Akhirnya Bengkalis Miliki Politeknik Negeri
Written by Layanan Informasi
Tuesday, 27 December 2011 11:34
Bengkalis, 26 Desember 2011–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meresmikan Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) di halaman kampus Jalan Bathin Alam Desa Sungai Alam Kecamatan Bengkalis.

Penegerian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pembukaan selubung papan nama dan peninjauan maket Polbeng oleh Mendikbud. Satu-satunya politeknik negeri di Bengkalis bahkan di Riau ini didirikan sejak tahun 2000 silam. Polbeng berada di atas lahan 12,2 hektar dengan bangunan seluas 12 ribu meter persegi.

Indonesia merupakan bangsa yang besar. Bonus demografi Indonesia pada tahun 2045 adalah modal kebangkitan bangsa, namun bisa juga menjadi malapetaka jika tidak adanya manajemen pendidikan yang mumpuni. Inilah mengapa pemerintah pusat menerapkan kebijakan untuk mendirikan perguruan tinggi negeri di kawasan perbatasan terluar Indonesia.

Nuh berkata, “Di daerah perbatasan kita dirikan perguruan tinggi sebagai center excellent. Kita tunjukkan dan buktikan. Apa betul Bengkalis lebih hebat dari negara tetangga. Kita buktikan kita yakin Insyallah”. Daerah perbatasan diharapkan menjadi garis terdepan dalam perekat bangsa dan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas.

Mendikbud berharap Politeknik Negeri Bengkalis selalu berpegang teguh pada prinsip ramah secara sosial. “Jangan sesekali ada mahasiswa yang tidak mampu membayar SPP, lalu di drop out. Haram hukumnya. Tidak boleh,” ujar Nuh.

Senada dengan Nuh, Pj Direktur Politeknik Negeri Bengkalis Muhammad Milchan mengungkapkan beberapa alasan mengapa Politeknik Bengkalis harus dinegerikan. Diantara karena keberadaan Polbeng yang berada di wilayah terluar. Selain itu, karena belum ada politeknik negeri di Riau. “Dengan dinegerikan Politeknik Bengkalis, akan mempercepat angka partisipasi kasar perguruan tinggi, pemerataan akses perguruan tinggi, mengurangi angka kemiskinan, mampu mencerdaskan bangsa, pengembangan iptek serta terwujudnya SDM dan mampu menyongsong Bengkalis sebagai Kota pendidikan,” ucap Milchan.

Selain dihadiri seluruh civitas akademika Polbeng, acara peresmian ini juga dihadiri oleh Dirjen Dikti Djoko Santoso, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Achmad Jazidie,  Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, Ketua DPRD Bengkalis Jamal Abdillah, Asisten III Sekdaprov Joni Irwan, Rektor Universitas Riau Ashaluddin Jalil, serta para kepala dinas/ badan lingkup Pemkab Bengkalis.