1 ) Universitas tolak jurnal, Mendikbud takkan beri sanksi
http://www.antaranews.com/berita/297849/universitas-tolak-jurnal-mendikbud-takkan-beri-sanksi

Sabtu, 18 Februari 2012 15:50 WIB
Lamongan (ANTARA News) – Mendikbud Mohammad Nuh tidak akan memberikan sanksi bagi universitas yang menolak surat edaran Ditjen Dikti tentang kewajiban publikasi artikel di jurnal ilmiah bagi sarjana (S-1, S-2, dan S-3), karena mereka umumnya belum paham.”Kalau ada (universitas) yang menolak (jurnal ilmiah) ya nggak apa-apa, kita tidak akan memberikan sanksi, tapi kita akan jelaskan dulu, karena mereka belum paham saja,” katanya di sela-sela seminar dalam rangka Kongres I Ikatan Sarjana NU (ISNU) di Unisda, Lamongan, Jatim, Sabtu. Menurut dia, surat edaran tentang kewajiban publikasi artikel di jurnal ilmiah itu sebenarnya bukan dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah karya ilmiah secara kuantitas dan mengabaikan kualitas, namun surat edaran itu lebih dimaksudkan pada pertanggungjawaban universitas pada masyarakat.

…dst

2 ) Jurnal Ilmiah Tak Hambat Kelulusan-Kemendikbud Siapkan Fasilitas Penunjang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/470470/

Saturday, 18 February 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjamin kewajiban membuat jurnal ilmiah tidak akan menghambat kelulusan mahasiswa strata satu, dua, dan tiga. Untuk memperlancar kewajiban itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menjelaskan, kementeriannya sedang mempersiapkan fasilitas bantuan bagi perguruan tinggi sehingga mudah mengaplikasi kan kebijakan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No 152/E/T/ 2012 tersebut. Diharapkan sebelum periode kelulusan Agustus 2012 seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta siap melaksanakan kebijakan ini. Mantan Menkominfo ini menjelaskan, dengan bantuan yang akan diberikan, seluruh jurusan dapat menerbitkan jurnal ilmiah. “Kami akan bantu perguruan tinggi untuk membuat jurnal tersebut,”kata Nuh di Gedung Kemendikbud, Jakarta, kemarin.

…dst

3 ) Mendikbud : Tolak Jurnal, Universitas Ga Paham
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/18/lzkwpv-mendikbud-tolak-jurnal-universitas-ga-paham

Sabtu, 18 Pebruari 2012 14:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN – Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan dirinya tidak akan mempersoalkan universitas yang menolak surat edaran Ditjen Dikti tentang kewajiban publikasi artikel di jurnal ilmiah bagi sarjana strata-1, 2, dan 3, karena mereka tidak paham tujuannya. “Kalau ada (universitas) yang menolak (jurnal ilmiah) ya nggak apa-apa, kita tidak akan memberikan sanksi, tapi kita akan jelaskan dulu, karena bisa jadi mereka belum paham, sehingga menolak,” katanya di sela-sela seminar dalam rangka Kongres I Ikatan Sarjana NU (ISNU) di Unisda Lamongan, Sabtu (18/2).

…dst

4 ) Hartadinata, “Saya tidak Pintar, Hanya Punya Motivasi Tinggi”
http://www.pikiran-rakyat.com/node/177426

Sabtu, 18/02/2012 – 07:08
PRLM – “I love Indonesia, I still love Indonesia,”. Itulah kata-kata yang dikeluarkan Hartadinata Harianto (17) ketika ditanya mengenai kesannya terhadap tanah airnya ini. Harta, begitu dia biasa disapa menjadi warga negara Indonesia yang berhasil mengukir prestasi gemilang dan mampu menaklukkan negeri paman Sam Amerika Serikat. Pria kelahiran Sidney 21 April 1994 ini dinobatkan menjadi WNI peraih IPK sempurna yakni 4.0 di Bard High School Early College (BHSEC). Sekolah terkemuka di New York Amerika Serikat yang merupakan sekolah favorit dan menerapkan sistem akselerasi atau percepatan. Untuk masuk ke sekolah yang didanai oleh Bill Gates inipun tidak mudah, karena Harta harus melewati seabreg persyaratan ketat dan bersaing dengan ribuan peserta yang berlomba-lomba untuk masuk ke sekolah ini. “Di sekolah saya yang sekarang ini, saya berhasil mengalahkan 1.000 siswa lain. Prestasi ini hanya milik tiga siswa dalam satu angkatan. Dua lainnya merupakan warga Amerika Serikat, dan saya satu-satunya orang Asia yang mendapatkan kehormatan ini,” kata Harta yang ditemui di sela-sela “Friday Sharing With Hartadinata” di Aula Institut Manajemen Telkom Jln. Telekomunikasi Terusan Buah Batu Bandung, Jumat (17/2/12).

…dst

5 ) Hartadinata Harianto, IPK Tertinggi di AS (1)-Belajar 24 Jam Menjelang Ujian, Sisihkan 1.000 Siswa
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/470409/

Saturday, 18 February 2012
Fantastis. Kata itu sangat pantas dialamatkan kepada Hartadinata Harianto.Tidak diragukan lagi,pria berusia 17 tahun ini telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional, khususnya dalam bidang pendidikan.Pada usianya yang masih muda,laki-laki yang akrab disapa Harta ini berhasil meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) 4,0 di Bard High School Early College (BHSEC), sekolah favorit di AS yang dana operasionalnya dibantu Bill and Melinda Gates Foundation ini. Kecerdasan Harta sebenarnya sudah terlihat sejak duduk di sekolah dasar. Pada tahun 2006,dia berhasil merebut penghargaan Math Academic Excellence. Saat itu usianya 11 tahun. “Sejak kelas 5 SD saya tak tertarik lagi main game.”

…dst

6 ) UI akan buka sarjana terapan fisioterapi
http://www.antaranews.com/berita/297737/ui-akan-buka-sarjana-terapan-fisioterapi

Jumat, 17 Februari 2012 15:42 WIB
Depok (ANTARA News) – Universitas Indonesia tahun depan akan membuka program S1 terapan untuk bidang fisioterapi, okupasi terapi, perbankan, dan perpajakan.”Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, Universitas Indonesia menargetkan akan memiliki program S3 terapan,” kata Kepala Kantor Sekretariat Pimpinan Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati di Depok, Jumat. Ia mengatakan, untuk itu para peserta didik dari Sekolah Kejuruan Menengah, akan memiliki jenjang pendidikan yang terarah melalui program vokasi di universitas, yang juga menyediakan program S1 terapan, lalu S2 terapan, hingga S3 terapan. “Dengan adanya program vokasi terintegrasi dan berjenjang ini, diharapkan, setiap anak Indonesia, dapat memfokuskan diri akan potensi dan keunikan yang dimiliki oleh setiap anak,” ujarnya.

…dst

7 ) Lulusan UI Lebih Banyak Perempuan
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/18/10482051/Lulusan.UI.Lebih.Banyak.Perempuan

Sabtu, 18 Februari 2012 | 10:48 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) meluluskan perempuan lebih banyak dibandingkan pria sebagai lulusan program profesi, spesialis, magister, dan doktor pada tahun 2012. Perempuan juga mendominasi perolehan hasil studi dengan predikat cumlaude lebih banyak daripada pria.”Itu kemungkinan besar karena pria sedang menyimpan tenaga untuk karir masa depannyan,” ujar Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Depok, Sabtu (18/2/2012), saat menyampaikan pidato Wisuda Program Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor Tahun Ajaran 2011-2012.

…dst

8 ) Universitas Tanjungpura siapkan jenjang pendidikan S3
http://www.antaranews.com/berita/297876/universitas-tanjungpura-siapkan-jenjang-pendidikan-s3

Sabtu, 18 Februari 2012 21:12 WIB
Pontianak, Kalimantan Barat (ANTARA News) – Universitas Tanjungpura di Pontianak tengah menyiapkan sejumlah fakultas untuk membuka jenjang pendidikan tingkat strata 3 atau tingkat doktoral. “Sekarang masih diurus izinnya,” ungkap Pembantu Rektor 1 Universitas Tanjungpura Pontianak, Abubakar Alwi,” saat dihubungi di Pontianak, Sabtu. Menurut dia, salah satu fakultas yang nantinya akan mempunyai program pendidikan S3 tersebut yakni Ilmu Sosial dan Politik. “Ada juga beberapa fakultas lain yang akan membuka program S3,” kata dia. Selain S3, Universitas Tanjungpura juga tengah mengajukan permohonan pembukaan sejumlah program pascasarjana baru. “Yang diperkirakan mulai membuka pendaftaran tahun ini Magister Kimia,” kata Abubakar Alwi.

…dst

9 ) Wamendikbud : Indonesia jangan hanya cetak “tukang” teknologi
http://www.antaranews.com/berita/297777/wamendikbud–indonesia-jangan-hanya-cetak-tukang-teknologi

Jumat, 17 Februari 2012 20:52 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Strategi kebudayaan di Indonesia ke depan bukan hanya mencetak masyarakat menjadi “tukang-tukang” teknologi, tetapi juga harus mampu menjadi penemu, kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti. “Dengan kata lain, mampu mendidik masyarakat untuk berpikir, berkata, dan bertindak yang benar. Dengan demikian, masyarakat Indonesia mampu mengkolaborasikan antara produk budaya dengan teknologi yang disesuaikan dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri,” katanya di Yogyakarta, Jumat. Menurut dia dalam pidato Dies Natalis Ke-66 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), kegagalan dalam pembangunan teknologi adalah ketika masyarakat cenderung berpikir bahwa teknologi harus selalu diambil dari luar lingkungan mereka.

…dst

10 ) Asian english olympics 2012 Binus diikuti 4 negara ASEAN
http://www.antaranews.com/berita/297848/asian-english-olympics-2012-binus-diikuti-4-negara-asean

Sabtu, 18 Februari 2012 15:50 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Bina Nusantara English Club (BNEC) menyelenggarakan kompetisi Asian English olympics (AEO) 2012 yang berskala internasional, dan diikuti oleh 475 peserta dari 94 institusi yang berasal dari empat negara di Asia Tenggara. AEO 2012 merupakan kompetisi bahasa Inggris yang mengusung tema “Inspiring Asia” bertujuan tak hanya untuk menajamkan kemampuan berbahasa Inggris para pesertanya tetapi juga diharapkan bisa memberikan inspirasi pada orang yang ada disekitar mereka melalui ajang itu. AEO 2012 diikuti oleh para peserta yang berasal dari negara seperti Malaysia,Filipina, Singapura dan Indonesia yang kompetisinya dibagi dalam enam kategori yaitu Debate,Scrabble,Story Telling,News Casting,Speech dan Short movie making.

…dst

11 ) ISI-Malaysia-Thailand Tukar Menukar Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/17/lziqwt-isimalaysiathailand-tukar-menukar-mahasiswa

Jumat, 17 Pebruari 2012 10:55 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR – Lima mahasiswa Insitut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dikirim ke Malaysia dan Thailand untuk mengikuti program pertukaran pelajar ‘Language and Culture’. “Dari lima orang itu, dua ke Malaysia dan tiga mengikuti program kerja sama Malaysia-Indonesia-Thailand (MIT),” kata Rektor ISI Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai, di Denpasar, Jumat (17/2). Menurut dia, belajar ke luar negeri selama dua semester itu merupakan program kerja sama perguruan tinggi seni ‘Student Mobility MIT’ di bawah tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kelima mahasiswa lembaga pendidikan tinggi seni sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi kegiatan bertaraf internasional dari ratusan calon peserta.

…dst

12 ) 6 Mahasiswa Unsrat Simulasi Sidang PBB di Harvard University
http://www.jpnn.com/read/2012/02/18/117763/6-Mahasiswa-Unsrat-Simulasi-Sidang-PBB-di-Harvard-University-

Sabtu, 18 Februari 2012 , 12:43:00
MANADO – Enam mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, bertarung di ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2012 di Harvard University, Boston, Massachussets, US. Kegiatan tersebut dilaksanakan 16 hingga 19 Februari 2012, dan diikuti oleh lebih dari 40 negara. Dalam penyelenggaraannya, setiap universitas akan mewakili negara tertentu dan turut serta dalam simulasi sidang PBB guna membahas berbagai isu internasional. Mereka pun akan berkompetisi dalam mengemukakan pendapat dan pandangannya terhadap isu global.

…dst

13 ) Indonesia dominasi Olimpiade Bahasa Inggris se-Asia
http://www.antaranews.com/berita/297792/indonesia-dominasi-olimpiade-bahasa-inggris-se-asia

Jumat, 17 Februari 2012 22:25 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Pelajar Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa Indonesia mendominasi kemenangan di Olimpiade Bahasa Inggris Se-Asia atau Asian English Olympics (AEO) yang diadakan oleh Bina Nusantara English Club (BNEC) di Universitas Bina Nusantara Jakarta, Jumat.Olimpiade Bahasa Inggris Se-Asia tersebut digelar dengan tema “Inspiring Asia”, dengan memperlombakan enam kategori yaitu; debat, permainan scrabble, bercerita, membaca berita, berpidato, dan pembuatan film pendek. Untuk juara debat, dimenangi oleh kelompok NUSA, permainan scrabble dimenangi oleh Christian Oktavius dari Universitas Bina Nusantara.

…dst

14 ) Kompensasi Pensiun Dini PNS Lebih Rp100 Juta
Kenaikan Gaji Bukan Insentif Kinerja
http://www.jpnn.com/read/2012/02/18/117727/Kompensasi-Pensiun-Dini-PNS-Lebih-Rp100-Juta-

Sabtu, 18 Februari 2012 , 07:19:00
JAKARTA – Jangan terlalu berharap Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal lebih meningkatkan kinerja setelah kenaikan gaji. Sebab kenaikan gaji pokok 10 persen memang tidak ditujukan untuk meningkatkan produktivitas kinerja pegawai. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan kenaikan gaji PNS bersifat umum. “Itu umum saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Bukan seperti tunjangan kinerja,” kata Azwar kepada Jawa Pos kemarin.Untuk memacu peningkatan kinerja, lanjut dia, lebih banyak menggunakan tunjangan kinerja. “Itu didasarkan pada reformasi birokrasi yang dijalankan di kementrian atau lembaga masing-masing,” kata Azwar.Dia menambahkan, salah satu pertimbangan kenaikan gaji PNS adalah untuk menyesuaikan inflasi dan kebutuhan hidup. “Inflasi itu salah satunya,” kata Azwar.

…dst

15 ) Maret, PNS Terima Rapelan Gaji Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/02/16/117611/Maret,-PNS-Terima-Rapelan-Gaji-Baru-

Kamis, 16 Februari 2012 , 21:01:00
JAKARTA–Program reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan mulai terasa dampaknya terutama bagi para PNS. Kalau tahun-tahun sebelumnya, PNS menerima gaji baru plus rapelan di April, namun tahun ini PNS akan menerima gaji plus rapel satu bulan lebih cepat yakni di bulan Maret. “Pembayaran kenaikan gaji PNS tahun 2012 sebesar 10 persen akan dibayarkan secara rapel pada Maret mendatang,” ungkap Sekretaris Jendral Kementerian Keuangan Kiagus Ahmad Badaruddin kepada pers di Jakarta, Kamis (16/2). Saat ini, lanjutnya, Kementerian Keuangan sedang memproses pengiriman surat edaran ke kantor perbendaharaan pemerintah terkait penyesuaian gaji sesuai Peraturan Pemerintah. “Pembayaran akan dilakukan tidak lama setelah pembayaran gaji bulan berjalan. Jadi kalau sempat bulan Maret, akan dibayarkan untuk gaji Maret dan dua bulan kemarin akan diberikan rapel,” jelasnya.

…dst

16 ) Ilmuwan Belanda Temukan Cara Mengubah Tanaman Jadi Plastik
http://www.pikiran-rakyat.com/node/177401

Jumat, 17/02/2012 – 23:46
LONDON, (PRLM).- Sejumlah ilmuwan asal Belanda menemukan cara untuk mengubah tanaman menjadi plastik dengan menggunakan proses nanoteknologi. Proses nanoteknologi merupakan salah satu alternatif dalam produksi berbasis minyak. Tim dari Universitas Utrecht itu bekerja sama dengan Dow Chemical Co mengembangkan katalis besi jenis baru yang dibuat dari nanopartikel. Dow Chemical adalah perusahaan yang memproduksi etilen dan propilen atau bahan dasar pembuat CD, tas belanja dan karpet. Namun bioplastik itu yang dibuat dari tanaman seperti jagung dan gula hanya sebatas bisa digunakan bukan sebagai pengganti dalam produksi berbasis minyak.

…dst

17 ) Indonesia Masuk Daftar Pengawasan AS
http://cetak.kompas.com/read/2012/02/18/02435821/indonesia.masuk.daftar.pengawasan.as

Sabtu, 18 Februari 2012
Jakarta, Kompas – Sejak tahun 2000 hingga kini, Indonesia masih masuk daftar negara yang paling diawasi alias Priority Watch List karena tingginya pelanggaran hak cipta. Predikat itu diberikan Kantor Perdagangan Amerika Serikat. Peluang ekspor produk Indonesia ke “Negeri Paman Sam” akan makin kecil dengan pemberlakuan ketentuan baru, yaitu rencana pencabutan tarif khusus barang dari negara berkembang dan undang-undang pelarangan masuknya barang yang dibuat dengan peranti lunak ilegal. Hal ini dipaparkan Sekretaris Jenderal Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan Justisiari Perdana Kusumah dalam jumpa pers “Sosialisasi dan Edukasi tentang Penghargaan dan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, Khususnya Hak Cipta Software Komputer”, Kamis (16/2), di Jakarta. Status Indonesia sebagai negara yang paling diawasi dalam kurun waktu 11 tahun ini, ujar Justisiari, hanya turun satu peringkat pada tahun 2006, yaitu di Watch List.

…dst

18 ) Indonesia Peringkat 7 Dunia Pengguna Software Ilegal
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/02/17/lzhwkb-indonesia-peringkat-7-dunia-pengguna-software-ilegal

Jumat, 17 Pebruari 2012 00:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA (ANTARA) – Indonesia menempati rangking ke-7 dari 32 negara di dunia sebagai negara dengan pengguna software ilegal terbesar. Pemeringkatan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan the Business Software Alliance (BSA) dan Ipsos Public Affairs tahun 2010. “Penelitian tersebut berdasarkan perilaku pengguna software dan kelemahan dalam penegakan hukum terhadap orang yang menggunakan software bajakan,” ujar Sekretaris Umum dari Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan (MIAP), Justisiari P Kusumah, Kamis (16/2). Justisiari, yang juga pengacara BSA Indonesia, mengatakan BSA melakukan survei terhadap 400-500 responden di 32 negara.Hasilnya, 74 persen pengguna komputer pribadi (personal computer) di seluruh dunia menggunakan software ilegal.

…dst