1 ) Mahasiswa UNY Raih Juara 2 OSN Pertamina 2011
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/19/373/531569/mahasiswa-uny-raih-juara-2-osn-pertamina-2011

Sabtu, 19 November 2011 13:14 wib
JAKARTA – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali mengukir prestasi. Dalam sebuah kompetisi matematika berskala nasional, Nabih Ibrahim Bawazir berhasil meraih juara kedua kategori best presenter.Sebelum berkompetisi secara nasional, seleksi perlombaan yang bertajuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina ini dilakukan dalam skala regional. Nabih yang keluar sebagai juara pertama tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Oktober lalu, diusung sebagai perwakilan Kota Pelajar untuk berkompetisi dengan 132 peserta lain yang berasal dari 33 provinsi…cut… Berikut pengumuman pemenang OSN Pertamina 2011 bidang matematika secara lengkap.
Pemenang kategori best presenter bidang matematika 
Juara 1 : Salwa Nursyahida, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung
Juara 2 : Nabih Ibrahim Bawazir, mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika UNY
Juara 3 : Ariestha W Bustan, mahasiswa Universitas Khaerun Ternate
Pemenang ketegori poster terbaik bidang matematika, yaitu :
Juara 1 : Bernard Immanuel, mahasiswa Universitas Indonesia
Juara 2 : Yohanes, mahasiswa Universitas Pelita Harapan Jakarta) (UPH)
Juara 3 : Okky Sugianto H, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya(rhs)

>>>

2 ) Posdaya binaan IPB dijadikan studi sejumlah negara
http://www.antaranews.com/berita/285573/posdaya-binaan-ipb-dijadikan-studi-sejumlah-negara

Sabtu, 19 November 2011 20:57 WIB
Bogor (ANTARA News) – Pos pemberdayaan keluarga yang dibina Institut Pertanian Bogor ditinjau sejumlah negara untuk studi mengenai kegiatan itu sekaligus melihat kegiatan yang terkait dengan penguatan pembangunan keluarga.”Delegasi dari Bangladesh, Vietnam, Pakistan, dan Afrika telah mengunjungi beberapa Posdaya yang selama ini kami bina dan dampingi,” kata Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB Dr Pudji Muljono di kampus Darmaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Di sela-sela acara konvensi Posdaya regional wilayah Jabar-Lampung, ia menjelaskan bahwa saat ini IPB sebagai koordinator program pengembangan Posdaya di Jawa Barat dan Lampung telah mengembangkan lebih dari 90 Posdaya di empat daerah, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Ia mengemukakan, kualitas manusia Indonesia tercermin dari indeks pembangunan manusia (IPM), yang merupakan alat ukur perbandingan angka harapan hidup, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk
semua negara di seluruh dunia.

…dst

3 ) Pemerintah diharapkan kembangkan potensi sumberdaya laut
http://www.antaranews.com/berita/285548/pemerintah-diharapkan-kembangkan-potensi-sumberdaya-laut

Sabtu, 19 November 2011 19:00 WIB
Jakarta (ANTARA News) Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dengan luas laut yang begitu panjang Indonesia tentunya menyimpan potensi alam yang luar biasa. Namun kekayaan alam yang berlimpah tersebut belum diimbangi keseriusan pemerintah untuk mengembangkannya. Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Indra Jaya mengemukakan hal itu dalam orasi ilmiahnya topik yang disampaikan mengenai Pengindraan Jauh Sumberdaya Laut dengan Teknologi Akustik untuk Pembangunan Benua Maritim Indonesia, demikian keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu. Dalam orasi tersebut, Indra Jaya menyampaikan begitu pentingnya teknologi akustik, untuk pemanfaatan potensi SDA laut, baik hayati maupun non hayati. “Sebagai negara dengan luas laut 2/3 wilayahnya, maka Indonesia harus terus mengembangkan teknologi bidang maritim. Hal ini tentu sangat penting, mengingat masih banyak potensi kelautan kita yang belum diketahui,” kata Indra Jaya, dalam rangka Dies Natalis IPB ke 48, di Bogor, Sabtu .
…dst

4 ) Unhas Ciptakan Pangan Ternak Berbasis Limbah
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/19/372/531680/unhas-ciptakan-pangan-ternak-berbasis-limbah

Minggu, 20 November 2011 09:03 wib
JAKARTA – Fenomena pemanasan global yang melanda bumi menuntut manusia meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya dengan memanfaatkan limbah menjadi barang baru yang berguna.Hal inilah yang dilakukan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka menciptakan inovasi baru dalam pakan ternak dengan berbasis limbah lokal.Produk yang diberi nama Urea Molases Multi Nutrian Blok (UMMB) ini terdiri dari kumpulan limbah lokal berbagai jenis yang dicampur dedak dan tetes tebu, kemudian dipadatkan. Pakan ini dipercaya dapat meningkatkan nasfu makan ternak, yakni sapi. “Dengan selera makan yang tinggi, sapi bisa menyantap makanan apa saja, termasuk makanan kering. Sehingga sapi akan cepat gemuk,” kata Latif Toleng, Ketua Tim UMMB seperti dikutip dari laman Unhas, Minggu (20/11/2011).

…dst

5 ) UMY kembangkan inovasi budi daya manggis
http://www.antaranews.com/berita/285531/umy-kembangkan-inovasi-budi-daya-manggis

Sabtu, 19 November 2011 16:35 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan inovasi budi daya manggis melalui perbanyakan secara “in vitro” (perbanyakan bakal biji dalam gelas). “Perbanyakan secara “in vitro” dianggap menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan bahan tanam manggis,” kata pakar pertanian dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Innaka Ageng Rineksane di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, perbanyakan secara “in vitro” memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah pembuahan yang cenderung lebih cepat terjadi dibandingkan dengan pembuahan yang terjadi dari biji alami. “Jika dari biji alami, pembuahan bisa sampai sepuluh tahun, tetapi dengan `in vitro`, lima tahun sudah bisa berbuah. Tanamannya pun tidak terlalu tinggi, sesuai dengan tinggi tubuh si pemanen,” katanya.

…dst

6 ) Yuk Jelajahi ITS Lewat Komputer!
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/19/373/531596/yuk-jelajahi-its-lewat-komputer

Sabtu, 19 November 2011 14:50 wib
JAKARTA – Area kampus yang sangat luas dan padatnya jadwal kuliah dapat menjadi penyebab kamu tidak sempat menjelajahi seluruh sudut kampus. Kini, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dapat menjelajahi pelosok kampus hanya melalui komputer.Bagaimana caranya? Sebanyak tujuh mahasiswa ITS Jurusan Sistem Informasi (SI) menciptakan sebuah program komputer berjudul ITS Now In 3 Dimension (INI 3D). Program yang merupakan proyek Tugas Akhir (TA) tersebut berisi lokasi lengkap ITS yang dilengkapi grafis menarik. Jadi, mahasiswa yang belum pernah berkeliling ITS dapat melakukannya hanya dengan duduk di depan komputer.

…dst

7 ) Inovasi berkelanjutan penting bagi sebuah negara
http://www.antaranews.com/berita/285440/inovasi-berkelanjutan-penting-bagi-sebuah-negara

Jumat, 18 November 2011 23:23 WIB
ogyakarta (ANTARA News) – Inovasi yang berkelanjutan penting bagi sebuah negara untuk menghadapi persaingan global yang sangat ketat, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Sri Atmaja Rosyidi. “Jika tidak memiliki sebuah inovasi yang berkelanjutan, maka negara itu tidak akan mampu bersaing dengan negara-negara lain,” katanya di Yogyakarta, Jumat, sehubungan dengan akan diselenggarakannya International Conference on Sustainable Innovation and International Joint Seminar ((ICoSI-IJS) 2012. Menurut dia, inovasi yang berkelanjutan merupakan sebuah kunci utama bagi negara-negara Asia terutama Asia Tenggara sebagai kekuatan ekonomi baru dunia. China dan India merupakan gambaran negara-negara yang sudah memiliki kekuatan ekonomi baru. “Hal itu sebentar lagi harus disusul oleh negara-negara Asia Tenggara. Dalam persaingan tersebut, negara yang akan bertahan adalah negara yang memiliki inovasi berkelanjutan,” katanya.

…dst

8 ) MITI Kenalkan Teknologi Nano kepada Mahasiswa
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/13/275893/291/7/MITI-Kenalkan-Teknologi-Nano-kepada-Mahasiswa

Minggu, 13 November 2011 10:29 WIB
SEMARANG–MICOM: Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) memperkenalkan salah satu teknologi tinggi (hitech) kepada para mahasiswa dan staf pengajar di Universitas Diponegoro, Semarang. Teknologi tinggi tersebut adalah teknologi nano atau nanotechnology, sebuah teknologi masa depan yang menggarap semua produk dengan bahan baku partikel berukuran 10 pangkat minus 9 meter atau sepermiliar meter.”Nano teknologi diyakini sebagai sebuah konsep teknologi yang akan melahirkan revolusi industri baru di abad ke-21. Beberapa cabang ilmu terapan dan medis mengadopsi nanoteknologi dan nanosains dan menjadikan  pondasi utamanya,” ujar Dr Nurul Taufiqu Rohman, Ketua Masyarakat Nanoteknologi (MNI) yang juga anggota Dewan Pakar Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI), dalam siaran persnya yang diterima Minggu (13/11).Nanosains adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena atau sifat-sifat suatu obyek atau material dalam skala nanometer. Satu nanometer (nm) setara dengan 1/1.000.000 milimeter atau sepermilyar meter, sebuah ukuran yang sangat kecil karena lebar DNA saja skalanya berkisar 2 nm. Skala nanometer hanya sepuluh kali lipat besaran sebuah atom (0,1 nm= 1 angstrom).

…dst

9 ) Polisi Amankan Situasi Kampus
Provokator Diduga Tunggangi Kerusuhan Unhas
http://www.fajar.co.id/read-20111119014545-polisi-amankan-situasi-kampus

Sabtu, 19 November 2011 | 01:45:45 WITA
MAKASSAR, FAJAR — Pengetatan pengamanan mulai diberlakukan pihak Rektorat Unhas. Polisi bahkan diberi kewenangan mengamankan situasi kampus hingga dinilai kondusif kembali. Keputusan melibatkan personel kepolisian dalam pengamanan stabilitas kampus dituangkan dalam Surat Keputusan Rektor Unhas tentang Pengamanan Kampus Unhas yang ditetapkan, Jumat, 18 November. SK berlaku hingga suasana kampus kondusif kembali. Pemberian kewenangan kepada personel kepolisian dalam pengamanan Kampus Merah itu bila terjadi tawuran atau gangguan keamanan dalam kampus yang tidak dapat ditangani satuan pengamanan (satpam) kampus. Rektor Unhas memberikan sepenuhnya kewenangan kepada petugas keamanan melakukan pemeriksaan mulai pukul 18.30 wita. Petugas juga dapat mengambil tindakan hukum kepada orang-orang yang masih berada dalam kampus Unhas. Sejak SK Rektor Unhas ditetapkan, mahasiswa dilarang bermalam di dalam kampus Unhas. Dengan demikian, tindakan bisa diambil bila masih didapati orang yang masih berada di dalam kampus setelah pukul 18.30 wita. Rektorat Unhas mencium kejanggalan pada kasus kerusuhan yang terjadi mulai 13 November lalu. Keterlibatan provokator diduga berada di balik kerusuhan yang merusak citra Unhas dan Sulsel pada umumnya. Rektor Unhas, Prof Idrus Paturusi mengatakan, skenario kerusuhan di dalam kampus selalu sama. Simbol-simbol yang mengacu fakultas tertentu selalu digunakan. Seakan-akan mahasiswa dari Fakultas Teknik yang melakukan penyerangan.

…dst

10 ) Enam Perusuh Unhas Dipastikan Dipecat
http://www.fajar.co.id/read-20111118003933-enam-perusuh-unhas-dipastikan-dipecat

Jumat, 18 November 2011 | 00:39:33 WITA
MAKASSAR, FAJAR — Pihak Rektorat Unhas mulai membuktikan ancamannya untuk memecat mahasiswa yang terbukti melakukan pelanggaran. Enam mahasiswa yang terbukti memiliki senjata tajam dipastikan akan dipecat. Upaya pemecatan enam mahasiswa ini seakan menjawab sejumlah keraguan berbagai pihak, termasuk dari pimpinan fakultas di Unhas sendiri kalau selama ini rektorat tidak tegas menindak mahasiswa yang melakukan pelanggaran. Pembantu Rektor III Unhas, Nasaruddin Salam menegaskan bahwa dua mahasiswa yang tertangkap tangan membawa senjata tajam akan langsung dipecat, termasuk empat mahasiswa yang dijadikan tersangka oleh penyidik Polrestabes Makassar dalam kasus pemilikan sajam. Mahasiswa yang tertangkap membawa senjata tajam tadi sore (kemarin, red) akan langsung dipecat. Tidak perlu lagi mereka ini diproses di kampus. Begitu juga yang sudah ditetapkan tersangka oleh polisi,” tegas Nasaruddin. ia menegaskan bahwa, surat keputusan (SK) pemecatan terhadap mahasiswa tersebut dipastikan sudah keluar pekan depan. Sejauh ini, pernyataan untuk memecat mahasiswa yang terbukti sajam ini baru sebatas pernyataan lisan, namun dia memastikan pekan depan surat pemecatannya sudah dikeluarkan.

…dst

11 ) Unhas: Antara Prestasi dan Frustrasi!
http://www.fajar.co.id/read-20111117234909-unhas-antara-prestasi-dan-frustrasi

Jumat, 18 November 2011 | 23:49:09 WITA
Oleh: Abdul Gafar (Dosen Ilmu Komunikasi Unhas Makassar)
Sejarah berulang kembali. Terukir lagi dalam benak masyarakat inikah wajah pendidikan kita? Satu, sepuluh, seribu, bahkan jutaan pertanyaan bakal bermunculan mengapa itu dapat terjadi di tempat pembinaan manusia-manusia terpelajar? ampus Universitas Hasanuddin dalam beberapa hari belakangan ini menghiasi wajah lembaran-lembaran media cetak dan mengisi layar televisi. Apa yang ditampilkan dalam media tersebut bukanlah sebuah prestasi yang patut mendapat acungan jempol, justru membuat hati dan pikiran kita ini menjadi miris, sedih, dan merintih mengapa dapat terjadi seperti itu.

…dst

12 ) Presiden: Indonesia tidak tergesa-gesa masuk TPP
http://www.antaranews.com/berita/285583/presiden-indonesia-tidak-tergesa-gesa-masuk-tpp

Sabtu, 19 November 2011 21:54 WIB
Nusa Dua (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memastikan bahwa Indonesia belum ikut bergabung dalam kerja sama perdagangan bebas Trans Pacific Partnership (TPP) yang digagas Amerika Serikat.
“Kalau saya ditanya bagaimana posisi Indonesia tentu kita memilih tidak perlu tergesa-gesa untuk masuk TPP,” kata Presiden pada konferensi pers di akhir rangkaian kegiatan KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur ke-6 , di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Sabtu.
Menurut Presiden , kerja sama TPP banyak dibahas pada beberapa pertemuan seperti KTT APEC di Honolulu, dan G-20 di Prancis. Namun KTT ASEAN, ASEAN Plus, dan KTT Asia Timur kali ini di Bali tidak menjadi arena pembahasan TPP.Ia menjelaskan sesungguhnya TPP tidak mengikat negara-negara anggota ASEAN.

…dst

13 ) WWF Indonesia Temukan Lima Jenis Kucing Unik di Riau
http://www.analisadaily.com/news/read/2011/11/17/22065/wwf_indonesia_temukan_lima_jenis_kucing_unik_di_riau/#.TshnarrfUm4

Kamis, 17 Nov 2011 07:01 WIB
Jakarta, (Analisa). Hutan belantara di Riau ternyata masih menyimpan lima jenis kucing liar yang unik. Empat di antaranya kucing tersebut masuk dalam status dilindungi. Karenanya diperlukan penyelamatan kawasan hutan. Penemuan lima kucing liar itu terekam dalam kamera otomatis milik WWF Indonesia. Lima kucing itu kini hidup di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Suaka Marga Satwa Rimbang Baling (SMSRB), di Riau. Lima jenis kucing tersebut adalah harimau Sumatera (Panthera tigris Sumatrae), macan dahan (Neofelis Diardi), kucing batu (Pardofelis marmorata), kucing emas (Catopuma temmincki), dan kucing congkok (Prionailurus bengalensis).Lokasi habitat kucing tersebut berada di daerah yang dikenal sebagai koridor atau jalur perlintasan satwa yang menghubungkan TNBT ke SMSRB. Satu sisi kondisi kedua kawasan hutan itu saat ini tidak terlepas ancaman degradasi hutan akibat perambahan dan penebangan hutan alam dalam skala besar. “Selain kucing congkok, semua jenis kucing liar tersebut, adalah satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No.7/ 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa,” kata Koordinator Tim Riset Harimau, WWF Indonesia, Karmila Parakasi kepada detikcom, Rabu (16/11) di Pekanbaru. Mila menambahkan bahwa dalam kriteria lembaga konservasi IUCN, keempat jenis kucing liar tersebut masuk dalam kategori satwa terancam punah (endangered) hingga sangat terancam punah (critically endangered).

…dst

14 ) Sekilas dalam Negeri

Warisan Budaya
Unesco Tetapkan Tari Saman Jadi Warisan Budaya
KTT ASEAN
Obama: AS Dukung Modernisasi Alutsista TNI dan Polri
KTT ASEAN 2011 Hasilkan Bali Concord III
Presiden: Indonesia tidak tergesa-gesa masuk TPP 
Para Menlu Sepakat Timor Leste Masuk ASEAN
Dunia menunggu demokratisasi Myanmar
Indonesia Serahkan Tongkat Estafet Kepimpinan pada Kamboja
Kamboja Tetapkan Enam Prioritas ASEAN 2012
Papua
SBY: Self Defense di Papua Bukan Pelanggaran HAM
Otsus Papua, Indonesia Perlu Contoh Spanyol
Teror bom guncang Ambon 
Penyelesaian Papua, Janji SBY pada Obama
KontraS: Penegakan HAM Papua Merosot
Kerjasama
RI-AS Teken Kerja Sama Penanggulangan Kemiskinan
Hillary Teken Bantuan Rp 5,4 Triliun
RI-Australia Jalin Kerja Sama Penanggulangan Bencana
KPK
Busyro: Menteri dari Partai Keruk Pundi Negara   
Sekilas Luar Negeri
Libya
Putra Khadafi Ditangkap Saat Hendak Kabur ke Niger
Rusia Serukan Persidangan yang Adil bagi Putra Khadafi
Jenderal NATO: Seif al-Islam harus peroleh peradilan adil
Interpol Puji Penangkapan Putra Khadafy
Mahkamah bahas lokasi sidang Saif al-Islam
ICC Akan Rundingkan Pengadilan Saif dengan Libya 
Saif, Putra Khadafi, Ditangkap tanpa Cedera
PBB Pulihkan Keanggotaan Libya
Filipina
Terbaring Sakit, Arroyo Ditahan Polisi
Gloria Arroyo Ditahan di Rumah Sakit
Arroyo Minta Diadili di Pengadilan Khusus