1 ) IPB Konsisten Pacu Kemajuan Pertanian
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/27/294282/293/14/IPB-Konsisten-Pacu-Kemajuan-Pertanian

Jumat, 27 Januari 2012 04:55 WIB
JAKARTA–MICOM: Institut Pertanian Bogor (IPB) berupaya tetap konsisten menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terdepan memajukan pertanian Indonesia kendati minat mahasiswa bidang tersebut menurun. “IPB tetap konsisten sebagai PTN bidang pertanian yang serius dan prestisius. Kami tidak ingin mengubah jati diri seperti PTN pertanian di Malaysia. Kami tetap bangga karena kalau tidak, IPB yang tangani pendidikan pertanian siapa lagi?,” tandas Yonny Koesmaryono, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, saat sambutan pemberian bea siswa PT Rabobank Internasional Indonesia kepada sembilan mahasiswa IPB di hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (24/1) lalu.

…dst

2 ) Dicari, Mahasiswa Jurusan Pertanian
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/27/lyf1dk-dicari-mahasiswa-jurusan-pertanian

Jumat, 27 Januari 2012 05:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, AKARTA–Pendidikan di Indonesia tengah menghadapi persoalan rendahnya minat calon mahasiswa pada jurusan pertanian. Ironisnya, persoalan ini terjadi di negeara yang selama ini dikenal sebagai negara agraris. Pihak Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan Nasional menuding persoalan ini muncul akibat kebijakan bidang pertanian yang tidak mendukung. Sehingga industri pertanian tidak tumbuh optimal. “Inilah mengapa jurusan pertanian ini sepi peminat,” ungkap Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso, saat dikonfirmasi, Kamis (26/1). Djoko juga mengamini, persoalan rendahnya minat masuk jurusan pertanian ini sudah berlangsung lama. Namun ia membantah pemerintah melakukan pembiaran. “Kalau jurusan pertanian kan sepi peminat karena industri pertanian tak tumbuh. Sedangkan sektor sains dan teknologi juga sepi peminat karena memang sulit,” ungkapnya.

…dst

3 ) PPNS ITS Terakreditasi Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/25/373/563504/ppns-its-terakreditasi-internasional

Kamis, 26 Januari 2012 12:03 wib
JAKARTA – Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali mengukir prestasi internasional. Kali ini, tiga program studi PPNS ITS tersebut mendapat akreditasi internasional dari asosiasi insinyur perkapalan profesional dunia, yakni Royal Institution of Naval Architects (RINA). Prestasi PPNS kali ini begitu berharga bagi Direktur PPNS ITS, Muhammad Mahfud. Hal ini disebabkan, untuk mendapatkan akreditasi tersebut, PPNS harus menunggu selama satu tahun sejak pertama kali akreditasi ini diajukan.”Akreditasi ini sangat istimewa bagi kami, karena PPNS adalah institusi pertama di Asia Tenggara yang mendapat pengakuan dari RINA,” kata Mahfud seperti dikutip dari situs ITS, Kamis (26/1/2012).

…dst

4 ) Unibraw-Bio Farma kembangkan vaksin kontrasepsi aman
http://www.antaranews.com/berita/294502/unibraw-bio-farma-kembangkan-vaksin-kontrasepsi-aman

Kamis, 26 Januari 2012 07:48 WIB |
Malang (ANTARA News) – Universitas Brawijaya (Unibraw) bekerja sama dengan Bio Farma dalam waktu dekat ini akan mengembangkan sekaligus memproduksi vaksin kontrasepsi yang aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi akseptor. Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Yogi Sugito, Kamis mengemukakan, nota kesepahaman (MoU) dengan Perusahaan Farmasi (Bio Farma) tersebut sudah ditandatangani, bahkan hasil temuan vaksin kontrasepsinya juga sudah dipatenkan. “Untuk pengembangan vaksin ini kami juga akan membangun laboratorium vaksin kontrasepsi atas bantuan dari pemerintah pusat senilai lebih dari Rp146 miliar termasuk untuk pembelian peralatan lab,” ujarnya. Menurut Yogi, pembangunan gedung laboratorium dimulai awal tahun ini dan ditargetkan tuntas tahun ini juga, sehingga tahun depan sudah bisa dioperasionalkan. Lokasi pembangunan gedung laboratorium tersebut berada di kawasan Dieng di atas lahan seluas tujuh hektare dan menjadi satu kawasan dengan Fakultas Kedokteran Hewan UB.

…dst

5 ) UPI Ikuti Lomba Internasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464005/

Friday, 27 January 2012
BANDUNG– UPI Bandung mengirimkan dua tim untuk mengikuti kompetisi internasional rancang bangun kendaraan hemat energi tingkat Internasional zona Asia “Shell Eco Marathon Asia” 2012 di Malaysia pada Juli 2012. Kedua tim tersebut merupakan mahasiswa Konsentrasi Keahlian Teknik Otomotif, Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK). Kepala Humas UPI Suwatno Fakhrudin mengatakan, saat ini kendaraan rancangan mahasiswa tersebut tengah dalam proses penyempurnaan. “Dari 28 tim yang mengikuti seleksi tingkat Asia, hanya 20 tim saja yang lolos dalam seleksi rancangan desain kendaraan yang telah dibuat dan diterima oleh tim teknis.Tim UPI berhak mewakili Indonesia dari berbagai perguruan tinggi,” kata Suwatno saat ditemui di UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung,kemarin. UPI menjadi wakil Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) termasuk yang pertama bagi kampus yang ada di Bandung.

…dst

6 ) MAHASISWA UNY SETYO BUDI CIPTAKAN ALAT T PENGENALAN HURUF ARAB – Sistem Pembelajaran Tak Lagi Membos
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464021/

Friday, 27 January 2012
Sarana dan prasarana pengenalan huruf Arab kepada siswa masih minim.Sementara metode pembelajaran guru yang “monoton” dalam penyampaian materi di kelas diindikasikan menjadi penyebab mengapa pelajaran ini kurang diminati siswa. Untuk menggerakkan minat belajar,mahasiswa Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Setyo Budi pun terpanggil untuk melakukan penelitian. Hasilnya tak sia-sia,dia berhasil menciptakan alat pembelajaran huruf Arab berbasis microcontroller dengan suara dan dot matrix. Melalui alat ini,tidak hanya mempermudah mempelajari huruf Arab,tapi juga membantu guru menyampaikan materi kepada siswanya.

…dst

7 ) UI Segera Klarifikasi BPK
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/26/18065999/UI.Segera.Klarifikasi.BPK

Kamis, 26 Januari 2012 | 18:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Terkait hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan atas pengelolaan dana masyarakat tahun anggaran 2009, 2010, dan 2011 yang menyatakan bahwa Universitas Indonesia berpotensi merugikan negara, UI akan segera mengklarifikasi dan menindaklanjuti rekomendasi tersebut. BPK menemukan ada potensi kerugian negara sekitar Rp 41 miliar dalam perjanjian kerja sama tanah milik UI di Pegangsaan Timur (PGT) 17 , Jakarta. Tafsir Nurchamid, Wakil Rektor II UI, Kamis (26/1/2012), menjelaskan, UI akan segera mengklarifikasi dan tindak lanjut. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004, UI akan mengklarifikasi dan menindaklanjuti rekomendasi BPK selambat-lambatnya 60 hari.

…dst

8 ) Jadi Tersangka, UI Pantau Proses Miranda
http://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/12/01/26/lyewsd-jadi-tersangka-ui-pantau-proses-miranda

Kamis, 26 Januari 2012 22:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) Firmanzah menegaskan bahwa pihaknya masih menunggu proses hukum Miranda Swaray Gultom di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait statusnya sebagai guru besar di fakultas tersebut. “Kami menunggu untuk menghormati proses hukum yang terjadi di KPK,” kata Firmanzah di Depok, Kamis (26/1). Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Miranda Gultom sebagai tersangka baru kasus dugaan suap dalam pemilihan dirinya sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia periode 2004. Firmanzah mengatakan, mantan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) hingga saat ini masih berstatus sebagai dosen atau pengajar tetap dan Guru Besar Fakultas Ekonomi. “Ini kan lagi libur jadi Miranda tidak mengajar,” katanya. Firmanzah menegaskan masalah pemecatan bukan kewenangan dekan. Ini kewenangan Kementerian PAN. Firmanzah menambahkan pihak fakultas baru akan mengambil sikap jika proses persidangan mengganggu jadwal mengajar.

…dst

9 ) Miranda Goeltom Tetap Guru Besar UI
http://www.pikiran-rakyat.com/node/174462
Kamis, 26/01/2012 – 19:34

DEPOK, (PRLM).- Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mantan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Miranda Swaray Goeltom masih diminta untuk mengajar di Universitas Indonesia (UI). Miranda pun masih menyandang gelar sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomi (FE). Dekan FE UI Firmanzah, mengatakan hingga kini Miranda masih berstatus sebagai dosen atau pengajar tetap di Universitas Indonesia (UI). Saat ini UI masih menunggu proses hukum yang berjalan di KPK. “Kita ikuti saja bagaimana prosesnya, tapi sekarang masih mengajar. Saya juga tak tahu detail status beliau karena baru ditetapkan KPK hari ini,” ujarnya. Firmanzah menambahkan, selama dicekal oleh KPK, performa mengajar Miranda selama ini tidak bermasalah. Mahasiswa juga tidak pernah mengeluhkan status hukum Miranda. “Beliau juga selalu mengajar tepat waktu,” kata dia. Selain itu, kata Firmanzah, kasus yang melibatkan Miranda juga tak terjadi di lingkungan UI. Dengan demikian tidak ada pengaruh langsung pada kampus.

…dst

10 ) Seleksi PNS Lewat PTN Tak Jamin Bersih
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464099/

Friday, 27 January 2012
JAKARTA– Keterlibatan perguruan tinggi negeri (PTN) dalam seleksi calon pegawai negeri sipil (PNS) tidak menjamin proses perekrutan pegawai pemerintah itu bisa bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Pengamat pemerintahan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Sofian Effendi menilai, keterlibatan PTN dalam seleksi calon PNS tidak serta-merta membuat proses perekrutan menjadi bersih. Berdasarkan penyelidikan timnya, dosen yang terlibat dalam proses perekrutan PNS ditunjuk secara perorangan oleh pemerintah provinsi. Dengan kondisi ini,dosen yang bersangkutan tidak bekerja secara sukarela, tetapi tetap menerima pembayaran honor dari pemerintah provinsi. “Kami melihat, banyak peserta yang tidak lolos psikotes justru diluluskan. Bahkan, yang sudah lolos justru tersingkir. Hal ini sudah menjadi rahasia umum dan ini sudah berlangsung lama sejak pemerintah mewajibkan adanya psikotes bagi calon PNS,”ungkap Sofian kepada SINDOkemarin.

…dst

11 ) Unesa Hapus Jalur Undangan Olahraga dan Seni
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/26/16004081/Unesa.Hapus.Jalur.Undangan.Olahraga.dan.Seni

Kamis, 26 Januari 2012 | 16:00 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) akan meniadakan atau menghapus jalur undangan untuk jurusan tertentu pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2012. Setidaknya, dua program studi di Fakultas Seni dan Olahraga kampus eks-IKIP Surabaya ini tak lagi menerima jalur undangan. Jurusan-jurusan di dua fakultas tersebut harus melalui tes tulis. Sementara, jika melalui jalur undangan, calon mahasiswa akan diterima tanpa tes. Pembantu Rektor I Unesa Prof Kisyani Laksono mengatakan, dasar penghapusan jalur undangan karena untuk jurusan-jurusan tertentu memerlukan tes keterampilan khusus dan tes akademik yang memadai.

…dst

12 ) USU Siapkan 1.159 Kursi Jalur Undangan
http://www.jpnn.com/read/2012/01/26/115339/USU-Siapkan-1.159-Kursi-Jalur-Undangan-

Kamis, 26 Januari 2012 , 09:07:00
MEDAN-Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 untuk jalur undangan akan dibuka, Rabu (1/2). Pendaftaran dilakukan secara online ke laman http://undangan.snmptn.ac.id. Sejumlah sekolah khususnya di Kota Medan mulai mempersiapkan pendaftaran para peserta didiknya dalam mengikuti program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilaksanakan sejak 2011 lalu itu. Kepala SMKN 1 Medan, Asli Sembiring mengaku untuk tahun ajaran 2012, SMKN 1 Medan akan menambah kuota jumlah muridnya lewat jalur undangan yang disediakan. Pada tahun 2011 lalu, SMKN 1 Medan hanya mengiriman 24 siswa yang memiliki prestasi akademik untuk didaftarkan dibeberapa perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.

…dst

13 ) Uncen Lampaui Kuota SNMPTN
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/26/373/564240/uncen-lampaui-kuota-snmptn

Kamis, 26 Januari 2012 19:52 wib
JAKARTA – Universitas Cendrawasih (Uncen) Papua tidak dapat memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru yang ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Ketentuan itu menyebutkan, daya tampung perguruan tinggi negeri (PTN) pada 2012 adalah 60 persen melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baik tulis maupun undangan, serta 40 persen bagi jalur mandiri. Rektor Uncen Simbiak mengungkapkan, adanya pengecualian ini karena tuntutan masyarakat yang begitu tinggi. “Di Papua, tuntutan masyarakat dan pemerintah provinsi agar masyarakat Papua menempuh pendidikan tinggi sangat besar, maka kami tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut,” kata Simbiak di Hotel Sahid Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2012) selepas briefing SNMPTN 2012 dengan wakil rektor (warek) berbagai universitas.

…dst

14 ) FK UB Gelontorkan Rp2 M untuk Penelitian
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/25/373/563456/fk-ub-gelontorkan-rp2-m-untuk-penelitian

Kamis, 26 Januari 2012 10:03 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK UB) Malang mengucurkan dana hingga Rp2 miliar per tahun untuk penelitian melalui Dana Pengembangan Pendidikan-Sumbangan Pengembangan Pendidikan (DPP-SPP). Ketua Unit Pengembangan Penelitian (UPP) FK UB Hidayat Sujuti mengungkapkan, dengan dana tersebut pihaknya ingin penelitian yang dilakukan FK UB memiliki fokus dan diarahkan hingga kepemilikan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI), bahkan produksi. Dari tujuh payung penelitian yang dimiliki UPP FK UB, lanjut Hidayat, beberapa di antaranya memiliki produktivitas proposal tinggi seperti penyakit degeneratif, imunologi, dan infeksi. Meskipun bidang penelitian lain pun tidak kalah produktif, yakni teknologi kedokteran, stem cell, dan tumbuh kembang.

…dst

15 ) Universitas Wahid Hasyim Semarang – Bagikan Ratusan Laptop dan LCD ke SMK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464023/

Friday, 27 January 2012
SEMARANG – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang membagikan 150 unit laptopdan LCD kepada 84 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Laptop dan LCD yang dibagikan merupakan perangkat hasil rakitan siswa SMKN 1 Kebumen dan SMKN 1 Cikarang. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Unwahas Tholkhatul Khoir mengatakan pembagian laptop dan LCD merupakan tindak lanjut dari program sebelumnya pada tahun lalu.

…dst

16 ) Perlu Didorong Pengesahan RUU tentang Keperawatan
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/26/174917/Perlu-Didorong-Pengesahan-RUU-tentang-Keperawatan

26 Januari 2012
SEMARANG – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Keperawatan Fakultas Keperawatan Unissula mengadakan seminar nasional bertema “Revolusi Peranan Strategis Perawat dalam Menentukan Kebijakan Kesehatan Nasional” di kampus Kaligawe, baru-baru ini. Kegiatan yang diikuti peserta dari 50 universitas itu menyepakati perlunya mendorong percepatan pengesahan RUU tentang Keperawatan.”Rancangan regulasi itu belum juga disahkan kendati sudah masuk program legislasi nasional sejak 2007,” kata Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional (PPNI) Jawa Tengah Edy Wuryanto Ns MKep, salah satu pembicara.

…dst

17 ) Said Aqil: Syiah Tidak Sesat
http://www.tempo.co/read/news/2012/01/27/173379960/PB-NU-Syiah-Tidak-Sesat

JUM’AT, 27 JANUARI 2012 | 00:41 WIB
TEMPO.CO, Jakarta–Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj mengatakan ajaran syiah tidak sesat dan termasuk Islam seperti halnya Sunni. “Di universitas Islam mana pun tidak ada yang menggap syiah sesat,” katanya saat dihubungi Tempo Kamis malam 26 Januari 2012. Said merujuk pada kurikulum pendidikan pada almamaternya Universitas Umm Al Quro di Arab Saudi yang dikenal sebagai pusat Wahabi yang keras. “Wahabi yang keras saja menggolongkan Syiah bukan sesat,” ujarnya. Oleh karena itu Said heran dengan pernyataan Menteri Agama yang menilai syiah adalah ajaran sesat. Dalam kurikulum Al Firqoh Al Islamiyah ajaran Khawarij, Jabbariyah, Muktazilah, dan Syiah masih dinilai sebagai Islam. “Ulama Sunni seberi Ibnu Khazm menilai Syaih itu Islam,” katanya.

…dst

18 ) Sudjiwo Tedjo Jadi Dalang di UGM
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/26/373/563950/sudjiwo-tedjo-jadi-dalang-di-ugm

Kamis, 26 Januari 2012 14:33 wib
JAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memiliki cara unik dalam menggelar sebuah seminar kajian pewayangan. Pada acara besutan program pascasarjana Ilmu Filsafat UGM tersebut, Sudjiwo Tejo didapuk menjadi dalang dalam pagelaran wayang. Namun, jangan membayangkan pagelaran ini dilakukan semalam suntuk layaknya pementasan wayang pada umumnya. Pementasan ini dihelat siang hari, di sela-sela acara seminar yang bertajuk “Kajian Kehidupan dan Filsafat Wayang: Konsep dan Aplikasinya bagi Bangsa dan Kemanusiaan” tersebut. Sang dalang, Sudjiwo Tejo terkenal selalu melemparkan kritik sosial dalam setiap pementasannya. Pada pementasan kali itu, dia melontarkan kritik kepada pemerintah yang menurutnya kurang memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

…dst

19 ) Pemotongan Tunjangan Guru di Daerah Terpencil Disesalkan
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/01/26/lye075-pemotongan-tunjangan-guru-di-daerah-terpencil-disesalkan

Kamis, 26 Januari 2012 10:54 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE – Pemotongan tunjangan guru daerah terpencil di sejumlah kabupaten/kota di Malut oleh oknum di Dinas Pendidikan dan Pengajaran (Dikjar) Malut disesalkan Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Maluku Utara (Malut). “Kami telah menerima laporan mengenai pemotongan tunjangan guru daerah terpencil di sejumlah kabupaten/ kota di Malut, di antaranya di kabupaten Pulau Morotai oleh oknum di Dikjar Malut. Kami sangat menyesalkan hal itu,” kata Ketua PGRI Malut, Suratin Ibrahim di Ternate, Kamis (26/1). Tunjangan guru daerah terpencil merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap pengabdian para guru di daerah terpencil. Tunjangan itu sebesar gaji pokok setiap bulan dan dibayarkan sekaligus setiap tahun. Menurut Suratin, guru daerah terpencil di Kabupaten Pulau Morotai yang dipotong tunjangannya oleh oknum Dikjar Malut sebanyak 47 orang dengan nilai potongan sebesar Rp3 juta per guru dan pemotongan itu tanpa alasan yang jelas. Oknum di Dikjar Malut tersebut hanya mengatakan bahwa tunjangan guru daerah terpencil tersebut merupakan rejeki nomplok dari pemerintah, untuk itu para guru hendaknya tak keberatan menyisihkan tunjangan itu Rp 3 juta per guru.

…dst

20 ) Kemenristek : Kiat Esemka bukti kemampuan teknologi siswa SMK
http://www.antaranews.com/berita/294631/kemenristek–kiat-esemka-bukti-kemampuan-teknologi-siswa-smk

Kamis, 26 Januari 2012 20:53 WIB
Bogor (ANTARA News) – Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Riset dan Teknologi, Prof Benyamin Lakitan mengatakan, Kiat Esemka merupakan bukti kemampuan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam bidang teknologi. “Kiat Esemka adalah bukti IPTEK di Indonesia tidak kalah dengan negara manapun. Siswa SMK telah membuktikan kemampuannya dalam bidang teknologi,” katanya saat ditemui dalam Seminar Nasional MAKSI, di Bogor, Kamis. Terkait wacana untuk menjadikan Kiat Esemka sebagai mobil nasional, menurut Benyamin pihaknya selaku bidang inovasi riset dan teknologi akan mendukung sesuai dengan bidangnya. Menurutnya kebijakan untuk menjadikan Kiat Esemka sebagai mobil nasional ada disejumlah instansi lain yang terlibat seperti Kementerian Perindustrian yang berkewenangan dalam perizinan.

…dst

21 ) Pusat Kebudayaan Amerika-Perluas Pelayanan @america di Jakarta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464088/

Friday, 27 January 2012
JAKARTA—Pusat kebudayaan Amerika Serikat (AS) di Jakarta, @america,mulai mengembangkan sayapnya dengan mendirikan kios di Plasa Semanggi. Kios ini diharapkan bisa memberikan informasi mengenai Amerika lebih luas kepada masyarakat. Kios @america itu kemarin diresmikan Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel. Tak seperti @america di Pacific Place,kios @america ini berdiri di Taman Bacaan di Mall (TBM) Learning Lounge milik Dewi Hughes International Foundation, sebuah yayasan pendidikan milik presenter cantik Dewi Hughes di Plasa Semanggi, Jakarta.Kios ini berdiri berkat kerja sama @america bersama PT Freeport Indonesia. Di kios pertama @america ini tersedia sebuah monitor layar sentuh yang berisi berbagai menu ilmu pengetahuan.

…dst

22 ) Indonesian Food Day, Sajikan 60.000 Porsi Makanan Indonesia untuk Murid SD di Washington DC
http://www.kemdiknas.go.id/laman/berita/182

01/26/2012
Indonesian Food Day dipusatkan di sekolah adopsi KBRI, J.C. Nalle Elementary School, pada 25 Januari 2012, dan diikuti seluruh muridnya yang berjumlah sekitar 350 anak. Mereka secara bergantian menikmati makan siang di kafetaria dengan menu opor ayam, orak-arik sayuran, nasi uduk beras merah dan pisang bakar dengan cokelat meses. Mereka juga aktif mengikuti berbagai program di ruang serba guna, seperti tari poco-poco, workshop musik angklung dan gamelan, baju-baju tradisional dan membuat klepon. Dubes RI Dino Patti Djalal, di sela pembukaan acara, dengan gaya yang jenaka menarikan `moon walk’ yang disambut riuh tepuk tangan murid-murid yang memadati ruang serba guna. Ia mengatakan, program ini menjadi media positif untuk semakin mengenal budaya Indonesia dan mendekatkan masyarakat kedua bangsa. Pada acara pembukaan tersebut hadir pula Direktur Food and Nutritions dari DC Public School, Jeffrey Mills, yang menyampaikan penghargaan atas partisipasi Indonesia pada program ini.

…dst

23 ) Dipenjara 16 Tahun Gara-gara Vonis Salah Alamat, Pria Terima Rp22 Miliar
http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/12/01/27/lyf4gy-dipenjara-16-tahun-garagara-vonis-salah-alamat-pria-terima-rp22-miliar

Jumat, 27 Januari 2012 02:37 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pria Chicago yang menghabiskan 16 tahun dipenjara atas vonis kejahatan pembunuhan yang dijatuhkan saat remaja mendapat kompensasi 25 juta dolar (Rp22,4 miliar). Kompensasi itu diberikan setelah terbukti bahwa vonis itu salah dan pria tersebut bukanlah pelakunya. Thaddeus Jimenez, 32, hampir menghabiskan setengah hidupnya di penjara sebelum akhirnya dibebaskan pada 2009 lalu. Jimenez kemudian menggugat balik kota dan menuduk polisi mengabaikan bukti-bukti dalam kasusnya, termasuk pengakuan saksi lain, Juan Torres. Tetap saja, Jimenes diadili dan divonis dua pasal pidana dan diganjar 45 tahun di penjara.

…dst

24 ) Sekilas dalam Negeri
Kasus Wa Ode
Wa Ode Nurhayati Serahkan Bukti Keterlibatan Pimpinan Banggar ke KPK
Wa Ode Setor Data Keterlibatan Empat Pimpinan Banggar
Wa Ode Ditahan di Rutan Pondok Bambu
Wa Ode Ditahan KPK, PAN: Kami Menghormati Proses Hukum
PAN tak Rela Wa Ode Nurhayati Dijadikan Tumbal
Kasus Nunun/Miranda
Jadi Tersangka, Miranda Kaget dan Lega
KPK Buru Sponsor Miranda
Saat Pemilihan DGS, Miranda Akui Bertemu Anggota DPR
Kasus Century
Presiden Terbitkan Perpres Buru Aset Century
Presiden Minta Jaksa Agung dan 3 Menteri Kejar Aset Century
Timwas Century Dalami Keterangan Robert Tantular
Bambang Susatyo : Miranda tokoh kunci kasus Century
Bambang Susatyo : “bola” Century ada di KPK
Din : KPK tidak boleh takut soal Century
Tragedi Xenia Maut
Kecelakaan Xenia Maut-Keterangan Afriyani ke Penyidik Berbelit-belit 

Kasus Nazaruddin
Anas Merasa Dizalimi
Dugaan Korupsi
Terancam Hukuman Mati
Sekilas Luar Negeri
Papua Nugini
Libya
Iran
Tibet
Amerika
India
Bis India menabrak sekumpulan orang dan kendaraan (menewaskan 9 pejalan kaki juga)