1 ) Biaya Pendidikan Akan Dibatasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/445542/

Tuesday, 22 November 2011
JAKARTA– Pemerintah akan mengeluarkan peraturan menteri (Permen) terkait pembatasan biaya pendidikan. Peraturan tersebut juga akan mengatur perlunya ada audit pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan saat ini pembiayaan pendidikan masih belum terbuka. Para pemangku kepentingan belum sepenuhnya mengetahui anggaran dan sumber pembiayaan pendidikan. Akibatnya, antara lembaga pendidikan yang satu dan yang lain berbeda-beda serta timpang. Praktik ini terutama terjadi di lembaga pendidikan tinggi. “Batasan biaya pendidikan itu penting sehingga tidak ada yang asal memungut biaya hingga Rp100–200 juta. Akan ada biaya maksimumnya.Permennya akan keluar tahun depan sebelum proses pendaftaran siswa yang biasanya dimulai Mei,” katanya di Jakarta kemarin. Sebelumnya, Wapres Boediono mengungkapkan perlunya ada audit pendidikan agar masyarakat mengetahui secara transparan.Pasalnya, terkesan selama ini lembaga pendidikan terutama di pendidikan tinggi masih searah dalam menentukan anggaran dan pembiayaan pendidikan. Menurut mantan Rektor ITS itu, sudah menjadi rahasia umum di fakultas tertentu pungutan yang diberlakukan sangat tinggi. Dia mencontohkan, di fakultas kedokteran ada perguruan tinggi yang mematok dana Rp100–200 juta sebagai uang masuk. Dengan permen tersebut nantinya, pemerintah akan bisa memeriksa masih adakah kampus yang memberlakukan pungutan semahal itu. Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso menambahkan,untuk mengurangi biaya pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN), salah satunya dengan menurunkan porsi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari 37,20% menjadi 20% saja. Dengan begitu, beban yang ditanggung masyarakat akan berkurang, sebab PNBP berasal dari calon mahasiswa.

…dst

2 ) Pengesahan RUU-PT Terancam Molor
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/21/1929452/Pengesahan.RUU-PT.Terancam.Molor

Senin, 21 November 2011 | 19:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) terancam molor dari waktu awal yang ditargetkan. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Utut Adianto, di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Senin (21/11/2011). Mulanya, pengesahan RUU-PT akan diketok oleh DPR RI pada Desember tahun ini. Namun karena berbagai hal, seperti belum terincinya alokasi anggaran dan skema pembiayaan di jenjang perguruan tinggi, maka hal itu terjadi. “RUU-PT telah memasuki perundingan tingkat 1. Target awalnya Desember, tapi karena belum siap maka ditunda sampai masa sidang tahun depan,” kata Utut. Menurut Utut, pembahasan RUU-PT masih cukup panjang. Karena menurutnya, DPR menginginkan dunia pendidikan tinggi bisa dibangun dengan konstruktif. Ia menambahkan, saat ini Komisi X DPR RI tengah menyusun RUU tersebut agar bisa menjamin pendidikan tinggi yang semurah mungkin. Dalam arti, skemanya tetap terfokus pada pemberian jaminan dan kesempatan kepada mahasiswa yang tidak mampu namun memiliki kemampuan akademik yang baik.

…dst

3 ) RUU PT Tak Lalui Tahapan Resmi?
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/21/373/532233/ruu-pt-tak-lalui-tahapan-resmi

Senin, 21 November 2011 16:12 wib
JAKARTA – Salah satu kritik dalam proses pembuatan dan pembahasan rancangan undang-undang pendidikan tinggi (RUU PT) adalah ia tidak melalui tahapan pembuatan peraturan perundangan yang ada. Termasuk tidak adanya diskusi publik yang diinisiasi oleh DPR. Hal tersebut menjadi salah satu poin keberatan yang diajukan Komnas Pendidikan. Menurut mereka, pembuatan RUU PT tersebut hanya melalui Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang hanya melibatkan kaum elit kampus ternama. Khususnya, kampus yang selama 5-10 tahun terakhir merasakan nikmatnya candu skema privatisasi pendidikan bernama perguruan tinggi badan hukum milik negara (PT BHMN). “Hal ini semakin pelik karena tujuh pimpinan PT BHMN menolak melaksanakan PP Nomor 66 Tahun 2010. Peraturan tersebut menghendaki pergantian status PT BHMN menjadi Perguruan Tinggi Pemerintah (PTP),” demikian bunyi pernyataan Komnas Pendidikan dalam diskusi tentang RUU PT di kantor LBH Indonesia, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (21/11/2011).

…dst

4 ) Kesadaran Kritis Warga atas RUU PT Rendah
Mahasiswa Tak Mampu Menjadi Perhatian
http://cetak.kompas.com/read/2011/11/22/02175284/kesadaran.kritis.warga.atas.ruu.pt.rendah

22 November 2011
Jakarta, Kompas – Kesadaran kritis masyarakat terhadap Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi dinilai rendah. Padahal, jika RUU PT disahkan, kualitas pendidikan tinggi belum tentu membaik dan biaya pendidikan tinggi juga belum tentu lebih murah. Hal itu mengemuka pada diskusi pendidikan “Tolak Privatisasi, Komersialisasi, dan Diskriminasi Pendidikan” yang diselenggarakan Komite Nasional Pendidikan, Senin (23/11), di Kantor Lembaga Bantuan Hukum Jakarta. “Perlu ada gerakan masyarakat yang besar untuk sama-sama menyadari bahwa RUU PT ini akan menjadi bom waktu bagi dunia pendidikan,” kata dosen Departemen Ilmu Politik FISIP Universitas Indonesia sekaligus pengurus Paguyuban Pekerja UI, Irwansyah. Pengamat pendidikan Darmaningtyas mengingatkan, isu RUU PT bukan semata-mata masalah pendanaan atau komersialisasi PT. Namun, lebih pada implikasi etisnya, terutama dampaknya pada masyarakat tak mampu. Apabila RUU PT disahkan, keberpihakan PT kepada masyarakat tak mampu lama-kelamaan bisa pudar.

…dst

5 ) Airport Safety AMIKOM Mejeng di Thailand
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/21/373/531996/airport-safety-amikom-mejeng-di-thailand

Senin, 21 November 2011 10:36 wib
YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta mewakili Indonesia pada ajang Asia Pasific ICT Award (APICTA) 2011, atau kompetisi Informasi dan Teknologi (IT) di Pattaya, Thailand. Pada kompetisi yang diikuti 16 negara di Asia Pasifik itu, AMIKOM akan memperkenalkan dua produk inovatifnya, yaitu Airport Safety dan Ad@Hand. Tim AMIKOM yang diterjunkan dalam ajang bergengsi tersebut yaitu Wakil Direktur I Innovation Center Andi Sunyoto, Staf Ketua AMIKOM Emha Taufiq Luthfi, Fitriansyah dari Time Excellindo (Badan Usaha Milik AMIKOM), Obed Irwanto (Time Excellindo), dan Herlambang Priantoro (Time Excellindo).

…dst

6 ) Ribuan Mahasiswa IPB Turun ke Desa
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/21/278021/293/14/-Ribuan-Mahasiswa-IPB-Turun-ke-Desa

Senin, 21 November 2011 21:07 WIB
JAKARTA–MICOM: Sekitar seribu mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Minggu (20/11), mengikuti program bertajuk Mahasiswa Turun Desa. Dalam program penutup rangkaian Dies Natalis ke-48 IPB itu, Rektor IPB Herry Suhardiyanto melepas ribuan mahasiswa sebelum masuk ke desa. “Hari ini mahasiswa IPB kembali menunjukkan kepedulian untuk turun ke desa, tanpa terikat oleh Satuan Kredit Semester (SKS) atau kurikulum,” kata Herry sebelum melepas mahasiswanya. Ia juga mengapresiasi mahasiswa yang peduli pada masyarakat. Menurutnya kegiatan tersebut mengingatkan kembali pada kiprah mahasiswa IPB di 1960.

…dst

7 ) Unair Gelar Kontes Robot Antarpelajar
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/22/278077/293/14/Unair-Gelar-Kontes-Robot-Antarpelajar

Selasa, 22 November 2011 02:46 WIB
SURABAYA–MICOM: Universitas Airlangga Surabaya menggelar kontes robot bertajuk “Airlangga Robot Competition Olimpiade of Physic” (AIROBOCOP) untuk pelajar SMP/SMA se-Jawa Timur, Senin (21/11). “Awalnya, saat tim robot Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair mengikuti Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), banyak penonton yang tertarik dan baru mengetahui di Unair ternyata ada juga robot,” kata Ketua Himpunan Mahasiswa D3 Otomatisasi dan Sistem Instrumentasi FTS, M Azzumar. Karena itu, kata dia, Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) FST Unair mengadakan lomba robot akbar untuk menyebarluaskan bahwa di Unair juga ada robot. “AIROBOCOP tersebut merupakan lomba robot pertama yang diadakan FST Unair. Lomba yang diikuti pelajar SMP dan SMA sederajat se-Jatim itu diselenggarakan bersamaan dengan Kuis Fisika yang merupakan kegiatan tahunan rutin HIMAFI Unair,” katanya. Karena diadakan bersamaan dengan Kuis Fisika, peserta yang mengikuti kontes robot ini menjadi cukup banyak, apalagi banyak peserta yang penasaran dengan lomba robot di Unair.

…dst

8 ) Antisipasi Bencana
Unsoed Dirikan Pusat Mitigasi Bencana
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/21/17470378/Unsoed.Dirikan.Pusat.Mitigasi.Bencana

Senin, 21 November 2011 | 17:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pusat Mitigasi Bencana didirikan di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman (di Purwokerto, Jawa Tengah. Keberadaan Pusat Mitigasi Bencana ini didorong untuk menjadi pusat keunggulan yang proaktif dan inovatif dalam proses mitigasi bencana secara sistematis, integratif, dan berorientasi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Edy Yuwono, Senin (21/11/2011), mengatakan, pendirian Pusat Mitigasi Bencana di kampus ini sebagai komitmen perguruan tinggi untuk aktif memberikan solusi yang dapat diterapkan dalam penanggulangan bencana secara terpadu.

…dst

9 ) Binus Gelar Innovation Week
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/21/373/532377/binus-gelar-innovation-week

Senin, 21 November 2011 20:25 wib
JAKARTA – Inovasi merupakan kunci dalam menghadapi era kreatif yang tengah dihadapi masyarakat global, dan Indonesia pada khususnya. Menyadari hal tersebut, Universitas Bina Nusantara (Binus) Internasional dan Binus Business School mencoba membentuk pikiran inovatif dalam benak para mahasiswa dan masyarakat luas.Cara yang ditempuh Binus adalah dengan menggelar Binus International’s Innovation Week 2011. Selama lima hari, sejak 21-25 November 2011, acara tersebut menghadirkan berbagai pembicara yang berasal dari kalangan akademisi maupun CEO perusahaan ternama.

…dst

10 ) Beasiswa S-1 Hingga S-3 di Bejing Untukmu
http://kampus.okezone.com/read/2011/11/21/368/532082/beasiswa-s-1-hingga-s-3-di-bejing-untukmu

Senin, 21 November 2011 14:05 wib
JAKARTA – Tertarik meneliti dan merasakan hidup di Beijing, China? Rebut saja beasiswa ini! Capital University of Economics and Business (CUEB) menyediakan beasiswa penelitian di Beijing. Peserta program beasiswa bertajuk Beijing Foreign Student Scholarship ini juga akan menjadi duta dalam pengembangan persahabatan antarkedua negara. “Program ini diharapkan dapat berdampak pada banyak hal seperti pengembangan sosial warga Beijing, politik, ekonomi, budaya, pendidikan dan mewujudkan cita-cita Beijing sebagai kota metropolitan internasional, dan mengembangkan daya saing kota Beijing,” demikian seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (21/11/2011).

…dst

11 ) HKI Buka Klinik Hak Cipta di LKS SMK
http://www.jpnn.com/read/2011/11/21/108730/HKI-Buka-Klinik-Hak-Cipta-di-LKS-SMK-

Senin, 21 November 2011 , 18:53:00
JAKARTA — Di dalam pegelaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang digelar 21-24 November 2011 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan membuka stand atau gerai yang melayani konsultasi gratis mengenai hak cipta.Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, stand HKI yang bertajuk Klinik HKI tersebut memang merupakan permintaan khusus dari Kemdikbud terhadap Kemenkumham. “Kami meminta langsung kepada Ditjen HKI. Permintaan ini bertujuan agar anak-anak SMK bisa konsultasi bagaimana cara untuk mendapatkan kelayakan hak cipta teradap produk yang dibuatnya di ajang LKS,” ungkap Nuh ketika ditemui di ruang kerjanya di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (21/11).Nuh menerangkan, kewenangan dalam mensosialisasikan mengenai hak cipta ini adalah Ditjen HKI.

…dst

12 ) Kemenkeu Tolak Perpanjang Masa Penggunaan Anggaran Sekolah Rusak
http://www.jpnn.com/read/2011/11/21/108658/Kemenkeu-Tolak-Perpanjang-Masa-Penggunaan-Anggaran-Sekolah-Rusak-

Senin, 21 November 2011 , 08:08:00
JAKARTA – Kementrian Keuangan menolak permintaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tentang perpanjangan masa penggunaan anggaran untuk proses rehabilitasi sekolah. Padahal, pemakaian anggaran untuk rehabilitasi sekolah rusak harus sudah tuntas pada 15 Desember mendatang. “Usulannya tidak disetujui,” kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud Suyanto ketika dihubungi JPNN melalui telepon selularnya di Jakarta, Minggu (20/11). Menurut Suyanto, harus asa solusi alternatif setelah penolakan Kemenkeu itu. Tujuannya, agar pemberhentian penggunaan anggaran APBN di akhir tahun 2011 ini tidak mengganggu proses rehabilitasi sekolah rusak yang memang ditarget selesai pada akhir bulan Desember 2011. “Solusinya pasti ada. Hanya saja, masih sedang didiskusikan bersama Pak Menteri dan lainnya,” imbuhnya.

…dst

13 ) Kepala Balitbang Buka Forum Pendidikan APEC
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/125

21 November 2011
Bali — Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan The 7th APEC Future Education Forum, dan The 9th International APEC Learning Community Builders (ALCoB) Conference. Dua  pertemuan ini masuk agenda kegiatan Internasional APEC di bawah Human Resource Development Working Group (HRD WG). Konferensi berlangsung di Sanur, Bali pada 14 – 16 November 2011, dengan tema “Systematic Change and Share Prosperity in APEC by Utilizing ICT”. Forum ini diharapkan dapat memberikan kesempatan berharga untuk para tenaga pendidik, pejabat pemerintah, peneliti, guru, dan pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan untuk berbagi praktek terbaik mereka dan ide-ide tentang pendidikan di masa depan, dan juga sebagai wadah kerja sama timbal balik di bidang pendidikan.

…dst

14 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Anak Indonesia jawara olimpiade robot 
Kabupaten Purbalingga segera buka SMK gratis
Kemendikbud Minta Buku Salah Cetak Ditarik
300 Ijazah Siswa Ditahan Sekolah karena tak ada biaya
Marak Korupsi
Jaksa yang Tertangkap Tangan Itu Kasubag Kajari Cibinong
KPK Sita Uang Rp 100 Juta dari Mobil Jaksa Kejari Cibinong
KPK Tangkap Tangan Seorang Jaksa dan Dua Swasta
Mantan Sekjen Deplu Kembali Jadi Tersangka Korupsi
Tragedi Bola
Dua Suporter Tewas di Gelora Bung Karno 
Sekilas Luar Negeri
Libya
Saif Khadafy Mengaku sebagai Gembala Unta
Saif: Khamis Masih Hidup
Libya Tolak Ektradisi Saif ke Den Haag
Putra Gaddafi akan diadili di Libya
Mantan Kepala Intelijen Khadafi Ditangkap
Filipina
Sel Khusus Disiapkan untuk Arroyo
Kasus Korupsi Filipina Lebih Luas
Mesir
Kairo Kian Membara
Kabinet Mesir mundur
Uni Eropa kecam pertumpahan darah di Mesir
Iran
Obama sahkan sanksi baru yang terarah terhadap Iran
Dokumen di Selokan
Kok Bisa Ya, Dokumen Kunjungan Obama ke Australia Ditemukan di Selokan
Australia selidiki kebocoran keamanan Obama