1 ) Rektor dan MWA UI Berdamai
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/23/00545347/Rektor.dan.MWA.UI.Berdamai

Jumat, 23 Desember 2011 | 00:54 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kisruh yang terjadi di Universitas Indonesia (UI) akhirnya menemui titik terang. Setelah menghadapi berbagai situasi yang cukup alot, akhirnya Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri berdamai dengan Majelis Wali Amanat (MWA) UI. Seusai menggelar rapat dengan kedua belah pihak (Rektor dan MWA), Kamis (22/12/2011) malam, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, kedua belah pihak akhirnya telah memiliki kesepakatan yang bulat dan menjadi komitmen bersama. Inti dari hasil rapat malam ini adalah, pertama, Rektor UI dan MWA dinyatakan masih aktif sebagai organ dalam tubuh UI. “Kami menggunakan pendekatan semuanya hidup. Karena semuanya hidup kita bisa berdialog, tapi jika salah satunya mati, maka harus berdialog kepada siapa,” kata Nuh dalam jumpa pers di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (23/12/2011) dini hari. Berikutnya, kata dia, disepakati untuk membentuk tim transisi yang keanggotaannya merupakan representasi dari semua pemangku kepentingan, yaitu MWA, eksekutif, Dewan Guru Besar (DGB), Senat Akademik Universitas (SAU), Dewan Audit, mahasiswa, dan karyawan.

…dst

2 ) Tim Transisi Ambil Alih UI
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/23/65/546143/tim-transisi-ambil-alih-ui

Jum’at, 23 Desember 2011 00:32 wib
JAKARTA – Setelah bergulir berbulan-bulan, kekisruhan di Universitas Indonesia (UI) akhirnya usai. Pertemuan antara Rektor UI dengan Majelis Wali Amanah (MWA) yang dimediasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, Jumat (23/12/2011) dini hari memutuskan, akan dibuat tim transisi yang akan mengurusi segala kebutuhan kelembagaan UI.”Tim transisi ini akan bertugas menyiapkan Senat Akademik Universitas (SAU) baru yang berwenang memilih anggota MWA baru. Nantinya, MWA baru tersebutlah yang akan memilih rektor untuk periode berikutnya,” kata Mendikbud M Nuh di ruang rapat Kemendikbud, Jumat (23/12/2011).

…dst

3 ) Inilah Tujuh Unsur Independen Tim Transisi UI
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/23/373/546151/inilah-tujuh-unsur-independen-tim-transisi-ui

Jum’at, 23 Desember 2011 01:37 wib
JAKARTA – Hingga 2013 mendatang, tata kelola kelembagaan di Universitas Indonesia (UI) akan dijalankan oleh tim transisi. Tim ini, terdiri dari tujuh unsur kelembagaan UI. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memaparkan, keanggotaan tim transisi UI ini diisi oleh representasi pemangku kepentingan di UI. Mereka adalah Majelis Wali Amanah (MWA), eksekutif (rektorat), Dewan Guru Besar (DGB), dewan audit, Senat Akademik Universitas (SAU), mahasiswa, dan karyawan. “Tapi perlu dicatat, perwakilan tiap unsur ini bukanlah anggota masing-masing unsur, jadi mereka independen,” ujar Mendikbud M Nuh di ruang rapat Mendikbud, Gedung A Kemendikbud lantai 2, Jakarta, Jumat (23/12/2011) dini hari. Maksud Nuh, perwakilan dari MWA bukanlah anggota MWA yang sedang aktif. Begitu juga dengan DGB, SAU, dan Dewan Audit UI. “Unsur eksekutif tidak boleh diwakili oleh rektor, wakil rektor, atau dekan. Dosen bisa menjadi wakil unsur eksekutif,” imbuhnya.

…dst

4 ) Mencoreng Arang di Kursi Rektor 4 Kampus
http://www.detiknews.com/read/2011/12/23/062009/1798116/10/mencoreng-arang-di-kursi-rektor-4-kampus?n991102605

Jumat, 23/12/2011 06:20 WIB
Jakarta – Silang sengketa keabsahan kursi Rektor Universitas Indonesia (UI) memperpanjang daftar seteru kampus di Indonesia belakangan terakhir. Bahkan, konflik keabsahan elit kampus tersebut ada yang berakhir dengan korban jatuhnya nyawa.
Berikut konflik konflik elit kampus yang terekam oleh detikcom, Jumat (23/12/2011):
Kampus ITS Surabaya
Sejumlah guru besar Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mengeluhkan adanya intervensi Mendiknas Mohammad Nuh dalam pemilihan rektor ITS dalam bentuk Permendiknas No 24/2010. Proses pemilihan rektor itu berlangsung sejak Juni 2010. Namun ketika proses finalisasi, pada 4 Oktober 2010, tiba-tiba Permendiknas tersebut keluar dan mengubah semua proses pemilihan yang sudah berlangsung.

…dst

5 ) Putusan MK tidak ada Hubungan dengan MWA UI
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/12/23/286368/293/14/Putusan-MK-tidak-ada-Hubungan-dengan-MWA-UI

Jumat, 23 Desember 2011 05:59 WIB
JAKARTA–MICOM: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan putusan MK Nomor 11-14-21-126 dan 136/PUU-VII/2009 tentang Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan (BHP) tidak ada kaitannya dengan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI). Hal itu ditegaskannya di Jakarta, Kamis (22/12). “Kalau pihak UI (Universitas Indonesia) sendiri menyatakan itu (WMA) perlu ada, maka itu berdasarkan kontrak antara stakeholder. Ya, enggak apa-apa. Enggak perlu dibubarkan,” lanjut Mahfud. Mengenai isi putusan, Mahfud menjelaskan MK tidak melarang BHP tapi membatalkan UU BHP. Menurut MK, UU BHP bertentangan dengan UUD 1945 (inkonstitusional) dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat. “Karena UU BHP itu menyeragamkan perguruan tinggi secara nasional. Enggak boleh dong, masak ada otonomi kampus tapi dipaksakan seragam,” kritiknya.

…dst

6 ) Universitas Yaman jamin keamanan mahasiswa Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/289938/universitas-yaman-jamin-keamanan-mahasiswa-indonesia

Jumat, 23 Desember 2011 00:29 WIB
Kairo (ANTARA News) – Rektor Universitas Al Ahqaf, Hadramaut, Yaman, Prof Habib Abdullah Baharun, menyatakan pihaknya menjamin keamanan mahasiswa Indonesia yang kuliah di wilayah bagian timur negara itu. Habib Baharun menyampaikan protes atas berita di Indonesia yang menyebutkan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI), khususnya di Hadramaut, terancam keamanannya akibat krisis politik melanda negara negara itu sepanjang tahun ini.”Hadramaut aman dan perhatian terhadap mahasiswa-mahasiswi dan santri Indonesia sangat besar oleh pimpinan universitas dan ma`had (pesantren) yang ada di Mukalla, Rayyan, dan Tarim, yang semuanya berada di provinsi Hadramaut,” kata Habib Baharun lewat Duta Besar RI untuk Yaman, Nurul Aulia, kepada ANTARA Kairo, Kamis (22/12) malam (Jumat dini hari WIB). Menurut Dubes Nurul Aulia, Prof Baharun menyampaikan protes terhadap berita ANTARA Kairo pada 12 Desember 2011 yang menyebutkan bahwa pihak KBRI Sanaa dalam upaya evakuasi WNI belum bisa mengunjungi Hadramaut terkait masalah keamanan. “Saya diprotes keras oleh Rektor Universitas al-Ahqaf Hadramaut, Prof Habib Abdullah Baharun, karena di situ disebut mengutip Dubes RI Sana`a yang menyatakan KBRI belum dapat ke Hadramaut karena situasi keamanan di sana,” katanya.

…dst

7 ) Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Bak Pisau Bermata Dua
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/22/lwl9x6-internasionalisasi-pendidikan-tinggi-bak-pisau-bermata-dua

Kamis, 22 Desember 2011 12:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mantan Wamendiknas, Fasli Jalal, memperingatkan bahwa internasionalisasi pendidikan tinggi bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi, hal tersebut membuat pendidikan di Indonesia semakin maju, namun di sisi lain bisa melukai seandainya tidak dipakai secara hati-hati. “Kita harus siap dulu. Jangan sampai internasionalisasi (pendidikan tinggi) justru melukai kita. Setelah siap, baru hal itu kita pakai untuk berbagai hal yang memang bisa memajukan pendidikan Indonesia,” kata Fasli, usai acara Penyerahan Hadiah Kepada Guru Pemenang Lomba Penulis Artikel Ilmiah Guru Tingkat Nasional di Gedung Dikti Kemendikbud, Selasa (20/12). Sebelumnya, internasionalisasi pendidikan tinggi yang tercantum dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) mendapat banyak penolakan. Penolakan terbesar datang dari asosiasi perguruan tinggi swasta menyusul adanya rencana kebijakan yang memperbolehkan Perguruan Tinggi Asing (PTA) masuk ke Indonesia.

…dst

8 ) World Physics Olimpiad
Inovasi Indonesia dalam Olimpiade Fisika
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/22/15584284/Inovasi.Indonesia.dalam.Olimpiade.Fisika

Kamis, 22 Desember 2011 | 15:58 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sukses memelopori Asian Physics Olympiad, Indonesia kembali membuat inovasi. Kali ini, para ilmuwan Indonesia yang tergabung dalam Surya Institute menggelar World Physics Olimpiad (WoPho). Berbeda dengan penyelenggaraan olimpiade-olimpiade yang umumnya diadakan selama 5-8 hari, waktu pelaksanaan WoPho digelar satu tahun penuh. Untuk mengikuti WoPho, para peserta harus melewati tiga tahapan, yaitu, selection round, discussion round, dan final round. Selection round dibuka untuk siapa saja di seluruh dunia yang telah dimulai pada Januari hingga Juni 2011 lalu. Dalam babak ini, para peserta diberi sepuluh soal fisika yang dapat diunduh melalui http://www.wopho.org.

…dst

9 ) Rektor Unhas Ketuai Majelis Rektor PTN
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/22/373/545922/rektor-unhas-ketuai-majelis-rektor-ptn

Kamis, 22 Desember 2011 15:31 wib
JAKARTA – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Idrus A Paturusi terpilih menjadi ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) periode 2012-2014.Idrus menggantikan ketua sebelumnya, Musliar Kasim. Musliar, yang merupakan mantan rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, kini menempati jabatan sebagai wakil menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) bidang akademik. Kemenangan Idrus dipastikan dalam rapat musyawarah anggota MRPTNI di Hotel Horison, Palembang, yang berakhir tadi malam. Rapat tersebut dihadiri oleh 39 rektor PTN dari Sumatera hingga Papua.Idris unggul dalam pemungutan suara yang dilakukan oleh tujuh orang formatur MRPTNI. Selain Idrus, keenam formatur tersebut adalah Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Bedjo Sujanto, Rektor Universitas Halueleo (Unhalu) Usman Rianse, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Herry Suhardiyanto, Rektor Universitas Bengkulu Zainal Muktamar, dan Rektor Universitas Lambung Mangkurat.

…dst

10 ) UII Kerja Sama dengan Solbridge Korsel untuk Program Gelar Ganda
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/22/lwm4lg-uii-kerja-sama-dengan-solbridge-korsel-untuk-program-gelar-ganda

Kamis, 22 Desember 2011 23:03 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan menindaklanjuti kerja sama yang telah disepakati dengan Solbridge International School of Business Woosong University, Korea Selatan. “Dalam kerja sama itu disepakati bahwa mahasiswa International Program Universitas Islam Indonesia (UII) segera bisa mengambil program ‘double degree’ (gelar ganda) di Solbridge,” kata Wakil Dekan International Program UII Wiryono Raharjo di Yogyakarta, Kamis (22/12). Menurut dia, sebagai langkah awal untuk menjalankan program tersebut nanti akan dilakukan tukar silabus mata kuliah yang ada di UII kepada pihak SolBridge. Selain itu, kata dia, peluang mahasiswa UII untuk memperoleh ‘partial scholarship’ di SolBrige juga sangat terbuka. ‘Scholarship’ tersebut akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi standar yang telah ditentukan.

…dst

11 ) Antena Satelit Murah Meriah dari UNY
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/22/373/545906/antena-satelit-murah-meriah-dari-uny

Kamis, 22 Desember 2011 17:17 wib
JAKARTA – Antena satelit atau yang lazim disebut antena parabola menyediakan variasi tayangan televisi dengan kualitas gambar dan suara berkualitas. Namun, kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk menikmati fasilitas ini. Nah, inovasi antena televisi dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini akan mampu menekan pengeluaran rutin kita dalam urusan pertelevisian. Empat sekawan, Meita Wulan Sari, Ika Feni Setyaningrum, Ni’mah Ma’furoh (FMIPA UNY) dan Brilian Prasetyo (Fakultas Teknik) menilai, beberapa teknologi antena yang sudah ada memiliki kelemahan, kurang efisien, dan membutuhkan biaya besar. Mereka kemudian merancang teknologi yang menggunakan banyak low noise block (LNB) dalam satu antena televisi satelit. Inobasi ini mereka sebut Teknologi Multi Bracket LNB.

…dst

12 ) Itenas Buka Bengkel Gratis
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/22/373/545791/itenas-buka-bengkel-gratis

Kamis, 22 Desember 2011 12:01 wib
BANDUNG – Untuk mempraktikkan ilmu teknik mesin yang didapat di bangku kuliah, Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Institut Teknologi Nasional Itenas (Itenas) Bandung membuka bengkel yang melayani servis dan uji emisi gratis motor dan mobil. Bengkel ini terbuka bagi masyarakat umum, sejak 19 hingga 22 Desember 2011. Di bengkel ini, masyarakat bisa melakukan engine tune up mobil, engine tune up motor, dan uji emisi mobil semua merek. Mobil yang telah mengikuti uji emisi juga akan mendapat stiker lulus uji emisi.Ketua pelaksana program, Muhammad Sadikin menjelaskan, layanan bengkel tersebut merupakan program kerja rutin HMM Itenas yang digelar tiap akhir tahun sebagai upaya aplikasi ilmu dan pengabdian kepada masyarakat. “Program ini tidak terkait dengan penilaian dari kampus. Kampus hanya sebagai fasilitator, kami mempraktikkan ilmu bagi masyarakat sekitar, terutama masyarakat kampus. Intinya, kami dari himpunan melakukan pengabdian masyarakat,” ujar Sadikin kepada okezone di sela program layanan bengkel gratis, Kamis (22/12/2011).

…dst

13 ) UGN Siap-siap Jadi PTN
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/22/373/545737/ugn-siap-siap-jadi-ptn

Kamis, 22 Desember 2011 10:41 wib
PADANGSIDIMPUAN – Tim Visitasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meninjau Universitas Graha Nusantara (UGN) di Padangsidimpuan. Peninjauan ini untuk mengetahui secara pasti persiapan UGN menuju perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel). Rektor UGN Masrul Harahap mengungkapkan, pihaknya sudah menyerahkan seluruh persyaratan administrasi sebagai syarat peningkatan status UGN menjadi PTN. “Mereka sudah melihat kesiapan seluruhnya seperti kondisi infrastruktur lima fakultas yakni, fakultas kejuruan dan ilmu pendidikan, fakultas pertanian, sospol, ekonomi, dan teknik,” ujarnya.

…dst

14 ) ITS Pagari Kampus dengan 6.000 Pohon
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/22/373/545973/its-pagari-kampus-dengan-6-000-pohon

Kamis, 22 Desember 2011 16:28 wib
SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menggelar Gugur Gunung (G2) jilid II. Program ini merupakan kelanjutan dari G2 Jilid I. Pada G2 Jilid I, ITS berhasil menanam 5.000 pohon sejak September lalu. “Besok, pada kegiatan G2 Jilid II akan ditambah penanaman 1.000 pohon. Kegiatan akan dilanjutkan dengan kerja bakti di kawasan kampus ITS,” kata Ketua Panitia G2 Agus Muhammad Hatta, Kamis (22/12/2011). Pada acara G2 jilid II ini akan ada sekira 11 ribu peserta. Partisipan adalah para civitas academica ITS mulai dari dosen, mahasiswa, hingga karyawan.Hatta menjelaskan, pohon yang akan ditanam di G2 Jilid II adalah pohon tanjung, mangga dan jati kebon (jabon). Alasannya, pohon-pohon tersebut lebih banyak bijinya sehingga mampu membantu ekosistem burung.

…dst

15 ) Belajar “Entrepreneurship” di Silicon Valley, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/21/17272750/Belajar.Entrepreneurship.di.Silicon.Valley.Mau.

Rabu, 21 Desember 2011 | 17:27 WIB
KOMPAS.com – Sebuah kesempatan baik terbuka bagi Anda yang tertarik memperdalam pengetahuan tentang entrepreneurship. Pasti sudah pernah mendengar Silicon Valley, yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya perusahaan teknologi yang semula kecil, kemudian mendunia. Salah satu contohnya adalah Facebook.Tak sedikit ahli teknologi di Indonesia yang ingin bergabung dengan perusahaan-perusahaan di Silicon Valley atau menjadikan Silicon Valley sebagai contoh untuk pembelajaran. Bagaimana rasanya jika bisa belajar mengenai entrepreneurship langsung di Silicon Valley? Stanford University, salah satu universitas ternama di Amerika Serikat yang terletak di Palo Alo, California (kota yang terletak di daerah Silicon Valley), akan mengadakan ASES Summit, pada 8 hingga 14 April 2012 mendatang.

…dst

16 ) Rp 120 Juta untuk Beasiswa Unnes
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/23/171030/Rp-120-Juta-untuk-Beasiswa-Unnes

23 Desember 2011
SEMARANG – Bank Mandiri kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis (22/12), di kampus Unnes Sekaran. Bantuan Rp 120 juta diserahkan oleh Commercial Banking Manager PT Bank Mandiri Bambang Suprabowo kepada Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo. Beasiswa ini merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) yang akan diberikan kepada 20 mahasiswa berprestasi dari keluarga miskin. “Mungkin bantuan ini tidak begitu besar, namun kami berharap yang tidak seberapa besar ini bisa ikut mendukung cita-cita Pak Rektor untuk membantu mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu,” kata Commercial Banking Manager PT Bank Mandiri Bambang Suprabowo. “Sebanyak 20,23% atau 1.483 mahasiswa baru Unnes telah menerima beasiswa dan bebas dari biaya kuliah tahun ini.

…dst

17 ) Anak Petani Diusulkan Terima Beasiswa hingga Kuliah
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/22/11342294/Anak.Petani.Diusulkan.Terima.Beasiswa.hingga.Kuliah

Kamis, 22 Desember 2011 | 11:34 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com – Anak-anak petani pada 17 subak yang memperkuat usulan pemerintah Indonesia terhadap empat kawasan di Bali menjadi warisan budaya dunia (WBD) diusulkan memperoleh beasiswa hingga perguruan tinggi. Sekretaris Tim Penyusunan Proposal WBD Prof Dr I Wayan Windia, MS mengatakan, beasiswa itu juga diharapkan disokong oleh pemerintah pusat. “Beasiswa itu diharapkan tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten/Provinsi Bali, namun juga dari pemerintah pusat,” kata Windia, Kamis (22/12/2011), di Bali. Ia mengatakan, dalam menyusun proposal yang melengkapi usulan WBD itu, disebutkan bahwa pemberian beasiswa kepada anak-anak petani diiringi harapan agar merekamampu menikmati pendidikan hingga perguruan tinggi.

…dst

18 ) Mahasiswa UPI Demo Tolak Cuti Paksa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/453972/

Friday, 23 December 2011
BANDUNG – Puluhan mahasiswa UPIyangtergabungdalam komite kerja untuk demokrasi kampus (KKDK) melakukan aksi demontrasi menolak cuti paksa yang diberlakukan pada mahasiswa tidak mampu di UPI. Dengan membawa spanduk penolakan mereka melakukan long march keliling kampus sambil membawa kotak donasi untuk rekan-rekannya yang akan dicutikan secara paksa. “Sejak ditetapkan sebagai BHMN tahun 2004 terjadi kenaikan biaya masuk.Hingga ratusan persen.Baik itu untuk jalur reguler dan biaya SPP,”kata koordinator aksi M.Vichi Fadli Ramadhan saat ditemui diselasela demontrasi di Kampus UPI Jalan Setiabudi Kota Bandung kemarin.

…dst

19 ) Layanan Pendidikan Perempuan Minim Anggaran
http://www.jpnn.com/read/2011/12/22/112048/Layanan-Pendidikan-Perempuan-Minim-Anggaran-

Kamis, 22 Desember 2011 , 22:02:00
JAKARTA – Alokasi anggaran yang diperuntukkan bagi pemberdayaan perempuan dalam APBN 2012 dirasa sangat minim. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dari total anggaran Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (PAUDNI) sekitar Rp1,4 triliun hanya sekitar Rp 8,6 miliar dialokasikan untuk program pendidikan kecakapan hidup bagi kaum perempuan. Sedangkan jumlah perempuan yang menjadi target sasaran sebanyak 7000 orang dengan satuan biaya Rp1,2 juta per orang setiap tahunnya. Anggota Komisi X DPR RI, Raihan Iskandar di Jakarta, Kamis (22/12), menyatakan, alokasi anggaran yang minim ini menunjukkan bahwa Pemerintah tidak secara sungguh-sungguh meningkatkan kapasitas SDM kaum perempuan.

…dst

20 ) Telah ditemukan dua planet seukuran Bumi
http://www.antaranews.com/berita/289869/telah-ditemukan-dua-planet-seukuran-bumi

Kamis, 22 Desember 2011 16:29 WIB
Washington (ANTARA News) — Misi Kepler dari badan antariksa Amerika Serikat (NASA) memastikan telah menemukan dua planet seukuran Bumi yang mengorbiti sebuah bintang seperti Matahari dalam sistem tata surya kita, demikian NASA seperti dikutip Reuters, Kamis. NASA menyebut penemuan ini adalah tonggak bersejarah dalam misi pencarian planet-planet serupa Bumi. Kedua planet yang dinamai Kepler-20e dan Kepler-20f ini adalah planet-planet terkecil di luar sistem tata surya yang dikonfirmasi mengelilingi sebuah bintang seperti Matahari, demikian NASA. Kedua planet baru ini terlalu dekat ke bintang mereka untuk bisa disebut berada di zona layak ditempati kehidupan (habitable zone) di mana ada air likuid pada permukaan planet. “Penemuan ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa planet-planet seukuran Bumi ada di sekitar bintang-bintang lain (di luar Matahari) dan bahwa kita mampu mendeteksinya,” kata Francois Fressin dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts.

…dst

21 ) Asupan antibiotik sebabkan infeksi yang tak terobati
http://www.antaranews.com/berita/289866/asupan-antibiotik-sebabkan-infeksi-yang-tak-terobati

Kamis, 22 Desember 2011 15:42 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga perlindungan kesehatan di Inggris menunjukkan banyak orang percaya bahwa antibiotik dapat membantu mengatasi batuk dan flu. Kenyataannya, antibiotik tak menyembuhkan virus yang menyebabkan infeksi pernapasan. Juga, setiap 10 orang Inggris menyimpan sisa resep antibiotik dokter untuk digunakan sendiri di lain waktu.Para ahli memperingatkan bahwa kekeliruan penggunaan antibiotik, ditambah dengan tak adanya obat anti bakteri baru di pasaran, meningkatkan potensi infeksi yang tak bisa diobati. Tahun lalu, resep antibiotik diberikan kepada 500 orang Inggris dari 1.800 yang disurvei. 11 persen memiliki sisa obat itu dan 6 persen mengatakan mereka akan menggunakannya kemudian. Pihak The European Centre for Disease Prevention and Control mengakui bahwa bakteri super merupakan masalah serius untuk uni eropa dan dianggap sebagai ancaman tak hanya untuk kesehatan warganya, tetapi juga terhadap ekonomi : patogen resistan dapat menghasilkan 1.5 milyar euro (2.1 miliar dolar).(yud)

>>>

22 ) Sekilas dalam Negeri
Kisruh UI:
Rektor dan MWA UI Berdamai
Krisis UI Berakhir Kompromi
Kesimpulan Konflik Soal Majelis Wali Amanat, UI Bentuk Tim Transisi
Gumilar Tetap Jabat Rektor UI
Kemendikbud Godog Opsi Bubarkan Seluruh Organ UI
Kemdikbud Desak MWA dan Rektor UI Tentukan Pilihan 
Malam Ini, Kemdikbud Memediasi MWA-Rektorat UI
BEM UI Ancam Demo Rektorat
Paripurna MWA Cabut SK Pengangkatan Gumilar
Mahfud MD Angkat Bicara Soal Majelis Wali Amanat UI
Sengketa Rektor UI, MA: Itu Urusan Internal Mereka 
Mendikbud Ancam Ambil Alih Penyelesaian Konflik UI
Pimpinan DPR: Jangan Sampai Konflik Horizontal Rusak Citra UI!
Wajib Belajar 12 Tahun
Program Wajib Belajar 12 Tahun- Pemerintah Optimistis Capai Target
Sertifikasi Guru
Puluhan guru tak lulus pertanyakan sertifikasi ke Jakarta 
Batasi BBM
Batasi BBM, Pemerintah Yakin Tak Gagal Lagi
Papua
Mahfud MD Usulkan Pemilukada di Papua Diatur Secara Khusus
Kasus Mesuji
Gubernur: usut pembuat video kasus Mesuji 
Pengamanan Perayaan Natal
87.000 Personel Diterjunkan 
Kasus Banggar DPR
Pengembalian Uang Wa Ode Kurang dari Rp 6 Miliar
Dipanggil KPK Lagi, Staf Wa Ode Panik
Kasus Nunun
Pengacara Nunun Kantongi Bukti Keterlibatan Miranda  
Kasus Nazaruddin
KPK Periksa Nazar dalam Kasus Hambalang
Nazaruddin beberkan peran Anas ke penyidik
Nazaruddin: Sekarang Terserah KPK
Nazaruddin Ungkap Sejumlah Proyek Lain
Ganti Rugi Pesawat Delay
Tahun Depan, Maskapai Wajib Bayar Rp 300 Ribu Jika Delay 4 Jam
PSSI
Sanksi FIFA Ancam PSSI
Pemain Asing Bimbang
Misi Berat Green Force
Sekilas Luar Negeri
AS akui bertanggung jawab atas tewasnya tentara Pakistan
Video Kebrutalan Militer Mesir
Misi Liga Arab Mulai Bekerja di Suriah
Pembantaian Rezim Assad, Dua Hari 250 Tewas
Tahanan, Arroyo Ditolak Cuti Natal
Pesawat Terbesar di Dunia Bakal Menuju Orbit
Telah ditemukan dua planet seukuran Bumi