1 ) Dana Penelitian 2012 di UNS Rp35 M
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/443400/

Monday, 14 November 2011
SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyiapkan anggaran Rp35 miliar guna pembiayaan penelitian dosen. Dana akan dipergunakan untuk membiayai berbagai penelitian dan pengabdian UNS kepada masyarakat.Rektor UNS Solo Ravik Karsidi mengatakan dana ini tersedia untuk 2012.Sebagai salah satu dari 10 perguruan tinggi berkategori “Mandiri”yang telah ditetapkan oleh Ditjen Dikti pada 2011 ini, pihaknya memperoleh dana dari pusat. Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan (Kemendikbud) punmemberikewenangan UNS untuk mengelola block grant penelitian unggulan senilai Rp3,3 miliar. Anggaran block grant ini diarahkan untuk tiga bidang kajian yang selama ini menghasilkan publikasi internasional terbanyak,yakni perubahan iklim dan keanekaragaman hayati, energi baru dan terbarukan, serta ketahanan dan keamanan pangan. “UNS mendapat dana hibah block grant dari Dirjen Dikti senilai Rp3,3 miliar.Dana ini diarahkan untuk tiga kajian bidang tersebut,” ujar Ravik dalam jumpa pers yang diselenggarakan di rumah dinas Rektor UNS,baru-baru ini.

…dst

2 ) IPB : “EOR” solusi atasi menipisnya cadangan minyak
http://www.antaranews.com/berita/284466/ipb–eor-solusi-atasi-menipisnya-cadangan-minyak

Minggu, 13 November 2011 18:59 WIB
Bogor (ANTARA News)- Kepala Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) IPB, Prof Dr Erliza Hambali mengatakan, “Enhanced Oil Recovery” (EOR) sebagai solusi untuk meningkatkan produksi minyak. “EOR merupakan solusi penting dan injeksi bahan kimia adalah metode yang perlu dikembangkan untuk mengembangkan perminyakan Indonesia,” papar Prof Erliza Hambali. Metode “EOR” adalah “water flooding” alias menginjeksikan air ke dalam pori-pori reservoir di bawah permukaan agar produksi naik atau persentase decline-nya tidak terlalu cepat. “EOR” juga dapat diartikan penambahan energi dari luar, yaitu injeksi air atau gas, dengan menggunakan metode penyerapan tahap lanjut, misalnya injeksi panas, kimiawi, CO2, dan sebagainya.Selain itu, “EOR” dapat dinilai sebagai upaya untuk menjaga kestabilan dan atau menambah tenaga reservoir secara langsung, yaitu dengan menginjeksikan air atau gas pada suatu sumur, untuk kemudian memproduksikannya dari sumur lainnya.

…dst

3 ) Unesa Perpanjang Pendaftaran Program SM-3T
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/12/373/528626/unesa-perpanjang-pendaftaran-program-sm-3t

Minggu, 13 November 2011 10:00 wib
SURABAYA – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memperpanjang pendaftaran program Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (SM-3T) hingga 14 November 2011. Demikian seperti dikutip okezone dari laman Unesa, Minggu (13/11/2011). Program SM-3T sendiri adalah program resmi dari Dikti yang bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia untuk membantu memfasilitasi pendaftaran bagi peminat program tersebut. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh peminat program antara lain permasalahan pendidik, seperti kekurangan jumlah (shortage), distribusi tidak seimbang (unbalanced distribution), kualifikasi di bawah standar (under qualification), kurang kompeten (low competencies), serta ketidaksesuaian antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu (mismatched). Program SM-3T sebagai salah satu Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia ditujukan kepada para Sarjana Pendidikan yang belum bertugas sebagai guru untuk ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T.

…dst

4 ) UGM Raih Bantuan Software USD4 Juta
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/12/373/528624/ugm-raih-bantuan-software-usd4-juta

Minggu, 13 November 2011 09:00 wib
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapatkan bantuan software senilai USD4 juta dari Schlumberger Geophysics Nusantara. Perangkat lunak ini merupakan teknologi terbaru dan digunakan di industri seluruh perusahaan geologi dan geofisika dunia. Chairman PT Schlumberger Geophysics Nusantara, Ahmad Subarkah Yuniarto, mengatakan software ini adalah peralatan buatan perusahaan yang berdiri sejak 1927 tersebut. Peralatan software ini berkaitan dengan technical geosains yang digunakan untuk ilmu geologi dan geofisika. Perangkat lunak tersebut biasa digunakan untuk menginterpretasi data-data reservoir minyak dan gas. “Ini adalah teknologi terbaru ciptaan kami dan digunakan di seluruh industri minyak dan gas di dunia,” ujar Ahmad seperti dilansir dari laman UGM, Minggu (13/11/2011).

…dst

5 ) Udinus Rancang Twinning Program dengan UNS
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/11/14/166306/Udinus-Rancang-Twinning-Program-dengan-UNS

14 November 2011
SOLO – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menggandeng UNS untuk mengembangkan Fakultas Ekonomi dan Pendidikan Kesehatan. Alasanya, dua fakultas tersebut dinilai sangat maju. Salah satunya akan dikembangkan program twinning program bagi mahasiswa Udinus.”Ini penjajakan awal, sehingga kami sowan dulu ke pimpinan UNS. Selanjutnya dalam waktu dekat kami tindak lanjuti dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) maupun action antardekan,” kata Rektor Udinus Dr Ir Edy Noersasongko MKom. Seusai pertemuan dengan Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi beserta jajaran pimpinan, dia mengatakan, sebagai universitas swasta pihaknya sangat menyadari perlu belajar banyak dari perguruan tinggi ternama, termasuk UNS.

…dst

6 ) Tiga Opsi Desentralisasi Pendidikan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/11/14/166296/Tiga-Opsi-Desentralisasi-Pendidikan

14 November 2011
JAKARTA – Penerapan desentralisasi atau otonomi daerah, khususnya dalam peningkatan pelayanan kualitas dasar bidang pendidikan, perlu ditinjau ulang. Alasannya, hasil evaluasi kualitas pelayanan dasar pendidikan tidak mengalami kemajuan yang signifikan setelah diotonomikan. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Khairil Anwar Notodiputro mengungkapkan, Kemdikbud menawarkan tiga pilihan pelaksanaan desentralisasi pendidikan. Akan tetapi, hal itu masih perlu dibicarakan dan dikaji lebih mendalam. Tiga pilihan tersebut, pertama, desentralisasi dilakukan tidak seragam. Artinya, hanya diberikan pada daerah-daerah yang tingkat kesiapannya mencukupi.

…dst

7 ) Hikmahanto: Indonesia Tidak Perlu Ikut Lagi dalam Perdagangan Bebas
http://www.detiknews.com/read/2011/11/14/051801/1766623/10/hikmahanto-indonesia-tidak-perlu-ikut-lagi-dalam-perdagangan-bebas

Senin, 14/11/2011 05:18 WIB
Jakarta – Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC mengusulkan perdagangan bebas Trans-Pasifik. Usulan inipun telah disepakati oleh Jepang. Bagaimana dengan Indonesia? “Terhadap usulan Obama ini sebaiknya Indonesia tidak perlu mendukungnya. Bagi Indonesia belum ada rezim pedagangan bebas yang telah memberi keuntungan baik di tingkat universal seperti World Trade Organization, ditingkat ASEAN seperti AFTA, ASEAN dan mitra dagangnya seperti China dalam CAFTA maupun Indonesia secara bilateral,” kata guru besar hukum internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (14/11/2011). Justru menurut Hikmahanto, dengan berbagai pengaturan perdangan bebas Indonesia banyak dirugikan dimana lapangan kerja tidak tercipta, devisa Indonesia keluar, bahkan Indonesia tidak dapat memunculkan pelaku usaha yang tangguh yang memiliki daya saing di salam negeri ketika berhadapan dengan pelaku usaha asing, terlebih lagi bersaing di kancah pasar negara lain.

…dst

8 ) Krisis Pangan Membayangi Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/12/367/528629/krisis-pangan-membayangi-indonesia

Minggu, 13 November 2011 11:00 wib
MENURUT Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1996, ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. Dalam mencapai ketahanan pangan, tentu tidak terlepas dari ketahanan gizi. Dari sini, pemahaman tentang hubungan ketahanan pangan dan gizi untuk kesejahteraan masyarakat bisa diperoleh. Berarti, secara keseluruhan dapat diartikan bahwa ketahanan pangan dan gizi adalah suatu kondisi di mana setiap individu, keluarga, masyarakat, kapan saja, di mana saja dapat memperoleh makanan yang cukup dengan jumlah memenuhi kebutuhan energi, serta mutu gizinya memenuhi kebutuhan untuk kesehatan, pertumbuhan anak, kecerdasan, dan produktivitas.

…dst

9 ) Italia Permudah Pelajar Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/13/14370611/Italia.Permudah.Pelajar.Indonesia

Minggu, 13 November 2011 | 14:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Italia memberikan sejumlah kemudahan untuk membantu pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di negara tersebut. Tidak hanya memberikan peluang melalui berbagai program beasiswa, universitas-universitas negeri di Italia juga memberikan keringanan biaya pendidikan kepada pelajar yang berasal dari Indonesia.Erlip Vintara, Koordinator Pendidikan, Penerjemah, dan Beasiswa Pusat Kebudayaan Italia, mengatakan, melalui beasiswa, Pemerintah Italia menawarkan 700 euro per bulan plus asuransi kesehatan kepada seluruh pelajar Indonesia selama masa kontrak beasiswa studi di Italia.

…dst

10 ) Kuliah di Perancis? Bisa Pilih Bahasa!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/13/1353230/Kuliah.di.Perancis.Bisa.Pilih.Bahasa.

Minggu, 13 November 2011 | 13:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Punya rencana melanjutkan studi di Perancis, tetapi ragu mengenai bahasa pengantarnya? Tak perlu ragu lagi. Saat ini, hampir semua universitas di Perancis telah membuka program-program pendidikan dalam bahasa Inggris. Koordinator Promosi CampusFrance Indonesia Anton Hilman mengatakan, program-program pendidikan di Perancis itu terbagi menjadi dua, yaitu program pendidikan dalam bahasa Perancis dan bahasa Inggris.”Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di Perancis bisa memilih,” kata Anton kepadaKompas.com dalam European Higher Education Fair (EHEF) 2011, di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (13/11/2011).

…dst

11 ) Desak Penetapan Upah Minimal Pendidikan
Dijalankan Bertahap, Dimulai dengan Gaji Rp 500 Ribu per Bulan
http://www.jpnn.com/read/2011/11/14/107963/Desak-Penetapan-Upah-Minimal-Pendidikan-

Senin, 14 November 2011 , 01:32:00
JAKARTA – Gaji sebagian besar guru swasta atau non-PNS yang kecil, terus menjadi sorotan. Diantaranya oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Organisasi profesi guru tertua ini berharap pemerintah bisa menetapkan ketentuan upah minimal pendidikan (UMP). Ketua PB PGRI Sulistyo menjelaskan, guru digaji sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per bulan sudah bukan aib yang harus disembunyikan lagi. Dia menuturkan, pemberian gaji yang sangat rendah tadi merupakan bentuk penganiayaan terhadap profesi guru. “Jika pemerintah tidak turun tangan, sama dengan membiarkan praktek penganiayaan massal,” tandasnya di Jakarta kemarin (13/11). Sulistyo menyambut baik usulan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang ingin menetapkan standar minimal gaji guru swasta atau non-PNS. Sulistyo berujar, sejatinya persoalan tuntutan standar gaji yang layak bagi guru swasta ini sudah menjadi sorotan PB PGRI sejak lama. Bahkan, PGRI sudah mengusulkan sebuah nama untuk ketetapan standar gaji guru ini. Yaitu, dalam bentuk upah minimum pendidikan (UMP).

…dst

12 ) Mantan Anggota DPRD Diduga Jaringan Calo CPNS
http://www.jpnn.com/read/2011/11/13/107946/Mantan-Anggota-DPRD-Diduga-Jaringan-Calo-CPNS-

Minggu, 13 November 2011 , 08:14:00
MEDAN — Tertangkapnya mantan anggota DPRD Toba Samosir (Tobasa), Marisi Tambunan, dimanfaatkan pihak Polisi Daerah Sumatera Utara (Poldasu) untuk membuka jaringan calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) lebih luas lagi. Sayangnya, Marisi cenderung tidak bekerja sama, keterangannya berbelit-belit. Suami dari anggota DPRD Tobasa ini sebelumnya ditangkap di Jakarta karena menjadi buron penipuan terhadap CPNS senilai belasan miliar rupiah. Marisi dan Delisa Situmorang (sudah ditangkap juga), bertugas mencari para calon CPNS yang menjadi korban dengan menjanjikan bisa masuk menjadi PNS di Pemko Medan, instansi-instansi di Sumut dan di beberapa provinsi lain atau nasional.

…dst

13 ) Dibongkar, Calo CPNS Libatkan Pegawai BKN
http://www.jpnn.com/read/2011/11/12/107899/Dibongkar,-Calo-CPNS-Libatkan-Pegawai-BKN-

Sabtu, 12 November 2011 , 08:10:00
MEDAN- Dua lagi komplotan sindikat calo calon pegawai negeri sipil (CPNS) se-Indonesia, ditangkap Polda Jatim. Keduanya yakni Aminuddin dan Selamet Riyadi, pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN). Korban keseluruhan mencapai 241 orang dari berbagi provinsi. “Aminuddin dan Selamat Riyadi sudah lebih dulu ditangkap, mereka sekarang di Polda Jatim,” ujar Kasubdit III, Dit Reskrimum, Polda Sumut, Kompol Andry Setiawan, Jumat (11/11) di Mapoldasu. Andry menjelaskan, modus Suroso dan Marisi untuk meyakinkan korbannya adalah membawa berkas SK palsu dan dan berkas Nomor Induk Pegawai (NIP) palsu. Keduanya mengaku sudah dapat meloloskan calon pegawai dan saat ini sudah dapat bekerja di beberapa pemerintahan daerah.

…dst

14 ) Sekilas dalam Negeri
Ekonomi
Negara Asing Mencontoh Bank Syariah Indonesia
Pedagang Kesulitan Mencari Beras
Papua
Asrama Papua Digeledah, Kontras Protes
Pemerintah Jangan Hanya Mau Emasnya Papua Saja
Dua Tahun, 40 Kali Penembakan di Freeport
SEA Games
Indonesia Mantap di Puncak 
Panen Emas Terus Berlangsung
UKM Tangguk Untung Selama SEA Games
New7Wonder
Media Internasional Cium Ketidakberesan Yayasan N7W
JK “buka-bukaan” soal penetapan Komodo
Kasus Nazaruddin
Gunakan UU Pencucian Uang untuk Kasus Lain Nazaruddin
Kasus Nunun
ICW Minta KPK Buru Pelindung Nunun
Kasus Susno
Habis-habisan di Kasasi, Susno Rombak Tim Pembela
Penyadapan
Penyadapan Hakim Didukung
Layanan Haji
Indonesia Ingatkan Saudi
Jamaah haji Indonesia wafat capai 251 orang 
Kesehatan
HAKLI : keterbatasan sanitarian sebabkan wabah hepatitis 
2030, Penderita Diabetes Capai 21,3 Juta di Indonesia
Sekilas Luar Negeri
KTT APEC 2011
Ketatnya Pengamanan di Honolulu
Di Honolulu, SBY Akan Pidato Soal Energi
Presiden sarapan dengan delapan pimpinan perusahaan AS
Lagu Ciptaan SBY Diperdengarkan di APEC Hawaii
Sejumlah Pengusaha AS akan Tingkatkan Investasi di Indonesia
Obama Usulkan Perdagangan Bebas Trans-Pasifik
Obama dan Medvedev bicarakan soal Iran, Afghanistan dan Suriah 
KTT ASEAN
Rangkaian KTT ASEAN Dimulai
Pesta Kuliner dan Festival Ban di KTT ASEAN
ASEAN Mulai Bahas Kode Etik Laut China Selatan
Thailand usul ASEAN bahas antisipasi banjir
Menanti kiprah AS di kawasan 
Pelecehan terhadap Abdul Kalam (mantan Presiden India yg sgt dihormati)
AS Meminta Maaf kepada India
Italia
Berlusconi Mundur, Roma Gegap Gempita
Iran
Ahmadinejad: Ketimbang Nuklir, Iran Memilih Budaya dan Logika
Israel Ajak Negara-Negara Lain untuk Menghentikan Iran
Korut Tuding Israel-AS Provokasi Iran untuk Berperang
Palestina
Pemimpin Palestina Sesalkan Rekomendasi Dewan Keamanan PBB
Suriah
Liga Arab Keluarkan Suriah