Dikti dan Pemerintah AS Siapkan Program Kepemimpinan dan Manajemen
http://www.dikti.go.id/

Written by layanan informasi
Friday, 27 January 2012 15:52

Jakarta, 27 Januari 2012- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) bekerja sama US Agency for Internasional Development (USAID) mengalokasikan USD19,7 juta (Rp170,5 miliar) dalam program kepemimpinan dan manajemen kampus.

Badan Pembangunan Internasional Pemerintah AS ini siapkan Program Higher Education Leadership and Management (HELM) untuk mengembangkan kualitas 50 perguruan tinggi di Indonesia. Kerja sama ini merupakan perwujudan kemitraan antara pemerintah Amerika Serikat  dan Indonesia. Dirjen Dikti Djoko Santoso menyambut gembira kerja sama ini. Djoko berharap program ini mampu memfasilitasi pertukaran pengalaman kepemimpinan dan manajemen, keahlian ilmiah dan teknis serta pemahaman lintas budaya antara kedua negara.

“Kerja sama ini bukan hanya menguntungkan Indonesia, tetapi juga Amerika,” ujar Duta Besar Amerika untuk Indonesia Scot Marciel.  Scot yakin melalui pertukaran pengalaman, Amerika akan belajar banyak dari Indonesia. Ia pun bangga dapat menjadi bagian dalam pertumbuhan dan perkembangan Indonesia serta berperan dalam percepatan ekonomi global.

HELM bukan hanya kerja sama antara Negara Amerika dan Indonesia saja. Program ini juga memberi kesempatan kerja sama bagi sesama perguruan tinggi Indonesia, antara kampus  yang masih berkembang dengan kampus yang lebih maju. “Kami juga memfasilitasi universitas yang ada di wilayah Indonesia timur dan Sumetera untuk berbagi pengalaman dengan universitas yang ada di Jakarta, Bandung ataupun Surabaya,” ujar Direktur USAID Indonesia Glenn Anders.

Program HELM memperkenalkan pendekatan baru dalam peningkatan pelayanan pendidikan tinggi, penurunan biaya kuliah serta peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu, Helm juga mendorong kolaborasi antara perguruan tinggi, perusahaan, yayasan dan lembaga-lembaga di Indonesia maupun di AS untuk saling belajar dan berbagi pengalaman untuk menghadapi tantangan dunia.