Anggota Tim Transisi UI Terbentuk

Selasa, 03 Januari 2012

Jakarta, Kompas – Majelis Wali Amanah dan Rektorat Universitas Indonesia telah memilih enam perwakilan di dalam tim transisi yang akan membentuk Senat Akademik Universitas yang baru. Adapun tim transisi sudah dibentuk pada Desember 2011 atas mediasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai respons atas konflik internal universitas tersebut.

Nama-nama dari keenam perwakilan itu adalah Tommy Ilyas (Guru Besar Fakultas Teknik Sipil), Anwar Nasution (mantan Ketua BPK), Muhammad Nasifin (Guru Besar Teknik Kimia), Harkristuti Harkrisnowo (Guru Besar Hukum Pidana), Fuad (mahasiswa), dan Wawan Kusnawan (karyawan). ”Tim ini menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama masa transisi, termasuk peraturan, seperti peraturan presiden,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh ketika dihubungi, Senin (2/1).

Nuh mengaku sudah menandatangani surat keputusan (SK) pembentukan tim khusus tersebut. Tanggal 22 Januari 2012, tim itu akan diundang untuk membahas tugas-tugasnya.

Sesuai kesepakatan pertemuan Majelis Wali Amanah (MWA) dan rektorat dengan mediasi Mendikbud diputuskan, tim transisi terdiri atas tujuh anggota, yaitu satu orang perwakilan dari unsur MWA, Senat Akademik Universitas, eksekutif, dewan guru besar, dewan audit, mahasiswa, dan karyawan.

Kisruh elite di UI

Secara terpisah, Ketua Paguyuban Pekerja UI Andri Wibisana menyatakan, kekisruhan di UI semata-mata kekisruhan elite politik di UI yang keberpihakannya kepada pekerja dipertanyakan. Bahkan, pekerja dan mahasiswa menjadi korban kelompok elite.

”Kami menuntut pemerintah, rektor, dan MWA UI secepatnya melaksanakan perintah PP No 66 Tahun 2010 berupa pengalihan status kepegawaian pekerja non- PNS menjadi PNS dan mendorong peraturan presiden tentang penetapan UI sebagai perguruan tinggi pemerintah dengan model otonomi keuangan BLU,” ujarnya.

Selain UI, ada juga enam perguruan tinggi lain yang harus berubah statusnya dari badan hukum milik negara menjadi perguruan tinggi milik pemerintah. Keenam perguruan tinggi itu adalah Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Sumatera Utara. (LUK)

Sumber Berita :  http://cetak.kompas.com/read/2012/01/03/02211844/anggota.tim.transisi.ui.terbentuk