1 ) Seleksi PNS Tetap Pakai Komputerisasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464773/

Monday, 30 January 2012
JAKARTA– Proses seleksi pegawai negeri sipil (PNS) tetap akan menggunakan sistem komputerisasi. Adapun kehadiran perguruan tinggi negeri (PTN) hanya untuk mengawasi dan menyediakan bank soal. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamenpan dan RB) Eko Prasodjo mengatakan, keterlibatan PTN dalam rekrutmen PNS sama halnya lembaga swadaya masyarakat (LSM), yakni untuk mengawasi pelaksanaan rekrutmen. Namun, keterlibatan PTN lebih luas lagi dan tidak semata sebagai lembaga pengawas independen,tetapi juga diminta untuk menyediakan bank soal ujian. Mengenai pelaksanaan ujiannya, jelas Eko,tetap menggunakan computer assisted test (CAT). Eko mengungkapkan, instalasi CAT diharapkan dapat dipasang di seluruh provinsi pada tahun ini.Ujian dengan CAT ini, ujarnya, akan dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kantor Regional BKN serta PTN di bawah koordinasi rektor secara langsung. “Sistem baru ini didesain untuk menghindari penyimpangan,” tegas Eko kepada SINDOkemarin.

…dst

2 ) Tahun Ini Ada Seleksi CPNS Baru
Khusus Guru, Tenaga Medis, dan Pekerjaan Mendesak
http://www.jpnn.com/read/2012/01/30/115696/Tahun-Ini-Ada-Seleksi-CPNS-Baru-

Senin, 30 Januari 2012 , 04:49:00
JAKARTA – Kemen PAN dan RB (Kementerian Pendayaguanaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) telah bekerjasama dengan konsorsium 10 PTN. Kerjasama ini digadang cikal bakal terbentuknya sistem rekrtumen CPNS baru bebas KKN. Selain itu juga menjadi tanda-tanda akan segera ada seleksi CPNS baru. Wakil Men-PAN dan RB Eko Prasojo di Jakarta, Minggu (29/1) menuturkan, memang tahun ini ada kesempatan bagi daerah untuk menjalankan seleksi CPNS baru. “Tetapi proses pengajuannya kebutuhan sangat ketat,” katanya. Namun khusus tahun ini pemerintah juga membatasi formasi CPNS baru. Guru besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas itu menjelaskan, untuk seleksi CPNS baru tahun ini hanya untuk posisi tenaga pendidik dan tenaga medis. Tenaga medis ini meliputi dokter umum, perawat, dan bidan.

…dst

3 ) 67 Ribu Honorer Belum Tentu Dapat Tempat
http://www.jpnn.com/read/2012/01/30/115704/67-Ribu-Honorer-Belum-Tentu-Dapat-Tempat-

Senin, 30 Januari 2012 , 06:16:00
JAKARTA – Pelaksanaan rekrutmen CPNS baru tahun ini bisa jadi membuat 67 ribu tenaga honorer kategori I ketar-ketir. Pasalnya, mereka segera diangkat jika RPP Pengangkatan Honorer yang kabarnya sudah ada di lingkungan istana diteken Presiden SBY. Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reforamasi Birokrasi (PAN-RB), Eko Prasodjo, mengatakan bahwa rekrutmen CPNS baru untuk formasi tertentu tidak termasuk dalam skenario pengangkatan honorer. “Ini berbeda. Formasi ini di luar rencana penerbitan PP untuk tenaga honorer,” ujarnya, Minggu (29/1). Guru besar FISIP Universitas Indonesia itu menegaskan, rekrutmen CPNS baru tahun ini dijalankan dengan skenario tambahan formasi. Dengan demikian, di luar dari formasi yang sudah diplot untuk diisi tenaga honorer kategori I.

…dst

4 ) Persiapan SNMPTN- Prodi Sepi Disiapkan Fasilitas Mudah
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464775/

Monday, 30 January 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan sejumlah fasilitas bagi program studi sepi peminat pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso mengatakan, salah satu program studi (prodi) yang sepi peminat adalah Fakultas Pertanian. Pemerintah, jelasnya, sudah menyiapkan berbagai antisipasi agar fakultas ini dapat menjaring banyak calon mahasiswa. Menurut dia, mahasiswa pertanian menjadi salah satu fokus pemerintah untuk meningkatkan jumlah lulusan. Hal itu mengingat pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia didominasi lulusan teknik, sains, dan pertanian. Namun, saat ini jumlah mahasiswa pertanian hanya 3% dari total mahasiswa yang ada, sehingga segala cara harus ditempuh agar pada 2015 nanti jumlah mahasiswa pertanian dapat meningkat 2 kali lipat.”Minat masuk pertanian memang masih rendah,padahal lulusannya dibutuhkan industri. Indonesia pun masih bergantung pada hasil dan produk pertanian,” tegas Djoko di Jakarta kemarin.

…dst

5 ) Nilai UN Sulit Jadi Tiket Masuk PTN
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464586/

Monday, 30 January 2012
SEMARANG– Rencana pemerintah menjadikan nilai ujian nasional (UN) SMA sederajat menjadi alat masuk ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN) dinilai sulit terlaksana. Sebab, ujian masuk ke PTN dan UN memiliki dasar berbeda. Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Sudharto P Hadi berpendapat UN memiliki sifat sebagai instrumen evaluasi untuk mengetahui keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Sementara ujian masuk di perguruan tinggi sifatnya adalah prediktif. “Oleh sebab itu, setiap calon mahasiswa yang mengikuti ujian masuk di sebuah perguruan tinggi memiliki sejumlah pilihan. Nah, dari ujian masuk perguruan tinggi itulah siswa dapat diprediksi kemampuannya mengarah ke jurusan tertentu,” jelasnya kemarin.

…dst

6 ) Ada 528 Kursi Jalur Undangan Untirta
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/30/01342582/Ada.528.Kursi.Jalur.Undangan.Untirta

Senin, 30 Januari 2012 | 01:34 WIB
SERANG, KOMPAS.com — Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, mulai 1 Februari 2012 membuka Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri 2012 (SNMPTN 2012) melalui jalur undangan dengan kuota 528 calon mahasiswa baru. Kepala UPT Humas Untirta Boyke Pribadi di Serang, Minggu, mengatakan, sehubungan dengan telah dimulainya proses SNMPTN 2012, Untirta mulai membuka SNMPTN untuk jalur undangan tanggal 1 Februari hingga 8 Maret 2012. “Kuota penerimaan mahasiswa baru di Untirta pada 2012 sebanyak 2.640 mahasiwa. Sebanyak 20 persen atau 528 kursi untuk jalur undangan,” kata Boyke, Minggu (29/1/2012).

…dst

7 ) Ujian Nasional
Mendikbud: Era “Nyontek” Sudah Selesai
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/29/20431556/Mendikbud.Era.Nyontek.Sudah.Selesai

Minggu, 29 Januari 2012 | 20:43 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan, era melakukan kecurangan saat ujian nasional sudah berakhir. Saat ini sudah saatnya membuka era baru, yaitu jujur dan berprestasi. “Soal lulus ujian itu gampang, lulus itu konsekuensi dari belajar, pasti bisa lulus. Belajar dengan rajin dan jujur. Yang penting sekarang tidak ada lagi siswa yang ngepek (mencontek) dan guru memberi contekan kepada siswa,” kata Mohammad Nuh, Minggu (29/1/2012), saat berkunjung ke sejumlah sekolah di Depok.

…dst

8 ) Perguruan Tinggi Harus Ramah Sosial
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/01/29/294787/293/14/Perguruan-Tinggi-Harus-Ramah-Sosial-

Minggu, 29 Januari 2012 18:55 WIB
JAKARTA–MICOM: Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh meminta kalangan perguruan tinggi menjaga keramahan sosial kepada generasi muda penerus bangsa khususnya kepada mahasiswa. Untuk itu, dunia pendidikan tinggi diimbau tidak serta merta memberhentikan peserta belajarnya hanya karena alasan ketidak mampuan ekonomi. “Saya minta kalangan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, bersikap ramah sosial. Tidak boleh para mahasiswa didrop-out karena miskin, mereka bisa di DO jika tidak mampu secara akademik atau melakukan pelanggaran akademik,” kata Mohammad Nuh, Minggu (29/1).

…dst

9 ) Magister Hukum Unissula Memperoleh Akreditasi A
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/01/30/175378/Magister-Hukum-Unissula-Memperoleh-Akreditasi-A

30 Januari 2012
SEMARANG – Magister Ilmu Hukum (MIH) Unissula memperoleh status terakreditasi A per 13 Januari 2012. Status istimewa dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) itu tidak diperoleh dengan mudah, karena persyaratan untuk mendapatkannya sangat ketat. Ketua Program Pascasarjana MIH Unissula Dr H Djauhar SH MHum mengatakan hal itu kepada wartawan, Minggu (29/1). Menurut dia, capaian itu secara autentik sangat kredibel dan secara otomatis program itu makin mendapat kepercayaan dari masyarakat, khususnya mereka yang akan meneruskan kuliah S-2 Ilmu Hukum. Terlebih saat ini ada institusi tertentu yang menganjurkan pegawainya menempuh pendidikan pascasarjana pada prodi sudah terakreditasi A.

…dst

10 ) ITB Beri Pencacah Sampah ke PD Kebersihan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464634/

Monday, 30 January 2012
BANDUNG –Himpunan Mahasiswa Mesin Institut Teknologi Bandung (HMM ITB) menyerahkan mesin pencacah sampah kepada Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung. Pembuatan mesin yang hanya berlangsung dua minggu itu dilatarbelakangi masalah sampah yang semakin mencuat dan harus segera ditemukan solusi untuk menanggulanginya. “Dengan adanya mesin buatan HMM ITB tentunya dapat meringankan beban PD Kebersihan, tentunya hal ini sangant kami apresiasi,” kata Dirut PD Kebersihan Cece H Iskandar di sela acara Charity Day. Rencananya, mesin tersebut akan di tempatkan dimana sumber sampah berada.

…dst

11 ) UMM Jadi Pusat Kajian Tarjih dan Fatwa
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/12/01/30/lyl38k-umm-jadi-pusat-kajian-tarjih-dan-fatwa

Senin, 30 Januari 2012 07:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MALANG – Kajian Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur di kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Ahad (29/1), berlangsung hangat. Tak kurang 200 peserta yang terdiri dari para ulama tarjih, tokoh muda Muhammadiyah, kader tarjih dan akademisi mengikuti acara sehari bertajuk “Asketisme Islam untuk Keteladanan Bangsa” ini. Ketua MTT, Dr Syamsuddin, MA, mengatakan nilai-nilai kezuhudan (asketisme) bisa menjadi pedoman bagi kader-kader Muhammadiyah. Pengejewantahan sikap zuhud itu dapat dilakukan dalam berbagai sisi kehidupan, termasuk dalam kepemimpinan nasional. “Seorang pemimpin harus menunjukkan sikap zuhud agar menjadi teladan bagi rakyatnya. Dalam kajian tarjih inilah kita akan merumuskan zuhud untuk membangun keteladanan pemimpin,” ujar Din.

…dst

12 ) Presiden akan resmikan Alquran raksasa
http://www.antaranews.com/berita/295023/presiden-akan-resmikan-alquran-raksasa

Senin, 30 Januari 2012 01:02 WIB
Palembang (ANTARA News) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam agenda kunjungan kerja di Palembang, Sumatera Selatan, Senin, selain membuka Konferensi Parlemen Negara Islam anggota OKI, juga akan meresmikan Alquran raksasa yang terbuat dari pahatan kayu. Presiden Yudhoyono dijadwalkan membuka “7th Session of The Conference of The Parliamentary Union of The Organization of Islamic Cooperation Member States” (Konferensi Parlemen Negara Islam anggota OKI/PUIC) pada Senin siang, dan malamnya bersamaan jamuan santap malam dengan peserta konferensi, sekaligus meresmikan Alquran Al Akbar di Hotel Novotel Palembang.

…dst

13 ) Pengamat : Indonesia pemain utama teknologi informasi
http://www.antaranews.com/berita/295001/pengamat–indonesia-pemain-utama-teknologi-informasi

Minggu, 29 Januari 2012 21:27 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Indonesia akan menjadi pemain utama di bidang teknologi informasi di dunia dalam waktu dekat, kata pengamat teknologi informasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Rudy Suryanto.”Saat ini Indonesia telah masuk 10 besar tujuan perusahaan teknologi informasi dunia menurut `IT Destination Survey`. Hal itu disebabkan oleh potensi pasar Indonesia yang luar biasa besar,” katanya di Yogyakarta, Minggu. Menurut dia, saat ini teknologi terus mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan tersebut misalnya semakin berkembangnya teknologi yang berbasis mobilitas. “Mungkin tidak lama lagi peran PC, laptop, dan netbook akan digeser oleh tablet PC dan smartphone. Untuk mempersiapkan lulusan yang menguasai kemampuan teknologi informasi yang semakin berkembang tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bekerja sama dengan National Institute of Information Technology (NIIT) India,” katanya.

…dst

14 ) UMY Adakan Kompetisi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/464587/

Monday, 30 January 2012
YOGYAKARTA– Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berencana mengadakan kompetisi kewirausahaan (entrepreneurship) tingkat SMA sederajat. Kompetisi di kampus setempat dijadwalkan berlangsung mulai 8 Juni–23 Juni 2012. Penanggung jawab acara Lela Hindasah mengatakan, selain mengaplikasikan ilmu kewirausahaan siswa di sekolah, kompetisi juga mendorong siswa menjadi entrepreneurship. Sehingga setelah lulus sekolah mereka diharapkan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, dan tidak hanya berorientasi bekerja di sektor formal. “Akan ada dua tahap penjurian dalam kompetisi kewirasuahaan ini, yakni seleksi dan presentasi proposal,” sebutnya. (priyo setyawan)

…dst

15 ) Kurikulum Pendidikan di Indonesia Terlalu Kompleks
http://www.pikiran-rakyat.com/node/174808

Minggu, 29/01/2012 – 18:21
BOGOR, (PRLM),- Kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia dinilai terlalu kompleks dibandingkan kurikulum yang diterapkan di beberapa negara maju sehingga beban siswa dalam belajar semakin berat. Hal itu pula yang menyebabkan banyak siswa di Indonesia merasa dipaksa untuk menguasai materi/ketrampilan yang sebenarnya tidak sesuai dengan bakat mereka. Hal tersebut terungkap dalam Studium General di Universitas Pakuan yang menghadirkan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, HE David L Taylor sebagai pembicara, akhir pekan lalu. Menurut Taylor, kurikulum pendidikan di Selandia Baru relatif ringan dan mudah diterapkan untuk siswa. “Kebanyakan menekankan pada skill atau ketrampilan dan kemampuan dalam menghadapi berbagai masalah yang ada dalam kehidupannya sekarang dan nanti,” kata Taylor.

…dst

16 ) Esemka Masih Antri Izin Uji Emisi
Jika Belum Lolos, KLH Siap Dampingi
http://www.jpnn.com/read/2012/01/30/115694/Esemka-Masih-Antri-Izin-Uji-Emisi-

Senin, 30 Januari 2012 , 04:24:00
JAKARTA – Rencana produksi massal mobil Esemka sampai saat ini masih terkendala uji emisi atau gas buang berstandar Euro 2. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sebagai instansi yang menetapkan aturan uji emisi tersebut, siap mengawal mobil Esemka sampai mendapatkan sertifikasi lolos uji emisi Euro 2. Pihak KLH sendiri melansir, sampai saat ini mobil Esemka masih antri untuk tes uji emisi Euro 2 di Balai Termodinamik, Motor, dan Propulsi (BTMP) BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi). Sekretaris KLH Hermien Roosita mengatakan, aturan tentang uji emisi ini sudah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Nomor 4 tahun 2009 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru.

…dst

17 ) Ujian Nasional
Tuhan Sedang Sibuk
http://edukasi.kompas.com/read/2012/01/29/22532397/Tuhan.Sedang.Sibuk

Minggu, 29 Januari 2012 | 22:53 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Fenomena irasionalitas dalam pendidikan semakin memprihatinkan. Fenoma ini tidak hanya ditemui di kalangan siswa atau guru, tetapi juga banyak ditemui dalam kebijakan pendidikan nasional. Persoalan irasionalitas yang merebak dalam pendidikan tersebut antara lain disorot dalam buku karya Ahmad Rizali, anggota Dewan Pembina Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang diluncurkan dalam rapat kerja nasional IGI. Buku kedua Ahmad Rizali berjudul “Catatan Waktu; Tuhan Sedang Sibuk” ini berisi kritik sosial dan pendidikan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

…dst

18 ) AS Tolak Produk Kelapa Sawit RI
Berdampak ke Ekspor Indonesia
http://cetak.kompas.com/read/2012/01/30/02230837/as.tolak.produk.kelapa.sawit.ri.

30 januari 2012
Indramayu, Kompas – Mulai 28 Januari, Amerika Serikat secara resmi menolak produk kelapa sawit dan turunannya dari Indonesia. Alasannya, kelapa sawit Indonesia dinilai sebagai produk yang tidak ramah lingkungan. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (28/1). “Notifikasinya sudah saya terima. Kita diberi waktu hingga 27 Februari untuk membantah. Kami minta pihak-pihak terkait untuk segera membantah,” katanya. Bayu mengatakan, keputusan Amerika Serikat (AS) tersebut diambil setelah mereka menerima pengaduan Badan Perlindungan Lingkungan (Environmental Protection Agency), otoritas setempat yang perhatian terhadap persoalan lingkungan hidup, yang mengeluarkan pemberitahuan ketersediaan data (notice of data availability). Menurut Bayu, pemerintah segera mencari dukungan dari negara lain yang juga mengonsumsi minyak kelapa sawit, seperti Finlandia. “Kementerian Pertanian juga sudah melakukan studi dengan pihak Uni Eropa terkait kontribusi emisi karbon dari kelapa sawit,” ujarnya. Bayu menambahkan, penolakan produk kelapa sawit di AS membuat daya saing kelapa sawit Indonesia melemah. Kelapa sawit Indonesia dapat dikenai pajak lebih tinggi.

…dst

19 ) Kuliner Indonesia memikat peserta WEF di Davos
http://www.antaranews.com/berita/294716/kuliner-indonesia-memikat-peserta-wef-di-davos

Jumat, 27 Januari 2012 14:17 WIB
Davos (ANTARA News) – Satai, nasi goreng, dan rendang memikat para pengunjung Indonesian Coco Night di sela penyelenggaraaan pertemuan World Economic Forum(WEF) di Hotel Seehof, Davos, Swiss, Kamis (26/1) malam waktu setempat. Lebih dari 300 orang peserta WEF menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan delegasi Pemerintah RI yang dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, dan Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan. Hidangan yang disajikan dipersiapkan oleh Vinder Tengker yang dibantu oleh empat koki dari Asocciation of Chef Indonesia. Mengiringi jamuan makan malam tersebut, dilantunkan lagu-lagu Nusantara oleh artis Ricky Johannes dan beberapa artis Indonesia lainnya. “Tujuan Coco Night ini untuk memperkenalkan kekayaan kuliner dan seni sebagai unsur soft power negeri kita untuk menarik perhatian dunia,” ujar Mari Pangestu.

…dst

20 ) Sekilas dalam Negeri
Anti Flu Burung
Yogya sediakan 200 ribu vaksin flu burung
Pemilu 2014
Pemilu 2014- Maksimal Diikuti 15 Parpol
PUIC
Lewat PUIC, Marzuki Alie Promosikan Indonesia
Korupsi di Kemenakertrans
Aktor Suap di Kemenakertrans Disebut 
Kasus Miranda
Usut Bank yang Diuntungkan Miranda
Miranda Goeltom Diminta Kembalikan Gaji
Kisruh PSSI
Polemik PSSI Makin Panas
Sekilas Luar Negeri’
Iran
Kepala inspektur nuklir PBB tiba di Iran
Ke Iran, Tim IAEA Periksa Program Nuklir
Iran Unjuk Kekuatan di Hari Revolusi
Minyak Iran Tembus USD150 per Barel
Parlemen Yunani Kutuk Larangan Impor Minyak Iran
Suriah
Suriah kutuk penghentian misi pemantau Liga