1 ) Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un
Selamat jalan Bu…semoga semua amal diterima, dosa terampuni dan memperoleh tempat sebaik-baiknya…harap pelaku bisa terungkap dan dihukum setimpal perbuatannya, amiin YRA

Polisi : Mayat di Ciledug Dosen UI
http://news.detik.com/read/2012/04/15/225430/1892924/10/polisi-mayat-di-ciledug-dosen-ui
Minggu, 15/04/2012 22:54 WIB
Tangerang, Kasat Reskrim Polres Metro Kota Tangerang AKBP Rahmat akhirnya mau membuka informasi terkait ditemukannya sesosok mayat wanita di kediamannya yang beralamat di Jalan Kalpaltaru, RT 05 RW 07 No.28 Perumahan Larangan Indah, Larangan, Kota Tangerang pada Minggu (15/04/2012) malam. “Ya, informasinya dia dosen Universitas Indonesia,” ujar Rahmat. Ditanya kemungkinan Suwanci Sisworaharjo (73) kemungkinan dibunuh oleh perampok, Rahmat mengatakan, pihaknya masih melakukan olah TKP. “Mayat sudah dikirim untuk divisum, belum diketahui ada luka atau tidak. Jadi belum tahu karena apa,” katanya.  Informasi di lokasi korban adalah dosen UI. Beliau adalah salah satu pendiri Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) UI. Dosen yang sudah lama tinggal sendiri di kediamannya Jl. Kalpataru No. 28, RT.05/07, Komplek Larangan Indah tersebut, sebelumnya ditemukan sudah tidak bernyawa dengan luka lebam di sekujur tubuhnya. Hingga saat ini, polisi pun masih melakukan penyidikan di lokasi kejadian.

…dst

2 ) Unas Gelar Tes Narkoba Lewat Sampel Rambut
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/16/22570837/Unas.Gelar.Tes.Narkoba.Lewat.Sampel.Rambut

Senin, 16 April 2012 | 22:57 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Tak ada tempat untuk narkoba di kampus. Semangat inilah yang digenggam oleh 200 orang yang tergabung dalam sivitas akademika Universitas Nasional (Unas) untuk mengikuti tes uji narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).Rektor Unas El Amry Bermawi Putera mengatakan, pelaksanaan uji narkoba ini merupakan implementasi kerja sama antara Unas dan BNN yang sudah terjalin sekian lama. Kegiatan ini dilakukan juga dalam rangka menciptakan generasi muda bebas narkoba, serta pelaksanaan kebijakan Kemendikbud melalui Kopertis untuk memberantas narkoba sesuai dengan program pemerintah. “Karena hingga saat ini baru ada tiga PTN dan PTS yang melaksanakan kebijakan tersebut dari 385 PT yang ada di wilayah III Jakarta, yaitu UPH, Trisakti, dan Unas,” ujar El Amry kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (16/4/2012).

…dst

3 ) 24 PT Ikuti LA Lights Campus League 2012
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486909/

Tuesday, 17 April 2012
BANDUNG– Sebanyak 24 perguruan tinggi (PT) berbagai daerah di Bandung dan sekitarnya ikut serta pada kompetisi LA Lights Campus League 2012 di Gor C-Tra Arena, Jalan Cikutra,Kota Bandung. Kompetisi yang akan berlangsung selama sembilan hari dari 16- 24 April 2012 itu di mulai sejak kemarin. Jalannya kompetisi berlangsung alot. Kejar-kejaran poin terus terjadi sampai penghujung acara.Sampai malam hari, event tersebut terus diminati penonton untuk menyaksikan acara hingga usai. Koordinator Acara Campus League 2012 Bobby mengatakan, rangkaian kompetisi bola basket tingkat perguruan tinggi itu akan diikuti 24 tim putra dan 8 tim putri. Mereka merupakan perwakilan dari 24 perguruan tinggi. “Satu kampus berkesempatan mengirimkan dua tim, yaitu satu perwakilan tim putra dan satu tim putri,” jelas Bobby kepada wartawan, kemarin. Beberapa kampus yang terlibat pada kompetisi ini di antaranya UPI, Universitas Widyatama, Unpad, ITB, Unpas,dan lainnya. Bobby mengungkapkan, kompetisi yang rutin digelar setiap tahun ini bertujuan menjaring bakat- bakat baru dan potensial bagi pebasket profesional.

…dst

4 ) MK Bangun Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/486942/

Tuesday, 17 April 2012
Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) membuka jalan bagi masyarakat untuk lebih mengetahui dan memahami nilai-nilai Pancasila dengan membangun Gedung Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi. Gagasan pembangunan Pusat Pendidikan ini tercetus setelah melakukan pertemuan dengan semua pimpinan lembaga negara pada tanggal 23 Mei 2011. “Berdasarkan pertemuan dengan Ketua MPR, DPR, Presiden, Ketua DPD, kita semua bersepakat bersama-sama memasyarakatkan Pancasila dan UUD dalam rangka berkesadaran berkonstitusi,” tukas ketua hakim MK Mahfud MD ketika ditemui di gedung Mahkamah Konstitusi kemarin. Dalam keterangan lebih lanjut Mahfud MD mengatakan MK merasa berkepentingan terhadap segala upaya untuk menguatkan kembali Pancasila sebagai dasar negara. Sebab, Pancasila merupakan `jiwa’ dari UUD 1945. Artinya, tugas menjaga dan menegakkan konstitusi, bukan lain adalah menjaga dan menegakkan nilai-nilai Pancasila.

…dst

5 ) Terbuka, Peluang Melanjutkan S-3 di Selandia Baru!
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/16/22323717/Terbuka.Peluang.Melanjutkan.S-3.di.Selandia.Baru.

Senin, 16 April 2012 | 22:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan delegasi pendidikan tinggi Selandia Baru kembali melakukan kerjasama di bidang pendidikan. Kerjasama tersebut khusus untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh pendidikan jenjang doktorat (PhD/S-3) di Selandia Baru. Grant McPherson, CEO Education New Zealand, lembaga pemerintah Selandia Baru yang bertanggungjawab mempromosikan pendidikan Selandia Baru di luar negeri mengatakan, para calon mahasiswa internasional yang berniat menempuh pendidikan jenjang S-3 di Selandia Baru akan diberikan banyak keuntungan. Informasi terhangat saat ini, para mahasiswa internasional hanya perlu membayar uang kuliah setara dengan biaya pendidikan untuk mahasiswa lokal.”Artinya, para mahasiswa dan lembaga beasiswa mendapatkan penghematan biaya yang signifikan,” kata McPherson, saat menandatangani nota kerjasama bersama Kemdikbud, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (16/4/2012).

…dst

6 ) Selandia Baru Tawarkan Beasiswa S-3 ke RI
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/16/373/612502/selandia-baru-tawarkan-beasiswa-s-3-ke-ri

Senin, 16 April 2012 16:06 wib
JAKARTA – Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Selandia Baru. Kerja sama dalam bidang pendidikan tersebut mencakup berbagai jenjang pendidikan mulai dari PAUD hingga pendidikan tinggi. Dalam kerja sama itu, Selandia Baru memberikan tawaran beasiswa bagi 50 orang untuk meneruskan pendidikan di tingkat S-3. Sebagai upaya untuk menarik lebih banyak mahasiswa Indonesia ke Selandia Baru, para mahasiswa S-3 yang mengikuti program beasiswa tersebut hanya perlu membayar biaya perkuliahan sekira 4.000-5.000 dollar New Zealand per tahun. Biaya ini serupa dengan biaya yang dikenakan bagi mahasiswa domestik.Selain kerja sama secara umum di bidang pendidikan, salah satu kampus terbaik di Selandia Baru, yakni Victoria University of Wellington (VUW) turut menggandeng Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud guna menghasilkan pendidikan yang lebih baik.

…dst

7 ) 3 Fokus Kerja Sama RI-Selandia Baru
http://kampus.okezone.com/read/2012/04/16/373/612586/3-fokus-kerja-sama-ri-selandia-baru

Senin, 16 April 2012 17:27 wib
JAKARTA – Kerja sama pendidikan yang dilakukan antara New Zealand dan Indonesia berfokus pada tiga hal, yakni engineering, vokasi, dan geotermal.Menurut Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Kerja Sama Luar Negeri Katjung Maridjan, ketiga fokus itu dipilih karena kedua negara sama-sama memiliki sumber daya yang saling menguntungkan untuk bidang-bidang tersebut. “Untuk bidang geotermal, Indonesia dan Selandia Baru sudah menjalin kerja sama yang cukup lama. Adanya kerja sama ini untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada di dua negara,” kata Katjung di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2012).

…dst

8 ) FKIP Gelar “Hunting Talent 2012”
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/487000/

Tuesday, 17 April 2012
SOLO – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (FKIP Unisri) Surakarta menggelar ajang pencarian bakat bidang seni dan olahraga bertajuk Hunting Talent 2012. Ketua panitia Wahyu Sidiq Pramono mengutarakan, kegiatan yang dilaksanakan mulai 15–30 April ini di Taman Balekambang Solo tersebut bertujuan membentuk mahasiswa yang mengedepankan kualitas. Tentu saja tetap dengan moral yang baik dan teguh dalam semangat kebangsaan. Ajang itu juga guna mendapatkan bibit luar biasa dari bakatbakat mahasiswa, terutama dalam bidang seni dan olahraga. “Bibit mahasiswa yang dicari yaitu futsal,badminton,voli, dan karaoke. Para pemenangnya nanti akan dilombakan pada ajang pencarian bakat untuk tingkat universitas.Acara ini mengambil tema `Membentuk Karakter Mahasiswa Melalui Olahraga dan Seni’,” kata mahasiswa semester lima itu kepada SINDO kemarin.

…dst

9 ) 80 Peneliti Muda Tawarkan Solusi
http://cetak.kompas.com/read/2012/04/17/02371620/80.peneliti.muda.tawarkan.solusi

17 April 2012
KUDUS, KOMPAS – Sebanyak 80 peneliti muda dari 16 negara akan mengikuti Konferensi Peneliti Muda Forum Kerja Sama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik atau AFSC IV di Semarang, Jawa Tengah, 24-29 April. Dalam pertemuan itu, mereka juga akan berkompetisi menelurkan solusi-solusi baru mengenai masalah energi, terutama menyangkut krisis air dunia. Ke-16 negara itu di antaranya Australia, Brunei, China, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Vietnam, Swedia, dan Amerika Serikat. Indonesia akan diwakili 16 peneliti muda dari sejumlah SMA sederajat dari Bandung, Sumedang, Bogor, Sukabumi, Pemalang, Kudus, dan Semarang.
Anggota Tim Kerja AFSC 2012 dari Duniaku Pintar, Dolly Andrian, Senin (16/4), di Kudus, Jawa Tengah, mengatakan, AFSC merupakan kegiatan tahunan khusus bagi siswa SMA yang cerdas dan berbakat istimewa. Kegiatan itu dimotori Universitas Kyungnam di Korea Selatan.

…dst

10 ) Empat Posko UN Kemdikbud Layani Pengaduan Masyarakat
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/261

04/16/2012
Jakarta – Ujian nasional (UN) hari pertama, Senin (16/04), dikabarkan berjalan lancar. Dari pantauan media yang meliput dari seluruh penjuru tanah air, didapati bahwa pelaksanaan UN relatif kondusif. Meski masih ditemui laporan beberapa masalah teknis, namun kendala tersebut telah diantisipasi dan segera ditangani. Dari Kemdikbud sendiri telah menyiapkan empat posko yang melayani setiap pengaduan masyarakat terkait UN, baik melalui e-mail, telpon, sms, maupun call center. Posko-posko tersebut dikelola oleh empat unit kerja di Kemdikbud yaitu, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH), Inspektorat Jenderal, BSNP, dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang). Dari PIH, kata Kepala PIH Ibnu Hamad, hingga siang ini (16/04), dilaporkan ada 254 aduan yang masuk. Laporan tersebut mengenai isu kebocoran soal, isu soal rusak, isu kecurangan, isu kekurangan lembar jawaban, isu soal tertukar, isu jual beli soal, isu kekurangan naskah, isu kunci jawaban UN. “Kenapa disebut isu, karena hampir semua pintu mengenai kebocoran dan kecurangan sudah ditutup,” ungkap Ibnu saat menggelar jumpa wartawan di Gedung Kemdikbud, Senin (16/04).

…dst

11 ) Kemendikbud Akan Publikasikan Daerah Jujur dan Curang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/17/04582299/Kemendikbud.Akan.Publikasikan.Daerah.Jujur.dan.Curang

Selasa, 17 April 2012 | 04:58 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memublikasikan provinsi yang melakukan kecurangan sebagai daerah “hitam” dan yang jujur sebagai daerah “putih” dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Hal itu dilakukan untuk menjaga kualitas dan kejujuran hasil UN bagi para peserta didik di Indonesia. “Kejujuran itu pertanggungjawaban pribadi pada Tuhan, terlebih kita semua sudah berikrar. Kejujuran harus menjadi orientasi kita bersama. Kita juga harus memberi penghargaan pada daerah yang jujur dan memberikan hukuman moral bagi daerah yang tidak jujur,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Prof Wiendu Nuryanti saat pemantauan UN di SMAN I Yogyakarta, Senin (16/4/2012).

…dst

12 ) Kain Ikat Sumba Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/260

04/16/2012
Jakarta — Kain ikat Sumba diusulkan oleh pemerintah untuk menjadi salah satu warisan budaya tak benda (intangible heritage) ke UNESCO. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Senin (16/4). “Pengusulannya sudah diterima kantor UNESCO di Paris, kurang lebih sepuluh hari yang lalu.” kata Wiendu Nuryanti. Pemerintah berharap pada tahun 2013 kain ikat Sumba tersebut dapat ditetapkan oleh UNESCO menjadi warisan budaya tak benda dunia. Dampak positif yang diperoleh jika berhasil ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda UNESCO tidak hanya dari sisi budaya saja, namun juga sektor ekonomi ikut berkembang, kata Wamendikbud. Wamendikbud mencontohkan setelah batik ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda pada tahun 2009, perputaran uang yang berhubungan dengan batik meningkat pesat. “Dampak ekonominya luar biasa”, ungkap Wamendikbud.

…dst

13 ) Arkeolog: moyang orang Madagaskar dari Indonesia
http://www.antaranews.com/berita/306400/arkeolog-moyang-orang-madagaskar-dari-indonesia

Senin, 16 April 2012 17:23 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Arkeolog Prof. Naniek H Wibisono meyakini bahwa nenek moyang orang Madagaskar adalah orang-orang Indonesia yang 1.200 tahun lalu datang ke negara pulau di lepas pesisir timur Afrika itu untuk melakukan misi dagang. “Saya yakin mereka datang ke Madagaskar dalam rangka dagang,” kata peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional itu dalam diskusi tentang keragaman genetik manusia dan pengembaraannya di Jakarta, Senin. Dalam seminar yang diselenggarakan Lembaga Eijkman dan sejumlah lembaga ilmiah seperti Massey University (Selandia Baru), University of Arizona (AS) dan Universite de Toulouse (Prancis) itu Naniek menjelaskan, hal itu antara lain tampak dari kemiripan benda-benda bersejarah di Madagaskar dan Indonesia. Peninggalan bersejarah di Madagaskar yang mirip dengan benda-benda bersejarah Indonesia antara lain perahu bercadik, instrumen musik seperti gamelan, bukti budaya seperti teknik memproses besi serta bercocok tanam padi dan umbi-umbian.

…dst

14 ) Sekilas dalam Negeri
UN 2012
Hari Pertama UN Memuaskan
Dubes Semangati Peserta UN SMA Sekolah RI di Kairo
Tabrak Mobil, Ismail Terpaksa Ujian di UGD
Mencontek, Dua Siswa SMK Ditangkap
Peniadaan Naskah Braille Disayangkan Para Tunanetra
Kurang Siap Mental, 17 Siswa Undurkan Diri
Interpelasi Dahlan
Dahlan: Terserah DPR Saja lah
Jimly: Interpelasi, Biarin Saja
Dahlan Iskan & Terobosan Hukum Moralitas
PKB Curigai Agenda di Balik Usul Interpelasi
BBM
Mobil Dinas Dilarang Pakai Premium
Geng Motor
Anggota DPR: Polisi Harus Ungkap Siapa Otak Dibalik Geng Pita Kuning
Polisi Militer Sudah Bergerak Selidiki Aksi Geng Pita Kuning
Percepat Penyelesaian Kasus Geng Motor (Himbauan Presiden)
Anak Legislator Jadi Tersangka Geng Motor Makassar
Bencana Alam
Presiden Minta BNPB dan BMKG Susun Masterplan Antisipasi Gempa & Tsunami
Presiden Instruksikan Tambah Pendeteksi Tsunami
Siti Fadilah
Siti Fadilah Diperintahkan untuk Diam
Presiden Belum Dilapori Status Hukum Siti Fadilah
Siti Fadilah Diduga Menyalahgunakan Wewenang
Sekilas Luar Negeri

Iran
Iran: Tanpa Nuklir dan Bom, Kekuatan Kami Cukup
Iran: Zionis Israel Sangat Berbahaya untuk Timteng
Iran Jamin Nuklirnya Cepat Selesai, Asal AS-UE Cabut Sanksi
Malaysia
Malaysia akan pesan 32 panser Rimau PT Pindad
Amerika
Ekonomi Dunia Bergejolak, Dolar AS Terjungkal
AS: Kim akan Hidupkan lagi Bank Dunia
Suriah
Indonesia Segera Kirim Observer ke Suriah
Pemantau PBB Mulai Awasi Gencatan Senjata di Suriah
Korut
Korut Luncurkan Roket Baru
DK PBB kutuk Korea Utara
Nyanmar
Australia Longgarkan Sanksi Myanmar