1 ) Tunjangan Peneliti Dinaikkan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/439989/

Sunday, 30 October 2011
JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta mengungkapkan, pemerintah tengah mengusulkan kenaikan tunjangan peneliti.Usulan tersebut diharapkan bisa tertuang dalam keputusan presiden (keppres). “Sudah diusulkan, menunggu keppres, sudah kita ajukan. Jadi untuk sementara kita naikkan, nanti kita usulkan lagi,” tutur Gusti di Kantor Presiden, Jumat (28/10). Gusti menjelaskan, bila usulan pemerintah disetujui, tunjangan minimal yang akan diterima peneliti adalah Rp5,5 juta. Dengan tambahan tunjangan itu, seorang peneliti minimal akan memiliki gaji dan tunjangan sebesar Rp8-9 juta. “Kita menunggu putusannya. Kalau dulu tunjangannya Rp1,4 juta, sekarang minimal Rp5,5 juta. Kalau ditambah gajinya, bisa Rp 8-9 juta,” tandasnya. Di tempat yang sama, Sekretaris Kabinet Dipo Alam membenarkan pemerintah tengah mengusulkan keppres kenaikan tunjangan peneliti. Namun, dia belum bisa memastikan kapan keppres tersebut ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). “Iya, benar ada (usulan keppres tunjangan peneliti). (Nanti) harus ada koordinasi dulu menteri keuangan,” ujar Dipo. (maesaroh)

…dst

2 ) 13 delegasi asing belajar robotika di PENS
http://www.antaranews.com/berita/282143/13-delegasi-asing-belajar-robotika-di-pens

Sabtu, 29 Oktober 2011 23:55 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Sebanyak 21 delegasi asing dari negara Asia dan Afrika belajar robotika berbasis teknologi Android di kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS Surabaya.”Delegasi dari Kenya, Rwanda, Tanzania, Nepal, Palestina, Bangladesh, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam itu mengikuti pelatihan internasional selama hampir satu bulan,” kata Direktur PENS ITS Ir Dadet Pramadihanto M.Eng PhD di Surabaya, Sabtu. Ia menjelaskan para peserta belajar robotika setelah mendapatkan materi seputar “Industrial Automation” dalam program “The Third Country Training Program on Education for Computer Based Industrial Automation” selama hampir sebulan itu.”Program pelatihan tahunan itu merupakan hasil kerja sama antara Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Sekretariat Negara yang diselenggarakan di PENS ITS. Tahun ini merupakan tahun ketiga dari tiga tahun penyelenggaraan pelatihan,” katanya. Menurut Dadet, pihaknya berpartisipasi dalam kerja sama selatan-selatan melalui penyelenggaraan pelatihan internasional itu sejak tahun 1993, karena itu kali ini merupakan Batch ke-5. “Saya berharap dengan adanya pelatihan itu, peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang mereka peroleh selama pelatihan, sekaligus mengembangkan hubungan multilateral melalui sharing teknologi antarpeserta,” katanya.

…dst

3 ) M Nuh: Tujuan Utama Pendidikan adalah Perbaikan Standar Kehidupan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/29/373/522214/m-nuh-tujuan-utama-pendidikan-adalah-perbaikan-standar-kehidupan

Sabtu, 29 Oktober 2011 18:04 wib
JAKARTA – Tujuan utama pendidikan dan kebudayaan adalah memperbaiki standar kehidupan manusia. Perbaikan ini sedikitnya meliputi tiga bidang kehidupan, yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan.Hal ini diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada Sidang Umum UNESCO yang berlangsung di Paris, Prancis sejak 25 Oktober hingga 5 November mendatang.Dari sisi ekonomi, kata M Nuh, peningkatan produktivitas dapat dilakukan melalui pengajaran dan pembelajaran sikap, keterampilan, dan pengetahuan. “Untuk bidang sosial, pendidikan dan budaya dapat menjadi upaya membangun kehidupan yang damai dengan menanamkan konsep yang selaras dengan masyarakat sekitar. Sementara dari sisi lingkungan, dapat diterapkan gaya hidup sehat dengan konsep selaras dengan alam,” ujar M Nuh seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Sabtu (29/10/2011).

…dst

4 ) UGM Kirimkan Mahasiswa KKN ke Daerah Perbatasan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/28/373/521993/ugm-kirimkan-mahasiswa-kkn-ke-daerah-perbatasan

Sabtu, 29 Oktober 2011 09:08 wib
YOGYAKARTA- Melihat kondisi pertahanan nasional di derah perbatasan yang dinilai memprihatinkan, membuat Universitas Gajah Mada (UGM) berinisiatif untuk mengirimkan mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke daerah perbatasan.Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Loka Karya Pertahanan Kawasan Perbatasan Republik Indonesia UGM, Irham. Dia mengatakan, terkait hal tersebut, UGM telah menjalin kerja sama dengan daerah-daerah perbatasan.”Nanti akan ada pertemuan rutin 6 bulan sekali antar perguruan tinggi yang terlibat ini untuk menindaklanjuti hal-hal penting lainnya,” papar Irham seperti dikutip laman UGM, Sabtu (29/10/2011). Dia juga mengatakan, jalinan kerja sama dengan kabupaten yang sudah ada MoU dengan UGM akan lebih dioptimalisasikan.

…dst

5 ) ITS Gelar Lomba Tugas Akhir
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/28/373/521995/its-gelar-lomba-tugas-akhir

Sabtu, 29 Oktober 2011 10:04 wib
SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) kembali menggelar lomba Tugas Akhir. Lomba yang diikuti dari berbagai universitas se-Indonesia tersebut telah diseleksi terlebih dahulu di institusi masing-masing. Tahun ini, jumlah peserta total meningkat menjadi 30 orang dari 11 universitas. Hal tersebut diakui sangat menggembirakan oleh Ketua Jurusan Arsitektur Purwanita Setijanti. Purwinta menjelaskan, peserta terbagi dalam dua kategori, yaitu Pragmatik dan Tematik. Para peserta yang tergabung dalam kategori Pragmatik lebih menonjolkan solusi dari permasalahan desain mereka. “Sementara peserta dalam kategori Tematik berlomba menyuguhkan filosofi tema yang menyeluruh dalam desain mereka,” ujarnya, seperti dilansir laman ITS, Sabtu (29/10/2011).

…dst

6 ) Unair Tambah 3 Gubes
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/28/373/521996/unair-tambah-3-gubes

Sabtu, 29 Oktober 2011 11:03 wib
SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) kembali menambah tenaga intelektualitasnya. Hal itu ditandai dengan telah dikukuhkan tiga orang Guru Besar (Gubes) lagi. Tiga Professor baru itu dikukuhkan dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas (SAU) yang dipimpin langsung oleh Ketua SAU, Sam Soeharto.Ketiga Gubes tersebut adalah Gubes bidang Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Soegeng Soetedjo, Gubes bidang Ilmu Kimia Farmasi pada Fakultas Farmasi Noor Erma Sugijanto, dan Gubes Ilmu Farmakognosi Fakultas Farmasi Bambang Prajogo. Masing-masing merupakan Gubes ke-402, ke-403, dan ke-404 sejak Universitas Airlangga berdiri.

…dst

7 ) Undip kukuhkan tiga guru besar
http://www.antaranews.com/berita/282138/undip-kukuhkan-tiga-guru-besar

Sabtu, 29 Oktober 2011 21:59 WIB
Semarang (ANTARA News) – Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, mengukuhkan tiga guru besar dari dua fakultas berbeda sehingga menambah deretan guru besar yang dimiliki perguruan tinggi negeri tersebut. “Kami berharap ketiga guru besar baru ini semakin memperkuat bidang keilmuan di Undip,” kata Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi usai pengukuhan ketiga guru besar itu di Semarang, Sabtu. Ketiga guru besar itu yakni Prof Suripin dari Jurusan Teknik Sipil, Prof Abdullah dari Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, dan Prof Abdul Rohman dari Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Undip. Prof Suripin yang menyampaikan pidato pengukuhan tentang “Adaptasi Pengelolaan Sumber Daya Air Terhadap Pemanasan Global” yang menekankan pentingnya air dan karenanya harus dikelola secara efektif.

…dst

8 ) Tarian Burung Hebohkan Wisuda ITB
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/29/373/522164/tarian-burung-hebohkan-wisuda-itb

Sabtu, 29 Oktober 2011 14:47 wib
BANDUNG – Wisuda Institut Teknologi Bandung (ITB) 201 dihebohkan oleh puluhan penari yang mengenakan kostum menyerupai burung.Para penari yang tidak lain adalah mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) ITB itu mulai menari sekira pukul 11.00 WIB.Mereka berjalan dari lapangan parkir Sabuga dan berhenti di pintu masuk utama Sabuga. Kostum yang mereka kenakan berwarna-warni dengan motif dan atribut burung, lengkap dengan sayap dan paruh burung.Di depan pintu utama, mereka membentuk formasi tarian yang diiringi suara burung yang bersumber dari alat musik tiup terbuat dari bambu. Sambil menari, mahasiswa juga menyuarakan lengkingan mirip burung.

…dst

9 ) Tahun Ini ITB Mewisuda 2.010 Lulusan
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/29/373/522252/tahun-ini-itb-mewisuda-2-010-lulusan

Sabtu, 29 Oktober 2011 19:39 wib
BANDUNG – Sebanyak 2.010 wisudawan Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalani wisuda dalam prosesi Wisuda Lulusan ITB ke-1 tahun akademik 2011/2012 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (29/10/2011).Prosesi wisuda digelar dua hari, yakni Jumat 28 Oktober dan hari ini. Sebanyak 2.010 lulusan itu terdiri dari 1.314 lulusan program sarjana (S-1), 649 lulusan program magister (S-2), dan 47 lulusan program doktor (S-3).Rektor ITB Akhmaloka mengatakan, lulusan tersebut merupakan salah satu perwujudan tanggung jawab ITB bagi negara. “Ini sekaligus merupakan wujud karya utama ITB,” kata Akhmaloka dalam sambutan pelantikan sarjana tersebut, Sabtu (29/10/2011).

…dst

10 ) Ubhara Buka Kelas International
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/29/373/522170/ubhara-buka-kelas-international

Sabtu, 29 Oktober 2011 16:02 wib
SURABAYA – Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya membuka kelas international. Pada kelas tersebut terdapat 56 mahasiswa dari prodi Manajemen, Teknik Sipil dan Informatika. Bahkan, sejumlah mahasiswa itu mendapat dukungan beasiswa dari BPKLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dari jumlah itu, Humasy Ubhara M Fadeli mengatakan, ada 19 Mahasiswa yang mendapt beasiswa unggulan dari semester tiga hingga lulus. Pada semester tujuh, para mahasiswa ini berkewajiban melanjutkan pendidikan di Rajamangala University of Technology Tanyaburi Thailnd.

…dst

11 ) Senat Tolak Pengunduran Diri Rektor Unanda Palopo
http://kampus.okezone.com/read/2011/10/29/373/522254/senat-tolak-pengunduran-diri-rektor-unanda-palopo

Sabtu, 29 Oktober 2011 20:05 wib
PALOPO – Rektor Universitas Andi Jemma (Unanda) Palopo, Prof DR Lauddin Marsuni, mengajukan pengunduran diri dengan alasan sudah tidak sanggup lagi memimpin kampus tersebut. Namun, keingingan tersebut ditolak Senat Unanda.Penolakan pengunduran diri Rektor Unanda tersebut, diputuskan dalam rapat senat terbuka, Jumat 28 Oktober malam di Kampus Unanda, Jalan Sultan Hasanuddin, Palopo. Dalam rapatnya, Senat Unanda tidak menemukan alasan pembenaran pengunduran diri Lauddin.”Senat memutuskan beliau tetap akan memimpin Unanda sebagai rektor, karena berbagai pertimbangan. Salah satunya, Senat tidak menemukan alasan pembenaran pengunduran diri Lauddin sebagai rektor,” kata Pembantu Rektor (Purek) II Unanda Palopo, Renaldy usai mengikuti rapat Senat Unanda, baru-baru ini.

…dst

12 ) Integrasikan Riset dan Kewirausahaan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/439847/

Sunday, 30 October 2011
Riset selama ini baru sebatas untuk kepentingan lembaga pendidikan, khususnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.Padahal jika riset itu dikembangkan bersama kewirausahaan, selain bermanfaat untuk pengembangan kreativitas dan inovasi terhadap produk usaha, juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Hal inilah yang menjadi pemikiran serius Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Drh,Djohan,MEM,PhD. Dia bertekad agar mahasiswa yang menempuh studi di UKDW,setelah lulus harus menguasai riset kewirausahaan dan berperan sebagai agen perubahan (agent of change) di masyarakat. Sekaligus sebagai aktualisasi empat nilai dasar UKDW,yakni ketaatan kepada Allah, menjaga integritas, melakukan yang terbaik,serta melayani dunia. Lebih lanjut tentang harapan itu, berikut wawancara SINDO dengan doktor ilmu lingkungan Griffith University, Australia di ruang kerjanya, kemarin.

…dst

13 ) Program Pertukaran Muslim Australia-Indonesia Dimulai Lagi
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/10/30/272295/293/14/Program-Pertukaran-Muslim-Australia-Indonesia-Dimulai-Lagi

Minggu, 30 Oktober 2011 09:45 WIB
JAKARTA–MICOM: Kedutaan Besar Australia membuka pendaftaran untuk program pertukaran tokoh muda muslim Australia-Indonesia 2012. Tokoh muslim muda terbaik didorong untuk mendaftar program antar-agama bilateral yang prestisius ini dan menjadi duta besar internasional untuk islam Indonesia. “Ini kesempatan penting bagi tokoh muda muslim di Indonesia dan Australia untuk memajukan pemahaman antar agama, kerjasama, saling menghormati dan merayakan keragaman antar dua negara,” kata Dubes Australia untuk Indonesia Greg Moriarty dalam siaran persnya, Minggu (30/10).

…dst

14 ) Telkomsel akan perluas program “mobile campus”
http://www.antaranews.com/berita/281690/telkomsel-akan-perluas-program-mobile-campus

Rabu, 26 Oktober 2011 19:45 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Operator telekomunikasi PT Telkomsel berencana terus memperluas program “mobile campus” untuk meningkatkan kepedulian pada dunia pendidikan, sekaligus memperkuat segmen pelanggan dari komunitas mahasiswa. Manajer Penjualan Langsung Telkomsel Wilayah Surabaya Roeswandi kepada wartawan di Surabaya Rabu mengatakan, program TMC yang telah memasuki tahun keempat, pada 2011 digelar di 10 kota. “Melihat antusiasme mahasiswa yang hadir, kedepan program ini akan diperluas ke kota-kota lainnya,” katanya disela acara “Ngobrolin Kampus Entrepreneur dan Intership Program 2011” di Graha ITS Surabaya.Ia menjelaskan, Surabaya merupakan kota kelima pelaksanaan TMC, setelah Medan, Denpasar, Bogor, dan Palembang. Setelah ini, program dilanjutkan di Samarinda, Purwokerto, Makassar, Jakarta, dan Kendari.Selain memberikan pengetahuan dan berbagi ilmu tentang bisnis layanan nilai tambah mobile, juga digelar seminar bursa kerja dan kesempatan magang bagi mahasiswa.

…dst

15 ) 28 Universitas Bagi Info pada Siswa Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/29/16061027/28.Universitas.Bagi.Info.pada.Siswa.Indonesia

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 16:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Dua puluh delapan universitas terkemuka dari sembilan negara meramaikan pameran pendidikan yang digelar Vista Education Service di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Sabtu (29/10/2011). Ke-28 perguruan tinggi itu dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, Swiss, Singapura, Malaysia, dan Cina. Beberapa universitas yang mengikuti pameran pendidikan tersebut adalah California State University-Fullerton, Swiss School of Tourism and Hospitality, Adelaide Australia, Humber-Toronto-Canada, dan University of Hawaii. Marketing Manager Vista Education Service, Arif Dwi Nugroho mengatakan, selain untuk mempertemukan institusi pendidikan tersebut dengan pelajar Indonesia, pameran ini bertujuan untuk menjawab banyak pertanyaan dari para pelajar Indonesia ketika berniat melanjutkan studi di luar negeri.

…dst

16 ) Tonjolkan HIT, China Pun Incar Pelajar Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/10/29/2207000/Tonjolkan.HIT.China.Pun.Incar.Pelajar.Indonesia

Sabtu, 29 Oktober 2011 | 22:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Perguruan-perguruan tinggi di China semakin gencar memburu mahasiswa-mahasiswa internasional, baik dari Eropa maupun Asia. Di Harbin Institute Technology (HIT), misalnya, sekitar 900 mahasiswa asing yang berkuliah kebanyakan berasal dari Rusia, Jepang, Korea Selatan. HIT merupakan perguruan tinggi pemerintah yang berlokasi di ibu kota Provinsi Heilongjiang. Tahun ini, jumlah mahasiswa Indonesia yang berkuliah di kampus itu baru 1 persen dari total mahasiswa asing yang ada. “Setiap tahun jumlah mahasiswa Indonesia di sana meningkat,” ujar Samuel Wiyono, Direktur Beijing Language & Culture Institute (BLCI), kepada Kompas.com, di Jakarta, Sabtu (29/10/2011).

…dst

17 ) Ingin jadi PNS? Daftar di Wilayah Timur!
http://www.jpnn.com/read/2011/10/30/106934/Ingin-jadi-PNS-Daftar-di-Wilayah-Timur!-

Minggu, 30 Oktober 2011 , 04:34:00
JAKARTA — Pemerintah pusat kembali mengingatkan pemerintah daerah yang ingin mengadakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi yang dikecualikan dalam moratorium. Bila usulan kebutuhan tenaga medis, pendidik, dan kebutuhan pegawai yang mendesak lainnya yang disertai analisis jabatan serta beban kerja (Anjab) tidak dimasukkan hingga awal 2012, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tidak memberikan formasi pada daerah bersangkutan. Itu berarti, daerah tidak bisa melaksanakan penerimaan CPNS tahun depan. Batasan waktu ini dianggap penting lantaran pusat memerlukan waktu untuk memverifikasi usulan yang diajukan pemda.

…dst

18 ) Penentuan Kebutuhan CPNS Baru Dicurigai Asal-asalan
http://www.jpnn.com/read/2011/10/30/106940/Penentuan-Kebutuhan-CPNS-Baru-Dicurigai-Asal-asalan-

Minggu, 30 Oktober 2011 , 07:05:00
JAKARTA – Program reformasi birokrasi (RB) membuat pengajuan CPNS baru bagi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota kian rumit. Usulan CPNS baru yang dilayangkan Juli lalu digugurkan. Setelah format usulan CPNS baru dibuat ulang, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB (Kemen PAN dan RB) masih menangguhkannya. Termasuk empat daerah di Jawa Timur. Khusus untuk usulan CPNS baru di instansi pemerintah kota dan kabupaten di Jawa Timur, data Kemen PAN dan RB menyebutkan pada Juli lalu sudah komplit. Total CPNS baru yang diminta saat itu mencapai 67.359 orang, termasuk untuk pegawai di pemerintah provinsi (pemprov).

…dst

19 ) Bumi Terancam Kekurangan Wanita
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/439986/

Sunday, 30 October 2011
Menjelang bertambahnya populasi global mencapai 7 miliar orang pada pekan depan, para pakar memperingatkan bahwa rasio gender yang tidak simetris dapat memicu munculnya “negara-negara lajang” yang dikendalikan oleh kompetisi agresif untuk mendapatkan mempelai perempuan. Konsekuensi tepat atas apa yang disebut pakar populasi Prancis Christophe Guilmoto sebagai “maskulinisasi demografis” yang mengkhawatirkan atas negara-negara seperti India dan China sebagai hasil aborsi pilihan jenis kelamin itu belum jelas benar. Tapi, banyak pakar demografi yakin hasil kurangnya wanita dewasa pada 50 tahun mendatang akan memiliki dampak mendalam dan meresap seperti dampak perubahan iklim. Statistik di balik peringatan itu benar-benar mengejutkan. Alam menyediakan standar biologis yang lurus bagi rasio jenis kelamin pada kelahiran 104–106 laki-laki untuk tiap 100 perempuan. Perbedaan signifikan dari angka yang tak banyak selisih itu hanya bisa dijelaskan oleh faktor abnormal.

…dst

20 ) Sekilas dalam Negeri
SMAN 70
DPRD DKI Jakarta Setuju Pencopotan Kepsek SMAN 70 Terkait Bullying
Papua
SBY Bentuk Unit Khusus Konflik Papua
Pemerintah Mengevaluasi Uang Keamanan dari Freeport
Terima Uang Freeport, Aparat Dianggap Centeng Asing
Setoran Freeport pada Aparat Perkeruh Kondisi Papua
Komnas HAM Temukan Kejanggalan Bentrok Papua  
Libya
ICC kontak informal dengan putra Gaddafi