1 ) PTN Indonesia Siap Luncurkan Satelit Nano
http://www.jpnn.com/read/2012/01/10/113752/PTN-Indonesia-Siap-Luncurkan-Satelit-Nano-

Selasa, 10 Januari 2012 , 09:04:00
JAKARTA—Setelah siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berhasil menciptakan mobil Esemka, kini saatnya mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) akan segera menyusul dengan mengeluarkan produk ciptaannya, yakni satelit Nano. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, satelit Nano ini dirancang oleh beberapa PTN ternama di Indonesia. Antara lain, ITS, ITB, UGM, UI dan Politeknik. “Ada produk dari teman-teman perguruan tinggi yang lebih ganteng. Yakni satelit Nano. Saat ini sudah dalam fase yang cukup advance. Ini merupakan hasil konsorsium dari ITS, ITB, UGM, UI dan Politeknik,” ungkap Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (9/1). Rencananya, satelit ini akan diluncurkan di tahun 2013 mendatang. Sekarang ini, lanjut Nuh, tim dari kementerian dan PTN-PTN tersebut sedang melacak dan melakukan peninjauan untuk tempat peluncurannya. “Tempat peluncurannya itu antara di Cina dan di India. Kedua negara itu yang menjadi pertimbangan tim kami,” jelasnya.

…dst

2 ) JAP Unsoed Masuk Google Scholar
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/11/173176/JAP-Unsoed-Masuk-Google-Scholar

11 Januari 2011
PURWOKERTO-Guna meningkatkan mutu Journal of Animal Production (JAP), Fakultas Peternakan Unsoed kini menerbitkan artikel tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris dan dapat diakses melalui internet. Dengan demikian, JAP bisa diakses mahasiswa dan akademisi peternakan di seluruh dunia. Hal itu disampaikan dekan Fakultas Peternakan Unsoed Dr Ir Akhmad Shodiq MSc Agr, saat ditemui Suara Merdeka, baru-baru ini. Dalam mengolah artikel yang masuk JAP, juga melibatkan editor dari luar negeri. Seperti Editorial Board Members dari berbagai negara, yaitu Malaysia, Jerman, Australia, dan Thailand. “Semua artikel JAP berbahasa Inggris. JAP sudah go international,” ujarnya. Shodiq mengatakan, pihaknya sudah mengundang dua profesor dari Universitas Malaysia untuk memberi masukan dalam penulisan artikel ilmiah untuk jurnal. “Malaysia termasuk maju dalam publikasi jurnal ilmiah internasional,” ujarnya. JAP diterbitkan hasil kerja sama Fakultas Peternakan dengan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). “JAP kini kembali memperoleh Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan Dikti No 81/DIKTI/Kep./2011,” kata Shodiq…..cut…semua artikel dapat diakses secara online melalui http://www.animalproduction.net.

…dst

3 ) INOVASI TEKNOLOGI- UGM Kembangkan Konverter Gas untuk Mobil
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/459392/38/

Wednesday, 11 January 2012
Langkah penghematan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) tidak hanya digencarkan pemerintah. Kalangan kampus juga turut berperan serta dengan melakukan inovasi-inovasi baru.Seperti dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang kini tengah menyempurnakan proyek prototipe konverter tenaga gas ke tenaga bensin untuk kendaraan roda empat. Konverter tersebut saat ini sedang dipasang di mobil penelitian gas UGM. “Pengembangan prototipe konverter ini telah kami mulai sejak 2009,”kata Ketua Tim Mobil Penelitian Gas UGM Jayan Sentanuhady kemarin. Menurut dia,selain konverter gas,UGM juga mengembangkan beberapa tipe lain seperti konverter untuk hidrogen, mesin disel,dan sepeda motor. Jayan menjelaskan, dengan alat konverter itu, mobil bisa punya dua bahan bakar yakni bensin dan gas. Cara kerja alat ini cukup sederhana.Gas dimasukkan ke dalam tabung bertekanan 200 bar,diletakkan di bagasi. Gas ini kemudian disalurkan ke mesin.Melalui konverter, tekanan dapat diturunkan menjadi 2-3 bar sebelum akhirnya masuk ke bagian injeksi gas dan manipol.

…dst

4 ) Jayan Ciptakan Pengubah BBG Menjadi Bensin
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/372/554517/jayan-ciptakan-pengubah-bbg-menjadi-bensin

Selasa, 10 Januari 2012 11:05 wib
JAKARTA – Sejalan dengan misi pemerintah untuk mencanangkan penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) terhadap para pengendara mobil pribadi, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pun mengembangkan prototipe konverter gas ke bensin untuk mobil. Bahkan, tidak hanya konverter untuk bensin, terdapat berbagai jenis konverter lain yang juga dikembangkan, yakni untuk hidrogen, mesin disel, dan sepeda motor.

…dst

5 ) UGM kembangkan teknologi pengawetan gudeg
http://www.antaranews.com/berita/292159/ugm-kembangkan-teknologi-pengawetan-gudeg

Selasa, 10 Januari 2012 23:16 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan mengembangkan teknologi pengawetan gudeg, makanan khas Yogyakarta berbahan baku nangka muda, agar lebih tahan lama. “Salah satu cara mengawetkan gudeg adalah dengan teknologi pengalengan. Gudeg dikemas dalam kaleng sehingga lebih awet dan tahan lama,” kata peneliti pangan dan gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Eni Harmayani di Yogyakarta, Selasa. Menurut dia pada diskusi “Pengembangan Pohon Nangka di Yogyakarta”, Thailand saat ini telah mengembangkan nangka dalam kaleng yang bisa tahan sampai satu tahun, sehingga pengembangan gudeg dalam kemasan kaleng juga bisa dilakukan. Rencananya, kata dia, para penjual gudeg di Yogyakarta akan diberikan pendampingan dan pelatihan tentang teknologi tersebut.

…dst

6 ) UGM Sokong Pembuatan Gudeg
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/459476/

Wednesday, 11 January 2012
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) akan merintis budi daya hutan tanaman nangka di lingkungan masyarakat. Selain penghijauan, budi daya ini juga untuk memasok buah nangka sebagai bahan pokok masakan gudeg yang dirasakan pasokannya masih kurang. Guru besar UGM Sutaryo mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya membentuk tiga kelompok yang tugasnya berbeda tapi terintegrasi. Mereka ada yang bertugas membantu budi daya tanaman, teknologi pembuatan gudeg, serta pendampingan produksi dan pemasaran. “UGM juga sedang melakukan pengembangan teknologi untuk pengawetan gudeg.

…dst

7 ) Senyawa Karang Lunak dan Spon Laut Belum Dimanfaatkan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/10/2129208/Senyawa.Karang.Lunak.dan.Spon.Laut.Belum.Dimanfaatkan

Selasa, 10 Januari 2012 | 21:29 WIB
PADANG, KOMPAS.com- Temuan tiga senyawa bioaktif pada karang lunak Nepthea chabrolii dan tujuh senyawa antimikroba pada spon laut Dysidea herbacea oleh Dr. Dian Handayani, doktor biologi farmasi Fakultas Farmasi, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, hingga kini belum dimanfaatkan lebih lanjut. Padahal, dari tujuh senyawa antimikroba dalam spon laut Dysidea herbacea itu empat di antaranya benar-benar merupakan senyawa baru yang ditemukan Dian. “Saya mengumpulkan sampel-sampel itu di perairan Sumatera Barat sejak tahun 1993,” kata Dian, Selasa (10/1/2012) di kampus Universitas Andalas, Padang. Temuan itu telah dipublikasikan dalamJournal of Natural Products yang terbit pada tahun 1997.

…dst

8 ) Permen Perjaka Ini Dibuat dari Ikan Kakap
http://id.she.yahoo.com/permen-perjaka-ini-dibuat-dari-ikan-kakap-150525249.html

10 Januari 2012
TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA – Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Nuky Hanggara (24) dan Erfin Dwi Priana (23) mengaku tak menyangka permen yang berbahan Ikan Kakap kreasinya meraih juara ke IV saat Lomba Inovasi Pengembangan Produk Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan digelar. Saat kali pertama mendengar permen Ikan Kakap disebut pasti akan mengerutkan dahi, selanjutnya, muncul bayangan permen yang beraroma amis khas aroma ikan. Tapi jangan salah, kreativitas keduanya saat mengolah bahan-bahan menjadi permen jelly ikan kakap itu menjadi makanan manis dan sehat. Apalagi keduanya mengaku menggunakan bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet. Pewarna yang mereka gunakan terbuat dari sari buah-buahan kemudian dicampurkan dengan ikan kakap yang sudah diolah.

…dst

9 ) Pelajar Indonesia di Inggris Publikasi Karya Tulis di Amazon
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/10/13545490/Pelajar.Indonesia.di.Inggris.Publikasi.Karya.Tulis.di.Amazon

Selasa, 10 Januari 2012 | 13:54 WIB
LONDON, KOMPAS.com – Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Inggris melakukan terobosan terbaru dengan memublikasikan karya tulis ilmiah di Amazon, sebagai hasil dari Konferensi Temu Ilmiah Karya Tulis Indonesia (TIIMI) di London tahun lalu . Konferensi bertema “Science Development and Sustainability in Indonesia,” mengambil delapan karya ilmiah terbaik seluruh peserta yang tengah menjalani studi S-1 dan S-2, baik di luar negeri mau pun di Indonesia. Hal itu dikatakan Dr. Dessy Irawati dari Newcastle University, salah satu editor karya tulis ilmiah, seperti dikutip Antara, Selasa (10/1/2012).

…dst

9 ) Yuk, Siap-Siap Daftar Jalur Undangan SNMPTN!
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/373/554481/yuk-siap-siap-daftar-jalur-undangan-snmptn

Selasa, 10 Januari 2012 10:22 wib
JAKARTA – Seperti tahun lalu, pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini dimulai dengan jalur undangan. Pendaftaran jalur undangan SNMPTN 2012 akan dibuka mulai 1 Februari 2012. Apa dan bagaimana sih jalur undangan itu? Yuk kita kenalan lebih lanjut. Jalur undangan SNMPTN dibuka sejak tahun lalu. Mekanisme ini memungkinkan siswa SMA dan yang sederajat ‘melamar’ ke program studi (prodi) dan perguruan tinggi negeri (PTN) idaman sejak awal. Yang melamar adalah kepala sekolah tempat siswa tersebut menempuh pendidikan. Satu siswa bisa mendaftar ke dua PTN, dan tiga prodi di setiap PTN. Ingat ya, urutan prodi dan PTN yang kamu pilih menunjukkan prioritasmu. Jadi, pastikan kamu memilih prodi dan kampus yang memungkinkan untuk kamu tembus. Pertimbangkan juga faktor passing grade dan rasio antara bangku yang tersedia dengan peminat tiap jurusan. Data ini bisa kamu dapatkan di laman resmo SNMPTN. Intinya, jangan sampai kamu salah pilih.

…dst

10 ) Jalur Undangan Undip Buka 1 Februari
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/373/554568/jalur-undangan-undip-buka-1-februari

Selasa, 10 Januari 2012 12:08 wib
JAKARTA – Para pelajar yang duduk di kelas XII dan berkeinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) dapat segera mempersiapkan diri. Sebab, pada 1 Februari 2012 pendaftaran mahasiswa baru jalur undangan akan dibuka, termasuk di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang. Pendaftaran secara online dibuka hingga 8 Maret 2012 melalui situs http://undangan.snmptn.ac.id. Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso menjelaskan, jalur undangan akan dibuka bersamaan dengan PTN lain untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademis yang baik selama di SMA. Di Undip, tambahnya, proporsi bagi calon mahasiswa dari Jawa Tengah dan nasional adalah 40-60. Kebijakan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan berkompetisi secara terbuka bagi semua pelajar yang memiliki kemampuan prestasi akademis baik. Meski proporsi bagi calon mahasiswa nasional lebih besar dibandingkan mereka yang berasal dari Jawa Tengah, Agus mengimbau agar para pelajar tersebut tidak ragu untuk melakukan pendaftaran.

…dst

11 ) PTN Harus Pertimbangkan NUN
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/11/173177/PTN-Harus-Pertimbangkan-NUN

11 Januari 2012
MALANG-Perguruan Tinggi Negeri (PTN) harus bersikap adil terhadap siswa yang mendapatkan Nilai Ujian Nasional (NUN) bagus saat yang bersangkutan mendaftar. Pihak PTN mesti meloloskan tanpa jalur tes bagi siswa tersebut. Alasannya, hasil NUN adalah salah satu indikator kecerdasan siswa. “Paling tidak, NUN yang diperoleh siswa itu bisa dimanfaatkan ketika yang bersangkutan akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri,” ujar anggota Komisi IX DPR RI Sri Rahayu, saat ditemui di Kota Malang, kemarin. Dia menyesalkan karena PTN yang ada menolak sistem demikian. Saat ini, siswa yang mendapatkan NUN tinggi, masih harus mengikuti tes atau ujian masuk PTN.
“Sangat disayangkan, ketika para siswa SMU tidak bisa memaksimalkan NUN yang dicapainya ketika hendak masuk PTN,” urainya.

…dst

12 ) Tiga PTN Tangani SNMPTN di Makassar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/10/10273034/Tiga.PTN.Tangani.SNMPTN.di.Makassar

Selasa, 10 Januari 2012 | 10:27 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Tiga perguruan tinggi negeri (PTN) akan menangani pelaksanaan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Makassar, yakni Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Wakil Rektor I Unhas Prof Dr Dadang Ahmad Suriamiharja mengatakan, selama ini, pelaksanaan SNMPTN ditangani sendiri-sendiri oleh setiap PTN.Salah satu kesepakatan rapat gabungan ketiga PTN di Makassar adalah pencetakan soal ujian SNMPTN tidak akan dilakukan di Makassar, tetapi di kota lain. Langkah itu, jelas Dadang, dimaksudkan sebagai upaya mencegah terjadinya praktik joki yang selalu ditengarai dan dihubungkan dengan kemungkinan adanya kebocoran soal.

…dst

13 ) Tata Kelola Keuangan PTN Terbentur Tenaga
Jumlah Auditor di PTN Sangat Terbatas
http://cetak.kompas.com/read/2012/01/11/0344326/tata.kelola.keuangan.ptn.terbentur.tenaga

11 Januari 2011
Jakarta, kompas – Buruknya tata kelola keuangan perguruan tinggi negeri terutama disebabkan terbatasnya tenaga yang memahami persoalan keuangan. Akibatnya, setiap tahun sejumlah perguruan tinggi negeri mengalami kekeliruan administratif dalam pelaporan keuangan. Rektor Universitas Haluoleo (Unhalu), Sulawesi Tenggara, Usman Rianse, Selasa (10/1), mengatakan, kekeliruan sistem pelaporan terutama karena terbatasnya tenaga auditor. Di Unhalu ada 11 fakultas, sedangkan auditor hanya 10 orang. “Idealnya setiap fakultas ada tiga auditor,” katanya. Untuk mengatasi persoalan itu, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pelatihan-pelatihan tenaga pengelola keuangan. Sebelumnya, Senin, BPK memanggil para rektor perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menjelaskan temuan BPK soal masih buruknya tata kelola keuangan PTN. Temuan PPK terutama menyangkut kekeliruan pelaporan keuangan, ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam pendapatan, pengadaan barang/jasa, hingga persoalan aset negara yang pengelolaannya berpotensi merugikan negara.

…dst

14 ) Fakultas Hukum Undip Semarang-Bangun Pusat Studi Hukum dan Pancasila
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/459473/

Wednesday, 11 January 2012
SEMARANG – Fakultas Hukum (FH) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berencana mendirikan pusat studi hukum dan Pancasila dengan tujuan, membangun pendidikan hukum yang sesuai nilai Pancasila. “Pendidikan hukum saat ini masih sangat kaku sehingga hanya mampu melahirkan robotrobot hukum yang memandang hukum sebatas hitam dan putih, serta benar dan salah. Bisa dilihat beberapa kasus yang muncul, kasus sandal jepit, pencuri buah kakao, dan lain-lain,”papar Dekan Fakultas Hukum Undip Yos Johan Utama kemarin. Pendidikan hukum yang diberikan saat ini tidak memiliki nilai-nilai yang terkandung di Pancasila.

…dst

15 ) Cetak Tenaga Ahli Kelautan, Unsoed Gandeng ITS
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/373/554664/cetak-tenaga-ahli-kelautan-unsoed-gandeng-its

Selasa, 10 Januari 2012 13:39 wib
JAKARTA – Guna mencetak tenaga ahli di bidang kelautan, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah berencana menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Newcastle University. Untuk membahas hal tersebut, Unsoed menghelat Workshop Pendirian Program Politeknik dan S2 Industri Sumber Daya Hayati Kelautan. Menurut ketua Panitia Tjahyo Winanto, pendirian program ini berangakat dari permasalahan potensi dan pemanfaatan suber daya laut Indonesia yang sangat tidak sebanding. “Padahal, kebutuhan tenaga kerja internasional di bidang kelautan mencapai 10 ribu peluang tenaga kerja,” ujar Tjahyo seperti dilansir dari laman Unsoed, Selasa (10/1/2012).

…dst

16 ) UIN Makassar Bangun Museum Peradaban Islam
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/373/554445/uin-makassar-bangun-museum-peradaban-islam

Selasa, 10 Januari 2012 10:23 wib
MAKASSAR – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan membangun museum peradaban Islam. Hal ini sebagai upaya memelihara peninggalan Islam di daerah Sulawesi Selatan (Sulsel). “Ini adalah sebuah ide besar dan Alquran sama sekali mendukung setiap upaya yang dilakukan dalam rangka memelihara peninggalan lama. Apalagi, museum tersebut nanti juga sebagai media pembelajaran sekaligus tempat rekreasi bagi generasi muda,” ujar Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Dr HA Qadir Gassing HT MS. Menurutnya, penerus bangsa harus mafhum akan sejarah. Dengan begitu, mereka tidak kehilangan jati diri sebagai bangsa yang berbudaya dan bermartabat.

…dst

17 ) 40 Mahasiswa UPI Bakal Ikuti Karnaval di Singapura
http://www.pikiran-rakyat.com/node/172520

Selasa, 10/01/2012 – 17:21
BANDUNG, (PRLM).- Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia akan mewakili Indonesia dalam perhelatan “Chingay Parade Singapore 2012” yang berlangsung 1-4 Februari 2012 di Singapura. Chingay Parade merupakan festival nasional Singapura yang diselenggarakan rutin sejak 1973 dan tahun ini diikuti oleh 15 negara. “Tentu menjadi kebanggaan, FPIPS UPI diundang dalam parade ini mewakili Indonesia. Apalagi di sini kami akan menampilkan kesenian tradisional khas Jawa Barat yakni Sisingaan dan angklung,” kata Dekan FPIPS UPI Prof. Karim Suryadi saat ditemui di Kampus UPI Jln. Dr. Setiabudhi Bandung, Selasa (10/1).

…dst

18 ) Anggaran Sertifikasi Guru Disunat
http://www.jpnn.com/read/2012/01/10/113760/Anggaran-Sertifikasi-Guru-Disunat-

Selasa, 10 Januari 2012 , 10:19:00
BOGOR–Kabar buruk bagi guru Kota Bogor di awal tahun 2012 ini. Dana sertifikasi yang mereka terima diduga disunat sehingga hanya menerima setengahnya. Hal ini membuat para guru bertanya-tanya karena di daerah lain tidak ada pemotongan biaya. Padahal, sebelumnya tidak ada pemotongan tunjangan yang besarnya disesuaikan dengan gaji pokok per bulannya. Karena, jumlah yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan kenyataan sehingga meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor memberikan penjelasan. Salah satu guru yang enggan disebutkan namanya mengaku kaget saat menerima tunjangan sertifikasi yang berkurang setengah dari seperti biasanya. Hal sama dialami pula sejumlah guru lainnya. “Saya tidak tahu kenapa tiba-tiba kena potongan begitu besar. Padahal, sebelumnya tidak pernah seperti ini,” ujarnya kepada Radar Bogor (Group JPNN), kemarin.

…dst

19 ) Lulusan SMK Perlu Lanjutkan Kuliah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/459368/

Wednesday, 11 January 2012
JAKARTA – Kemampuan kompetensi teknis lulusan SMK dianggap masih kurang sehingga perlu diarahkan ke jenjang kuliah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan,kemampuan siswa SMK memang kurang dari segi teknisnya sehingga pihaknya akan menyiapkan jenjang kuliah 1-2 tahun yang dinamakan Community College (CC). Dia menyatakan, CC akan mulai dirintis pada 2012 ini. Community College(CC) merupakan diklat kompetensi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan tuntutan pasar kerja.Untuk mengembangkan potensi siswa SMK tidak berhenti pada CC , tetapi mereka juga bisa masuk ke politeknik dan menyambung ke Strata 2 (S-2) teknik.

…dst

20 ) Mendikbud Dukung Penuh Hasil Karya SMK
http://www.kemdiknas.go.id/laman/berita/170

01/10/2012
Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengapresiasi dan mendukung penuh produk hasil karya siswa sekolah menengah kejuruan seperti mobil Esemka dan pesawat Jabiru. Menurut Menteri Nuh, fenomena mobil Esemka sebenarnya bukan hal baru, karena sejak 2009 sudah masuk dalam kurikulum SMK di bidang otomotif atau teknologi informasi. “Sekarang sudah masuk di fase tahun keempat,” ujarnya dalam jumpa pers pada Senin (9/1), di Gedung A Kemdikbud, Jakarta. Menteri Nuh mengharapkan persoalan teknis menyangkut kelaikan mobil bisa selesai, seperti uji teknis, uji standar nasional Indonesia, dan uji emisi. Dia menjelaskan, fase pertama tahun 2009 adalah fase pembuatan prototipe dan pengembangan produk. Kemudian pada 2010, mulai dibuat desainnya, dengan target konten lokal mencapai 50 persen yakni menyangkut unit mesin, hood panel, bumper, dan partisi standar. Fase ketiga dan keempat, yaitu target pada 2011 dan 2012 adalah mencapai konten lokal sebesar 75 persen, dan 90 persen. Terakhir, fase kelima, pada 2013, perakitan mobil nasional oleh SMK sudah mencapai 100 persen konten lokal.

…dst

21 ) Setelah Mobil, Lalu Nano Satelit
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/10/373/554541/setelah-mobil-lalu-nano-satelit

Selasa, 10 Januari 2012 11:21 wib
JAKARTA – Setelah sukses memperkenalkan mobil yang dirakit siswa SMK maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memproduksi nano satelit pada 2013 nanti. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, bersamaan dengan proses pabrikasi atau memassalkan mobil SMK pada 2013 nanti konsorsium perguruan tinggi yakni Institut Teknologi Speuluh November (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan beberapa politeknik akan meluncurkan nano satelit ke angkasa. Saat ini konsorsium sedang mengevaluasi berat dari satelit yang akan diluncurkan. Berat dan ukuran satelit menjadi pertimbangan utama karena akan menelan biaya ribuan dolar AS. Mendikbud menyatakan, dengan penggunaan nano, maka satelit akan lebih ringan ketika diluncurkan. Peluncur satelitnya sendiri belum dapat dipastikan apakah akan bekerja sama dengan China atau India. Namun pemanfaatannya nanti akan dapat memonitor perkembangan cuaca.

…dst

22 ) 2013, Produk SMK Diproduksi Massal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/10/08480725/2013.Produk.SMK.Diproduksi.Massal

Selasa, 10 Januari 2012 | 08:48 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Seluruh karya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan difabrikasi atau diproduksi secara massal pada tahun 2013. Hal itu dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, Senin (9/1/2012), di Jakarta. “Target utama kami adalah membawa karya anak-anak bangsa ini untuk diproduksi secara massal agar bisa masuk ke pasar domestik. Sayang jika karya kreatif mereka hanya sampai pada ide belaka,” kata Nuh. Pada tahun 2012 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelesaikan tahapan kelayakan teknis sehingga pada tahun berikutnya dapat menyiapkan karya para siswa ke tahapan terakhir, yaitu fabrikasi. Nuh menjelaskan, tiga pilihan akan digunakan oleh kementerian untuk mencapai tujuan itu.

…dst

23 ) Pasar Tentukan Nasib Mobnas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/459400/38/

Wednesday, 11 January 2012
JAKARTA– Pasar akan menjadi penentu kelangsungan mobil nasional (mobnas). Karena itu, pemerintah mengingatkan, butuh perjuangan bagi mobil Kiat Esemka untuk masuk pasar automotif di Indonesia. “Pada prinsipnya pemerintah akan membantu apa yang bisa dilakukan.Tapi pada akhirnya nanti kompetisi di pasar yang akan membuat mereka bisa survive,” tutur Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat di Jakarta kemarin.

…dst

24 ) Menteri Perindustrian komentari “Esemka”
http://otomotif.antaranews.com/berita-otomotif/1326127509/menteri-perindustrian-komentari-esemka

Senin, 9 Januari 2012 23:45 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Menteri Perindustrian MS Hidayat mengemukakan mobil “Esemka” yang dibuat oleh anak-anak SMK Negeri 2, Solo, merupakan salah satu langkah kebangkitan industri otomotif Indonesia namun banyak tantangan yang harus dihadapi. “Saya apresiasi sangat tinggi untuk anak-anak SMK yang berhasil membuat mobil esemka tersebut, namun untuk memasuki dunia industri, harus didukung dengan kemampuan manufaktur yang permanen baik dari teknologi dan kelayakannya,” kata Menteri Perindustrian, MS Hidayat, di Jakarta, Senin. Hidayat mengatakan bahwa apabila dari sisi teknologi dan kelayakan sudah baik dan mencukupi, “maka baru kita bisa masuk di skala industri. Bukan hanya manufaktur, tapi juga mengenai infrastruktur termasuk purna jual, bengkel, tempat penjualan di seluruh indonesia.”

…dst

25 ) Sekilas dalam Negeri
Dicari Guru !
Pemkab Agam kekurangan 1.265 guru
Kompetisi
OSN Ke-3 Digelar di Solo
Kedubes Jepang Gelar Bunkasai untuk SMA/MA
BOS 2012
Rintisan BOS SMA Langsung ke Sekolah
BOS Ditransfer ke 24.000 Rekening
Pencairan Dana BOS Madrasah Tunggu Persetujuan DPR
Pendidikan di Wonosobo
Siswa Miskin Dijamin Bebas Biaya-Kepala Sekolah se-Wonosobo Tanda Tangani Pakta Integritas
Eks Bupati Wonosobo Kena 5 Tahun (korupsi buku ajar)
Mobil buatan anak SMK
Fenomena Mobil Esemka
Mobil Esemka Jalani Uji Emisi Pekan Ini
Pasar Tentukan Nasib Mobnas
2.000 SMK Siap Bermitra dengan Industri
Pelajar SMK Rakit Ribuan Laptop
Waspadai bencana alam
BMKG Cabut Peringatan Tsunami untuk Semua Wilayah
Peringatan Tsunami untuk Aceh Dicabut, Kecuali Kabupaten Simeulue
2 Gempa Susulan Guncang Simeulue, Aceh
Gempa 7,1 SR Goyang Aceh, Berpotensi Tsunami
Kasus Nazaruddin
Nazar Sebut Anas “Bos Besar” dalam Banggar
Siapa ‘Bos dan Ketua Besar’ yang Dimaksud Nazar?
Kasus Korupsi Kemenakertrans
Banggar Disebut Mendapat Aliran Rp 18 Miliar
Kasus Nunun
Tak Ada soal Tommy Winata saat Pemeriksaan Miranda
2,5 Jam Diperiksa, Miranda Dicecar Soa …
Adang Bantah Perintahkan Fraksi ABRI Pilih Miranda
RUU Pemilu
Lobi Khusus RUU Pemilu Gagal
Kerusuhan di Aceh
Panglima TNI Yakini Penembakan di Aceh Kriminal Murni
Rumah Cabup Ditembaki, Masih Dianggap Kriminal Murni
Rumah Legislator Aceh Juga Dilempari Bom Molotov
Gangguan Keamanan Aceh Diduga Terkait Pilkada
Kisruh PSSI
PT Liga Indonesia Merasa Dizalimi PSSI
Wim Rijsbergen dicopot sebagai pelatih Timnas
Diego Michiels Diadukan ke Politisi
Dianggap Dukung Djohar, Menpora Diminta Bertanggung Jawab
Terang-terangan Ingin Gusur Djohar Arifin
Sekilas Luar Negeri
Iran
AS: Kami Sanggup Mengatasi Iran
Fasilitas Nuklir Iran di Fordo Mulai Aktif
Pabrik nuklir Iran masuki kapasitas penuh Februari
Presiden Iran perluas hubungan dengan Amerika Latin
AS ajak Amerika Latin tekan Iran terkait program nuklir
Amerika
Marinir AS di Irak: tembak dulu, baru tanya
Kesewenang-wenangan picu kebencian rakyat Afghanistan terhadap AS
Tentara Afghanistan bunuh serdadu NATO
AS kutuk putusan mati Iran atas tersangka “mata-mata CIA”
Malaysia
VONIS BEBAS ANWAR IBRAHIM- Segera Temukan Diri sebagai Pemimpin
Myamar
Suu Kyi jadi ketua partai 
Pakistan
Mantan presiden Musharraf akan dipenjarakan
Sudan Selatan
Kerusuhan landa negara terbaru di dunia, Sudan Selatan 
PBB: tidak ada bukti pembunuhan massal di Sudan Selatan 
WAH 500 ANAK !
BANK SPERMA DI AS DAN KANADA- Seorang Pendonor Jadi Ayah 500 Anak