1 ) Tahan Miskin, Tak Kuat Kaya
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/492164/38/

MOH MAHFUD MD Guru Besar Hukum Konstitusi

Saturday, 05 May 2012
“Sompret, memalukan, menjijikkan,” umpat seorang kawan melalui pesan pendek ke HP saya Kamis pagi dua hari yang lalu. Umpatan itu dilontarkan terkait dengan penayangan reportase secara bersambung tentang para pemimpin produk reformasi yang kini terjerat kasus korupsi. “Korupsi sekarang jauh lebih gila daripada korupsi zaman Orde Baru yang duluki tagan yang habis,” tulis teman itu dalamsambunganumpatannya. Ngrasani pemimpin-pemimpin korup produk reformasi yang memualkan ini kemudian berlanjut dan saling bersahut dengan celetukan-celetukan gemas melalui BlackBerry Messenger (BBM) sehingga melibatkan satu grup yang anggotanya puluhan orang. Anggota-anggota grup BBM ini adalah eks teman-teman sealmamater,satu kampus saat kuliah tahun 1980- an di Yogya yang tergabung dalam jaringan UII Corner. Kami memang sangat gundah dan cemas menyaksikan banyaknya pemimpin kita sekarang ini yang tersandung masalah korupsi. Apalagi di antara mereka banyak tokoh yang dulunya,saat kami masih di kampus, sangat membanggakan dan menjanjikan harapan bagi perbaikan negeri tercinta sehingga kami mendukungnya, mengelu-elukannya, dan menggotongnya tinggi-tinggi saat terjadi reformasi pada akhir 1990-an. Tapi, setelah menduduki jabatan penting dan bisa turut menentukan hitam-putihnya bangsa dan negara,kini mereka tersandung kasus korupsi.

…dst

2 ) UMY Jadi Tuan Rumah Pimnas XXV
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/373/623718/umy-jadi-tuan-rumah-pimnas-xxv

Jum’at, 04 Mei 2012 14:03 wib
JAKARTA – Tidak terasa, perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-XXV akan segera dilangsungkan. Bertolak dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, kali ini Pimnas akan digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Rektor UMY M Dasron Hamid mengatakan, peserta Pimnas merupakan kelompok mahasiswa yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara ini akan dihadiri kurang lebih 3.500 mahasiswa dan dosen yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. “Untuk peserta Pimnas kali ini kurang lebih diikuti oleh 2.000 mahasiswa, 500 dosen pendamping, dan diperkirakan akan dihadiri hampir 1.000 peserta pendukung,” ujar Dasron seperti dilansir dari laman UMY, Jumat (4/5/2012). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pimnas yang rencananya akan dihelat pada 9-14 Juli mendatang, terdiri atas tujuh kelompok PKM, yaitu PKM Penelitian (PKMP), Kewirausahaan (PKMK), Pengabdian Masyarakat (PKMM), Penerapan Teknologi (PKMT), PKM Gagasan tertulis (PKM GT), Artikel ilmiah (PKM AI), dan PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

…dst

3 ) Uncen Akan Buka Pendaftaran SNMPTN di Timika
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/04/15400213/Uncen.Akan.Buka.Pendaftaran.SNMPTN.di.Timika

Jumat, 4 Mei 2012 | 15:40 WIB
TIMIKA, KOMPAS.com – Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura akan membuka pendaftaran sekaligus Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN) di Timika. Kepala Bidang Pendidikan Menengah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mimika, Mohammad Tahir di Timika, Jumat mengatakan panitia SMPTN Uncen akan datang ke Timika tanggal 10 Mei. Para tamatan SMA dan SMK yang berminat melanjutkan kuliah ke Uncen, tidak perlu lagi pergi ke Jayapura untuk mendaftarkan diri dan mengikuti SMPTN di Jayapura. “Kami sudah bertemu dengan ketua panitia SMPTN Uncen. Mereka akan datang ke Timika untuk lakukan seleksidi Timika,” jelas Tahir, Jumat (4/5/2012). Kepala Dinas Dikbud Mimika, Ausilius You mengatakan pihaknya akan mengundang penyelenggara SMPTN untuk melakukan seleksi para tamatan SMA dan SMK di Mimika. SMPTN akan digelar tanggal 10 Mei. Ironisnya, pengumuman kelulusan SMA dan SMK baru dilakukan tanggal 26 Mei.

…dst

4 ) 12.500 Dosen PTS Masih S-1
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/05/185485/12.500-Dosen-PTS-Masih-S-1

05 Mei 2012
SOLO – Dari 240-an Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah, memiliki sekitar 50.000 dosen. Dari jumlah itu, masih ada sekitar 12.500-an dosen yang bergelar sarjana (S-1). Bermula dari kondisi ini, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Jawa Tengah menyarankan semua PTS tersebut untuk tetap memberikan kesempatan mengajar kepada mereka. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang akan efektif diterapkan di perguruan tinggi pada Mei 2012, ini tidak memperbolehkan dosen S-1 mengajar jenjang S-1. Demikian juga dengan dosen S-2 tidak boleh mengajar di S-2. Gelar dosen minimal satu jenjang lebih tinggi. Ketua Aptisi Jawa Tengah Prof Dr Brodjo Sudjono mengatakan, ada beberapa alasan saat ia menyarankan agar PTS tetap menggunakan jasa dosen S-1. `’Ada dosen yang telah mengabdi sekian tahun untuk kemajuan PTS. Masa dibiarkan begitu saja (dikeluarkan). PTS tidak sama dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). PTS hidup dari guyub rukun,” kata Brodjo, Jumat (4/5).

…dst

5 ) FMIPA ITS Miliki Profesor Perempuan Pertama
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/05/317612/293/14/FMIPA-ITS-Miliki-Profesor-Perempuan-Pertama-

Sabtu, 05 Mei 2012 07:59 WIB
SURABAYA–MICOM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengukuhkan profesor perempuan pertama untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yakni Profesor Doktor Rer.Nat Irmina Kris Murwani, M.Si. “Di ITS ada beberapa guru besar perempuan, tapi jumlahnya sedikit dan mungkin banyak yang sudah sangat senior,” kata guru besar ke-103 ITS dari Jurusan Kimia dalam bidang Ilmu Katalis Heterogen itu di kampus setempat, Jumat (4/5). Menurut perempuan kelahiran Surabaya pada 48 tahun lalu itu, hal ini merupakan pencapaian luar biasa yang diperoleh Irmina, mengingat saat ini masih belum ada seorang perempuan yang menjadi guru besar di lingkungan FMIPA ITS. “Saya memang sangat senang mendalami bidang ilmu katalis. Katalis memiliki peranan yang sangat besar dalam kemajuan industri. Pada kehidupan era modern, katalis merupakan penopang terbentuknya material-material penting yang digunakan manusia sehari-hari,” katanya.

…dst

6 ) UGM koleksi ratusan fosil manusia purba
http://www.antaranews.com/berita/309047/ugm-koleksi-ratusan-fosil-manusia-purba

Jumat, 4 Mei 2012 12:59 WIB
Tulungagung, Jawa Timur (ANTARA News) – Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta kini mengoleksi ratusan fosil manusia purba.Menurut Ketua Kepala Pusat Laboratorium Bio Antropologi dan Paleo Antropologi, Fakultas Kedokteran UGM, Rusyad Suryanto, koleksi itu hasil penelitian yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. “Termasuk penelitian yang dilakukan di wilayah Jawa Timur di Kabupaten Tulungagung ini,” kata dia di Tulungagung, Jumat. Ia menjelaskan, selama ini tim peneliti UGM telah melakukan penelitian fosil manusia purba di berbagai wilayah, yaitu Bali, Papua dan Jawa Barat serta Jawa Tengah. Langkah itu, menurut dia, sebagai bentuk penyelamatan sejarah atas peristiwa yang terjadi tentang kehidupan manusia purba. “Demikian juga observasi yang kami lakukan di Tulungagung ini,” ucapnya, menambahkan.

…dst

7 ) STP Sahid Prioritaskan Penerima Beasiswa Unggulan dari NTT
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/05/04/317448/293/14/STP-Sahid-Prioritaskan-Penerima-Beasiswa-Unggulan-dari-NTT

Jumat, 04 Mei 2012 07:24 WIB
JAKARTA–MICOM: Sebanyak 87 orang dari 150 penerima Beasiswa Unggulan (BU) Kemendikbud yang menempuh kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketua STP Sahid Jakarta Kusmayadi mengemukakan sebagian besar terpilihnya mahasiswa asal NTT meraih beasiswa unggulan Program Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud mengingat wilayah ini merupakan daerah perbatasan yang memiliki sumberdaya pariwisata sangat besar. “Ya mahasiswa NTT terpilih lebih banyak meraih beasiswa unggulan mengingat potensi pariwisata yang prospektif baik dari sudut alam, budaya dan heritage, sehingga sangat diperlukan SDM yang handal baik jumlah maupun mutunya,”kata Kusmayadi kepada Media Indonesia,di kampus STP Sahid Jakarta, Kamis (3/5). Dijelaskan, NTT termasuk dalam program beasiswa unggulan dengan kategori Indonesia Timur. Kategori ini memilih calon siswa, tidak hanya secara prestasi juga kondisi sosial ekonomi.

…dst

8 ) ISI-Lembaga Prancis tandatangani kerja sama
http://www.antaranews.com/berita/309172/isi-lembaga-prancis-tandatangani-kerja-sama

Sabtu, 5 Mei 2012 07:54 WIB
Denpasar (ANTARA News) – Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menandatangani naskah kerja sama dengan Lembaga Indonesia Prancis (Alliance Francaise), di kampus setempat Sabtu.”Kerja sama itu diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yakni meningkatkan wawasan mahasiswa dan dosen lembaga pendidikan tinggi seni,” kata Humas ISI Denpasar, Ni Ketut Dewi Yulianti, SS., MHum di Denpasar, Sabtu.Ia mengatakan,kerja sama hal itu merupakan kesepakatan hasil pertemuan antara Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai. S dengan Direktur Kursus Instiutut Francais Indonesia Jakarta dan Ketua Yayasan pendidikan tersebut, Dewa Putra Diasa. Kerja sama itu sekaligus meningkatkan hubungan menyangkut seni budaya dan pendidikan antara Bali maupun Indonesia–Prancis. Seusai penandatangan kerja sama itu dilanjutkan dengan lokakarya tentang komik yang mengusung tema Nature and City, serta seminar bertajuk Technique of Work for Comics Artists. Kegiatan tersebut menampilkan seorang seniman komik Prancis, Joel Alessandra, yang juga ahli ilustrasi dan karikatur. Kedua kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa dan dosen ISI Denpasar.

…dst

9 ) Kebebasan Akademik Itu…
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/05/1237102/Kebebasan.Akademik.Itu.

Sabtu, 5 Mei 2012 | 12:37 WIB
Tahun 2050, penduduk dunia diramalkan mencapai 9 miliar. Manusia akan menghadapi problem sangat kompleks. Mulai dari kekurangan pangan, air bersih, krisis energi, ancaman penyakit, kerusakan hutan, hingga semakin hancurnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Bagaimanakah sikap para ilmuwan Indonesia menghadapi masalah kemanusiaan di masa depan? Mampukah perguruan tinggi di Indonesia melahirkan puncak kreativitas dan inovasi, sejajar dengan perguruan tinggi lain di dunia? Universitas adalah gerakan moral tempat lahirnya produksi dan reproduksi ilmu pengetahuan. Para ilmuwan dengan kapasitas intelektual dan kepeduliannya yang tinggi punya potensi sangat besar untuk ikut mengatasi berbagai persoalan dunia di masa depan.Namun, potensi itu saja tak cukup. Ada hal mendasar yang sangat dibutuhkan, yaitu kebebasan akademik! Inilah landasan moral para ilmuwan untuk bekerja memaksimalkan kemampuan intelektualnya. Jika menghendaki bangsa yang kuat, kebebasan akademik tak boleh dibatasi oleh siapa pun, bahkan harus didukung sepenuhnya oleh negara melalui perangkat hukum.

…dst

10 ) Kuliah “Gratis” di Harvard & MIT
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/373/623964/kuliah-gratis-di-harvard-mit

Sabtu, 05 Mei 2012 11:09 wib
MASSACHUSETTS – Harvard University dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menawarkan program kuliah online gratis dalam sebuah proyek bernama “edx”. Kerjasama kedua lembaga melibatkan dana sekira USD60 juta dan ditargetkan menarik jutaan pelajar dari seluruh dunia. “Siapa pun yang memiliki koneksi interet di bagian dunia mana pun memiliki akses pada program ini,” kata Rektor Harvard Drew Faust, seperti dilansir Huffington Post, Sabtu (5/4/2012). Harvard sendiri telah lama menawarkan berbagai jenis kuliah kepada masyarakat melalui program ekstensi. Sementara, MIT sendiri telah memiliki program serupa sejak sedikitnya satu dekade lalu. Program bertajuk OpenCourceWare itu menyediakan jutaan materi dari 2.000 perkuliahan secara online dan gratis. Materi-materi tersebut pun telah dipergunakan oleh lebih dari 100 juta orang di seluruh duni.

…dst

11 ) UNS Juara I Lomba Debat Konstitusi
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/05/185483/UNS-Juara-I-Lomba-Debat-Konstitusi

05 Mei 2012
SEMARANG – Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta tim 1 keluar sebagai juara I Lomba Debat Konstitusi mahasiswa antar-universitas se-Joglosemar (Yogya, Solo, Semarang) yang diadakan Fakultas Hukum Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, baru-baru ini. Sementara juara II diraih UNS tim 2 dan juara III Fakultas Hukum (FH) Untag Semarang. Topik lomba meliputi ”Pencabutan Moratorium Pengiriman TKI ke Arab Saudi”, ”Pencabutan Pasal 36 ayat (1) Undang-undang Nomor 36 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin”, ”Pelaksanaan Referendum bagi Rakyat Papua dalam Penerapan Menggunakan Hak untuk Menentukan Nasib Sendiri”, ”Restorative Justice bagi Pemakai Narkoba yang Bukan Pengedar”, ”Pembubaran Pengadilan Tipikor di Daerah”, dan ”Ultra Petita dalam Putusan Mahkamah Konstitusi”. Humas FH Untag Hudi Karno Sabowo SH mengatakan, penyaringan peserta melalui beberapa tahap, yakni pendaftaran, pengiriman brief case, pengumuman finalis, dan pelaksanaan lomba. Dalam lomba tersebut tim FH Untag diwakili Saifullah, Retno Ayu, dan Wina Hendra, dengan pendamping Danang Hardianto.

…dst

12 ) LCD HP Bekas Antar Dua Mahasiswa Undip Raih Juara
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/373/623747/lcd-hp-bekas-antar-dua-mahasiswa-undip-raih-juara

Jum’at, 04 Mei 2012 15:02 wib
JAKARTA – Siapa sangka LCD telepon selular bekas dapat dijadikan sebagai sumber daya baru? Ya, limbah elektronik ini dimanfaatkan dua mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang hingga akhirnya terpilih menjadi pemenang dalam Polines Inovation Technology Contest (PITC) 2012. Mereka adalah Apriyan Tri Kusuma dan Rahardian Pratama Aji. Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Tekim) Undip ini menulis penelitian dengan judul Pemanfaatan Limbah Elektronik (LCD Handphone) dalam Pembuatan DYE Sensitized Solar Cell (DSSC) sebagai Pembangkit Tenaga Listrik Ramah Lingkungan. Apriyan mengaku tidak menyangka dapat menjuarai ajang ini, karena para kompetitornya datang dari berbagai universitas besar dan bergengsi pula. Dia menyebutkan, pesaing terberat adalah peserta asal Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. “Namun, ternyata UI hanya menduduki peringkat kedua dan peringkat tiga dihuni oleh Politeknik Negeri Malang,” kata Apriyan seperti dinukil dari laman Undip, Jumat (4/5/2012).

…dst

13 ) Mendikbud Serahkan Hadiah Tanoto Education Grant
http://www.pikiran-rakyat.com/node/187224

Jumat, 04/05/2012 – 17:11
JAKARTA, (PRLM).- Hari Pendidikan Nasional menjadi berkah tersendiri bagi tenaga penggerak pendidikan yang menerapkan praktik atau konsep belajar secara inovatif, kreatif, dan kritis, yakni dengan menerima hibah sebesar Rp50 juta. Bantuan tersebut diprakarsai oleh Tanoto Foundation melalui program Tanoto Education Grant (TEG). Pemberiah hadiah secara simbolis tersebut langsung diserahkan oleh Mendikbud, Muhammad Nuh, yang didampingi Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto, kepada tiga pemenang yang masing-masing menerima hadiah uang sebesar Rp50Juta di Gedung Kemdikbud Jakarta, Jumat (4/5). Mereka para penerima adalah pemenang dari kategori yang dilombakan yakni kategori praktik atau konsep belajar inovatif/kreatif/kritis, kategori pelatihan guru, dan kategori penelitian dan studi kebijakan pendidikan. Ketua Dewan Juri TEG, yang juga pemerhati pendidikan, Anita Lie menjelaskan sejak diluncurkannya November 2011, TEG menerima 302 proposal dari Sabang sampai Merauke. Proses seleksi terdiri dari verifikasi dokumentasi, blind review proposal dan verifikasi lapangan oleh tim seleksi.

…dst

14 ) Kasus Angie, KPK Buka Peluang Periksa Pihak Kemenpora & Kemendikbud
http://news.detik.com/read/2012/05/04/171556/1909552/10/kasus-angie-kpk-buka-peluang-periksa-pihak-kemenpora-kemendikbud

Jumat, 04/05/2012 17:15 WIB
Jakarta Kronologi dan bukti pendukung penerimaan suap oleh Angelina Sondakh terus dikumpulkan KPK. Lembaga antikorupsi ini kemungkinan besar akan memanggil pihak Kemenpora guna melengkapi berkas Angie. “Ada kemungkinan. Kemungkinan untuk memanggil pihak Kemenpora itu bisa saja jika memang diperlukan,” tutur Jubir KPK, Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jaksel, Jumat (4/5/2012). Kasus wisma atlet dan permainan anggaran terkait proyek yang ada di universitas yang menyerat Angie memang erat kaitannya dengan dua kementerian itu. Pasalnya, Angie terlibat suap dalam tahap pembahasan anggaran di Banggar DPR, di mana dalam pembahasan itu, terdapat unsur Kemenpora dan Kemendikbud. Angelina Sondakh ditetapkan sebagai tersangka kasus wisma atlet dan proyek di sejumlah universitas. Berapa kampus yang terlibat dalam proyek itu masih sumir. Namun dipastikan cukup banyak karena membentang dari Sumatera sampai Mataram.

…dst

15 ) Pungutan Liar Hingga Penahanan Ijazah
Dua Persoalan Laten di Masa Pergantian Tahun Ajaran Baru
http://www.jpnn.com/read/2012/05/05/126475/Pungutan-Liar-Hingga-Penahanan-Ijazah-

Sabtu, 05 Mei 2012 , 09:05:00
JAKARTA – Setiap musim pergantian tahun ajaran pendidikan, dunia pendidikan selalu menghadapi dua persoalan laten. Kedua persoalan yang hampir tidak pernah tuntas pengusutannya ini adalah, pungutan liar bagi siswa baru dan kasus penahanan ijazah bagi siswa yang memiliki tunggakan-tunggakan uang ke sekolah.Ditemui usai memberikan anugrah kepada pemenang Tanoto Education Grant di Jakarta kemarin (4/5) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta masyarakat melapor jika mendapatkan atau menemukan dua persoalan tadi. “Kita siap menidaklanjutinya,” tutur menteri asal Surabaya itu. Dia berpesan, bagi masyarakat yang melapor juga harus menunjukkan lokasi ternjadinya penyakit pendidikan ini. Nuh mengatakan, lokasi dan waktu kejadian ini penting untuk mempercepat pengusutannya. Diantara nomor telepon yang bisa digunakan untuk mengadu adalah, call center 177, dan nomor telepon : (021) 57950226, (021) 5703303, serta faksimil: 021 5733125. Nuh menuturkan, dalam aturannya segala pungutan liar di sekolah negeri itu dilarang. “Terutama di SD dan SMP,” katanya. Larangan pungutan ini sudah tertuang dalam Permendikbud Nomor 60 Tahun 2011 tentang Larangan Pungutan Biaya Pendidikan di SD dan SMP.

…dst

16 ) Pelajar Indonesia Peroleh 11 Medali Olimpiade Sains di Belanda
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/316

05/04/2012 (All day)
Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menerima 12 siswa SMP dan SMA yang menjadi peserta International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-19 di Belanda. Dari 12 siswa yang menjadi peserta ICYS tersebut, sebanyak 11 siswa mendapatkan penghargaan. Penghargaan yang diperoleh adalah satu medali emas (bidang IPA), dua medali perak (terapan fisika dan ekologi), empat medali perunggu (dua medali di bidang ekologi, dua medali di bidang IPA), dan empat penghargaan khusus (satu medali di bidang matematika, tiga medali di bidang ilmu komputer). Pertemuan berlangsung pada Jumat siang di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (4/5). Ke-12 siswa mengikuti International Conference of Young Scientist (ICYS) ke-19 pada 16-23 April 2012 di Nijmegen, Belanda. ICYS ini merupakan keikutsertaan Indonesia yang ke-7. Sebelum memasuki seleksi nasional, para peserta diseleksi secara regional. Seleksi reginal saat ini baru mencakup daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Papua, dan dilakukan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Untuk ke depan, akan diperluas.

…dst

17 ) Nando & Nurul Mengganti BBM dengan Urine
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/04/372/623573/nando-nurul-mengganti-bbm-dengan-urine

Jum’at, 04 Mei 2012 10:02 wib
MALANG – Dua siswa SMAN 10 Kota Malang, Nurul Inayah dan Nando Novia berhasil menjuarai lomba teknologi International Young Inventors Project Olympiad (IYIPO) di Tbilisi, Georgia. Keduanya berhasil menyisihkan 101 peserta dari 40 negara dan mendapat medali emas atas prestasinya tersebut. Kedua siswa ini berhasil menyabet penghargaan internasional dengan penelitiannya yang mengubah urine menjadi energi listrik melalui Photo Electro System. “Listrik sudah diuji coba untuk menggerakkan mobil radio kontrol,” kata Nando yang juga ketua dewan riset muda SMA Negeri 10 Malang, kemarin. Nando menjelaskan, dia bersama Nurul mengaku telah melakukan penelitian ini selama tiga bulan. Hanya dengan memanfaatkan listrik tenaga surya, kata Nando, mereka bisa mengubah urine menjadi hidrogen yang dapat menghasilkan listrik. Listrik ini dapat menggerakkan mobil yang mampu melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam. “Satu liter urine dapat menghasilkan listrik untuk melaju 17 kilometer,” kata Nando.

…dst