1 ) Catatan Akhir Tahun
2012: Sekolah, Sekolah, Sekolah!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/28/09473127/2012.Sekolah.Sekolah.Sekolah

Rabu, 28 Desember 2011 | 09:47 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — “Semboyan kita ke depan adalah jangan boleh ada anak yang tidak sekolah. Semua harus sekolah, sekolah, sekolah”. Itu yang dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam wawancara khusus dengan Kompas.com, Senin (19/12/2011) di ruang kerjanya, Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. Nuh mengatakan hal itu saat ditanya apa harapan Kemdikbud menyongsong Tahun Baru 2012. Tahun 2011 ini, kinerja Kemdikbud tak lepas dari berbagai sorotan. Utamanya, mengenai biaya pendidikan yang semakin tinggi dan pungutan-pungutan liar yang masih terjadi di sekolah-sekolah negeri.”Saya punya tiga harapan. Pertama, sekolah. Dorong setiap anak untuk sekolah, meski ada kesulitan, tapi jangan putus sekolah. Dari segi pembiayaan, kini kita sudah semakin terbuka. Tidak hanya SD-SMP, tapi sampai perguruan tinggi,” kata Nuh.

…dst

2 ) Mendesak, Standardisasi Biaya Kuliah
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/29/171695/Mendesak-Standardisasi-Biaya-Kuliah

29 Desember 2011
SEMARANG- Standardisasi biaya perkuliahan yang dipungut dari mahasiswa baru mendesak dikeluarkan. Pasalnya, kebijakan ini akan berpengaruh pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam menetapkan biaya akademik bagi mahasiswa. Hal ini disampaikan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Sudharto P Hadi PhD, kemarin. Dia mengatakan, pihaknya menyetujui adanya standardisasi dan pembatasan pungutan yang ditarik PTN, yang rencananya diterapkan pada tahun 2012 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Undip setuju jika kebijakan pembatasan itu diberlakukan, karena perguruan tinggi memang harus memfasilitasi mahasiswa miskin,” ungkapnya. Melihat kondisi saat ini, mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi termasuk Undip bukan hanya didominasi kalangan menengah ke atas, sebab banyak kalangan tidak mampu yang harus difasilitasi, karena tidak memiliki biaya. Karena itu, rencana Kemdikbud untuk membatasi pungutan yang ditarik dari mahasiswa, harus ada standar agar perguruan tinggi tidak bersikap berlebihan.

…dst

3 ) Undip Setujui Pembatasan Pungutan Berlaku di PTN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/455636/

Thursday, 29 December 2011
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyetujui rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberlakukan pembatasan pungutan biaya di perguruan tinggi negeri (PTN). Pembatasan rencananya mulai diberlakukan pada 2012 nanti. Rektor Undip Sudharto P Hadi mengatakan, pembatasan semacam itu diperlukan agar perguruan tinggi dapat lebih maksimal memfasilitasi mahasiswa miskin.”Sebenarnya, yang di PTN termasuk Undip, bukan hanya golongan menengah ke atas tapi dari kalangan tidak mampu juga banyak,” kata Rektor kemarin. Namun, sambung dia, karena persoalan ekonomi ada juga yang berhenti di tengah jalan meski sudah diberikan fasilitas beasiswa dan lainnya.

…dst

4 ) DPR: Pasal Internasionalisasi RUU PT Harus Dikaji
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/28/lwwq8d-dpr-pasal-internasionalisasi-ruu-pt-harus-dikaji

Rabu, 28 Desember 2011 16:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi X DPR-RI, Raihan Iskandar, memandang pasal internasionalisasi pada draf RUU Perguruan Tinggi (PT) ini harus dikaji secara cermat, terutama yang menyangkut pembukaan perguruan tinggi asing. “Jangan sampai keberadaan perguruan tinggi asing merugikan perguruan tinggi nasional,” kata Raihan melalui pesan singkatnya. Hal tersebut dibenarkan oleh Rektor UII, Edi Suandi Hamid, yang mengatakan internasionalisasi pendidikan dapat mengancam eksistensi pendidikan tinggi terutama perguruan tinggi swasta (PTS) di dalam negeri. “Untuk itu, perlu ada batasan tegas tentang aturan serta peranan PTA jika nantinya diperbolehkan masuk ke Indonesia,” kata Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) tersebut. Internasionalisasi pendidikan dapat mengancam eksistensi pendidikan tinggi terutama perguruan tinggi swasta (PTS) di dalam negeri. Untuk itu, kata dia, perlu ada batasan tegas, tentang aturan serta peranan PTA jika nantinya diperbolehkan masuk ke Indonesia.

…dst

5 ) DPR:Jangan Biarkan Konflik Internal UI Berlarut-larut
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/28/lww58p-dprjangan-biarkan-konflik-internal-ui-berlarutlarut

Rabu, 28 Desember 2011 08:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Konflik internal UI yang berlarut-larut telah membuat banyak pihak jengah. Baru-baru ini sejumlah anggota DPR ikut buka suara mengomentari kisruh di dalam kampus jaket kuning tersebut. Ketua Komisi X DPR, Raihan Iskandar, mengungkapkan lamanya penyelesaian kasus ini disebabkan arogansi dari dua pihak yang berseteru, yakni Rektorat UI dan Majelis Wali Amanat (MWA). “Saya kira pihak-pihak yang terlibat harus sama-sama membuka diri dan saling memahami, terbuka terhadap berbagai masukan, mencari titik temu sehingga dicapai kesepakatan semua pihak terkait,” kata anggota DPR dari Fraksi PKS tersebut kepada Republika, Rabu (28/12).

…dst

6 ) 8 Kritik Pendidikan 2011 versi PGRI
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548442/8-kritik-pendidikan-2011-versi-pgri

Rabu, 28 Desember 2011 17:06 wib
JAKARTA – Berbagai kebijakan dalam dunia pendidikan Indonesia sepanjang 2011 menuai beragam kontroversi. Meski terdapat kebijakan positif, namun tidak jarang kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah berdampak buruk dalam dunia pendidikan. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menilai, kebijakan pendidikan Indonesia selama 2011 identik dengan tiga gejala, yaitu percobaan dan kegagalan (trial and error), reaktif (hit and run), serta cekik dan peras (kick and rush). Hal ini terlihat dalam berbagai peristiwa pendidikan sepanjang 2011. Pertama, mekanisme penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang berubah-ubah. Pada 2010, penyaluran dana BOS tidak melibatkan pemerintah daerah (pemda), sementara pada 2011 penyaluran dana BOS melalui pemda.

…dst

7 ) Kalahkan Pakar Konstruksi, Mahasiswa UNS Juara
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/29/171690/Kalahkan-Pakar-Konstruksi-Mahasiswa-UNS-Juara

29 Desember 2011
ACUNGAN jempol pantas diberikan kepada Aza Nur Fauzi, mahasiswa angkatan 2007 Fakul-tas Teknik Sipil UNS. Dia berhasil menjuarai lomba karya tulis bidang konstruksi yang digelar Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), pekan lalu di Jakarta. Dalam lomba bertajuk Menuju Konstruksi Indonesia 2011 itu, Aza keluar sebagai juara I. Hebatnya, dia peserta satu-satunya dari kalangan mahasiswa, karena peserta lain adalah para praktisi, dosen, dan pakar konstruksi. Lomba itu memang terbuka untuk umum. “Saya juara I, juara II Dr Ir Wiryanto Dewobroto dari Universitas Pelita Harapan yang selama ini dikenal sebagai pakar konstruksi Indonesia. Bahkan, saya banyak menyerap ilmunya dari blog yang dibuatnya. Sementara juara III seorang dosen bergelar magister konstruksi,” kata dia. Aza membuat karya tulis berjudul Desain Pemancangan Struktur Dinding Penahan Tanah pada Basement Menggunakan Soil Nailing, Memanfaatkan Bambu sebagai Material Alternatif yang Ramah Lingkungan. Oleh juri yang terdiri atas para pakar konstruksi dan ahli serta praktisi, karya tulisnya dinyatakan sebagai pemenang utama dan berhak atas hadiah uang pembinaan sebesar Rp 15 juta, serta trofi dan penghargaan lainnya.

…dst

8 ) BEM Dukung Capres Nonparpol
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/455835/

Thursday, 29 December 2011
JAKARTA– Badan eksekutif mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi terkemuka sepakat bahwa Indonesia membutuhkan figur baru dengan track record baik dan dapat dipercaya rakyat sebagai bakal calon presiden (capres) 2014. Presiden Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Ali Mahfud memandang, rakyat sudah gerah dengan tokoh-tokoh politisi senior parpol. Karena itu, kehadiran figur-figur menonjol dari kalangan independen seperti Mahfud MD dan Irman Gusman perlu disambut baik. “Figur independen dan profesional pun ada yang duduk di jajaran pemerintahan, tetapi integritasnya tak diragukan.Di antaranya Dahlan Iskan (Menteri BUMN) atau Sri Mulyani (mantan Menteri Keuangan),” sebut Ali yang juga koordinator BEM se-Jawa Barat ini.

…dst

9 ) ITB Jalin Kerja Sama dengan Universitas di Jerman
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/29/01483935/ITB.Jalin.Kerja.Sama.dengan.Universitas.di.Jerman.

Kamis, 29 Desember 2011 | 01:48 WIB
HAMBURG, KOMPAS.com — Delegasi Institut Teknologi Bandung ITB yang dipimpin oleh Rektor Prof Akhmaloka, Phd menjalin kerja sama dengan sejumlah universitas di Jerman, di antaranya dengan Technischen Universitat Hamburg-Harburg (TUHH) Hamburg, Jerman. Penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) antara ITB dan Technischen Universitat Hamburg-Harburg (TUHH) dilaksanakan Rektor ITB dan Wakil Rektor TUHH, Prof Dr Ing Dieter Krause, disaksikan Konjen RI Hamburg, demikian keterangan KJRI Hamburg, Kamis (29/12/2011). Dalam kunjungan kerja ke Jerman, selain ke Hamburg, delegasi ITB juga mengadakan kunjungan ke Darmstadt, Bochum, dan Berlin guna menandatangani nota kesepahaman serta penjajakan untuk meningkatkan cakupan kerja sama strategis antara ITB dan beberapa institusi pendidikan di kota-kota tersebut. MOU ini merupakan payung hukum bagi kedua universitas dalam melakukan program kerja sama yang bentuk dan lingkupnya akan segera dirintis bersama.

…dst

10 ) UGM Lantik 149 Dokter Hewan Baru
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548495/ugm-lantik-149-dokter-hewan-baru

Rabu, 28 Desember 2011 18:25 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menghasilkan 149 dokter hewan baru yang terdiri atas 69 pria dan 80 wanita. Para lulusan dengan waktu studi rata-rata lima tahun delapan bulan ini menambah total lulusan FKH UGM menjadi 3.993 dokter hewan. Tidak dimungkiri jumlah ini menjadikan FKH UGM sebagai salah satu penyumbang dokter hewan di Indonesia. “Berarti, dari seluruh dokter hewan di Indonesia, hampir sepertiganya berasal dari lulusan FKH UGM,” kata Dekan FKH UGM Bambang Sumiarto seperti dilansir dari situs UGM, Rabu (28/12/2011).

…dst

11 ) Peduli Pendidikan, HMS ITB Bangun Sekolah Tahan Gempa
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548222/peduli-pendidikan-hms-itb-bangun-sekolah-tahan-gempa

Rabu, 28 Desember 2011 12:04 wib
JAKARTA – Mahasiswa dituntut tidak hanya memiliki kemampuan akademis saja tapi juga mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya berguna bagi orang lain. Hal inilah yang coba dilakukan Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka mengadakan kegiatan kerja sosial yang dikenal dengan nama Sipil Bangun Desa (Sibades) 2011. Berlokasi di Kampung Puncak Raya, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, sekira 200 anggota HMS ITB merekonstruksi bangunan tahan gempa untuk SDN Puncak Raya di Desa Margaluyu, Pangalengan. Fardy Muhammad Ichsan ketua Sibades mengatakan, ini merupakan kegiatan HMS ITB yang diadakan sebagai suatu bentuk upaya nyata yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil ITB.

…dst

12 ) Mahasiswa UMY Kembangkan Alat Deteksi Curah Hujan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/12/28/1418587/Mahasiswa.UMY.Kembangkan.Alat.Deteksi.Curah.Hujan

Rabu, 28 Desember 2011 | 14:18 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Andi Kurniawan mengembangkan alat pendeteksi curah hujan tepat guna dengan biaya produksi yang terjangkau masyarakat. Alat ini dirancangnya dengan perangkat yang cukup sederhana. “Alat itu menggunakan komponen-komponen sederhana dalam produksi, yaitu corong, penjungkit, mikrontroler, alat transmisi wireless, dan alat penampil data seperti komputer. Biaya produksi alat pendeteksi itu dapat diminimalisasi hingga sekitar Rp 400 ribu,” kata Andi di Yogyakarta, Rabu (28/12/2011)

…dst

13 ) Si Gale-gale, Robot Penari Tor-Tor
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548400/si-gale-gale-robot-penari-tor-tor

Rabu, 28 Desember 2011 16:34 wib
JAKARTA – Saat ini, manusia tidak dapat melepaskan diri dari kebutuhan akan teknologi. Namun, di saat yang sama, kebudayaan dan tradisi masa lalu harus terus terjaga sebagai sebuah identitas diri. Melihat hal tersebut, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) memadukan seni tradisional Tanah Air dalam kontes robot yang sarat inovasi di bidang teknologi. Mereka adalah Crisman Wise PS dan Deni K Sihombing yang menciptakan sebuah robot yang mampu menari tor-tor, seni budaya asal Sumatera Utara. Berbalut kain ulos, robot Si Gale-Gale mampu menari dengan dengan luwes sesuai dengan tempo lagu yang diputar. Bahkan, untuk mengaktivasinya cukup menepukkan tangan karena robot ini dilengkapi dengan sensor bunyi.

…dst

14 ) 97% Dosen Unnes Lulus Sertifikasi
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/12/29/171692/97-Dosen-Unnes-Lulus-Sertifikasi

29 Desember 2011
SEMARANG- Sebanyak 224 dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) lulus sertifikasi tahun 2011. Angka kelulusan tersebut mencapai 97% dari 230 dosen yang menjadi peserta proses sertifikasi tersebut. Penyerahan secara surat pengakuan kompetensi dari para pendidik itu dilakukan Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo MSi, Rabu (28/12), di Gedung C7 Kampus Unnes Sekaran Gunungpati. Koordinator Sertifikasi Dosen Drs Ngabiyanto MSi mengatakan, tahun 2011 Unnes mengusulkan 230 dosen ikut sertifikasi. Dari jumlah yang diusulkan tersebut, lulus 224 orang (97%) dan belum lulus enam orang (3%). Kelulusan 224 dosen dari proses sertifikasi ini menambah jumlah dosen bersertifikat di Unnes. “Berdasarkan Sistem Kepegawaian Unnes, dari 1.006 dosen yang telah bersertifikasi ada 642 orang atau 64%. Sementara sisanya menunggu proses sertifikasi selanjutnya,” ungkapnya.

…dst

15 ) Pemerintah Tak Serius Alihkan Status Unsulbar?
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548182/pemerintah-tak-serius-alihkan-status-unsulbar

Rabu, 28 Desember 2011 10:57 wib
MAMUJU – Anggota Komisi I DPRD Sulbar Ajbar Abdul Kadir menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar tidak serius menangani penegerian Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar). Berdasarkan fakta yang diperoleh tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang datang ke Sulbar baru-baru ini, harapan menjadikan Unsulbar menjadi sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) akan sulit terealisasi. “Pemkab Majene dan Pemprov Sulbar dituntut mampu melakukan terobosan,” kata dia di Mamuju, kemarin. Menurutnya, banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah PTN. Namun, ternyata syarat-syarat tersebut tidak dipenuhi Pemkab Majene maupun Pemprov Sulbar. Salah satunya pembebasan lahan yang hingga kini belum ada kejelasan.

…dst

16 ) Satu Juta PNS Fungsional Disiapkan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/455829/

Thursday, 29 December 2011
JAKARTA– Pemerintah akan menyiapkan sekitar satu juta pegawai negeri sipil (PNS) fungsional untuk menggantikan posisi eselon III hingga V. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) AzwarAbubakar menjelaskan, dari 4,7 juta PNS yang ada di seluruh Indonesia, akan diseleksi satu juta orang untuk dilatih dan dididik sebagai pegawai fungsional.Mereka akan dilatih selama lima tahun.Kebanyakan dari mereka akan direkrut dari birokrat pelayanan publik sehingga tidak hanya PNS biasa, tetapi juga tenaga pendidik dan kesehatan yang akan dilatih untuk menjadi pegawai fungsional yang memiliki kompetensi dan profesionalitas. Pendidikan bagi pegawai fungsional ini akan bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang juga akan menghitung berapa kapasitas nasional PNS di Indonesia. Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah juga akan diikutsertakan untuk melatih mereka.”Lembaga swasta juga akan kita pakai. Yang penting,dalam waktu dekat bisa melatih satu juta orang,” tegas Azwar di Gedung Kemenpan dan RB,Jakarta,kemarin.

…dst

17 ) 50 Insinyur RI Belajar Rakit Kapal Selam
http://www.jpnn.com/read/2011/12/28/112478/50-Insinyur-RI-Belajar-Rakit-Kapal-Selam-

Rabu, 28 Desember 2011 , 08:26:00
JAKARTA—Samudera luas Indonesia akan dijaga tiga kapal selam baru. Tim ilmuwan Indonesia akan berangkat ke Korea Selatan pekan depan. Tim ini akan mengikuti proses pembangunan kapal selam yang dipesan di Daewoo Shipbuilding Marine Engineering (DSME). “Sekarang timnya masih tahap persiapan, anggotanya sampai 50 orang,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan Brigjen Hartind Asrin kemarin (27/12). Tiga kapal selam ini ditargetkan selesai pada 2014. Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI AL berencana menambah delapan kapal selam baru secara dalam tiga tahap hingga 2024. Nah, yang paling cepat adalah tiga kapal selam baru yang mulai dibangun bulan depan itu. “Tim Indonesia akan mengikuti prosesnya sejak awal dalam rangka proses alih teknologi,” kata Hartind. Harapannya, para ilmuwan dan teknisi ini bisa ikut membangun pesanan tahap dua nanti. Lalu, saat tahap ketiga, tim sudah tak perlu lagi mengandalkan ilmuwan Korea Selatan. “Tapi, murni buah karya anak bangsa,” ujar mantan atase pertahanan di Malaysia. Kebutuhan Kapal Selam TNI AL dalam blue print pertahanan hingga tahun 2024 adalah delapan unit kapal selam. Jumlah ini sebenarnya pas-pasan.

…dst

18 ) Tahun 2012 Universitas Hasanudin Buka Fakultas Psikologi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/12/28/lwx8l1-tahun-2012-universitas-hasanudin-buka-fakultas-psikologi

Kamis, 29 Desember 2011 01:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MAKASSAR–Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Idrus A Paturusi mengatakan, pada tahun akademi 2012, Unhas akan menerima mahasiswa baru untuk persiapan membuka Fakultas Psikologi. Fakultas baru ini pada tahap awal akan menjadi salah satu program studi dan dititipkan pada Fakultas Kedokteran. Hal itu dikemukakan Rektor Idrus Paturusi ketika mewisuda 1.320 alumni dari berbagai fakultas di lingkungan Unhas di Makassar, Rabu. Pada wisuda kali ini terpilih sebagai lulusan terbaik masing-masing Lies Wahyuni Winarso (Kedokteran Gigi dengan yudisium cumlaude dan masa studi tiga tahun) dan Anggriawan Pradana H (Ekonomi Manajemen, yudisium cumlaude dengan masa studi tiga tahun dua bulan). Keduanya selain memperoleh piagam penghargaan, juga Taplus Bank BNI masing-masing Rp2,5 juta.

…dst

19 ) Kisruh Trisakti
Yayasan Siapkan Gerakan Moral
http://www.jpnn.com/read/2011/12/28/112484/Yayasan-Siapkan-Gerakan-Moral-

Rabu, 28 Desember 2011 , 09:21:00
JAKARTA – Sengketa antara pihak Yayasan dan Universitas Trisakti belum mereda. Padahal, proses hukum sudah bicara, di mana Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan bahwa statuta dan badan hukum serta pengangkatan Thoby Mutis sebagai rektor dianggap tidak sah berdasar putusan Nomor 410 K/PDT/ 2004 tertanggal 25 April 2005. Namun, dengan berbagai upaya, Thoby seolah tidak ingin melepaskan jabatannya. Sekretaris Umum Yayasan, Trisakti Abi Jabbar, mengatakan, upaya eksekusi yang dilakukan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat pun ada salah penafsiran. “Seharusnya yang dieksekusi bukan aset universitas. Sesuai gugatan, eksekusi yang dimenangkan pihak Yayasan Trisakti semestinya terkait keabsahan jabatan Thoby Mutis,” katanya. Meski pun bukan keabasahan jabatan Thoby, eksekusi itu pun hingga kini tertunda. “Saya juga tidak tahu apa lagi yang ditunggu PN Jakbar. Semua sudah bicara, mulai dari MA, Komnas HAM hingga DPR. Tapi tetap tertunda,” kata Abi.

…dst

20 ) Universiti Teknikal Malaysia Melaka Sambangi ITS
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548511/universiti-teknikal-malaysia-melaka-sambangi-its

Rabu, 28 Desember 2011 18:24 wib
JAKARTA – Kerja sama bidang pendidikan di lintas negara tengah marak dilakukan. Tidak terkecuali yang dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang menggandeng Universiti Teknikal Malaysia Melaka (Utem). Untuk itu, rombongan Utem yang berjumlah sekira 18 orang mengunjungi Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS, kemarin. Rombongan yang diketuai oleh Engr Prof Dr Marizan Bin Sulaiman ini memulai agenda kunjungan dengan berkeliling Gedung Teknik Elektro dan Gedung Pusat Robotika ITS yang merupakan tujuan utama mereka.

…dst

21 ) Kanazawa University Puji Langkah Konservasi Unnes
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548485/kanazawa-university-puji-langkah-konservasi-unnes

Rabu, 28 Desember 2011 18:01 wib
JAKARTA – Langkah Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam melakukan konservasi guna menciptakan kondisi lingkungan yang sehat dan bebas polusi mendapat apresisasi dari Kiyofumi Saijo, salah seorang profesor asal Kanazawa University, Jepang. Hal ini disampaikan Kiyofumi dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dimotori oleh International Office Unnes bersama Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes, Rabu (28/12/2011). Di hadapan para dosen Unnes, dia memaparkan efek jangka panjang polusi pada tanah, udara, dan air terhadap kelangsungan hidup manusia.

…dst

22 ) Alumni FK Unhas Gelar Reuni
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548158/alumni-fk-unhas-gelar-reuni

Rabu, 28 Desember 2011 10:53 wib
MAKASSAR – Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) angkatan 1992 akan melaksanakan reuni pada 26–29 Januari 2011 mendatang. Kegiatan itu bertepatan 20 tahun para alumni mengawali pendidikan mereka di FK Unhas. “Alumni 92 akan berkumpul di Makassar sekaligus mengikuti Reuni Akbar Fakultas Kedokteran Unhas yang akan dilaksanakan 26–29 Januari 2011,” ujar Ketua Panitia dr Takdir Musba SpA. Takdir merupakan alumnus FK Unhas angkatan 1992 yang kini mengabdi sebagai dokter di sejumlah lembaga pelayanan kesehatan, baik di Sulawesi Selatan (Sulsel) maupun luar Sulsel. Jumlah alumni angkatan ini mencapai sekira 200 orang.

…dst

23 ) Profesi Ners Dituntut Kuasai Bahasa Asing
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/455637/

Thursday, 29 December 2011
SOLO– Sebanyak 71 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sahid (Usahid) Surakarta kemarin diambil sumpahnya di Hotel Sahid Jaya, Solo. Ketua Panitia Sumpah Profesi Ners Soemarsono mengatakan ini merupakan sumpah profesi ners yang kedua untuk tahun akademik 2011/2012.”Jumlahnya 71 mahasiswa. Angkatan berikutnya yang dimulai sejak Juli 2011 lalu, jumlah peserta mencapai 46 peserta,” ungkap Soemarsono,kemarin. Program Profesi Ners akan terus digelar Usahid. Sebab, Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Usahid Surakarta telah memiliki alumni sebanyak 860 mahasiswa.

…dst

24 ) Mahasiswa UMS Kembali Aksi, Pos Polisi Dirusak
http://www.detiknews.com/read/2011/12/28/183145/1801786/10/mahasiswa-ums-kembali-aksi-pos-polisi-dirusak

Rabu, 28/12/2011 18:31 WIB
Solo – Sekitar 100 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali turun ke jalan, Rabu (28/12/2011) sore. Mereka mengecam serangkaian perilaku polisi yang kemudian dilampiaskan dengan merusak pos polisi di depan kampus UMS. Aksi gabungan sejumlah organisasi mahasiswa tersebut digelar di pertigaan Jalan Ahmad Yani di depan kampus UMS di Pabelan, Kartosuro, Sukoharjo. Mereka mengecam perilaku polisi dalam kasus Mesuji, Bima, hingga penangakapan dan pemukulan polisi terhadap belasan anggota IMM yang menggelar aksi di tempat yang sama pada Selasa siang kemarin.

…dst

25 ) Hasil UN 2012 Bisa Jadi Syarat Masuk PTN
http://www.detiknews.com/read/2011/12/28/175043/1801752/10/hasil-un-2012-bisa-jadi-syarat-masuk-ptn?n990102mainnews

Rabu, 28/12/2011 17:50 WIB
Yogyakarta – Hasil Ujian Nasional (UN) sampai saat ini baru menjadi syarat kelulusan siswa. Namun jika hasil UN tingkat SMA tahun 2012 kredibel, dapat menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “Kalau hasilnya kredibel, dapat dipertanggungjawabkan. Sesuai PP 19 Tahun 2005, harusnya bisa untuk syarat masuk PTN,” kata anggota Koordinator UN tingkat pusat, Prof Dr Djemari Mardapi kepada wartawan dalam Sosialisasi UN 2012 di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Rabu (28/12/2011). Djemari mengatakan usulan itu sudah mendapat lampu hijau dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Ditjen Dikti. Namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih menunggu hasil UN yang digelar 16 April 2012.

…dst

26 ) Tim Evaluasi Tentukan Nasib UN SMA 2012
http://www.pikiran-rakyat.com/node/171082

28 Desember 2011
YOGYAKARTA, (PRLM).- Tim evaluasi pelaksanaan ujian nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) 16 April 2012 sangat menentukan penilaian apakah pelaksanaan UN kredibel dan hasilnya dijadikan standar seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Anggota Koordinator UN tingkat pusat, Prof Djemari Mardapi menyatakan tim evaluasi UN SMA 2012 terdiri dari berbagai elemen yaitu tim khusus pengawas UN, guru dan perwakilan PTN yang ditunjuk di daerah tertentu. Semua pengawas dan elemen terkait harus menyampaikan laporan tentang hasil evaluasi UN masing-masing. “Dari laporan para pengawas itu, kami akan menilai kredibilitas pelaksanaan UN di masing-masing daerah. Kemudian hasil penilaian dijadikan dasar apakah layak atau tidak nilai UN dijadikan syarat masuk PTN,” ujar dia di sela-sela sosialisasi UN 2012 di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi DI Yogyakarta, Rabu (28/12).

…dst

27 ) Cekik dan Peras di Dunia Pendidikan Tanah Air
http://kampus.okezone.com/read/2011/12/28/373/548341/cekik-dan-peras-di-dunia-pendidikan-tanah-air

Rabu, 28 Desember 2011 15:10 wib
JAKARTA – Secara umum, kebijakan pendidikan di Indonesia pada 2011 menunjukkan tiga gejala yakni percobaan dan kegagalan (trial and error), reaktif (hit and run), serta cekik dan peras (kick and rush). Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo dalam paparan refleksi pendidikan Tanah Air sepanjang 2011 menyampaikan, percobaan dan kegagalan maksudnya banyak kebijakan di bidang pendidikan yang bersifat coba-coba. “Pendidikan kita dijalankan tanpa didahului kajian terhadap teori dan tidak didukung oleh studi empiris tentang feasibility dan acceptability,” kata Sulistyo Gedung Guru Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (28/12/2011).

…dst

28 ) Urus Sertifikasi Guru, Kemdikbud Bingung Sendiri
http://www.jpnn.com/read/2011/12/28/112518/Urus-Sertifikasi-Guru,-Kemdikbud-Bingung-Sendiri-

Rabu, 28 Desember 2011 , 20:52:00
JAKARTA—Kebijakan sertifikasi guru terus mendapat kritikan. Kali ini datang dari Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistyo. Menurut Sulistyo, program sertifikasi guru sudah melenceng dari tujuan awalnya. Sertifikasi, menurutnya, adalah proses menetapkan seorang guru memperoleh sertifikat pendidik. Setelah itu, guru harus dibina dan dilatih terus menerus agar kinerja dan kemampuan profesionalitasnya sebagai guru meningkat. “Tapi sekarang ini justru Kemdikbud tampak bingung. Sertifikasi dengan portofolio dianggap tidak berimplikasi pada perbaikan kinerja guru, sehingga mengganti dengan Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan yang dengan portofolio hanya 10 persen dan disertai dengan ujian kompetensi. Hasilnya? Banyak (guru) yang tidak lulus,” ungkap Sulistyo di acara Refleksi Pendidikan 2011 di Gedung PGRI, Jakarta, Rabu (28/12).

…dst

29 ) Ilmuwan temukan spesies baru di Samudera Hindia
http://www.detiknews.com/read/2011/12/29/051232/1801886/934/ilmuwan-temukan-spesies-baru-di-samudera-hindia?881101934

Kamis, 29/12/2011 05:12 WIB
Para ilmuwan Inggris menemukan apa yang mereka yakini sebagai spesies-spesies baru di dekat ventilasi vulkanik di Samudera Hindia. Tim peneliti dari Universitas Southampton menggunakan robot yang dikendalikan dari jarak jauh untuk memotret binatang-binatang tersebut. Wartawan BBC mengatakan beberapa binatang itu belum pernah dikenal sebelumnya dan besar kemungkinan termasuk spesies baru. Di antaranya mentimun laut, kepiting berbulu, dan keong bersisik.Dr Jon Copley, salah satu peneliti dalam proyek ini, mengatakan timnya tertarik melakukan penelitian di lokasi tersebut karena ventilasi vulkanik ini berada di tengah persinggungan antara kawasan Samudera Hindia dan Atlantik.

…dst

30 ) Sekilas dalam Negeri
Siswa
Siswa dari 15 Negara Ikut Olimpiade Fisika di Mataram
Guru
Sudah 17 Bulan Guru di Pedalaman Riau tak Digaji
Guru: Menyongsong 2012 Tanpa Gairah
Tahun Ini, Guru Lulus Sertifikasi Hampir Mendekati 100 Persen
Guru SMK Peraih Award CSF Dapat Pendampingan Citibank
RSBI
Eksistensi RSBI Digugat ke Mahkamah Konstitusi
Sanksi BOS
276 Daerah Belum Salurkan BOS, Diancam Pidana
SBY berkomentar
SBY: Pengendalian BBM Opsi Terbaik
SBY Tuding Pihak Asing Hambat Industri Perkebunan  
MK menolak
MK Tolak Uji Materi UU APBN 2011 
Kasus Century
PKS Desak KPK Periksa Adik Ipar SBY Terkait Aliran Dana Century
KPK Didesak Periksa HEW Terkait Century
PDI-P Beri Abraham Samad Waktu 6 Bulan
Kasus Nunun
Lewat Nunun, KPK Temukan Titik Terang
Nunun Akhirnya Buka Kartu Miranda
KPK Kantongi Bukti Aktor Intelektual Nunun
KPK Periksa Pegawai Bank Artha Graha
KPK Periksa Kembali Miranda Pekan Ini
Kasus Bima
Bupati Bersedia Cabut Izin Tambang
Izin PT Sumber Mineral Diminta Dicabut
DIY
Sultan Bingung dengan Usulan Baru Pemerintah 
Rekening Gendut PNS
Banyak PNS Terindikasi Korupsi Miliaran Rupiah, Kinerja Kemenpan Disorot
Cegah Rekening Liar, PNS Bakal Wajib Lapor Kekayaan   
Kasus Nazaruddin
Saksi: Keuntungan Perusahaan Nazaruddin Dipegang Neneng
Neneng Kuasai Rekening PT Alfindo
Nazaruddin Klaim Miliki Rekaman CCTV Kasus Hambalang
Korupsi Proyek PLTS KemenakertransRosa Akui Nazar Hanya Pinjam Bendera
Pengacara Nazar Kantongi Flashdisk Aliran Hambalang
Aliran Dana ke Anas Jelas Sekali
KPK Isyaratkan Periksa Anas
UU/RUU yang bermasalah
7 UU/RUU yang Menyisakan Polemik Berkepanjangan
Awas Bencana Alam
Warga Kali Putih Magelang Dapat Ganti Rugi Banjir Lahar Merapi Rp 15 M 
Banjir Lahar Tewaskan 3 Orang, Ternate Siaga   
Indonesia Dukung !
Indonesia Dukung Demokratisasi Myanmar
Menlu Marty temui Suu Kyi di Myanmar 
Sekilas Luar Negeri
Nigeria
Buntut Insiden Nigeria, 90.000 Warga Diungsikan
Sekolah Arab di Nigeria di Bom
Suriah
Suriah Bebaskan 755 Tahanan
Gaza
Liga Arab serukan akhiri blokade jalur Gaza