1 ) Anggaran Pendidikan Dapat Tambahan Hampir 14 Triliun
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/29/17032797/Anggaran.Pendidikan.Dapat.Tambahan.Hampir.14.Triliun

Kamis, 29 Maret 2012 | 17:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Anggaran pendidikan mendapat tambahan dana hampir Rp 14 triliun dalam APBN Perubahan Tahun 2012. Sebelumnya, tambahan dana Rp 11,2 triliun, namun DPR memberi tambahan lagi Rp 2,7 triliun. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR Asman Abnur dalam rapat kerja Komisi X bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Jakarta, Kamis (29/3/2012).Tambahan dana yang diberikan badan anggaran DPR senilai Rp 2,7 triliun tersebut dibagi 60 persen untuk Kemendikbud dan 40 persen untuk kementerian dan lembaga pemerintah lainnya yang juga menjalankan fungsi pendidikan.

…dst

2 ) Alumni ITB Terima Penghargaan dari Ratu Inggris
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/29/373/601723/alumni-itb-terima-penghargaan-dari-ratu-inggris

Kamis, 29 Maret 2012 13:15 wib
JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) patut berbangga hati. Pasalnya, salah seorang alumni Aeronotika dan Astronotika ITB mendapat penghargaan dari orang nomor satu di Inggris, Queen Elizabeth II. Dia adalah Asmayani Tjokronegoro. Alumni lulusan tahun 2000 tersebut memperoleh reputasi tingkat dunia dalam bidang keselamatan transportasi. Bertempat di Istana Buckingham, Inggris pada Februari lalu, Yani, begitu dia biasa disapa, mendapat penghargaan atas dedikasi kerjanya di bidang Keselamatan Penerbangan.
Penghargaan ini diterima Yani bersama timnya berdasarkan karya mereka menyusun sebuah sistem perencanaan keselamatan penerbangan yang dianggap paling baik di Inggris. Setelah lulus dari ITB, Yani memulai kariernya di Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai penyelidik keselamatan udara. Sejak kuliah, Yani memang telah tertarik pada bidang Keselamatan Penerbangan. Banyaknya kecelakaan penerbangan yang disebabkan oleh faktor kesalahan manusia membuat Yani lebih memfokuskan studinya pada human factor. Dia pun berpartisipasi dalam banyak penyelidikan kecelakaan maupun insiden penerbangan, dan turut serta mengembangkan KNKT.

…dst

3 ) Disinsentif PTN Sulit Dilakukan
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/30/373/602396/disinsentif-ptn-sulit-dilakukan

Jum’at, 30 Maret 2012 09:36 wib
JAKARTA– Ancaman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan memotong subsidi bagi perguruan tinggi negeri (PTN) jika nekat menaikkan sumbangan pendidikan dan pembangunan (SPP), sulit dilakukan. Pengamat pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Said Hamid Hasan mengatakan, Kemendikbud sebagai penaung PTN tidak semestinya memberikan kebijakan asal memotong subsidi. Menurut dia, ancaman seperti itu sangat tidak simpatik yang dilakukan oleh kalangan akademisi. Said menjelaskan, kenaikan SPP di tahun ajaran baru sangat sulit dielakkan. Pasalnya, biaya operasional suatu kampus sangat bergantung pada harga pasar, seperti pembelian kertas, pembelian bahan praktikum, dan biaya internet yang akan naik seiring dengan kenaikan harga BBM. Dia menyatakan, Kemendikbud memang membiayai biaya operasional kampus, namun nilainya masih belum dapat menutupi pengeluaran, sehingga kampus pun tetap akan membebankan biaya itu kepada mahasiswa baru. Kalau memang Kemendikbud ingin mencegah kenaikan SPP, ujarnya, Kemendikbud harus menutupi biaya operasional itu secara total.

…dst

4 ) “Intregated Faculty Club”, Sarana Rekreasi UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/29/18184283/.Intregated.Faculty.Club.Sarana.Rekreasi.UI

Kamis, 29 Maret 2012 | 18:18 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Kawasan Integrated Faculty Club (IFC) seluas 6.707 meter persegi rencananya akan menjadi tempat rekreasi di Kampus Universitas Indonesia di Depok. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas lapangan tenis, driving range, lapangan futsal, kolam renang standar internasional, ruang seminar multimedia, dan auditorium. Seluruh area ini terbagi menjadi empat kawasan antara lain area komersial, area olah raga, pertemuan, dan poliklinik. Tidak hanya mahasiswa, semua fasilitas ini dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Apakah untuk menikmati fasilitas di area ini harus membayar? “Soal ini saya tidak tahu. Belum ada pembicaraan mengenai hal ini,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani, Kamis (29/3/2012) di Depok.

…dst

5 ) UI Bersikeras, Rekreasi Masuk “Masterplan” UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/29/17390249/UI.Bersikeras.Rekreasi.Masuk.Masterplan.UI

Kamis, 29 Maret 2012 | 17:39 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Pihak Universitas Indonesia (UI) menilai, masterplan pembangunan kampus UI Depok tidak hanya mengedepankan pengembangan segala sarana pendukung fasilitas akademik. Di wilayah itu juga akan disediakan khusus areal rekreasi yang terbuka untuk masyarakat. Juru bicara UI Siane Indriani mengatakan, pengadaan sarana rekreasi untuk masyarakat merupakan bagian dari visi masterplan UI yang juga ingin berintegrasi dengan wilayah sekitar.
“Nantinya, fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Soal bayar atau tidak, itu belum diatur,” kata Siane, Kamis (29/3/2012), di Kampus UI, Depok.

…dst

6 ) Italia Sediakan Beasiswa bagi Pelajar Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/29/1150187/Italia.Sediakan.Beasiswa.bagi.Pelajar.Indonesia

Kamis, 29 Maret 2012 | 11:50 WIB
KOMPAS.com — Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta membuka peluang bagi pelajar Indonesia yang berprestasi untuk mendapatkan beasiswa ke Italia pada Juni 2012. Beasiswa ini terbuka untuk semua pelajar di Indonesia dari berbagai jurusan akademis yang ingin melanjutkan pendidikan S-1 hingga S-3. Menurut Direktur IICJ Giovanna Jatropelli di Jakarta, Rabu (28/3/2012), pemberian beasiswa tahun ini akan dilakukan mulai Juni 2012. Dalam satu tahun lembaga kebudayaan resmi Pemerintah Italia itu bisa memberangkatkan 30 pelajar Indonesia ke Italia. “Untuk prosesnya, para pelajar yang ingin mendapatkan beasiswa bisa mengisi formulir yang kami sediakan. Setelah itu akan ada tes kemampuan akademis, termasuk kemampuan berbahasa Italia, tes minat, dan wawancara dengan pengurus di sini,” ujarnya.

…dst

7 ) SNMPTN Jalur Undangan
UNY Blacklist 10 Sekolah
http://kampus.okezone.com/read/2012/03/29/373/601587/uny-blacklist-10-sekolah

Kamis, 29 Maret 2012 09:39 wib
YOGYAKARTA – Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mem-blacklist 10 sekolah dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan. Kebijakan ini dilakukan lantaran dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2012 melalui jalur undangan, sekolah-sekolah tersebut terbukti melakukan kecurangan. Selain sekolah,yang harus menanggung sanksi ini juga siswa. “Namun untuk jalur lain, seperti jalur ujian tertulis dan mandiri, siswa dari sekolah itu tetap dapat mengikutinya,” kata Rektor UNY Rochmat Wahab di sela-sela sosialisasi kegiatan Dies Natalis enam windu atau 48 tahun UNY di kampus setempat, kemarin. Menurutnya, dari 10 sekolah tersebut, ada juga yang dari Yogyakarta. Namun karena alasan etika, Rochmat tidak bersedia menyebutkan nama-nama sekolah itu. Apalagi, kata dia, belum tentu tindakan sekolah itu disengaja, bisa jadi karena adanya kekeliruan kepala sekolah dalam memasukkan data.

…dst

8 ) ITS Siap Produksi Mobil Listrik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482010/

Friday, 30 March 2012
SURABAYA– Sukses meluncurkan mobil irit BBM “Paijo” Sapu Angin 6 (SA 6) dan Sapu Angin 7 (SA 7), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya terus berinovasi. Kini ITS sedang menyiapkan pembuatan mobil listrik dengan dana Rp400 juta yang sudah disiapkan. Sesuai rencana mobil listrik karya ITS akan diberi nama “Putra Petir”. Mobil ini ditargetkan selesai tahun 2014. Tahun ini masih tahap persiapan untuk mematangkan program pembuatan. “Kita akan kembangkan mobil listrik. Kita sudah siapkan anggaran dana Rp400 juta,” kata Pembantu Renktor (PR) I ITS Herman Sasongko kemarin. Prototipe atau bentuk awal Putra Petir akan dibuat lebih elegan, mobil bisa menampung empat penumpang, yang tentu dengan teknologi canggih. Untuk jangka panjang, mobil listri ITS tersebut ditargetkan bisa dijadikan sebagai mobil nasional (mobnas) dan diproduksi secara massal. “Kami yakin kalau kita mau pasti bisa,” tuturnya.

…dst

9 ) Mahasiswa UNY Kembangkan Dodol Kunyit
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/30/09533470/Mahasiswa.UNY.Kembangkan.Dodol.Kunyit

Jumat, 30 Maret 2012 | 09:53 WIB
Kompas.com – Dodol, makanan manis yang lengket itu ternyata bisa dibuat dari berbagai bahan makanan, salah satunya kunyit kuning (Curcuma domestica val). Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta telah mencobanya. Selain enak, dodol ini juga menyehatkan. “Kunyit kuning dapat digunakan sebagai bahan pembuatan dodol yang menarik dan bermanfaat bagi kesehatan, karena kunyit jenis itu mempunyai warna alami yang cerah, dan mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan,” kata ketua tim mahasiswa pengembang dodol kunyit kuning, Diky Wahyu Priyambudi di Yogyakarta, Jumat.

…dst

10 ) Gaet Mahasiswa Baru, Despro ITS Pamerkan Karya
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482013/

Friday, 30 March 2012
SURABAYA – Jurusan Desain Produk(Despro) IndustriInstitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mulai mendekatkan diri ke siswa-siswa SMA/ SMK se-Jawa Timur. Mahasiswa jurusan ini mengusung hasil karya untuk bisa dilihat oleholeh para guru dan siswa. Pameran tersebut sebagai salahsatu upaya menarik lulusan SMA/SMK agar melanjutkan studi ke jurusan Despro ITS.Acara dengan nama In House Exhibition (Inex) 2012 bertema “Pendidikan Berbasis Kreativitas” yang dituangkan dalam seminar, workshop, dan pameran hasil karya mahasiswa. Dalam acara ini Despro menggandeng MNC Grup (Harian Seputar Indonesia, MN CTV, RCTI, Global TV,MH TV,dan Sindo Radio)

…dst

11 ) UT Latih Dosen UNM Operasikan Alat Berat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481891/

Friday, 30 March 2012
PT UNITED Tractors akan memberikan pelatihan khusus kepada dosen pengembang kompetensi keahlian Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar,untuk mengoperasikan alat berat. Selain kepada dosen, manajemen perusahaan itu juga akan memperluasnya kepada mahasiswa teknik di universitas tersebut.Tidak hanya itu,mahasiswa Fakultas Teknik juga akan diberi kesempatan melaksanakan Praktik Kerja Industri di United Tractors,serta akan menghibahkan beberapa komponen alat berat untuk digunakan sebagai media praktik bagi mahasiswa. Hal itu tercantum dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pihak PT UT dan UNM yang dilakukan Prof Dr Arismunandar selaku rektor,dengan Branch Manager PT United Tractors Suhardi,di Rektorat UNM Lantai 3,kemarin.

…dst

12 ) Unhas Kukuhkan Guru Besar Ke-301
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/481893/

Friday, 30 March 2012
UNIVERSITAS Hasanuddin (Unhas) Makassar kembali melahirkan guru besar di bidang biologi perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, yakni Budimawan. Dia merupakan guru besar ke-301 yang telah dikukuhkan. Budimawan dikukuhkan dalam sidang senat luar biasa Unhas yang dipimpin langsung Rektor/Ketua Senat Prof Dr dr Idrus A Paturusi di Gedung Rektorat Unhas,kemarin. Dalam orasi ilmiahnya yang bertajuk `’Kontribusi Otolithometry Sclerochhronology”, Prof Budimawan menuturkan,nelayan banyak mengenal cara menangkap ikan.

…dst

13 ) Pameran Pendidikan Amerika, Ada Beasiswa
http://www.jpnn.com/read/2012/03/30/122513/Pameran-Pendidikan-Amerika,-Ada-Beasiswa-

Jum’at, 30 Maret 2012 , 09:02:00
MEDAN- Konsulata Amerika Serikat untuk Medan kembali mengadakan acara pameran pendidikan Universitas di kota Medan. Dan untuk pameran kali ini, diikuti oleh lebih dari 28 universitas terkemuka di Amerika Serikat, bahkan dalam pameran ini juga disediakan beasiswa bagi para peserta yang ingin menjajaki dunia pendidikan di Amerika. “Pameran ini untuk memberi tahukan ke masyarakat di kota Medan, bahwa ada beasiswa yang disediakan bagi yang ingin mencoba pendidikan di Amerika,” ujar Advisor EducationUSA Indonesia untuk Medan, Donna Ria Pasaribu. Pameran ini hanya diselenggarakan selama 1 hari (29/3) di Hotel JW Marriot Medan.

…dst

14 ) Tersedia Beasiswa untuk 1.000 Mahasiswa Asing
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/30/309320/293/14/Tersedia-Beasiswa-untuk-1.000-Mahasiswa-Asing

Jumat, 30 Maret 2012 06:12 WIB
JAKARTA–MICOM: Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan beasiswa bagi 1.000 mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia tahun 2012 ini. Saat ini telah terdaftar 2.896 mahasiswa dari 80 negara pada atase pendidikan dan perwakilan KBRI Indonesia di seluruh dunia. “Kami membuka diri seluas-luasnya bagi mahasiswa asing untuk belajar di indonesia sehingga ketika mereka kembali ke negaranya mampu menjadi Indonesianis yang mengenalkan Indonesia di negara mereka masing-masing,” kata Kepala Biro PKLN Kemendikbud, Ananto Kusuma Seta saat membuka Lokakarya Standarisasi Kurikulum,Silabus, dan Regulasi Program Darmasiswa RI di Jakarta, Kamis (29/3).

…dst

15 ) Arkeolog: Gunung Padang Bukan Piramida
http://www.tempo.co/read/news/2012/03/29/079393278/Arkeolog-Gunung-Padang-Bukan-Piramida

KAMIS, 29 MARET 2012 | 11:05 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional (Arkenas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Harry Truman Simanjutak, membantah anggapan bahwa situs Gunung Padang adalah bagian dari Atlantis. “Bahkan, situs tersebut belum bisa dikatakan sebagai piramida,” ucapnya pada Kamis, 29 Maret 2012. Harry yang berbicara dalam acara “Rembuk Arkeologi Situs Gunung Padang” menyatakan situs Gunung Padang ada di zaman yang lebih muda daripada yang selama ini diperkirakan. “Banyak yang menyangka bahwa situs tersebut berasal dari zaman 11.000 tahun yang lalu,” ucapnya. Angka 11.000 tersebut muncul dari pendapat Plato mengenai keberadaan Atlantis dalam bukunya Timeaus dan Critias. Dalam buku tersebut Plato menyebut adanya sebuah peradaban yang sangat maju yang belakangan dikenal dengan nama Atlantis.

…dst

16 ) BOS SMA/SMK Ditambah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/29/17022659/BOS.SMA/SMK.Ditambah.

Kamis, 29 Maret 2012 | 17:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Besaran dana rintisan bantuan operasional sekolah (BOS) untuk jenjang SMA/SMK ditambah. Penambahan ini terjadi karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapatkan tambahan dana pendidikan dari APBN Perubahan Tahun 2012. Anggaran pendidikan nasional mendapat tambahan dana hampir Rp 14 triliun dalam APBN Perubahan. Sebelumnya, Kemendikbud mendapat tambahan Rp 11,2 triliun, namun DPR menyetujui lagi penambahan dana senilai Rp 2,7 triliun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh usai rapat krja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Kamis (29/3/2012), mengatakan adanya tambahan dana untuk pendidikan akan dipakai sebagian untuk mempersiapkan diluncurkannya pendidikan menengah universal atau seperti wajib belajar tingkat SMA/SMK pada tahun 2013. “Mulai tahun ini perlu dipersiapkan dulu, mulai dari rintisan BOS, infrastruktur, hingga guru-gurunya,” kata Nuh.

…dst

17 ) Sekilas dalam Negeri
Demo Kenaikan BBM