1 ) UU PT Disahkan Maret 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/27/373/564827/uu-pt-disahkan-maret-2012

Jum’at, 27 Januari 2012 17:25 wib
JAKARTA – Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT) direncanakan akan rampung dan disahkan pada Maret 2012. Anggota Komisi X Raihan Iskandar menyebutkan, pembahasan RUU PT itu Harus selesai di masa sidang ini. “Agendanya akhir Maret akan disahkan, sebelum masuk masa reses awal April mendatang,” kata Raihan di Restoran Puang Oca, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2012). Dia mengungkapkan, draf RUU PT saat ini masih berisi hasil kompilasi masukan pakar. Masa sidang kali ini, ujarnya, akan menyisir pasal per pasal lewat Daftar Inventaris Masalah (DIM) dari pemerintah. “Pemerintah belum ada satu kata tentang pendidikan keagamaan. Apakah pendidikan agama berada di bawah naungan Kementerian Agama atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Belum lama ada lokakarya untuk membahas permasalahan ini, mudah-mudahan sudah ada hasilnya,” Raihan mengimbuhkan.

…dst

2 ) ITK Siap Terima Mahasiswa Pada 2013
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/27/373/564464/itk-siap-terima-mahasiswa-pada-2013

Jum’at, 27 Januari 2012 10:38 wib
BALIKPAPAN – Pemkot Balikpapan akan mengikuti hasil kajian tim persiapan ITK dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (ITS) soal penerimaan mahasiswa baru ITK.Tim ITS menilai penerimaan mahasiswa baru ITK sebaiknya dilakukan pada awal 2013 mendatang. Namun jika memang ada instruksi Mendikbud dan gubernur untuk dibuka pada tahun ini, pemkot siap melaksanakan meski dalam kondisi serba darurat.”Ya silakan saja. Kalau tahun depan, ya, silakan juga. Dari diskusi dengan Pak Sulistio, ketua Tim persiapan ITK dari ITS, kalau lebih nyaman dan siap semuanya itu lebih pas kalau dilakukan di 2013,” kata Sekda Balikpapan Sayid Fadly, kemarin. Sayid menjelaskan, proses peneriman mahasiswa memerlukan sosialisasi menyeluruh, termasuk mempersiapkan segala persyaratan administarasi, dan menentukan tempat-tempat kuliahnya.

…dst

3 ) UGM lakukan pendampingan mahasiswa Timor Leste
http://www.antaranews.com/berita/294815/ugm-lakukan-pendampingan-mahasiswa-timor-leste

Jumat, 27 Januari 2012 22:24 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melakukan pendampingan kepada mahasiswa Timor Leste yang kuliah di perguruan tinggi negeri tertua di Indonesia itu.”Pendampingan dilakukan pada awal tahun pertama kuliah. Mahasiswa Timor Leste diberikan matrikulasi selama 10 bulan untuk meningkatkan kemampuan akademik mereka,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Gadjah Mada (UGM) Rio Rini Moehkardi, di Yogyakarta, Jumat. Selain itu, menurut dia saat menerima kunjungan delegasi Kementerian Energi Timor Leste, UGM juga memberikan tutorial khusus untuk meningkatkan pencapaian akademik mahasiswa yang memiliki indeks prestasi kumulatif kurang dari standar yang ditetapkan. Ia mengatakan hingga saat ini terdapat 38 mahasiswa Timor Leste yang tercatat menempuh studi di UGM yang tersebar di beberapa jurusan, di antaranya Jurusan Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, Geografi, dan MIPA.

…dst

4 ) 10 PTN Akan Menjadi Pelaksana Seleksi CPNS
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/184
01/27/2012
Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) mendukung penyelenggaraan seleksi CPNS 2012 secara transparan, bersih dan obyektif. Bentuk kerja sama tersebut berupa keterlibatan 10 perguruan tinggi negeri yang akan menjadi penyelenggara dalam proses rekrutmen dan evaluasi (penilaian) CPNS. “MenPAN menilai, di perguruan tinggi negeri sudah ada sistem yang bagus,” ujar Mendikbud, Mohammad Nuh, usai pelantikan Dirjen PAUDNI dan tiga rektor PTN di kantor Kemdikbud, pada Jumat, 27/1/12. Kesepuluh PTN yang direkomendasikan Mendikbud yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Hasanuddin (Unhas). Ada tiga kriteria pokok yang menjadi dasar rekomendasi. Pertama, PTN harus memiliki sistem serta fasilitas infrastruktur. “Dari sistem scanning sampai komputerisasi,” ujar Menteri Nuh. Kriteria kedua adalah sudah teruji secara sistem, yaitu sering digunakan dalam SNMPTN dan teruji dengan baik. Sedangkan kriteria ketiga adalah distribusi. “Jadi PTN-nya bukan cuma yang ada di Jawa, di daerah lain juga ada, tapi tetap memenuhi kriteria pertama dan kedua tadi”.

…dst

5 ) Nuh Ancam Pecat Rektor Nakal Urus Seleksi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/01/28/115551/Nuh-Ancam-Pecat-Rektor-Nakal-Urus-Seleksi-CPNS-

Sabtu, 28 Januari 2012 , 06:47:00
JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyelenggarakan seleksi CPNS baru. Sepuluh PTN ditunjuk mulai dari persiapan hingga koreksi dan penetapan penerimaan CPNS baru. Kemendikbud mewanti-wanti para rektor tidak tergoda duit sogokan CPNS baru. Himbauan keras kepada para rektor yang kampusnya bakal terlibat dalam seleksi CPNS ini disampaikan Mendikbud Mohammad Nuh langsung di Jakarta kemarin (27/1). Kesepuluh PTN yang ditunjuk ini adalah, Universitas Gajah Mada (UGM) sebagai ketua konsorsium. Kemudian Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

…dst

6 ) UGM Koordinator PTN Seleksi CPNS
http://www.jpnn.com/read/2012/01/26/115387/UGM-Koordinator-PTN-Seleksi-CPNS-

Kamis, 26 Januari 2012 , 17:00:00
JAKARTA–Janji pemerintah untuk melibatkan perguruan tinggi negeri (PTN) secara full dalam penyelenggaraan seleksi CPNS, akhirnya direalisasikan. Dalam rapat antara pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta puluhan rektor PTN, diputuskan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi ketua konsorsium 10 PTN penyelenggara seleksi CPNS secara transparan, bersih dan obyektif. Itu berarti, setiap daerah yang akan menyelenggarakan test CPNS harus menggunakan materi dari konsorsium 10 PTN yang direkomendasikan Mendikbud tersebut. Ini agar, materi test CPNS-nya benar-benar teruji dan dijamin objektivitasnya. “Ini sebagai tindak lanjut dari sembilan program penajaman dan percepatan reformasi birokrasi. Kalau sudah dimasak bagus-bagus, kemudian dicolok dengan tangan, nanti basi makanannya,” ujar Menteri PAN dan RB Azwar Abubakar ketika memberikan arahan dalam rapat tersebut, Kamis (26/1). Dia berharap, konsorsium 10 PTN yang direkomendasikan Mendikbud ini mampu mengubah citra pelaksanaan seleksi CPNS yang belakangan ini diwarnai dengan banyaknya kasus KKN. Bahkan ada sinyalemen itu merupakan salah satu `ATM’ bagi pimpinan daerah.

…dst

7 ) Dubes Selandia: Pendidikan RI Sangat Ketinggalan
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/27/373/564852/dubes-selandia-pendidikan-ri-sangat-ketinggalan

Jum’at, 27 Januari 2012 17:52 wib
BOGOR – Duta Besar Selandia Baru David L Taylor mengaku prihatin atas menurunnya mutu pendidikan di Indonesia. Hal itu dikatakan David saat memberikan kuliah umum dihadapan 350 Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, yang diadakan di Gedung B 1.1 Fakultas Ekonomi Unpak, Jumat (27/1/2011). Menurut David, saat ini pendidikan di Indonesia sangat ketinggalan. Misalnya, untuk wajib belajar di Indonesia hanya sembilan tahun, namun di New Zealand wajib belajar harus 25 tahun. Selain itu, kata David, kualifikasi guru di Indonesia minimal harus S-1, dan guru SMA harus S-2. “Untuk menjadi guru di Selandia Baru harus masuk sekolah khusus guru terlebih dahulu,” ujar David. David berharap, di masa depan Unpak dapat bekerja sama lagi dengan Selandia Baru.

…dst

8 ) Meloloskan Pendidikan Murah pada UU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/27/373/564850/meloloskan-pendidikan-murah-pada-uu-pt

Jum’at, 27 Januari 2012 17:48 wib
JAKARTA – Biaya pendidikan tinggi Tanah Air hingga saat ini masih di luar kemampuan rata-rata masyarakat Indonesia. Masalah inilah yang patut menjadi perhatian utama dalam pembahasan rancangan undang-undang pendidikan tinggi (RUU PT). Anggota Komisi X DPR RI Raihan Iskandar menyebutkan, hal mendasar yang dikritisinya dalam RUU PT adalah bagaimana masyarakat dapat menikmati pendidikan tinggi dengan harga murah. “Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana melalui RUU PT memungkinkan masyarakat kuliah dengan biaya murah tanpa menurunkan kualitas pendidikan tersebut?” tutur Raihan di Restoran Puang Oca, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2012).

…dst

9 ) PTN Tambah Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/27/08554968/PTN.Tambah.Kuota.Penerimaan.Mahasiswa.Baru

Jumat, 27 Januari 2012 | 08:55 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Perguruan tinggi negeri (PTN) di daerah bertekad menambah kuota penerimaan mahasiswa baru 2012. Hal itu dilakukan untuk menampung minat masyarakat yang jumlahnya terus meningkat. Pembantu Rektor I Universitas Haluuleo (Unhalu), Kendari, La Sara mengatakan, tahun ini Unhalu akan menerima 3000 mahasiswa baru. Jumlah tersebut lebih besar jika dibandingkan penerimaan tahun 2011 yang hanya menerima 2500 mahasiswa.Ia menjelaskan, untuk menyerap tingginya minat masyarakat, Unhalu melakukannya dengan membangun tiga fakultas baru, yaitu Fakultas Peternakan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Kedokteran.

…dst

10 ) Sekolah Curang Masuk Daftar Hitam
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/28/175122/Sekolah-Curang-Masuk-Daftar-Hitam

28 Januari 2012
JAKARTA – Sekolah-sekolah yang terbukti curang dalam proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), khususnya jalur undangan, akan masuk daftar hitam. Daftar hitam tersebut bisa menghilangkan kesempatan sekolah untuk mengajukan siswanya masuk ke PTN melalui jalur undangan, untuk jangka waktu tertentu. Sekretaris Umun Panitia SNMPTN 2012 Rochmat Wahab mengatakan, jika nanti terbukti ada sekolah nakal, maka akan dikenai sanksi tegas. Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus yang bertugas menghambat terjadinya kecurangan seperti itu. Tim informasi dan teknologi tersebut berasal dari Universitas Indonesia (UI)dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), yang sudah masuk dalam susunan kepanitian SNMPTN 2012.

…dst

11 ) Beasiswa Bidik Misi
PTN: Tak Mudah Cari Mahasiswa Miskin Berprestasi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/27/10465283/PTN.Tak.Mudah.Cari.Mahasiswa.Miskin.Berprestasi

Jumat, 27 Januari 2012 | 10:46 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) mengaku menemukan kendala ketika memilih mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi. Padahal, pemerintah telah menentukan bahwa seluruh PTN harus menyisihkan kuota 20 persen kursi untuk mahasiswa dengan kategori miskin. Bidik misi adalah program beasiswa yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk para mahasiswa miskin yang memiliki prestasi akademik cemerlang. Wakil Rektor I Universitas Haluoleo (Unhalu) La Sara mengungkapkan, pihaknya cukup kesulitan mencari mahasiswa yang memenuhi dua kriteria yaitu miskin dan berprestasi.

…dst

12 ) PTN Harus Konsekuen dengan BLU
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/27/373/564863/ptn-harus-konsekuen-dengan-blu

Jum’at, 27 Januari 2012 18:03 wib
JAKARTA – Perubahan status tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) dari badan hukum milik negara (BHMN) menjadi badan layanan umum (BLU) menuntut perhatian dan kesiapan PTN yang bersangkutan. Anggota Komisi X DRP RI Raihan Iskandar menjelaskan, tata kelola perguruan tinggi, termasuk perubahan status tersebut, menjadi salah satu pokok yang harus dikritisi dalam rancangan undang-undang pendidikan tinggi (RUU PT). Menurut Raihan, yang perlu ditekankan adalah, kampus harus bersiap dengan perubahan tata kelola sesuai yang diatur undang-undang. Jangan sampai ada kisruh akibat ketidaksiapan kampus menghadapi perubahan tersebut. “Kita sudah lihat sendiri contohnya yang terjadi di Universitas Indonesia (UI), dan di kampus swasta, Universitas Trisakti. Kisruh kedua kampus itu pada dasarnya terkait perubahan tata kelola universitas,” kata Raihan di Restoran Puang Oca, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (27/1/2012).

…dst

13 ) HELM USAID Rangkul 50 Kampus RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/27/373/564563/helm-usaid-rangkul-50-kampus-ri

Jum’at, 27 Januari 2012 12:35 wib
JAKARTA – Program Higher Education Leadership and Management (HELM) akan merangkul dan mengembangkan kualitas 50 perguruan tinggi di Tanah Air.Program besutan US Agency for Internasional Development (USAID) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini mengalokasikan dana senilai USD19,7 juta atau sekira Rp170,5 miliar dalam program kepemimpinan dan manajemen universitas. Spesialis Edukasi USAID Remy Rohadian menyebutkan, proyek tersebut ditujukan bagi 10 perguruan tinggi utama yang telah memiliki nama besar baik secara akademis maupun reputasi.”Kami mengandalkan 10 perguruan tinggi yang lebih mapan, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kami rangkul dan perkuat mereka sehingga diharapkan mereka dapat membina minimal lima perguruan tinggi lainnya,” kata Remy yang ditemui seusai peluncuran program HELM di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (26/1/2012).

…dst

14 ) Mendikbud Lantik Dirjen PAUD dan Tiga Rektor PTN
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/183
01/27/2012
Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh melantik Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Lydia Freyani Hawadi, Jumat (27/01), di gedung Kemdikbud. Berbarengan dengan pelantikan tersebut, dilantik juga Anna Erliyana, sebagai Staf Ahli Bidang Hukum Kemdikbud, Kacung Marijan sebagai Staf Ahli Bidang Kerjasama Internasional Kemdikbud, dan tiga pimpinan perguruan tinggi.
Ketiga pimpinan perguruan tinggi tersebut adalah Aulia Tasman sebagai Rektor Universitas Jambi masa jabatan 2012-2016, menggantikan Kemas Arsyad Somad, Moh Hasan sebagai Rektor Universitas Jember masa jabatan 2012-2016 menggantikan Tarsicius Sutikto, dan RD Kusumanto kembali dilantik sebagai Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya masa jabatan 2012-2016 yang merupakan masa jabatan ke-dua kalinya.

…dst

15 ) Universitas Jambi dan Universitas Jember Akan Terapkan Pendidikan Anti Korupsi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/185

01/27/2012
Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M.Nuh menyampaikan beberapa arahan untuk tiga pimpinan perguruan tinggi yang dilantik hari ini, yaitu Rektor Universitas Jambi, Prof. Dr. Drs. Aulia Tasman, M.Sc, Rektor Universitas Jember , Dr. Moh. Hasan, M.Sc, Ph.D, dan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya RD. Kusumanto, S.T., M.M. Arahan Mendikbud memfokuskan pada kemajuan perguruan tinggi sebagai jenjang tertinggi pendidikan.Rektor Universitas Jambi, Aulia Tasman, yang pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi Universitas Jambi pada tahun 2001 ini, menanggapi positif arahan tersebut. Ia menjelaskan, terlebih dahulu akan melakukan penyesuaian program-program Universitas Jember dengan program kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), dan arahan Mendikbud.

…dst

16 ) 3.000 Buku untuk SD di 14 Provinsi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/27/18185591/3.000.Buku.untuk.SD.di.14.Provinsi

Jumat, 27 Januari 2012 | 18:18 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 30.000 buku bakal dikirimkan ke 134 Sekolah dasar (SD) di 14 provinsi yang menjadi wilayah penempatan para pengajar muda Gerakan Indonesia Mengajar. Pengiriman buku untuk memberikan bahan bacaan bagi anak-anak SD ini bisa menjangkau 18.000 siswa dari berbagai penjuru Indonesia. Ratusan relawan program perpustakaan Indonesia Menyala bekerjasama dengan perusahaan energi nasional PT Indika Energy menggalang kerjasama dengan Gerakan Indonesia Membaca bertajuk acara Pack Your Spirit.

…dst

17 ) UIN SUNAN KALIJAGA BUKA FAKULTAS KEDOKTERAN- Integrasikan Kesehatan Spiritual dan Fisik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464319/

Saturday, 28 January 2012
Pendidikan Kedokteran di Indonesia hingga kini belum ada yang mencoba memasukan aspek spiritualitas di dalam kurikulum pembelajarannya. Padahal dalam UU No 36/2009 tentang Kesehatan,aspek spiritual menjadi bagian penting dari kesehatan. Di negara-negara sekuler seperti Amerika Serikat dan Inggris,upaya mengintegrasikan spiritualitas dalam kurikulum pendidikan kedokteran telah dilakukan.American Association of Medical College (perkumpulan perguruan tinggi yang menjadi institusi pendesain kurikulum pendidikan dokter di Amerika Serikat) mencatat sudah lebih dari 50 penyelenggara pendidikan dokter di Amerika sudah mengintegrasikan spiritualitas dalam pendidikan kedokteran.

…dst

18 ) Hati-hati, 239 Sekolah di Jatim Tak Terakreditasi!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/27/18040825/Hati-hati.239.Sekolah.di.Jatim.Tak.Terakreditasi

Jumat, 27 Januari 2012 | 18:04 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Masyarakat di Jawa Timur diimbau untuk waspada dan berhati-hati dalam memilih sekolah bagi putra putrinya. Tercatat, saat ini, sebanyak 239 sekolah mulai jenjang TK hingga SMA/SMK/MA di Jawa Timur tidak terakreditasi. Artinya, sekolah-sekolah tersebut sesungguhnya tidak layak menyelenggarakan pendidikan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, Jumat (27/1/2012). “Masyarakat memang harus lebih cermat melihat lembaga sekolah. Ada ratusan sekolah dari tingkat SD sampai SMA tak terakreditasi. Namun, saya telah mendapat informasi beberapa ada yang sudah memproses ulang akreditasi,” jelas Harun. Ia mengatakan, sekolah-sekolah tak terakreditasi mengurus segala persyaratan demi pemenuhan standar pelayanan pendidikan.

…dst

19 ) Guru Pemalsu Ijazah Dikecam
http://www.jpnn.com/read/2012/01/27/115425/Guru-Pemalsu-Ijazah-Dikecam-

Jum’at, 27 Januari 2012 , 08:29:00
BOGOR — Ulah beberapa oknum guru yang memalsukan ijazah demi mengejar sertifikasi, menuai kecaman. Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bogor, Sumarli menegaskan, dirinya mengutuk sikap oknum guru yang menghalalkan segala cara, termasuk memalsukan ijazah untuk mendapatkan sertifikat Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebutkan, seharusnya seorang guru menjadi panutan yang baik bagi pelajar dan masyarakat dalam semua hal, baik dalam etika maupun perbuatan. “Guru yang memalsukan ijazah hanya untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi, sangat tidak terpuji,” kecam Sumarli.

…dst

20 ) Celah Pungutan Sekolah Tetap Ada
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/28/05392823/Celah.Pungutan.Sekolah.Tetap.Ada

Sabtu, 28 Januari 2012 | 05:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Meski pemerintah telah menanggung 100 persen kebutuhan operasional sekolah di SD dan SMP mulai tahun 2012, celah pungutan dari sekolah tetap terbuka. Dalam petunjuk teknis bantuan operasional sekolah yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sekolah bisa menerima sumbangan. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 51 Tahun 2011 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana BOS 2012 disebutkan, bantuan operasional sekolah (BOS) tak menghalangi siswa dan orangtua/wali siswa yang mampu memberi sumbangan sukarela yang tidak mengikat kepada sekolah. Sumbangan sukarela ini bersifat ikhlas, tidak terikat waktu dan tidak ditetapkan jumlahnya, serta tidak mendiskriminasikan mereka yang tak memberikan sumbangan.

…dst

21 ) Kemendagri Dukung Ranperda Baca Tulis Alquran
http://www.jpnn.com/read/2012/01/27/115476/Kemendagri-Dukung-Ranperda-Baca-Tulis-Alquran-
Jum’at, 27 Januari 2012 , 13:38:00

MAKASSAR–Tim Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pendidikan Baca Tulis Alquran di DPRD Kota Makassar, mendapat lampu hijau dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melanjutkan pembahasan menjadi peraturan daerah (perda). Kemendagri yang diwakili Kepala Bagian Pengkajian dan Evaluasi Produk Hukum R Gani Muhammad menegaskan para prinsipnya ranperda tersebut tidak ada masalah dan bisa dilanjutkan. Alasannya ranperda tersebut mengatur aspek pendidikan dan bukan syariah. Dengan demikian, pro kontra selama ini di kalangan anggota dewan tentang ranperda tersebut terjawab.

…dst

22 ) TNI-AL dan Bank Mandiri adakan “Kapal Pintar”
http://www.antaranews.com/berita/294648/tni-al-dan-bank-mandiri-adakan-kapal-pintar

Kamis, 26 Januari 2012 22:53 WIB
Jakarta (ANTARA News) – TNI Angkatan Laut dan PT Bank Mandiri (Persero) segera mengadakan perpustakaan keliling di laut berupa “kapal pintar”, guna mendukung program pendidikan bagi anak-anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.Kesepakatan itu ditandai penandatanganan piagam kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan Bank Mandiri masing-masing oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno dan Direktur Utama PT Bank Mandiri Zulkifli Zaini di Jakarta, Kamis.Kapal Pintar merupakan program perpustakaan keliling yang dilengkapi buku-buku pengetahuan dan alat peraga yang ditujukan untuk anak usia dini hingga Sekolah Menegah Atas di wilayah yang selama ini belum terjangkau tranportasi laut secara maksimal.

…dst

23 ) NASA temukan 11 tata surya baru
http://www.antaranews.com/berita/294713/nasa-temukan-11-tata-surya-baru

Jumat, 27 Januari 2012 13:55 WIB |
Washington (ANTARA News) – Misi antariksa NASA “Kepler” berhasil menemukan 11 sistem tata surya baru yang berisikan 26 planet, kata Dinas Luar Angkasa Amerika Serikat itu dalam satu pernyataan, Kamis. Penemuan tersebut hampir dua kali lipat dari jumlah planet yang telah dipastikan dan tiga kali lipat dari jumlah bintang yang dikitari oleh satu planet. Sistem tersebut akan membantu para astronom untuk mengerti tentang bagaimana planet membentuk sebuah tatanan.Orbit planet-planet itu dekat dengan bintang yang menjadi pusat tata surya mereka dan ukurannya diperkirakan satu setengah kali ukuran Bumi bahkan ada yang melebihi ukuran Jupiter. Lima belas planet diperkirakan berukuran seperti Bumi atau Neptunus. Pengamatan lebih jauh diperlukan guna memastikan apakah permukaan planet tersebut solid seperti Bumi atau berselimut atmosfer tebal seperti Neptunus.

…dst

24 ) Studi : pria lebih berisiko pikun dibanding perempuan
http://www.antaranews.com/berita/294745/studi–pria-lebih-berisiko-pikun-dibanding-perempuan

Jumat, 27 Januari 2012 17:07 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pria kemungkinan lebih berisiko mengalami penurunan kognitif ringan (MCI) dibandingkan dengan wanita, menurut satu penelitian. Penelitian yang diterbitkan Rabu dalam edisi online Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology, melibatkan sebanyak 1.450 orang yang berusia antara 70 hingga 89 tahun dan bebas dari demensia pada saat pendaftaran menjalani tes memori setiap 15 bulan selama rata-rata tiga tahun. Peserta juga diwawancarai mengenai memori mereka oleh tenaga medis profesional. Pada akhir penelitian, sebanyak 296 orang telah mengalami perkembangan MCI. Studi itu menemukan bahwa jumlah kasus demensia baru per tahun lebih tinggi pada pria, 72 dari 1.000 orang dibandingkan dengan 57 dari 1.000 orang pada wanita dan 64 dari 1.000 orang pada pria dan wanita jika digabungkan.

…dst

25 ) Sekilas dalam Negeri
Produksi Esemka
Produksi Esemka Butuh Rp50 Miliar
RSBI
MK Gelar Sidang Perdana soal RSBI
Ekspor Mobil
Hebat, Indonesia Siap Ekspor Mobil Lapis Baja
MoU Teritorial Laut
Indonesia-Malaysia Teken MoU Teritorial Laut
RI-Malaysia Sepakat Selesaikan Masalah Perbatasan
Kasus Anas
‘Anas Itu Ibarat Duri dalam Daging di Demokrat’
SBY Akan Bicara Empat Mata dengan Anas
Rusuh Bima
Rusuh Bima, Sebaiknya SBY Berikan Instruksi Cabut Izin PT SMN
Rusuh, Bupati Bima Cabut Izin Tambang
Kata Menteri ESDM, Bupati Bima Sudah Cabut Izin Tambang  
Tragedi Xenia Maut
Polisi Larang Afriyani Dijenguk
Kasus Miranda
Siasat Judi Sponsor Miranda
Yunus Husein: Sponsor Miranda Diduga Bank Bermasalah
Miranda: Ditanya 200 Kali, Saya Jawab Tidak
Kasus Nazaruddin
Uang Rp 5 M untuk Wayan Koster Dibungkus Kardus Printer & Kardus Rokok
Uang ke Ruangan Koster Dibungkus Kardus “Printer” dan Kardus Rokok
Satu Nazaruddin dengan Tiga Alias
Antar Duit ke Koster, Sopir Yulianis Bertemu Angie 
Kasus Wa Ode
Wa Ode: Lebih Besar dari Kasus Nazaruddin
Wa Ode Seruangan dengan 30 Tahanan
KPK Periksa Pemberi Uang Wa Ode
Kasus Korupsi E-KTP
Kurang Bukti, Kasus Dugaan Korupsi E-KTP Dihentikan
UMK Bekasi
Deal! Pemerintah, Pengusaha dan Buruh Hasilkan 4 Kesepakatan
Apindo Bekasi menang gugatan, gubernur mau banding
Angggaran Parkir Istana
Anggaran Parkir Istana Rp 12,3 Miliar
Setneg Bantah Anggaran Parkir Istana Rp 12 Miliar
Hutan Kritis
Wah…1,6 Juta Hutan Mangrove Kritis
Sekilas Luar Negeri
Cara Perbaiki Pengadilan
Ini Dia 11 Cara Perbaiki Pengadilan Versi Hakim Agung Se-ASEAN
Berita Iran
Iran akan Setop Ekspor Minyak ke Uni Eropa Pekan Depan
Beria Suriah
Kekerasan terbaru di Suriah menewaskan 40 jiwa lebih