di seluruh dunia. Program Master selama dua tahun akan meningkatkan keahlian mahasiswa, yang ditawarkan empat universitas Eropa, yaitu:…cut…”Double Degree” dari Dua Universitas…Mahasiswa program master EM Food of Life akan belajar di dua negara mitra konsorsium. Jika Anda mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus, maka Anda harus memilih dua negara yang berbeda dari negara dimana Anda terakhir mendapatkan gelar….cut…Bagi yang berminat, batas pengajuan aplikasi pada 1 Desember 2011. Apa saja kriteria dan persyaratan bagi kandidat yang mengajukan aplikasi? Informasi selengkapnya, silakan kunjungi situs web http://www.emfoodoflife.eu

…dst

23 ) SBY: Uang Negara Dirampok
http://cetak.kompas.com/read/2011/10/20/03003452/sby.uang.negara.dirampok

Kamis,20 Oktober 2011
Jakarta, Kompas – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui, korupsi oleh oknum pemerintah pusat dan daerah serta di parlemen masih terjadi. “Uang negara dirampok oleh mereka yang tidak bertanggung jawab,” kata Presiden seusai melantik 12 menteri dan 13 wakil menteri hasil perombakan kabinet di Istana Negara, Rabu (19/10).Presiden juga menyatakan, pencegahan dan pemberantasan persoalan krusial itu membutuhkan antara lain ketegasan lembaga penegak hukum dan kontrol ketat dari masyarakat. Presiden mengajak segenap elemen bangsa untuk menjadikan pemberantasan korupsi sebagai agenda utama. “Tidak adil apabila kerja kita siang-malam untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, untuk meningkatkan penerimaan negara, sementara korupsi masih terjadi,” ujarnya.

…dst

24 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan Menengah
Guru Masa Kini Enggan Pindah ke Desa
Termakan Gaya Hidup Modern, Guru Jarang Mau Ngajar di Desa Terpencil
Kisah Eymus Tabuni dari Pinggiran Sentani
Jadi Korban Pengeroyokan, Seorang Siswa MK Dikeluarkan
Kekayaan Indonesia
Kekayaan Indonesia USD1,8 T
Kekecewaan Reshuffle
Pencopotan Fadel Disesalkan
SBY Diminta Beberkan Alasan Pencopotan Fadel Muhammad
Fadel Curhat Penzaliman ke Ical
Golkar Tegaskan Pencopotan Fadel Inisiatif Istana
Patrialis Tak Pernah Melakukan Kesalahan
Dilepas dengan Air Mata, Patrialis Menangis
Effendi Gazali: Ini Bukan Reshuffle Tapi Re-Bubble
Reshuffle Kabinet Dinilai Abaikan Latar Belakang Menteri  
Tiga Pemicu Rakyat Kecewa pada SBY
Presiden Tak Punya Agenda Pemberantasan Korupsi
Kasus Nazaruddin
Neneng dan Nazaruddin Disebut Terima Rp 2,2 M
Penghargaan
Perempuan Maluku Dapat Penghargaan dari UNDP
Kerjasama
RI-Malaysia Bentuk Technology Fund
Makar ?
Polisi Akui Kunci Peserta Kongres Papua Selama Dua Jam  
Diduga Makar, 300 Warga Papua Ditangkap
Kongres Rakyat Dibubarkan, Situasi Papua Tegang
Tragis ! baru keluar dari Airport ketibaan
Warga Amerika Korban Perampokan di Medan Tewas Kehabisan Darah
Hilangnya Moralitas
Tragedi Moralitas di China
Bocah yang Terlindas Mobil Itu Sudah Stabil
Bocah Ini Terlindas Mobil Dua Kali, Warga Cuek
Saudi 
Wanita Saudi dipancung karena bakar suaminya
Libya
Uang tunai dan emas ditemukan di kantor anak gaddafi