Program Internship di Innovation Lab ITB
Pengembangan TIK untuk Smart City 1.0
Sub Tema e-Transportation dan e-Logistik

Untuk mengisi liburan panjang semester 2 2011-2012, dibuka peluang untuk internship (magang/kerja praktek/pengembangan penelitian/Tugas Akhir) di Innovation Lab ITB dengan informasi rinci sbb :
* Waktu : 2 bulan
* Mulai Bekerja : 4 Juni 2012
* Terbuka untuk 10 mahasiswa sarjana /pascasarjana atau peneliti/pengembang

Persyaratan
* Mahasiswa tingkat akhir sarjana atau magister program studi terkait dengan sistem dan teknologi informasi, teknik elektro, teknik industri, perencanaan kota, sistem tranportasi dan yang terkait dengan tema yang diusulkan. Atau, dari peneliti/pengembang terkait dengan bidang yang diusulkan.
* Diharapkan peserta mengerti dan tertarik untuk mobile-application-development.

Fasilitas
Setiap peserta yang diterima dalam program internship ini selain dapat akan diberikan fasilitas meja kerja, komputer, dan jaringan komputer, serta fasilitas bea riset sebesar Rp 10.000.000, selama 2 bulan.

Pendaftaran
Apabila tertarik, dapat , calon peserta dapat mendaftar dengan mengirimkan aplikasinya dengan melampirkan CV ke email entur@stei.itb.ac.id, paling lambat tanggal 25 Mei 2012.
Topik/Area Pengembangan Aplikasi
Smart City adalah sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Smart City menjadikan kota sebagai pusat bisnis, budaya kehidupan dengan mengintegrasikan keamanan publik, transportasi, air, bangunan, layanan sosial, pemerintahan dan terkait lainya. Smart City mengintegrasikan informasi di dalam kehidupan masyarakat kota. Beberapa teknologi yang mendukung terciptanya Smart City adalah e-Transportation (Inteligent Transportation System), Smart E-Health, Smart-Warning System, e-Logistic, Smart-Grid Energy, dan Cloud Computing.
Program internship tahun 2012 ini akan memfokuskan pada sub tema pengembangan sistem mobile e-Transportation dan e-Logistik.

e-Transportation
e-Transportation atau ITS sendiri merupakan teknologi sistem transportasi pintar yang merupakan gabungan dari berbagai alat dan sistem (Machine to machine/M2M) untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kenyamanan sistem transportasi. ITS adalah salah satu solusi permasalahan sistem transportasi modern. ITS memanfaatkan informasi dalam menerapkan sistem transportasi yang efektif dan efisien. Teknologi Cloud Computing merupakan teknologi komputasi yang melakukan virtualisasi dalam memberikan layanan aplikasi, network, dan platform sesuai dengan kebutuhan pengguna. Cloud Computing memungkinkan pengguna untuk meminta layanan dimana pun dan kapan pun (ubiquitous).

e-Logistik
Pemanfaatan aplikasi Electronic Logistic (e-Logistik) yang baik mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja pada perusahaan. Secara umume-Logistik adalah teknologi yang diimplementasikan pada proses pengaturan dan pengontrolan arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya. Area implementasi pada e-Logistik dapat berupa integrasi pada transportasi, inventori, reverse logistics, dan pemaketan. Beberapa contoh produk e-Logistik adalah Barcode, Electronic Data Interchange (EDI), image processing, satellite tracking, dan Radio Frequency Identification (RFID).