1 ) Pemerintah Harus Sosialisasi BBM ke Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120796/Pemerintah-Harus-Sosialisasi-BBM-ke-Mahasiswa-#

Kamis, 15 Maret 2012 , 18:47:00
JAKARTA–Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Akhmaloka mengungkapkan, segala macam upaya pemerintah untuk terus mensosialisasikan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai sebagai salah satu cara yang baik untuk mendewasakan pemikiran masyarakat mengenai kondisi negara dan dunia. Maka dari itu, pihaknya sangat setuju jika pendewasaan dan menggiring masyarakat untuk berpikir rasional dimulai dari lingkungan pendidikan, yakni mahasiswa. “Sebenarnya saya tidak tahu apakah mahasiswa ITB menyetujui kebijakan (kenaikan BBM) ini atau tidak. Tetapi saya kira mahasiswa sudah besar dan mengerti dan tahu kenapa itu terjadi,” ungkap Akhmaloka usai pertemuan dengan Menkopolhukan, Menko Perekonomian, Mendikbud, dan para Rektor PTN se-Indonesia mengenai sosialisasi kebijakan kenaikan harga BBM di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Dikatakan, pada minggu lalu mahasiswa ITB juga telah mendapatkan kuliah umum oleh Menteri Enegeri dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik mengenai kebijakan kenaikan harga BBM tersebut. “Dengan adanya pertemuan seperti ini memang bisa dikatakan cukup efektif. Mudah-mudahan semua mahasiswa bisa mengerti dengan baik meskipun kondisi ini memang sangat sulit tetapi harus tetap kita lewati,” imbuhnya.

…dst

2 ) Ke Kampus, Tiga Menteri Dianggap Tekan Akademisi Soal BBM
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/15/079390474/Ke-Kampus-Tiga-Menteri-Dianggap-Tekan-Akademisi-Soal-BBM

KAMIS, 15 MARET 2012 | 16:01 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Dewi Aryani Hilman, menganggap upaya tiga menteri menjelaskan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak kepada para rektor merupakan bentuk penekanan pemerintah pada kalangan akademisi. Sebab, kebijakan menaikkan harga BBM itu ditolak mahasiswa. “Ini membuktikan bahwa telah terjadi ‘penekanan’ kepada kalangan akademisi untuk dipaksa memahami dan ‘menerima’ keputusan pemerintah,” katanya melalui pesan pendek, Kamis, 14 Maret 2012. Dewi mengatakan jika kebijakan menaikkan harga BBM itu dilaksanakan dengan semestinya tentu akan lebih mudah diterima oleh seluruh pemangku kepentingan. “Dan tentunya tidak perlu usaha sedemikian rupa,” ujarnya. Dewi pun berharap upaya pendekatan itu bukan merupakan agenda terselubung pemerintah untuk melarang mahasiswa berunjuk rasa. Hal ini, katanya, tidak sesuai dengan sistem demokrasi. “Ini akan membelenggu proses pematangan demokrasi di negara ini,” ucapnya.

…dst

3 ) Mendikbud: “Demo Apapun Tidak Boleh Ada yang Anarkis”
http://www.kemdiknas.go.id/kemdiknas/berita/299
03/15/2012

Jakarta – Menjelang rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), dilakukan sosialisasi kepada para akademisi, khususnya pimpinan perguruan tinggi. Dalam sosialisasi ini, tiga menteri bertindak sebagai pembicara, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Djoko Suyanto, dan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa. Sosialisasi berlangsung di Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pada Kamis (15/03) pagi. Selain itu, hadir juga Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud, Djoko Santoso. Pimpinan perguruan tinggi yang hadir terdiri dari perwakilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari seluruh wilayah Indonesia. Sosialiasasi terhadap pimpinan PTN dan PTS ini dilakukan dengan pertimbangan, akan marak terjadi demonstrasi menolak kenaikan harga BBM oleh mahasiswa di berbagai wilayah tanah air.

…dst

4 ) Nuh: Mahasiswa Harus Kedepankan Intelektualitas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/13505520/Nuh.Mahasiswa.Harus.Kedepankan.Intelektualitas

Kamis, 15 Maret 2012 | 13:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengimbau seluruh mahasiswa agar menggunakan cara-cara akademis untuk mengkritisi suatu kebijakan. Jika ada kebijakan yang dinilai tidak memihak kepada rakyat, menurutnya, mahasiswa harus merasa tertantang untuk menanggapinya dengan mengedepankan intelektualitas dan membuka ruang-ruang diskusi. Ia mengingatkan, mahasiswa seharusnya dapat memberikan kontribusi dengan mengawal seluruh kebijakan melalui daya nalar akademisi. “Menolak kenaikan BBM atau apa pun itu tidak harus disertai dengan kegiatan yang mengganggu ketertiban umum. Justru itulah saat intelektualistas mahasiswa ditantang. Harusnya mereka menggunakan the power of reason,” kata Nuh, saat ditemui Kompas.com, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3/2012).

…dst

5 ) Daripada Demo, Nuh Ajak Mahasiswa Diskusi Cerdas
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/15/079390404/Daripada-Demo-Nuh-Ajak-Mahasiswa-Diskusi-Cerdas

KAMIS, 15 MARET 2012 | 12:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh mengajak mahasiswa diskusi intelektual menyikapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) daripada berdemonstrasi turun ke jalan. “Kita galakkan dialektika keilmuan, diskursus intelektual,” ujarnya dalam acara “Silaturahmi dengan Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis” di kantornya, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012. Menurut Nuh, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM bukan tanpa alasan kuat. Pemerintah sangat paham konsekuensi kebijakan tak populis ini yang bisa memunculkan sejumlah unjuk rasa di berbagai daerah. Dengan penjelasan pemerintah kepada perguruan tinggi melalui rektor dan wakilnya, Nuh berharap civitas academica bisa memaklumi dan menerima kebijakan tersebut. “Makanya kami berikan pencerahan karena kami yakin pada kekuatan rasionalitas itu. Melalui pimpinan perguruan tinggi disosialisasikan ke universitasnya, dosen, dan mahasiswa,” ucap Nuh.

…dst

6 ) Mendikbud: Pertemuan Rektor Bukan Bentuk Represif Pemerintah
http://id.berita.yahoo.com/mendikbud-pertemuan-rektor-bukan-bentuk-represif-pemerintah-085655481.html

15 Maret 2012
Jakarta (ANTARA) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyatakan pertemuan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa dengan para rektor Universitas sebagai bentuk represif pemerintah, khususnya kepada mahasiswa yang menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak. “Sudah tidak jamannya lagi bentuk represif saat ini tapi juga bukan jamannya lagi melaukan tindakan anarkis oleh mahasiswa,” kata Nuh kepada pers di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis. Hal tersebut disampaikan usai dirinya bersama sejumlah menteri melakukan rapat dengan Wakil Presiden Boediono yang antara lain membahas soal keberadaan pegawai honorer. Menko Perekonomian Hatta Rajasa, di Jakarta, Kamis (15/3) mengadakan pertemuan dengan sejumlah rektor universitas. Sejumlah pihak menilai pertemuan tersebut sebagai bentuk represif pemerintah dalam meredam aksi demo yang marak dilakukan oleh sejumlah mahasiswa.

…dst

7 ) Djoko Bantah Redam Demo Mahasiswa Via Rektor
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/15/079390477/Djoko-Bantah-Redam-Demo-Mahasiswa-Via-Rektor

KAMIS, 15 MARET 2012 | 16:09 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto membantah pertemuan dengan pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia merupakan upaya pemerintah meredam demonstrasi mahasiswa di berbagai daerah terkait dengan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) 1 April nanti. Namun ia yakin penjelasan yang disampaikan pemerintah ini minimal akan mengurangi aksi yang akan terjadi. “Paling tidak diberikan pemahaman, orang kalau paham mestinya berpikir, apalagi di kalangan intelektual,” ujarnya usai pertemuan dengan pimpinan perguruan tinggi negeri dan kopertis di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012.Menurut Djoko, dalam forum semacam inilah pemerintah bisa secara langsung memberikan penjelasan rasional atas rencana pengambilan kebijakan kenaikan harga BBM. Tidak hanya ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), kelompok masyarakat termasuk mahasiswa juga harus mengerti alasannya secara gamblang.

…dst

8 ) Rektor PTN Minta SBY Turun Tangan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120788/Rektor-PTN-Minta-SBY-Turun-Tangan-

Kamis, 15 Maret 2012 , 18:09:00
JAKARTA–Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono beserta jajaran menteri diminta turun tangan memberikan imbauan moral kepada seluruh masyarakat khususnya para pedagang yang marak memainkan harga segala kebutuhan pokok maupun lainnya di masa kenaikan harga bahan bakar minya (BBM) ini. Hal tersebut diungkapkan oleh jajaran Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada saat acara pertemuan dengan Menkopolhukam, Menko Perekonomian, Mendikbud dan Rektor PTN terkait kebijakan BBM di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Kalimantan Timur, Zamrudin Hasid menilai, imbauan Presiden ataupun pemerintah dinilai penting sebagai bentuk proteksi sementara terhadap maraknya pedagang yang meminkan harga barang dan kebutuhan pokok di pasaran. Bentuk permainan harga tersebut, lanjut Zamrudin, adalah meningkatkan harga penjualan yang cukup tinggi sehingga membebani masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

…dst

9 ) Tolak Kenaikan Harga BBM, FAM UI Bakar Foto SBY-Boediono
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593989/tolak-kenaikan-harga-bbm-fam-ui-bakar-foto-sby-boediono

Kamis, 15 Maret 2012 17:53 wib
DEPOK – Tak puas dengan aksinya di depan Stasiun Universitas Indonesia (UI), Front Aksi Mahasiswa (FAM) UI melanjutkan aksi unjuk rasa dengan berjalan kaki ke pintu Gerbatama UI. Kekesalan mahasiswa tak dapat dibendung lagi terhadap kebijakan pemerintah yang berencana menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per April 2012. Karena tak diizinkan keluar kampus, para mahasiswa langsung menuju Gerbatama di pinggir jalan raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Sehingga, setiap pengendara jalan yang lalu lalang ikut menoleh dan memperhatikan aksi tersebut. Kali ini orasi dilakukan oleh anggota FAM UI Fauzan Aulia dari mahasiswa Vokasi UI. Orasi pun dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Wajib Halo–Halo Bandung.

…dst

10 ) Tidak Ada Kenaikan Tarif Uang Kuliah
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2754:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Thursday, 15 March 2012 16:45
Jakarta, 15 Maret 2012–Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen Dikti Kemdikbud) mengadakan rapat koordinasi dengan Rektor, Direktur, Pembantu Rektor III dan Pembantu Direktur III Perguruan Tinggi Negeri, Koordinator serta Sekretaris Pelaksana Kopertis seluruh Indonesia. Rakor ini dipimpin oleh Mendikbud Mohammad Nuh. Selain Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, hadir pula dalam acara ini Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Pertahanan dan Keamanan Djoko Suyanto. Rakor pimpinan perguruan tinggi dan kopertis merupakan agenda tahunan Kemdikbud yang digelar untuk membahas kebijakan terkini mengenai pendidikan tinggi di Indonesia.

…dst

11 ) Larangan Menaikkan SPP Beratkan PTN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/08243941/Larangan.Menaikkan.SPP.Beratkan.PTN

Jumat, 16 Maret 2012 | 08:24 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Larangan menaikkan uang sumbangan penyelenggaraan pendidikan atau SPP di perguruan tinggi negeri menimbulkan kekhawatiran bakal mengganggu operasional kampus. Hal ini terutama dikhawatirkan PTN yang mengandalkan kegiatan operasionalnya dari dana pemerintah. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab menjelaskan, larangan menaikkan uang SPP dan ketentuan untuk menetapkan uang kuliah tunggal sampai saat ini masih dibahas. Larangan menaikkan uang SPP ini sensitif bagi perguruan tinggi negeri, apalagi bagi UNY, mengingat mayoritas biaya operasional UNY diperoleh dari SPP mahasiswa. “Kami menghargai upaya pemerintah membantu operasional PTN. Kalau ada kekurangan biaya dan pemerintah bersedia menutupi, kami sangat senang,” kata Rochmat, Kamis (15/3/2012), di Jakarta.

…dst

12 ) Alihkan Selisih Subsidi BBM ke Pendidikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593695/alihkan-selisih-subsidi-bbm-ke-pendidikan

Kamis, 15 Maret 2012 13:39 wib
JAKARTA – Jika jadi diterapkan, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) per April mendatang akan menyisakan selisih dana subsidi. Pemerintah pun sebaiknya mengalihkan selisih tersebut untuk memajukan pendidikan Tanah Air. Pengamat pendidikan dan guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof. Soedijarto, menyatakan, kelebihan uang subsidi akibat kenaikan harga BBM bisa dialokasikan untuk mewujudkan pendidikan gratis bagi rakyat Indonesia. Pada tingkatan pendidikan tinggi, kelebihan dana tersebut juga bisa digunakan untuk menambah subsidi untuk biaya operasional kampus.

…dst

13 ) SNMPTN Jalur Undangan
Unnes Belum Blacklist Sekolah Curang
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594231/unnes-belum-blacklist-sekolah-curang

Jum’at, 16 Maret 2012 09:42 wib
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) hingga kini belum menentukan sekolah-sekolah yang masuk daftar hitam (blacklist) dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan.”Pada pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan tahun lalu, memang kami tidak menemukan satu pun sekolah yang melakukan kecurangan. Seperti pencantuman nilai yang tidak sesuai dan sebagainya,” kata Pembantu Rektor I Unnes yang juga Penanggung Jawab SNMPTN Jalur Undangan Unnes Agus Wahyudin. Dia berharap pada tahun ini tidak ditemukan lagi sekolah curang dengan memberikan nilai siswa yang didaftarkan pada SNMPTN jalur undangan tidak sesuai dengan hasil aslinya.

…dst

14 ) Antisipasi Perbedaan Nilai Rapor dengan Uji Rangking
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593858/antisipasi-perbedaan-nilai-rapor-dengan-uji-rangking

Kamis, 15 Maret 2012 15:57 wib
JAKARTA – Pada Jalur Undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), pihak perguruan tinggi mengacu pada nilai rapor yang sifatnya relatif. Menurut Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab, nilai tujuh atau sembilan di rapor pada tiap sekolah tentu berbeda, baik negeri maupun swasta. “Nilai tersebut sangat kontekstual. Sehingga agak repot ketika kami (kampus) menjadikan nilai rapor sebagai pegangan,” kata Rochmat di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (15/3/2012).Sekretaris Panitia SNMPTN 2012 ini menyarankan, nilai rapor yang bersifat relatif ini dapat diantisipasi dengan uji rangking. Dia meyakini, peringkat tertinggi di sekolah mana pun pasti merupakan siswa pintar. Tapi, lanjutnya, perlu diingat jumlah anak pintar di sekolah jelek tidak sebanyak di sekolah yang bagus. Oleh karena itu, kriteria ini harus diberikan bobot yang berbeda.

…dst

15 ) SNMPTN Akan Digratiskan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478054/

Friday, 16 March 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membebaskan biaya pendaftaran jalur undangan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun depan. Seluruh biaya pendaftaran akan ditanggung Kemendikbud. Ketua Panitia SNMPTN 2012 Akhmaloka mengatakan, kebijakan Kemendikbud yang akan menyatukan pendaftaran peserta SNMPTN di jalur undangan sebanyak 60% akan berdampak pada penghapusan biaya pendaftaran yang saat ini dipatok Rp175.000 per orang. Sebelumnya meski sekolah yang mendaftarkan siswanya ke jalur undangan,namun peserta harus membayar biaya pendaftaran lewat Bank Mandiri. Sebelumnya yang digratiskan di jalur undangan hanya calon mahasiswa yang menerima beasiswa Bidik Misi. Rektor ITB ini menjelaskan, jika jalur undangan ini digratiskan dan diperbesar hingga 60%, akan memperbesar kesempatan seluruh sekolah untuk mendaftarkan siswanya. Perguruan tinggi negeri (PTN) tidak hanya akan menjaring siswa dari sekolah unggulan karena kuota sekolah per akreditasi tidak akan dibatasi.

…dst

16 ) Peluang Siswa SMA Non Unggulan Lebih Besar
Jika Jalur Ujian Tulis SNMPTN Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120798/Peluang-Siswa-SMA-Non-Unggulan-Lebih-Besar-

Kamis, 15 Maret 2012 , 19:06:00
JAKARTA—Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka meminta kepada pemerintah untuk dapat mengubah aturan mengenai kuota jalur undangan yang berdasarkan tingkat akreditasi sekolah. Ia menyarankan, agar sekolah berakreditasi rendah sebaiknya juga diberikan kesempatan lebih besar untuk dapat berpartisipasi dalam seleksi jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. “Ke depannya sebaiknya PTN juga harus bisa memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi di sekolah-sekolah yang non unggulan. Sehingga, kesempatan untuk mengikuti jalur undangan tidak didominasi oleh sekolah unggulan saja,” ungkap Akhmaloka di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Jika jalur ujian tulis SNMPTN dihapus, Akhmaloka memastikan peluang bagi sekolah non unggulan akan mendapat kuota jalur undangan menjadi lebih besar.

…dst

17 ) Jalur Undangan SNMPTN 2013 Akan Lebih Longgar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/10213412/Jalur.Undangan.SNMPTN.2013.Akan.Lebih.Longgar

Jumat, 16 Maret 2012 | 10:21 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kebijakan menghapus ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di 2013 mendorong pemerintah untuk mengubah kuota jalur undangan. Nantinya, sekolah nonunggulan akan diakomodasi agar mendapatkan akses tambahan. Ketua SNMPTN 2012, Akhmaloka, mengatakan, kebijakan ini akan membuka kesempatan yang sama pada semua sekolah untuk mengajukan siswa berprestasinya mengikuti SNMPTN jalur undangan. “Ke depan, PTN tidak mencari siswa berprestasi di sekolah unggulan saja, tapi juga sekolah-sekolah lain,” kata Akhmaloka di Jakarta, Jumat (15/3/2012). Dijelaskannya, peluang sekolah nonunggulan menjadi besar karena SNMPTN hanya memiliki satu pintu. Yakni jalur undangan yang proporsi minimalnya 60 persen dari jumlah mahasiswa baru. Hal ini wajib dan berlaku di seluruh PTN.

…dst

18 ) Harus Pertegas White and Black Area
Tuntutan Kampus Saat Jalur Tulis Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120833/Harus-Pertegas-White-and-Black-Area-

Jum’at, 16 Maret 2012 , 06:16:00
JAKARTA – Rektor kampus negeri menerima rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus SNMPTN jalur ujian tulis, lalu menggeser alokasinya untuk jalur undangan. Namun, mereka meminta supaya ada perbaikan sistem penilaian untuk menentukan kelulusan calon mahasiswa baru melalu jalur undangan. Tuntutan perbaikan sistem ini diantaranya disampaikan Rektor UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) Rochmat Wahab di Jakarta kemarin (15/3). Dia mengatakan, ada dua pokok perbaikan sistem penilaian yang harus dikerjakan. Pertama terkait penilaian rapor dan yang kedua adalah penggunaan nilai hasil ujian nasional (unas). Rochmat membongkar jika selama ini ternyata pemerintah tidak menggunakan nilai hasil unas sebagai pertimbangan kelulusan calon mahasiswa baru melalui SNMPTN jalur undangan. “Yang digunakan itu hanya hasil akhir lulus atau tidak lulus unas. Bukan nilainya,” ujar dia. Tahun depan saat SNMPTN total menggunakan jalur undangan, nilai unas harus jadi pertimbangan kelulusan.

…dst

19 ) Nilai Rapor Harus Ada Standar
Jika Jalur Tes Tulis SNMPTN Dihapus
http://www.jpnn.com/read/2012/03/15/120801/Nilai-Rapor-Harus-Ada-Standar-

Kamis, 15 Maret 2012 , 19:33:00
JAKARTA – Wacana kebijakan pemerintah untuk menghapus jalur ujian tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mendatang, menuai dukungan. Akan tetapi, dukungan atas kebijakan tersebut harus juga mengedepankan asas keadilan di dalam menentukan penerima jalur undangan. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab mengatakan, selama ini kriteria dan tingkatan akreditas sekolah juga mempengarungi jumlah siswa yang berhak mengikuti jalur undangan. “Maka itu, kami mendukung jika memang ujian tulis SNMPTN dihapuskan. Asal semuanya harus mengedepannya fairness,” terang Rochmat di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (15/3). Setidaknya, lanjut Rochmat yang juga Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN itu, penentuan penerimaan jalur undangan ditentukan dengan melalui evaluasi nilai rapor berdasarkan kriteria sekolah. Dalam hal ini, tentunya pemerintah harus membuat sistem untuk mendukung langkah tersebut.

…dst

20 ) Draf RUUPT Belum Akomodatif
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594224/draf-ruupt-belum-akomodatif

Jum’at, 16 Maret 2012 09:22 wib
YOGYAKARTA – Draf Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUUPT) menuai kritik dari kalangan akademik. Pasalnya, dalam draf tersebut masih banyak pasal yang tidak sesuai dengan kondisi pendidikan tinggi di Indonesia, baik secara akademis, ideologis, maupun persoalan pendidikan lainnya. Draf RUU PT sendiri menurut rencana akan disahkan pada akhir Maret ini. “Banyak pasal dalam RUU PT ini tidak memperlihatkan cara logika berpikir yang benar. Hal itu tentu mengundang banyak pertanyaan dari kalangan akademisi dan intelektual,” ungkap staf peneliti Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM), sekaligus tim kajian RUU PT, Hastangka, kemarin. Staf peneliti PSP lain, Diasma menambahkan, RUU PT tersebut belum mengakomodasi kepentingan bangsa. Selain dinilai sekadar mengejar target dengan tidak mempertimbangkan dampak yang mungkin timbul, juga masih terkesan terburu-buru.

…dst

21 ) Penerapan Kebijakan Makalah di Jurnal Ilmiah bakal Amburadul
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/15/305716/293/14/-Penerapan-Kebijakan-Makalah-di-Jurnal-Ilmiah-bakal-Amburadul

Kamis, 15 Maret 2012 18:39 WIB
JAKARTA–MICOM: Keharusan menulis makalah ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Imiah sebagai syarat kelulusan sarjana dinilai mengada-ada dan terkesan dipaksakan. Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia menilai, substansi memajukan pendidikan tinggi yang berkualitas yang diusung Dikti Kemendikbud dengan kebijakan ini sudah benar. Namun, tidak serta merta dilaksanakan, tanpa persiapan infrastruktur yang jelas lebih dulu. Penilaian ini mencuat dalam diskusi panel Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) di Universitas Yarsi, Jakarta, Senin (12/3). Apakah kita sudah memiliki norma atau panduan menulis di jurnal ilmiah? Apakah SDM profesional untuk melahirkan jurnal ilmiah bermutu sudah dipersiapkan?

…dst

22 ) SE Dikti Diminta Dicabut
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/16/180390/SE-Dikti-Diminta-Dicabut

16 Maret 2012
SEMARANG- Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi diminta mencabut Surat Edaran (SE) Nomor 152/E/T/2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah ke seluruh PTN/PTS. Pasalnya sesuai peraturan, syarat kelulusan mahasiswa ditentukan oleh persyaratan akademis yang menjadi hak otonom masing-masing fakultas. Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pembina Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tingi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Jateng, Prof Ir Joetata Hadihardaja di kampus USM, Kamis (15/3). “Kalau Dikti mengharuskan karya ilmiah mahasiswa yang dipublikasikan di jurnal menjadi syarat kelulusan, maka kami minta untuk dicabut,” kata dia. Sebab menurut dia fasilitas yang ada belum memadai. Selain itu, jumlah jurnal yang terakreditasi Dikti saat ini sangat minim. “Ini karena sulitnya untuk mendapatkan jurnal yang terakreditasi,” kata Joetata.

…dst

23 ) IPB Bertekad Dominasi Inovasi Indonesia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/15/m0xnhd-ipb-bertekad-dominasi-inovasi-indonesia

Kamis, 15 Maret 2012 22:39 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Institut Pertanian Bogor (IPB) akan mengikuti ajang 104 Inovasi Indonesia 2012. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, IPB bertekad melanjutkan dominasi dalam event tahunan tersebut. Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, dalam empat tahun terakhir, IPB telah menyumbang 131 dari total 406 inovasi yang lolos seleksi. Jumlah tersebut adalah yang tertinggi dibanding perguruan tinggi lainnya. “Alhamdulillah selama ini kita selalu mendominasi,” kata dia kepadaRepublika, Kamis (15/3). Ia memerinci, pada gelaran tahun 2008, 21 penelitian IPB masuk dalam 100 inovasi terbaik. Tahun berikutnya, ada 24 penelitian terpilih dalam 101 inovasi terbaik. Puncaknya, pada 2010, IPB menyumbang 51 inovasi dari 102 terbaik. “Tahun lalu kami juga masih mendominasi dengan 35 inovasi,” ujarnya. Untuk tahun ini, Herry bertekad melanjutkan tradisi inovasi yang sudah mengakar di lingkungan kampusnya. Pihaknya telah melakukan sosialisasi dan penelusuran judul tesis dan disertasi mahasiswa yang dinilai inovatif.

…dst

24 ) Thailand Dukung FIK Udinus
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/03/16/180385/Thailand-Dukung-FIK-Udinus

16 Maret 2012
SEMARANG-Atase pendidikan Indonesia di Thailand berkomitmen untuk mendukung dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk kerja sama itu dengan menggandeng Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kesepakatan tersebut disampaikan pada Education Attache Indonesia di Thailand Prof Dr Ir Didik Sulistyanto kepada Dekan FIK Udinus Dr Ir Dwi Eko Waluyo di International Asia-Europe Conference on Enhanching Balanced Mobility, belum lama ini. ”Kami sangat mengapresiasi kemajuan pendidikan di Indonesia akhir-akhir ini. Sehingga pihak kami juga ingin bersinergi dengan salah satu perguruan tinggi di Indonesia salah satunya Udinus,” ungkapnya. Institusi pendidikan, kata dia harus mampu menangkap informasi yang ada. dengan begitu akan tercipta hubungan baik dengan pihak lain dalam berkontribusi di bidangnya.

…dst

25 ) Kasus Universitas Trisakti, Dua Pihak Belum Bisa Berdamai
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/00264798/Kasus.Universitas.Trisakti.Dua.Pihak.Belum.Bisa.Berdamai

Jumat, 16 Maret 2012 | 00:26 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Dua pihak yang berkonflik terkait status Universitas Trisakti, yakni Senat Universitas Trisakti dan Yayasan Trisakti siap berdamai. Setelah tawaran damai datang dari pihak Yayasan pada pekan lalu, gayung pun bersambut dengan adanya tanggapan pihak Senat Universitas untuk rujuk. Namun, upaya damai itu masih ditimpali syarat oleh masing-masing pihak. Pada tanggal 8 Maret 2012, pihak yayasan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Barat telah menawarkan ajakan damai melalui surat bernomor W10.U2/1242/HK.02/III/2012. Surat tersebut merupakan hasil pertemuan antara PN Jakbar selaku pelaksana eksekusi dengan Yayasan Trisakti sebagai pihak yang dimenangkan dalam kasasi MA terkait eksekusi atas sembilan termohon, yang tak lain adalah tokoh-tokoh Senat Usakti.

…dst

26 ) 60 Mahasiswa Terima Beasiswa Bisnis Plan
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120856/60-Mahasiswa-Terima-Beasiswa-Bisnis-Plan-

Jum’at, 16 Maret 2012 , 08:49:00
BANDUNG- Sebanyak 60 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi yakni UPI, Unpad dan Unpas menerima beasiswa bisnis plan 2012 dari Bank Mandiri dengan total Rp600 juta. “Ini merupakan beasiswa bagi mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha, kami memberikan setiap tahunnya dan untuk kanwil Jabar kami memberikan untuk 20 orang di setiap kampusnya, dengan nilai bantuan Rp10 juta setiap mahasiswanya,” ujar Kepala Wilayah Bank Mandiri Kanwil VI Bandung, Hadiyono, yang ditemui di Kantor Kanwil VI Jalan Batununggal, usai menyerahkan Beasiswa Bisnis Plan kepada mahasiswa, kemarin(15/3). Ia mengatakan jika bantuan tersebut merupakan bagian dari Coorporate Sosial ReponsibiltY (CSR) Bank Mandiri. “Mahasiswa adalah salah satu kaum intelektual yang sangat kreatif dan inovatif. Sehingga setelah mereka lulus nanti, mereka tidak hanya berorientasi pada mencari kerja, namun bagimana mereka bisa menghasilkan uang sendiri bahkan membuka lapangan kerja untuk yang lainnya,” tuturnya.

…dst

27 ) Dua Bakal Calon Rektor UGM Tersingkir
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/17202223/Dua.Bakal.Calon.Rektor.UGM.Tersingkir

Kamis, 15 Maret 2012 | 17:20 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Prof Dr Hartono (Direktur Pascasarjana UGM) dan Dr dr Hafizurrachman (Staf pengajar AKK-FKMUI Jakarta) dipastikan tersingkir dari bursa pemilihan bakal calon rektor UGM periode 2012-2017. Pasalnya, mereka kalah suara dari lima bakal calon yang lain, dalam rapat gabungan Majelis Guru Besar (MGB) dan Senat Akademik (SA) UGM, Kamis (15/3/12). Prof Hartono memperoleh 14 suara dan Dr Hafizurrachman tidak mendapatkan suara. Sementara lima bakal calon yang dinyatakan lolos untuk mengikuti pemilihan putaran berikutnya adalah Prof Dr Pratikno (Dekan Fisipol UGM) memperoleh 146 suara, Prof Dr Marsudi Triatmodjo (Dekan Fakultas Hukum UGM) memperoleh 81 suara, Prof Dr Djagal Wiseso Marseno (Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM) memperoleh 66 suara, Prof Dr Danang Parikesit (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM) mendapatan 54 suara, dan Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo PhD (Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud) memperoleh 35 suara.

…dst

28 ) UKM Seni Unismuh Ikuti Festival Internasional
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594277/ukm-seni-unismuh-ikuti-festival-internasional

Jum’at, 16 Maret 2012 11:04 wib
MAKASSAR – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Talas mewakili Indonesia pada ajang Colombo International Theather Festival (CITF) 2012, di Kolombus, Sri Langka. Festival internasional ini dihelat akhir Maret ini. Rencananya, UKM Talas akan menampilkan pementasan teater bertema “Sitobo Lalang Lipa”. Festival ini merupakan ajang kompetisi teater yang pesertanya berasal dari berbagai negara, seperti India, Australia, Jerman. “Sejauh ini persiapan sudah 80 persen, sisa administrasi yang akan dirampungkan,” kata Ketua Talas Ashar, kemarin.Masalah administrasi yang sementara dirampungkan, di antaranya paspor untuk peserta yang akan ambil bagian dalam pementasan tersebut. Sebanyak 17 mahasiswa akan bergabung dalam pementasan yang digelar pada 26–30 Maret.

…dst

29 ) Gedung UBH Didesain Tahan Gempa
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593752/gedung-ubh-didesain-tahan-gempa

Kamis, 15 Maret 2012 15:21 wib
PADANG – Universitas Bung Hatta (UBH) sedang berbenah. Mereka tengah giat membangun gedung baru untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Gedung kelima Kampus II UBH yang terletak di Jalan By Pass Aia Pacah, Padang, ini menggunakan pondasi tiang untuk meminimalisasi penurunan bangunan akibat gempa. Koordinator pembangunan, Khadafi menjelaskan, konstruksi pondasi itu dipilih karena lahan bangunan kampus II UBH merupakan tanah lunak dengan ‘leveling’ muka air tinggi atau sama dengan muka tanah asli. “Atas pertimbangan kampus ramah akan bencana, maka pembangunan kampus baru UBH pun memperhatikan kondisi tanah lahan. Perencanaan bangunannya cenderung menggunakan pondasi dalam (deep foundation) atau dikenal sebagai pondasi tiang,” ujar Khadafi, Kamis (15/3/2012).

…dst

30 ) Universitas Belanda Promosikan Biaya Pendidikan Murah
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180937

Jumat, 16/03/2012 – 08:54
AMSTERDAM, (PRLM).- Sekelompok universitas dari Belanda melakukan tur promosi ke sekolah-sekolah menengah Inggris untuk membujuk mereka agar bersekolah ke Belanda. Mereka menawarkan program-program studi dalam bahasa Inggris dengan biaya sekitar £1500 per tahunnya. Universitas-universitas Belanda meniru apa yang sudah dilakukan universitas-universitas Amerika. Di samping Universitas Utrecht, turut berpartisipasi adalah Universitas Tilburg, Maastricht, Leiden dan Akademi Roosevelt. Universitas-universitas ini menjalankan program studi dengan pengajaran menggunakan bahasa Inggris. Daya tarik lainnya tentu saja Belanda sangat dekat dengan Inggris dan mudah dicapai menggunakan alat transportasi umum. Kota-kota di Belanda dikatakan mempunyai penduduk dengan kemampuan berbahasa Inggris mencapai 95 persen. Sehingga tidak menyulitkan mahasiswa asal Inggris.

…dst

31 ) Tarif Listrik Akhirnya Batal Naik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478088/38/

Friday, 16 March 2012
JAKARTA– Tarif tenaga listrik akhirnya batal dinaikkan tahun ini. Pemerintah dan DPR sepakat menunda kenaikan tarif listrik hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kesepakatan penundaan itu disampaikan Ketua Komisi VII DPR Teuku Riefky Harsya yang memimpin rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik di Gedung DPR,Jakarta, kemarin.Menurut Riefky,seluruh fraksi di Komisi VII DPR meminta kenaikan tarif listrik ditunda. “Alasan penundaan lantaran rakyat sudah dibebani harga BBM (bahan bakar minyak) yang naik pada 1 April 2012. Kenaikan tarif listrik bisa dipertimbangkan kembali pada akhir 2012 atau awal 2013,” ujarnya. Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, penundaan rencana kenaikan tarif listrik mengacu pada perkembangan situasi gejolak masyarakat atas rencana kenaikan harga BBM. Bila masyarakat nantinya sudah bisa menerima kenaikan harga BBM,barulah pemerintah akan kembali membahas penyesuaian tarif tenaga listrik. “Kami bisa merasakan getaran rakyat.

…dst

32 ) Siapkan Rp 5 T untuk Mobnas Listrik
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120842/Siapkan-Rp-5-T-untuk-Mobnas-Listrik-

Jum’at, 16 Maret 2012 , 06:59:00
JAKARTA – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terhindarkan lagi. Di tengah kondisi pelik itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mencetuskan ide segar. Yakni, merancang lahirnya mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik. “Sekitar tiga bulan lagi semoga sudah bisa di uji coba,” kata Dahlan setelah bertemu dengan pimpinan DPR di Senayan, Jakarta, kemarin (15/3). Dia memperkirakan pembuatan mobil listrik tahap pertama itu akan menghabiskan dana Rp 5 triliun. Besaran dana tersebut sangat jauh bila dibandingkan dengan penggunaan BBM yang hingga bisa mencapai ratusan triliun. “Saya sangat ingin melahirkan?mobil listrik nasional untuk bisa mengurangi ketergantungan kita pada BBM,” cetus mantan dirut PLN tersebut. Menurut Dahlan, persoalan BBM akan terus muncul selama Indonesia masih sangat bergantung pada BBM seperti sekarang ini. Karenanya, diperlukan langkah terobosan untuk mulai bisa lepas dari keterikatan terhadap BBM. “Sudahlah tinggalkan BBM, sampai mati kita terus akan heboh dan ribut-ribut soal BBM. Mobil listrik ini salah satu jalan keluarnya,” imbuhnya.

…dst

32 ) Nunggak SPP Bisa Ikut UN
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594237/nunggak-spp-bisa-ikut-un

Jum’at, 16 Maret 2012 10:14 wib
SURABAYA – Komisi D DPRD Surabaya tidak ingin tahun ini ada pelajar yang tak bisa mengikuti Ujian Nasional (UN) hanya gara-gara belum bayar uang sumbangan pembangunan pendidikan (SPP). Komisi yang membidangi kesejahteraan rakyat ini mengimbau sekolah; mulai SD, SMP, SMA dan sederajat; baik negeri maupun swasta memberi kemudahan bagi anak didiknya. “UN sebentar lagi, karena itu peringatan ini segera kami sampaikan ke sekolah maupun Dinas Pendidikan,” kata Ketua Komisi D Baktiono, kemarin. Dalam melaksanakan UN, pihak sekolah dilarang keras melakukan pungutan apapun ke siswa. Jika ada, pungutan akan memberatkan orangtua serta wali murid yang bebannya akan bertambah jika harga bahan bakar minyak (BBM) jadi dinaikkan pemerintah.

…dst

33 ) Antisipasi Kebocoran
Jumlah Naskah Soal UN Tahun Ini “Ngepas”
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/15/15475694/Jumlah.Naskah.Soal.UN.Tahun.Ini.Ngepas

Kamis, 15 Maret 2012 | 15:47 WIB
MEDAN KOMPAS.com – Ujian nasional (UN) untuk tingkat SMP dan SMA sederajat pada tahun 2012 ini tidak lagi dilengkapi dengan soal cadangan. Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Syaiful Syafri mengatakan, idak adanya soal cadangan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran yang akan dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. “Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini soal yang dikirim dari percetakan ke sekolah-sekolah jumlahnya sesuai dengan peserta ujian. Tidak ada lagi naskah cadangan, agar tidak ada kebocoran soal,” kata Syaiful.Ia mengatakan, tahun ini naskah soalUN untuk siswa SMA/MA/SMK dan SMP/Mts dan SMPLB dicetak oleh pemenang tender pencetakan naskah soal berdasarkan ketetapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemenang tender pencetakan adalah CV Ceriau Riau Mandiri yang berpusat di Riau. Adapun untuk SD/MI serta SDLB belum dicetak karena belum diketahui pemenang tendernya.

…dst

34 ) Mahasiswa Asing akan Eksodus dari Australia?
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/15/373/593714/mahasiswa-asing-akan-eksodus-dari-australia
Kamis, 15 Maret 2012 15:00 wib
AUSTRALIA – Mahasiswa internasional yang lulus dari fakultas kedokteran di Australia terancam melakukan eksodus. Pasalnya, sebuah putusan yang dibuat otoritas Australia menyatakan magang di rumah sakit negeri di negara tersebut hanya berlaku untuk mahasiswa lokal lulusan kedokteran. Kebijakan ini dikhawatirkan memaksa ribuan mahasiswa asing kedokteran untuk meninggalkan Australia. Padahal selama ini, para dokter yang diimpor ke Australia tidak cocok dengan praktik kedokteran di negara tersebut. Pasalnya, Dewan Pemerintah Australia telah memutuskan hanya akan menjamin magang di rumah sakit negeri untuk mahasiswa lokal. Laporan oleh Persatuan Dekan Kedokteran Australia dan Selandia Baru (ANZ) ini menyatakan bahwa selama ini, 79 persen dari 546 mahasiswa internasional dijamin bisa magang setelah lulus, di rumah sakit negeri di Australia. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyelesaikan pelatihan dan terdaftar sebagai dokter.

…dst

35 ) Sekilas dalam Negeri
KPK
KPK Tetap Solid
KPK Mengeluh Kekurangan SDM
Aneka ‘Tusukan Mematikan’ untuk KPK  
Bambang Soesatyo, Yani, dan Akbar Siap Pasang Badan untuk Abraham Samad
Bambang Akui Ada Beda Pendapat Kasus Angie
Samad: “Isu itu untuk Singkirkan Saya dari KPK”
Anggota Komisi III: Kekompakan KPK Jangan Hanya Basa-basi
Kasus Nazaruddin
Perlu 10 Tahun Selesaikan Seluruh Kasus Nazaruddin
Anak di luar nikah
MUI Desak MK Koreksi Putusan
Sekilas luar negeri
Iran
AS Desak Hentikan Impor Minyak Iran, India-Korsel Justru Naikkan Volume Impornya
Publik Amerika tidak setuju Iran diserang
AS bantah beri ultimatum Iran lewat Rusia
Suriah
Semua negara Teluk Arab akan tutup kedutaan di Suriah
Iran mulai berikan bantuan kemanusiaan kepada Suriah
China
Bo Xilai Dipecat