1 ) UMY Jadi Rujukan Thailand
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486214/

Saturday, 14 April 2012
YOGYAKARTA – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mulai mendapat pengakuan dunia. Menjelang penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013, sejumlah sekolah menegah atas (SMA) dari ASEAN menjadikannya sebagai rujukan bagi para siswanya. Salah satunya Islamic School ini Setul Provinces of Southern Thailand. Untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang UMY, 52 guru SMA itu secara khusus melakukan kunjungan langsung ke kampus ini kemarin. “UMY menjadi kampus rujukan bagi para siswa negara ASEAN yang akan menempuh pendidikan di sini.Bukan tahun ini saja,tapi sudah beberapa tahun lalu,” ungkap Kepala Biro Penerimaan Mahasiswa Baru UMY Siti Dyah Handayani kemarin. Adanya mahasiswa luar negeri seperti Thailand yang saat ini menempuh studi di UMY,tidak hanya berdampak bagi upaya UMY go internasional,juga terhadap pelajar jenjang SMA di negara tersebut.Termasuk adanya kunjungan ini lantaran mendapatkan informasi langsung dari mahasiswa Thailand yang sedang kuliah di UMY.”Karena itu,saat menerima kunjungan guru-guru dari Thailand ini, para mahasiswa Thailand yang ada di UMY juga ikut dihadirkan untuk menemui mereka,”tandasnya.

…dst

2 ) INOVASI AKADEMIS DI BIDANG KESEHATAN-Dosen UGM Kembangkan Implan Tulang Lokal
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486215/

Saturday, 14 April 2012
Kebutuhan terhadap hip prosthesis,yakni alat medis sebagai implan untuk mengembalikan fungsi tulang pangkal paha patah belum dapat terpenuhi.Untuk mendapatkannya harus diimpor. Padahal yang membutuhkannya cukup banyak. DiYogyakarta saja,dari beberapa rumah sakit di sini rata-rata ada 16 pasien yang memasang hip prosthesis setiap bulan atau 192 unit/tahun.Itu pun untuk ukuran tulangnya berbeda dengan orang Indonesia. Dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Alva Edy Tontowi mengembangkan hip prosthesisyang sesuai ukuran tulang orang Indonesia. Hip prosthesisini dinamakan Gama-Hip Prosthesis.Alat medis ini berbeda dengan hip impor di pasaran. Selain diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasien, dari sisi hargaGama-Hip Prosthesisrelatif murah sehingga bisa menggantikan hip prosthesisimpor.Harga prosthesis jenis monopolar-hemiathroplasty berbahan baja stainless316L atau AlTi6V4 biasanya dijual Rp8–12 juta/unit. Sementara Gama- Hip Prosthesis rencananya dipasarkan Rp5 juta/unit. Dengan demikian,ada lebih banyak pasien penderita patah tulang yang bisa dilayani. “Selain itu,hipini juga ada perbedaan,terutama pada stemnya yang dilapisi hydroxyapatite (HA) buatan Bioceramics Minifactory UGM.

…dst

3 ) Mahasiswa UI Raih Penghargaan di Austria
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/14/079396990/Mahasiswa-UI-Raih-Penghargaan-di-Austria

SABTU, 14 APRIL 2012 | 07:01 WIB
TEMPO.CO, Depok – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali menorehkan prestasi di kompetisi tingkat dunia. Tim yang beranggotakan lima mahasiswa Fakultas Hukum berhasil menyabet gelar Honourable Mention pada Kompetisi Annual Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot Court ke-19 di Wina, Austria pada 29 Maret hingga 5 April 2012. Mereka adalah Aldila Mesra, Marshall Pribadi, Nikki Krisadtyo, Prasetyo Pratama Sukirno, dan Salma Izzatii. “Salah satu anggota tim UI, Prasetyo Pratama Sukirno, terpilih sebagai 40 best oralis,” kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Siane Indriani, Jumat, 13 April 2012. Menurut Siane, Prasetyo mampu menyisihkan lebih dari seribu mahasiswa yang berasal dari 282 universitas terkemuka di 68 negara. Juara umum Annual Willem C. Vis ini adalah University of India. “Juara dua diraih oleh London College University,” katanya.

…dst

4 ) Paduan suara Unpad pukau warga Swiss
http://www.antaranews.com/berita/306119/paduan-suara-unpad-pukau-warga-swiss

Sabtu, 14 April 2012 13:23 WIB
London (ANTARA News) – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil memukau warga Valle du Joux, Swiss, sehingga tepuk tangan sambil berdiri mengakhiri penampilan 46 orang dalam acara Rencontre Culturelle de Valle du Joux untuk tampil di Gereja Le Sentier. Kota yang merupakan pusat sebagian merek jam terkemuka di dunia ini mengundang anggota PSM Unpad untuk untuk menghibur warga Valle Du Joux di sebuah gereja yang cantik di kota tersebut, demikian Pensosbud KBRI Bern, Budiman Wiriakusumah kepada ANTARA News London, Sabtu. Budiman Wiriakusumah mengatakan penampilan PSM Unpad sarat dengan koreografi yang menawan, dan penuh kejutan serta kekuatan suara yang kompak, serta kreativitas tampilan yang beragam. Menurut Budiman Wiriakusumah, banyak lagi kelebihan yang tidak dimiliki oleh paduan suara yang selama ini pernah tampil di kota itu. “Tidak mengherankan jika diberbagai kompetisi internasional, PSM Unpad dapat dikatakan selalu memboyong gelar juara,” ujarnya.

…dst

5 ) Seleksi Majelis Wali Amanat, UI Minta Masukan
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/14/079397003/Seleksi-Majelis-Wali-Amanat-UI-Minta-Masukan

SABTU, 14 APRIL 2012 | 09:28 WIB
TEMPO.CO, Depok – Setelah mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. dan 12 orang lainnya lolos dalam seleksi calon anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI). Pada Kamis, 26 April 2012, UI akan melanjutkan seleksi tahap kedua. Seleksi itu akan memilih enam dari 14 orang calon MWA yang lolos untuk menjadi anggota MWA definitif. “Rapat pleno menyetujui 14 nama. Mereka akan segera dipilih dalam proses selanjutnya,” kata Ketua Tim Pansus Pemilihan MWA unsur masyarakat, Heru Suhartanto, Jumat, 14 April 2012. Menurut Heru, pemilihan akan dilakukan pada Kamis, 26 April 2012. Namun, sebelum pemilihan, UI memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk menyampaikan masukan terkait ke-14 calon anggota MWA UI tersebut. “Masukan dapat dikirim melalui e-mail,” katanya. Masukan dari masyarakat dapat berupa saran dan siapa yang menurut mereka cocok menjadi bagian dari MWA UI. Masyarakat dapat mengirim sarannya melalui e-mail ke alamat heru@ui.ac.id. “Sekarang sudah dapat dikirim, dan paling lambat pada 21 April 2012, pukul 23.59 WIB,” katanya.

…dst

6 ) Dicap Kampus Ilegal, Mahasiswa UISB Demo
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/13/373/611121/dicap-kampus-ilegal-mahasiswa-uisb-demo

Jum’at, 13 April 2012 15:55 wib
SOLOK – Tak terima rektornya ditetapkan sebagai tersangka, ribuan mahasiswa Universitas Islam Sumatra Barat (UISB), Solok, berdemonstrasi dengan mendatangi kantor polisi. Aksi ini merupakan bentuk solidaritas terhadap kampus setelah dinyatakan ilegal oleh Ditjen Dikti Kemendikbud dan Kopertis. Status ini pun berimbas pada penetapan Rektor UISB Jamalus sebagai tersangka karena dianggap melanggar undang-undang pendidikan tentang pendirian kampus. Sejak berganti nama dua tahun lalu, kampus yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) ini, telah merekrut lebih dari empat ratus mahasiswa. Karena belum mengantongi izin dari pihak Kopertis dan Ditjen Dikti Kemendikbud, maka kampus ini dinyatakan ilegal oleh pihak kepolisian. Kapolres Solok AKBP Lutfi Martadinata menyatakan, hasil pemeriksaan dan penyidikan Polres Solok terhadap UISB menetapkan rektor yang juga ketua yayasan sebagai tersangka. “Keterangan saksi ahli dari Kopertis dan Ditjen Dikti mengatakan bahwa kampus UISB ini belum memperoleh ijin,” kata Lutfi, Jumat (13/4/2012).

…dst

7 ) Unima Terbitkan Ijazah S1 Palsu
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/13/312623/293/14/-Unima-Terbitkan-Ijazah-S1-Palsu

Jumat, 13 April 2012 13:29 WIB
MANADO–MICOM: UniversitasS Negeri Manado (Unima) di Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), menerbitkan ijazah strata satu (S1) palsu yang ditandatangani Rektor Ph Tuerah. Ijazah tersebut dikeluarkan Unima yang merupakan salah satu Universitas bergensi di daerah Nyiur Melamabai tahun akademik Juni 2011. “Sebagai seorang dosen di Unima, saya sangat prihatin dengan penerbitan ijazah SI palsu. Tindakan ini merupakan bentuk kejahatan akademik yang harus diberikan sanksi tegas oleh Mendiknas, apalagi yang menandatangani ijazah palsu tersebut rektor,” kata Dosen Fakultas Teknik Unima, Stanly Handry Ering, Jumat (13/4). Modusnya kata Stanly, dalam ijazah tersebut nomor induk mahasiswa (NIM) pada kartu mahasiswa dipalsukan. Beberapa mahasiswa yang sebetulnya belum berhak menyandang predikat sarjana telah mendapat ijazah S1 dan akta mengajar.

…dst

8 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tewas Ditabrak Bus
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/04/14/m2gblo-mahasiswa-universitas-muhammadiyah-tewas-ditabrak-bus

Sabtu, 14 April 2012, 11:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN — Seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, tewas setelah bertabrakan dengan Bus Restu jurusan Ponorogo-Surabaya di Jalan Raya Madiun-Ponorogo, Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu.
Kecelakaan terjadi saat korban bernama Wahyu Eko Prasetyo (22) warga Mejayan Kabupaten Madiun, mengendarai motor Suzuki Satria FU bernomor polisi AE-3657-FK dengan kecepatan sedang dari Madiun menuju ke Ponorogo. Tiba di lokasi kejadian, ada gerobak sampah yang diparkir di tepi jalan. “Pengendara motor itu menghindari gerobak sampah yang diparkir di pinggir jalan. Namun karena haluan motor yang diambilnya terlalu ke tengah jalan dan pada saat bersamaan dari arah berlawanan ada Bus Restu, maka tabrakan tak terhindarkan,” ujar Sutopo, seorang saksi mata. Sutopo mengaku mengendarai motor di belakang korban. Sehingga setelah tabrakan tersebut terjadi ia langsung menghentikan motornya untuk menolong Wahyu. “Saya mengendarai motor tepat di belakang masnya yang jatuh itu. Saat ia terjatuh setelah bertabrakan dengan bus, saya langsung menolongnya. Sayangnya, ia sudah meninggal,” terang Sutopo.

…dst

9 ) Semar-T Bisa Masuk Roadmap Mobil Listrik
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/14/183174/Semar-T-Bisa-Masuk-Roadmap-Mobil-Listrik

14 April 2012
SOLO- Meski tidak masuk daftar universitas yang diundang Presiden, komitmen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam mengembangkan mobil listrik menjadikan mereka memiliki kesempatan. UNS berhasil membuat mobil listrik yang diberi nama Sebelas Maret – Teknologi Listrik (Semar – T). Empat perguruan tinggi yang diundang presiden dalam pengembangan mobil listrik adalah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Mereka dijadwalkan mempresentasikan roadmap penelitian mobil listrik pada Juni nanti. “Presiden terbuka dengan hal ini (pembuatan mobil listrik UNS). UNS memiliki peluang diundang Presiden,” kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof Dr Gusti Muhammad Hatta MS seusai melakukan test drive pada mobil listrik karya Fakultas Teknik UNS, Jumat (13/4).

…dst

10 ) UII Usul Kahar Muzakir Jadi Pahlawan Nasional
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486218/

Saturday, 14 April 2012
YOGYAKARTA – Universitas Islam Indonesia (UII) akan mengajukan rektor pertama UII,KH Kahar Muzakir sebagai pahlawan nasional. Rektor UII Edy Suandi Hamid mengatakan, selain sebagai penghargaan jasa-jasa Kahar Muzakir dalam pendirian UII, pengajuan ini juga berhubungan dengan fakta sejarah berdirinya bangsa Indonesia.Kahar Muzakir merupakan salah satu dari Panitia Sembilan yang menandatangani piagam Jakarta yang menjadi landasan dasar negara Indonesia,Pancasila. Dari sembilan orang itu, hanya Kahar Muzakir yang sampai saat ini belum mendapatkan gelar pahlawan nasional. Delapan lainnya yaitu,Soekarno, Mohammad Hatta,AA Maramis, HA Salim,Achmad Subardjo, Wahid Hasjim,dan Muhammad Yamin sudah ditetapkan menjadi pahlawan nasional.

…dst

11 ) Satu Juta Intelektual di Indonesia Menganggur
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/13/173396869/Satu-Juta-Intelektual-di-Indonesia-Menganggur

JUM’AT, 13 APRIL 2012 | 15:36 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Sebanyak satu juta pengangguran di Indonesia adalah lulusan perguruan tinggi. Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Marzan A. Iskandar mengatakan, per September 2011, jumlah pengangguran intelektual di Indonesia mencapai 1,1 juta orang. “Naik 15,71 persen dibandingkan 2010,” kata Marzan saat kuliah umum pelatihan wirausaha industri inovatif di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat, 13 April 2012. Meningkatnya jumlah pengangguran intelektual disebabkan orientasi para sarjana adalah mencari pekerjaan dan bukannya menciptakan pekerjaan. Oleh karena itu, dia meminta para sarjana mengembangkan jiwa kewirausahaan ketimbang sekadar menjadi pegawai. Untuk mendukung tumbuhnya wirausaha baru, pihaknya bekerja sama dengan lembaga rumah ekonomi rakyat mengadakan pelatihan wirausaha berbasis teknologi atau technopreneurship. Program ini adalah kelanjutan program pusat inovasi usaha mikro-kecil dan menengah yang sudah berjalan sejak 2009. “Selain technopreneurship, program lainnya yang sudah berjalan adalah inkubator bisnis berbasis teknologi di kampus-kampus,” ujarnya.

…dst

12 ) Pertemuan BEM Se-Nusantara Ditolak
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/14/078396958/Pertemuan-BEM-Se-Nusantara-Ditolak

SABTU, 14 APRIL 2012 | 00:14 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Badan Eksekutif Mahasiswa se-Provinsi Kepulauan Riau menolak pelaksanaan pertemuan BEM Nusantara ke V yang akan digelar di Kepulauan Riau, pada 16-19 April 2012. “Dari mulai sosialisasi, hanya beberapa pihak yang dihubungi. Ini sarat kepentingan,” kata Wakil Ketua BEM Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji, Setia Purnama, saat dihubungi, Jumat, 13 April 2012. Purnama mengaku BEM se-Riau tidak pernah diajak bicara ihwal persiapan pelaksanaan pertemuan tersebut. “Yang diajak hanya mereka yang mendukung. Kami merasa disepelekan karena tidak pernah diajak,” katanya.Ketertutupan panitia, kata Purnama, membuat BEM lain curiga jika pertemuan tersebut sarat dengan kepentingan kekuasaan. Menurut dia, tidak ada kejelasan soal sumber dana dalam pertemuan yang dipastikan memakan biaya yang sangat besar.

…dst

13 ) BEM UGM Serahkan 100 Anak Ayam
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2fehu-bem-ugm-serahkan-100-anak-ayam

Jumat, 13 April 2012, 23:15 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) menyerahkan bantuan sebanyak 100 anak ayam beserta peralatan pemeliharaan kepada siswa Sekolah Dasar Bina Anak Soleh, Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.”Bantuan ‘day old chick’ (DOC) atau anak ayam itu untuk menanamkan kecintaan siswa sekolah dasar (SD) terhadap sektor peternakan khususnya perunggasan,” kata pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), KA Safei, di Yogyakarta, Jumat. Selain untuk memberikan pengetahuan tentang dunia peternakan pada siswa, kegiatan itu juga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran untuk mengonsumsi pangan hewani sejak dini. Kegiatan bertema ‘Menanamkan Kecintaan Siswa di Sektor Perunggasan Menuju Perbaikan Gizi di Masa Mendatang’ itu diharapkan juga mampu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri siswa.

…dst

14 ) Unissula-Iraqi University Gelar Video Conference
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/13/183147/Unissula-Iraqi-University-Gelar-Video-Conference

13 April 2012
SEMARANG – Unissula mengadakan video conference dengan Iraqi University, Irak, dari kampus Kaligawe Semarang (11/4), menindaklanjuti kerja sama yang disepakati sebelumnya. ”Kegiatan ini menjabarkan MoU yang ditandatangani Rektor Prof Dr Laode M Kamaluddin dengan Rektor Iraqi University Prof Dr Ziyad Mahmoud Rasheed pada Educational Summit November 2012,” kata Sekretaris Badan Kerja Sama Dalam dan Luar Negeri Unissula Muna Madrah MA (). Dalam acara itu, Unissula menghadirkan 12 dekan, sejumlah mahasiswa program double degree Sejarah Peradaban Islam yang hampir semuanya fasih berbahasa Arab dan Inggris. Dari Iraqi University hadir head of department, dekan masing-masing konsentrasi jurusan, serta perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Irak.

…dst

15 ) Majukan Unpad demi Bangsa- Hari Ini Pemilihan Ketum IKA Unpad
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486345/

Saturday, 14 April 2012
BANDUNG– Tiga kandidat Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2012-2016 mempunyai visi dan misi sama yakni memajukan Unpad demi bangsa dan negara. Tiga kandidat itu yakni calon nomor urut 1 Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar; nomor urut 3 Ketua Pembina YayasanAl-Sali Iskandar,Sali Iskandar; dan nomor urut 4 Eksekutif Humpuss MansurAhmad.Sedangkan nomor urut 2 Direktur Jenderal HAKI Kementerian Hukum dan HAM Ahmad M Ramli, mundur dari pemilihan. Sapta Nirwandar berkomitmen bersama teman-teman memajukan Unpad. Karena itu,dibutuhkan jaringan untuk membuat Unpad lebih maju, terutama membuat almamater menjadi World Class University. Karena itu, Sapta dalam proses pencalonannya mengusung tema Unity,Nationality, Productivity, Action, dan Dedication. Sali Iskandar berusaha mewujudkan para alumni lulusan Unpad untuk menjadi motor penggerak di berbagai sektor demi kemajuan bangsa dan negara.

…dst

16 ) Ketua IKA Unpad Bakal Dipilih 7.000 Alumni
http://www.pikiran-rakyat.com/node/184464

Jumat, 13/04/2012 – 19:13
BANDUNG, (PRLM).- Sekitar 7.000 alumni Universitas Padjadjaran diperkirakan akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih ketua Ikatan Alumni Unpad periode 2012-2016 yang pemilihannya dilaksanakan Sabtu (14/4/12). Bagi alumni yang belum melakukan registrasi pemilih, masih ada kesempatan pada Sabtu pukul 6.30-10.00 WIB di Kampus Unpad Dipati Ukur Bandung untuk melaksanakan registrasi sekaligus memilih secara langsung. “Yang sudah terverifikasi sampai saat ini sudah ada 4.456 alumni. Itu yang sudah registrasi dan diverifikasi sejak pendaftaran dibuka 1 April hingga 10 April 2012. Yang belum registrasi dan akan hadir langsung di lokasi pemilihan di Kampus Dipati Ukur masih ada kesempatan sampai pukul 10.00 WIB. Sebab prediksi kami yang akan hadir di lokasi sekaligus reuni akbar mencapai 6000 sampai 7000 alumni,” kata Ketua Panitia Mubes, Pemilu, dan Reuni Akbar Unpad Adang Tsaury Mutaqien saat dihubungi Jumat (13/4/12).

…dst

17 ) Mahasiswa Indonesia di China 10.957 orang
http://www.antaranews.com/berita/306122/mahasiswa-indonesia-di-china-10957-orang

Sabtu, 14 April 2012 13:36 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Jumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di China meningkat setiap tahunnya dan sekarang sudah mencapai 10.957 orang. Jumlah mahasiswa Indonesia itu menempati peringkat tujuh setelah Rusia, sedangkan terbanyak pertama hingga ketiga masing-masing dari Korsel, Amerika Serikat, dan Jepang, kata Beijing Language and Culture Institute dalam siaran persnya, Sabtu.
“Hal ini bisa dipahami, karena selain biaya terjangkau, mutu pendidikan, fasiltas laboratorium dan kampus, kemajuan dan perkembangan pesat China juga makin banyaknya program studi gelar yang menggunakan bahasa pengantar Inggris,” kata Ir. Samuel Wiyono MBA.”Bak gayung bersambut, pelajar dan mahasiswa Indonesia pun menurut kalangan perguruan tinggi secara umum berprestasi dan rajin sehingga disukai oleh pihak institusi pendidikan di China,” jelasnya.

…dst

18 ) Mendikbud: UN 2012 “Paspor” Masuk PTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2eq0l-mendikbud-un-2012-paspor-masuk-ptn

Jumat, 13 April 2012, 14:26 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan, ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2012 dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari sisi kebijakan, UN akan diberlakukan sebagai “paspor” untuk masuk perguruan tinggi. “Mulai tahun 2013, sebanyak 60 persen mahasiswa baru diseleksi melalui nilai rapor dan UN, saat ini baru mencapai 25 persen saja, ” kata Mohammad Nuh dalam jumpa pers menjelang pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK dan MA pada 16-24 April mendatang, di Jakarta, Kamis. Sedangkan mengenai substansi UN 2012, yakni Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku lembaga penyelenggara UN menyiapkan lima jenis soal berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama. “Jika dulu soal nomor satu di tipe A bisa jadi soal nomor 10 di tipe B, sekarang tidak lagi. Soalnya benar-benar berbeda dengan tingkat kesulitan yang sama, sehingga diharapkan bisa meminimalisasi terjadinya upaya kecurangan,” ujarnya.

…dst

19 ) Pos Pengaduan Larangan Ikut UN Dibuka
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/04/13/m2ezh1-pos-pengaduan-larangan-ikut-un-dibuka

Jumat, 13 April 2012, 17:51 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA–Menanggapi polemik larangan siswi hamil mengikuti Ujian Nasional Akhir Sekolah (UNAS) yang terjadi di wilayah Jawa Timur secara luas, Jaringan Lembaga Peduli Anak Jawa Timur membentuk Posko UN 2012. Posko ini akan dibuka hingga UNAS berakhir. Hal itu sebagai bantuan agar siswa yang mendapat larangan mengikuti UNAS dapat bernafas lega terkait pemberitaan di media soal larangan siswi hamil ikut UNAS. Padahal, UNAS akan digelar mulai Senin (16/4) mendatang. Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Jawa Timur, Sinung D. Kristanto mengatakan, polemik ini akan selesai jika Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Haru mengeluarkan statemen bahwa siswi hamil diizinkan mengikuti UNAS. “Selama ini hanya pemberitaan yang beredar terkait pelarangan ini, tapi Kepala Dinas tidak pernah meresponnya,” kata Sinung pada wartawan, Jum’at (13/4).

…dst

20 ) Pengawasan Libatkan 73 PT
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/04/14/183171/Pengawasan-Libatkan-73-PT

14 April 2012
SEMARANG- Pengawasan pelaksanaan UN untuk jenjang SMA/SMALB/MA/SMK pada 16-19 April 2012, melibatkan 73 perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta. Sebanyak 2.941 pengawas dari unsur dosen akan diterjunkan untuk bertugas di tiap satuan pendidikan di seluruh Jawa Tengah. PT yang dilibatkan dalam pengawasan ini terbagi atas 12 PT negeri dan 61 PT swasta. Mereka akan mengawasi 2.539 sekolah yang terdiri atas 1.291 SMA/SMALB/MA dan 1.248 SMK. Penanggung jawab Pengawasan UN Jateng Prof Fathur Rokhman mengatakan, pada UN tahun ini seperti halnya sebelumnya, Universitas Negeri Semarang (Unnes) ditunjuk sebagai koordinator pengawas di tiap sekolah jenjang SMA sederajat. Jumlah pengawas UN 2012 ini meningkat dibandingkan tahun lalu, karena pengawasan diperluas hingga satuan pendidikan SMK.

…dst

21 ) Unnes gunakan mesin pindai citra untuk UN
http://www.antaranews.com/berita/306094/unnes-gunakan-mesin-pindai-citra-untuk-un

Sabtu, 14 April 2012 06:01 WIB
Semarang (ANTARA News) – Universitas Negeri Semarang (Unnes) siap menggunakan mesin pindai teknologi citra untuk pemindaian (scanning) lembar jawab Ujian Nasional (UN) 2012, dengan hasil pindaian yang lebih maksimal. “Dengan mesin pindai yang berteknologi canggih ini, kemungkinannya sangat kecil lembar jawab UN tidak terpindai atau tidak terbaca mesin,” kata Pembantu Rektor IV Unnes Prof Fathur Rohman di Semarang, Jumat. Ia mengatakan, pada pelaksanaan UN tahun ini Unnes kembali dipercaya untuk melakukan tugas pemindaian lembar jawab UN untuk jenjang SMA dan sederajat, sama seperti pada pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya. Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 180 dosen dan staf khusus yang menangani proses pemindaian lembar jawab UN, mengingat proses “scanning” tersebut setiap harinya akan dilakukan secara nonstop. “Kalau pada pemindaian tahun lalu dengan mesin pindai yang lama mungkin ada satu-dua lembar jawab yang tidak terbaca karena kesalahan peserta, seperti kurang menghitamkan jawaban, dan sebagainya,” katanya.

…dst

22 ) Mengenaskan, Menristek: Orang Pandai Indonesia Justru Banyak di Luar Negeri
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/12/04/13/m2eun1-mengenaskan-menristek-orang-pandai-indonesia-justru-banyak-di-luar-negeri

Sabtu, 14 April 2012, 03:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SOLO—Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, mengatakan sebenarnya banyak warga negara Indonesia yang tinggal diluar negeri itu pandai-pandai, tetapi sementara ini mereka tidak mau pulang ketanah air, karena takut “tidak ada mainan di negaranya sendiri”. “Kami beberapa waktu lalu telah berhasil mengumpulkan 100 orang pintar warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, ” kata Menristek Gusti Muhammad Hatta kepada wartawan seusai acara ‘Pelatihan Wirausaha Industri Inovatif” di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). “Ya orang-orang Indonesia yang berada di luar negeri itu pada umumnya tidak mau pulang ke tanah air, karena takut tidak mendapat permainan. Sebenarnya mereka itu juga mau pulang asalkan dari kemampuannya itu dijamin akan disalurkan oleh Pemerintah”, katanya. Menristek juga mengatakan bahwa orang-orang yang tergolong pintar dan sekarang berada di luar negeri itu juga telah menyatakan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu siap untuk pulang ke tanah air.

…dst

23 ) Menristek Dukung Mobil Esemka
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486147/

Saturday, 14 April 2012
SOLO – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta mendorong penyempurnaan mobil Esemka. Dia secara khusus mengirimkan tim pendampingan dan memerintahkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) agar proaktif dalam upaya uji kelayakan produk automotif rakitan pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) itu. Menristek dalam kegiatannya diUniversitasSebelasMaret Surakarta (UNS) kemarin menyempatkan diri mengunjungi bengkel kerja Esemka di Solo Tecknopark (STP). Di fasilitas bengkel pelajar ini, dia mengendarai mobil Esemka SUV Rajawali berplat nomor AD 1 A di ruang teaching factory kompleks STP. Selama mendampingi Menteri, Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) memberikan informasi mengenai produk dalam negeri ini.

…dst

24 ) Laporan dari Den Haag
Prof. Sofjan: DPR Lembaga Negara atau Abu Nawas?
http://news.detik.com/read/2012/04/13/213559/1892270/10/prof-sofjan-dpr-lembaga-negara-atau-abu-nawas

Jumat, 13/04/2012 21:35 WIB
Den Haag Baru saja mahasiswa dan rakyat turun ke jalan menolak dijadikan tumbal jebolnya anggaran dengan rencana menaikkan harga BBM, tapi DPR malah kumat lagi menghambur-hamburkan anggaran. Hal itu disampaikan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA, pengajar pada Islamic University of Europa, Rotterdam, kepada detikcom, Jumat (13/4/2012) waktu setempat. “Segala usaha telah dilakukan oleh rakyat, mulai dari kritik sampai aksi demonstrasi, agar gerombolan DPR bisa difungsikan sesuai fungsinya menurut konstitusi, namun sayangnya kelakuan dan perangai anggota DPR semakin membabi-buta,” ujar Sofjan. Menurut Sofjan, DPR terhadap rakyat sudah seperti Abu Nawas main akal-akalan, melancong ke Afrika Selatan, Jerman dan negara-negara tujuan lain dengan alasan mengawasi KBRI di luar negeri. “Padahal teknisnya sudah ada inspektorat sebagai lembaga khusus yang memeriksa dan mengawasi KBRI, bukan lembaga legislatif DPR. Ini adalah akal-akalan Komisi I DPR membohongi rakyat. Kepergian DPR adalah ilegal dan inkonstitusional,” kecam Sofjan.

…dst

25 ) Salah Paham pada Vonis MK
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486342/38/

Oleh MOH MAHFUD MD Guru Besar Hukum Konstitusi
Saturday, 14 April 2012
Sore itu, kira-kira dua tahun lalu, saya menonton salah satu televisi berita yang kebetulan memberitakan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) yang baru saja mengucapkan vonis atas satu perkara sengketa kewenangan antarlembaga negara. Seorang pendukung pihak yang permohonannya “tidak dapat diterima”dalam perkara itu terlihat marah-marah saat diwawancarai wartawan. “Ternyata benar isu di daerah bahwa MK telah diintervensi pemerintah sehingga `menolak’ permohonan kami,” kata anggota tim pendukung yang permohonannya tidak dapat diterima itu. Pendukung yang tampak emosi itu salah dalam dua hal. Pertama, anggapannya bahwa MK diintervensi pemerintah sehingga mengalahkan permohonannya. MK adalah MK yang selalu independen, tak bisa dipengaruhi siapa pun,termasuk oleh pemerintah. Sejak awal masuk ke MK, saya sudah menyatakan, MK akan dibangun dengan fondasi independensi, sebab takkan ada keadilan tanpa independensi peradilan.  Namun, harus diingat, independensi MK bukan hanya independen dan berani memutus berbeda dengan kepentingan pemerintah, tetapi juga independen dan berani berlawanan dengan pihak-pihak di luar pemerintah seperti tekanan DPR, partai politik (parpol),lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau tekanan opini pers. Bagi MK, semua tekanan atau insinuasi yang bermaksud memengaruhi takkan ada gunanya karena takkan pernah digubris.

…dst

OOT:
26 ) TINGKAT KECERDASAN – Bocah 4 Tahun, IQ Hampir Setara Einstein
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486341/38/

Saturday, 14 April 2012
Anak kecil ini sungguh luar biasa.Bayangkan, pada usia dua tahun, dia bisa menghitung sampai 40, menggambar orang, membaca puisi, dan membaca buku layaknya anak usia tujuh tahun. Sekarang, di usianya yang menginjak empat tahun, intelligence quotient (IQ) yang dimilikinya mencapai 159. Skor itu jauh di atas rata-rata IQ orang dewasa 100,bahkan yang termasuk “berbakat” sekalipun, 130. Pemilik kecerdasan luar biasa itu adalah anak perempuan kecil berambut pirang bernama Heidi Hankins. Dia pantas berbangga lantaran IQ yang dimilikinya hanya berbeda satu poin di bawah ilmuwan besar dunia,Stephen Hawking dan Albert Einstein.Balita yang berasal dari Winchester, Hampshire,Inggris itu juga telah menjadi salah satu anggota termuda jaringan Mensa. Mensa merupakan kelompok elite terbesar yang terdiri atas orang-orang dengan IQ tinggi. Ini merupakan kelompok organisasi nonprofit yang keanggotaannya terbuka untuk siapa saja asalkan memenuhi standar IQ yang ditentukan.Mensa memiliki payung organisasi bernama Mensa International yang terdaftar secara resmi di Caythorpe, Lincolnshire, Inggris. Bakat kepintaran Heidi memang tak muncul begitu saja.

…dst