1 ) ITB Pertahankan Rangking 1 di 4ICU
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/08/373/553543/itb-pertahankan-rangking-1-di-4icu

Minggu, 08 Januari 2012 14:06 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengalami penurunan dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU). Sebelumnya ITS berada pada peringkat empat, sementara pada 2012 peringkatnya turun ke posisi delapan. Bukan hanya ITS, sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang pada 2011 berjaya di peringkat 10 besar kini ikut pengalami penurunan. Di antaranya, Universitas Bina Nusantara (Binus) yang turun sejauh 14 peringkat dan menghuni urutan ke-22 pada pemeringkatan 4ICU 2012. Hal berbeda terjadi pada Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Unair mengalami kenaikan cukup tajam dari peringkat 18 menjadi peringkat sembilan dalam 4ICU 2012. Sejumlah kampus Nusantara yang turun mengalami kenaikan yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Diponegoro, dan sebagainya. Meski demikian, posisi tiga besar 4ICU se-Indonesia masih dihuni oleh kampus yang sama. Institut Teknologi Bandung (ITB) diposisi pertama, disusul Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta di peringkat kedua dan ketiga.

…dst

2 ) Peringkat PT se-Indonesia 2012 versi 4ICU
http://www.4icu.org/id/

Berikut peringkat 20 besar se-Indonesia terkait website perguruan tinggi versi 4ICU.
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
4. Universitas Gunadarma Depok
5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung
6. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
7. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
9. Universitas Airlangga (Unair) Surabaya
10. Institut Pertanian Bogor (IPB)
11. Universitas Sumatera Utara (USU)
12. Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung
13. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
14. Universitas Brawijaya (UB) Malang
15. Universitas Mercu Buana Jakarta
16. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
17. Universitas Kristen Petra Surabaya
18. Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang
19. Universitas Surabaya (Ubaya)
20. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Secara lengkap, pemeringkatan seluruh perguruan tinggi di Indonesia periode 2012 dapat diakses melalui laman http://www.4icu.org/id/.

…dst

3 ) Daftar PTN Jalur undangan Dibuka 1-9 Februari 2012
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/458705/

Monday, 09 January 2012
SEMARANG– Mulai 1–9 Februari mendatang, siswa SMA/SMK/MA sederajat yang memiliki prestasi akademik terbaik di sekolahnya dapat mengikuti pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Mereka dapat mengikuti pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan berdasarkan prestasi.” Ini merupakan informasi awal yang kami terima dari panitia pusat SNMPTN 2012. Jalur ini nantinya diisi oleh siswasiswi yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa melalui jalur ujian tulis.Mereka dijaring sesuai prestasi akademiknya di sekolah,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin belum lama ini. Dia mengatakan,jalur ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada semua siswa berprestasi akademik memperoleh pendidikan tinggi. “Selain itu,memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah,” tambahnya. Lebih lanjut dikatakan, para pendaftar nantinya harus mendapatkan rekomendasi dari kepala SMA/SMK/MA masing- masing.

…dst

4 ) Sarjana Teknik Minim, Nuh Buka Institut Teknologi di Daerah
http://www.jpnn.com/read/2012/01/08/113610/Sarjana-Teknik-Minim,-Nuh-Buka-Institut-Teknologi-di-Daerah-

Minggu, 08 Januari 2012 , 23:18:00
JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengungkapkan, jumlah sarjana teknik di Indonesia saat ini sangat kurang, yakni hanya 11 persen dari total jumlah lulusan Perguruan Tinggi tiap tahunnya. Maka itu, Nuh menargetkan adanya peningkatan hingga 15 persen di tahun 2015 mendatang. Muh menjelaskan jumlah lulusan sarjana teknik itu sangat perlu ditingkatkan guna mendukung pembangunan nasional. Kata dia, sarjana teknik saat ini menjadi alat utama pemerintah untuk menggerakan industri dan pembangunan infrastruktur. “Lulusan sarjana teknik kita sekarang ini hanya 11 persen. Ini sudah sangat jauh sekali apabila dibandingkan negara maju lainnya yang menyentuh angka 20 persen. Tidak usah jauh-jauh, Malaysia saja sudah mampu mencapai angka itu,” ungkap Nuh di Jakarta, Minggu (8/1). Upaya pemerintah untuk mendongkrak jumlah lulusan sarjana teknik lanjut Nuh dengan menyiapkan tiga skenario khusus yang akan dilakukan hingga tahun 2015 mendatang. Pertama, pemerintah harus melakukan ekspansi kapasitas dengan cara menambah jumlah fakultas dan jurusan teknik di universitas yang sudah ada.

…dst

5 ) Pelaksanaan UN 2012 Tetap Sama
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/458704/

Monday, 09 January 2012
SEMARANG– Pelaksanaan ujian nasional (UN) 2012 dipastikan tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan 2011. Termasuk, adanya pembagian soal ujian yang memiliki lima paket soal dan dibagikan. Meski begitu, beberapa hal teknis dilakukan penambahan agar pelaksanaan UN lebih lancar, bersih, dan jujur. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang Bunyamin mengungkapkan, penyediaan lima paket soal secara acak memang sesuai petunjuk teknis pelaksanaan UN. “Jadi tahun lalu juga memakai lima paket soal yang sama. Yang beda, tahun ini pelaksanaanya diperketat lagi dan lebih tertata,” paparnya, kemarin. (susilo himawan)

…dst

6 ) UNY Lantik Dewan Pertimbangan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/458706/

Monday, 09 January 2012
YOGYAKARTA– Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab akhir pekan lalu melantik GBPH Prabukusumo sebagai anggota Dewan Pertimbangan UNY dari unsur masyarakat. Dewan pertimbangan UNY sendiri terdiri dari wakil masyarakat, dosen, alumni, dan orang tua mahasiswa. Rektor UNY dalam sambutannya mengatakan, Dewan Pertimbangan menjadi salah satu intrumen penting atas keberadaan UNY, khususnya meningkatkan kinerja kampus. Salah seorang anggota Dewan Pertimbangan dari unsur dosen, Sardiman mengatakan, pihaknya akan menjalankan amanah yang telah dipercayakan dengan baik. Terutama memberikan pertimbangan dan masukan guna meningkatkan kinerja dan kualitas UNY. (priyo s)

…dst

7 ) Direktur UNJ: guru penentu mutu pendidikan
http://www.antaranews.com/berita/291880/direktur-unj-guru-penentu-mutu-pendidikan

Senin, 9 Januari 2012 03:45 WIB
Makassar (ANTARA News) – Direktur Universitas Negeri Jakarta Prof Dr Ja`ali mengatakan, guru merupakan penentu mutu pendidikan. “Jika ditanyai siapa yang menentukan mutu pendidikan, jawabnya guru tiga kali, kemudian faktor lainnya,” kata Ja`ali pada reuni akbar Universitas Negeri Makassar di kampus “Gunung Sari”, Makassar, Minggu.
Menurut ketua IKA UNM ini, keberhasilan sektor pendidikan itu ditentukan oleh peranan para guru, sehingga alumni perguruan tinggi, khususnya bidang keguruan memiliki tanggung jawab penting dan tantangan yang tidak ringan. Apabila guru sudah berperan optimal, lanjut dia, maka tidak perlu banyak kepala dinas, karena kepala dinas ke depan hanya mengurusi masalah anggaran saja. “UNM sendiri telah mencetak kurang lebih 100 ribu orang guru dan dari jumlah tersebut sekitar 20 persen berada di luar Sulsel,” ujarnya.

…dst

8 ) Nasib Guru Swasta – Ketua DPR: Perlu Standarisasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/458703/

Monday, 09 January 2012
SEMARANG – Ketua DPR Marzuki Alie sependapat dengan usulan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) agar ada aturan standar minimal gaji guru swasta dan honorer. “Biar ada semacam aturan penghasilan minimal. Tidak mungkin seluruhnya (guru swasta dan honorer) diangkat menjadi PNS,”ujar Marzuki sebelum memberikan kuliah umum di Kampus IKIP PGRI Semarang, akhir pekan kemarin. Dia menuturkan,guru swasta dan honorer memiliki tugas yang sama dengan guru pegawai negeri sipil (PNS). Masingmasing mencerdaskan bangsa melalui pendidikan. Melalui aturan minimal penghasilan, nasib para guru dapat diperhatikan.

…dst

9 ) Lulus PPG Tidak Otomatis Jadi Guru PNS
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/458702/

Monday, 09 January 2012
YOGYAKARTA – Pendidikan profesi guru (PPG) bukan jadi jaminan bagi pesertanya otomatis menjadi guru pegawai negeri sipil (PNS).PPG bukan pendidikan bagi calon guru PNS, melainkan guna meningkatkan kualitas tenaga pendidik, khususnya di daerah terpencil. “Setelah lulus PPG, bukan jaminan peserta PPG yang dikirim dari pemerintah daerah langsung mendapatkan status guru PNS.Tergantung dari kesepakatan yang ditandatangani antara Dikti dan pemerintah daerah,” ungkap Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Hartono saat menyerahkan sertifikasi PPG guru science di Kalimantan Barat dan Kalimatan Tengah di Kampus UNY,akhir pekan lalu. Selain upaya mendongkrak kualitas guru di daerah terpencil, lanjut dia,program ini juga untuk memenuhi guru sesuai kualifikasinya.Pasalnya, selama ini masih banyak pelajaran yang disampaikan ke murid oleh guru yang bukan bidangnya. Misalnya, pengajar matematika bukan dari lulusannya. “Inilah salah satu (tujuan) penyelenggaraan PPG ini,” terang Hartono. Dia menjelaskan, meski tidak otomatis menjadi guru PNS,tapi perserta PPG yang sudah lulus mendapatkan tanda kelulusan dan mendapat penomoran sertifikasi dari pusat.

…dst

10 ) Lamar CPNS Harus Kantongi Sertifikat Profesi
http://www.jpnn.com/read/2012/01/07/113474/Lamar-CPNS-Harus-Kantongi-Sertifikat-Profesi-

Sabtu, 07 Januari 2012 , 00:53:00
JAKARTA — Pemerintah terus menambah persyaratan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Yang terbaru, seseorang bisa mendaftar sebagai CPNS jika sudah mengantongi sertifikat yang menunjukkan yang bersangkutan memiliki kompetensi dasar dan profesi. Bagi yang tidak mengantongi sertifikat yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini, jangan harap bisa ikut CPNS. Tentunya, ketentuan ini baru akan diterapkan jika masa moratorium penerimaan CPNS sudah dicabut. Aturan ini menyusul perubahan mekanisme penerimaan CPNS, yang tidak lagi massal, melainkan hanya dibuka jika ada lowongan di bidang tertentu saja. Misal hanya ada lowongan guru matematika, maka saat itu yang direkrut hanya yang punya sertifikat profesi guru matematika saja.

…dst

11 ) BOS DIY Sudah Cair
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/09/172944/BOS-DIY-Sudah-Cair

09 Januari 2012
JAKARTA-Kabar mengejutkan datang dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebab, DIY telah mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan pertama pada 2012. Pencairan tersebut lebih cepat dari yang sudah ditargetkan oleh pemerintah pusat, yakni pada 9-16 Januari 2012. “Sudah ada kabar Provinsi DIY mencairkan (dana BOS), walau ditargetkan tanggal 9 sampai 16 Januari. Ini rekor,” ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, akhir pekan lalu. Atas dasar itu, pemerintah sangat yakin dan optimistis ke depan penyaluran dana BOS ke masing-masing sekolah tidak akan terjadi keterlambatan, atau paling tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Perubahan mekanisme penyaluran dana BOS yang diambil pemerintah pusat, yaitu tidak lagi melalui pemerintah kabupaten/kota dinilai sebagai langkah tepat.

…dst

12 ) Yogyakarta, Provinsi Tercepat Salurkan BOS
http://www.jpnn.com/read/2012/01/08/113609/Yogyakarta,-Provinsi-Tercepat-Salurkan-BOS-

Minggu, 08 Januari 2012 , 22:48:00
JAKARTA – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi propinsi yang tercepat dalam menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2012 tahap pertama. Padahal, jadwal penyaluran dana BOS tahap pertama tersebut baru diagendakan pada tanggal 9 – 16 Januari 2012. “Berdasarkan informasi yang saya terima tadi malam, DIY sudah menacirkan (dana BOS). Ini rekor, karena dana BOS itu dijadwalkan mulai disalurkan tanggal 9 – 16 Januari 2012,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh di Jakarta, Minggu (8/1). Mantan Rektor ITS ini menambahkan, sejak dua hari yang lalu beberapa propinsi juga sudah membuat Naskah Perjanjian Hibah (NPH) yang merupakan langkah terakhir sebelum mencairkan dana BOS. “Tanpa NPH ini, propinsi tidak bisa mencairkan dana BOS. Jadi NPH-nya harus disiapkan terlebih dahulu,” ujarnya.

…dst

13 ) Irma Hikmayanti, Pencetus English Competition Pertama untuk Tuna Netra Indonesia
Tekanan Bola Mata Meninggi karena Banyak Menangis
http://www.jpnn.com/read/2012/01/09/113616/Irma-Hikmayanti,-Pencetus-English-Competition-Pertama-untuk-Tuna-Netra-Indonesia-

Senin, 09 Januari 2012 , 01:51:00
Nikmat penglihatan Irma dicabut perlahan sejak SD hingga benar-benar hilang empat tahun lalu. Namun, kondisi buta total tak menghalanginya menjadi “cahaya” untuk sekitar.
– Ridlwan Habib, Jakarta

“MBAK Irma, aku dari Jawa Pos, ini sudah di lokasi”. Pesan singkat itu langsung mendapat respon kilat. “Oke, tunggu sebentar, kita ketemu di taman belakang.” Awalnya, koran ini mengira Irma ditemani asisten pribadi untuk membalas pesan singkat di telepon selular itu. Namun ternyata salah. “Ponsel ini sudah diinstal program Talks, ini software untuk membantu tuna netra berkomunikasi dengan ponsel seperti orang normal,” jelas Irma saat berbincang dengan Jawa Pos di taman Yayasan Mitra Netra yang teduh di bilangan Lebak Bulus Jakarta Selatan (04/01) lalu. Wanita lajang kelahiran Bandung 6 Agustus 1973 itu lantas mengeluarkan Nokia E63 dari tas jinjing merk Elle miliknya. Dengan sigap dia memperagakan cara menerima dan mengirim SMS dengan bantuan suara.

…dst

14 ) Belajar dari Mobil Esemka
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/09/172943/Belajar-dari-Mobil-Esemka

09 Januari 2012
PRESTASI para siswa SMK 2 Solo berupa keberhasilan memproduksi mobil murah, menjadi topik menarik seantero Indonesia. Hal itu berawal dari kecerdasan seorang Wali Kota Solo yang menjadikan mobil Esemka sebagai kendaraan dinas. Berbagai tanggapan terhadap prestasi siswa SMK tersebut pun bermunculan, baik dari pejabat, anggota DPR, menteri maupun presiden. Tanpa menutup mata terhadap kekurangan yang mungkin ada pada karya anak SMK itu, apresiasi yang tinggi patut diberikan kepada mereka. Namun, budaya memberi apresiasi kepada karya anak bangsa sebagai salah satu wujud nyata karakter utama, sepertinya menjadi barang mahal di negeri tercinta ini.

…dst

15 ) Hikmahanto: Cari Tahu Apa Penyebab PNG Marah?
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/09/078376038/Hikmahanto-Cari-Tahu-Apa-Penyebab-PNG-Marah

SENIN, 09 JANUARI 2012 | 06:02 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:- Gertakan Pemerintah Papua Nugini yang mengacam akan mengusir Duta Besar Indonesia untuk Papua Nugini adalah hal biasa dalam dunia diplomasi. Pemerintah Indonesia bisa melakukan hal yang sama jika tindakan Papua Nugini tidak berdasar.”Pengusiran duta besar itu hal biasa dalam dunia diplomasi. Artinya jangan sampai pemerintah Indonesia merasa dibuli jika dalam posisi benar,” kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwono saat dihubungi, Minggu 8 Januari 2012. Menurut Hikmahanto, gertakan yang dilancarkan pemerintah Papua Nugini melalui Perdana Menterinya Peter O’Neil itu adalah bentuk dari kemarahan akibat tidak puas terhadap perlakukan pemerintah Indonesia yang mencegat pesawat Falcon 900 yang membawa Wakil Perdana Menteri Papua Nugini Belden Namah dari Malaysia pada 29 November tahun lalu di atas kawasan Banjarmasin, Kalimantan. “Yang perlu dicari, apa alasan Pemerintah Papua Nugini marah. Karena selama ini baru dari pihak pemerintah Indonesia,” kata Hikmahanto.

…dst

16 ) Akte Kelahiran – Prosedur Baru Bikin Resah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/458735/

Monday, 09 January 2012
SUKOHARJO– Perubahan mekanisme pengurusan akte kelahiran membuat resah warga. Pasalnya,jika pengurusan akte kelahiran terlambat di atas satu tahun,warga harus melalui proses sidang di pengadilan.”Saya banyak mendapat keluhan dari warga terkait perubahan prosedur pengurusan akte ini. Bahkan, ada yang mengatakan jika terlambat harus membayar hingga Rp300.000 bahkan lebih,” jelas anggota Komisi I DPRD Sukoharjo Sunardi kemarin. Dia menjelaskan, perubahan mekanisme pengurusan akte tersebut memang sudah diatur dalam UU No 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan. Untuk Sukoharjo sendiri sudah ditindaklanjuti dengan Perda No 5/2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Yang jadi masalah, lanjut Sunardi, dari informasi yang dia terima hingga kini belum ada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) terkait perubahan tersebut. Untuk itu,warga berharap ada dispensasi pengurusan akte masih menggunakan prosedur lama.

…dst

17 ) Usia 40 Tahun, Donor 39 Liter Darah
http://www.jpnn.com/read/2012/01/08/113588/Usia-40-Tahun,-Donor-39-Liter-Darah-

Minggu, 08 Januari 2012 , 11:35:00
TAK semua orang mau mendonorkan darahnya hingga 100 kali. Sebab membutuhkan waktu belasan hingga puluhan tahun untuk bisa meraihnya.
Pagi itu, wajah Leo Yulistiono tampak sedikit tegang. Bersama para pendonor darah lainnya, dia duduk di bangku yang berjarak sekitar 20 meter dari kursi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Dia ditunjuk sebagai wakil 10 pedonor darah asal Kaltim yang menerima penghargaan dari Presiden di Jakarta Convention Center (JCC) pada 13 Desember 2011. Anggota Polresta Samarinda ini menggunakan jas berwarna hitam, sedangkan para kerabatnya menggunakan pakaian batik berwarna biru tua bercorak khas Kaltim. Karena Leo menjadi perwakilan Kaltim, dia duduk bersama 19 perwakilan dari daerah lain. Ada sekitar 20 provinsi se-Indonesia yang menerima penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial. Leo berangkat ke Jakarta bersama sahabatnya sesama pendonor darah. Karena dia ketua rombongan dan wakil dari Kaltim, begitu tiba di Ibu Kota Negara, dia langsung dipisahkan atau dikarantina. Dia harus menjalani coaching clinic dari panitia tentang tata cara penerimaan Satyalencana. Dia harus menjalani latihan satu hari penuh.

…dst

18 ) Sekilas dalam Negeri
Guru Honorer
Januari 2012, 14 Ribu Guru Honorer Bandung Akan Dapat Tunjangan
KPK
Bersihkan Polisi dan Jaksa, KPK Minta 2 Tahun
KPK Pastikan Bukan Hanya Wa Ode, Anggota Banggar DPR yang Diincar
RI-PNG
Hikmahanto: Cari Tahu Apa Penyebab PNG Marah?
Selain Tak Tertib, Papua Nugini Juga Dinilai Sewenang-wenang
Beginilah Aksi 37 Menit ‘Menjepit’ Jet Papua Nugini 
Pembatasan Subsidi BBM
Mafia BBM Bakal Mengganas
Sekilas Luar Negeri
Amerika
Utang Pemerintah AS Tembus USD15,26 Triliun
Iran
Iran Mulai Pengayaan Uranium di Bawah Tanah
Malaysia
Anwar Ibrahim Siap Dipenjara
Filipina
Korban tewas tanah longsor Filipina Selatan meningkat jadi 30
Myanmar
Pejabat : Aung San Suu Kyi bisa berperan di pemerintahan