1 ) Sondang Diberi Gelar Sarjana
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/450961/38/

Monday, 12 December 2011
JAKARTA– Pelaku bakar diri Sondang Hutagalung yang meninggal dunia, Sabtu (10/12), diberi gelar sarjana kehormatan ilmu hukum oleh Universitas Bung Karno. Sondang yang meninggal tepat di Hari Hak Asasi Manusia kemarin dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Kelapa,Jakarta Timur. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Daniel Panda mengatakan, meskipun pihak Universitas Bung Karno (UBK) bangga dengan Sondang Hutagalung, mereka amat menyayangkan aksi yang telah dilakukan oleh salah satu anak didiknya tersebut. Amat mahal harga yang harus dibayar dengan aksi tersebut mengingat Sondang merupakan sosok pemuda yang memiliki semangat juang tinggi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Sementara itu Staf Advokasi Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Chrisbiantoro mengatakan, Sondang adalah sosok yang murni berjuang untuk kehidupan yang lebih baik bagi rakyat tertindas.

…dst

2 ) Beasiswa Bidik Misi Diblokir, Mahasiswa Protes
http://www.jpnn.com/read/2011/12/12/110939/Beasiswa-Bidik-Misi-Diblokir,-Mahasiswa-Protes-

Senin, 12 Desember 2011 , 00:48:00
TONDANO – Beasiswa Bidik Misi untuk mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unima) berprestasi dan tak mampu dipertanyakan. Pasalnya, beasiswa dengan nilai Rp 6 juta yang sudah ada di rekening, tiba-tiba lenyap saat akan diambil. Persitiwa ini menimpa pada puluhan mahasiswa, dari total 356 penerima. Menurut salah satu mahasiswa yang minta namanya tidak dipublikasikan, beberapa hari lalu setelah mendapat informasi beasiswa mulai dicairkan, dirinya bersama beberapa rekan mengecek, dan menemukan uang tersebut telah masuk di nomor rekening. “Aneh memang, hanya selang sehari, saat akan diambil, uang sudah hilang dari rekening dan saldo kembali seperti semula,” ujarnya. Hal yang sama dialami mahasiswa lainnya. Menurutnya, saat mengetahui beasiswa “hilang”, bersama rekan lainnya langsung mendatangi bank. “Pihak bank sendiri memberi penjelasan bahwa uang beasiswa masih ada, namun diblokir oleh pihak Unima. Terus terang kami sangat kecewa, karena beasiswa tersebut sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

…dst

3 ) Beasiswa Tertunda- Mahasiswa Indramayu Tagih Janji
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/450857/

Monday, 12 December 2011
INDRAMAYU – 103 mahasiswa asal Kabupaten Indramayu menagih janji Pemerintah Kabupaten Indramayu terkait beasiswa pendidikan dalam program Supermotivasi. Pasalnya,bantuan beasiswa yang dijanjikan hingga kini belum juga terealisasi. Wirana, 22, mahasiswa ITB jurusan teknis mesin, mengatakan beasiswa super motivasi biasanya cair pada Juli hingga Agustus.Namun, hingga awal Desember belum juga ada kejelasan. “Beasiswa ini sangat dibutuhkan mahasiswa untuk menunjang pembiayaan perkuliahan,” katanya. Beasiswa Supermotivasi bagi mahasiswa ini jumlahnya bervariasi mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp7,5 juta. Program ini telah berjalan kurang lebih delapan tahun atau sejak 2002. Wirana menjelaskan, penerima beasiswa Supermotivasi ini tersebar di sejumlah perguruan tinggi negeri di Bandung seperti ITB, Unpad, dan UPI serta Politeknik Bandung. Hal senada juga diungkapkan Prasetya, 20, mahasiswa ITB jurusan perencanaan wilayah dan kota.Dia berharap beasiswa Supermotivasi dapat segera turun sebelum akhir tahun nanti.”Kami menunggu selama beberapa bulan, tapi hingga kini masih tertunda,” katanya.

…dst

4 ) IKA-ITS Beri Beasiswa
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/12/283228/293/14/IKA-ITS-Beri-Beasiswa

Senin, 12 Desember 2011 00:11 WIB
JAKARTA–MICOM: Keluarga Besar Ikatan Alumni Institut Teknologi Surabaya (IKA-ITS) kembali memberikan beasiswa bagi mahasiswa ITS yang kurang mampu. Ini merupakan tahun keenam IKA-ITS dan Senat Alumni ITS memberikan beasiswa. “Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa lama dan mahasiswa yang pandai namun tidak mampu. Kami menanggung biaya hidup, SPP dan uang buku,” kata Katua Senat Alamuni ITS Priyo Suprobo didampingi Ketua Umum IKA-ITS Irnanda Laksanawan seusai turnamen Persatuan Golf Alumni ITS, di Jakarta, Minggu (11/12). Pada even itu, para alumni berhasil mengumpulkan Rp80 juta. “Semua donasi ini diperuntukan untuk beasiswa mahasiswa ITS,” kata Irnanda. Menurut dia, hingga kini IKA-ITS telah membantu 120 mahasiswa tidak mampu tersebut.

…dst

5 ) 20 karya mahasiswa bahas enerji terbarukan dalam temu ilmiah London
http://www.antaranews.com/berita/288222/20-karya-mahasiswa-bahas-enerji-terbarukan-dalam-temu-ilmiah-london

Jumat, 9 Desember 2011 04:44 WIB
London (ANTARA News) – Sebanyak 20 dari 210 karya tulis abstract mahasiswa Indonesia dari seluruh penjuru dunia yang berhubungan dengan enerji terbarukan dipresentasikan dalam Temu Ilmiah Internasional Mahasiswa Indonesia (TIIMI), yang diadakan Perhimpunan Pelajar Indonesia di UK (PPI UK) untuk ke 11 kalinya di KBRI London, selama tiga hari pekan silam. Dari segi kualitas karya ilmiah dan poster, yang diterima panitia TIIMI 2011 , mahasiswa Indonesia menunjukkan kemampuan dalam mempresentasikan enerji terbarukan, ujar Dr. Dessy Irawati, dari Universitas Newcastle, Ilmuwan wanita yang menjadi ketua board of reviewers kepada ANTARA London,Jumat. “Kami berhasil menarik extended abstract sebanyak 210 karya tulis dari seluruh penjuru dunia dan akhirnya 20 karya ilmiah dan 10 poster terpilih setelah menjalani proses review yang lebih sulit dan ketat daripada TIIMI tahun-tahun sebelumnya,” ujar Dessy pengajar di Sekolah Bisnis Universitas Newcastle, Inggris. Dikatakannya board of reviewers yang beranggotakan 10 orang dengan menerapkan sistem semi double blind, suatu sistem yang sudah lumrah untuk menyaring dan mereview jurnal untuk skla international.

…dst

6 ) Kemdikbud Giat Kampanye Hasil Penelitian
http://www.jpnn.com/read/2011/12/12/110937/Kemdikbud-Giat-Kampanye-Hasil-Penelitian-

Senin, 12 Desember 2011 , 00:16:00
BANDUNG – Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar acara Kampanye Nasional Hasil-Hasil Penelitian, Pemikiran dan Pengembangan Pendidikan. Kepala Balitbang Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro mengatakan, kegiatan ini digagas sebagai upaya pemerintah untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan.”Hasil-hasil litbang ini meliputi indikator makro pendidikan, roadmap penelitian kebijakan pendidikan, Renstra Balitbang Kemdikbud 2010-2014, polling kebijakan pendidikan, hingga produk lainnya,” ungkap Khairil disela acara Kampanye Nasional Hasil Penelitian di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu (11/12) malam. Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) bidang Ilmu Statistik ini mengharapkan, hasil-hasil penelitian dan pengembangan pendidikan dapat dimanfaatkan oleh para end user. “Selain itu, kegiatan ini diharapkan juga dapat menghasilkan berbagai dokumen yang bisa digunakan sebagai bahan pengambilan kebijakan baik di tingkat pusat maupun daerah. Sehingga ke depannya, juga dapat meningkatkan pengelolaan pendidikan secara efektif, efisien dan akuntabel,” paparnya.

…dst

& ) Teknologi nano kian diminati kalangan industri
http://www.antaranews.com/berita/288457/teknologi-nano-kian-diminati-kalangan-industri

Minggu, 11 Desember 2011 07:23 WIB
Bogor (ANTARA News) – Ketua Masyarakat Nanoteknologi (MNI), Dr Nurul Taufiqu Rohman, menyatakan, teknologi nano yang dikembangkan kini semakin menarik minat kalangan industri.”Teknologi nano diyakini sebagai sebuah konsep teknologi yang akan melahirkan revolusi industri baru di abad ke-21. Beberapa cabang ilmu terapan dan medis mengadopsi nanoteknologi dan nanosains dan menjadikan pondasi utamanya,” katanya dalam surat elektronik yang diterima dari Humas Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) di Bogor, Sabtu. Nurul Taufiqu Rohman yang juga anggota Dewan Pakar MITI kemudian mencontohkan perkembangan teknologi nano dalam dunia komputer. Teknologi nano itu, kata dia, telah mengubah tidak hanya ukuran komputer semakin ringkas namun juga peningkatan kemampuan dan kapasitas yang luar biasa. “Sehingga memungkinkan penyelesaian program-program raksasa dalam waktu singkat,” katanya menegaskan. Menurut dia, bila diimplementasikan dalam pengolahan baja, maka nanobaja mampu menghasilkan baja yang berstruktur halus karena mampu mencapai ukuran beberapa puluh nanometer saja.

…dst

8 ) Keunggulan Kampus Ditentukan Faktor Keilmuan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/12/283229/293/14/Keunggulan-Kampus-Ditentukan-Faktor-Keilmuan

Senin, 12 Desember 2011 00:49 WIB
JAKARTA–MICOM: Keunggulan sebuah kampus ditentukan oleh kualitas keilmuan yang baik dan teorinya digunakan dalam dunia akademik. “Jadi keilmuannya yang utama bukan fasilitas gedung mewah. Untuk itu para guru besarnya mesti bermukim di kampus mengajar dan menulis tidak berpolitik,” kata Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Muti saat sambutan pada milad ke-56 Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di kampus UMJ ,Rempoa, Tangerang Selatan, Minggu (11/12). Acara tersebut dihadiri Rektor UMJ Masyitoh, Rektor UI Gumelar Rusliwa, tokoh Muhammadiyah Husni Thoyar dan lain lain. Abdul Muti mencontohkan Universitas Al Azhar di Mesir yang terkenal dengan keulamaan dan keilmuannya. Dengan kualitas dan pengalaman yang dimiliki UMJ selama setengah abad lebih Abdul Mu’ti menyatakan Muhammadiyah sudah menjadi trademark yang dipercaya publik. “Jadi Muhammadiyah itu dipercaya. Karena itu warga Muhammadiyah mesti tertib dan memasyarakat serta mampu menunjukan sebagai warga yang baik dan rukun,”cetusnya.

…dst

9 ) Mahasiswa Harus Berkarakter
http://www.jpnn.com/read/2011/12/12/110950/Mahasiswa-Harus-Berkarakter-

Senin, 12 Desember 2011 , 04:33:00
MAKASSAR – Sedikitnya 650 mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti pendidikan karakter secara bertahap di Hotel La Macca UNM. Pada angkatan pertama Minggu, (11/12) 250 mahasiswa menjadi peserta. Rektor UNM, Prof Dr Arismunandar yang membuka kegiatan ini mengungkapkan pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa. Menurut dia, sebagai kaum terdidik, mahasiswa tidak hanya memiliki kompetensi akademik, tetapi juga karakter individu yang mantap. Sejumlah praktisi memberi materi dan pencerahan kepada 250 mahasiswa angkatan 2011 FMIPA tersebut. Mereka antara lain Abdul Saman yang membawakan materi membangun kesadaran diri, Bahrul Ulum yang mendorong pengembangan wira usaha dan Adi Wijaya yang mengangkat tentang menggali potensi diri

…dst

10 ) 339 Guru Dikirim ke Daerah Tertinggal
http://www.jpnn.com/read/2011/12/12/110946/339-Guru-Dikirim-ke-Daerah-Tertinggal-

Senin, 12 Desember 2011 , 03:11:00
MAKASSAR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengirim 2.700 sarjana pendidikan untuk mengajar di pulau tertinggal dan terluar. 339 di antaranya merupakan sarjana pendidikan asal Sulsel. Pelepasan 339 sarjana peserta Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T dilakukan langsung Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Prof Dr Djoko Santoso di kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), Minggu (11/12). Rektor UNM, Prof Arismunandar dan Rektor Unhas, Prof Idrus Paturusi ikut hadir dalam acara itu. Djoko Santoso mengatakan program ini dimaksudkan untuk menambah kompetensi sosial dan kompetensi personal para sarjana pendidikan. Seorang guru, kata dia harus memiliki empat kompetensi. Dua kompetensi lainnya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang sudah diperoleh dan dipelajari selama kuliah. “Program ini juga membuktikan kalau wilayah Indonesia ini cukup luas. Kami yakin setelah setahun mengabdi di tempat tugasnya, peserta PSMD3T ini akan memperoleh pengalaman banyak,” kata Djoko kemarin.

…dst

11 ) Jumlah Guru untuk Daerah Tertinggal Bertambah
UPS Pilih Alumni Terbaik
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/12/169662/Jumlah-Guru-untuk-Daerah-Tertinggal-Bertambah

12 Desember 2011
TEGAL-Jumlah guru alumni dari berbagai program studi (Prodi) di FKIP UPS Tegal yang dikirim ke beberapa daerah tertinggal, terdepan dengan perbatasan negara lain, dan wilayah terluas, bertambah. Dari data semula 17 orang, kini meningkat menjadi 19 orang guru. Hal itu diketahui saat dilakukan pelepasan pemberangkatan di FKIP UPS Tegal, Sabtu (10/12) lalu. Pelepasan dilakukan Dekan FIKP Dr Hj Sitti Hartinah DS MM, didampingi sejumlah dosen. Selain memberikan nasihat, juga kenang-kenangan dan perbekalan lain.

…dst

12 ) Unnes Kirim 294 Guru ke Pelosok
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/450896/

Monday, 12 December 2011
SEMARANG– Universitas Negeri Semarang (Unnes) hari ini akan mengirim 294 sarjana kependidikan ke sejumlah daerah terpencil. Mereka diharapkan mampu bertugas selama setahun di daerah tugasnya. Para sarjana ini,selama dua hari (8–9/12) telah mengikuti pelatihan dan pembekalan pada program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) di Balai Diklat Provinsi Jateng.Melalui pembekalan, para calon guru diharapkan siap bertugas selama setahun di tiga daerah yang telah ditentukan. Yakni, Manggarai (NusaTenggaraTimur/NTT), Ende (NTT) dan Aceh Besar (Nangroe Aceh Darussalam). Koordinator Tim Pembekalan SM3T dari Unnes Ali Formen mengatakan, para calon guru itu diberikan pembekalan materi ketahan malangan bekerja sama dengan prajurit Rindam IV/Diponegoro.

…dst

13 ) Berlanjut Tuntutan Mahasiswa Vokasi UGM untuk Alih Jalur
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/11/283182/293/14/Berlanjut-Tuntutan-Mahasiswa-Vokasi-UGM-untuk-Alih-Jalur

Minggu, 11 Desember 2011 22:09 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Mahasiswa vokasi (diploma) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, terus melanjutkan tunturan agar ada program alih jalur sehingga mereka bisa melanjutkan ke jenjang S1. Demonstrasi sempat ribut setelah ada beberapa mahasiswa yang terluka karena memecahkan kaca pintu yang menuju ke ruang Rektor UGM, Jumat (9/12). Hingga Minggu (11/12), mereka masih menduduki gedung rektorat UGM. Aksi mahasiswa vokasi UGM ini telah berlangsung sejak Senin (5/12). “Aksi kami lakukan sampai ada kepastian UGM membuka program alih jalur dari diploma ke S1,” ungkapnya Neil Aiwoy, Ketua Forum Kominikasi Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM, Minggu (11/12).

…dst

14 ) Merantau, Dani Rela Jadi Pedagang Asongan
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/10/373/540698/merantau-dani-rela-jadi-pedagang-asongan

Minggu, 11 Desember 2011 10:02 wib
JAKARTA – Harga yang harus dibayar untuk mengenyam pendidikan di Indonesia sangatlah mahal. Apalagi untuk jenjang pendidikan yang semakin tinggi. Bahkan, tidak ayal mahasiswa harus rela ‘turun tangan’ untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini yang dialami Kamdani Setyawan, seorang mahasiswa jurusan Agronomi Agrikultra di Institut Pertanian Bogor (IPB). Demi membayar kebutuhan hidup dan biaya kuliahnya, Dani, begitu dia biasa disapa, rela menjadi pedagang asongan di stasiun. Dani memulai kuliahnya di IPB melalui program beasiswa. Namun, dalam penyalurannya, beasiswa ini mengalami kemacetan. “Saya masuk IPB melalui sebuah program beasiswa. Namun, di tengah jalan, penyaluran dana beasiswa tersebut macet sehingga saya harus mencari pekerjaan untuk menutupi kebutuhan tersebut,” ujar Dani di Ballroom Djakarta Theatre, belum lama ini.

…dst

15 ) Gustinov Bangkit dari Kenestapaan dengan Eco Bike
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/10/372/540615/gustinov-bangkit-dari-kenestapaan-dengan-eco-bike

Sabtu, 10 Desember 2011 15:53 wib
JAKARTA – Bencana alam merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Namun, daripada terus-menerus meratapi kejadian tersebut, hal ini justru menjadi sumber inspirasi bagi salah satu putra bangsa. Adalah Gustinov Brilliant Aji Putra, seorang pemuda asal Bantul, Yogyakarta, menciptakan sebuah sepeda hasil modifikasi yang dapat menjadi sumber energi baru. Pengalaman ini dibaginya dalam sesi Inspiring People besutan British Council di Epiwalk, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/12/2011). Tino begitu dia biasa disapa mengatakan, gempa bumi yang menimpa Yogyakarta pada 2006 menjadi sumber inspirasi terbesar yang mendasari Eco Bike ciptaannya.

…dst

16 ) Kompetensi Lulusan PT Sangat Penting
http://www.pikiran-rakyat.com/node/168910

Minggu, 11/12/2011 – 15:54
YOGYAKARTA, (PRLM).- Nilai tinggi bagi mahasiswa dan kuliah tepat waktu sangat dianjurkan dalam kuliah, dengan syarat aspek kompetensi tetap menjadi perhatian utama para mahasiswa. Kompetensi menjadi sangat penting ketika mahasiswa menghadapi kompetesi untuk mengisi lapangan kerja. Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Prof. Dr. Edy Suandi Hamid mengatakan, urusan pemenuhan kompetensi tidak berhenti sampai mahasiswa diwisuda. “Kompetensi seseorag harus ditempa terus melalui berbagai pengayaan di masyarakat, untuk memaksimalkan kompetensi dasar yang diperoleh seseorang selama kuliah. Syarat ini akan dirasakan mendesak ketika alumni perguruan tinggi masuk pasar tenaga kerja,” kata dia di Yogyakarta, Minggu (11/12).

…dst

17 ) Alot, Perpanjangan Penggunaan Dana Rehab Sekolah
http://www.jpnn.com/read/2011/12/11/110934/Alot,-Perpanjangan-Penggunaan-Dana-Rehab-Sekolah-

Minggu, 11 Desember 2011 , 22:04:00
JAKARTA — Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Kementrian Keuangan (Kemenkeu) masih terus membahas masalah perpanjangan masa penggunaaan anggaran khusus untuk program rehabilitasi sekolah rusak. Menurutnya, permohonan perpanjangan ini sempat ditolak oleh Kemenkeu. Namun, sekarang kembali dirapatkan, mengigat seluruh penggunaan anggaran kementerian/lembaga harus berhenti pada 15 Desember 2011. “Ini masih terus dirapatkan, dan baru notula saja. Yang penting memang hanya penyerahan anggarannya saja, jangan sampai lewat tanggal 15 Desember. Alhamdulillah, semuanya sudah tersalurkan,” terang Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud, Suyanto kepada JPNN di Jakarta, Minggu (11/12). Namun yang menjadi masalah, lanjut Suyanto, adalah masa penggunaan anggaran tersebut. Seperti diketahui, penggunaan anggaran tersebut dimulai Oktober 2011 hingga akhir Desember 2011 mendatang. “Kan nggak masuk akal kalau harus selesai dua bulan? Maka itu, kita akan dicari solusinya,” imbuhnya.

…dst

18 ) Hampir 1 divisi personel disiapkan bedah sekolah
http://www.antaranews.com/berita/288474/hampir-1-divisi-personel-disiapkan-bedah-sekolah

Minggu, 11 Desember 2011 11:09 WIB
Banjarmasin (ANTARA News) – Kalau ditambah sekitar 3.000 orang lagi, maka lengkap satu divisi militer kekuatan itu. Komando Resort Militer 101/Antasari di Kalimantan Selatan menyiapkan 7.000 anggota TNI-AD di jajarannya untuk membedah sebanyak 657 sekolah yang kondisinya memprihatinkan di sana. Danrem 101/Antasari, Kolonel Infanteri Komaruddin S Miris, di Banjarmasin, Minggu, mengatakan, jumlah sekolah itu masih ditambah 50 bangunan sekolah rusak ringan. “Perbaikan yang dapat dilakukan pemerintah hanya 50 bangunan sekolah dalam setahun, artinya diperlukan waktu 13 tahun lebih untuk dapat memperbaiki semua sekolah yang rusak tersebut,” katanya. Membantu percepatan perbaikan bangunan sekolah yang rusak tersebut, pada 2012 TNI bersama Kemendiknas menandatangani kesepakatan bersama untuk memperbaiki sekolah-sekolah yang mengalami kerusakan tersebut.

…dst

19 ) Sekolah Rumah Dipersulit
http://cetak.kompas.com/read/2011/12/12/05005861/sekolah.rumah.dipersulit

12 Desember 2011
Jakarta, Kompas – Anak-anak usia belajar jenjang SMP dengan sekolah rumah atau homeschoolingmerasa dipersulit mengikuti ujian nasional kesetaraan program Paket B atau setara SMP. Syarat pesertanya berusia di atas 18 tahun atau boleh di bawah usia 18 tahun asal sudah berkeluarga/pernah menikah. Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan itu dinilai diskriminatif terhadap anak-anak homeschooling. Pilihan menjalani pendidikan informal, seperti sekolah rumah, diakui UU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Budi Trikorayanto, Sekretaris Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena), di Jakarta, Minggu (11/12), mengatakan, UU Sisdiknas mengatur penyetaraan peserta pendidikan informal dengan ikut ujian kesetaraan Paket A (SD), B (SMP), dan C (SMA/SMK). “Aneh jika pemerintah mempersulit ujian kesetaraan, terutama Paket B. Hak anak-anak memilih pendidikan di jalur sekolah rumah justru dikebiri lewat aturan-aturan yang menggiring mereka hanya bersekolah di sekolah formal,” ujar Budi.

…dst

20 ) Anggaran Pendidikan Tersedot untuk Gaji Guru
http://www.jpnn.com/read/2011/12/11/110909/Anggaran-Pendidikan-Tersedot-untuk-Gaji-Guru-

Minggu, 11 Desember 2011 , 13:51:00
JAKARTA – Tahun depan APBN mengalokasikan Rp 286,6 triliun untuk pendidikan. Dana sebesar itu setara dengan 20 persen dari total APBN. Sayang, sebagian besar dana itu habis untuk gaji dan tunjangan guru. Penggunaan dana pendidikan dibagi menjadi beberapa bagian. Di antaranya untuk kucuran dana bantuan operasional sekolah (BOS) Rp 23,6 triliun. Tunjangan profesi guru PNS daerah mencapai Rp 30,6 triliun. Pemerintah juga menyiapkan sekitar Rp 2,9 triliun untuk tunjangan guru-guru yang belum lulus sertifikasi. Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo menuturkan, komposisi atau porsi anggaran gaji dan tunjangan guru mencapai 55 persen dari total anggaran pendidikan. ”Sisanya baru untuk peningkatan mutu pendidikan dan dibagi lagi dengan proyek-proyek pembangunan,” terangnya.

…dst

21 ) Tak Lulus Sertifikasi, Guru Dialihtugaskan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/11/1653486/Tak.Lulus.Sertifikasi.Guru.Dialihtugaskan

Minggu, 11 Desember 2011 | 16:53 WIB
BENGKULU, KOMPAS.com – Guru di Provinsi Bengkulu yang tidak lulus ujian sertifikasi dan belum berpendidikan sarjana akan dialihtugaskan untuk memaksimalkan sumberdaya manusia di daerah itu. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Yasarlin, di Bengkulu, Minggu (11/12/2011). “Semua guru yang tidak lulus ujian sertifikasi hingga waktu yang ditentukan akan kami alihtugaskan untuk memaksimalkan sumberdaya manusia di daerah ini,” kata Yasarlin. Ia mengatakan, hal itu dilakukan untuk memotivasi para guru agar meningkatkan kualitas dan bisa melewati ujian sertifikasi. Salah satu syarat untuk mengikuti ujian sertifikasi adalah menyelesaikan pendidikan sarjana. “Pada 2014, semua guru di Provinsi Bengkulu diharapkan sudah menyelesaikan pendidikan sarjana dan lulus ujian sertifikasi,” katanya.

…dst

22 ) Lebih Satu Kilometer, Siswa Miskin Dibelikan Sepeda
http://www.jpnn.com/read/2011/12/11/110936/Lebih-Satu-Kilometer,-Siswa-Miskin-Dibelikan-Sepeda-

Minggu, 11 Desember 2011 , 23:40:00
JAKARTA–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberikan biaya personal kepada sebanyak 4,9 juta siswa miskin di seluruh Indonesia. Rinciannya, 1,3 juta siswa SD dan 3,6 juta siswa SMP. “Biaya personal bagi anak-anak atau siswa miskin itu untuk membeli buku, pakaian , alat tulis, dan transport,” jelas Dirjen Pendidikan Dasar Suyanto kepada JPNN di Jakarta, Minggu (11/12). Suyanto menjelaskan, dalam menyalurkan bantuan personal tersebut, anggarannya didapat dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Sekolah nantinya akan membelikan barang-barang tersebut. Sehingga, siswanya nanti sudah menerima dalam bentuk barang. Kalau masih dalam bentung uang, kami khawatir akan disalahgunakan dan tidak tepat sasaran,” terang Suyanto. Dalam pengadaan seragam, sepatu dan alat tulis di masing-masing sekolah, lanjut Suyanto, tidak perlu menggunakan tender. Pasalnya, jumlahnya tidak terlalu banyak di setiap sekolah. “Tidak perlu tender, ini kan swakelola. Lagipula jumlahnya tidak banyak di setiap sekolah,” ujarnya.

…dst

23 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Sosialisasi BOS 2012 Dilakukan Pekan Ini
Tunjangan Guru PAUD Akan Dinaikkan
Alot, Perpanjangan Penggunaan Dana Rehab Sekolah
Rekening Sekolah Mati, Transfer Dana Rehab Terhambat
Tari Bali dan Noken Didaftarkan ke Unesco
Jembatan Marunda-Cilincing
Balok Beton Jembatan Runtuh
Kasus Nazaruddin
Markas Besar Kepolisian Periksa Brotoseno Terkait Angie
Penyidik ‘Teman Dekat’ Angie Masih Aktif di KPK Hingga Jumat  
Kasus Nunun
KPK Jadwalkan Pemeriksaan Nunun Siang Ini
Nunun Ditangkap, Momentum KPK Membongkar Aktor Intelektual Suap DGS BI
IDI Belum Terima Hasil Evaluasi Dokter Nunun dari Majelis Kode Etik
Dokter Keluarga Nunun: Lupa Akut, Nama Anak Ingat
PKS Akan Awasi Proses Hukum KPK Atas Nunun
Nunun Tanpa Fasilitas Khusus 
Mafia Banggar DPR
KPK Segera Tahan Wa Ode Nurhayati 
PAN Kedepankan Asas Praduga Tidak Bersalah pada Wa Ode
PAN Minta Dibuktikan Bila Ada Uang Wa Ode Mengalir ke Partai 
Mahasiswa bakar diri
Sondang Diberi Gelar Sarjana 
Ini Pesan Terakhir Sondang kepada Sahabatnya
Mahasiswa-Aktivis Iringi Sondang
Capres PAN
Hatta Resmi Diusung PAN Jadi Capres, Tim Pemenangan Presiden Disiapkan
Tim Pemenangan Hatta Segera Dibentuk
Antisipasi Bencana
Lima Ahli Gunung Api Turun ke Sindoro 
Sekilas Luar Negeri
Yaman
WNI di Yaman belum bersedia dievakuasi 
Pakta Iklim Global 2015
Dunia Sepakati Pakta Iklim Global 2015 
Pakistan
Pakistan: kami tak percaya Amerika Serikat
Iran
Iran Remehkan Dampak Sanksi Tambahan
Irak dan Iran Saling Bertukar… Puluhan Kerangka Prajurit 
Afghanistan
Korban Tewas Bom di Perayaan Asyura Afghanistan Capai 80 Orang
Suplai NATO Masih Diblokir 
Suriah
Militer Suriah Siapkan Serangan ke Kota Homs 
Rusia
Demo Anti-Putin Meluas di Rusia 
Akibat KB 1 anak di China
120 JUTA PENDUDUK CHINA MENDERITA OBESITAS – Remaja China Serbu Pusat- Pusat Pelangsingan Tubuh 
Kucing Unik
Kucing unik selamatkan pusat penyelamatan hewan
Kucing Unik Jadi Penyelamat