Poles Generasi Siap Kerja melalui Akademi Komunitas

http://www.dikti.go.id/

Written by Layanan Informasi

Friday, 18 November 2011 11:05

Medan, 15 November 2011
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar sosialisasi dalam rangka mempersiapkan pendirian akademi komunitas (community college) berjenjang D1 dan D2 untuk meningkatkan kualitas generasi siap kerja di Indonesia.

Akademi Komunitas adalah lembaga pendidikan yanga ada di kabupaten dengan masa belajar dua tahun. Ditjen Dikti Kemdikbud  mempersiapakan lembaga ini bersama komunitas, industri maupun masyarakat. Akademi Komunitas merupakan pengembangan dari community college yang dimulai tahun 2000 di 105 lokasi. Community college yang merupakan jenjang Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) satu tahun  di SMK atau institusi lain ini, berubah menjadi akademi komunitas pada tahun 2010.

Tujuan pendirian akademi komunitas adalah meningkatkan  pendidikan tinggi  sampai jenjang D2 sesuai dengan kebutuhan di kabupaten. Dengan asas berbagi (sharing) fasilitas yang ada di suatu kabupaten diharapkan kemampuan (skill) para lulusan akademi komunitas sesuai dengan kebutuhan industri sehingga pengangguran dapat berkurang.

Pada tahun 2012,  ijasah akan dikeluarkan dari akademi komunitas sendiri. Pada awalnya, akademi ini akan dibina politeknik, universitas, institut ataupun industri. Lulusan akademi komunitas dapat meneruskan pendidikan lebih tinggi ke perguruan tinggi atau polteknik.