2nd Health Professional Education Quality (HPEQ) International Conference
Written by Layanan Informasi

http://www.dikti.go.id/

Wednesday, 07 December 2011 13:11

Bali, 5 Desember 2011– Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan 2nd Health Professional Education Quality (HPEQ) International Conference , di Bali, pada 3-5 Desember 2011. Tema konferensi kali ini adalah “Mempromosikan Kesehatan melalui Kolaborasi antar Profesi Kesehatan (Promoting Health through Interprofessional Education)”.

Konferensi HPEQ 2011 ini dibuka secara resmi oleh Dirjen Dikti Djoko Santoso. Hadir dalam pembukaan konferensi mantan Wamen Kemdikbud Fasli Jalal, Ketua Panitia Pelaksana 2nd HPEQ International Conference Sudibyo, Rektor Universitas Udayana Made Bakta, Koordinator Kopertis VIII dan perwakilan dari provinsi Bali. Djoko sangat menyambut baik Konferensi HPEQ 2011 ini. Melalui Konferensi ini Djoko berharap agar tujuan proyek HPEQ untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan untuk dokter, dokter gigi, perawat dan bidan dapat dicapai.

Sudibyo menyatakan bahwa selama konferensi ini berlangsung, tujuh institusi pendidikan tinggi dibidang profesi kesehatan : kedokteran,kedokteran gigi, kebidanan, farmasi, gizi, dan kesehatan masyarakat akan berkolaborasi dan berdiskusi  untuk menuju kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.  Ada beberapa upaya yang diagendakan dalam konferensi kali ini yaitu: memperkuat jaminan kulaitas kebijakan untuk kesehatan profesi pendidikan, meningkatkan system akreditasi dan kompetensi pemeriksaan, dan meningkatkan kualitas penyedia layanan kesehatan melalui pendidikan yang lebih baik bagi institusi pendidikan tinggi bidang profesi kesehatan.

Konferensi  ini dihadiri sekitar 1.000 orang peserta. Mereka adalah para pemimpin institusi pendidikan tinggi kesehatan, mahasiswa pendidikan tinggi kesehatan, tim pokja HPEQ, para pemenang hibah penelitian dan abstrak, serta tamu undangan yang merupakan pemangku kepentingan (stakeholder) utama HPEQ, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ada 17 pembicara internasional dan 20 pembicara nasional yang akan mengisi sesi ilmiah. Mereka ahli di bidang penjaminan mutu, assessment, kemitraan, dan pendidikan internasional.

Konferensi ini mengemban misi mensosialisasikan arah kebijakan bagi pendidikan tinggi bidang kesehatan kepada institusi penyelenggara pendidikan dan masyarakat. Menjaring aspirasi masyarakat untuk pendidikan tinggi kesehatan di Indonesia, juga menjadi tujuan ajang ini.Acara ini merupakan forum bagi praktisi kesehatan Indonesia dalam berbagi pengalaman, praktek, hambatan dan tantangan serta capaian implementasi program untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan.