1 ) Mendikbud: Rektor UI Masih Gumilar
http://www.jpnn.com/read/2011/12/21/111835/Mendikbud:-Rektor-UI-Masih-Gumilar-

Rabu, 21 Desember 2011 , 06:04:00
Setelah MWA UI Mengeluarkan Surat Pemberhentian Rektor
JAKARTA – Kampus Universitas Indonesia (UI) kembali memanas kemarin (20/12). Tepatnya setelah muncul kabar bahwa Majelis Wali Amanah (MWA) UI mengeluarkan surat berisi pemberhentian Gumilar Rusliwa Somantri sebagai rektor. Surat itu menegaskan, mulai kemarin (20/12) UI sudah tidak memiliki rektor lagi.Terkuaknya surat dari MWA UI tersebut dipaparkan oleh dosen Fisip UI Ade Armando. Dia menuturkan, Gumilar telah memutuskan komitmen kerjanya dengan MWA pada 15 Desember lalu. Ade yang juga menjadi juru bicara gerakan SAVE UI mengatakan, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mencabut UU Badan Hukum Pendidikan (BHP), Gumilar menandaskan dirinya menjadi kepala satuan kerja (satker) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jadi, posisi rektor UI sudah tidak lagi bertanggungjawab terhadap MWA. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, Rektor UI Gumilar memang pada 2007 diangkat oleh MWA. Dengan demikian, mantan rektor ITS itu mengatakan MWA juga berhak memberhentikan rektor. “Tapi ingat, dulu mengangkatnya melalui SK. Jadi, jika memang terjadi pencopotan, harus didasari dengan SK (surat keputusan, Red). Bukan surat (biasa),” tandasnya.

…dst

2 ) Humas Tegaskan Gumilar masih Rektor UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/20/285613/293/14/Humas-Tegaskan-Gumilar-masih-Rektor-UI-

Selasa, 20 Desember 2011 11:55 WIB
JAKARTA–MICOM: Universitas Indonesia dikabarkan tidak memiliki rektor sejak 15 Desember 2011 karena Rektor Gumilar Somantri memutuskan komitmen kerjanya dengan Majelis Wali Amanat. Namun, menurut Humas UI Devi Rahmawati, Rektor UI masih dijabat Gumilar. “Kita justru baru tahu ada kabar seperti itu. Fakta hukumnya baik secara de facto dan de jure, Pak Gumilar masih rektor UI,” kata Devi, saat dihubungi Mediaindonesia.com, Selasa (20/12). Devi menambahkan semua kegiatan yang mengatasnamakan UI masih dilakukan atas nama Rektor UI seperti pengesahan ijazah dan acara-acara penting lainnya yang menghadirkan Rektor Gumilar seperti acara Japan International Cooperation Agency yang mengapresiasi kemajuan dari pembangunan kompleks teaching hospital di UI. Keadaan tersebut masih sah di mata hukum. Devi mengatakan, pemberhentian rektor hanya dapat dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

…dst

3 ) UI tidak Punya Rektor ?
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/20/285590/293/14/UI-tidak-Punya-Rektor

Selasa, 20 Desember 2011 09:54 WIB
JAKARTA–MICOM: Saat ini, Universitas Indonesia tidak memiliki rektor. Hal itu karena Rektor UI Gumilar Somantri telah memutuskan komitmen kerjanya dengan Majelis Wali Amanat pada 15 Desember 2011. Pernyataan tersebut dilansir Ade Armando, dosen FISIP dan juru bicara Save UI Ade Armando. “Padahal, satu-satunya SK pengangkatan yang dimiliki Rektor adalah yang dikeluarkan MWA. Kini dengan pemutusan komitmen kerja itu, Gumilar mundur dari jabatannya,” tegas Ade. Menurut Ade, Gumilar mengundurkan diri dengan tidak sengaja. “Gumilar mengeluarkan surat pada 15 Desember itu dalam upaya menyelamatkan diri dari kewajibannya bertanggung jawab atas salah tata keloloa UI di bawah kepemimpinannya yang diduga merugikan negara puluhan miliar.” Akibat pengunduran diri Gumilar tersebut, imbuh Ade, posisi Rektor UI menjadi kosong.

…dst

4 ) Moratorium CPNS Diperpanjang Hingga 2013
http://www.jpnn.com/read/2011/12/21/111822/Moratorium-CPNS-Diperpanjang-Hingga-2013-

Rabu, 21 Desember 2011 , 01:35:00
JAKARTA–Ini kabar buruk bagi yang bercita-cita menjadi PNS. Pemerintah akan memperpanjang masa penghentian sementara alias moratorium penerimaan CPNS hingga 2013. Semula, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diteken mendagri, menpan-RB, dan menkeu pada 24 Agustus 2011, moratorium CPNS berlaku hingga Desember 2012. Deputi SDM Bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Ramli Naibaho menjelaskan, jika ada daerah yang kekurangan PNS, maka bisa diambilkan dari daerah lain yang kelebihan pegawai dengan mekanisme mutasi antardaerah. “Kalau daerah yang kelebihan pegawai masih bisa memutasi pegawai ke daerah yang kurang, otomatis tidak perlu ada penerimaan CPNS lagi kan?” ujar Ramli Naibaho yang ditemui usai workshop bertema reformasi birokrasi di Kantor Kemenpan-RB, Jakarta, Selasa (20/12). Ramli memastikan moatorium CPNS akan diperpanjang hingga 2013 bila dari hasil analisis jabatan kebutuhan pegawai secara nasional sudah mencukupi. Jika secara nasional sudah mencukupi, maka kebijakan distribusi pegawai antarderah yang akan dilakukan. Dengan kata lain, tak perlu merekrut CPNS yang baru.

…dst

5 ) Transaksi Kotor Rekrutmen CPNS Tembus Rp 30 T
http://www.jpnn.com/read/2011/12/21/111838/Transaksi-Kotor-Rekrutmen-CPNS-Tembus-Rp-30-T-

Rabu, 21 Desember 2011 , 06:47:00
JAKARTA – Tim Indipenden Pengawas Reformasi Birokrasi yang bertugas untuk menata aparatur negara di tanah air, melansir data yang mencengangkan. Mereka menyebutkan, transaksi kotor, seperti suap dan sejenisnya, dalam urusan penerimaan CPNS baru dan mutasi aparatur di seluruh daerah mencapai Rp 30 triliun dalam setahun.Anggota tim independen Sofian Effendi di Jakarta kemarin (20/12) menuturkan, kabar adanya suap-menyuap dalam perekrutan CPNS baru sudah bukan kabar burung lagi. “Itu sudah nyata. Ada sejumlah mantan pejabat negara sendiri yang melapor anak mereka harus setor uang jika ingin jadi CPNS,” tutur mantan rektor UGM itu. Dia menambahkan, praktek ini sebagian besar terjadi di daerah. Di instansi pusat tidak terlalu mencolok, karena dekat dengan pengawasan negara.

…dst

6 ) Daftar Honorer Harus Diumumkan di Koran Lokal
Sebelum Diangkat menjadi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2011/12/21/111825/Daftar-Honorer-Harus-Diumumkan-di-Koran-Lokal-

Rabu, 21 Desember 2011 , 02:29:00
JAKARTA–Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berupaya agar data tenaga honorer tercecar kategori I yang akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) benar-benar bersih, alias tidak dimanipulasi. Caranya, sebelum diangkat menjadi CPNS, seluruh kepala daerah diwajibkan mengumumkan nama-nama honorer kategori I itu di koran lokal yang ada di daerah masing-masing. Pengumuman di koran pun tak cukup sehari atau dua hari, melainkan harus sebulan penuh. Pengumuman dilakukan begitu Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pengangkatan tenaga honorer, disahkan menjadi PP. “Jadi ketika RPP Honorer Tertinggal sudah ditetapkan, kada mesti mengumumkannya di koran lokal selama sebulan,” tegas Deputi SDM Bidang Aparatur Kemenpan-RB Ramli Naibaho dalam workshop bertema reformasi birokrasi di Jakarta, Selasa (20/12).

…dst

7 ) Sukses di Malaysia, Riza Muhida Pilih Kembali ke Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/20/08581137/Sukses.di.Malaysia.Riza.Muhida.Pilih.Kembali.ke.Indonesia

Selasa, 20 Desember 2011 | 08:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sukses menjadi dosen peneliti di luar negeri tidak membuatnya lupa Indonesia. Riza Muhida, bapak dua anak kelahiran Jakarta ini pada tahun sebelumnya (2007-2010) menjabat Ketua Indonesian Lecturers and Researchers Association in Malaysia atau ILRAM, sebuah organisasi yang mewadahi forum komunikasi antar-ilmuwan Indonesia dan Malaysia yang berada di Malaysia. Keinginannya kembali ke Tanah Air karena ingin menggali pengalaman dan mempersiapkan hari tua di tanah kelahirannya. Awal 2011, Riza kembali ke Indonesia. Riza juga tercatat aktif dalam asosiasi profesor bidang mekatonika (robotik) di International Islamic University Malaysia. Saat ini, ia masih tercatat sebagai Wakil Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4). Riza mengungkapkan, sebagai dosen peneliti di International Islamic University Malaysia, ia mendapatkan penghasilan 8.000 ringgit, atau lebih dari Rp 20 juta setiap bulan. Awalnya, ia tertarik menjadi dosen peneliti di Malaysia karena adanya sokongan dana penelitian dan tunjangan hidup yang lebih menjanjikan dibanding jika menjadi dosen peneliti di Indonesia.

…dst

8 ) Mengapa Peneliti Indonesia Pilih Hijrah ke Luar Negeri?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/20/09524556/Mengapa.Peneliti.Indonesia.Pilih.Hijrah.ke.Luar.Negeri

Selasa, 20 Desember 2011 | 09:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Lemahnya perhatian pemerintah dan kurangnya lembaga donor yang bersedia menyokong seorang peneliti untuk melakukan dan mengembangkan penelitian adalah penyebab utama larinya para peneliti Indonesia ke luar negeri. Hal itu diungkapkan Riza Muhida, dosen peneliti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya, saat ditemui Kompas.comdalam kompetisi robot internasional, di Universitas Tarumanagara, Jakarta, pekan lalu.
Riza, yang pernah tercatat sebagai dosen peneliti di International Islamic University Malaysia, mengatakan, bagaimana pun juga, seorang peneliti tetap harus memenuhi kebutuhan di luar penelitiannya. Kebutuhan itu, paparnya, menyangkut kebutuhan finansial untuk keluarga. Ketika hal itu tidak didapatkan di Indonesia, maka saat itulah para peneliti hijrah ke negara lain yang dianggap lebih baik memberikan apresiasi kepada mereka.

…dst

9 ) Enam orang ditetapkan peneliti terbaik IPB 2011
http://www.antaranews.com/berita/289648/enam-orang-ditetapkan-peneliti-terbaik-ipb-2011

Selasa, 20 Desember 2011 19:44 WIB
Bogor (ANTARA News) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor menetapkan enam orang dosen menjadi peneliti terbaik di perguruan tinggi itu pada 2011. Menurut keterangan Humas IPB di Bogor, Selasa, pemilihan peneliti terbaik untuk masing-masing bidang di tingkat IPB tahun 2011 itu dilaksanakan bersamaan pada penutupan “Seminar Hasil-Hasil Penelitian IPB Tahun 2011” yang dilaksanakan pada 12-13 Desember lalu. Peneliti terbaik itu adalah Prof Dr Ir Roedhy Poerwanto, M.Sc, Dr Ir Ratih Dewanti Hariyadi, M.Sc, Prof Dr Ir Marimin, M.Sc, Prof Dr Ir Armansyah H Tambunan, Dr Utut Widyastuti, dan Dr Ki Agus Dahlan. Masing-masing terpilih untuk bidang pangan, kesehatan, sosial, ekonomi dan budaya, energi, sumberdaya alam dan lingkungan, serta teknologi dan rekayasa.

…dst

10 ) 30 dosen Kopertis IX penulis buku dapat insentif
http://www.antaranews.com/berita/289692/30-dosen-kopertis-ix-penulis-buku-dapat-insentif

Rabu, 21 Desember 2011 00:24 WIB
Makassar (ANTARA News) – Sebanyak 50 judul buku ajar yang memenuhi syarat yang dibuat para dosen Kopertis IX Sulawesi tahun 2012 akan diberikan insentif. Insentif itu merupakan upaya untuk memotivasi sekaligus tantangan bagi dosen untuk menulis buku ajar dan dananya akan diserahkan pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2012, kata Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Drs H. Ibrahim Saman, MM, di Makassar, Selasa. Tahun 2011, lanjut Ibrahim, Kopertis memberikan insentif bagi 30 dosen yang menghasilkan karya buku. Pemberian insentif guna menggairahkan dan mendorong dosen terutama para guru besar untuk menghasilkan karya buku ajar setiap tahun. Sebab, kenyataan selama ini masih relatif sedikit dosen yang menghasilkan karya buku, kata Ibrahim. Buku yang diterbitkan dosen Kopertis IX, dibanding sekitar 9.000 Dosen Diperbantukan Kopertis (DPK) dan Dosen Tetap Yayasan (DTY), masih relatif sedikit. Buku yang terbit selama ini belum terlalu banyak, masih perlu terus dimotivasi dan dirangsang agar para dosen itu setiap tahun menghasilkan buku ajar.

…dst

11 ) UI – Pertamina Komitmen Bangun Kualitas Riset
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/20/373/545047/ui-pertamina-komitmen-bangun-kualitas-riset

Selasa, 20 Desember 2011 19:09 wib
DEPOK – Universitas Indonesia (UI) kini memiliki laboratorium sains dan multi disiplin. Laboratorium tersebut terdiri dari Laboratorium bio processing, ruang riset genome & bio informatics, laboratorium molekuler, ruang cultur collection, ruang penunjang, ruang staf, dan toilet. Sebagai universitas kelas dunia, UI dinilai wajib memiliki gedung ini. Keberadaan gedung tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas mahasiswa lulusan UI. Sehingga lulusan bidang ini dapat bertambah tiap tahun. Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri ketika meresmikan gedung laboratorium terpadu itu mengatakan, keberadaan labratorium mampu meningkatkan minat mahasiswa menjadi menggeluti bidang biologi. “Pembangunan gedung laboratorium ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para sivitas akademika UI dalam menghasilkan riset-riset berkualitas dan memberikan kontribusi untuk pembangunan bangsa,” katanya dalam sambutannya, Selasa (20/12/2011).

…dst

12 ) Sudah Tradisi, ITS Juarai Dua Kompetisi
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/20/373/544871/sudah-tradisi-its-juarai-dua-kompetisi

Selasa, 20 Desember 2011 14:09 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya berhasil meraih gelar juara pada dua kompetisi tahunan besutan Ditjen Dikti Kemendikbud ini. Dalam Kontes Jembatan Indonesia (KJI) 2011, tim mahasiswa Teknik Sipil ITS sukses menyabet gelar juara pertama. Mereka adalah Candra Prasetya, Rahmad Putra Juniazhar, Reza Arfany, dan Dika Aristia Prabowo. Sedangkan pada Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2011, tim beranggotakan Chairul Aprianto, Aan Sulistiyatno, dan Wahyu Candra Prasetya membawa pulang tropi sebagai juara ketiga. “Kami sangat senang tahun ini bisa menang KJI dan KBGI lagi. Pencapaian tahun ini menunjukkan konsistensi mahasiswa Teknik Sipil ITS dalam mempertahankan tradisi juara,” ujar Wahyu seperti dilansir ITS Online, Selasa (20/12/2011).

…dst

13 ) Regenerasi, Kunci ITS Pertahankan Gelar Juara KJI-KBGI
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/20/373/544880/regenerasi-kunci-its-pertahankan-gelar-juara-kji-kbgi

Selasa, 20 Desember 2011 15:39 wib
JAKARTA – Hampir tiap tahun, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menyabet gelar juara dalam Kontes Jembatan Indonesia (KJI) dan Kontes Bangunan Gedung Indonesia (KBGI). Prestasi ini mereka raih dengan mengedepankan regenerasi. Dengan demikian, tradisi juara pun berhasil dipertahankan. Tahun ini misalnya, tim KJI ITS beranggotakan Wahyu Candra Prasetya, Rahmad Putra Juniazhar, Reza Arfany, dan Dika Aristia Prabowo membawa pulang gelar juara pertama. Sedangkan Chairul Aprianto, Aan Sulistiyatno, dan Wahyu Candra Prasetya yang mewakili ITS dalam KBGI meraih juara ketiga. Kemenangan itu tidaklah mutlak milik anggota tim saja. Sebab, ada puluhan mahasiswa program studi (prodi) Teknik Sipil ITS angkatan 2010 lainnya yang membantu mereka menggapai tangga kesuksesan. Wahyu menjelaskan, sedikitnya 30 mahasiswa angkatan 2010 itu dilibatkan mulai dari perencanaan hingga proses pengerjaan proyek.

…dst

14 ) FK Undip-Prodia Jalin Kerja Sama
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/21/170712/Peluncuran-Website-Lagu-Anak-Gratis (sama linknya)

21 Desember 2011
SEMARANG – Fakultas Kedokteran Undip dan Klinik Prodia melaksanakan kerja sama di bidang penelitian. Jalinan kerja sama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dekan FK Undip dokter Endang Ambarwati SpKFR dengan President Director Prodia Dr Dewi Muliaty MSi di Aula FK Undip, baru-baru ini. Dekan FK Undip dokter Endang Ambarwati SpFKR menyatakan, kerja sama akan mempermudah penelitian dokter maupun mahasiswa Kedokteran dalam bidang kesehatan. “Nantinya hasil penelitian mampu dipublikasikan ke dalam jurnal ilmiah internasional. Salah satu penilaian akreditasi adalah penelitian dosen,” katanya. Ia meminta, dengan adanya fasilitas dari Prodia, dosen bisa mengembangkan ide dan gagasan dengan lebih baik. Endang berharap kerja sama diisi kegiatan yang membuat khasanah ilmu kedokteran semakin maju. “Kami akan memonitoring dan mengevaluasi secara periodik dan berkesinambungan, sehingga kerja sama bisa maksimal dan tepat,” ujarnya. Sementara itu, President Director Prodia Dewi Muliaty MSi mengatakan, pihaknya telah banyak melakukan penelitian, namun sebatas individu.

…dst

15 ) Dicari, Paduan Suara Terbaik di Indonesia!
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/20/373/544761/dicari-paduan-suara-terbaik-di-indonesia

Selasa, 20 Desember 2011 14:07 wib
BANDUNG – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menghelatevent akbar dua tahunannya, yaitu Festival Paduan Suara (FPS) ITB ke-23. Ajang ini salah satu tradisi ITB paling tua yang digelar sejak 1968. ITB mengklaim FPS sebagai festival terbesar di Indonesia bidang paduan suara. Dua tahun lalu (2010), FPS ITB yang ke-22 diikuti 79 paduan suara yang mengikuti lima kategori, yakni kategori Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan perguruan tinggi. “Tahun ini kami menargetkan 100 pendaftar atau 90 penampil,” kata Ketua FPS 2012 Lidwina Ayu Andrarini, baru-baru ini.

…dst

16 ) Unwahas Dirikan Pusat Studi Masyarakat ASEAN
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/21/170713/Unwahas-Dirikan-Pusat-Studi-Masyarakat-ASEAN

21 Desember 2011
SEMARANG -Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), kemarinm, mendirikan Centre of ASEAN Society Study (CASS) atau Pusat Studi Masyarakat ASEAN. Pada kegiatan tersebut juga digelar seminar nasional “Mengenal Masyarakat ASEAN 2015” kerja sama Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri dengan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional FISIPUnwahas. Rektor Unwahas Dr Noor Achmad MA mengatakan, tujuan pendirian CASS menyangkut empat hal, yaitu relation, research and information, focus group discussion, dan education. Relation menyangkut kerja sama dengan pemerintah (Kemenlu RI) serta kerja sama dengan pihak luar, seperti institusi pendidikan, organisasi dalam dan luar negeri, perorangan, serta pihak lain yang peduli. Research and information menyangkut usaha mempromosikan dan lebih memasyarakatkan ASEAN khususnya Masyarakat ASEAN 2015.

…dst

17 ) UII Yogyakarta Miliki 23 Guru Besar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/453524/

Wednesday, 21 December 2011
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta kembali menambah satu guru besarnya. Pengukuhan salah satu dosen Fakultas Hukum (FH) UII Jawahir Thontowi sebagai guru besar itu dipimpin Rektor UII Edy Suandi Hamid dalam Sidang Terbuka Senat di Auditorium Kahar Muzakir, Kampus Terpadu UII,Jalan Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, kemarin. Dengan bertambahnya satu guru besar,UII kini memiliki 23 orang guru besar. Jumlahnya pasti akan bertambah pada 2012 karena sudah banyak dosen bergelar S-3 yang mengajukan permohonan menjadi guru besar. “Selain itu, juga sudah ada tiga dosen yang sedang dalam proses sebagai guru besar,” ungkap Humas UII Rifqi Sasmita kemarin.

…dst

18 ) Banyak Lulusan S-1 Tak Kuasai TI
http://www.pikiran-rakyat.com/node/170065

Selasa, 20/12/2011 – 07:38
JAKARTA,(PRLM).- Banyak ulusan S1 Indonesia yang kurang akrab dengan teknologi informasi (TI). Padahal syarat minimal masuk pasar global masih ditambah dengan kemampuan bahasa Inggris dan sikap profesional. Hal itu dikatakan Presiden The Ship for South East ASEAN Youth Programme (SSEAYP), Dr. Ir. Rino Wicaksono, di Serpong, Senin berkaitan dengan Terbentuknya Masyarakat negara-negara Asia Tenggara atau ASEAN Community pada 2015. “Indonesia memang pengguna telepon selular terbesar di dunia. Tapi kebanyakan dari kita tidak memanfaatkannya secara optimal selain sekadar alat komunikasi dan mengikuti tren mode. Kita sudah terjebak. Kita juga tidak akan menjadi besar kalau hanya menerima penetrasi produk dari produser,” kata Rino.

…dst

19 ) JK Raih Budai Award dari Unissula
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/20/373/544781/jk-raih-budai-award-dari-unissula

Selasa, 20 Desember 2011 13:35 wib
SEMARANG – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang kemarin memberikan Budaya Akademik Islami (Budai) Award 2011 kepada mantan Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Jusuf Kalla (JK) dipandang telah berjuang secara signifikan membangun peradaban Islam di bidang kemanusiaan. Rektor Unissula Laode M Kamaluddin mengatakan, Kalla adalah figur dengan integritas baik serta memiliki peran besar dalam sejumlah penyelesaian beberapa konflik yang terjadi di Indonesia. “Di antaranya konflik di Aceh, Poso, Ambon serta kiprahnya di Palang Merah Indonesia (PMI),” katanya, kemarin.

…dst

20 ) Beasiswa Rp21,59 Miliar untuk 3.987 Mahasiswa UNY
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/20/10372968/Beasiswa.Rp21.59.Miliar.untuk.3.987.Mahasiswa.UNY

Selasa, 20 Desember 2011 | 10:37 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Negeri Yogyakarta mengucurkan dana sebesar lebih dari Rp21,59 miliar pada tahun 2011 untuk beasiswa program strata satu dan diploma tiga yang berasal dari berbagai sumber. Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Herminarto Sofyan mengatakan, jumlah mahasiwa penerima beasiswa tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2010. Tahun 2011, sebanyak 3.987 mahasiswa program S-1 dan D-3 mendapatkan beasiswa. “Beasiswa sebesar itu diberikan kepada 3.987 mahasiswa program strata satu (S-1) dan diploma tiga (D-3),” kata Herminarto, Selasa (20/12/2011).

…dst

21 ) 13.600 Siswa Miskin Akan Disubsidi
Bantuan Operasional Pendidikan SMA
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/21/170717/13.600-Siswa-Miskin-Akan-Disubsidi

21 Desember2011
SEMARANG- Sedikitnya 13.600 siswa miskin di tingkat SMA/SMK/MA di Jateng akan mendapat subsidi lewat Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).Rancangan inisiatif Komisi E DPRD Jateng dalam raperda penyelenggaraan pendidikan yang segera disahkan akhir tahun ini, akan mendukung rintisan program wajib belajar (wajar) 12 tahun. Anggota Pansus Raperda Penyelenggaraan Pendidikan Muh Zen ADv mengungkapkan, salah satu poin penting dalam peraturan baru nanti adalah pendidikan terjangkau berkualitas. Karena itu, salah satu fokus utama mengarah ke pendidikan menengah SMA sederajat, karena pada pendidikan dasar sudah mendapat alokasi lewat BOS dari pusat dan bantuan provinsi.

…dst

22 ) Siswa SMA/Sederajat Terima Subsidi di 2013-Pendamping BOS Jateng 2012 Senilai Rp120.000/Tahun
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/453526/

Wednesday, 21 December 2011
SEMARANG– Siswa SMA sederajat di Jateng akan mendapatkan bantuan subsidi operasional pendidikan dari Pemprov Jateng. Subsidi khusus pelajar dari keluarga miskin ini baru bisa dinikmati pada 2013. Subsidi pendidikan ini sudah diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Pendidikan yang rencananya akan ditetapkan menjadi perda, Kamis (29/12). “Besaran nominal bantuan diatur dalam peraturan gubernur (pergub) dan 2013 harus sudah muncul karena berlaku satu tahun setelah digedok,” ungkap anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv kemarin. Dari studi banding ke Bali, subsidi pendidikan di Pulau Dewata mencapai Rp500.000/- tahun. Di Kalimantan Timur nilai bantuan Rp1 juta/tahun, di Sumatera Selatan sekitar Rp750.000–1 juta. Pihaknya berharap di Jateng bisa dikucurkan anggaran yang sama dengan Provinsi Bali. Setiap satu kali tahun anggaran setidaknya dibutuhkan alokasi sekitar Rp7–10 miliar. Anggaran sebesar itu tidak terlalu banyak.

…dst

23 ) 87% Dana Pendidikan untuk Gaji Pegawai
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/453361/

Wednesday, 21 December 2011
CIMAHI— Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi mengajukan anggaran pendidikan hingga Rp300 miliar dalam APBD tahun 2012. Meskipun angkanya cukup besar, namun ternyata anggaran untuk peningkatan mutu pendidikan hanya sekitar Rp40 miliar, sedangkan sisanya untuk gaji pegawai. Dengan kata lain hanya sekitar 13% yang dialokasikan untuk peningkatan mutu pendidikan. Kadisdik Tata Wikantamengakui, porsi Belanja Tidak Langsung (BTL) yang sebagian besar dialokasikan untuk gaji pegawai jauh lebihbesardibandingalokasianggaran untuk peningkatan mutu pendidikan,seperti penyediaan sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar. “Di daerah lain pun sama,pegawai kita cukup banyak,” ujar Tata ditemui di selasela Rapat Pembahasan Pengajuan Anggaran 2012 di Gedung DPRDKotaCimahi,kemarin. Meski begitu, Tata berjanji tetap memprioritaskan peningkatan mutu pendidikan melalui penyediaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar.

…dst

24 ) Peluncuran Website Lagu Anak Gratis
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/21/170712/Peluncuran-Website-Lagu-Anak-Gratis

21 Desember 2011
JAKARTA – Apa yang dinyanyikan anakanak sekarang? Kebanyakan mereka hafal lagu-lagu orang dewasa, seperti “Playboy”- nya 7icon atau “Alamat Palsu” milik Ayu Ting Ting. Padahal, anak-anak butuh lagunya sendiri. Karena itu, harus ada yang peduli. Pencipta lagu anak Djito Karsilo mengatakan, pihaknya segera diluncurkan website berisi lagu anak-anak yang bisa diunduh dengan gratis. Website tersebut bisa direkam dan disebarkan ke TK, SD, play group, panti asuhan, dan sebagainya dengan graris. Sebelum 22 Desember 2011 alamat website- nya: www.dev.marinyanyi.com, namun setelah tanggal itu menjadi www.marinyanyi. com tanpa dev. “Saat ini di website itu sudah tersedia 50- an lagu. Nanti di situ juga bisa menjadi ajang bikin lagu anak bersama-sama. Anak-anak, orang tua, guru, siapa pun bisa usul tema lagu dan mengirim lirik maupun lagu ciptaan mereka. Semua akan diproses jadi lagu dan diunggah dalam website tersebut,” katanya.

…dst

25 ) Indonesia Runner Up ASEAN Para Games
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/453569/

Wednesday, 21 December 2011
SOLO– Kontingen Thailand keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games (APG) ke- VI yang ditutup tadi malam.Kontingen negeri Gajah Putih tersebut menjadi juara umum dengan meraih 123 medali emas, 96 perak, dan 73 perunggu. Sedangkan tuan rumah Indonesia harus puas dengan posisi runner up dengan 113 medali emas,108 perak, dan 89 perunggu. Ucara penutupan yang dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo diwarnai dengan hujan yang mengguyur sejak siang hari. Akibatnya upacarapenutupan sempat kacau dan tidaksesuai dengan rencana semula.

…dst

26 ) Enam Kementerian Penyerap Anggaran Tertinggi
http://www.tempo.co/read/news/2011/12/20/078372724/Enam-Kementerian-Penyerap-Anggaran-Tertinggi

SELASA, 20 DESEMBER 2011 | 12:53 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Enam menteri mendapatkan penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono karena penggunaan dan penyerapan pagu belanja modal tertinggi hingga 10 Desember 2011. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Perhubungan, Jaksa Agung, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, serta Menteri Risek dan Teknologi. Mereka akan mendapatkan penambahan anggaran di tahun 2012. Menurut Menteri Keuangan Agus Martowardojo, reward dan punishment atas penyerapan anggaran ini sebenarnya sudah dijalankan. “Reward and punishment ini diberikan kepada kementerian serta lembaga yang tidak dapat menjelaskan bahwa rendahnya penyerapan itu adalah karena alasan-alasan yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya usai acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran oleh Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa 20 Desember 2011.

…dst

27 ) Tujuh PNS Kemenkeu Dipecat
Lakukan Transaksi Keuangan Mencurigakan
http://www.jpnn.com/read/2011/12/21/111839/Tujuh-PNS-Kemenkeu-Dipecat-
Rabu, 21 Desember 2011 , 06:55:00

JAKARTA – Kementrian Keuangan (Kemenkeu) telah menerima 86 laporan transaksi keuangan yang mencurigakan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Laporan tentang transaksi mencurigakan yang melibatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut tengah ditindaklanjuti oleh Kemenkeu. Hasilnya, 33 laporan terbukti terdapat penyimpangan atau penyalahgunaan dalam pelaksanaan tugas.
“Tindak lanjutnya berupa pengenaan hukuman disiplin,” ungkap Kepala Biro Humas Kemenkeu Yudi Pramadi dalam keterangannya kemarin. Terkait investigasi kasus tersebut, tujuh pegawai telah atau dalam proses diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada pula yang telah diproses secara hukum. Selanjutnya, Kemenkeu juga tengah mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket) terhadap delapan laporan. Namun hingga kini belum ditemukan bukti penyimpangan atas rekening yang diteliti. Selanjutnya, sembilan laporan telah dimintakan persetujuan PPATK untuk diteruskan ke KPK.

…dst

28 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
Aceh