1 ) Pemerintah Diminta Fasilitasi Akreditasi PT
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/10315232/Pemerintah.Diminta.Fasilitasi.Akreditasi.PT

Senin, 14 Mei 2012 | 10:31 WIB
SEMARANG, KOMPAS – Jelang 16 Mei 2012, masih ada program studi di perguruan tinggi yang belum diakreditasi. Program studi yang belum terakreditasi dilarang menerbitkan ijazah. Pemerintah diminta memfasilitasi hal itu. Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Paling lambat 16 Mei 2012, seluruh program studi (prodi) di perguruan tinggi (PT) harus terakreditasi. Hingga kini, masih banyak prodi di PT yang belum terakreditasi. “Kami meminta pemerintah mengeluarkan semacam surat edaran untuk menyikapinya. PT bisa melanggar undang-undang dan dikenai denda hingga Rp 1 miliar jika tak mengeluarkan ijazah,” kata Ketua Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi di Jateng dan DIY Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/5) malam. PT sudah didorong agar sebelum 16 Mei 2012 memasukkan berkas permohonan akreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan demikian, setidaknya status program studi sudah dalam proses akreditasi.

…dst

2 ) Siap Publikasi Hasil Verifikasi
Mendikbud: Program Bidik Misi Masih Baru, Wajar Jika Ada yang Keliru
http://www.jpnn.com/read/2012/05/14/127285/Siap-Publikasi-Hasil-Verifikasi-

Senin, 14 Mei 2012 , 07:14:00
JAKARTA – Teka-teki penyimpangan penyaluran beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) di Universitas Sumatera Utara (USU) sebentar lagi terkuak. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kemendikbud Djoko Santoso menuturkan, besok atau lusa hasil investigasi selesai dan siap dipublikasi. Meskipun laporan resmi belum dikeluarkan, mantan rektor ITB itu sudah bisa memperkirakan hasil investigasi. “Kalau ada yang menyimpang, jumlahnya tidak banyak,” ujar Djoko setelah nggowes bersama keluarga besar Kemendikbud kemarin pagi (13/5). Menurut perhitungannya, paling banter nanti jumlah penyaluran bidik misi yang tidak tepat sasaran sekitar 20 kursi. Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan, hasil investigasi nanti bersifat terbuka atau bukan rahasia. Dia mempersilahkan masyarakat mengetahui perkembangan penyaluran bidik misi yang sesungguhnya. Menurutnya dengan mempublikasi hasil verifikasi itu sudah menjadi sanksi sosial bagi kampus yang bersangkutan. Dia menegaskan lingkungan akademik seperti kampus tidak perlu sanksi yang aneh-aneh. “Cukup dipublikasi itu malunya bukan main. Kalau mencopot rektor itu saya rasa berlebihan,” ucapnya.

…dst

3 ) Bidikmisi Banyak Salah Sasaran
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/14/186394/Bidikmisi-Banyak-Salah-Sasaran

14 Mei 2012
Semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diminta untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program beasiswa Bidikmisi. Pasalnya, program yang sejatinya memberikan beasiswa bagi siswa miskin berprestasi, namun pada kenyataannya masih banyak yang salah sasaran. “Kami sudah instruksikan kepada perguruan tinggi untuk melakukan cek ulang kepada penerima program Bidikmisi,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh, Minggu (13/5). Bahkan, dirinya pun mengakui realisasi pelaksanaan program tersebut masih belum tepat sasaran. Masih ada mahasiswa yang tidak memenuhi kriteria, namun mendapatkan beasiswa tersebut.”Memang ada anak dosen dari perguruan tinggi yang diterima dalam program Bidikmisi, tetapi jumlahnya tidak banyak,” akunya.

…dst

4 ) SNMPTN – Peserta Diimbau Cermat Isi Pendaftaran
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494527/

Monday, 14 May 2012
BANDUNG–Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kota Bandung, mencatat hingga Sabtu (12/5) lalu, sebanyak 2.074 telah membeli formulir pendaftaran. Terdiri dari 638 pembeli formulir kelompok IPA,973 kelompok IPS, sementara kelompok IPC telah terjual sebanyak 463 formulir.Panlok SNMPTN Bandung mengimbau kepada para peserta, untuk lebih hati-hati dalam mengisi biodata orang (Borang) pendaftaran online. “Dalam pengisian Borang terdapat beberapa hal yang jika telah dipilih dan disetujui oleh calon peserta, maka hal tersebut tidak dapat diubah. Ketentuan ini berlaku dalam pemilihan kelompok ujian dan panlok tempat mengikuti ujian,” ujar Sub Bidang Informasi dan Humas Panlok SNMPTN Bandung Weny Widyowati. Dia menekankan, pada pengisian kelompok ujian dalam halaman pertama SNMPTN saat log-in, diisi berdasarkan Program Studi (Prodi) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dipilih termasuk dalam kelompok ujian yang mana, bukan berdasarkan jurusan pada saat SMA. Oleh karena itu, lanjutnya, calon peserta diharapkan mencari informasi terlebih dahulu mengenai persyaratan prodi pada PTN yang diminati termasuk persyaratan kelompok ujian.

…dst

5 ) 2013, UN Jadi Syarat SNMPTN Undangan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494592/

Monday, 14 May 2012
SEMARANG– Perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Jateng dan DIY menyepakati nilai ujian nasional (UN) sebagai acuan yang digunakan pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan. Dengan demikian, tahun depan SNMPTN jalur undangan tidak lagi menggunakan nilai rapot pada semester tertentu seperti yang selama ini diberlakukan. Ketua Badan Kerja Sama (BKS) PTN dan Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Jateng-DIY Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan agar tahun depan yang digunakan adalah nilai hasil UN siswa. bukan nilai rapot semester III–IV. “Usulan ini bukan bermaksud tidak menghargai jerih payah sekolah, tapi nilai UN itu berstandar nasional. Ini berbeda dengan penggunaan nilai rapot yang menjadi dasar masuk SNMPTN jalur undangan,”papar Rektor Unnes itu seusai Rapat Koordinasi BK SPTN- Kopertis Jateng-DIY akhir pekan lalu. Ungkapan senada juga disampaikan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Sudharto P Hadi.

…dst

6 ) Pemerintah Terima 125.000 PNS
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494557/38/

Monday, 14 May 2012
PALEMBANG– Pemerintah menerima 125.000 pegawai negeri sipil (PNS) tahun ini. Perinciannya, 50% diambil dari tenaga honorer dan sisanya melalui jalur umum. Untuk jalur umum, syaratnya ada analisis jabatan yang diperlukan. Dalam penerimaan PNS ini, pemerintah akan melakukan tes terbuka bekerja sama dengan 10 universitas. “Jumlah PNS di Indonesia ini sekitar 4,5 juta orang, tetapi distribusinya sangat buruk. Ada daerah yang kelebihan,sedangkan di tempat lain kekurangan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan- RB) Azwar Abubakar dalam acara pelatihan wirausaha Maju Bersama PAN (MaPAN), yang diselenggarakan Partai Amanat Nasional (PAN) di Gedung Auditorium Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) kemarin. Menurut Azwar Abubakar, saat ini ada tiga soal besar yang dihadapi Indonesia dan harus diselesaikan secepatnya.Ketiga soal ini adalah maraknya korupsi, birokrasi terlalu gemuk, dan infrastruktur tidak memadai atau masih kurang. Khusus untuk birokrasi,Azwar menuturkan, akan dilakukan perbaikan dengan memangkas bidang-bidang yang tidak diperlukan.Tujuan dari reformasi birokrasi adalah menciptakan birokrat yang bersih dan kompeten, yakni bersih dari pengaruh KKN dan politik.

…dst

7 ) Kulit Petai Antioksidan Alami
http://cetak.kompas.com/read/2012/05/14/0413250/kulit.petai.antioksidan.alami

14 Mei 2012
Surabaya, Kompas – Minyak goreng bekas mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Radikal bebas itu dapat dihilangkan dengan senyawa fenolik dari kulit petai segar. Manfaat kulit petai sebagai antioksidan alami minyak goreng merupakan hasil penelitian Gideon Fransisco (22), mahasiswa Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Jawa Timur. Gideon merupakan salah satu wisudawan UKWMS terbaik periode I tahun 2012. “Kulit petai sebagai antioksidan alami jauh lebih menyehatkan daripada antioksidan sintesis yang dipakai minyak goreng di pasaran,” kata Gideon, Jumat (11/5), di Surabaya. Dengan sari kulit petai, warna minyak bekas yang semula hitam menjadi lebih jernih. Bau tengik pun hilang. Gideon memanaskan kulit petai bersama pelarut etanol. Setelah mencapai 82 derajat celsius, senyawa fenolik bisa dipisahkan. Hasil ekstrasi kulit petai berupa kristal berwarna coklat. Kristal-kristal itu kemudian dipanaskan bersama minyak bekas pada suhu 180 derajat celsius. Minyak dapat digunakan lagi hingga tiga kali penggorengan.

…dst

8 ) UNDIP Bangun Pusat Penelitian Geothermal
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/15032044/UNDIP.Bangun.Pusat.Penelitian.Geothermal

Senin, 14 Mei 2012 | 15:03 WIB
Kompas.com – Universitas Diponegoro Semarang membangun Pusat Penelitian Geothermal yang dikelola Fakultas Sains dan Matematika untuk meneliti potensi panas bumi di Indonesia. Pusat penelitian geothermal ini diharapkan bisa membantu meningkatkan penggunaan energi terbarukan. “Pembangunan Gedung Geofisika dan Pusat Penelitian Geothermal dimulai hari ini dan ditargetkan rampung November 2012,” kata Dekan Fakultas Sains dan Matematika Undip Dr M. Nur usai peletakan batu pertama di gedung geofisika dan pusat peneiltian geothermal Undip di Semarang, Senin. Nur menjelaskan, energi dari fosil suatu saat akan habis karena pemakaian yang besar sehingga perlu terobosan untuk menggunakan energi baru terbarukan, termasuk penggunaan energi panas bumi (geothermal). “Kalau kami melihat potensi energi panas bumi di Jawa Tengah ini ada di kawasan Dieng, Wonosobo dan Ungaran, Kabupaten Semarang. Pusat Penelitian Geothermal ini diharapkan bisa membantu,” katanya.

…dst

9 ) Workshop Penguatan Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2854:layanan-informasi&catid=143:berita-harian

Saturday, 12 May 2012 13:18
Batam, 12 Mei 2012– Perguruan tinggi dalam era globalisasi merupakan salah satu kunci terbangunnya peradaban bangsa, karena di perguruan tinggi lah sumber daya manusia dididik untuk mengaplikasikan kemampuannya ditengah masyarakat. Hal tersebut dipaparkan oleh Prof. Nizam, Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, terkait Reformasi Pendidikan Tinggi pada sesi Arah Pengembangan Pendidikan Tinggi dalam kegiatan Workshop Penguatan Pemberdayaan Kelembagaan dan Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi. Workshop ini dilaksanakan oleh Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama Ditjen Pendidikan Tinggi selama tiga hari dari tanggal 11 s.d. 13 Mei 2012 di Batam.

…dst

10 ) Tim Universitas Sydney kunjungi Jakarta dan Makassar
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/13/20323933/Tim.Universitas.Sydney.kunjungi.Jakarta.dan.Makassar.

Minggu, 13 Mei 2012 | 20:32 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com- Sebuah tim dari Universitas Sydney (Usyd) yang dipimpin rektornya, Prof Marie Bashir, akan berkunjung ke Jakarta dan Makassar mulai hari Senin (14/5/2012) besok. Kunjungan delegasi akademis tingkat tinggi ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat hubungan dan kemitraan di bidang pendidikan dengan Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara. Dalam kunjungan ini, Prof Bashir yang juga Gubernur Negara bagian New South Wales (NSW) akan disertai oleh pembantu rektor, dan dekan dari berbagai fakultas di Usyd, serta didampingi Konjen RI di Sydney, Gary Jusuf maupun Atase Pendidikan KBRI Aris Junaedi. Dalam keterangan pers yang dikeluarkan KJRI Sydney, hari ini, rombongan akan bertemu dengan beberapa pihak, antara lain dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melakukan penandatanganan MOU dengan Dikti, Universitas Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta.

…dst

11 ) Universitas Sydney Bangun Pusat Studi Inovatif di Indonesia
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/11113138/Universitas.Sydney.Bangun.Pusat.Studi.Inovatif.di.Indonesia

Senin, 14 Mei 2012 | 11:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Sidney, Australia, resmi membentuk The Sydney Southeast Asia Centre (SSEAC), Senin (14/5/2012/), di Jakarta. SSEAC merupakan sebuah wadah yang menampung 179 akademisi dari universitas tersebut untuk bekerja di bidang penelitian, peningkatan kapasitas dalam berbagai bidang dari kedokteran hewan, hingga warisan budaya dan kesenian di kawasan Asia tenggara. Vice Chancellor the University of Sidney Engagement with Indonesia, Michael Spence mengatakan, dengan berdirinya pusat studi inovativ ini diharapkan dapat membantu peranan Australia dalam menghadapi tantangan di kawasan di kawasan Asia Tenggara yang kian hari semakin umit.

…dst

12 ) Forum Pendidikan Tinggi Asia Tenggara
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629119/forum-pendidikan-tinggi-asia-tenggara

Senin, 14 Mei 2012 11:33 wib
JAKARTA – Salah satu tantangan dalam internasionalisasi pendidikan tinggi adalah tentang kebutuhan publik atas lulusan berbagai perguruan tinggi. Guna menjawab tantangan tersebut, perwakilan berbagai perguruan tinggi Tanah Air berkumpul dalam Forum Pendidikan Tinggi besutan University of Sydney, hari ini. Menurut Prof. Anthony Welch dari University of Sydney, Australia, ekspansi besar-besaran di bidang pendidikan tinggi telah menimbulkan pertanyaan di sekitar isu kualitas, pertanggungjawaban publik, keuangan, dan perubahan komposisi antara swasta dan negeri. “Tetapi pemerintah beberapa negara Asia Tenggara telah membangun berbagai program untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi tersebut,” kata Welch dalam Forum Pendidikan Tinggi di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (14/5/2012).

…dst

13 ) Makassar Akan Jadi Pusat Keunggulan KTI
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/628984/makassar-akan-jadi-pusat-keunggulan-kti

Senin, 14 Mei 2012 10:01 wib
MAKASSAR – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta berjanji akan mendorong Makassar menjadi salah satu pusat unggulan (center of excellent) di Indonesia. Selama ini kita baru memiliki satu pusat keunggulan, yakni kelapa sawit di Sumatera Utara (Sumut). “Pada 2014, di Koridor IV kita harapkan sudah ada satu pusat keunggulan,” kata Gusti Muhammad Hatta ketika membawakan kuliah umum di Aula Rumah Sakit Unhas, akhir pekan lalu. Dalam orasi berjudul “Pusat Unggulan”, mantan Wakil Rektor I Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin tersebut mengatakan, meski saat ini dana penelitian hanya 0,08 persen dariGross Domestic Product (GDP), namun pihaknya terus mendorong berbagai pihak bisa menampilkan keunggulan. Upaya tersebut antara lain dilakukan dengan menyertakan seluruh pejabat di bawah koordinasinya berkunjung ke daerah-daerah guna menjajaki kemungkinan kemitraan dengan berbagai pihak.

…dst

14 ) Kuliah di Indonesia, lulus di Perancis
http://www.antaranews.com/berita/310496/kuliah-di-indonesia-lulus-di-perancis

Senin, 14 Mei 2012 07:16 WIB
London (ANTARA News) – Kuliah di Indonesia dan lulus di Perancis saat ini sudah bukan hal yang mustahil.. Bahkan mahasiswa yang mengikuti jalur ini akan memperoleh dua gelar sekaligus, satu dari perguruan tinggi di Perancis dan satunya lagi dari perguruan tinggi di Indonesia. Demikian diungkapkan Atase Pendidikan pada KBRI Paris Syafsir Akhlus dalam pertemuannya dengan Bertrand de Hartingh, Conseiller de Coop’ration et d’Action culturelle Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia yang berkunjung ke KBRI Paris, baru-baru ini. Menurut Syafsir Akhlus dalam keterangannya kepada ANTARA London, Senin salah satu agenda yang dibahas adalah evaluasi dan perbaikan mekanisme program Gelar Ganda (Double Degree) pada tingkat Strata dua (Master) antara Perguruan Tinggi di Indonesia dan Perguruan Tinggi di Perancis. Dikatakannya pada saat ini, mahasiswa yang ikut program Gelar Ganda tersebut menyelesaikan tahun pertama Master (M1) di Perguruan Tinggi Indonesia sambil mempersiapkan Bahasa Perancis. Setelah menyelesaikan M1, mahasiswa tersebut melanjutkan tahun kedua Master (M2) di Perguruan Tinggi Perancis.

…dst

15 ) Kerja Sama Internasional UMY – Mahasiswa Dampingi Pasien Leukimia Thailand
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494591/

Monday, 14 May 2012
YOGYAKARTA – Mahasiswa profesi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK UMY) memberikan perawatan kepada sejumlah pasien anak-anak pengidap leukemia di Srinagarind dan Khon Kaen Hospital,Thailand. Perawatan yang dilakukan berupa pemberian obat, pelayanan kebutuhan dasar, serta membantu pasien menjalani kemoterapi.”Kegiatan ini yang pertama kalinya kami laksanakan. Sebab,selama ini mahasiswa dari Thailand yang ke UMY. Kini giliran UMY yang mendatangi Thailand,” kata Ketua Prodi PSIK UMY Sri Sumaryani M Kep Mat kemarin. Dia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan proses pembelajaran serta kompetensi keperawatan dan praktik di RS Thailand.

…dst

16 ) Mahasiswa FT-UGM Gelar Festival Kota Gajah Mada
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/06400387/Mahasiswa.FT-UGM.Gelar.Festival.Kota.Gajah.Mada

Senin, 14 Mei 2012 | 06:40 WIB
YOGYAKARTA KOMPAS.com – Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan menggelar Festival Kota Gadjah Mada atau Festagama 2012 di Yogyakarta, 24-25 Mei 2012. “Festagama 2012 merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mengampanyekan kehidupan kota yang humanis dan baik bagi masyarakat,” kata Ketua panitia penyelenggara Festagama 2012 Wildan di Yogyakarta, Senin (14/5/2012). Menurut dia, kota berperan penting dalam mewadahi setiap aktivitas dan interaksi penduduk, serta kemampuannya untuk merangkul dan berlaku adil pada semua kalangan secara menyeluruh, baik dari aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan hidup. “Dengan semakin gencarnya kampanye tentang pembangunan berkelanjutan di berbagai belahan dunia, seolah menjadi angin segar yang mampu mematahkan paradigma pembangunan konvensional,” katanya.

…ds

17 ) Unika Beri Fasilitas Penelitian Bagi Guru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/494596/

Monday, 14 May 2012
SEMARANG – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata memberikan fasilitas dan pendampingan penelitian bagi guru dalam waktu tertentu agar dapat menemukan potensi dirinya melalui workshop. Fasilitas ini diberikan kepada guru SMA, SMK, dan SMP di Semarang. Sekolah dan guru membutuhkan penelitian tindakan kelas agar kreativitas individu tercipta dengan memanfaatkan lingkungan kelas. Sementara sekolah menjadi media yang perlu diteliti. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Andreas Lako menuturkan, guru dituntut dapat memberikan nilai-nilai kehidupan, bersikap tegas dan keras dalam menyemangati siswa.Tapi juga dituntut mampu menunjukkan nilai kemanusiaan yang akan membekas pada kehidupan siswa kelak.

…dst

18 ) Mendikbud Lantik Rektor UNM Hari Ini
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/628982/mendikbud-lantik-rektor-unm-hari-ini

Senin, 14 Mei 2012 09:32 wib
MAKASSAR – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh dijadwalkan akan melantik rektor terpilih Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Arismunandar di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, hari ini. Arismunandar kembali terpilih menahkodai UNM periode 2012-2016 setelah berhasil mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan rektor pada awal Maret lalu. “Ya benar. Besok (hari ini) kami diundang untuk pelantikan yang akan dipimpin langsung Pak Menteri. Saya baru sampai ini di Jakarta,” kata Arismunandar saat dihubungi via ponselnya, tadi malam.

…dst

19 ) Yanuar Karim Rektor Terpilih Universitas Negeri Padang
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/14/14093320/Yanuar.Karim.Rektor.Terpilih.Universitas.Negeri.Padang

Senin, 14 Mei 2012 | 14:09 WIB
Kompas.com – Prof. Yanuar Kiram terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2012-2016 pada pemilihan tahap akhir oleh senat dan perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung di ruang senang UNP, Senin (14/5). Menurut Ketua Senat UNP Prof. Z Mawardi Effendi di Padang, dalam pemilihan yang berlangsung demokratis itu Yanuar Kiram berhasil meraih 43 suara diikuti Syamsul Amar 39 suara dan Nizwardi Jalinus 25 suara, dengan total suara yang diperebutkan sebesar 107. Ia merinci dari 107 suara tersebut sebanyak 70 suara atau 65 persen berasal dari anggota senat dan 37 suara atau 35 persen berasal dari Kemdikbud yang diwakili oleh Direktur Ketenagaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Supriadi Rustad.

…dst

20 ) MWA harapkan IPB harmonis dan dinamis
http://www.antaranews.com/berita/310426/mwa-harapkan-ipb-harmonis-dan-dinamis

Minggu, 13 Mei 2012 19:33 WIB
Bogor (ANTARA News) – Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengharapkan perguruan tinggi negeri tersebut semakin harmonis dan dinamis, agar dapat menjawab tantangan dan permasalahan di bidang pertanian.”Kami akan terus melakukan advokasi agar IPB tidak saja harmonis, tapi juga dinamis, karena harapan bangsa Indonesia di bidang pertanian sangat besar,” kata Ketua Majelis Wali Amanat IPB Prof Dr Ir Muhamad Achmad Chozin, MAgr, di Bogor, Jawa Barat, kemarin.Menurut Chozin, salah satu yang menjadi tantangan IPB adalah bagaimana untuk makin menumbuhkan minat pemuda-pemudi Indonesia di bidang pertanian. Chozin mendapat kepercayaan menjadi ketua MWA IPB dalam pemilihan yang berlangsung di Bogor, Jumat. Dalam pemilihan tersebut, Dirut Perum LKBN ANTARA Dr Ahmad Mukhlis Yusuf terpilih sebagai wakil ketua MWA IPB, sedangkan sekretaris Prof Dr Ir Rizal Sjarief Nazli. MWA baru IPB ini merupakan MWA transisi hingga Juli 2013, terkait PP Nomor 66 dan RUU Perguruan Tinggi.

…dst

21 ) LIPI Bangun Inkubator Teknologi
http://sains.kompas.com/read/2012/05/11/18524930/LIPI.Bangun.Inkubator.Teknologi

Jumat, 11 Mei 2012 | 18:52 WIB
CIBINONG, KOMPAS.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun Inkubator Teknologi di Cibinong Science Center, Cibinong, Jawa Barat.Peletakan batu pertama Gedung Inkubator Teknologi tersebut dilakukan, Jumat (11/5/2012). Gedung berada di tanah seluas 5,7 hektar dengan luas bangunan 1 hektar. Deputi Jasa Ilmiah LIPI, Fatimah Z Padmadinata, mengatakan, “Inkubator teknologi ini diharapkan bisa menjadi penyambung antara kegiatan penelitian dan komersialisasi.” Pembangunan Inkubator Teknologi juga akan memperkaya wilayah Cibinong. Jika sebelumnya hanya menjadi pusat penelitian ilmu hayati, kawasan Cibinong kini bisa berkembang menjadi kawasan bisnis berbasis hayati. Kepala Pusat Inovasi LIPI, Bambang Subiyanto, mengatakan, “Inkubator akan menjadi tempat pertemuan akademisi, pebisnis dan pemerintahan, dalam hal ini LIPI dan Pemda.”

…dst

22 ) Hak Paten Produk dari Indonesia Sangat Minim
http://www.pikiran-rakyat.com/node/188296

Minggu, 13/05/2012 – 17:12
YOGYAKARTA, (PRLM).- Hak paten produk dari Indonesia di lembaga internasional hanya sembilan item. Jumlah ini sangat kurang untuk mengantarkan produk-produk Indonesia yang inovatif diakui di kancah internasional dan bersaing dalam pasar terbuka. Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan Djojosoegito menyatakan jumlah hak paten produk Indonesa tersebut tertinggal jauh dibanding hak paten yang diraih oleh negara lain. Saat kuliah umum di Universitas Islam Indonesia (UII), yang dirilis hubungan masyarakat, Minggu (13/5/12), dia menyebut hak paten yang dimilik Cina sebanyak 60 ribu item, Jepang 80 ribu item. Semakin banyak paten milik negara tertentu, menunjukkan semakin kreatif dan inovatif produk mereka. Masalah hak paten, menurut dia, tidak bisa dipandang sebelah mata, harus didorong secara simultan supaya karya inovatif makin banyak dan diakui lembaga-lembaga internasional. Ini sangat membantu secara ekonomi dalam kaitan pasar maupun memposisikan kemajuan negara di antara negara-negara inovatif seperti Cina, Jepang serta negara-negara lain seperti Jerman dan Amerika Serikat.

…dst

23 ) Mahasiswa Akaba 17 Raih Beasiswa Nederlandse Taalunie
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/14/186393/Mahasiswa-Akaba-17-Raih-Beasiswa-Nederlandse-Taalunie

14 Mei 2012
Berkat jalinan kerja sama antara Akademi Bahasa (Akaba) 17 Semarang dengan Nederlandse Taalunie (NTu) selama 23 tahun ini, mahasiswa Akaba 17 Semarang setiap tahun mendapat beasiswa untuk belajar di Belanda atau Belgia.Seperti tahun 2011 dan 2012, dua mahasiswa Akaba 17 Semarang mendapat kesempatan belajar bahasa Belanda di Universitas Gent Belgia selama sebulan. Ketua Prodi Bahasa Belanda Akaba 17 Semarang Dr Widjajanti Dharmowijono mengatakan, setiap tahun mahasiswa dari Prodi Bahasa Belanda Akaba 17 rutin mendapat beasiswa dari NTu. Hal ini karena kerja sama yang telah berlangsung lama antara kedua belah pihak.

…dst

24 ) Mendikbud: Kampus Adalah Agen Peradaban
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/14/373/629201/mendikbud-kampus-adalah-agen-peradaban

Senin, 14 Mei 2012 12:59 wib
JAKARTA – Perkembangan ilmu pengetahuan dalam era globalisasi menggiring manusia dalam perlombaan melawan kepunahan. Salah satu cara mengantisipasi hal tersebut adalah melalui pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memaparkan, peradaban manusia kini diukur melalui pengetahuan yang bertumbuh pesat. “Pertumbuhan ini menekankan pentingnya pendidikan tinggi dalam memastikan sebuah negara bertahan dalam peradaban baru dunia. Hal ini sesuai fungsi pendidikan tinggi sebagai institusi yang menumbuhkan, merawat, dan mentransmisikan pengetahuan dalam masyarakat yang lebih luas,” kata Nuh, dalam Forum Pendidikan Tinggi di Hotel Four Seasons, Jakarta, hari ini Senin (14/5/2012).

…dst

25 ) 4.000 Orang Ikut Jalan Sehat dan Sepeda Santai
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/334

05/13/2012
Jakarta — Dalam rangkaian acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan kegiatan jalan sehat dan sepeda santai. Kegiatan ini diikuti setidaknya 2.500 pegawai di lingkungan Kemdikbud, baik pegawai negeri sipil maupun tenaga lepas, dan tamu undangan dari 17 kementerian dan lembaga yang mengelola anggaran fungsi pendidikan, serta dari 97 perguruan tinggi. Diperkirakan total peserta mencapai 4.000 orang. Kepala Biro Umum Kemdikbud M. Qodrat Wisnu Aji mengatakan, dukungan berbagai pihak untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar. Terlihat dari animo peserta yang luar biasa, juga bisa dilihat dari dukungan doorprize yang disediakan. “Ada 2 paket umroh, 4 unit motor, 13 unit sepeda, berbagai tabungan, dan 37 bingkisan dari mitra Kemdikbud,” katanya, Minggu (13/05).

…dst

26 ) Indonesia Tuan Rumah Kongres Pustakawan
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/14/079403743/Indonesia-Tuan-Rumah-Kongres-Pustakawan

SENIN, 14 MEI 2012 | 12:21 WIB
TEMPO.CO, Jakarta- Sekretaris Jenderal Kongres Pustakawan Asia Tenggara (Congress of Southeast Asian Librarian / Consal) XV, Woro Titi Haryanti, mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah kongres tersebut tahun ini. Kongres tiga tahunan tersebut, akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 28-31 Mei 2012. “Ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah,” kata Woro di Perpustakaan Nasional Senin, 14 Mei 2012. Woro menyatakan kongres yang dilaksanakan tiga tahun sekali itu akan dihadiri 800 orang. Sebanyak 500 orang sudah mendaftar secara online, sedangkan peserta lainnya akan mendaftar onsite.

…dst

27 ) Dana Kecil, Perpustakaan Nasional Gandeng Swasta
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/14/079403762/Dana-Kecil-Perpustakaan-Nasional-Gandeng-Swasta

SENIN, 14 MEI 2012 | 13:28 WIB
TEMPO.CO, Jakarta – Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih mengatakan kerja sama pengelolaan perpustakaan milik pemerintah dengan swasta disebabkan kurangnya dana. “Anggaran relatif stagnan, yaitu sekitar Rp 430 miliar per tahun,” kata Sri pada Senin, 14 Mei 2012. Menurut dia, Perpustakaan Nasional membutuhkan anggaran sekitar Rp 1 triliun per tahunnya untuk mencukupi kebutuhan operasional. Sri mengemukakan setiap daerah dipersilakan bekerja sama dengan pihak swasta untuk pengembangan perpustakaan dan minat baca masyarakat. Kerja sama tersebut, kata Sri, dilakukan dalam bentukcorporate social responsibility (CSR) dengan perusahaan swasta.

…dst