“Innalillahi Wainnailaihi Raji’un”, Hari Minggu tanggal 1 April 2012 sekitar pukul 10.30 WIT, Kampus Merah Darussalam berduka… Telah berpulang ke Rahmatullah Dr. Ir. La Muhuria, MP, Seorang Dosen yang dikenal memiliki Integritas, prefesionalitas dan loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaannya selaku staf edukatif pada Almamater tercinta Universitas Darussalam Ambon, maupun pengabdiannya kepada daerah, bangsa dan Negara umumnya.
Sampai dengan sekarang ini Beliau (alamarhum) menjabat sebagai: (1) Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP3M-UNIDAR), (2) Tergabung dalam TIM Ahli Kawasan Pembangunan Ekonomi Terpadu (KAPET) Seram, (3) Tergabung dalam Dewan Riset Daerah Provinsi Maluku, (4) Konsultan pada Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Provinsi Maluku, (5) Tim Pemeriksa Proposal Penelitian tingkat Kopertis Wilayah XII Maluku,Maluku Utara, Papua dan papua Barat, serta masih banyak lagi bentuk pengabdian dan pemikiran yang beliau dedikasikan untuk kemajuan Daerah, bangsa dan Negara ini. Bahkan selama menjabat sebagai ketua LP3M Universitas Darussalam, sudah banyak hal yang beliau kerjakan termasuk menjalin kerja sama dengan instansi-instansi terkait dalam hal pembangunan dan pengembangan beberapa komoditas unggulan daerah. Oleh karena itu tidaklah berlebihan jika bisa di katakan saat ini bukan saja Universitas Darussalam, namun Maluku kehilangan salah satu sosok bahkan tokoh yang penuh inovatif dan inspiratif dalam membangun dan mengembangkan daerah Maluku.
Ditengah-tengah kesibukan dan kepadatan pekerjaannya, namun beliau tetap bersemangat dan selalu berusaha untuk menyelesaikannya dengan baik, karena beliau dikenal sebagai sosok yang penuh motivasi, pekerja keras dan pantang menyerah. Beliau adalah sosok di Universitas Darussalam yang layaknya selalu menjadi Teladan bagi seluruh Civitas Akademika.
Beliau pergi, disaat Universitas Darussalam masih membutuhkan inovasi dan inspirasinya. Beliau pergi di saat Universitas Darussalam masih menginginkannya tetap bersama untuk mengembangkan Universitas Darussalam dan daerah Maluku ke arah yang lebih baik.
Beliau adalah sosok yang dikenal tegas namun tetap bersahaja. Beliau adalah sosok yang selalu mau berbagi pengalaman dengan teman-teman seprofesinya. Beliau adalah sosok yang selalu mau berdiskusi dengan siapa saja tanpa pandang status sosial. Beliau adalah sosok yang dikenal rendah hati namun tetap berwibawa. Beliau adalah sosok yang selalu mau menjadi teman sekaligus orang tua yang baik. Beliau adalah sosok yang inovatif karena selalu mendatangkan ide-ide baru, beliau adalah sosok yang penuh inspiratif karena selalu mau membangkitkan semangat orang-orang di sekitarnya…dan karena itulah beliau adalah sosok yang tidak akan pernah terlupakan dan tergantikan.
Hari ini Dr.Ir. La Muhuria, MP telah pergi meninggalkan kita, namun semangatnya, motivasinya, kerja kerasnya, profesionalitas, dan loyalitasnya terhadap Universitas Darussalam khusunysa, dan daerah serta bangsa dan Negara umumnya akan selalu diingat dan dikenang, dan semoga semua ini akan bisa mengilhami seluruh civitas akademika Universitas Darussalam untuk meneladani kerpibadiannya demi kemajuan bersama..
Universitas Darussalam masih membutuhkan sosok Dr.Ir. La Muhuria, MP, namun Allah SWT telah memanggilnya. Beliau meninggal dalam tugas. Beliau adalah sang motivator sejati, baik bagi mahasiswa, maupun bagi teman-teman seprofesinya.
Semoga Almarhum Dr. Ir. La Muhuria, MP diterima disisi Allah SWT, segala dosanya diampuni dan segala amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkannya mendapatkan ketabahan dan perlindungan dari Allah SWT, Amin.
Selamat jalan Sang Inovator dan Inspirator sejati, Engkau telah mewariskan profesionalitas, integritas dan loyalitas yang baik kepada kami untuk dapat meneladaninya, demi untuk memajukan dan mengembangkan Universitad Darsussalam tercinta khusunya, serta daerah, bangsa dan Negara umumnya….!!!

Ditulis Oleh : Husain Latuconsina, S.Pi, M.Si
Staf Edukatif Faklutas Perikanan dan Ilmu Kelauatan UNIDAR-Ambon