1 ) SNMPTN Diumumkan 28 Mei
http://www.jpnn.com/read/2012/04/09/123600/SNMPTN-Diumumkan-28-Mei-
Senin, 09 April 2012 , 12:29:00

JAMBI–Sesuai jadwal yang telah di tentukan oleh pusat, pengumuman penerimaan calon mahasiswa melalui SNMPTN jalur undangan akan diumumkan pada 28 Mei mendatang. Hal ini dikatakan Ketua Panitia Lokal SNMPTN, Muazza, M.Si. Saat ini, kata Muazza, dokumen rekomendasi siswa peserta SNMPTN yang mendaftar masil dalam proses. “Masih dalam proses di pusat,” katanya. Untuk Provinsi Jambi, lanjutnya, sebanyak 5.277 siswa bersaing untuk merebut 328 kursi di Universitas Jambi (Unja), yang tersedia lewat jalur undangan. Mereka yng mendaftarkan tersebut terdiri dari berbagai sekolah yang ada di Provinsi Jambi. “Dari hasil yang ada, dikatakan dia, peminat terbanyak adalah jurusan manajemen sebanyak 597 orang peminat,” ungkapnya. Kemudian disusul jurusan akuntansi sebanyak 589 peminat, jurusan agribisnis sebanyak 227 peminat, Agroekoteknologi 144 peminat, Ilmu Ekonomi Pembangunan 172 peminat, dan Ilmu Hukum 328 peminat. Sementara itu jurusan Kehutanan 91 peminat.

…dst

2 ) Mendikbud Harapkan Universitas Haluoleo Jadi Pusat Iptek dan Budaya
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/243

04/06/2012
Kendari — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengharapkan Universitas Haluoleo (Unhalu) menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya. “Jadikan Unhalu ini sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya,” kata Menteri Nuh ketika meresmikan gedung pascasarjana Unhalu dan pembukaan Museum Wallacea, di Kendari, Jumat (6/4). Mendikbud juga mengapresiasi prestasi dosen dan mahasiswa Unhalu. Prestasi tersebut antara lain buku-buku ilmiah yang ditulis para dosen serta keberhasilan menjadi juara pertama lomba jurnal ilmiah di Eropa. Menteri Nuh mengharapkan seluruh civitas akademika Unhalu mengeksplorasi potensi yang dimilikinya agar bermanfaat bagi masyarakat. Sedangkan Rektor Unhalu Usman Rianse menyatakan, kampusnya terus berbenah diri di usianya yang ke-30. “Pembenahan meliputi akademik dan sarana prasarana, termasuk gedung pascasarjana ini.” Rektor siap mengembangkan iptek dan budaya di kampusnya.

…dst

3 ) UGM Kembangkan Energi Hibrid di Bantul
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/372/607930/ugm-kembangkan-energi-hibrid-di-bantul

Senin, 09 April 2012 12:02 wib
JAKARTA – Pengembangan energi alternatif biasanya hanya difokuskan pada satu jenis energi. Tetapi, kali ini Universitas Gadjah Mada (UGM) mengombinasikan panas matahari dan kekuatan angin sebagai sumber energi alternatif hibrid. Proyek percontohan yang dilakukan melalui kerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) itu diinisiasi di Pantai Pandansimo, Srandakan, Bantul, Jawa Tengah. Daerah berpasir dengan luas 37 Hektare (ha) itu nantinya akan menjadi pusat pengembangan energi baru dan terbarukan. Asisten Deputi Iptek Industri Kecil dan Menengah, Ristek, Ir. Santosa Yudo Warsono, MT, mengatakan, pengembangan energi hibrid di Tanah Air telah dimulai tiga tahun lalu. “Meski masih dikembangkan, tenaga hibrid ini tengah dicoba dimanfaatkan untuk pertanian di lahan berpasir yang memerlukan air ekstra tinggi. Kita manfaatkan untuk menaikkan air ke permukaan,” kata Santosa seperti disitat dari situs UGM, Senin (9/4/2012).

…dst

4 ) Unjani Terbanyak Luluskan Dokter
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/484671/

Monday, 09 April 2012
CIMAHI— Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) berhasil meraih posisi terhormat dalam Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI). Dekan FK Unjani, Priatna mengatakan, UKDI sebagai syarat untuk melakukan praktek profesi kedokteran yang diselenggarakan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) bagi perguruan tinggi yang membuka progam kedokteran se-Indonesia. Dalam ujian yang digelar Februari 2012 lalu itu, FK Unjani berhasil meluluskan dokternya, terbanyak di antara FK di berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia. “FK Unjani meraih posisi terhormat pada UKDI kali ini dengan angka kelulusan 91,30%,angka tersebut terbesar diantara FK-FK lainnya di Indonesia,” kata Priatna usai acara angkat sumpah dokter lulusan FK Unjani di Gedung Sasana Krida (GSK) Kampus Unjani,Jalan Terusan Jenderal Sudirman,Sabtu (7/4).

…dst

5 ) Prodi Kedokteran Ada yang Belum Memenuhi Standar
http://www.pikiran-rakyat.com/node/183705

Minggu, 08/04/2012 – 20:09
BANDUNG, (PRLM).- Masih banyak program studi kedokteran (prodi) di perguruan tinggi Indonesia belum memenuhi standar. Penilaian tersebut berdasarkan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, kurikulum serta staff pengajar. Akan lebih baik, apabila saat ini fokus pemerintah untuk memperbaiki institusi serta meningkatkan kualitasnya. “Sebagai representasi resmi mahasiswa kedokteran Indonesia tingkat nasional, kami mewakili mahasiswa kedokteran mengharapkan Menteri Kesehatan tetap memberikan syarat bagi perguruan tinggi yang akan membuka program studi pendidikan dokter.” Pernyataan tersebut dikatakan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) melalui Sekretaris Jenderal ISMKI, Faqih Nur Salimi Latief. Faqih mengatakan, bagi perguruan tinggi yang membuka program studi pendidikan dokter di fakultas lain (bukan fakultas kedokteran), akan menimbulkan banyak masalah. Hal itu terkait ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. Selain itu, bagi perguruan tinggi yang baru membuka program studi pendidikan dokter wajib memunyai pengajar tersertifikasi Menteri Kesehatan.

…dst

6 ) Kuota Lima Persen untuk Mahasiswa Daerah Terpencil
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/08/079395545/Kuota-Lima-Persen-untuk-Mahasiswa-Daerah-Terpencil

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 18:52 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Anggota Komisi Pendidikan DPR Reni Marlinawati menyatakan pihaknya meminta pemerintah menjaring mahasiswa dari daerah terpencil. “Kami menetapkan sekurang-kurangnya pemerintah harus menjaring lima persen mahasiswa dari daerah terpencil,” kata Reni ketika ditemui seusai diskusi mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT), Minggu, 8 April 2012. Reni menilai pendidikan tinggi di Indonesia harus memiliki mutu yang baik dan terjangkau oleh anggota masyarakat dari seluruh lapisan. Sementara saat ini baru sebagian kecil mahasiswa dari daerah terpencil yang bisa menikmati pendidikan di kampus-kampus favorit, misalnya Universitas Indonesia (UI). “Masih sedikit sekali mahasiswa asal Papua maupun Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengenyam pendidikan di UI. Jika nanti ketentuan lime persen tersebut diberlakukan, setidaknya ada 50 mahasiswa asal daerah terpencil dari seribu mahasiswa UI,” papar Reni.

…dst

7 ) UMY Lombakan Roket Air Tingkat SMA
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/607854/umy-lombakan-roket-air-tingkat-sma

Senin, 09 April 2012 11:26 wib
YOGYAKARTA – Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan Lomba Roket Air untuk pelajar tingkat SMA sederajat di Kampus Terpadu UMY. Sebanyak 25 peserta SMA se-DIY dan Jawa Tengah hadir memperebutkan piala bergilir dari Rektor UMY. Lomba terbagi dalam dua kategori, yakni jarak terjauh dan paling tepat sasaran, serta kategori tim terkompak dan terkreatif. “Untuk kategori terjauh juara I diraih MAN 3 Yogyakarta, juara II dari SMKN 3 Yogyakarta, dan juara III dari SMA Muhammadiyah 1 Gombong,” kata Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin UMY, Joko Triyono selaku ketua panitia, akhir pekan lalu.

…dst

8 ) Lulusan Luar Negeri Diajak ‘Pulang Kampung’
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/08/079395538/Lulusan-Luar-Negeri-Diajak-Pulang-Kampung

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 18:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Anggota Komisi Pendidikan DPR Reni Marlinawati mengakui banyak mahasiswa asal Indonesia di luar negeri yang enggan kembali ke negara ini setelah lulus. “Mari kembali ke sini, lakukan penelitian,” ujar ujar Reni ketika ditemui seusai diskusi mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT), Minggu, 8 April 2012. Menurut Reni, banyak alumni perguruan tinggi asing berkualitas enggan kembali ke Tanah Air. Pasalnya, mereka tidak mampu bekerja dengan baik ketika kembali ke Indonesia akibat minimnya fasilitas serta sarana dan prasarana yang menunjang ilmu yang didapatkan para alumni tersebut di luar negeri. “Kondisi itulah yang menyebabkan para alumni tersebut merasa tidak betah ketika harus kembali ke tanah air,” katanya.

…dst

9 ) Ujian Masuk PTN Gratis!
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/09/373/607826/ujian-masuk-ptn-gratis

Senin, 09 April 2012 10:27 wib
MAKASSAR – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menghapus biaya masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Menurut Mendikbud Muhammad Nuh, ujian masuk atau seleksi harus bebas dari biaya. Selama ini biaya yang dibebankan kepada peserta ujian masuk PTN bekisar antara Rp150 ribu hingga Rp175 ribu. Biaya itu dinilai terlalu membebani calon mahasiswa yang tidak mampu. “Bisa dibayangkan kalau anak-anak tidak mampu yang mau masuk harus bayar ratusan ribu, itu hambatan tersendiri. Karena itu, biaya masuk ke perguruan tinggi ke depan harus dibebaskan agar siapa pun bisa ikut tes. Urusan lulus atau tidak, itu urusan lain. Itu jadi urusan kemampuan akademis calon mahasiswa,” katanya di Makassar, akhir pekan lalu.

…dst

10 ) Wewenang Dosen Pengawas Dipangkas
Sudah Tidak Bisa Menindak Pelanggaran
http://www.jpnn.com/read/2012/04/08/123483/Wewenang-Dosen-Pengawas-Dipangkas-

Minggu, 08 April 2012 , 07:55:00
MAKASSAR – Persoalan menjelang pelaksanaan ujian nasional (unas) 2012 tingkat SMA dan sederajat terus bermunculan. Pihak PTN mempersoalkan wewenang dosen pengawas yang dipangkas. Mereka kini tidak bisa menindak langsung setiap pelanggaran di unas.Saat dikonfirmasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh belum mempelajari secara detail perkembangan tugas dosen pengawas unas. “Biar saya pelajari dulu. Tapi insyallah unas berjalan lancar,” kata dia usai meresmikan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Hasanuddin, Makassar kemarin (7/4). Menurut menteri asal Surabaya itu, secara umum dosen dalam pelaksanaan unas SMA dan sederajat ditugasi untuk menjadi pengawas. Dia memastikan, meskipun mengalami beberapa pergeseran, fungsi dosen sebagai pengawas tadi tidak akan dilepas.

…dst

11 ) Hasil UN Jangan Dipaksa Lulus 100 Persen
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/08/13113720/Hasil.UN.Jangan.Dipaksa.Lulus.100.Persen

Minggu, 8 April 2012 | 13:11 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menegaskan, semua pihak hendaknya tidak memaksakan memperoleh hasil Ujian Nasional (UN) lulus 100 persen. Menurutnya, UN akan lebih baik jika dilaksanakan jujur dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sudah menjadi rahasia umum, sebagai hajat tahunan, UN seringkali dijadikan “alat” untuk mencerminkan prestasi politik. Khususnya politik pemerintah di daerah (Pemda). “Memasang target boleh saja, tapi jangan dipaksa lulus 100 persen. Jangan sampai Pemda menghalalkan segala cara, dan UN harus dilaksanakan sesuai dengan aturan agar kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan,” kata Nuh, Minggu (8/4/2012), di Makassar.

…dst

12 ) Denny Tetap Pimpin Razia Narkoba di Penjara
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/09/063395597/Denny-Tetap-Pimpin-Razia-Narkoba-di-Penjara

SENIN, 09 APRIL 2012 | 05:59 WIB
TEMPO.CO , Jakarta:- Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana memastikan tetap akan memimpin razia narkoba di sejumlah penjara. Ini bagian dari lanjutan kerja sama antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bersama dan Badan Narkotika Nasional. “Satuan Tugas Pemberantasan Narkoba tetap kami pimpin, tidak terkecuali dengan tetap terjun langsung ke lapangan saat sidak,” ujar Denny, Minggu 8 April 2012. Menurut Denny, kerja sama sempat dibekukan oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, menyusul insiden di Lembaga Pemasyarakatan Pekanbaru, Riau, Senin pekan lalu. Ia disebut-sebut menampar salah satu sipir penjara itu ketika sidak bersama tim BNN.. “Tidak akan ada yang dapat menghalangi kerja sama yang sangat penting ini,” ujar Denny. Ia membantah telah memukul sipir. Justru, kata Denny, saat itu ia berusaha mencegah pemukulan yang dilakukan bawahannya.

…dst

13 ) Ota: Pernyataan Denny & BNN Tertutup Rekayasa yang Terorganisir
http://news.detik.com/read/2012/04/07/092118/1886768/10/ota-pernyataan-denny-bnn-tertutup-rekayasa-yang-terorganisir?nd992203605

Sabtu, 07/04/2012 09:21 WIB
Jakarta Tudingan bertubi-tubi yang diarahkan ke Wamenkum HAM Denny Indrayana membuat gerah mantan anggota santas pemberantasan mafia hukum Mas Acmad Santosa. Pria yang akrab disapa Ota ini menilai pernyataan Denny dan BNN yang membantah adanya pemukulan tertutup oleh rekayasa yang teroganisir. “Rekayasa serangan terhadap Wamenkumham luar biasa dahsyat dan sangat terorganisir. Testimony kesaksian BNN yang satu rombongan dengan Wamenkumham yang menyatakan tidak ada pemukulan oleh Denny terpatahkan dengan rekayasa penggalangan opini publik untuk mendelegitimasi Denny,” tutur Ota di Jakarta, Jumat (7/4/2012). Ota menyatakan dirinya telah mendengar uraian mengenai sidak di LP Pekanbaru dari BNN dan Denny beserta bukti yang dibawanya. Dia percaya dengan penjelasan dua belah pihak itu. “Dan saya kenal Denny sudah 11 tahun sehingga saya tahu betul karakter dan integritasnya,” papar Ota.

…dst

14 ) Denny Diminta Tetap Pimpin Sidak Lapas
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/08/063395548/Denny-Diminta-Tetap-Pimpin-Sidak-Lapas

MINGGU, 08 APRIL 2012 | 19:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta-Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas (Unand), Saldi Isra meminta pimpinan operasi mendadak narkoba ke lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan tetap dipimpin Wakil Menteri Hukum dan HAM, Denny Indrayana. “Harus diserahkan ke Denny, kalau dipindahkan ke orang lain itu menyalahi,” ujar Saldi saat dihubungi, Ahad, 8 April 2012. Menurut Saldi, selama memimpin sidak narkoba ke beberapa lembaga pemasyarakatan, Denny telah menunjukkan hasil positif. Tidak hanya berhasil menangkap narapidana pengedar dan pemakai narkoba, tim satuan tugas pemberantasan narkoba yang terdiri dari Kementerian Hukum dan HAM dan Badan Narkotika Nasional juga menemukan indikasi keterlibatan sipir lapas. Seperti saat sidak di Lapas Pekanbaru, 2 April dinihari, tim satgas berhasil menangkap seorang sipir. Denny juga dinilai memiliki semangat dan keinginan kuat untuk membersihkan lapas dari peredaran narkoba. Bahkan kata Saldi, tak hanya soal narkoba, itikad Denny juga terlihat dalam memperbaiki berbagai persoalan lapas seperti kelebihan kapasitas dan kualitas lapas.

…dst

15 ) Sekilas dalam negeri
Mogok Masal Hakim
Tuntut Kesejahteraan, Puluhan Hakim Datangi Gedung MA
4 Ribu Hakim Mogok Sidang Tuntut Kesejahteraan, Bagus!
Gaji Hakim Harus Lebih Besar dari Gaji Pegawai KPK
Pemerintah Diminta Tanggapi Aksi Mogok Masal Hakim 3 menit yang lalu
Nasib PKS
PKS Hanya Mau Dengarkan Sikap SBY, Bukan Ical atau Lainnya
Pramono: SBY Jangan Berlama-lama Putuskan Nasib PKS
Amien Rais: Ada Misteri antara PKS dan SBY
Pesan Pendek SBY Sebelum Mendepak PKS
Satu Kursi Menteri PKS Terancam
Penembakan di Papua
Kapolri Diminta Serius Tangani Teror Papua
Kisruh PSSI
Riedl Tiba Kembali di Indonesia
Menangisi Sepakbola Indonesia (III-habis)
Menangisi Sepakbola Indonesia (II)
Menangisi Sepakbola Indonesia (I) 
Sekilas Luar Negeri
Komandan militer Libia gugat pemerintah Inggris
Iran selamatkan kapal kargo China dari perompak
“Embargo Membuat Devisa Iran Capai 55 Miliar Dolar”
Suriah tolak tarik pasukan