1 ) Dekan Fakultas Hukum UI Wafat
http://www.tempo.co/read/news/2011/11/26/079368581/Dekan-Fakultas-Hukum-UI-Wafat

Sabtu, 26 November 2011 | 14:49 WIB
TEMPO.CO, Depok – Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia periode 2008-2012, Profesor Safri Nugraha, meninggal di Rumah Sakit Bunda Margonda, Depok, Jawa Barat, hari ini, Sabtu, 26 November 2011 sekitar pukul 05.00 WIB. “Kami kehilangan seorang guru besar administrasi negara,” kata Profesor Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional UI. Beliau, kata Hikmahanto, dikenal sangat konsen terhadap masalah tata kelola pemerintahan yang baik di Indonesia. Menurut Hikmahanto, Safri mendadak anfal saat menghadiri acara kemahasiswaan di Fakultas Hukum pada Jumat, 25 November 2011 sore. Profesor kelahiran Jakarta, 24 April 1963 ini tiba-tiba lemas setelah menyanyikan 2 tembang milik Koes Plus. Tangan profesor yang dikenal penyuka lagu Koes Plus dan The Beatles ini tidak bisa digerakkan, tapi tidak sempat jatuh. “Beliau memang memiliki riwayat stroke sebelumnya,” katanya.

…dst

2 ) Universitas Ahmad Dahlan Gelar Festival Muhamaram
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/11/26/lv9g3d-universitas-ahmad-dahlan-gelar-festival-muhamaram

Sabtu, 26 November 2011 16:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) PP Muhammadiyah menggelar festival Muharram 1433 H di kampus I Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Sabtu (26/11). Festival Muharram yang digelar untuk menyambut tahun baru Hijriyah ini dimeriahkan dengan karya karya sembilan senirupa Muhammadiyah. Sembilan perupa tersebut antara lain, Timbul Raharjo, Syaiful Adnan, Tri Purwanto, Robert Nasrullah, Djanjang PS ,Chairudin, A Zainuri, dan Mery Suska. Pembukaan festival Muharram sendiri dilakukan oleh Rektor UAD Kasiyarno dan Ketua PP Muhammadiyah Syukriyanto. Pembukaan dilakukan dengan goresan lukisan dikanval oleh Kasiyarno dan Syukriyanto bersama seluruh perupa Muhammadiyah.

…dst

3 ) Persatuan Insinyur Indonesia akan Selidiki Robohnya Jembatan Kutai Kartanegara
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/11/27/lva27g-persatuan-insinyur-indonesia-akan-selidiki-robohnya-jembatan-kutai-kartanegara

Minggu, 27 November 2011 00:06 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) M Said Didu menyatakan, PII siap melakukan investigasi menyeluruh penyebab runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara jika pemerintah mempercayakan kepada organisasi profesi itu. “PII siap melakukan investigasi tersebut seandainya pemerintah mempercayakan ke PII,” kata Said Didu dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (26/11). Ia menyebutkan, PII sangat prihatin atas kejadian ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara yang menelan korban jiwa yang seharusnya bisa dicegah. Selanjutnya PII mengharapkan adanya investigasi komprehensif mulai dari konsultan perencana, kontraktor, dan konsultan pengawas, serta semua hali yang terlibat. Menurut dia, di negara-negara yang sudah memiliki Undang-undang Profesi Insinyur maka investigasi lebih mudah dilakukan berdasar undang-undang profesi itu. “Sayangnya Indonesia belum memiliki UU tersebut, padahal PII siap melakukan investigasi seandainya pemerintah mempercayakan ke PII,” kata Said Didu. Sebelumnya Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, menduga bahwa kelalaian perawatan terhadap jembatan atau perawatan yang tidak sesuai prosedur merupakan penyebab ambruknya jembatan itu.

…dst

4 ) Dokter Umum Boleh Praktek Spesialis
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/11/27/279439/293/14/Dokter-Umum-Boleh-Praktek-Spesialis

SURABAYA–MICOM: Menteri Kesehatan Endang Rahayu Setyaningsih memperbolehkan dokter umum untuk berpraktik spesialis apabila yang bersangkutan bertugas di daerah yang tidak ada dokter spesialisnya. “Itu baru kita mulai dengan Unair melalui kerja sama dengan 62 rumah sakit, nantinya akan kita atur dasar hukumnya,” katanya di sela Temu Alumni 1950-2006 di aula Fakultas Kedokteran (FK) Unair, Surabaya, Sabtu (26/11).Didampingi Dekan FK Unair Prof Dr dr Agung Pranoto MSc, ia menjelaskan hal yang akan diatur, di antaranya apa yang boleh dan tidak boleh untuk praktik di daerah itu. “Misalnya, daerah yang nggak ada dokter spesialis, tentu boleh dokter umum berpraktik spesialis, tapi kalau di sana ada dokter spesialis ya nggak boleh,” katanya yang juga didampingi Wagub Jatim H Saifullah Yusuf.

…dst

5 ) Obat Herbal Jadi Pendamping Dokter
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446766/

Sunday, 27 November 2011
JAKARTA – Langkah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan menyediakan obat herbal atau jamu di puskesmaspuskesmas mendapat dukungan dari kalangan pengusaha jamu. Mereka berharap, jamu bisa menjadi pendamping bagi dokter untuk melakukan pengobatan. “Kami mengapresiasi langkah pemerintah yang akhirnya mengembangkan jamu yang menjadi kekayaan bangsa dalam dunia kedokteran,” kata Direktur Utama PT Sido Muncul Irwan Hidayat seusai tasyakuran atas diraihnya Economic Challenger Award Metro TV dalam bidang farmasi kemarin. Irwanmengungkapkan,obat herbal atau jamu yang telah dikembangkan secara modern dinilai cocok untuk masyarakat Indonesia.Terutama jamu yang bisa menambah nafsu makan, mengurangi masuk angin, atau mengurangi asam lambung. Dia menambahkan, pihaknya juga mengajak kalangan perguruan tinggi untuk terus mengembangkan riset jamu tradisional.Melalui riset tersebut, masyarakat makin percaya terhadap kekayaan warisan tradisi ini.

…dst

6 ) UII-Saxion University dalami program “double degree”
http://www.antaranews.com/berita/286469/uii-saxion-university-dalami-program-double-degree

Sabtu, 26 November 2011 07:14 WIB
Yogyakarta, 26/11 (ANTARA) – Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dan Saxion University, Belanda, melakukan pendalaman program “double degree” atau gelar ganda 3+1 bagi mahasiswa masing-masing universitas.”Program 3+1 itu adalah mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) belajar di Saxion University pada tahun keempat setelah tiga tahun kuliah di UII, begitu juga sebaliknya,” kata pengelola Program Internasional UII Nihlah Ilhami di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia, hal itu dimaksudkan agar ada pengakuan kredit dari universitas masing-masing, sehingga tidak perlu mengulangi materi di universitas tujuan. Selain itu, masing-masing mahasiswa juga tidak akan dikenai biaya. “Pembicaran kerja sama antara kedua universitas sebenarnya sudah dimulai sejak awal 2011, yang dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman pada Maret 2011. Saat ini kedua universitas sedang melakukan pembahasan untuk kemudian dilanjutkan ke tahapan pelaksanaan,” katanya. Ia mengatakan respons positif juga telah ditunjukkan oleh beberapa fakultas yang ada di UII, seperti Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi yang telah siap untuk menjalankan program tersebut.

…dst

7 ) 80 Persen Lulusan Perdana UMN Sudah Dapat Kerja
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/26/16294224/80.Persen.Lulusan.Perdana.UMN.Sudah.Dapat.Kerja

Sabtu, 26 November 2011 | 16:29 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 80 persen lulusan perdana Universitas Multimedia Nusantara telah telah mendapat pekerjaan. Mereka diharapkan mampu berkontribusi terhadap pengembangan industri kreatif di tanah air. Demikian terungkap dalam acara wisuda perdana UMN di Kampus UMN di kawasan Serpong, Sabtu (26/11/2011). Acara wisuda perdana ini dihadiri pendiri Kompas Gramedia Jacob Oetama dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Dalam acara tersebut juga disampaikan, dua wisudawan perdana mendapatkan beasiswa program Magister di dua Universitas Jepang dan Malaysia.

…dst

8 ) Kuliah Umum – Mahfud: Jadi Capres, Uang Darimana
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446801/

Sunday, 27 November 2011

BANDUNG – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengaku tidak mempunyai model atau modal untuk maju menjadi calon presiden pada 2014 mendatang.Apalagi sebagai presiden harus mengerti banyak hal mulai dari masalah ekonomi, kesehatan, hingga kehutanan.”Saya hanya mengerti hukum,nggak yang lain.Selain itu nggak punya modal, uang juga nggak ada,” ujar Mahfud pada kuliah umum dengan tema “Membangun Konstitusi Negara yang Kokoh” di Aula Barat Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca, Kota Bandung, kemarin. Dia menegaskan tidak akan mencalonkan diri sebagai presiden. “Saya tidak punya partai dan tidak akan masuk partai, calon presiden kan harus masuk partai,” ucapnya.

…dst

9 ) Palawa Unpad Susuri Gua 8 Km di Laos
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446802/

Sunday, 27 November 2011
BANDUNG– Sebanyak 14 mahasiswa pecinta alam yang tergabung dalam Palawa Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyusuri gua yang memiliki sungai bawah tanah terbesar di dunia yang terletak di Laos. Ekspedisi caving atau susur gua dengan tema Indonesia Padjadjaran Gigantic River Cave Expedition di Gua Khoun Xe,Laos, itu akan dimulai pada 29 November hingga 13 Desember 2011. Menurut Ketua Indonesia Padjadjaran Gigantic River Cave Expedition Laos Dwi Jaya Andika Siregar,ekspedisi ini untuk membandingkan kondisi karst di Indonesia dan Laos. Inspirasi muncul dari keprihatinan mereka selama berkegiatan alam banyak karst di Indonesia yang rusak.

…dst

10 ) Beasiswa 5 Tahun asal Bisa Jaga Keperawanan
http://internasional.kompas.com/read/2011/11/26/04450964/Beasiswa.5.Tahun.asal.Bisa.Jaga.Keperawanan

Sabtu, 26 November 2011 | 04:45 WIB
BO, KOMPAS.com — Pemerintah kota Bo, Sierra Leone, menawarkan beasiswa selama lima tahun khusus kepada pelajar putri. Namun, ada syarat khusus yang harus dipenuhi, yakni mereka harus menjaga keperawanan sampai mereka lulus, kantor berita AFP melaporkan, Jumat (25/11/2011). Pemerintah kota terbesar kedua di Sierra Leone itu berharap bisa memastikan “setidaknya 80 persen pelajar putri menjaga kegadisan sampai mereka menyelesaikan masa pendidikan”, seperti dinyatakan ketua dewan kota Bo, Matthew Margao. Margao menambahkan, beasiswa itu diberikan sampai para mahasiswi itu menyelesaikan perguruan tinggi. Dewan kota memutuskan skema itu sebagai cara untuk mengurangi kehamilan di usia remaja sekaligus mengampanyekan agar kaum perempuan mendapat pendidikan tinggi. Margao berharap kota-kota lain juga mengikuti kebijakan pemerintah kotanya.”Petugas kesehatan perempuan” akan ditugaskan untuk memeriksa keperawanan para penerima beasiswa.

…dst

11 ) RS Harus Penuhi Akreditasi Baru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/446715/

Sunday, 27 November 2011
BANDUNG – Standar akreditasi baru rumah sakit akan diterapkan pada 2012. Berbeda dengan akreditasi sebelumnya, akreditasi baru ini lebih menitikberatkan pada pelayanan yang memenuhi standar keamanan, tidak hanya bagi pasien tapi juga dokter, pegawai, dan rumah sakit. “Akreditasi baru ini bertujuan memperbaiki pelayanan rumah sakit, fokusnya semua berujung pada pasien, kalau pelayanan baik pasien pasti akan puas,” kata Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jabar Nanang W Astarto di sela-sela seminar dan pelantikan pengurus Persi dan Makersi Jabar di Hotel Aston Tropicana, Jalan Cihampelas, Kota Bandung,kemarin. Berbeda dengan akreditasi yang ditetapkan pada 2007 yang terdiri dari penilaian lima layanan, 16 layanan,dan lainnya.Akreditasi baru ada beberapa tingkatan yang harus dilalui rumah sakit yaitupratama,madya,utama,dan paripurna.”Akreditasi baru ini menyempurnakan akreditasi 2007 dan merujuk akreditasi internasional,” ucapnya.

…dst

12 ) Suharni, Rintis Sekolah di Pedalaman Digaji Rp 200 Per Hari
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/26/13011740/Suharni.Rintis.Sekolah.di.Pedalaman.Digaji.Rp.200.Per.Hari

Sabtu, 26 November 2011 | 13:01 WIB
PELALAWAN, KOMPAS.com – Suharni (46) menjadi saksi hidup bagaimana pendidikan mulai bergerak di kawasan transmigrasi yang terletak di antara ribuan hektar kebun sawit di Desa Silikuan Hulu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. Suka duka dialaminya sejak menjadi transmigran pada tahun 1989 di lumbung minyak sawit itu. Di sana, perkembangan pendidikan memang berjalan lambat. Namun, pelan tapi pasti tujuh orang transmigran di Silikuan Hulu akhirnya memutuskan membuat sekolah bagi anak-anak transmigran pada bulan Januari 1990. Tidak ada gedung sekolah megah, yang ada hanya rumah warga. Mereka pun mengajar tanpa buku teks apalagi alat peraga. “Saat itu didata siapa saja penduduk yang punya latar belakang sekolah guru. Ternyata, ada tujuh orang, termasuk saya,” kata Suharni, Jumat (25/11/2011), saat dijumpai di SDN 010 Silikuan Hulu dalam peringatan Hari Guru.

…dst

13 ) Data Dimanipulasi, Sertifikasi Guru Diperketat
http://www.jpnn.com/read/2011/11/26/109242/Data-Dimanipulasi,-Sertifikasi-Guru-Diperketat-

Sabtu, 26 November 2011 , 19:33:00
JAKARTA–Proses pengajuan sertifikasi guru harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Kemdikbud) Ainun Naim mengatakan, selama ini banyak kasus di daerah yang melakukan kecurangan dan manipulasi data guru yang menjadi peserta sertifikasi. Salah satu kecurangan yang kerap terjadi adalah persyaratan jam mengajar guru. Syarat sertifikasi adalah guru harus memenuhi jumlah total jam mengajar sebanyak 24 jam dalam satu minggu. Jika dalam satu minggu jumlah total jam mengajar hanya enam jam, itu dipastikan tidak lolos sertifikasi. “Kita ingin mengingatkan agar pemberian sertifikasi guru harus sesuai aturan yang berlaku. Kalau ada kekeliruan harus diklarifikasi. Kalau ada kecurangan harus ditindak karena sudah ada peraturan bersama lima kementerian,” tegas Ainun kepada JPNN di Jakarta, Sabtu (26/11).

…dst

14 ) Tenaga Pengajar
2012, Distribusi Guru Libatkan Lima Kementerian
http://edukasi.kompas.com/read/2011/11/27/07511175/2012.Distribusi.Guru.Libatkan.Lima.Kementerianv

Minggu, 27 November 2011 | 07:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Mulai Januari 2012, lima kementerian sepakat untuk melakukan penataan dan pemerataan guru pegawai negeri sipil (PNS). Hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan yang merata di seluruh Indonesia. “Kesepakatan lima menteri ini sudah ditandatangani melalui peraturan bersama. Ini tindak lanjut dari instruksi Presiden mengenai regulasi pemerataan distribusi guru yang menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Jumat (25/11/2011) di Kemdikbud, Jakarta. Lima kementerian itu adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), Kemdikbud, Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Kementerian Agama (Kemenag).

…dst

15 ) Sekilas dalam Negeri

Sekilas Luar Negeri
Pakistan
Iran
Suriah