1 ) Polisi Bongkar Pembuat Ijazah Palsu di www.ijazahaspal.com
http://inet.detik.com/read/2012/05/22/132856/1921741/399/polisi-bongkar-pembuat-ijazah-palsu-di-wwwijazahaspalcom

Selasa, 22/05/2012 13:28 WIB
Jakarta – Aparat Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membongkar situs yang menyediakan jasa pembuatan ijazah palsu. Tiga tersangka diamankan dalam kasus tersebut. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sufyan Syarief mengatakan, kasus tersebut bermula dari penyelidikan petugas mengenai pembuatan ijazah palsu. “Ini berkaitan tindak pidana menyediakan jasa untuk membuat surat palsu atau memalsukan surat otentik yang dilakukan oleh pemilik atau pembuat atau penyedia surat palsu melalui situs www.ijazahaspal.com,” jelas Sufyan kepada detikcom di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (22/5/2012). Tiga orang tersangka yang diamankan yakni Yogi Saputro, Ichwan Setiawan dan Agus Budiyanto. Ketiganya dikenakan Pasal 263 KUHP dan atau pasal 264 KUHP tentang pemalsuan dalam data otentik. “Pelaku utamanya adalah YS (Yogi Saputro). Yang lainnya itu percetakan,” katanya.

…dst

2 ) Teror Bom Ancam Kampus, Mahasiswa Diliburkan
http://www.republika.co.id/berita/nasional/nusantara-nasional/12/05/23/m4ggzr-teror-bom-ancam-kampus-mahasiswa-diliburkan

Wednesday, 23 May 2012, 10:14 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU – Teror bom sedang membuat geger Kampus Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Selasa (22/5). Akibat pesan singkat yang mengancam akan melakukan bunuh diri, seluruh aktivitas perkuliahan diliburkan hingga Kamis (24/5).Kebijakan untuk meliburkan perkuliahan mahasiswa itu sudah menjadi kesepakatan bersama, agar tidak mengganggu petugas memeriksa lingkungan kampus ini, kata Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Khairil, di Bengkulu, Rabu. Ia menyatakan bahwa teror bom tersebut ditanggapi serius karena sangat mengejutkan, apalagi seorang mahasiswa yang menerima pesan singkat (SMS) pertama kali, menjadi sangat terauma. Ketika menerima pesan singkat itu, langsung dilaporkan ke Polres Bengkulu dan Tim Gegana Polda Bengkulu, sehingga aparat langsung ke lokasi dan memeriksa sekitar kampus hingga Selasa malam.

…dst

3 ) RUU PT Mulai Disosialisasikan
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/23/187231/RUU-PT-Mulai-Disosialisasikan

23 Mei 2012
SOLO-Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) mulai disosialisasikan ke 92 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Masing-masing PTN kemudian diharapkan meneruskannya pada mahasiswa.Pembantu Rektor II Universitas Sebelas Maret, Prof Dr Jamal Wiwoho SH MHum, mengatakan draft telah terbentuk dan disosialisasikan pada rektor pada 4 Mei lalu. Draft tersebut diantaranya mengatur tentang peningkatan mutu perguruan tinggi, perluasan akses, otonomi, dan kesetaraan pendidikan. Rancangan tersebut dinilai memberikan keuntungan pada perguruan tinggi dan masyarakat. “Hampir semua pasal di dalamnya mengatur PTN. Hanya satu atau dua pasal saja yang mengatur perguruan tinggi swasta,” kata Jamal, Selasa (15/5). Keuntungan bagi perguruan tinggi diantaranya menurutnya adalah, PTN yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU) bisa memiliki tabungan. Tabungan yang ia maksudkan adalah dana sisa anggaran yang tidak digunakan dalam anggaran tahun pendidikan sebelumnya. “Dana ini kemudian bisa digunakan oleh PTN untuk mencukupi kebutuhan pendidikan tahun berikutnya,” kata dia.

…dst

4 ) Pendidikan, Investasi Pendidikan Hadapi Masa Depan Global
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/22/16454799/Pendidikan.Investasi.Pendidikan.Hadapi.Masa.Depan.Global

Selasa, 22 Mei 2012 | 16:45 WIB
GYEONGJU, KOMPAS.com- Pendidikan menjadi investasi penting dalam menghadapi masa depan dunia yang menjadi masyarakat global. Untuk itu, pendidikan yang dilaksanakan haruslah dapat menyiapkan generasi muda abad ke-21 yang unggul dan mampu bekerjasama untuk mencapai kemakmuran bagi setiap negara dan dunia. Presiden Korea Lee Myung-bak dalam sambutan video klipnya pada acara pembukaan APEC Education Ministerial Meeting ke-5 di Gyeongju, Korea Selatan, Selasa (22/5/2012), mengatakan, pendidikan harus diyakini dapat membawa perubahan dan kemajuan suatu bangsa. Hal ini telah dibuktikan Korea yang bisa maju. “Dalam 60 tahun, pertumbuhan ekonomi di Korea meningkat karena adanya komitmen untuk melaksanakan penguatan dan pentinya pendidikan. Dulu Korea miskin, namun kini telah maju. Pendidikan menciptakan keajaiban dan perubahan.

…dst

5 ) Pendaftar SNMPTN Meningkat 20%
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/633812/pendaftar-snmptn-meningkat-20

Rabu, 23 Mei 2012 08:51 wib
YOGYAKARTA – Jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar di tiga universitas negeri di DIY melalui jalur Ujian Tulis pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 diperkirakan meningkat 15-20 persen dibanding dengan pendaftar pada 2011 lalu. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat sejak pendaftaran online SNMPTN 2012 dibuka pada 10 Mei 2012 lalu hingga 22 Mei, kemarin. Tercatat, pendaftar untuk tingkat lokal DIY telah mencapai 10.343 orang. Perinciannya, untuk pilihan IPA mencapai 3.706 pendaftar, IPS 4.840 pendaftar, dan IPC 1.797 pendaftar.”Melihat antusiasme calon mahasiswa baru yang mendaftar, tahun ini sepertinya akan lebih banyak dari tahun kemarin. Sebelas hari saja sudah banyak seperti ini, padahal pendaftaran baru akan ditutup sembilan hari ke depan pada 31 Mei. Sedangkan ujian untuk jalur ujian tulis akan dilaksanakan pada 12-13 Juni nanti,” ujar Ketua Panitia Lokal Yogyakarta SNMPTN 2012 Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, kemarin.

…dst

6 ) Penghasilan Ortu Tidak Pengaruhi Seleksi Mahasiswa
http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2012/05/23/187234/Penghasilan-Ortu-Tidak-Pengaruhi-Seleksi-Mahasiswa-

23 Mei 2012
SEMARANG-Penghasilan orang tua tidak akan mempengaruhi, apalagi menentukan, seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Hal itu diterapkan pada penerimaan baik melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).Hal tersebut disampaikan Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo, Selasa (20/5), di Semarang. Penegasan tersebut dilakukan terkait dengan kekhawatiran sejumlah pendaftar tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan tinggi Negeri (SNMPTN) karena berasal dari kelas ekonomi bawah. Sudijono yang juga Koordinator Wilayah II SNMPTN itu mengemukakan, data penghasilan orang tua dalam formulir pendaftaran SNMPTN hanya untuk melengkapi data. ”Isian itu merupakan data biasa, sebagaimana jenis kelamin, alamat, tempat, dan tanggal lahir,” katanya.

…dst

7 ) Unesa dan UM Tampung SMANOR
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/633829/unesa-dan-um-tampung-smanor

Rabu, 23 Mei 2012 09:38 wib
SURABAYA – Kabar gembira bagi calon lulusan Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga (SMANOR) Jawa Timur. Mereka bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tanpa melalui tes. Tiga PTN menyatakan bakal menampung mereka. Ketiga PTN itu adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. Unesa dan UM bahkan sudah memastikan akan menerima lulusan SMANOR, karena kerjasama sudah berlangsung lama. Sedangkan UB baru menjalin pembicaraan untuk menerima siswa-siswa SMANOR yang berprestasi.”Pembicaraan dengan UB sudah dilakukan. Sepertinya siswa lulusan SMANOR yang berprestasi bisa masuk tanpa tes,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur Harun, kemarin.

…dst

8 ) Kapal ITS “Rojo Segoro” dikirim ke Irlandia
http://www.antaranews.com/berita/311893/kapal-its-rojo-segoro-dikirim-ke-irlandia

Selasa, 22 Mei 2012 20:04 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Kapal “Rojo Segoro” yang dirancang mahasiswa ITS untuk mengikuti ajang “Atlantic Challenge 2012” di Bantry-Irlandia, 21-29 Juli 2012, akhirnya dikirim ke negara itu setelah dua bulan menjalani perbaikan. Pengiriman kapal generasi ketiga UKM Maritime Challenge ITS itu melalui “stuffing” (dimasukkan dalam kontainer) di Depo MT.Con di Greges, Kalianak, Surabaya, Selasa, yang sebelumnya diarak pada pukul 24.00 WIB menuju depo.”Kapal itu membutuhkan waktu 35 hari hingga sampai di lokasi tujuan, yakni Bantry-Irlandia,” kata Ketua Divisi Operasional Tim Atlantic Challenge Indonesia, Doni Irawan.Ia menjelaskan kapal itu akan mengarungi Samudera Pasifik dari Indonesia menuju Irlandia dengan melewati rute Tanjung Pelepas pada 28 Mei, lalu sampai di Rotterdam-Belanda pada 25 Juni.

…dst

9 ) RIM-ITB Dirikan Pusat Inovasi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/497066/

Wednesday, 23 May 2012
BANDUNG – Research in Motion (RIM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani nota kesepahaman kerja sama pembangunan RIM Innovation Center untuk mengembangkan keahlian wirausaha kaum muda dalam bidang aplikasi ponsel pintar. Nota kesepahaman ditandatangani Rektor ITB Akhmaloka dan Presiden Direktur RIM Indonesia Andy Cobham di Gedung Rektorat ITB,Kota Bandung,kemarin. Vice President Sales and Distribution RIM Asia Timur Hastings Singh mengatakan,kerja sama tersebut dilandasi niat produsen ponsel pintar merek BlackBerry itu untuk berkontribusi pada pendidikan kaum muda Indonesia yang merupakan salah satu pasar terbesar BlackBerry di dunia.

…dst

10 ) UGM Sulap Tulang Ayam Jadi Gelatin
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/633889/ugm-sulap-tulang-ayam-jadi-gelatin

Rabu, 23 Mei 2012 12:06 wib
JAKARTA – Tahukah kamu jika tulang ayam dapat diubah menjadi produk bernilai ekonomis tinggi? Ketiga mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pun menyulap sisa makanan tersebut menjadi bahan pembuat gelatin.Hasil penelitian yang dituangkan dalam bentuk karya tulis besutan Muhammad Imam Bahtiyar, Azza Mutiara Al-Husna, dan Yuvanta Lia Fradita ini berhasil meraih juara II dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Peternakan se-Indoensia (LKTIMPI) 2012. Kegiatan yang berlangsung pada 10-16 Mei 2012 di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut diikuti sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Hassanudin (Unhas) Makassar, dan Universitas Sumatera Utara (USU).

…dst

11 ) Universitas Inggris di China Tawarkan Beasiswa
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/22/15202321/Universitas.Inggris.di.China.Tawarkan.Beasiswa

Selasa, 22 Mei 2012 | 15:20 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Kesempatan meraih beasiswa bagi para pelajar Indonesia semakin besar. Salah satu tawaran beasiswa tersebut saat ini juga mengalir dari universitas-universitas Inggris yang membuka kampusnya di China. Dr Chris Bayley dari Sino British College-University Shanghai Science Technology (SBC) di Jakarta, Selasa (22/5/2012), mengatakan, calon mahasiswa dari Indonesia saat ini ditawarkan untuk mencoba demo kelas perkuliahan Sino British College. Dia menjelaskan, sejak 2006 Konsorsium Universitas Inggris Utara (North Consortium University United Kingdom-NCUK) telah berkerja sama dengan University Shanghai Science Technology, yang merupakan universitas Pemerintah China, untuk mendirikan SBC.

…dst

12 ) Mahasiswa Dilatih Manajemen Konflik Sosial
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/22/22282670/Mahasiswa.Dilatih.Manajemen.Konflik.Sosial

Selasa, 22 Mei 2012 | 22:28 WIB
MAKASSAR, KOMPAS.com – Sebanyak 60 orang pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Sulawesi Selatan dilatih dan dididik manajemen konflik sosial sebagai upaya menjadikan daerah tersebut aman, damai dan sejahtera. Pendidikan dan pelatihan tersebut dibuka Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa malam. Selain pendidikan dan pelatihan manajemen konflik bagi BEM juga dilakukan pemantapan Tenaga Pendamping Keserasian Sosial sebanyak 98 orang untuk angkatan pertama.”Saya bahagia dan terus terang bangga, ini sebuah bukti nyata kita semua tidak ingin terjadi bencana sosial,” kata Mensos, Selasa (22/5/2012).

…dst

13 ) MK Kembali Gelar Kompetisi Debat Se-Sumatera
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/633841/mk-kembali-gelar-kompetisi-debat-se-sumatera

Rabu, 23 Mei 2012 10:13 wib
MEDAN – Demi mengasah kemampuan para mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon pemimpin bangsa, Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar Kompetisi Debat Konstitusi Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang terbagi dalam beberapa regional.Untuk kompetisi debat tingkat Regional VI MK bekerja sama dengan Universitas Sumatra Utara (USU). Kegiatan kompetisi yang dibuka oleh Sekretaris Jenderal MK Janedjri M Gaffar, diikuti 16 universitas di wilayah Sumatera. Pembukaan Kompetisi Debat regional ini di hadiri Pembantu Rektor IV USU Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H, M.Li, Dekan Fakultas Hukum USU Prof. Dr. Runtung, S.H, M.Hum, para juri kompetisi debat konstitusi, dan seluruh peserta debat.Kompetisi debat konstitusi digelar selama tiga hari di Fakultas Hukum USU, yakni pada 20-22 Mei. Dalam sambutannnya, Sekjen MK menegaskan tentang betapa pentingnya kegiatan kompetisi seperti ini, untuk mengasah kemampuan para mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

…dst

14 ) Unpad Adakan Kompetisi Bisnis “Bizcomzero”
http://www.pikiran-rakyat.com/node/189518

Rabu, 23/05/2012 – 06:55
BANDUNG, (PRLM).- Program Internasional Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran bersama PT Sony Indonesia menyelenggarakan Kompetisi Bisnis antar mahasiswa bertajuk “Bizcomzero”. Kompetisi ini bertujuan untuk membangkitkan ide-ide produk dan pemasaran terutama ide-ide produk yang berbasis kearifan lokal serta dibutuhkan masyarakat. Presiden Direktur Sony Indonesia Satoru Arai menuturkan, Indonesia adalah salah satu pasar yang besar dan terus berkembang. Oleh karena itu, diadakanlah kompetisi ini untuk menjawab kebutuhan pasar dengan mengembangkan ide yang dihasilkan oleh mahasiswa. “Tentu harus inovatif, baru, dan orisinil serta sesuai dengan pasar,” katanya dalam acara penandatanganan kerjasama Sony Indonesia dengan Unpad di Rektorat Unpad Jln. Dipati Ukur Bandung, Selasa (22/5/12).

…dst

15 ) Mahasiswa Berebut Menjadi Peneliti
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/22/15081159/Mahasiswa.Berebut.Menjadi.Peneliti

Selasa, 22 Mei 2012 | 15:08 WIB
Pengaruh hedonisme, konsumerisme, dan pragmatisme telah kita rasakan dampaknya, khususnya terhadap mahasiswa. Banyak mahasiswa lebih suka berkunjung ke toko swalayan daripada ke perpustakaan. Mahasiswa lebih sibuk memenuhi hasrat konsumsinya daripada berkarya. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember mencoba mendobrak kenyataan itu. Instansi dalam kampus yang bergelut di bidang penelitian ini mengajak mahasiswa STAIN Jember untuk mengikuti Riset Kolektif Mahasiswa (RKM) tahun 2012. P3M menyediakan dana Rp 2 juta untuk masing-masing kelompok.

…dst

16 ) Mahasiswi Ini Tantang Dosen Penguji di Ajang Ujian Skripsi
http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/21/mahasiswi-ini-tantang-dosen-penguji-di-ajang-ujian-skripsi/

21 May 2012 | 16:17
Hari ini, saya hadiahkan apresiasi tertinggi kepada seorang mahasiswi. Ia tampil sangat elegan menghadapi lima dosen penguji. Ia pertahankan karya ilimiahnya dengan penuh spirit, tiada `ketakutan’ yang tergambar di wajahnya. Iapun tak segan-segan minta pertanyaan diulangi kepada seorang professor. “Maaf Prof. Apa pertanyaannya boleh diulangi?” Tiada perlulah saya ceritakan bagaimana debat ilmiah itu dimulai. Saya terkesima saat sang professor berucap tegas: “Mestinya Anda merujuk ke teori yang ada”. Dengan sigap sang kandidat menjawab: “Saya jenuh dengan teori orang lain Prof. Saya justru ingin membuat teori”. Kian terkesima saya mendengar langsung sanggahan mahasiswiku ini.

…dst

17 ) IAIN Sumut Bersiap Jadi Pusat Kajian Islam
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/23/373/633832/iain-sumut-bersiap-jadi-pusat-kajian-islam

Rabu, 23 Mei 2012 09:47 wib
MEDAN – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumut, Nur Ahmad Fadhil Lubis menyatakan, akan terus berupaya menjadikan lembaga pendidikan itu sebagai pusat keunggulan bagi pengkajian, pengembangan, dan penerapan ilmu-ilmu keislaman tingkat nasional, regional, dan internasional.”Sebagai lembaga pendidikan yang berangkat dari nilai- nilai keislaman, kampus ini berjuang semaksimal mungkin untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat menuju yang lebih baik dan bermartabat,” papar Fadhil di hadapan para wisudawan Sarjana dan Pasca Sarjana di Gedung Aula IAIN, Jalan Willem Iskandar Medan, kemarin. Untuk mewujudkan itu, dibutuhkan komitmen seluruh civitas akademika baik dosen, mahasiswa maupun warga IAIN sehingga berbagai kajian dan pengembangan ilmu keislaman bisa tercapai sesuai keinginan bersama.

…dst

18 ) Beasiswa Bidik Misi, Kemenag Siapkan Rp13,2 Miliar
http://www.jpnn.com/read/2012/05/22/128102/Beasiswa-Bidik-Misi,-Kemenag-Siapkan-Rp13,2-Miliar-

Selasa, 22 Mei 2012 , 21:53:00
JAKARTA—Kementerian Agama (Kemenag) siap mengalokasikan anggaran untuk program Bidik Misi 2012 sebesar Rp13,2 miliar. Anggaran ini disiapkan karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di tahun 2012 ini tidak lagi mengcover anggaran beasiswa Bidik Misi terhadap perguruan tinggi yang berada di bawah Kemenag. “Kami sudah siap untuk mengcover beasiswa Bidik Misi di tahun 2012 ini. Anggarannya sekitar Rp 13,2 miliar untuk 2200 orang mahasiswa,” ungkap Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Nur Syam di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa (22/5).Nur Syam menjelaskan, kesiapan Kemenag mengenai anggaran beasiswa Bidik Misi ini sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Pasalnya, lanjut Nur Syam, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga sudah menyampaikan langsung kepada pihak Kemenag.

…dst

19 ) Lulusan SMK Akan Diangkat Jadi Guru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/497181/

Wednesday, 23 May 2012
JAKARTA– Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merekrut guru SMK secara khusus mulai tahun ini. Kasubdit Pembelajaran Ditjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemendikbud Agung Budi Santoso mengatakan, lulusan SMK akan direkrut langsung oleh Kemendikbud untuk dijadikan guru SMK. Pemerintah akan memberikan pelatihan khusus kepada mereka melalui kementerian-kementerian terkait. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat jurusan yang saat ini lebih banyak siswanya dibandingkan jumlah guru yang mengajar. Guru berkompetensi keahlian yang akan dijaring yakni guru jurusan perminyakan dan geologi yang akan dilatih di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Selanjutnya guru jurusan pelayaran akan dilatih di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sementara untuk guru jurusan penerbangan akan dilatih di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

…dst

20 ) MP3EI dan Diplomasi Pangan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/497221/38/

Wednesday, 23 May 2012
Bulan ini MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) alias rumusan penggerak roda perekonomian nasional yang menjadi andalan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono genap berusia satu tahun. Melalui program ini, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi yang pesat bagi Indonesia sehingga pada 2025 diharapkan tercapai target pendapatan per kapita USD14.250–15.500 dengan nilai total perekonomian berkisar USD4,0 triliun–4,5 triliun. Saat ini nilai total perekonomian Indonesia ada di kisaran USD770 miliar dengan pendapatan per kapita di kisaran USD3.000. Target-target tersebut digenjot melalui skema yang melibatkan mitra swasta. Ada 22 jenis kegiatan yang dibidik, mulai dari pertanian, infrastruktur hingga pertambangan. Wilayah Indonesia bagian timur dan Sumatera termasuk yang sangat dipacu pertumbuhannya. Misalnya membangun bandara di Lombok, menetapkan areal seluas 1.200 hektare di Lombok bagian selatan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Nasional, membangun jalan dan pelabuhan trans-Maluku,serta membangun jalan tol dan jalur kereta api di Sumatera.

…dst

21 ) Bukti Teknologi Tahan Gempa dan Simbol Semangat
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/497215/38/

Wednesday, 23 May 2012
TOKYO – Jepang kemarin menorehkan prestasi sebagai pemilik menara siaran tertinggi di dunia setelah Tokyo Skytree yang memiliki tinggi 634 meter dibuka untuk umum. Sebuah upacara digelar untuk merayakan pembukaan menara itu di Tsutenkaku Tower di Osaka dengan operatornya menyuarakan harapan bahwa jumlah pengunjung menara-menara di Jepang akan bertambah. Dalam upacara itu,pengunjung menara ikonis setinggi 103 meter di Osaka itu melakukan penghitungan mundur hingga para pengunjung Tokyo Skytree memasuki menara baru itu. Pengunjung menara di Osaka kemudian menyalakan kembang api dan melepaskan balon untuk memperingati pembukaan Tokyo Skytree. Sementara operator Tsutenkaku membawa kue dengan tiga lilin yang membentuk angka 634 untuk mengindikasikan ketinggian Tokyo Skytree.

…dst

22 ) Rektor Dituding Gelapkan Dana Pendidikan, Mahasiswa Ngamuk
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/22/058405459/Rektor-Gelapkan-Dana-Pendidikan-Mahasiswa-Ngamuk

SELASA, 22 MEI 2012 | 19:14 WIB
TEMPO.CO, Malang – Ratusan mahasiswa Universitas Kanjuruhan (Unika) Malang, Selasa, 22 Mei 2012, menyegel kantor rektorat. Mereka menuding Rektor Unika, Hadi Sriwiyana, menggelapkan dana pendidikan ratusan mahasiswa pasca sarjana. “Dana pendidikan dikuasai secara pribadi sejak lima tahun lalu,” kata koordinator mahasiswa, Busairi. Mahasiswa mendesak Hadi menggembalikan uang dan mundur dari jabatannya. Mahasiswa juga mengancam bakal melaporkannya ke kepolisian dengan tuduhan penggelapan jika tuntutan mahasiswa tak segera ditanggapi. Mahasiswa pun marah karena sejak dua pekan lalu Hadi tak pernah masuk kampus. Akibat penggelapan dana tersebut, sekitar enam ribu mahasiswa diploma dan sarjana tidak mendapat fasilitas kuliah yang memadai. “Ruang kuliah tak layak, kuliah tak nyaman,” ujar Busairi. Selain itu kesejahteraan dosen dan karyawan pun menurun yang mengakibatkan terganggunya proses perkuliahan. Bahkan sarana dan prasana kuliah semakin tak terurus. “Mahasiswa membayar mahal, tapi fasilitas minim,” ucap Busairi.

…dst