1 ) Demo Mahasiswa Tolak BBM Akan Dipusatkan di DPR pada 27-29 Maret
http://news.detik.com/read/2012/03/24/033652/1875264/10/demo-mahasiswa-tolak-bbm-akan-dipusatkan-di-dpr-pada-27-29-maret?n991102605

Sabtu, 24/03/2012 03:36 WIB
Jakarta Rencana pemerintah yang akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per tanggal 1 April 2012, banyak menuai kritik. Bila opsi kenaikkan ini tetap dilanjutkan pemerintah, ribuan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar demonstrasi besar-besaran. “Kita akan turun minggu depan antara tanggal 27-30 Maret. Sekitar seribuan dari BEM berbagai wilayah. Kita akan mengawal terus, kita lihat dinamika dilapangannya seperti apa nanti,” ujar Koordinator Pusat BEM SI, Tantri, kepada detikcom, Jumat (2/3/2012). Diagendakan bahwa hari Selasa (27/3) akan ada rapat paripurna di DPR yang salah satu agendanya merencanakan kenaikan harga BBM. Pada saat itu para mahasiswa akan berdemonstrasi di depan gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta. Lebih lanjut Tantri mengatakan pada Rabu (28/3) dan Kamis (29/3) demonstrasi juga akan dipustakan di DPR. “Hari Rabu-Kamis menggelar aksi demo dari BEM se-Jabodetabek dan BEM perwakilan wilayah Indonesia. Demo kita pusatkan di DPR,” tutupnya.

…dst

2 ) Presiden: Silakan Unjuk Rasa
Lakukan Pendekatan Persuasif
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/24/05014959/presiden.silakan.unjuk.rasa

Sabtu,24 Maret 2012
Jakarta, Kompas – Eskalasi aksi unjuk rasa untuk menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak diperkirakan akan meningkat menjelang 1 April 2012. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempersilakan masyarakat yang tidak setuju terhadap rencana kenaikan harga BBM untuk berunjuk rasa asal tertib. “Saya melihat ada protes-protes dari kalangan masyarakat tertentu. Saya harap semua protes berjalan dengan tertib, damai, dan tidak sampai menimbulkan kerusakan yang tidak perlu, apalagi korban, yang menyengsarakan rakyat,” ucap Presiden, Kamis (22/3), dalam jumpa pers di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jumpa pers diadakan sebelum Presiden dan rombongan terbang ke China. Selain ke China, Presiden bersama Ny Ani Yudhoyono juga akan mengunjungi Korea Selatan dan Hongkong. Rombongan Presiden kembali ke Jakarta hari Kamis pekan depan. Menurut Yudhoyono, demokrasi memberi ruang bagi mereka yang tidak sependapat dengan pemerintah untuk menyampaikan aspirasi. “Namun, ikutilah hukum dan aturan yang berlaku. Itulah harapan kita, harapan rakyat Indonesia,” ujarnya.

…dst

3 ) Kapolda Sumut Minta Rektor Imbau Mahasiswa Agar Tak Anarkis Saat Demo
http://news.detik.com/read/2012/03/24/000848/1875251/10/kapolda-sumut-minta-rektor-imbau-mahasiswa-agar-tak-anarkis-saat-demo?n991102605

Sabtu, 24/03/2012 00:08 WIB
Medan Dalam upaya meminimalisir efek demo mahasiswa yang menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) menggelar pertemuan dengan jajaran rektorat di Medan. Para rektor di harapkan dapat mengimbau mahasiswa agar tidak berlaku anarkis dalam aksi demo. Permintaan ini disampaikan Kepala Polda Sumut, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Hermes, Jl. Pemuda, Medan, Jumat (23/3/2012) malam. Hadir dalam pertemuan itu sejumlah rektor universitas negeri dan swasta. “Peran pimpinan kampus sangat diharapkan untuk meredam tindak anarkis mahasiswa dalam aksi demonstrasi,” kata Wisjnu. Menurut Wisjnu, dalam beberapa hari terakhir aksi demonstrasi mahasiswa sudah cenderung anarkis. Selain bentrok dengan polisi ada juga aksi perusakan. Dengan adanya imbauan dari pihak universitas, maka diharapkan aksi demonstrasi akan lebih tertib sehingga kondisi akan lebih baik.

…dst

4 ) Menkopolhukam: TNI Tidak Digunakan untuk Hadapi Demonstran
http://news.detik.com/read/2012/03/23/220016/1875239/10/menkopolhukam-tni-tidak-digunakan-untuk-hadapi-demonstran?n991103605

Jumat, 23/03/2012 22:00 WIB
Jakarta Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Djoko Suyanto membantah penyiagaan aparat TNI di Istana Merdeka dimaksudkan untuk menghadapi demonstrasi. Sebelumnya banyak yang menduga TNI sengaja dikerahkan untuk menghadapi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). “TNI belum digunakan dan tidak digunakan untuk menghadapi demonstran,” kata Djoko di Jakarta, Jumat (23/3/2012) malam. Dia menjelaskan, keberadaan TNI di obyek vital termasuk Istana untuk mempermudah gerak bila aksi massa berpotensi menimbulkan kerusuhan. “Tapi mereka di tataran operasional sudah koordinasi dengan Polri, maka TNI harus mendekat ke tempat-tempat yang berpotensi akan ada tindakan anarkis, rusuh, merusak, yang mengganggu kepentingan masyarakat lain yang jauh lebih banyak,” terangnya.

….dst

5 ) SBY Terima Honoris Causa dari Universitas Tsinghua
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/23/079392138/SBY-Terima-Honoris-Causa-dari-Universitas-Tsinghua

JUM’AT, 23 MARET 2012 | 17:48 WIB
TEMPO.CO, Beijing – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima gelar doctor honoris causa dari Universitas Tsinghua di Beijing, Jumat 23 Maret 2012. “Sungguh kehormatan dan kebahagiaan bagi saya pada hari bersejarah ini saya diundang mendapatkan gelar doctor honoris causa dari Universitas Tsinghua, satu universitas ternama dan berkelas dunia,” kata Yudhoyono setelah menerima gelar tersebut. Menurut SBY gelar tersebut sangat istimewa karena diberikan satu universitas tempat para calon pemimpin dan ilmuwan dunia menuntut ilmu. “Dari kampus ini pula berbagai pemikiran yang berhasil memacu kebangkitan dan kemajuan ekonomi Tiongkok dikembangkan,” katanya. Saat ini sekitar 75 orang mahasiswa Indonesia sedang menekuni berbagai bidang keilmuan di Universitas Tsinghua.

…dst

6 ) Di ITB Lagi Ada Bola Bambu Raksasa
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/22/079391977/Di-ITB-Lagi-Ada-Bola-Bambu-Raksasa

KAMIS, 22 MARET 2012 | 18:19 WIB
TEMPO.CO, Bandung – Sebuah bola raksasa dari bambu memenuhi lapangan Campus Center Timur ITB setelah selesai dibuat sejak Senin lalu. Bola itu bergaris tengah 10 meter setinggi 13 meter. Pembuatannya menghabiskan biaya Rp 14 juta lebih. Bola raksasa itu dibentuk dari struktur batang bambu betung. Menurut pembuatnya, Mifta, dibutuhkan 720 batang bambu yang telah dihaluskan dan dibentuk pipih sepanjang 1 meter. Selain itu, 1.700 baut serta 3.400 ring baut. “Bambunya berasal dan dibentuk di Tasikmalaya,” katanya kepada Tempo, Kamis 21 Maret 2012. Ratusan batang bambu itu dipasang bersilangan dengan teknik anyam. Pada bola, kerangka itu menghasilkan bentuk lubang pentagonal atau segi lima dan heksagonal atau segi enam. Bentuk itu seperti garis jahitan kulit bola zaman dulu ketika masih berwarna hitam dan putih.

…dst

7 ) Undip Terima Bantuan Menuju Kampus Kelas Dunia
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/03/23/m1brs6-undip-terima-bantuan-menuju-kampus-kelas-dunia

Jumat, 23 Maret 2012 13:38 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Dipinegoro Semarang mendapat dukungan guna menuju kampus berkelas dunia. Dukungan diberikan Djarum Foundation berupa sarana penunjang kegiatan belajar mengajar para mahasiswa. Bantuan tersebut di antaranya meliputi furniture, auditorium, taman, ruang berkumpul mahasiswa, serta perangkat elektronik. Perwakilan dari Djarum Foundation, Eddy Koeswanto, mengatakan bantuan ini merupakan kelanjutan dari bantuan yang telah diberikan pada tahun sebelumnya. Yakni bantuan berupa infrastruktur pendidikan meliputi furniture dan perlengkapan sarana belajar mahasiswa, termasuk laboratorium komputer, sistem informasi elektronik, koleksi buku perpustakaan, student lounge serta ruang video conference untuk gedung A dan B.

…dst

8 ) Rektor UGM Diminta Membumikan Kampus Kerakyatan
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/23/079392137/Rektor-UGM-Diminta-Membumikan-Kampus-Kerakyatan

JUM’AT, 23 MARET 2012 | 17:35 WIB
TEMPO.CO, Yogyakarta – Praktikno, Dekan Fisipol Universitas Gadjah Mada, menang mutlak dalam pemilihan rektor, Kamis, 22 Maret 2012. Sejumlah pihak meminta UGM lebih membumi dalam mengimplementasikan kampus kerakyatan. “Rektor terpilih harus mampu membuat konsep kampus kerakyatan yang diterjemahkan implementasinya,” kata Herry Zudianto, anggota Majelis Wali Amanat, usai pemilihan di Gedung Pusat UGM, Kamis. Caranya, dia meminta para akademikus lebih membumi dalam melakukan program pengabdian masyarakat dan riset. “Pakar ilmu harus mengikuti perubahan di masyakarat, jangan malah jarang turun ke masyarakat,” ujarnya. Sebagai contoh, Herry mengusulkan program Kuliah Kerja Nyata harusnya menjadi jembatan riset bagi para kalangan akademikus. “Bukan hanya KKN sebagai pelengkap administrasi semata,” katanya.

…dst

9 ) Menpan minta istilah pendidikan gratis dihilangkan
http://www.antaranews.com/berita/302849/menpan-minta-istilah-pendidikan-gratis-dihilangkan

Jumat, 23 Maret 2012 22:39 WIB |
Mamuju (ANTARA News) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar meminta istilah program pendidikan gratis di daerah sebaiknya dihilangkan dan tidak lagi digunakan pemerintah. “Program pendidikan gratis sebaiknya dihilangkan karena sesungguhnya pendidikan gratis itu tidak ada,” kata Azwar Abubakar pada rapat kerja Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh dengan para bupati di provinsi itu di Mamuju, Jumat. Raker dipimpin Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, dan dihadiri lima bupati serta sejumlah pejabat pemerintah provinsi dan kabupaten. Menteri mengatakan, pemerintah menjalankan program pendidikan dengan mengalokasikan anggaran pendidikan begitu besar melalui APBD agar siswa tidak dipungut biaya pendidikan di sekolahnya. Namun, kata dia, program itu sesungguhnya namanya bukan pendidikan gratis karena APBD yang digunakan untuk membiayai pendidikan tersebut berasal dari masyarakat yang membayar pajak.

…dst

10 ) Laba-laba misterius di perbukitan Menoreh
http://www.antaranews.com/berita/302790/laba-laba-misterius-di-perbukitan-menoreh

Jumat, 23 Maret 2012 15:06 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Peneliti mengidentifikasi spesies laba-laba unik dan sedikit misterius yang mungkin tidak ditemukan di belahan bumi manapun kecuali gua-gua pada luasan sekitar 15 kilometer persegi di kawasan karst Jonggrangan, perbukitan Menoreh, di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Penemuan spesies baru laba-laba yang disebutAmauropelma matakecil itu dipublikasikan dalam jurnal taksonomi Zookeys pada 9 Januari 2012 dalam artikel yang ditulis oleh peneliti muda dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cahyo Rahmadi dan Jeremy Miller, naturalis dari Leiden, Belanda. Melalui surat elektronik kepada ANTARA di Jakarta, Jumat, Cahyo menuturkan, sesuai dengan namanya laba-laba yang hanya ditemukan di tiga gua di perbukitan Menoreh ini memiliki mata yang mengecil, tidak seperti kerabat lain yang umumnya bermata besar. “Jenis ini matanya sangat kecil, hanya menyisakan bintik putih transparan di bagian kepalanya,” kata peneliti yang secara khusus mempelajari taksonomi kalacemeti dan biologi gua itu.

…dst

11 ) Imigrasi Bebaskan Pengisian Kartu ke Luar Negeri
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/24/063392187/Imigrasi-Bebaskan-Pengisian-Kartu-ke-Luar-Negeri

SABTU, 24 MARET 2012 | 04:23 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:- Warga negara Indonesia yang hendak ke luar negeri tidak perlu lagi mengisi kartu embarkasi dan debarkasi. Kebijakan baru ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sejak Kamis lalu. “Ini berlaku di 44 tempat pemeriksaan Imigrasi di seluruh Indonesia,” ujar Pejabat Humas Imigrasi, Maryoto Sumadi, saat dihubungi, Jumat 23 Maret 2012. Menurut dia, kebijakan tersebut merupakan salah satu program quick win Imigrasi pada 2012 ini. Maryoto mengatakan, nantinya mereka yang akan melintas tidak perlu mengisi kartu tersebut. Sebab, data mereka sudah ada di komputer. “Jadi, otomatis orang yang akan pergi dan keluar tinggal melewati saja,” katanya. “Ini merupakan bagian dari (upaya) melakukan efisiensi pelayanan publik.”Pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia, Andrinof Chaniago, menilai kebijakan Direktorat Imigrasi mengenai pembebasan kewajiban seseorang mengisi kartu embarkasi-demarkasi sudah tepat. “Ini bentuk efisiensi dari sebuah pelayanan publik kepada masyarakat,” kata Andrinof saat dihubungi kemarin.

…dst

12 ) Ilmuwan Indonesia di AS Bangun Pusat Unggulan
http://cetak.kompas.com/read/2012/03/24/04451025/ilmuwan.indonesia.di.as.bangun.pusat.ung.gulan

Sabtu, 24 Maret 2012
Jakarta, Kompas – Sebanyak 70 ilmuwan Indonesia yang bekerja di beberapa lembaga riset dan pendidikan di Amerika Serikat membuat peta jalan pembentukan pusat kegiatan riset unggulan di Indonesia. Pusat unggulan itu akan menyatukan ide dari akademisi, masyarakat bisnis, dan pemerintah untuk mengembangkan hasil riset ilmuwan Indonesia di berbagai negara. Selanjutnya, hal itu menjadi kegiatan bisnis yang berkontribusi bagi peningkatan daya saing dan kesejahteraan rakyat dalam persaingan global. Acara berlangsung di University of Maryland, College Park, AS, 16-17 Maret, diadakan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4), Permias DC, dan IAA, serta didukung KBRI Washington, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Radio PPI Dunia, BRI, dan RRI. Para ilmuwan yang hadir, antara lain, bekerja di MIT, Brown, Cornell, University of California di Irvine, dan Universitas Pittsburgh. Kegiatan juga diikuti 70 mahasiswa S-2 dan S-3 Indonesia di AS.

Salah satu penggagas I-4, Achmad Adhitya, kepada Kompas melalui surat elektronik dari Leiden, Belanda, menyebutkan, Jumat (23/3), kegiatan itu realisasi rencana I-4. Pada pertemuan di Jakarta, Desember 2010, disepakati program kerja I-4 adalah mewadahi ilmuwan Indonesia di lembaga riset dan pendidikan di berbagai negara untuk berkontribusi memajukan ilmu pengetahuan dan bisnis di Indonesia. Menurut ketua kegiatan, Dr Etin Anwar, para ilmuwan sepakat membangun pusat unggulan untuk membangun peta jalan riset yang dapat diaplikasikan di Indonesia. Panelis Dr Haryo Winarso menjelaskan, pertemuan lanjutan digelar di Jakarta pada pertengahan tahun 2012 dan akan membahas langkah nyata bentuk kerja sama antara akademisi, bisnis, dan pemerintah. (NMP)

>>>

13 ) Sekilas Dalam Negeri
Aktivis: TNI Jaga Demo BBM? Ini Mulai Lebay!
Menkopolhukam: TNI Bersiaga di Istana Tak Perlu Izin DPR
Tarif Angkutan Diusulkan Naik 35%
Kasus Miranda dan Angie Masih Terbengkalai
Sekilas Luar Negeri
Balas Ancaman Sanksi AS, India tidak Mau Kalah Gertak
Harga Minyak Naik, Obama: Ini karena Iran dan Timur Tengah
Ekspor Minyak Iran Turun Signifikan, Pasar Dunia Ketakutan
Minyak melonjak didorong laporan penurunan ekspor Iran