1 ) Prof Paulus Tutup Usia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/478352/

Saturday, 17 March 2012
SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang kehilangan guru besar bidang hukum pidana Prof Paulus Hadisuprapto. Guru besar Fakultas Hukum Undip ini berpulang pada Kamis (15/3) setelah sebelumnya dirawat di RS Elisabeth Semarang karena sakit. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman Undip Tembalang, kemarin. Sebagai pakar hukum pidana, Prof Paulus memiliki spesifikasi mengenai kriminologi, hukum pidana anak, penelitian hukum dan viktimologi. Semasa hidupnya, Paulus pernah menjabat menjadi Pembantu Dekan III FH, dan terakhir menjabat sebagai Ketua Program Magister Ilmu Hukum Undip. “Kami telah kehilangan guru besar yang bersahaja dan berdedikasi tinggi,” ujar Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi pada sambutan pelepasan jenazah di uuditorium Undip Pleburan kemarin. (susilo himawan)

…dst

2 ) Lima Doktor UNHAS Korban Jurnal Tanpa Alamat
http://www.jpnn.com/read/2012/03/17/120935/Lima-Doktor-Korban-Jurnal-Tanpa-Alamat-

Sabtu, 17 Maret 2012 , 01:21:00
MAKASSAR – Lima doktor sekaligus calon profesor dianggap menggunakan jurnal tidak beres sebagai referensi. Mereka bahkan dianggap plagiat. Hal mengejutkan terlontar dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang mensinyalir lima dosen di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar melakukan plagiat. Selain Unhas, ada 21 perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia lainnya yang juga diduga melakukan pelanggaran akademik tersebut. Imbas dari kasus ini, untuk sementara waktu Dirjen Dikti tidak melayani usulan kenaikan pangkat dosen terkait. Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof Dr Aswanto SH MH, yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (16/3) tidak menyangkal adanya kasus tersebut. Bahkan, dia mengaku sudah menemui Dirjen Dikti Kemdikbud bersama petinggi Unhas lainnya, termasuk Rektor Unhas, Prof Dr dr Idrus A Patturusi. Dalam pertemuannya tersebut, Aswanto dan rombongan meminta keterangan terkait adanya dugaan plagiat yang dimaksud.”Kalau plagiat kan berarti ada karya asli yang dipindahkan ke dalam karya seseorang tanpa menyebutkan nama penulis. Waktu itu kami minta agar karya asli diperlihatkan untuk kami cocokkan dengan karya dosen kami yang dianggap melakukan plagiat,” jelas Aswanto.

…dst

3 ) Unair- Biofarma akan Produksi Vaksin Flu Burung
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/16/306066/293/14/Unair-Biofarma-akan-Produksi-Vaksin-Flu-Burung

Jumat, 16 Maret 2012 23:24 WIB
SURABAYA–MICOM: Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta menegaskan bahwa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya bersama Biofarma akan memproduksi vaksin flu burung pada 2013. “Kami sedang menyusun sistem untuk mempertemukan akademisi, bisnis/industri, dan pemerintah,” katanya di sela-sela kunjungan ke Laboratorium Bio Safety Level 3 (BSL3), Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi (RSPTI), dan Insitute of Tropical Disease (ITD) Unair Surabaya, Jumat (16/3). Didampingi Wakil Rektor I Unair Prof Dr Syahrani MS Apt, ia mencontohkan upaya mempertemukan peneliti flu burung Unair dengan Biofarma. “Karena itu, Indonesia akan dapat memproduksi vaksin itu pada tahun 2013,” katanya.

…dst

4 ) Unair: keterwakilan perempuan belum proposional
http://www.antaranews.com/berita/301759/unair-keterwakilan-perempuan-belum-proposional

Jumat, 16 Maret 2012 22:48 WIB
Malang (ANTARA News) – Pusat Studi Hak Azasi Manusia (Pusham) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menyebutkan, keterwakilan perempuan di DPRD wilayah Jawa Timur belum proposional, sebab jumlahnya masih 13,91 persen dari total seluruh anggota dewan. Salah satu anggota Pusham yang juga Dosen FISIP Unair M Junus di Malang, Jumat mengatakan, berdasarkan penelitian Pusham Unair, dari total 1.678 anggota dewan di 38 kabupaten/kota Jawa Timur, jumlah anggota dewan dari kalangan perempuan hanya 234 orang atau 13,91 persen. “Jika mengacu pada Undang-undang nomor 10 tahun 2008 yang mengatur tentang keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen, maka jumlah itu kurang proposional,” kata Junus dalam kegiatan “Pelatihan Wartawan Mengenai Gender”. Ia mengaku, dari data tersebut menunjukan jika perempuan masih jauh tertinggal dengan kaum laik-laki dalam peran serta legislatif di Provinsi Jawa Timur. Sementara dari 38 Kabupaten/kota di Jawa Timur, hanya beberapa wilayah yang anggota dewan perempuannya hampir menyamai ketentuan Undang-undang.

…dst

5 ) UGM Kembangkan E-learning System For Academic Community
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/17/03254972/UGM.Kembangkan.E-learning.System.For.Academic.Community

Sabtu, 17 Maret 2012 | 03:25 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan “e-learning system for academic community” atau sistem pembelajaran elektronik untuk sivitas akademika.”E-learning system for academic community (elisa) itu merupakan sebuah sistem manajemen pembelajaran yang berguna untuk membantu sivitas akademika menyelenggarakan pembelajaran melalui internet,” kata Koordinator E-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Saksono di Yogyakarta, Jumat (16/3/2012). Dalam hal ini, menurut dia, dosen dapat mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.

…dst

6 ) Elisa, Pembelajaran Elektronik Versi UGM
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/16/m0zggl-elisa-pembelajaran-elektronik-versi-ugm

Jumat, 16 Maret 2012 22:02 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA–Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan “e-learning system for academic community” atau sistem pembelajaran elektronik untuk sivitas akademika. “‘E-learning system for academic community’ (Elisa) itu merupakan sebuah sistem manajemen pembelajaran yang berguna untuk membantu sivitas akademika menyelenggarakan pembelajaran melalui internet,” kata Koordinator E-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Saksono di Yogyakarta, Jumat. Dalam hal ini, menurut dia, dosen dapat mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.

…dst

7 ) UGM Terima Dana Bantuan Pengadaan Sepeda Kampus
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/16/306071/89/14/-UGM-Terima-Dana-Bantuan-Pengadaan-Sepeda-Kampus

Jumat, 16 Maret 2012 23:58 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Universitas Gadjah Mada menerima bantuan untuk pengadaan 200 unit sepeda kampus, delapan unit rak sepeda serta keperluan lainnya senilai Rp970,93 juta dari Bank Mandiri. Dari bantuan ini, sebesar Rp400 juta digunakan pengadaan 200 unit sepeda kampus dan delapan unit rak sepeda semi tertutup. “Sedangkan Rp570,93 juta dialokasikan merenovasi Gedung Center of Enterpreneurship Development atau CED,” kata Direktur Institusional Banking Bank Mandiri, Abdul Rachman, Jumat (16/3), saat acara serah terima bantuan bina lingkungan sekaligus peresmian Gedung CED di Jl Asem Kranji UGM.

…dst

8 ) Kerja Sama Riset, UI Gandeng Kampus Portugal
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594396/kerja-sama-riset-ui-gandeng-kampus-portugal

Jum’at, 16 Maret 2012 15:05 wib
JAKARTA – Menjalin kerja sama pendidikan dengan berbagai lembaga internasional adalah salah satu cara perguruan tinggi meningkatkan mutu pendidikan mereka. Seperti yang dilakukan Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini dengan menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) bersama University of Minho, Portugal. Pihak UI diwakili langsung oleh Rektor UI Prof. Gumilar Rusliwa Somantri didampingi Dekan FTUI Prof. Bambang Sugiarto. Sementara perwakilan dari University of Minho adalah Prof. Antonio Gomes Correira dan Prof. Paulo Pirera. Duta Besar Portugal untuk Indonesia Carlos Frota pun didapuk sebagai saksi dalam penandatanganan MoA tersebut. Dalam kerja sama itu, UI dan University of Minho sepakat mengadakan riset dan pertukaran mahasiswa doktoral gelar ganda.

…dst

9 ) Mahasiswa Binus University Bantu Pendataan Anak Jalanan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/180946

Jumat, 16/03/2012 – 10:45
JAKARTA, (PRLM).- Keberadaan anak jalanan di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Tak jarang di antara mereka dipekerjakan sebagai pengemis, pengamen, bahkan pedagang asongan. Hal ini tentu saja menjadi keprihatinan pemerintah yang sampai saat ini terus berupaya untuk mendata dan membuat program bagi kesejahteraan anak jalanan. Namun pendataan ini tidaklah mudah, karena selama ini pendataan masih dilakukan secara manual oleh pemerintah. Hal inilah yang melatarbelakangi tiga orang mahasiswa program Teknik Informatika Binus University membuat inovasi baru untuk mempermudah “Pendataan Anak Jalanan”. Aplikasi yang berbasis komputer dan internet ini dipergunakan untuk menghitung jumlah anak jalanan yang tersebar dengan sistem komputerisasi. Hal ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menghitung dan mencanangkan program-program untuk kesejahteraan anak jalanan di Indonesia.

…dst

10 ) Ini Dia Cacat Pada RUU PT
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/16/373/594408/ini-dia-cacat-pada-ruu-pt

Jum’at, 16 Maret 2012 12:51 wib
JAKARTA – Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang direncanakan akan disahkan pada akhir Maret ini ternyata dinilai masih cacat secara akademis, ideologis, serta tidak berpihak pada kepentingan bangsa. Demikian hasil kajian Pusat Studi Pancasila (PSP) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terhadap Draft RUU PT. Staf peneliti Pusat Studi Pancasila dan salah satu tim kajian RUU PT Hastangka menjelaskan, ada sejumlah pasal-pasal dalam RUU PT tidak memperlihatkan cara logika berpikir yang benar. Hal itu tentu mengundang banyak pertanyaan dari kalangan akademisi dan intelektual. Dia mengatakann, sebagaimana tercantum pada pasal 11 ayat (1) yang menyebutkan, rumpun ilmu pengetahuan merupakan kumpulan sejumlah pohon, cabang, dan ranting ilmu pengetahuan yang berkembang secara ilmiah dan disusun secara sistematis.

…dst

11 ) Peneliti Tak Mau Anggaran Dipotong
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/16/079390658/Peneliti-Tak-Mau-Anggaran-Dipotong

JUM’AT, 16 MARET 2012 | 14:22 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Yekti Maunati, mengatakan dana anggaran dari pemerintah untuk Pusat Penelitian Sumber Daya Regional sekitar Rp 900 juta. Uang sebesar itu dialokasikan kepada delapan tim untuk penelitian di luar negeri, sehingga satu tim mendapat sekitar Rp 100 juta. “Tim saya, Diaspora Champa, terdiri dari tiga peneliti dan satu orang administrasi, meneliti di Malaysia,” kata Yekti, Jumat, 16 Maret 2012. Menurut dia, jumlah setiap tim tak sama. Setiap tim menghasilkan satu buku laporan penelitian dan beberapa makalah. Jadi, dalam satu tahun, Pusat Penelitian Sumber Daya Regional LIPI menghasilkan delapan buku. “Itu dari kumpulan laporan tiap tim yang diterbitkan,” katanya.

…dst

12 ) Logam Tanah Jarang (1)
Inilah “Minyak Bumi” Abad ke-21
http://internasional.kompas.com/read/2012/03/16/11264563/Inilah.Minyak.Bumi.Abad.ke21

Jumat, 16 Maret 2012 | 11:26 WIB
KOMPAS.com- Istilah logam tanah jarang kembali mengemuka akhir-akhir ini, setelah tiga kekuatan utama ekonomi dunia, yakni AS, Jepang, dan Uni Eropa bersama-sama menggugat China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Mereka menuduh keputusan China membatasi ekspor logam tanah jarangnya bertujuan memproteksi industri teknologi dalam negerinya, dan merupakan bentuk persaingan usaha tidak sehat. Bukan kali ini saja China menggegerkan dunia dengan LTJ. Dalam salah satu krisis diplomatik terburuk antara China dan Jepang setelah Perang Dunia II tahun 2010, China mengeluarkan kartu truf yang mengagetkan sekaligus menyadarkan dunia. Negara kekuatan ekonomi kedua terbesar di dunia itu ternyata memegang kunci masa depan dunia, yakni cadangan mineral langka yang dinamakan rare earths atau logam tanah jarang (LTJ).

…dst

13 ) Inilah 10 Provinsi dengan Hasil UKA Tertinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/16/2212161/Inilah.10.Provinsi.dengan.Hasil.UKA.Tertinggi

Jumat, 16 Maret 2012 | 22:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya mengumumkan hasil akhir uji kompetensi awal (UKA) guru tahun 2012 yang telah dilaksanakan pada bulan Februari 2012 lalu. Dengan nilai rata-rata 50,1 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didaulat mendapat predikat sebagai provinsi dengan nilai rata-rata UKA tertinggi. Mendikbud Mohammad Nuh membeberkan, setelah DIY, posisi 10 besar provinsi dengan nilai rata-rata tertinggi disusul oleh DKI Jakarta (49,2), Bali (48,9), Jawa Timur (47,1), Jawa Tengah (45,2), Jawa Barat (44,0), Kepulauan Riau (43,8), Sumatera Barat (42,7), Papua (41,1) dan Banten (41,1).

…dst

14 ) Mendikbud: Perlu Peningkatan Pengawasan Sekolah
http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/03/16/85234/Mendikbud-Perlu-Peningkatan-Pengawasan-Sekolah/3

Sosbud / Jumat, 16 Maret 2012 21:47 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengaku sangat prihatin dengan kualitas pengawasan sekolah (PS) di Tanah Air. Betapa tidak, nilai rata-rata PS menunjukkan angka yang sangat menyedihkan. “Berdasarkan hasil pemetaan dari uji kompetensi awal, nilai rata-rata PS menunjukkan angka yang menyedihkan, nilainya paling rendah di antara profesi keguruan lain,” kata Nuh saat jumpa pers di kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (16/3). Nuh menjelaskan, menurut Uji Kompentensi Awal (UKA) tahun 2012, jumlah PS yang mengikuti tes berjumlah 606 orang dari 33 provinsi atau sebanyak 0,2 persen dari keseluruhan peserta. Mereka terdiri dari guru taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Nilai rata-rata untuk pengawas hanya 32,58. Sedangkan nilai terendah 10 dan tertinggi 72. Nilai tersebut yang paling rendah di antara nilai rata-rata peserta dari guru sekolah. Nilai rata-rata berdasarkan urutan adalah TK 58,87; SD 36,86; SMP 46,15; SMA 51,35; dan SMK 50,02; serta SLB 49,07.

…dst

15 ) Pemerintah Rekrut 139.878 Ribu CPNS
Untuk Mengisi Kursi Kosong PNS Pensiun
http://www.jpnn.com/read/2012/03/17/120946/Pemerintah-Rekrut-139.878-Ribu-CPNS-#

Sabtu, 17 Maret 2012 , 06:21:00
JAKARTA – Informasi soal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) terus berubah. Yang terbaru, tahun ini pemerintah akan merekrut 139.878 CPNS baru. Kuota itu akan dipenuhi dari pegawai honorer kategori I (digaji APBN dan APBD), pegawai honorer kategori 2 (digaji non APBN dan non APBD), serta pendaftar umum. Mereka akan menggantikan PNS yang memasuki pensiun tahun ini. Berdasar catatan di Badan Kepegawaian Negara (BKN), tahun ini ada 23.152 PNS instansi pusat yang pensiun. Sedangkan untuk PNS di instansi daerah berjumlah 116.726 orang. Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat mengatakan, pemerintah memang sudah berkomitmen untuk menutup kursi yang ditinggal pensiun pemiliknya itu dengan mengangkat PNS baru. Skenario awal adalah mengoptimalkan tenaga honorer Kategori 1 (K1) yang sudah diverifikasi. Jika masih kurang, akan ditambah dari honorer Kategori 2 (K2). Kemudian juga merekrut CPNS baru dari pendaftar umum.

…dst

16 ) Dilarang Praktik, Tukang Gigi Terancam Penganggur
http://www.jpnn.com/read/2012/03/16/120900/Dilarang-Praktik,-Tukang-Gigi-Terancam-Penganggur-

Jum’at, 16 Maret 2012 , 14:11:00
SAMPIT – Kebijakan pemerintah yang akan menertibkan dan melarang tukang gigi membuka praktik bakal berdampak besar terhadap sejumlah tukang gigi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sejumlah tukang gigi di wilayah ini terancam menganggur akibat kebijakan tersebut, pasalnya, menjadi tukang gigi merupakan mata pencaharian utama para ahli gigi tanpa latar belakang pendidikan kesehatan resmi tersebut. “Kalau saya dilarang membuka praktik, sama saja mematikan pangan saya dan mematikan perekonomian saya. Saya tidak ada pekerjaan lain lagi selain membuka praktik tukang gigi,” kata Husni Nafari (50), salah seorang tukang gigi yang membuka praktik di jalan Buntok, Sampit. Pemerintah mengeluarkan Peraturan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 1871/Menkes/ Per/IX/2011 tentang Pencabutan Peraturan menteri Kesehatan Nomor 339/Menkes/Per/v/1989 tentang Pekerjaan Tukang Gigi/Ahli Gigi yang intinya adalah Tukang Gigi/ Ahli Gigi tidak bisa berpraktek lagi.

…dst

17 ) 300 simpatisan siap rayakan ultah Antasari Azhar
http://www.antaranews.com/berita/301794/300-simpatisan-siap-rayakan-ultah-antasari-azhar

Sabtu, 17 Maret 2012 05:15 WIB
Tangerang (ANTARA News) – Sebanyak 300 orang yang tergabung dalam simpatisan AA mempersiapkan rencana perayaan Ulang Tahun Antasari Azhar pada hari Minggu (18/3) di Lapas Tangerang, Banten. “Kami akan memberikan kejutan pada perayaan ulang tahun Antasari Azhar pada tanggal 18 Maret,” kata Koordinator Simpatisan Antasari Azhar, Kunto Purwadi ditemui dalam jumpa pers di Serpong, Jumat. Ia mengatakan, perayaan ulang tahun untuk Antasari Azhar dimaksudkan sebagai bentuk dukungan dan motivasi semata. Pasalnya, para simpatisan merasa kagum terhadap kinerjanya selama menjadi ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain itu, Ia juga menolak bila kegiatan yang akan dilaksanakannya tersebut, memiliki motif politik atau lainnya. “Rencana ini, murni dari para simpatisan. Bahkan, keluarga Antasari pun tidak mengetahui akan semua ini,” katanya. Mengenai bentuk acara, Kunto menuturkan bila nantinya pihaknya akan mengajak penyanyi jalanan beserta simpatisan yang berjumlah 300 orang membawa kue ulang tahun. Namun, pihaknya pun tidak begitu berharap bila kue ulang tahun tersebut akan diterima langsung oleh Antasari Azhar.

…dst

18 ) Sekilas dalam negeri
Pendidikan
Khawatir rusuh, Pemkot Pontianak liburkan sekolah
Oh dokter
30 Tahun, Dokter RD Praktek Aborsi
KPK
Kapolri Bantah Penyidik KPK Ditarik karena ‘Pesanan’ Terkait Kasus Miranda
Meski Ada Beda Pendapat, KPK Harus Konsisten Berantas Korupsi
Sekilas luar negeri
Osama
Osama Dikhianati Istri Tertuanya
Para Janda Osama Mulai Diproses Hukum
Suriah
Dokter: Suriah seperti Neraka
Semua negara Teluk Arab akan tutup kedutaan di Suriah
Iran mulai berikan bantuan kemanusiaan kepada Suriah
Iran
Iran dukung penuh perjuangan Palestina