1 ) Empat Universitas RI Ikuti Konferensi Pendidikan Internasional di Riyadh
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/12/m2clzj-empat-universitas-ri-ikuti-konferensi-pendidikan-internasional-di-riyadh

Kamis, 12 April 2012, 11:04 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Empat universitas di Indonesia akan berpartisipasi dalam Konferensi Pendidikan Internasional yang akan diselenggarakan di Pusat Pameran Internasional Riyadh. Acara yang akan dimulai pada 17-20 April mendatang, berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi. “Kami berharap partisipasi empat universitas Indonesia dalam konferensi pendidikan internasional ini akan lebih meningkatkan hubungan bilateral antara Arab Saudi dan Indonesia. Kami juga mengharapkan dengan acara ini menghasilkan kerjasama kedua negara di berbagai bidang,” beber Sekreteris Utama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Arab Saudi, Irvan Fachrizal, saat ditanya mengenai acara tersebut. Empat universitas yang akan diikutkan dalam konferensi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim, Malang.

…dst

2 ) FK Undip Tuai Prestasi di Kompetisi Kedokteran Dunia
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609772/fk-undip-tuai-prestasi-di-kompetisi-kedokteran-dunia

Rabu, 11 April 2012 17:28 wib
JAKARTA – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menuai prestasi dalam ajang kompetisi bagi mahasiswa kedokteran tingkat internasional, Siriraj International Microbiology and Immunology Competition (SIMIC) di Thailand. Tim Undip terdiri atas lima mahasiswa dan seorang dosen pembimbing. Mereka adalah Ridzky Firmansyah (mahasiswa angkatan 2008), Fadel Muhammad (mahasiswa angkatan 2009), Gloria Sheila Ratna Utari (mahasiswa angkatan 2009), Josephine Rahma Gunawan (mahasiswa angkatan 2009), AA Ayu Putri Oktiadewi (mahasiswa angkatan 2008), serta Rahajeng Nareswari Tunjungputri sebagai dosen pendamping. Menurut Kepala UPT Humas Undip Agus Naryoso, kompetisi ini diikuti oleh 22 tim dari sembilan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Hongkong, China, Taiwan, dan Jepang. Selain Undip, Indonesia juga mengirimkan tiga delegasi lain yang berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

…dst

3 ) 5 Mahasiswa UI Sabet Gelar Honourable Mention
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609880/5-mahasiswa-ui-sabet-gelar-honourable-mention

Kamis, 12 April 2012 08:03 wib
JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi di kompetisi tingkat dunia. Lima mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UI berhasil menyabet gelar Honourable Mention pada Kompetisi Annual Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot Court ke-19 di Wina, Austria. Mereka adalah Aldila Mesra, Marshall Pribadi, Nikki Krisadtyo, Prasetyo Pratama Sukirno, dan Salma Izzatii. Meski tidak meraih juara umum, dalam kompetisi bergensi tersebut, Prasetyo Pratama Sukirno terpilih sebagai 40 best oralis setelah menyisihkan lebih dari 1.000 mahasiswa yang berasal dari 282 universitas terkemuka di 68 negara. Pada 29 Maret hingga 5 April 2012 tersebut, University of India ke luar sebagai juara umum. Sementara predikat jawara dua disandang oleh London College University. Partisipasi UI dalam ajang ini bukanlah kali pertama. Pada 2008 dan 2010, UI pernah meraih gelar serupa. Bahkan pada 2008, UI berhasil menembus rangking 15 besar.

…dst

4 ) Setelah RUU PT, Pemerintah Juga Tolak RUU Pendidikan Kedokteran
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/11/16200444/Setelah.RUU.PT.Pemerintah.Juga.Tolak.RUU.Pendidikan.Kedokteran

Rabu, 11 April 2012 | 16:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com- Komisi X DPR kembali kecewa setelah untuk kedua kalinya pemerintah menolak pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) di akhir masa pembahasan. Kali ini yang ditolak pemerintah adalah RUU Pendidikan Kedokteran. Sebelumnya, pemerintah juga menolak RUU Pendidikan Tinggi yang juga di bahas di Komisi X DPR. “Jelas kami kecewa. Kedua RUU ini untuk kepentingan masyarakat. Kebijakan untuk rakyat miskin agar memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan kedokteran. Nyatanya pemerintah menolak tanpa alasan logis,” kata anggota Komisi X Rohmani, dalam siaran persnya, Rabu (11/4/2012). Kedua RUU ini merupakan usulan inisiatif DPR. Rohmani mengatakan, sering kali RUU yang diusulkan DPR ditolak atau diundur oleh pemerintah. Berbeda ketika RUU tersebut diusulkan oleh pemerintah. Dengan penundaan pengesahan RUU ini, pelayanan penddikan kedokteran akan tertunda. Masyarakat miskin akan semakin lama mendapat kesempatan mengenyam pendidikan kedokteran yang terjangkau semua kalangan.

…dst

5 ) RUU Pendidikan Dokter Tekan Biaya Kuliah
http://www.jpnn.com/read/2012/04/12/123945/RUU-Pendidikan-Dokter-Tekan-Biaya-Kuliah-

Kamis, 12 April 2012 , 07:07:00
JAKARTA – Kedua Rancangan Undang-Undang (RUU) yakni RUU Pendidikan Tinggi (PT) dan RUU Pendidikan Kedokteran (Dikdok) ditunda pengesahannya oleh DPR. Penundaan tersebut mengikuti permohonan yang diajukan Mendikbud Muhammad Nuh terkait RUU PT. Menurut pemerintah, penundaan tersebut diperlukan untuk lebih mencermati beberapa hal yang termuat dalam RUU tersebut. Sebab, RUU Dikdok misalnya menuai kontroversi. Beberapa pihak tidak setuju dengan pengesahan RUU Dikdok tersebut. Salah satunya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dirjen Dikti Djoko Santoso menuturkan, penundaan pengesahan tersebut seharusnya tidak menjadi masalah. “Ya kita tidak masalah. Karena kita masih memerlukan pendalaman beberapa hal sehingga nanti bisa diimplementasikan secara baik. Nanti akan kita cermati satu persatu,” kata Djoko kepada Jawa Pos, Rabu (11/4). Djoko menuturkan, waktu pengesahan tersebut hanya mundur sebulan dari jadwal semula. Terkait kontroversi RUU Dikdok yang dianggap bakal memberatkan mahasiswa yang kurang mampu, Djoko membantah hal tersebut. Menurut dia, dalam RUU tersebut justru diatur biaya pendidikan dokter yang sewajarnya.

…dst

6 ) BEM UI dan Komite Nasional Pendidikan Tolak RUU Dikti
http://www.jpnn.com/read/2012/04/11/123904/BEM-UI-dan-Komite-Nasional-Pendidikan-Tolak-RUU-Dikti-

Rabu, 11 April 2012 , 20:07:00
JAKARTA – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Komite Nasional Pendidikan (KNP) menyatakan menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Tinggi (Dikti) yang dinyatakan sudah selesai dibahas DPR. “Ada dua pasal penting yang harus dikeluarkan dari draf tersebut. Pertama, prinsip badan hukum pendidikan yang sama dengan isi Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan yang sudah dibatalkan Mahkamah Konstitusi (MK). Kedua, pasal otonomisasi non-akademik yang berkaitan dengan otonomi keuangan kampus,” kata Ketua BEM UI Faldo Maldini, disela-sela aksi demo di gerbang depan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4). Jika otonomi keuangan itu diterapkan di kampus-kampus, lanjut Faldo, maka akan berujung pada komersialisasi pendidikan tinggi. “Dua hal itu yang harus dicabut dalam RUU Dikti.” Dikatakannya, 10 tahun UI menjalankan konsep otonomi keuangan di bawah payung Badan Hukum Milik Negara, telah berakibat maraknya korupsi sebagaimana diindikasikan oleh laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

…dst

7 ) Kalla dan Mahfud Md. Masuk Bursa Wali Amanah UI
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/079396520/Kalla-dan-Mahfud-Md-Masuk-Bursa-Wali-Amanah-UI

KAMIS, 12 APRIL 2012 | 09:10 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pembentukan Majelis Wali Amanah Universitas Indonesia (MWA UI) melibatkan beberapa tokoh besar Indonesia. Di antaranya ada nama mantan Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. dalam deretan nama calon MWA tersebut. “Pak JK dan Mahfud Md. juga telah menyatakan siap menjadi anggota MWA UI periode 2012-2013,” kata sumberTempo saat ditemui di UI, kampus Depok, Rabu, 11 April 2012. Menurut sumber tersebut, selain kedua tokoh itu, ada beberapa lagi tokoh publik yang sudah menyatakan siap. Di antaranya adalah Akbar Tanjung, Bagir Manan, Emil Salim, JB Sumarlin, Yakub Utama, dan Todung Mulia Lubis. “Mereka sudah bersedia secara tertulis,” katanya. Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, saat dimintai keterangannya membenarkan nama-nama tersebut telah bersedia menjadi anggota MWA. Bahkan, Kamis, 12 April 2012, mereka akan dipilih secara tertutup oleh majelis senat UI. “Memang benar mereka telah bersedia,” katanya.

…dst

8 ) Tokoh Nasional Masuk Bursa Majelis Wali Amanah UI
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/1304059/Tokoh.Nasional.Masuk.Bursa.Majelis.Wali.Amanah.UI

Kamis, 12 April 2012 | 13:04 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Tokoh nasional masuk dalam bursa majelis amanah Universitas Indonesia. Mereka akan dipilih menjadi enam orang mewakili masyarakat dari unsur di luar UI. Nama-nama tersebut sedang dibahas dalam pertemuan senat akademik UI di Gedung Rektorat UI Depok, Jawa Barat. “Saat ini memang sedang berlangsung rapat senat. Kemungkinan hari ini akan keluar nama-nama yang masuk calon MWA. Namun saya tidak tahu apakah nama itu langsung diputuskan enam orang atau tidak,” tutur Kepala Kantor Komunikasi UI Siane Indriani, Kamis (12/4) di Depok.

…dst

9 ) Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184148

Rabu, 11/04/2012 – 18:01
CIAMIS,(PRLM).-Publikasi penulisan jurnal ilmiah sebagai syarat kelulusan bagi mahasiswa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi, terutama dalam kemampuan penulisan ilmiah. Sementara itu, kewajiban penulisan jurnal ilmiah sebagai tanda kelulusan sarjana, diserahkan kepada pihak perguruan tinggi. “Soal jurnal ilmiah apakah menjadi syarat kelulusan, kami serahkan kepada rektor perguruan tinggi,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbud), Djoko Santoso di Universitas Galuh Ciamis, Rabu (11/4). Ia menegaskan sebagai seorang sarjana tidak hanya mempunyai kemampuan ilmiah semata, akan tetapi juga harus memiliki keahlian serta menguasai tata cara penulisan ilmiah. “Kewajiban publikasi menjadi syarat untuk kelulusan, itu juga sepenuhnya ada pada pihak rektor,” ujarnya. Berkenaan dengan penulisan jurnal ilmiah, ketika berbicara di hadapan mahasiswa, Djoko juga mengungkapkan saat ini penulisan jurnal ilmiah di Indonesia masih sangat rendah, jauh tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia.

…dst

10 ) Undip Raih Bintang Dua QS
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183009/Undip-Raih-Bintang-Dua-QS

12 April 2012
SEMARANG- Sebuah laman dengan nama QS Star World Class University Ranking meratifikasi puluhan universitas di Indonesia dengan memberikan skor menggunakan simbol bintang. Tahun ini Universitas Diponegoro (Undip) mendapat peringkat bintang dua. Dalam situs QS (http://www.topuniversities.com/qsstars/indonesia), secara keseluruhan Undip masuk kategori bintang dua dibandingkan dengan universitas lain di dunia pada 2010-2012. Untuk kategori lainnya, seperti engagement dan infrastruktur mendapat lima bintang, internasionalisasi empat bintang, kinerja tiga bintang, serta tiga bintang untuk riset, pengajaran, dan inovasi. Menyikapi capaian prestasi tersebut, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi dalam siaran persnya menyatakan rasa bangga atas prestasi itu. ”Kami berada pada peringkat 150 se-Asia, meskipun itu bukan tujuan. Prestasi ini semoga bisa memacu civitas Undip untuk terus bekerja keras mengukir prestasi,” ungkapnya, Selasa (10/4).

…dst

11 ) USU Dapat Hibah Rp11,5 M untuk Renovasi Gedung
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609860/usu-dapat-hibah-rp11-5-m-untuk-renovasi-gedung

Rabu, 11 April 2012 19:30 wib
JAKARTA – Universitas Sumatera Utara (USU) mendapat bantuan dari Tanoto Foundation untuk merenovasi Gedung Auditorium dan Gelanggang Mahasiswa USU. Pada proyek kerja sama tersebut, USU mendapatkan bantuan dana senilai Rp11,5 miliar. Rektor USU Syahril Pasaribu mengatakan, kerja sama ini dapat terlaksana karena kedua belah pihak memiliki visi yang sama, yaitu keinginan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. “Kami sangat menghargai dukungan kerja sama dari Tanoto Foundation dalam renovasi Gedung Auditorium dan Gelanggang Mahasiswa. Dukungan ini sangat bermanfaat bagi aktivitas kemahasiswaan dan kegiatan lainnya,” kata Syahril seperti dikutip dari siaran pers yang diterima okezone, Rabu (11/4/2012). Sementara Head of Tanoto Foundation Sihol Aritonang menyatakan, Tanoto Foundation memiliki visi untuk menjadi pusat unggulan dalam pengentasan kemiskinan melalui pendidikan, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas hidup. Kerja sama dengan USU sangat sejalan dengan misi Tanoto Foundation untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas.

…dst

12 ) Unnes Kirim 1.151 Program Kreativitas Mahasiswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183010/Unnes-Kirim-1.151-Program-Kreativitas-Mahasiswa

12 April 2012
SEMARANG- Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini mengirim 1.151 usulan Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan usulan Program Kreativitas Mahasiswa-Artikel Ilmiah (PKM-AI). Karya tersebut dikirim ke Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M Dikti). Koordinator PKM Unnes Tommy Yuniawan SPd MHum menjelaskan, usulan PKM sebanyak 1.151 itu terdiri atas 968 judul PKM-GT dan 183 judul PKM-AI untuk diseleksi tim penilai. Usulan yang lolos akan mendapat pendanaan dari DP2M Dikti. “PKM-GT merupakan gagasan atau ide yang inovasi dan kreatif dari mahasiswa untuk menjawab solusi atau memecahkan masalah di masyarakat. Muaranya jika berhasil akan dikirim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas),” kata dia yang juga staf ahli Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, kemarin.

…dst

13 ) PT Dituntut Mendesain Bidang Ilmu Terapan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183011/PT-Dituntut-Mendesain-Bidang-Ilmu-Terapan

12 April 2012
SEMARANG- Pimpinan perguruan tinggi (PT) dituntut bisa mendesain bidang-bidang ilmu terapan dasar. Langkah ini dapat dilakukan dengan membuka fakultas atau prodi baru, seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Hal itu disampaikan Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng Prof Mustafid saat membuka OIimpiade Nasional MIPA 2012 yang diikuti PT negeri dan swasta se-Jateng di Kampus IKIP PGRI Semarang, Rabu (11/4). Dia mengatakan, selama ini fakultas dan prodi MIPA hanya didominasi PT negeri, sehingga untuk memperluas bidang ilmu terapan dasar tersebut PT swasta juga perlu mengembangkan dengan membuka fakultas atau prodi MIPA.

…dst

14 ) Srikandi Unair Siap Taklukkan Anconcagua
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609592/srikandi-unair-siap-taklukkan-anconcagua

Rabu, 11 April 2012 16:03 wib
SURABAYA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan memberangkatkan para srikandinya untuk menaklukkan puncak Anconcagua di Argentina pada Desember mendatang. Ekspedisi yang diberi nama Srikandi Airlangga Indonesia Aconcagua Expedition 2012 ini merupakan bagian dari misi Wanala Unair untuk menaklukkan tujuh puncak tinggi di dunia. Sebelumnya, Wanala Unair sudah menaklukkan puncak Cartenz di Papua pada 1994, puncak Kilimanjaro di Afrika pada 2009, dan puncak Elbrus di Rusia pada 2011 lalu. Nah, pada ekspedisi kali ini, tim Wanala unair didominasi oleh perempuan. “Anggota timnya lima orang perempuan, dan satu orang laki-laki sebagai support,” ujar sang pemimpin tim, Lestari Ningsih, di kampus Unair, Rabu (11/4/2012).

…dst

15 ) UMY Tantang Siswa SMA ‘Bangun’ Jembatan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609946/umy-tantang-siswa-sma-bangun-jembatan

Kamis, 12 April 2012 12:02 wib
JAKARTA – Saat ini, jembatan tidak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi. Di beberapa negara, bahkan Indonesia, struktur jembatan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar maupun turis internasional sehingga tidak jarang menjadi lokasi wisata murah meriah. Menyadari kosntruksi dan desain menjadi nilai penting dalam pembangunan sebuah jembatan, maka Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (HMS-UMY) menyelenggarakan Lomba Desain Miniatur Jembatan Stick 2012. Kompetisi yang diperuntukkan bagi pelajar SMA/SMK/MA tersebut mengusung tema “Strong Bridge With Natural Material.”

…dst

16 ) Minat Studi di Korea? Yuk Ambil Beasiswa Ini!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/12353383/Minat.Studi.di.Korea.Yuk.Ambil.Beasiswa.Ini

Kamis, 12 April 2012 | 12:35 WIB
KOMPAS.com — Siapa yang tidak tahu Korea? Tertarik studi di negeri yang kini sedang terkenal dengan K-pop atau Korean pop-nya itu? Tahun ini, ada tawaran beasiswa dari Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST). KAIST kembali membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa internasional untuk program MBA, khususnya yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Bagi Anda yang tertarik mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi dari segi bisnis, KAIST merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menimba ilmu tersebut. Bagi yang berminat, beasiswa ini menawarkan program studi IT, Broadcasting, Telecom, Media, dan Content Convergence Industry, yang akan dimulai pada semester musim dingin Januari 2013. Aplikasi beasiswa ini dibuka pada September 2012, sementara penyerahan dokumennya dibuka pada Oktober 2012. Pengumuman peraih beasiswa ini akan dilaksanakan pada pertengahan November 2012.

…dst

17 ) 2013, Tenaga Pendidik di Lembaga Kursus Disertifikasi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/12/183007/2013-Tenaga-Pendidik-di-Lembaga-Kursus-Disertifikasi

12 April 2012
TEGAL – Kabar baik diisyaratkan Kasubdit Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kursus dan Pelatihan Direktorat PPTK Ditjen PAUDNI Kemdikbud Dr Kastum. Dalam seminar di Kota Tegal belum lama ini, Kastum menyatakan, pada 2013 tenaga pendidik dan kependidikan yang mengajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), akan diberi sertifikasi. “Mereka memiliki kewajiban sama dengan guru sekolah formal, yakni memberi kepintaran. Karena itu, mereka layak dihargai dengan mendapat tunjangan profesi atau sertifikasi,” ujarnya. Mendengar isyarat itu, beberapa pendidikan di LKP seperti Suwelo dan Martika Sari, langsung sujud syukur. Ketua Himpunan Pengelola Kursus dan Pelatihan Indonesia (Hipki) Kota Tegal Dr Yusqon yang juga penyelenggara seminar, menyambut baik kabar tersebut. Dia menjelaskan, saat ini dari sekitar 30 LKP di Kota Tegal, ada sekitar 150 pendidik yang hanya diberi honorarium oleh pengelola KP yang dananya diambil dari iuran orang tua siswa.

…dst

18 ) Dirjen Dikti Pantau Para Rektor di Aceh
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/11/373/609696/dirjen-dikti-pantau-para-rektor-di-aceh

Rabu, 11 April 2012 16:36 wib
JAKARTA – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Djoko Santoso mengaku belum mendapat laporan dari para rektor di Aceh terkait gempa bumi berkekuatan 8,9 skala richter (SR) yang mengguncang Aceh dan sebagian besar wilayah Sumatra. “Wah, saya malah belum tahu itu. Kalau gempanya sampai 8,9 SR berarti sangat besar,” kata Djoko ketika dihubungi okezone, Rabu (11/4/2012). Menurut Djoko, tidak semua rektor melaporkan musibah yang sedang dialami daerahnya. “Meski demikian, kami yang di Jakarta biasanya tetap memantau,” imbuhnya. Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut. Pusat gempa berada di koordinat 2.31 Lintang Utara-92.67 Bujur Timur atau di kabupaten Simeulue, Aceh. Tingginya kekuatan gempa membuat Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan bahaya tsunami untuk wilayah Bengkulu, Lampung, Aceh, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

…dst

19 ) Gempa Aceh 2004 dan 2012 berbeda jauh
http://www.antaranews.com/berita/305744/gempa-aceh-2004-dan-2012-berbeda-jauh

Rabu, 11 April 2012 21:50 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Gempa Aceh 2004 dan gempa Aceh 2012 berbeda jauh. “Jika dulu lokasi gempa ada di sepanjang zona subduksi pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia, gempa saat ini berlokasi hanya di lempeng Indo-Australia,” kata ahli tsunami, Dr Subandono Diposaptono. “Beda jauh, dulu gempa terjadi di pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia, sekarang terjadi di lempeng Indo-Australia, atau sekitar 175 km lebih ke selatan,” kata Subandono yang juga Direktur Tata Ruang Laut dan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Rabu malam. Dengan demikian gempa Aceh yang terjadi kali ini merupakan gempa intraplate, bukan interplate seperti gempa Aceh berkekuatan 9,1 Skala Richter pada 26 Desember 2004. Gempa intraplate tidak menyebabkan tsunami yang besar seperti halnya gempa interplate yang berada di zona subduksi. “Gempa Aceh 2004 menyebabkan tepian dari lempeng Indo-Australia melenting ke atas sepanjang 1.300 km tegak lurus zone penunjaman tempat lempeng samudra Hindia menyusup di bawah lempeng Eurasia (megathrust), dari mulai Simeuleu sampai Andaman dan membuat air laut surut dan kemudian menghempas ke daratan,” katanya.

…dst

20 ) “Saya Tak Ingin Kehilangan Anak Lagi…”
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/12/05082767/saya.tak.ingin.kehilangan.anak.lagi…

Kamis,12 April 2012
“Jangan panik, jangan panik,” teriak seorang aparat kepolisian yang pontang-panting mengatur lalu lintas di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Rabu (11/4) sore. Namun, teriakan tersebut nyaris tak bermakna. Warga yang dicekam kepanikan setelah gempa berkekuatan 8,8 skala Richter (SR) yang berpusat di barat daya Simeulue memenuhi badan jalan, berimpit, berdesakan, dan saling mendahului dengan kendaraan bermotor menuju tempat yang jauh dari pantai. Mereka yang berada di kantor, rumah, dan kedai kopi berhamburan ke luar. Sebagian ada yang duduk saja bingung harus berbuat apa, sebagian memilih lari ke tempat yang aman. Jalanan pun padat. Orang-orang berusaha menyelamatkan diri. Lampu pengatur lalu lintas tak berfungsi karena arus listrik mati. Umumnya, warga dari Ulee Lheue dan bibir pantai lain melarikan diri ke Lambaro, Lueng Bata, Keutapang, dan Mata Ie. Tempat-tempat itu merupakan daerah yang jauh dari laut. “Kami harus lari. Gempa ini terasa sama dengan gempa 2004, tapi lebih lama. Oleh karena itu, kami sangat takut terjadi tsunami. Apalagi, orang-orang lari semua,” kata Ali Hanafiah (46), warga Kampung Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, yang tinggal hanya 100 meter dari pantai. Dengan becak motor yang sehari-hari digunakan untuk bekerja, Ali membawa serta istri dan empat anaknya. Tujuan mereka satu, secepat mungkin sampai di Lueng Bata, daerah yang berada jauh dari pantai dan tak terkena tsunami pada 2004. “Saya tak ingin kehilangan anak lagi. Tahun 2004, dua anak saya hilang karena saya terlambat membawa mereka pergi,” tutur Ali yang ditemui saat mengungsi di pinggiran Jalan Lueng Bata.

…dst

21 ) Pasca Gempa Aceh, Gempa Padang Mengintai
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/173396480/Gempa-Aceh-Gempa-Padang-Mengintai

KAMIS, 12 APRIL 2012 | 07:05 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Ahli gempa dari Program Studi Geodesi Institut Teknologi Bandung, Irwan Meilano, mengatakan gempa di Pulau Simeulue Rabu 19 April 2012 kemarin berpotensi mempercepat terjadinya gempa besar di Padang.”Energi yang disebarkan menambah stres (tekanan) pada megathrust,” ujar dia kepadaTempo, Rabu, 19 April 2012 kemarin. Megathrust yang terletak di Mentawai itu adalah kawasan yang selama ini banyak dipelajari oleh peneliti gempa. Kawasan ini terbentuk ketika lempeng Indo Australia menunjam lempeng Eurasia. Penunjaman ini menyimpan energi sangat besar yang bisa dilepaskan sewaktu-waktu menjadi gempa besar berkekuatan 8,8 pada skala Richter.

…dst

22 ) Ini Dia Syarat-syarat Terjadinya & Status Ancaman Tsunami
http://news.detik.com/read/2012/04/11/205259/1890374/10/ini-dia-syarat-syarat-terjadinya-status-ancaman-tsunami?n990102mainnews

Rabu, 11/04/2012 20:52 WIB
Jakarta Gempa besar 8,5 SR dan 8,1 SR di Aceh kali ini tak menimbulkan tsunami. Hal ini karena gempa dan kondisi sebagai syarat terjadinya tsunami tak terjadi. Apa saja?
“Waktu kejadian lalu di Aceh 2004 lalu itu gempa besar tsunaminya cukup besar. Kan yang ini gempanya besar tapi tsunaminya tidak cukup signifikan. Karena ada syarat-syarat terjadinya tsunami,” jelas Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sri Woro B Harijono. Hal itu disampaikan Woro dalam jumpa pers di kantor BMKG, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2012). Syaratnya adalah:
1. Kedalaman gempa: kurang dari 70 km
2. Pusat gempa: di dasar laut
3. Besaran gempa: lebih dari 7 SR
4. Patahan: patahan lempeng naik-turun atau vertikal

…dst

23 ) Akan Interpelasi Dahlan, DPR Dinilai Berlebihan
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/12/078396561/Akan-Interpelasi-Dahlan-DPR-Dinilai-Berlebihan

KAMIS, 12 APRIL 2012 | 11:57 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Pengamat hukum tata negara Universitas Andalas Saldi Isra mempertanyakan alasan Komisi VI DPR yang akan mengusung hak interpelasi kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait dengan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor 236/MBU/2011. “Kenapa harus bombastis sekali. Kalau minta penjelasan, ya, tinggal panggil saja,” kata Saldi Isra, Kamis, 12 April 2012. Menurut Saldi, DPR bisa minta penjelasan sang menteri soal keputusannya itu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) atau rapat kerja (raker) dengan Kementerian BUMN. Toh, kata dia, substansinya adalah DPR ingin mengetahui alasan mengapa Menteri Dahlan memberikan sejumlah kewenangan ke anak buahnya. “Mereka, kan, sesungguhnya ingin tahu alasan di balik kebijakan itu. Banyak cara untuk selesaikan soal seperti itu, tak perlu hak interpelasi,” ujarnya.

…dst

24 ) Sekilas dalam Negeri
UN 2012
Suap PON
BBM
Interpelasi Dahlan
Pemilu 2014
Sekilas luar negeri
Roket Korut