Hari ini hari Ibu, tak sangka di hari yang istimewa ini saya menerima sepucuk surat yang berisi ancaman dan kedengkian, di-post ke web kopertis XII. Saya sengaja approve surat tersebut agar para pengunjung bisa bantu koreksi diriku. Bila saya salah mohon diluruskan seandainya itu hanya tuduhan yang mengada-ngada maka saya siap memaafkan ybs.

=====================================================================

Surat itu atas nama Diah Fitaloka Submitted on 2011/12/22 at 2:50 pm
alamat email : someone@yahoo.com
IP 202.158.29.90 (menunjukkan lokasi di Depok, Jabar)

Isinya :
Bu Fitri Yth,

Kenapa anda berani sekali mempublish No Hp Pak Dedy tanpa seijinnya? apakah anda berani tanggung jawab?

Bagaiamana kalau beliau nuntut bu Fitri?

======================================================================
Rupanya Bu Diah ini keberatan salah satu tanggapan saya (total ada 133 diskusi di kolom komentar topik ini) di :

Mekanisme Pendaftaran BPPS Online 2011 (Jadwal 01-29 April 2011)

Jujur aja saya sangat shock karena selama ini para Pemakai web Kopertis XII dan beberapa Milis Pendidikan yang saya layani tak pernah bersikap sedemikian kasar terhadap diriku. Saya hanyalah seorang sukarelawan yang berusaha turut berkontribusi sedikit pengetahuan untuk bangsaku. Kebetulan diminta bantu mengelola web Kopertis XII.  Selama 16 bulan lebih (sejak 02 Agustus 2010) mengelola web kopertis XII saya sudah post 2.330 tulisan dan beri panduan ke 1.754 pengunjung. Sehari-hari saya masih memiliki tugas utama di 2 (dua) perusahaan dagang dan merawat Mama (88 tahun, penderita depresi berat) dan ibu mertua (91 tahun, sudah lumpuh) sudah uzur dan tinggal seatap dengan kami. Bisa bayangkan tiap hari saya hanya dapat waktu tidur sekitar 3 jam, kadang tak sempat sarapan dan makan malam sering mandi di tengah malam karena sepulang kerja setelah siap urus keluarga langsung duduk di depan laptop. Web Kemdiknas kurang update sehingga semua sajian saya di web Kopertis perlu di-search ke sana sini dan baca isinya, diseleksi sebelum di-posting agar info yang disajikan adalah info legal dan akurat.

Di bawah ini adalah tanggapan saya ke Bu Diah:
Submitted on 2011/12/22 at 4:12 pm | In reply to Diah Fitaloka.

Bu Diah, saya tidak kenal Pak Dedy, saya hanya tahu beliau adalah petugas Diktendik Dikti yang menangani NIDN. Info yang saya terima beliau jarang membalas email para operator yang butuh solusi. Kalo team epsbed sebelumnya (Jan 2002-5 April 2010) hp mereka justru mereka sendiri yang publikasikan, mereka dalam kondisi 24 jam standby melayani pertanyaan para operator yang mengalami kendala dalam proses program Epsbed. Bahkan di masa Win Epsbed (5 April 2010 s/d 31 Des 2010 sebelum Epsbed dialihkan ke Diiktendik Dikti ) Pak Mul, Pak Wahyu, Pak GTS dll juga publikasi no hp mereka melalui Informasi Teknis Diseminasi Program Pelaporan EPSBED di WEB Direktorat Akademik (Belmawa) yang terbuka untuk umum (bisa diunduh semua orang), bisa Bu Diah baca: http://akademik.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=177:informasi-teknis-pelaporan-epsbed&catid=62:download-file&Itemid=130

Perhatikan di materi Rakerda 2009 Pak Fasli Jalal pada saat itu selaku Dirjen Dikti sengaja cantumkan alamat kontak di powerpoint yang diedarkan. http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2009/11/dirjen-dikti-di-rakerda-kopertis-wilayah-iii-tahun-2009.ppt#453 Begitu juga di panduan dari team IGDS semua alamat kontak (email lengkap no. hp) koordinator dan anggota team tercantum di situ, dan surat edaran berbagai panduan dan monev Dikti juga selalu dilengkapi dengan alamat kontak, bila butuh bisa saya perlihatkan. Ini menunjukkan bagi yang berniat tulus memberi layanan ke masyarakat tak pernah rasa takut dihubungi.

Pada tgl 09-10 Maret 2011 di salah satu milis pendidikan diinfokan bagi yang mengalami kesulitan proses NIDN bisa hubungi Bu Rini, Pak Firman dan Pak Dedi, alamat kontak yang diberikan lengkap email dan no hp, kalo keberatan kenapa publikasi di milis yang merupakan tempat mangkal adik-adik operator? Saya kirai Pak Dedy dkk walaupun masih pendatang baru di Epsbed, memiliki semangat kerja seperti team Epsbed yang lama, dan siap melayani kebutuhan operator dalam rangka penyajian data PT yang akurat demi kepentingan masyarakat luas sehingga Pak Dedy dkk berkenan edarkan alamat kontak mereka seperti yang biasa dilakukan oleh Yth Pak Wartono dkk. Untuk itu saya tidak merasa saya publikasi apa-apa di web ini, saya hanya teruskan alamat kontak Pak Dedy yang sudah dipublikasikannya ke SEORANG pengunjung yang sangat terdesak karena batas pendaftaran BPPS sudah hampir habis.  Salahkah itu ?

Saya tidak tahu apa maksud kedatangan Bu Diah di web ini juga tidak tahu Bu Diah ini bertugas di mana. Karena Bu Diah pergunakan alamat email someone@yahoo.com yang sepertinya tidak ingin dikenali, dari IP kelihatan lokasi Bu Diah di Depok, Jawa Barat. Jujur aja selama ini tak pernah ada yang bersikap kasar apalagi sampai mengancam saya. Saya di sini memandu para pengunjung tanpa ada kepentingan apapun. Seandainya Bu Diah merasa keberadaan saya sudah merugikan Ibu dkk silakan menuntut saya dengan tuduhan membantu masyarakat umum peroleh info pendidikan, saya berani pertanggung jawabkan semua perkataan dan perbuatanku baik di dunia maupun di akhirat. Seandainya Bu Diah mengunjungi web kami dengan niat baik, kami akan menyambut dengan senang hati, sebaiknya bila kedatangan hanya berusaha halangi masyarakat peroleh info, maka minta maaf kami terpaksa cari identitas Ibu dan mengambil tindakan yang diperlukan.  Ok deh masih banyak tugas lagi menanti saya, terima kasih sudah mengunjungi web kami.

Salam hangat, Fitri