1 ) Innalillaahi wainna ilaihi raajiun ….
Sudah meninggal dunia Bapak Dr. Agung Darmawansyah, ST.,MT. Ka.Prodi S2 Teknik Elektro, Sabtu ba’da magrib 14 April 2012. InsyaAllah sudah dimakamkan Minggu pagi jam 8 di Pemakaman Samaan, Malang. Di bawah ini adalah profil yang terdapat di akun facebook Pak Agung…Selamat Jalan Pak…
http://www.facebook.com/profile.php?id=1284920941&ref=ts

…dst

2 ) IPB Ciptakan ‘Beras’ Mirip Beras
http://www.republika.co.id/berita/nasional/lingkungan/12/04/15/m2huix-ipb-ciptakan-beras-mirip-beras

Minggu, 15 April 2012, 06:56 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Peneliti dari F-Technopark Institut Pertanian Bogor melahirkan produk pangan alternatif mirip beras. Produk tersebut diberi nama “beras analog”. “Produk mirip beras yang kita kembangkan dibuat dari tepung lokal selain beras dan terigu,” kata Direktur F-Tecnopark Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Dr Slamet Budijanto, kepada Antara di Bogor, Ahad. Peneliti di perguruan tinggi dan badan penelitian menyebutnya dengan nama beras artifisial, beras tiruan dan lainnya. Slamet mengatakan bahwa produk pangan tersebut dirancang khusus untuk menghasilkan sifat fungsional dengan menggunakan bahan tepung lokal, seperti sorgum, sagu, dan umbi-umbian. Bahannya bisa ditambahkan dengan ‘ingridient’ pangan seperti serat, antioksidan dan bahan lainnya sesuai keinginan. Di luar negeri seperti China dan Filipina, ‘beras’ mirip beras ini diproduksi dari beras menir menjadi beras utuh untuk kebutuhan fortifikasi vitamin atau mineral tertentu. “Di antaranya untuk fortifikasi zat besi,” katanya menambahkan.

…dst

3 ) Empat universitas pameran pendidikan di Saudi
http://www.antaranews.com/berita/306201/empat-universitas-pameran-pendidikan-di-saudi

Minggu, 15 April 2012 07:58 WIB
Jeddah (ANTARA News) – Empat perguruan tinggi Indonesia akan ambil bagian dalam pameran pendidikan Internasional yang diadakan Kementrian Pendidikan Tinggi Arab Saudi di Riyadh International Exhibition Center pada 17-20 April 2012. Keempat universitas itu adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, kata Atase Pendidikan dan Budaya KBRI Riyadh Muhammad Luthfi Zuhdi melalui surat elektroniknya kepada ANTARA, Minggu. Perkembangan hubungan Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang pendidikan dari hari ke hari maju pesat, antara lain terlihat dari meningkatnya jumlah mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi di Arab Saudi, kata Luthfi. Sebelumnya, UI menganugerahkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa di bidang perdamaian dan kemanusiaan kepada Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz, Agustus tahun lalu. Jumlah mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa Arab Saudi pada 2012 ada 507 mahasiswa, selain ratusan santri Indonesia yang belajar di rubath-rubath (pesantren) di kota Makkah dan Madinah.Jumlah itu naik hampir seratus persen jika dibandingkan tahun 2009 yang hanya 275 mahasiswa.

…dst

4 ) Bidik Misi Ditingkatkan Jadi 30 Ribu Mahasiswa
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/14/373/611636/bidik-misi-ditingkatkan-jadi-30-ribu-mahasiswa

Sabtu, 14 April 2012 17:31 wib
SOLO – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meningkatkan jumlah Bidik Misi, pada tahun 2012, menjadi sebesar 30 ribu mahasiswa. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang tidak mampu.”Meningkat sebesar 10 ribu mahasiswa dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2011 lalu beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa ada 20 ribu orang,” ungkap Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim, saat ditanya soal Bidik Misi, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/201). Wamendikbud menegaskan, sekarang ini tidak ada anak yang tidak bisa melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, hanya gara-gara tidak mampu secara ekonomi. “Penerima bidik misi, disamping dibebaskan dari seluruh pungutan yang dibebankan, juga diberi biaya hidup yang besarnya tergantung pada living cost di masing-masing daerah,” jelasnya.Terkait dengan itu, Musliar Kasim memberi contoh mahasiswa penerima Bidik Misi di kota Solo, maka akan menerima Rp600 ribu per mahasiswa per bulan, selama empat tahun. “Mahasiswa penerima Bidik Misi itu tidak menyatu di satu fakultas, tetapi harus menyebar di semua fakultas di satu perguruan tinggi negeri,” jelasnya.

…dst

5 ) Febriana Kaget Dikunjungi Wamen dan Rektor UNS
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/14/373/611649/febriana-kaget-dikunjungi-wamen-dan-rektor-uns

Sabtu, 14 April 2012 17:58 wib
SRAGEN – Sungguh tidak terbayang sebelumnya bagi Febriana Sapta, bahwa Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Ravik Karsidi MS, mau berkunjung ke rumahnya. Dia adalah mahasiswa dari keluarga tidak mampu, yang menerima bea siswa Bidik Misi.”Saya enggak ada bayangan sebelumnya ternyata yang datang ke rumah saya ini seorang Wakil Menteri dan Rektor,” ungkap Febriana Sapta, mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS seusai rumahnya dikunjungi Wamendikbud dan Rektor UNS, di Kampung Kalioso RT3/01, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2012). Febriana Sapta adalah mahasiswa semester empat FKIP UNS, Dia merupakan anak kelima. Ayahnya, Muhlis, adalah seorang buruh bangunan. Sementara ibunya, Wakhirah, adalah ibu rumah tangga.

…dst

6 ) Sapta Nirwandar Terpilih Jadi Ketua IKA Unpad
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/04/15/312939/293/14/Sapta-Nirwandar-Terpilih-Jadi-Ketua-IKA-Unpad

Minggu, 15 April 2012 01:21 WIB
BANDUNG–MICOM: Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda memenangi pemilihan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran periode 2012–2016 di Graha Sanusi Hadjadinata Unpad Bandung, Sabtu (14/4). Sapta Nirwandar terpilih sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad) menggantikan Ferry Mursidan Baldan yang mengakhiri periode keduanya tahun ini. “Pemilu IKA Unpad hari ini bukan semata untuk kemenangan perorangan atau kandidat semata. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana kepengurusan IKA Unpad yang baru bisa berkontribusi memajukan Unpad secara menyeluruh,” kata mantan Ketua Umum IKA Unpad Ferry Mursidan Baldan.

…dst

7 ) HP Masuk Ruang Unas, Rektor Ikut Waswas
http://www.jpnn.com/read/2012/04/15/124219/HP-Masuk-Ruang-Unas,-Rektor-Ikut-Waswas-

Minggu, 15 April 2012 , 05:50:00
JAKARTA – Persoalan masuknya handphone (HP) di dalam ruang ujian juga menjadi sorotan sejumlah rektor. Di antaranya adalah Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Bedjo Sujanto. Dia menuturkan, para dosen yang bertugas sebagai pengawas Unas sudah dibekali untuk mewaspadai bentuk-bentuk pelanggaran unas. “Dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak sekolah modus pelanggaran unas,” ujar Bedjo, Sabtu (14/4). Di antara yang paling mencolok adalah masih banyaknya siswa yang membawa HP ke dalam ruang ujian. Untuk itu, dia meminta para guru pengawas ujian nanti benar-benar sportif meminta siswa mengeluarkan HP yang mereka bawa sejak dari rumah. Bedjo menuturkan, dosen pengawas tidak bisa intensif mengecek di setiap ruang ujian. Sebab, rata-rata dalam satu sekolah hanya ada satu hingga dua orang dosen pengawas. “Peran guru pengawas cukup vital,” katanya. Menurut Bedjo, paling aman beberapa saat menjelang ujian para siswa diperiksa barang bawannya. Jika ditemukan HP, harus diserahkan kepada guru pengawas yang bertugas di ruang ujian. Jika di sekolah tersebut masih ada pelanggaran ujian melalui HP, maka pihak yang harus bertanggung jawab adalah guru pengawas.

…dst

8 ) Soal UN 2012 Sudah Selesai Didistribusikan
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/14/373/611607/soal-un-2012-sudah-selesai-didistribusikan

Sabtu, 14 April 2012 16:35 wib
SOLO – Semua naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA maupun SMK telah terdistribusi. Bahkan untuk wilayah-wilayah yang sulit dijangkau sudah sampai seminggu lalu. “Dipastikan saat ujian berlangsung, tidak ada soal yang tidak sampai ke sekolah. Sehingga UN yang dilaksanakan mulai Senin 16 April besok bisa lancar,” tegas Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim, di sela-sela mengecek kemasan naskah soal UN 2012 di SMK Negeri 2 Solo, Jawa Tengah, Sabtu (14/4/2012).Menurut Wamendikbud, banyak yang meragukan kebocoran soal UN pada UN tahun-tahun sebelumnya. Sebab soal dicetak di setiap provinsi. Atas dasar pengalaman dan masukan berbagai pihak, maka pencetakan ujian dipusatkan hanya pada empat percetakan saja. “Tujuannya untuk menghindari adanya kebocoran. Kami yakin perusahaan percetakan yang terpilih adalah perusahaan yang profesional, mengerjakan dengan baik dan diharapkan pelaksanaan UN ini bisa lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” jelasnya.

…dst

9 ) M Nuh Sidak Sekolah Jelang Pelaksanaan UN
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/15/373/611815/m-nuh-sidak-sekolah-jelang-pelaksanaan-un

Minggu, 15 April 2012 12:51 wib
TANGSEL – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah sekolah menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA Senin 16 April 2012. Kunjungan pertama Mendikbud bertempat di SMA 6 Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Di sekolah tersebut, M Nuh mengamati kelas-kelas yang dijadikan lokasi ujian.”Alhamdulillah kami sengaja melakukan sidak untuk memastikan pelaksanaan UN bisa berjalan dengan baik,” kata M Nuh di SMA 6, Pamulang, Tangerang Selatan, Minggu (15/4/2012). Dia menyebutkan, ada tiga kriteria penyelenggaraan UN, yakni ketepatan jumlah soal, tepat waktu dan kesesuaian soal dengan mata pelajaran yang diujikan. “Ketepatan jumlah soal semoga tidak ada kekurangan. Jika terjadi kekurangan sudah disiapkan mekanisme jalan keluarnya,” ujarnya.

…dst

10 ) Risiko di Aceh Meningkat Pascagempa
http://sains.kompas.com/read/2012/04/13/17483964/Risiko.di.Aceh.Meningkat.Pascagempa

umat, 13 April 2012 | 17:48 WIB
Ahli seismologi mengatakan, gempa besar yang mengguncang Sumatera pekan ini adalah peristiwa yang hanya terjadi 2.000 tahun sekali. Meski dampak kerusakan tidak terlalu besar, gempa tersebut meningkatkan risiko tsunami besar di kawasan tersebut. Gempa berkekuatan 8,5 dan gempa susulan sesudahnya adalah gempa jenis strike-slip dan merupakan tipe terbesar yang tercatat dalam sejarah, kata Kerry Sieh, Direktur Earth Observatory di Singapura. “Gempa itu sangat besar dan peristiwa yang jarang terjadi,” kata Sieh kepada kantor berita Reuters. “Selain itu gempa susulannya juga merupakan gempa susulan terbesar kedua di dunia,” ujar Sieh yang telah melakukan penelitian seismik di Sumatera selama bertahun-tahun. Gempa strike-slip adalah gerakan horisontal akibat lempeng-lempeng bumi yang saling bertabrakan dan tidak memiliki kekuatan sebesar gerakan vertikal. Gempa kategori ini juga tidak memicu tsunami atau gelombang tinggi. Pada 2004, gempa berkekuatan 9,1 mengguncang Aceh dan wilayah Sumatera lainnya, menewaskan 230.000 orang di 13 negara.

…dst

11 ) Empat Rekomendasi Peneliti Pascagempa Aceh
http://sains.kompas.com/read/2012/04/13/20402973/Empat.Rekomendasi.Peneliti.Pascagempa.Aceh

Jumat, 13 April 2012 | 20:40 WIB
BANDA ACEH, KOMPAS.com – Para peneliti di Banda Aceh mengeluarkan empat poin rekomendasi kepada pemerintah pascagempa Aceh untuk mengantisipasi bahaya gempa dan tsunami ke depan menyusul perkembangan yang terjadi. “Kami telah mengeluarkan empat butir rekomendasi pascagempa 11 April 2012. Kami berharap Pemerintah Pusat dan Aceh memperhatikan rekomendasi tersebut dengan melakukan survei mendalam,” kata Dr Eng Syamsidik di Banda Aceh, Jumat (13/4/2012).
Rekomendasi itu disusun oleh konsorsium peneliti tsunami TDMRC Unsyiah, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementrian Kelautan dan Perikanan serta PT ASR. Kepala Divisi Riset pada Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC) Unsyiah itu menyatakan, banyak hal yang belum diketahui dampak dari gempa berkekuatan 8,5 pada Scala Richter, 11 April 2012 sebagai alasan ditekannya rekomendasi ini. Rekomendasi pertama menyarankan Pemerintah Pusat dan Aceh melakukan penelitian mendalam terhadap dampak gempa dan tsunami terutama terhadap pulau-pulau kecil di sebelah barat Pulau Sumatera.

…dst

12 ) Antisipasi Tsunami, Jangan Tergantung Teknologi
http://sains.kompas.com/read/2012/04/14/06141978/Antisipasi.Tsunami.Jangan.Tergantung.Teknologi

Sabtu, 14 April 2012 | 06:14 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Peristiwa gempa di Aceh kembali menguak satu kelemahan dalam teknologi peringatan dini gempa dan tsunami. Sirene peringatan dini baru berbunyi 30 menit setelah gempa, padahal seharusnya 9 menit setelahnya. Untunglah gempa yang terjadi Rabu lalu tak menimbulkan tsunami besar. Jika saja tsunami besar terjadi, boleh jadi masyarakat tak punya cukup waktu untuk menyelamatklan diri. Menurut PM Laksono, antropolog dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, peristiwa gempa Aceh Rabu lalu menunjukkan bahwa masyarakat harus terus mengembangkan wawasan tentang kegempaan. “Teknologinya lelet, masih belum bisa dipercaya. masyarakat harus belajar dan mengandalkan pada dirinya, nalurinya, bukan teknologi,” ungkap Laksono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/4/2012) kemarin.
Ia mengatakan teknologi hanya menjadi salah satu bagian dari seluruh sistem. Mau teknologinya maju kalau masyarakatnya tidak bisa memanfaatkan dengan benar juga akan percuma saja.

…dst

13 ) Dikeroyok Geng Motor, Mahasiswa Makassar Tewas
http://www.tempo.co/read/news/2012/04/15/058397148/Dikeroyok-Geng-Motor-Mahasiswa-Makassar-Tewas

MINGGU, 15 APRIL 2012 | 08:54 WIB
TEMPO.CO, Jakarta -Kekerasan diduga dilakukan oleh geng motor Makassar menelan korban. Ibrahim, aktivis satuan pelajar mahasiswa aktivis Pemuda Pancasila dikeroyok di Jalan Sungai Saddang Baru, Sabtu, 14 April 2012 malam. Korban tewas dalam perjalanan ke rumah sakit Pelamonia Makassar. Korban yang juga mahasiswa Universitas Negeri Makassar mengalami sejumlah luka serius. Kepala bagian belakang robek dihantam benda tumpul. Tangan korban terkena anak panah. Insiden terjadi sekitar pukul 23.00 wita. Sebelum kejadian, korban terlebih dahulu mengikuti pertemuan Pemuda Pancasila di Hotel Horizon, Jalan Jenderal Sudirman. Usai acara, korban meninggalkan hotel bersama lima rekannya dengan mengendarai motor. Saat melintas di Jalan Sungai Saddang Baru, korban tiba-tiba dihadang sekelompok geng motor yang sedang mangkal di pinggir jalan. “Tidak ada pemicu tiba-tiba kami diserang,” kata rekan korban, Wawan Mapparenta. Wawan mengatakan, sekitar 30 anggota geng motor menyerang korban yang tidak dapat menyelamatkan diri lantaran terjatuh dari motor. “Pelaku membawa balok kayu dan anak panah,” kata Wawan.

…dst

14 ) Kasus Geng Motor, Waspadai Upaya Benturkan TNI dan Polri
http://news.detik.com/read/2012/04/15/100721/1892705/10/kasus-geng-motor-waspadai-upaya-benturkan-tni-dan-polri?n990102mainnews

Minggu, 15/04/2012 10:07 WIB
Jakarta Kriminolog Universitas Padjajararan Yesmil Anwar berpendapat kasus pengrusakan gerai 7-Eleven dan penganiayaan warga oleh sekelompok pria bermotor diduga terkait dengan hubungan antara TNI dan Polri. Yesmil menduga ada upaya untuk membenturkan Polri dan TNI melalui peristiwa di Jalan Salemba dan Pramuka, Jakarta Pusat tersebut. Pasalnya kelompok orang yang berbuat onar bukan geng motor seperti biasanya.”Sekarang ada campur tangan politik yang ingin bermain lewat geng motor. Mungkin ada ketegangan antara Polri dan TNI jadi sekarang makin diperpanas, seolah-olah diciptakan ketegangan,” kata Yesmil saat dihubungi detikcom, Sabtu (14/4/2012) malam. Menurutnya, keterangan saksi mata yang menyebut pelaku pengrusakan dan penganiayaan berbadan tegap dan berambut cepak, membuat pikiran publik mengarah kepada institusi TNI. “Dengan ketegangan ini maka terjadi pembunuhan karakter,” pungkasnya.

…dst

15 ) Ulah Geng Motor di Jakarta Tewaskan 60 Orang per Tahun
http://news.detik.com/read/2012/04/15/113741/1892738/10/ulah-geng-motor-di-jakarta-tewaskan-60-orang-per-tahun?n991102605

Minggu, 15/04/2012 11:37 WIB
Jakarta Ditengarai setiap tahun 60 orang tewas akibat ulah geng motor di Jakarta. Polisi pun didorong untuk sigap dalam menindak memberantas geng motor yang meresahkan tersebut.”Setiap tahun di Jakarta 60 orang tewas akibat ulah geng motor. Sebab itu patroli pemberantasan geng motor dan balapan liar yang dilakukan polisi di Jakarta sekarang ini jangan hangat-hangat tahi ayam,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, kepada detikcom, Minggu (15/4/2012). Menurut Neta, di tahun 2009 ada 68 orang tewas di arena balapan liar, baik akibat kecelakaan maupun pengeroyokan. Sedangkan tahun 2010 ada 62 orang tewas, dan 2011 ada 65 orang tewas.
Dia menambahkan pada 2009 di wilayah Polda Metro Jaya ada 20 lokasi balapan liar. Angka ini kemudian meningkat menjadi 80 lokasi di tahun 2012. Lokasi terbanyak ada di tangerang yakni 21 lokasi. “Pembiaran yang dilakukan polisi terhadap geng motor selama ini sudah membuat konflik sosial, memicu dendam dan aksi main hakim sendiri, seperti pada Jumat dinihari lalu. Jika situasi ini tidak segera dikendalikan tentu akan memicu konflik yang lebih besar di masyarakat,” papar Neta.

…dst