1 ) ITS Bangun Pusat Riset Bertenaga Surya
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/25/10061978/ITS.Bangun.Pusat.Riset.Bertenaga.Surya

Sabtu, 25 Februari 2012 | 10:06 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berencana membangun gedung “research center” (pusat riset/penelitian) dengan konstruksi “green house” yang memanfaatkan tenaga surya.”Pembangunan gedung pusat riset itu kita mulai tahun ini dengan menggunakan ‘solar cell’ sebagai konsep konstruksinya,” kata Rektor ITS Surabaya Prof Ir Triyogi Yuwono DEA di Surabaya, Sabtu (25/2/2012). Ia menjelaskan gedung yang dirancang 10 lantai itu akan didirikan di depan Gedung Pascasarjana ITS dengan “menelan” anggaran sekitar Rp 150 miliar. “Untuk lantai pertama akan dipakai menghimpun karya mahasiswa dan dosen ITS. Jadi, lantai pertama itu mirip galeri karya yang menghimpun mobil bertenaga surya (WW), mobil sapu angin, kapal, robot, dan karya lainnya,” paparnya. Selain itu, katanya, di dalam gedung “research center” itu nantinya akan terdapat sejumlah laboratorium dan pusat studi yang tergabung dalam tujuh “Pusat Studi Riset Unggulan ITS” yang selaras dengan tujuan ITS menjadi universitas riset pada 2017.

…dst

2 ) Tiga Unit Utama Jadi Proyek Percontohan Wilayah Bebas Korupsi
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/249

02/25/2012
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menentukan tiga unit utama sebagai tempat proyek percontohan (pilot project) wilayah bebas korupsi. Ketiga unit utama tersebut adalah Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Wilayah bebas korupsi adalah tahap lanjutan dari langkah kementerian atau lembaga negara dalam menjalankan kebijakan antikorupsi, setelah tahap zona integritas. Penyebutan tiga unit utama ini sebagai tempat proyek percontohan wilayah bebas korupsi dilakukan pada jumpa pers 23 Februari lalu. Sekretariat Jenderal dipilih karena semua pengadaan barang dan jasa ada dalam kewenangan unit utama ini. Adapun Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi adalah unit utama yang mendapat anggaran paling besar dibandingkan dengan unit utama lainnya di lingkungan Kemdikbud. Sedangkan Inspektorat Jenderal merupakan unit utama yang melakukan fungsi pengawasan internal.

…dst

3 ) Riset harus Bernilai Ekonomis
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/26/301199/293/14/Riset-harus-Bernilai-Ekonomis-

Minggu, 26 Februari 2012 07:59 WIB
MATARAM–MICOM: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta meminta peneliti mengubah paradigma dalam menghasilkan riset, yakni dari riset sekadarnya menjadi riset yang bernilai ekonomis. Menristek mengemukakan hal itu saat menyampaikan orasi pada wisuda sarjana Universitas Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (25/2) yang dihadiri lebih dari 1.000 wisudawan. “Peneliti biasanya tertarik sendiri pada suatu hal, lalu menelitinya sendiri, kemudian menikmatinya sendiri, padahal seharusnya hasil penelitiannya bisa dinikmati masyarakat secara ekonomis juga,” kata Gusti.

…dst

4 ) Menristek : Perguruan Tinggi Harus Instrospeksi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/26/lzz98q-menristek-perguruan-tinggi-harus-instrospeksi

Minggu, 26 Pebruari 2012 08:53 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta meminta perguruan tinggi melakukan instrospeksi diri.Mengapa selama ini bekal yang diberikannya kepada para sarjana lulusannya tidak diterima pasar. Menristek mengemukakan hal itu saat menyampaikan orasi pada wisuda sarjana Universitas Mataram di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (25/2), yang dihadiri lebih dari 1.000 wisudawan. “Peneliti biasanya tertarik sendiri pada suatu hal, lalu menelitinya sendiri, kemudian menikmatinya sendiri, padahal seharusnya hasil penelitiannya bisa dinikmati masyarakat secara ekonomis juga,” kata Gusti.

…dst

5 ) Ada Beasiswa dalam “Double Degree” IPB-Universitas Adelaide
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/26/10490765/Ada.Beasiswa.dalam.Double.Degree.IPB-Universitas.Adelaide

Minggu, 26 Februari 2012 | 10:49 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Kerja sama program “double degree” kerja sama Institut Pertanian Bogor dan Universitas Adelaide, Australia menyediakan alokasi beasiswa dari kedua negara. Program ini sendiri belum lama diluncurkan. Ketua Program Pascasarjana Ekonomi IPB Dr Nunung Nuryartono mengatakan, sejumlah pihak telah menyatakan bersedia menjadi pemberi beasiswa. “Para sponsor yang telah bersedia memberikan beasiswa di antaranya World Bank, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, AusAID melalui Australian Development Scholarships (ADS) dan sebagainya,” kata Nunung, di Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/2/2012). Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) program itu telah ditandatangani antara Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Adelaide Prof Christoper Findlay dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB Prof Anas Miftah Fauzi, disaksikan Dekan Sekolah Pascasarjana IPB Dr Dahrul Syah, Dr Nunung Nuryartono dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB Dr Dedi Budiman Hakim.

…dst

6 ) Hipmi Siapkan Beasiswa Hingga US$ 100.000 per Orang
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2012/02/25/110600/Hipmi-Siapkan-Beasiswa-Hingga-US-100.000-per-Orang

25 Februari 2012 | 16:08 wib
SOLO, suaramerdeka.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyusun sejumlah program untuk meningkatkan jumlah pengusaha di Indonesia. Salah satunya dengan menggandeng perguruan tinggi dalam menyalurkan beasiswa.”Kami menyiapkan beasiswa hingga 100.000 dollar AS per orang. Ini merupakan bantuan yang kami dapat dengan menggandeng USAID,” ucap Ketua Umum Hipmi Raja Sapta Oktohari di hadapan ratusan peserta seminar “Mengubah Ekonomi Kerakyatan Menuju Indonesia Sejahtera” di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (25/2). Dia menjelaskan, program tersebut dimulai sejak tahun ini yang dideklarasikan pada saat pelantikannya sebagai ketua baru beberapa waktu silam dengan disaksikan sejumlah menteri. Setidaknya, sudah ada sekitar 10 yayasan dan kedutaan besar yang digandeng sebagai sumber pendanaan.

…dst

7 ) Kemendikbud Terus Galakkan Program Beasiswa Unggulan
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/25/301163/293/14/Kemendikbud-Terus-Galakkan-Program-Beasiswa-Unggulan

Sabtu, 25 Februari 2012 23:39 WIB
JAKARTA–MICOM: Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti terus mengenalkan program beasiswa unggulan yang diselenggarakan Kemendikbud Pembantu Ketua STP Trisakti Fetty A mengatakan sejak 2006 pihaknya telah mendapat program beasiswa unggulan Kemendikbud yang memberi banyak manfaat bagi mahasiswa lulusannya. “Para penerima beasiswa STP Trisakti kini telah banyak berkiprah di masyarakat ,” kata Fetty pada pameran pendidikan EduSmart di Jakarta, Sabtu,(25/2). Sejak 2006 hingga tahun lalu STP Trisakti telah memberikan beasiswa bagi 335 mahasiswa tingkat D4 dan 61 orang tingkat S2. Untuk 2012, kata Fetty, STP Trisakti berharap mendapat 100 beasiswa bagi mahasiswa dari program beasiswa unggulan yang dikelola Biro Perencanaan dan Kerjasama. Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemendikbud tersebut.

…dst

8 ) Kenali Beasiswa di Negeri Singa
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/24/368/581949/kenali-beasiswa-di-negeri-singa

Sabtu, 25 Februari 2012 11:00 wib
BEASISWA untuk pendidikan di luar negeri memang menjadi incaran banyak orang. Namun, sudahkah kamu mengetahui sejumlah program beasiswa yang ditawarkan oleh negara tujuan tersebut? Kali ini, kita akan berkenalan lebih dalam mengenai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Singapura. Salah satu program beasiswa dari pemerintah Singapura untuk pelajar asing adalah The Asean Scholarship. Sesuai namanya, beasiswa ini diperuntukan bagi kawula muda di kawasan Asean untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Para pelajar di bangku SMA merupakan sasaran utama beasiswa ini. Sebab, mereka mendapatkan kesempatan untuk meneruskan pendidikan di sekolah-sekolah lanjutan di Negeri Singa itu.

…dst

9 ) Petronas, Salah Satu Beasiswa di Negeri Jiran
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/24/368/581958/petronas-salah-satu-beasiswa-di-negeri-jiran

Sabtu, 25 Februari 2012 13:07 wib
KAMU berkeinginan melanjutkan pendidikan tinggi ke Malaysia melalui program beasiswa? Beasiswa Petronas dapat menjadi salah satu alternatif pilihan.Apa itu beasiswa Petronas? Beasiswa ini merupakan program dari salah satu perguruan tinggi di Negeri Jiran tersebut, yakni Universiti Teknologi Petronas. Beasiswa penuh ini hanya ditawarkan untuk dua jurusan, yakni Engineering dan Technology.Untuk jurusan Engineering, kamu dapat memilih satu dari lima program studi (prodi) yang ditawarkan, yaitu Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Perminyakan, dan Teknik Mesin. Sementara jurusan Technology hanya terdiri dari dua prodi pilihan, yakni Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Sistem Informasi Bisnis.

…dst

10 ) Mahasiswa UMY raih beasiswa belajar di China
http://www.antaranews.com/berita/298813/mahasiswa-umy-raih-beasiswa-belajar-di-china

Sabtu, 25 Februari 2012 14:42 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Tiga mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta meraih beasiswa program belajar di Sias International University, Xinzheng City, Henan, China.”Mereka akan mengikuti program belajar bahasa, budaya, dan sejarah China. Mereka akan mengikuti perkuliahan bersama puluhan mahasiswa internasional dari berbagai negara,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Tony K Hariadi di Yogyakarta, Sabtu.Menurut dia, ketiga mahasiswa itu adalah Ahmad Rifky Setya Anugrah, Arina Fikriya, dan Adya Satya Puspita. Ahmad dan Arina akan mengikuti program satu tahun, sedangkan Adya selama enam bulan.

…dst

11 ) Universitas Borneo Sepi Peminat
http://www.jpnn.com/read/2012/02/26/118606/Universitas-Borneo-Sepi-Peminat-

Minggu, 26 Februari 2012 , 08:45:00
TARAKAN – Sejak dibukanya pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru pada jalur undangan mulai 1 Februari, jumlah pendaftar hingga, Sabtu (25/2) sebanyak 67 orang. Dari jumlah tersebut, 27 orang di antaranya telah mendaftar melalui program bidik misi. Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Borneo Tarakan, Profesor H.M. Bahri Arifin kepada Radar Tarakan (JPNN Group) menyampaikan, pada jalur undangan tahun ini Universitas Borneo Tarakan akan menampung sebanyak 204 mahasiswa baru. Alokasinya sebanyak 20 persen dari seluruh jumlah mahasiswa baru yang diterima universitas yang sudah setahun menjadi negeri ini yaitu sebanyak 1.160 orang untuk 15 bidang studi. “Sedangkan 50 persennya diperuntukkan pendaftaran melalui jalur ujian tulis. Sisanya sebanyak 30 persen untuk pendaftaran pola mandiri,” kata Bahri Arifin.

…dst

12 ) Beban Berat Singgulung Batu’ Civitas Academica Kita
http://www.harianhaluan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=12853%3Abeban-berat-singgulung-batu-civitas-academica-kita&catid=11%3Aopini&Itemid=83

Selasa, 21 Februari 2012 03:00
Jika seorang kandidat S1 berhasil menerbitkan sebuah artikel ilmiah (bukan artikel yang diilmiah-ilmiahkan), itu tentu sebuah prestasi yang luar biasa. Untuk kesuk­sesannya itu, mungkin tanpa skripsi pun si mahasiswa sudah boleh diluluskan. Na­mun, jika sampai me­wajibkan seorang maha­siswa menulis artikel ilmiah (sekali lagi, bukan yang diilmiah-ilmi­ahkan) sebagai syarat ke­lulusannya, selain harus menulis skripsi, itu adalah suatu kebijakan yang harus dikaji ulang, kalau kita tidak ingin memperpanjang daftar mahasiswa drop out dan me­nam­bah stres mahasiswa Indonesia pada umumnya. Di negara-negara maju, dengan tingkat kualitas pendidikan yang sudah jauh lebih maju daripada di Indonesia, tak ada kewajiban bagi seorang ma­hasiswa yang berada di jen­jang BA dan MA untuk me­nerbitkan artikel ilmiah seba­gai syarat kelulusan.

…dst

13 ) Keterampilan Jurnalistik Kurangi Tren Pragmatisme Mahasiswa
http://www.republika.co.id/berita/regional/jawa-tengah-diy/12/02/25/lzy8q6-keterampilan-jurnalistik-kurangi-tren-pragmatisme-mahasiswa

Sabtu, 25 Pebruari 2012 21:00 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Keterampilan jurnalistik dapat membantu mahasiswa memperoleh pekerjaan setelah lulus kuliah. Demikian dikatakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Achmad Nurmandi. “Namun, banyak mahasiswa yang tidak menyadari hal itu,” ujarnya pada pelatihan jurnalistik bertajuk “Organisasi Mahasiswa di Era Keterbukaan Informasi” di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (25/2). Padahal, kata dia, banyak lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (Fisipol) UMY yang berkecimpung di dunia jurnalistik, baik media cetak maupun elektronik. Apalagi, pers kini memiliki peran penting dalam keterbukaan informasi.

…dst

14 ) Uji Kompetensi Awal Guru Dinilai Diskriminatif
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/25/16334118/Uji.Kompetensi.Awal.Guru.Dinilai.Diskriminatif

Sabtu, 25 Februari 2012 | 16:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Pelaksanaan uji kompetensi awal (UKA) untuk calon guru yang bakal masuk dalam kuota sertifikasi guru tahun 2012, dinilai menimbulkan diskriminasi, khususnya terhadap guru SD. Iwan Hermawan, Sekretaris Jenderal Federasi Guru Independen Indonesia (FGII), Sabtu (25/2/2012), mengatakan, dalam pelaksanaan UKA guru SD, rata-rata yang ikut telah memiliki masa kerja 20 tahun. “Mereka harus bersaing dengan guru yg masa kerjanya 10 tahun ke bawah. Sementara teman-temannya pada tahun lalu cukup ikut pendidikan dan pelatihan profesi guru/PLPG,” kata Iwan.

…dst

15 ) Guru Kemenag Iri dengan Guru Kemendikbud
Kalah Cepat Urusan Sertifikasi
http://www.jpnn.com/read/2012/02/26/118602/Guru-Kemenag-Iri-dengan-Guru-Kemendikbud-

Minggu, 26 Februari 2012 , 07:46:00
JAKARTA – Uji Kompetensi Awal (UKA) berjalan serentak di 33 provinsi, Sabtu (25/2). Dalam pelaksanaannya, ujian ini tidak “sehoror” yang ramai diberitakan menjelang pelaksanaannya. Di sejumlah lokasi yang dikunjungi Menteri Pendidikan Nasional (Mendikbud) Mohammad Nuh, peserta UKA terlihat santai meski ada sebagian yang merasa cemas. Dalam gelaran UKA, Nuh mengunjungi tiga lokasi ujian di kawasan Kota Tangerang, Banten. Dia memantau mulai sebelum ujian hingga pemusnahan naskah soal ujian. Di tengah riuhnya pelaksanaan UKA kemarin, terdapat persoalan baru. Sejumlah guru-guru di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) merasa iri. Para guru ini beranggapan, pelaksanaan UKA ini merupakan salah satu wujud dari kepastian proses sertifikasi guru. Mereka mengaku iri karena hingga sekarang di lingkungan Kemenag sama sekali belum berhembus kabar program sertifikasi guru musim 2012.

…dst

16 ) Tak Ada Diskriminasi Guru Agama Dalam Uji Kompetensi
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/02/26/lzyu9f-tak-ada-diskriminasi-guru-agama-dalam-uji-kompetensi

Minggu, 26 Pebruari 2012 03:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), M Nuh menjamin pelaksanaan Uji Kompetensi Awal (UKA) tidak akan ada diskriminasi bagi guru agama. Meski tenaga pendidik ini diangkat oleh Kementrian Agama, dalam uji kompetensi pra sertifikasi tetap mendapat hak yang sama. “Proses dan pelaksanaannya boleh berbeda, tetapi untuk standar yang disyaratkan dalam UKA ini tetap harus sama,” ungkapnya usai mengunjungi pelaksanaan UKA di sejumlah sekolah penyelenggara, di wilayah Provinsi Banten, Sabtu (25/2). Dengan demikian, lanjut Mendikbud, standar yang dihasilkan dari uji pra sertifkasi guru ini tetap sama. Tak ada sedikitpun perbedaan antara guru umum dengan mereka yang tercatat sebagai guru agama.

…dst

17 ) Kemdikbud Akan Rekrut Guru Secara Khusus
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/250

02/25/2012
Bandung — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan, pihaknya akan mulai merekrut guru secara khusus. Ke depan, tidak semua mahasiswa yang masuk lembaga pendidikan tinggi keguruan (LPTK) seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dapat menjadi guru. “Kami ingin menyiapkan guru secara khusus. Demikian juga profesi kan melekat dalam sistem pendidikan,” katanya pada Rapat Koordinasi Terpadu Penjaminan Mutu Pendidikan Pemerintah Kabupaten Kota Se-Jawa Barat di LPMP Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (22/02). Setelah diterima di LPTK, para mahasiswa dites lagi. Bagi yang lulus akan diasramakan dan diberikan beasiswa. Harapannya, setelah lulus benar-benar menjadi guru. “Tidak hanya kognitif saja yang ditata, tetapi empat ranah yang ada di profesionalitas sang guru dibenahi,” kata Mendikbud. (AB/ASW)

…dst

18 ) Dua Hal Ini Hambat Kesuksesan Pendidikan Karakter
http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/26/08274768/Dua.Hal.Ini.Hambat.Kesuksesan.Pendidikan.Karakter.

Minggu, 26 Februari 2012 | 08:27 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Video permainan (game) yang bergenre kekerasan ternyata merupakan penghambat kesuksesan pendidikan karakter. Anak yang kecanduan dengan jenis permainan ini bisa gagal menerima pendidikan karakter yang diberikan sekolah. Perilaku tidak baik orangtua juga bisa menjadi penyebab kegagalan lainnya.Hal itu diungkapkan Wakil Direktur Indonesia Heritage Foundation, Wahyu Farrah Dina, di Jakarta, Sabtu (25/2/2012 ), dalam sebuah workshop pendidikan karakter. “Video game akan menyebabkan addict. Ada anak yang bunuh bapaknya karena tidak boleh maingame di Cina,” ujar Wahyu.

…dst

19 ) Sekilas dalam Negeri
Esemka
Esemka Dibilang Tiru Jepang, Jokowi tak Gusar
Jokowi Optimis Lolos Uji Emisi
Jokowi Ngebet Produksi Esemka
Mobil Esemka memulai perjalanan ke Jakarta
Papua
Komisi I DPR Tuding Australia Dukung Kemerdekaan Papua
DPR: Parlemen Australia Akan Intervensi NKRI
Kemlu Yakin Pemerintah Australia Tetap Dukung Kedaulatan RI
Kemlu Pantau Soal Pertemuan Parlementarian For West Papua
Dana bantuan tunai
Dana Bantuan Tunai Rp100 Ribu per Orang Miskin
Banjir Badang
Banjir Bandang Terjang Kawasan Pidie
Banjir Bandang Terjang Pidie, 30 Rumah Hanyut
Meisuji
Mesuji Rusuh Lagi, Kantor BSMI Dibakar
30 Ribu Massa Siap Bergerak
Tujuh Solusi Konflik Lahan
Menteri Penerima Fee
KPK Masih Telaah Laporan Rosa Terkait Menteri Penerima Fee
Pengacara Rosa Pertanyakan Sikap LPSK
LPSK Ancam Cabut Perlindungan Rosa
The next Gayus
‘Gayus Kedua’ Dijerat Pasal Suap
Modus Gayus Ditiru Dhana
Pegawai Pajak itu Anak Seorang Kolonel….
Mini Cooper Dhana Disita Kejaksaan
Harta Dhana Antara Yang Dilapor dan Disita
DPR: Renumerasi Gagal Perbaiki Moral PNS!
Masih Banyak Rekening Tak Beres
Dana Pakir Haji
Hindari korupsi, Menag tarik dana haji
Menag : Moratorium Haji Bukan Solusi
Waspadai komersialisasi dan politisasi haji
Kerusuhan di Lapas
Inilah Penyebab yang Menyulut Kerusuhan di Lapas Kerobokan
Sekilas Luar Negeri
Rusia
Sukhoi Terlaris Nomor 3 di Dunia
Yaman
26 Tewas Saat Pelantikan Presiden
Bom bunuh diri dekat istana Yaman tewaskan 26 tentara
Osama
Tempat Persembunyian Osama di Pakistan Dihancurkan
Afghanistan
Tujuh lagi tewas dalam aksi kemarahan pembakaran Quran
Demo Anti NATO dan Karzai Merata di Afganistan
NATO tarik seluruh stafnya dari Afghanistan
Insiden Pembakaran Alquran, Obama Minta NATO Tenang
Iran & Suriah
PM Italia: Sanksi Iran akan Membuat Rakyat Italia Menderita
Iran menentang intervensi militer di Suriah
Suriah cela agresi Israel ke masjid al-Aqsha