1 ) Seribu Robot dari 13 Negara akan Berlaga di Untar
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/13/lw4yfm-seribu-robot-dari-13-negara-akan-berlaga-di-untar

Selasa, 13 Desember 2011 16:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas Taruma Negara (Untar) menggelar Olimpiade Robot Internasional (IRO/International Robot Olympiad) di Jakarta. Gelaran yang akan berlangsung dari 15-18 Desember 2011 ini akan menampilkan seribu robot dari 13 negara. “Kegiatan ini dirancang sebagai wadah untuk mengembangkan ide para siswa sekolah dasar, menengah hingga tingkat atas di seluruh dunia,” kata Santoso Gondowidjojo, founder & general Chairman of Robot Organizing Committee Indonesia (ROCI) di Jakarta, Selasa (13/12). Santoso mengatakan, dari Indonesia diharapkan akan menampilkan sekitar 300 robot karya anak negeri. Ia berharap, ajang ini bisa menjadi momentum untuk menumbuhkan minat pencinta robot dari generasi muda di negeri ini.

…dst

2 ) 2012, ISI ‘Bertransformasi’ Jadi ISBI
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/13/lw4pix-2012-isi-bertransformasi-jadi-isbi

Selasa, 13 Desember 2011 13:18 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan segera mengkonversi Institut Seni Indonesia (ISI) menjadi Insitut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI). Hal tersebut tak lepas dari berubahnya struktur dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menjadi Kemendikbud. “Tahun 2012 kami akan melakukan konversi ISI menjadi ISBI,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Gedung Kemdikbud, Senin (13/12). Menurutnya, keberadaan ISI selama ini lebih ditekankan kepada seni, baik pertunjukan maupun lainnya. Namun, sejalan dengan masuknya kebudayaan, maka kesenian tidak dapat berdiri sendiri lagi.Nuh percaya pihak institusi nantinya sudah bisa melakukan pengelompokan sendiri terkait dengan budaya dalam ilmu pendidikan. “Biasanya sudah dikelompokkan sendiri-sendiri. Sehingga, tentunya kami akan menerima bentuk dari segala pandangan. Intinya, tidak hanya seni yang kita kembangkan, tetapi juga budaya,” terang mantan rektor ITS ini.

…dst

3 ) Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Negeri Makin Berat
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/14/00031216/Tantangan.Perguruan.Tinggi.Dalam.Negeri.Makin.Berat

Rabu, 14 Desember 2011 | 00:03 WIB
MEDAN, KOMPAS.com – Tantangan perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta dinilai semakin berat, seiring dengan semakin gencarnya perguruan tinggi luar negeri melakukan promosi di tanah air. Pengamat Pendidikan Universitas Sumatera Utara (USU) Zulnaidi MHum di Medan, Selasa, mengatakan, dewasa ini banyak perguruan tinggi dari negara-negara asing yang melakukan pameran di beberapa kota besar di Indonesia termasuk juga di Kota Medan. Perguruan tinggi seperti dari Amerika Serikat, Australia dan Eropa juga memperkenalkan berbagai kelebihan dan fasilitas yang didapat mahasiswa jika melanjutkan studi di negara tersebut. “Bukan hanya itu, mereka juga berani menawarkan berbagai beasiswa dan kemudahan.Ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi dalam negeri untuk memperbaiki diri agar tidak ditinggalkan masyarakat,” katanya.

…dst

4 ) UGM Anugerahi Sultan Gelar Doktor HC Bidang Kemanusiaan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/13/14231877/UGM.Anugerahi.Sultan.Gelar.Doktor.HC.Bidang.Kemanusiaan

Selasa, 13 Desember 2011 | 14:23 WIB
YOGYAKARTA,KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan menganugerahi gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X. Pemberian gelar ini akan disampaikan dalam puncak Dies Natalis ke-62 Universitas Gadjah Mada pada Senin (19/12) mendatang. “Kepemimpinan beliau cukup menonjol di bidang kemanusiaan. Ini terbukti saat bencana erupsi Gunung Merapi Sultan mampu memberikan arahan kepada masyarakat. Begitu juga saat gempa Yogyakarta tahun 2006 lalu, kepemimpinan Sultan untuk mengkoordinasi proses evakuasi maupun rekonstruksi gempa sangat menonjol, proses rekonstruksi gempa 2006 juga mendapat banyak penghargaan karena proses pemulihannya yang cepat,” kata Sekretaris Eksekutif Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Djoko Moerdijanto, Selasa (13/12/2011) di Yogyakarta.

…dst

5 ) Sri Sultan Meraih Doktor HC UGM dan ISI
http://www.pikiran-rakyat.com/node/169161

Selasa, 13/12/2011 – 14:46
YOGYAKARTA, (PRLM).- Sri Sultan Hamengku Buwono X meraih gelar doktor honoris causa bidang kemanusiaan dan kebudayaan dari dua perguruan tinggi di Yogyakarta. Namun, Raja Kesultanan Yogyakarta tersebut tidak mau menggunakan gelar akademik dalam acara resmi maupun kesempatan lain. Pemberian gelar doktor honoris causa (HC) di bidang kemanusiaan bagi Sri Sultan diumumkan oleh Sekretaris Eksekutif Universitas Gadjah Mada (UGM) Djoko Moerdiyanto, MA di Universitas Gadjah Mada, Selasa (13/12), sementara gelar doktor bidang kebudayaan (seni pertunjukkan) disampaikan Kepala Humas dan Protokok Provinsi DI Yogyakarta Kuskasriyati. Peresmian gelar doktor dari UGM dilaksanakan, Kamis (19/12), sedang acara senada di ISI, Senin (27/12).

…dst

6 ) Goenawan Mohamad Raih HB IX Award
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/451579/

Wednesday, 14 December 2011
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2011 ini memberikan penghargaan Hamengku Buwono IX (HB IX Award) dalam bidang kebudayaan kepada sastrawan, Goenawan Soesatyo Mohamad. Penghargaan rencananya diberikan saat puncak Dies Natalis ke-62 UGM, Senin (19/12) mendatang di Grha Sabha Pramana (GSP). Sekretaris Eksekutif UGM Djoko Murdiyanto mengatakan, dipilihnya Goenawan Mohamad yang akrab dipanggil GM sudah melalui beberapa pertimbangkan. Salah satunya, peran dia dalam mengapresiasi ketokohan Sri Sultan HB IX.Terutama saat peristiwa pemakaman HB IX pada 1989 lalu.

…dst

7 ) Palawa Unpad Telusuri 6 Km Goa Khoun Xe Laos
http://internasional.kompas.com/read/2011/12/13/19085960/Palawa.Unpad.Telusuri.6.Km.Goa.Khoun.Xe.Laos

Selasa, 13 Desember 2011 | 19:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Palawa Unpad dan Yayasan Palawa Indonesia, telah menelusuri sepanjang 6.204 meter Goa Khoun Xe di Laos, selama melakukan empat hari ekspedisi sejak 8 Desember sampai 12 Desember 2011. Dengan demikian, Tim Ekspedisi Gigantic River Cave Expedition 2011 sudah menyelsaikan misinya dengan sukses. “Panjang 6.204 meter itu dihitung dari peta Goa Khoun Xe yang dimuat NSS News pada Juli 2009,” kata Dwi Jaya Siregar, Ketua Tim Ekspedisi Gigantic River Cave Expedition 2011 Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam Palawa Unpad dan Yayasan Palawa Indonesia, melalui surat elektroniknya kepadaKompas, Selasa (13/12/2011) ini.

…dst

8 ) Dibuka, Beasiswa Kuliah S-1 dan S-2
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/13/14100541/Dibuka.Beasiswa.Kuliah.S-1.dan.S-2

Selasa, 13 Desember 2011 | 14:10 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tanoto Foundation membuka peluang beasiswa kuliah di jenjang S-1 dan S-2 untuk tahun ajaran 2012/2013. Program beasiswa National Champion Scholarship tersedia bagi mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan finansial. Beasiswa S-1 akan diberikan kepada 200 mahasiswa berprestasi dari tujuh perguruan tinggi negeri mitra Tanoto Foundation, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Riau (UNRI), dan Universitas Sumatera Utara (USU). Adapun beasiswa S-2 akan diberikan kepada 30 mahasiswa berprestasi di IPB, ITB, UGM, dan UI.

…dst

9 ) Beasiswa Prestasi UMY Rp3,5 M
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/451334/

Wednesday, 14 December 2011
YOGYAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyediakan beasiswa senilai Rp3,5 miliar kepada siswa SMA berprestasi. Beasiswa tersebut disediakan bagi 1.386 siswa. Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY Siti Dyah Handayani mengatakan ada dua kategori beasiswa siswa berprestasi, yaitu kategori umum dan khusus. Beasiswa umum untuk semua program studi (prodi) di UMY, sedangkan yang khusus berlaku untuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK),serta Fakultas Agama Islam (FAI) pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam UMY. “Beasiswa umum diseleksi melalui Penerimaan Berdasarkan Minat dan Bakat (PMDK), Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB),Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan Muhammadiyah, dan Penerimaan Berdasarkan Nilai Ujian Akhir Nasional (PBUAN),” kata Siti Dyah di Kampus UMY kemarin.

…dst

10 ) Technopreneur, Jalur Cepat Perlebar Usaha
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/12/373/541441/technopreneur-jalur-cepat-perlebar-usaha

Selasa, 13 Desember 2011 08:02 wib
JAKARTA – Munculnya dunia digital sebagai media baru memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan masyarakat. Mulai dari kemudahan berkomunikasi, informasi, hingga dalam dunia bisnis. Lihat saja akun-akun jejaring sosial yang dimanfaatkan oleh seorang wirausaha dalam melebarkan sayap atau sekadar memperkenalkan produk. Sebut saja Facebook, Twitter, eBay, serta Kaskus menjadi sederet situs yang digunakan untuk mempercepat kemajuan suatu usaha. Maka, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung mencoba menghadirkan pendiri PT Digital Startup Rama Mamuaya untuk berbagi cerita mengenai technopreneurship. Konsep ini merupakan metode wirausaha baru berbasis teknologi yang disebut-sebut akan menjadi tren dalam kewirausahaan di masa mendatang.

…dst

11 ) ITS Gelar Seminar Green Construction
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/13/373/541895/its-gelar-seminar-green-construction

Selasa, 13 Desember 2011 17:52 wib
SURABAYA – Permasalahan infrastruktur yang marak akhir-akhir ini tentunya seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Tak hanya itu, tingkat urbanisasi dan sistem aktivitas masyarakat yang kian intensif juga turut menjadi penyebab. Kondisi ini pun memerlukan konstruksi yang berbasis lingkungan.Menurut Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Triyogi Yuwono DEA, pembangunan infrastruktur berkelanjutan harus memperhatikan tiga aspek yakni Sosiologi, Ekonomi dan Ekologi. “Tidak bisa kalau salah satunya saja. Karena itu, karya apa pun dewasa ini harus mempertimbangkan tiga aspek itu,” katanya dalam Seminar Nasional Menuju Penyelenggaraan Infrastruktur Berkelanjutan, kerjasama dengan Badan Pembina Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum, di Rektorat ITS, Selasa (13/12/2011).

…dst

12 ) Sate Terpanjang Ini Antar Undip Masuk MURI
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/13/373/541616/sate-terpanjang-ini-antar-undip-masuk-muri

Selasa, 13 Desember 2011 13:06 wib
JAKARTA – Kebayang enggak, ada sate sepanjang 181,16 m? Sate ini dibuat oleh civitas academica Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Diponegoro (Undip) dalam rangkaian acara temu alumni Fapet Undip bertajuk ‘Pulang Kandang’. Tak ayal, sate Undip pun dinobatkan menjadi Sate Terpanjang di Indonesia dan dicatatkan dalam buku rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Rekor ini mengalahkan rekor sate terpanjang sebelumnya yang dicetak di Provinsi Malinau pada November 2008 lalu. Ketika itu, panjang sate hanya 105 m. Meski demikian, pemecahan rekor ini bukanlah untuk ajang menyombongkan diri. Seperti diungkap Pembantu Dekan III Fakultas Peternakan Undip Ir. Bambang Sulistiyanto, MAgrSc, Ph.D., pemecahan rekor Muri bukanlah tujuan akhir, melainkan media pembelajaran bagi mahasiswa agar memahami bahwa kesuksesan akan mampu diraih jika diusahakan secara maksimal.

…dst

13 ) Mutasi Pendidik Jadi Perdebatan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/14/169901/Mutasi-Pendidik-Jadi-Perdebatan

14 Desember 2011
SEMARANG-Desentralisasi pendidikan mengenai pengangkatan dan mutasi guru serta kepala sekolah yang terjadi di kabupaten/kota masih diperdebatkan. Karena itu, pokok permasalahan kebijakan otonomi pendidikan harus diselesaikan dengan baik. Hal tersebut disampaikan Pembantu Rektor IV Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman, kemarin. Dia mengatakan, dari hasil penelitian tim Unnes di empat daerah, yakni Cirebon (Jawa Barat), Sidoarjo (Jatim), Bengkulu, dan Kota Mataram (NTB), mutasi dan pengangkatan guru menjadi salah satu faktor yang diperdebatkan dalam desentralisasi pendidikan. “Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan Balitbang Kemendikbud ini, nantinya akan dipergunakan untuk mengetahui model hubungan otonomi di bidang pendidikan antara pusat dan daerah. Selain itu, komponen yang menjadi pertimbangan antara lain permasalahan pembiayaan, kurikulum, sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengendalian mutu pendidikan,” jelas guru besar Sosiolingustik ini.

…dst

14 ) Rp 1 Triliun untuk 9 Juta Siswa SMA/SMK
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/13/08505241/Rp.1.Triliun.untuk.9.Juta.Siswa.SMASMK

Selasa, 13 Desember 2011 | 08:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menganggarkan Rp 1 triliun untuk penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi sembilan juta siswa SMA/SMK pada tahun 2012 mendatang. Dana BOS bagi siswa SMA/SMK memang akan mulai dirintis oleh Kemdikbud mulai 2012. Program ini sebagai upaya untuk mewujudkan wajib belajar 12 tahun, dengan nominal sebesar Rp 120 ribu per tahun untuk setiap siswa. “Ini murni dana BOS, bukan beasiswa miskin. Untuk siswa miskin sudah ada dalam beasiswa miskin,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nuh, Senin (12/12/2011), di Jakarta.

…dst

15 ) Rp 23,5 Triliun Disiapkan Kemdikbud untuk Dana BOS 2012
http://nasional.kompas.com/read/2011/12/14/01435166/Rp.23.5.Triliun.Disiapkan.Kemdikbud.untuk.Dana.BOS.2012

Rabu, 14 Desember 2011 | 01:43 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menganggarkan dana sebesar Rp 23,5 triliun untuk 27,2 juta siswa SD dan 9,4 juta siswa SMP dalam dana bantuan operasional sekolah atau BOS tahun 2012. “Dana BOS tahun depan naik rata-rata 40 persen. Dengan demikian ke depan tidak boleh ada lagi pungutan-pungutan untuk kepentingan operasional sekolah,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada sosialisasi BOS 2012 di Jakarta, Selasa (13/12/2011) malam. Untuk memperlancar proses pencairan, katanya, mekanisme penyaluran dana BOS 2012 mengalami perubahan signifikan dibandingkan tahun 2011.

…dst

16 ) Saan: berikan beasiswa kepada keluarga korban Rawagede
http://www.antaranews.com/berita/288798/saan-berikan-beasiswa-kepada-keluarga-korban-rawagede

Selasa, 13 Desember 2011 23:29 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Saan Mustopa berharap, Pemerintah Belanda memberikan beasiswa kepada anak dan cucu korban pembantaian ratusan warga di Rawagede, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Saan mengatakan, adanya kompensasi bagi keluarga korban sebaiknya diikuti dengan pendidikan bagi anak dan cucu korban. “Kita berharap tidak sebatas hanya sampai di situ (kompensasi). Kita ingin kelangsungan keturunan korban juga diperhatikan khusus dalam bentuk pendidikan. Kita juga minta Pemerintah Belanda memberikan beasiswa untuk anak-anak dan cucu-cucu korban karena itu yang membuat keluarga korban menjadi lebih baik,” kata Saan kepada ANTARA di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa. Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Karawang, Bekasi dan Purwakarta itu menyebutkan, kompensasi bagi warga Rawagede sudah selesai dan pelaksanaannya mulai bulan Desember.

…dst

17 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Kemdikbud Sosialisasi Dini UN 2012
Rp 111 Miliar DAK Pendidikan tidak Dipakai
Kasus Nunun
Nunun Siap Buka-bukaan
Kamar Kelas 1 Nunun di RS Polri Full AC, Kulkas, Kasur, dan Sofa
Ternyata Adang Biasa Temani Nunun di Bangkok
KPK Didesak Tuntaskan Kasus Cek Pelawat
Nunun Sakit, Penuntasan Kasus Cek Pelawat Terancam
Kasus Nazaruddin (Angie-Penyidik KPK)
Nasib Kekasih Angie Tunggu Surat dari KPK
Penyidik KPK yang Pacari Angie Terancam Disidang Kode Etik
Polri Tunggu Penyidiknya Dikembalikan KPK
Mafia Banggar DPR
Wa Ode: DPR Menyalahi Prosedur
Marzuki Minta Wa Ode Buktikan
Kasus Wa Ode Nurhayati-KPK Diminta Ungkap Pelaku Lain 
Status Gunung Berapi
BNPB: 5 Gunung Berstatus Siaga dan 18 Waspada
Dugaan Laporan Palsu
Ngaku Diperkosa, Istri Polisi Bisa Jadi Tersangka
Laporan Pemerkosaan Istri Polisi Dinilai Janggal
Sekilas Luar Negeri
Minyak
Dunia Kurangi Permintaan Minyak
Banderol Minyak OPEC Tetap 100 Dollar AS Lebih
Belanda
Tahun Depan Belanda Hadapi Masa Sulit
Inggeris
Tiga Bulan ke Depan Tak Ada Pegawai Anyar
Iran
Iran Anggap Sentinel Miliknya
Pesawat tak berawak AS kini jadi `properti` Iran 
Iran Bongkar Rahasia Teknologi Pesawat Mata-mata AS
Kembalikan pesawat kami, kata Obama pada Iran
Afrika
Sembilan juta orang di Sahel hadapi krisis pangan
Pakistan
Polisi Pakistan Bebaskan 53 Siswa yang Disekap di Madrasah
Suriah
PBB: Korban Tewas Konflik Suriah 5.000 Orang
Sains
Mars bisa ditinggali makhluk hidup
Jepang ciptakan robot wanita teman kencan
Call of Duty, game terlaris sepanjang masa