1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Ahli Sejarah Islam UGM Tutup Usia Saat Salat Ied
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/11/06/brk,20111106-365126,id.html

MINGGU, 06 NOVEMBER 2011 | 17:32 WIB
TEMPO Interaktif, Yogyakarta- Pakar Ilmu Sejarah Islam dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Gadjah Mada (UGM), Ahmad Adaby Darban, 59 tahun, meninggal dunia saat hendak mengikuti salat Idul Adha di Alun-alun utara Yogyakarta. “Meninggal sebelum salat karena sakit jantung yang memang sudah diderita beliau belakangan ini,” kata staf Hubungan Masyarakat UGM, Gusti Grehenson, Minggu, 6 November 2011.Menurut Gusti, almarhum yang selama ini tercatat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Sejarah UGM yang juga ahli sejarah Islam dan politik itu meninggal saat akan berangkat salat Ied bersama keluarganya dari kediamannya di Kampung Kauman, Yogyakarta, yang berjarak sekitar 100 meter dari Alun-alun, di mana Ketua KPK Busyro Muqoddas juga mengikuti salat Ied di lokasi tersebut.Namun almarhum yang selama ini jika berjalan lebih banyak menggunakan bantuan tongkat itu tiba-tiba terjatuh sambil memegangi dada kirinya. Keluarga langsung melarikan Adaby ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah yang jaraknya cukup dekat dengan kediaman. Sayang, sampai di rumah sakit, Adaby sudah mengembuskan napas terakhirnya.

…dst

2 ) Beasiswa S-3 untuk 1.000 Dosen
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/441733/38/

Monday, 07 November 2011
JAKARTA – Pemerintah menyediakan beasiswa jenjang S- 3 (doktor) bagi 1.000 dosen di universitas dalam dan luar negeri. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim mengatakan, 1.000 beasiswa ini akan diberikan kepada dosen yang sudah dinyatakan diterima untuk menempuh pendidikan di kampus yang geografisnya tidak dibatasi oleh Kemendikbud.”Baik di Amerika Serikat maupun Inggris,biaya pendidikan dan hidup akan ditanggung semua oleh pemerintah,” ujar Musliar di Jakarta kemarin. Untuk di kawasan Eropa, jelas Musliar,biaya hidup yang ditanggung minimal 800 euro. “Sejak republik ini ada, baru kali pemerintah menyediakan beasiswa Phd untuk dosen. Bahkan di zaman saya belum ada,” katanya seusai menghadiri pengumuman pemenang Olimpiade Sains Nasional- Pertamina di Jakarta. Musliar menjelaskan, sebelum mendapatkan beasiswa para calon penerima beasiswa akan menandatangani kontrak agar setelah lulus dapat mengabdi selama setahun di Indonesia. Usai setahun,mereka diperbolehkan bekerja di mana saja. Mengenai kuota penerima yang masih terbatas, Musliar menjelaskan,apabila program rehabilitasi SD dan SMP yang menelan lebih kurang Rp20 triliun ini selesai, maka uangnya dapat dialokasikan ke program beasiswa.

…dst

3 ) Magister Kepelabuhan IPB mampu siapkan SDM mumpuni
http://www.antaranews.com/berita/283301/magister-kepelabuhan-ipb-mampu-siapkan-sdm-mumpuni

Minggu,6 November 2011 22:58 WIB
Bogor (ANTARA News) – Kehadiran program magister khusus mengenai kepelabuhan, yang dibuka atas kerja sama antara Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan serta Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor diharapkan mampu menyiapkan sumberdaya manusia mumpuni yang terkait dengan pelabuhan. “Ketersediaan suatu program magister yang mumpuni dan selalu terbarukan (up to date) dalam bidang kepelabuhanan sangat diperlukan,” kata Humas Program Magister “Port, Shipping and Logistics Management” IPB Rahmi Purnomowati di Bogor, Minggu.Ia menyatakan program tersebut diperlukan dalam mengembangkan kapasitas SDM secara berkesinambungan serta meningkatkan kemampuan manajerial secara profesional dalam mewujudkan pelabuhan kelas dunia. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB bekerja sama dengan Magister Bisnis IPB resmi membuka program magister khusus mengenai kepelabuhan, yang diberi nama “Port, Shipping and Logistics Management”.

…dst

4 ) FBS Unnes Prihatin Bahasa Indonesia Makin Memudar
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/05/373/525399/fbs-unnes-prihatin-bahasa-indonesia-makin-memudar

Minggu, 06 November 2011 18:02 wib
SEMARANG – Kondisi sosial budaya masyarakat telah banyak berubah dewasa ini. Tingkat komunalitas pun dinilai cenderung menurun, kepedulian di antara masyarakat semakin menipis, keguyuban dan kebersamaan yang kian pudar, dan tingkat persaingan individu yang semakin tinggi, membawa perubahan besar pada wajah sosial budaya bangsa Indonesia.Hal tersebut melatarbelakangi Fakultas Budaya dan Satra Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggakan Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) yang ke-33 pada 11-12 November 2011 mendatang. “Melalui seminar internasional ini, setidaknya bahasa dan sastra Indonesia diharapkan semakin berperan dalam menjalin silaturahmi antarbangsa,” kata Ketua Program Studi Sastra Indonesia Suseno, yang dikutip dari website Unnes, Minggu (6/11/2011).

…dst

5 ) ITS Gelar Kompetisi Band Bertema Lingkungan
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/05/373/525393/its-gelar-kompetisi-band-bertema-lingkungan

Minggu, 06 November 2011 15:09 wib
SURABAYA – Keseriusan Institut teknologi Sepuluh November (ITS) pada lingkungan tidak hanya ditunjukkan melalui kegiatan akademik dan promosi di lingkungan sekitar kampus saja. Kampus yang memiliki visi menjadi Eco Campus tersebut, punya cara asyik dalam merayakan Dies Natalis ke-51 kali ini.Perayaan dies kali ini tetap mengusung visi ITS dengan menggelar kompetisi band yang betemakan lingkungan dbertajuk Green Eco Rhapsody. Adapun peserta kompetisi band tersebut antara lain adalah mahasiswa ITS. Audisi yang diselenggarakan pada satu bulan lalui itu menyisakan tujuh band terbaik yang masuk ke dalam grand final Green Eco Rhapsody.

…dst

6 ) Hetifah: pendidikan anak Indonesia di Sabah memprihatinkan
http://www.antaranews.com/berita/283324/hetifah-pendidikan-anak-indonesia-di-sabah-memprihatinkan

Senin, 7 November 2011 06:00 WIB
Balikpapan (ANTARA News) – Anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifuddin Siswanda mengatakan sebanyak 48.000 anak Indonesia di negara bagian Sabah, Malaysia, tidak memperoleh pendidikan yang layak. “Sungguh memprihatinkan. Dari jumlah itu, hanya 12.000 anak yang mendapat pendidikan formal. Yang 12.000 itu pun sebagian besar mendapatkan pendidikan dari `learning center`, semacam sanggar belajar yang juga serba terbatas, baik fasilitas pengajarannya maupun tenaga pendidik atau gurunya,” kata Hetifah, Minggu (6/11). Menurut dia, “Learning Center” tersebut jumlahnya sebanyak 28 unit dan hanya berlangsung dua kali seminggu. “Data ini saya dapatkan dari Konsulat Jenderal kita di Tawau,” sambung Hetifah yang memang baru pulang dari Tawau, negara bagian Sabah, Malaysia Timur.

…dst

7 ) Demi SEA Games, cuaca dimodifikasi
http://www.antaranews.com/berita/283194/demi-sea-games-cuaca-dimodifikasi

Minggu, 6 November 2011 00:33 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memodifikasi cuaca di Palembang, Sumatera Selatan, dalam rangka mengamankan pelaksanaan SEA Games yang akan berlangsung mulai 11-22 November.”Saat ini kondisi cuaca di Palembang memang kurang bagus dan cukup mengganggu untuk suatu perhelatan besar seperti SEA Games,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Hujan Buatan BPPT Syamsul Bahri di Jakarta, Rabu.Soal ini ,BPPT sudah mengirimkan satu pesawat Casa NC212-200 dan dua pesawat lagi pada 4 November, termasuk pesawat Piper Chayenne serta radar mobile pemantau posisi dan pergerakan awan untuk kepentingan modifikasi cuaca.

…dst

8 ) 2011 Human Development Index: Norway at top, DR Congo last
http://www.beta.undp.org/undp/en/home/presscenter/pressreleases/2011/11/02/2011-human-development-index-norway-at-top-dr-congo-last.html

02 November 2011
Copenhagen—Norway, Australia and the Netherlands lead the world in the 2011 Human Development Index (HDI), while the Democratic Republic of the Congo, Niger and Burundi are at the bottom of the Human Development Report’s annual rankings of national achievement in health, education and income, released today by the United Nations Development Programme (UNDP). The United States, New Zealand, Canada, Ireland, Liechtenstein, Germany and Sweden round out the top 10 countries in the 2011 HDI, but when the Index is adjusted for internal inequalities in health, education and income, some of the wealthiest nations drop out of the HDI’s top 20: the United States falls from #4 to #23, the Republic of Korea from #15 to #32, and Israel from #17 to #25. The United States and Israel drop in the Report’s Inequality-adjusted HDI (IHDI) mainly because of income inequality, though health care is also a factor in the US ranking change, while wide education gaps between generations detract from the Republic of Korea’s IHDI performance.

…dst

9 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Matematika Gasing Siap Diterapkan di Sekolah
Penyaluran Dana Rehabilitasi Terkendala
Idul Adha
Fakta Haji tahun ini
Arab Saudi gunakan teknologi tinggi dalam ibadah haji 2011
Masjid Qaddafi dipenuhi jamaah shalat Idul Adha 
Sertifikat halal
Pemerintah Didesak Tegakkan Aturan untuk RPH
Jumlah Penduduk Indonesia
BKKBN: Jumlah Penduduk Bertambah Jadi 241 Juta
Negara terbaikKe
Inilah Daftar 10 Negara Terbaik Versi UNDP
Norwegia negara terbaik 
Banjir Bandang Sumbar
Banjir Bandang di Sumbar, 6 Orang Tewas & Fasilitas Umum Rusak
Polda Belum Bisa Memastikan Penyebab Banjir
Papua
DPR Desak Bentuk Peradilan HAM terkait Kasus Papua
Langgar HAM di Papua, Pemerintah Diminta Minta Maaf
Hasil Temuan Komnas HAM, Polri Bungkam
Komnas Beber Pelanggaran HAM Insiden Abepura
Tim Labfor Polri Diterjunkan ke Papua
Kapolri Siap Diperiksa KPK
Polisi dan uang Freeport 
Polri takkan terima lagi dana Freeport
Polisi Petakan Kelompok Separatis Papua
Pekerja Freeport Ditembaki Lagi
Pengadilan Tipikor Daerah
Menkum HAM Dukung Pembubaran Pengadilan Tipikor Daerah
Busyro: Evaluasi Pengadilan Tipikor di Daerah
SEA Games
Bonus untuk medali emas SEA Games
Demi SEA Games, cuaca dimodifikasi
Capres Demokrat
Demokrat Sebut Empat Nama Capres
Siapa Capres Demokrat? Ani SBY, Djoko, Anas …
Moratorium Remisi Koruptor
Deny: Kajian Pakar Moratorium Remisi Melanggar UU
Menkumham: Moratorium Remisi Sudah Sesuai Peraturan
Kepemilikan Kartu Kredit
Kepemilikan kartu kredit akan dibatasi
New7Wonder
Yayasan N7W bersikeras
Kunjungan Turis ke Pulau Komodo Naik 300 Persen
Si Kadal Tukang Tidur yang Terancam Punah
JK: Tidak Ada Kontroversi
Bocah berpaku
Dokter Menduga Paku Sengaja Dimasukkan
Berita Foto: Paku Misterius di Betis Safirah 
Sekilas Luar Negeri
Perompak Somalia
Tindakan Heroik ABK Lawan Perompak Somalia Layak Ditiru
Drama Pembajakan Somalia Berakhir Manis
Awak kapal Taiwan berhasil lawan perompak Somalia
Myanmar
Myanmar buka jalan bagi Suu Kyi kembali berpolitik
Iran
Iran Kembangkan Senjata Nuklir
Presiden Peres: kemungkinan besar Israel akan serang Iran 
Thailand
Warga Kelaparan karena Harga Pangan
Libya
Virus di video kematian (Khadafi)
Global
Dunia Dibayangi Krisis Pangan
Lain-Lain
Balita ini 2 hari bersama mayat ibunya