1 ) Subsidi Siswa Miskin Batal Ditambah
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/01/20094927/Subsidi.Siswa.Miskin.Batal.Ditambah

Minggu, 1 April 2012 | 20:09 WIB
BOGOR, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) batal menambah jumlah penerima Subsidi Siswa Miskin (SSM). Hal itu resmi diputuskan, menyusul batalnya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) per 1 April. 2012. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan, perluasan cakupan SSM dimaksudkan sebagai kompensasi kenaikan harga BBM. Rencananya, jumlah penerima SSM akan ditingkatkan mencapai 14 juta (SD-SMA), dari jumlah penerima saat ini yang hampir menyentuh angka 6 juta penerima. Atau setara dengan 12 persen dari jumlah total siswa miskin di Indonesia.

…dst

2 ) Beasiswa untuk siswa miskin tetap digulirkan
http://www.antaranews.com/berita/304192/beasiswa-untuk-siswa-miskin-tetap-digulirkan

Minggu, 1 April 2012 14:15 WIB
Bogor (ANTARA News) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tetap memberikan beasiswa kepada siswa miskin meski rencana penaikan BBM ditunda. “Ada atau tidak ada kompensasi dari kenaikan BBM, program beasiswa miskin tetap berjalan yang berpengaruh dari tertundanya kenaikan BBM adalah perluasan cakupan pemberian beaiswanya,” kata Mendikbud Mohammad Nuh usai meresmikan SDN Babakanmadang 01 di Kabupaten Bogor, Minggu. Beasiswa bagi siswa miskin akan diberikan kepada sekitar 3 juta siswa sekolah dasar di seluruh Indonesia. “Jumlahnya Rp360.000 per siswa per tahun dan akan naik menjadi Rp450,000 per siswa per tahun,” kata Mohammad Nuh. Pada kesempatan peresmian ruang kelas baru itu Mendikbud mengimbau kepada masyarakat meski kondisi ekonomi sebagian masyrakat belum baik namun bangunan sekolah harus baik agar kegiatan belajar mengajarnya bisa terlaksana dengan baik.

…dst

3 ) Bantuan Siswa Tetap Diberikan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482525/

Monday, 02 April 2012
BOGOR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap akan memberikan bantuan siswa miskin (BSM), meskipun kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ditunda. Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan,BSM tetap diberikan karena sudah tercantum dalam komponen pembiayaan di APBN Perubahan 2012. Besarannya juga tetap yakni unit cost pada satuan pendidikan SD, naik dari yang semula Rp360.000 menjadi Rp460.000. Kemudian satuan pendidikan SMP naik dari Rp580.000 menjadi Rp700.000,sedangkan kenaikan terbesar pada satuan pendidikan SMA dan sederajat, yakni dari Rp700.000 menjadi Rp1.000.000 per orang per tahun.

…dst

4 ) Beasiswa Master Ilmu Lingkungan di Unpad
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/02/368/603784/beasiswa-master-ilmu-lingkungan-di-unpad

Senin, 02 April 2012 11:10 wib
JAKARTA – Jika kamu sarjana yang berminat meneruskan pendidikan di bidang ilmu lingkungan, beasiswa dari Universitas Padjadjaran (Unpad) ini tepat untukmu.Melalui program Beasiswa Unggulan (BU) Kemendikbud, Program Studi Magister Ilmu Lingkungan (PSMIL) Unpad menawarkan bantuan studi pada konsentrasi ‘Manajemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan’. Di sini, kamu bisa belajar dari para ahli dalam bidang tersebut. Tidak hanya pengajar dalam negeri, pengajar dari kampus-kampus asing juga akan membagikan ilmunya di PSMIL Unpad. Mereka, di antaranya berasal dari Tokyo University, Berkeley University, dan Hawai University. Syarat utamanya, IPKmu haruslah minimal 3,4. Jika nilai IPKmu di bawah 3,4, tetapi kamu memiliki berbagai prestasi nonakademik, maka tidak ada salahnya jika kamu tetap mengirimkan aplikasi beasiswa ini. Lampirkan semua bukti prestasimu tadi seperti penghargaan lomba, dan aktivitas organisasi.

…dst

5 ) Kuliah Gratis di Adelaide, Mau?
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/02/368/603777/kuliah-gratis-di-adelaide-mau

Senin, 02 April 2012 10:18 wib
JAKARTA – Setiap tahun, pemerintah Australia memberikan beasiswa bagi para pelajar internasional. Salah satu perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam program beasiswa ini adalah University of Adelaide. Melalui program Adelaide Scholarships International (ASI), kampus ini memberikan berbagai beasiswa pascasarjana di berbagai bidang studi. Setelah melalui seleksi yang sangat kompetitif, para penerima beasiswa berhak atas biaya pendidikan selama dua tahun untuk pendidikan magister penelitian (master degree by research), dan tiga tahun untuk pendidikan doktoral penelitian (doctoral research degree). Kamu juga akan mendapatkan biaya hidup tahunan USD23.728 atau sekira Rp217,8 juta (Rp9.183 per USD). Penerima beasiswa juga akan mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan jika memegang visa 574. Asuransi ini juga berlaku bagi pasangan suami/istri dan anak selama masa pendidikan. Perlu diingat, biaya pembuatan visa tidak ditanggung pemberi beasiswa.

…dst

6 ) Pola Baru SNMPTN Masih Perlu Dibahas
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/07413652/Pola.Baru.SNMPTN.Masih.Perlu.Dibahas

Senin, 2 April 2012 | 07:41 WIB
Jakarta, Kompas – Pola baru seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri yang mulai tahun 2013 hanya lewat jalur undangan masih perlu pembahasan. Perlu kesepakatan antara pemerintah dan perguruan tinggi negeri, terutama soal kuota peserta sesuai akreditasi sekolah. Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) mulai tahun 2013 tidak ada lagi ujian tulis. Dari kapasitas kursi yang tersedia di perguruan tinggi negeri (PTN), minimal 60 persennya melalui jalur undangan, sedangkan 40 persennya melalui jalur mandiri.”Pada prinsipnya, PTN menyetujui pola baru SNMPTN. Pola ini dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Sekolah pun terdorong untuk meningkatkan akreditasinya supaya kesempatan siswanya besar,” kata Idrus Paturusi, Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, yang dihubungi dari Jakarta, Minggu (1/4).

…dst

7 ) ITS rancang “city car” listrik
http://otomotif.antaranews.com/berita-otomotif/1333256243/its-rancang-city-car-listrik

Minggu, 1 April 2012 11:57 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Jawa Timur, merancang mobil listrik sejenis city car yang diharapkan tuntas pada 2012. “Kami memang terlibat dalam konsorsium perancangan mobil listrik Putra Petir, tapi kami juga merancang city car listrik sebagai alternatif,” kata Pembantu Rektor (PR) IV ITS Prof Darminto di Surabaya, Minggu.Didampingi PR I ITS Prof Ir Herman Sasongko, ia menjelaskan ITS menyiapkan dana Rp400 juta untuk membuat city car listrik yang diusahakan sudah jadi pada tahun ini. “Pemerintah sendiri menyiapkan dana Rp100 miliar untuk mewujudkan mobnas (mobil nasional) listrik pada tahun 2014 dengan melibatkan empat universitas yakni UI, ITB, UGM, dan ITS,” katanya. Namun, katanya, ITS akan merancang city car sendiri sebagai alternatif, sebab ITS tidak ingin proyek mobnas listrik yang dirancang pemerintah itu gagal. “Jadi, city car listrik yang kami rancang itu sebagai alternatif, karena mahasiswa kami sendiri sudah merancang mobil listrik sejak 2011 dan hasilnya sudah dicoba Menteri BUMN Dahlan Iskan (31/3),” katanya.

…dst

8 ) Pengamat: BBM Bersubsidi Musuh Bersama
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/04/02/07282330/Pengamat.BBM.Bersubsidi.Musuh.Bersama

Senin, 2 April 2012 | 07:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, menilai, bahan bakar minyak bersubsidi adalah musuh bersama. Untuk itu, ia berharap pemerintah mau memperketat penggunaan BBM bersubsidi dengan sejumlah cara. “Pengalihan penggunaan BBM ke bahan bakar gas (BBG) di sektor transportasi darat tak bisa ditunda lagi,” ujar Djoko kepada Kompas.com, Minggu (1/4/2012). Ia menyebutkan, kondisi angkutan umum harus dibuat senyaman kendaraan pribadi. Subsidi BBM harus diberikan untuk angkutan umum. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan untuk kendaraan pribadi. “Naikkan harga BBM untuk kendaraan pribadi, berikan subsidi buat angkutan umum,” tambah Djoko. Menurut dia, pengetatan konsumsi BBM bersubsidi harus dilakukan karena selama ini kendaraan pribadi yang mengonsumsi BBM bersubsidi 93 persen. Sepeda motor mengambil porsi 40 persen, sedangkan mobil 53 persen.

…dst

9 ) Dahlan Iskan bicara kontrak ulang migas
http://www.antaranews.com/berita/304222/dahlan-iskan-bicara-kontrak-ulang-migas

Minggu, 1 April 2012 19:55 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Dosen dan mahasiswa ITS Surabaya agaknya tidak segan-segan mencecar Menteri BUMN Dahlan Iskan dengan pertanyaan seputar perlunya kontrak ulang minyak dan gas dengan asing yang merugikan Indonesia. “Apa tidak mungkin kita meminta migas milik kita sendiri yang sudah kita kontrakkan kepada Singapura, Amerika, dan sebagainya, karena alasan kita sendiri kekurangan,” ucap Guru Besar ITS Prof.Ir. Soegiono. Tentu saja, pertanyaan dari mantan Rektor ITS itu mengundang pertanyaan yang sama dari sejumlah mahasiswa yang mengikuti Kuliah Bung Karno untuk Kebangsaan dan Teknologi di Gedung Robotika ITS Surabaya, 31 Maret lalu. Pertanyaan itu ditanggapi Menteri BUMN Dahlan Iskan yang juga asli Jawa Timur itu dengan menyodorkan optimisme yang justru mengundang aplaus ratusan peserta kuliah kebangsaan itu. “Kami sudah sepakat menjadi negara demokrasi. Oleh karena itu, kami tidak boleh bersikap totaliter. Ciri negara demokrasi adalah menghormati kontrak atau komitmen yang sudah ada pada masa lalu yang saat itu mungkin tidak rugi,” ucapnya.

…dst

11 ) Dahlan Iskan: Inovasi ITS Solusi Masalah Bangsa
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/02/373/603887/dahlan-iskan-inovasi-its-solusi-masalah-bangsa

Senin, 02 April 2012 12:11 wib
JAKARTA – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti MUhammad Hatta dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengagumi berbagai karya inovasi yang dihasilkan civitas academica Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Dahlan bahkan menyebut, beberapa inovasi itu mampu menyelesaikan masalah di Tanah Air. Teknologi pengatur air wudu, misalnya, oleh Dahlan diproyeksikan akan menjadi solusi ketersediaan air. Dalam Kuliah Bung Karno di kampus ITS akhir pekan lalu, Dahlan memaparkan, alat ini mampu membuat kita berhemat hingga satu liter air setiap kali berwudu. Biasanya, kegiatan berwudu membutuhkan 1,5 liter air. “Dengan alat ini, kita bisa berwudu dengan hanya 0,5 liter air. Tinggal menunggu diaplikasikan,” kata Dahlan seerti disitat dari laman ITS, Senin (2/4/2012).

…dst

12 ) KNP: Batalkan RUU Pendidikan Tinggi
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/01/19301018/KNP.Batalkan.RUU.Pendidikan.Tinggi.

Minggu, 1 April 2012 | 19:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Mahasiswa dan organisasi masyarakat peduli pendidikan menuntut pembatalan pengesahan Rancangan Undang-undang perguruan tinggi (RUU PT). Sebab, RUU PT ini mengancam hak rakyat atas pendidikan. RUU PT yang hendak memprivatisasi lembaga-lembaga pendidikan tinggi negeri direncanakan akan disahkan awal bulan April ini. RUU Pendidikan Tinggi secara tegas menganut prinsip otonomi pendanaan yang akan diberlakukan pada semua lembaga pendidikan tinggi. Penolakan ini disampaikan Komite Nasional Pendidikan di Jakarta, Minggu (1/4/2012). Komisi ini akan terus mengawal RUU Pendidikan Tinggi.

…dst

13 ) UII Komit Gandeng PT Asing
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/02/373/603730/uii-komit-gandeng-pt-asing

Senin, 02 April 2012 08:52 wib
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) terus menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi asing (PTA). Baik yang sedang dalam proses, maupun pengembangan dari kerja sama yang sudah dilakukan. Terutama dalam bidang akademik maupun bidang pendidikan lain. Misalnya, pertukaran mahasiswa, dosen dan staf, penelitian bersama, partisipasi seminar dan diskusi, serta gelar ganda. “Kerja sama yang ini, baik di tingkat universitas, fakultas maupun jurusan,” ungkap Rektor UII Edy Suandi Hamid saat wisuda periode IV UII di Auditorium Kahar Muzakkir, Kampus, UII, akhir pekan lalu.Menurut Edy, beberapa perguruan tinggi asing yang sudah menjalin kerja sama dengan UII antara lain, Saxion University Of Applied Sciences, Belanda, dan Rajamanggala University of Teknologi Thanyaburi.

…dst

14 ) STMIK Amikom Terapkan MPOM
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/482542/

Monday, 02 April 2012
YOGYAKARTA-Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amikom Yogyakarta,kini tidak perlu repot lagi dalam membayar biaya pendidikan. Sebab mulai tahun ini,pembayaran tersebut bisa dilakukan secara online di Bank Muamalat Indonesia (BMI) yang telah ditunjuk oleh STMIK Amikom. Sistem pembayaran secara online yang diberinama Muamalat Payment Online Mitra (MPOM) tersebut secara resmi diluncurkan Ketua STMIK Amikom Mohammad Suyanto di Kantor Cabang BMI Yogyakarta, Senin (19/3) lalu. “Dengan implementasi sistem ini diharapkan sudah tidak ada lagi antrean panjang mahasiswa, baik saat pembayaran maupun registrasi,”kata Ketua STMIK Amikom M Suyanto di sela-sela gathering bersama jajaran PT BMI,kemarin.

…dst

15 ) STP Bandung Dirikan Pusat Kajian Kuliner Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/02/12050259/STP.Bandung.Dirikan.Pusat.Kajian.Kuliner.Indonesia

Senin, 2 April 2012 | 12:05 WIB
Kompas.com – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Jawa Barat, akan mendirikan pusat kajian kuliner yang pertama di Indonesia. Nantinya, pusat kajian ini akan mengidentifikasi menu-menu andalan Indonesia supaya lebih dikenal dan digemari dunia internasional. Menurut deputi direktur STP Bandung, Anang Sutono, pendirian pusat kajian kuliner ini merupakan permintaan dari pemerintah agar kuliner Indonesia bisa menjadi salah satu produk unggulan dalam mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia internasional. “Tujuannya adalah untuk memperkuat daya saing kuliner Indonesia di kawasan internasional,” ujarnya.

…dst

16 ) Mau Kuliah? Pilih Cara Online Saja, Yuk
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/02/m1tqng-mau-kuliah-pilih-cara-online-saja-yuk

Senin, 02 April 2012, 10:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Di era internet ini, segalanya bisa dilakukan lewat cara online. Mau cari teman, beli barang, sampai kuliah. Fenomena inilah yang terjadi di AS. Institut Teknologi Massachusetts (MIT) baru-baru ini memulai Massive Open Online Courses (MOOC) atau kuliah online terbuka massal yang perdana. Universitas itu berencana menawarkan berbagai mata kuliah non-kredit gratis melalui proyek yang disebut MITx. Sejauh ini, kebanyakan mata kuliah yang ditawarkan secara online adalah ilmu komputer, teknologi, mekanika, dan enjinering. Contohnya, mahasiswa di seluruh dunia mengambil mata kuliah gratis yang disebut “Building a Computer Search Engine.” Dua ilmuwan komputer, Sebastian Thrun dan David Evans, menawarkan mata kuliah ini melalui udacity.com.

…dst

17 ) Sekilas dalan Negeri
Sekilas luar negeri
Filipina
Myanmar
Pakistan